mybest
Serum

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Perawatan tubuh & kecantikan
  3. Perawatan wajah
  4. 10 Rekomendasi Serum yang Mengandung Tranexamic Acid (Terbaru Tahun 2024)
  • 10 Rekomendasi Serum yang Mengandung Tranexamic Acid (Terbaru Tahun 2024) 1
  • 10 Rekomendasi Serum yang Mengandung Tranexamic Acid (Terbaru Tahun 2024) 2
  • 10 Rekomendasi Serum yang Mengandung Tranexamic Acid (Terbaru Tahun 2024) 3
  • 10 Rekomendasi Serum yang Mengandung Tranexamic Acid (Terbaru Tahun 2024) 4
  • 10 Rekomendasi Serum yang Mengandung Tranexamic Acid (Terbaru Tahun 2024) 5

10 Rekomendasi Serum yang Mengandung Tranexamic Acid (Terbaru Tahun 2024)

Bagi para skincare enthusiast, pasti sudah tidak asing lagi dengan kandungan tranexamic acid. Meski termasuk kandungan yang baru dikenal, peminat skincare tranexamic acid cukup banyak. Beberapa jenis skincare yang mengandung tranexamic acid adalah serum, moisturizerdan essence. 


Pada artikel ini kami akan membahas tentang tips memilih serum tranexamic acid yang sesuai dengan permasalahan kulit Anda. Kami juga telah menyiapkan rekomendasi merek serum tranexamic acid yang bagus. Ada ERHA, Avoskin, SKINTIFIC, ERTO'S, Glowlabs, Wardah, dan masih banyak lagi. Selamat membaca!

Diperbaharui 27/07/2023
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca

Daftar isi

Tranexamic acid serum untuk apa?

Tranexamic acid serum untuk apa?

Tranexamic acid merupakan salah satu bahan yang digunakan dalam dunia medis untuk mengontrol pendarahan. Nah, ternyata tranexamic acid juga memiliki sejumlah manfaat untuk kecantikan. Karena itu, belakangan ini, tranexamic acid juga menjadi salah satu bahan dalam serum. Berikut ini adalah beberapa manfaat tranexamic acid serum untuk kulit. 


  • Mencerahkan kulit kusam

Produksi melanin berlebih pada wajah mampu mengakibatkan warna kulit tidak merata dan kusam. Tranexamic acid terbukti mampu mengurangi produksi melanin sehingga membuat wajah menjadi cerah dan meratakan warna kulit. Kandungan tranexamic acid juga efektif untuk memudarkan bekas jerawat. 


  • Mengurangi peradangan

Sifat antiinflamasi dalam tranexamic acid sangat baik untuk mengurangi peradangan pada kulit, seperti kemerahan, jerawat, atau dermatitis. Kulit yang sedang mengalami pembengkakan, terutama di sekitar area mata, juga dapat diatasi dengan menggunakan tranexamic acid. 


  • Mengatasi hiperpigmentasi

Flek hitam menjadi salah satu permasalahan kulit paling umum yang timbul akibat pengaruh hiperpigmentasi. Dalam hal ini, Anda dapat menggunakan tranexamic acid yang terbukti ampuh dalam mengatasi dan mencegah hiperpigmentasi. 


  • Meningkatkan elastisitas pada kulit

Serum tranexamic acid menjadi pilihan tepat untuk mengatasi masalah kerutan dan garis-garis halus. Kandungan tranexamic acid bekerja dengan merangsang produksi kolagen dan elastin agar kulit tetap elastis dan kenyal.


  • Membantu penyerapan produk skincare

Tranexamic acid memiliki struktur molekul yang unik sehingga membantu kandungan aktif lainnya agar terserap dengan sempurna ke dalam kulit. Anda juga dapat menggabungkan tranexamic acid dengan kandungan aktif lainnya untuk hasil yang lebih maksimal. 


Serum yang mengandung tranexamic acid pada dasarnya bisa digunakan pada tipe kulit kering, berminyak, dan berjerawat. Namun, pemilik kulit sensitif perlu berhati-hati saat menggunakan tranexamic acid karena rentan mengalami iritasi. Nah, sebelum melihat rekomendasi serum yang mengandung tranexamic acid, simak cara memilihnya di bawah ini!

Cara memilih serum yang mengandung tranexamic acid

Ada lima poin penting yang harus Anda perhatikan saat memilih serum tranexamic acid. Untuk lebih lengkapnya, kami akan menjelaskan poin-poin tersebut di bawah ini. Mari simak!

1

Cek serum dengan konsentrasi tranexamic acid sebesar 1–5% yang lebih aman untuk kulit

Cek serum dengan konsentrasi tranexamic acid sebesar 1–5% yang lebih aman untuk kulit

Umumnya konsentrasi serum tranexamic acid yang aman untuk semua jenis kulit adalah sebesar 1% hingga 5%. Anda juga dapat menggunakan tranexamic acid sebesar 10% untuk hasil yang lebih maksimal meskipun kurang disarankan bagi kulit sensitif. Pemakaian konsentrasi tranexamic acid yang lebih tinggi berpotensi untuk menimbulkan beberapa efek samping, seperti:


  • Kulit iritasi

Konsentrasi tranexamic acid yang terlalu tinggi dapat membuat kulit Anda menjadi kemerahan, gatal, atau terasa sensasi terbakar. Biasanya, efek samping ini terjadi pada kulit sensitif yang rentan terhadap iritasi. 


  • Timbul reaksi alergi

Bagi beberapa orang, konsentrasi tranexamic acid yang tinggi dapat memunculkan reaksi alergi tertentu. Misalnya, seperti timbul ruam pada kulit, gatal-gatal, kulit bengkak, atau sulit bernapas. Segera hentikan penggunaan dan cari bantuan medis apabila Anda mengalami hal tersebut. 


  • Kulit mengelupas

Tranexamic acid dengan konsentrasi terlalu tinggi mampu mempercepat proses pergantian sel kulit. Hal inilah yang menyebabkan terjadinya pengelupasan pada kulit. Selain itu, kulit Anda juga akan terasa lebih kasar, kering, dan bersisik. 


  • Muncul hiperpigmentasi

Salah satu manfaat dari tranexamic acid adalah mengatasi hiperpigmentasi seperti flek hitam. Akan tetapi, pemakaian konsentrasi tranexamic acid yang lebih tinggi akan memunculkan hiperpigmentasi baru. Ada baiknya untuk mengurangi konsentrasi tranexamic acid agar lebih aman di kulit. 

2

Untuk efek mencerahkan yang maksimal, pilih serum tranexamic acid dengan tambahan niacinamide, kojic acid, vitamin C dan arbutin

Untuk efek mencerahkan yang maksimal, pilih serum tranexamic acid dengan tambahan niacinamide, kojic acid, vitamin C dan arbutin

Jika kulit Anda terlihat kusam, tak ada salahnya menggabungkan kandungan pencerah lainnya dengan tranexamic acid. Selain efek mencerahkan, bekas-bekas jerawat pada kulit juga bisa ikut tersamarkan. Nah, Anda bisa menggabungkan beberapa bahan di bawah ini dengan tranexamic acid. 


  • Niacinamide

Niacinamide sangat efektif untuk mencerahkan sekaligus melembapkan tanpa membuat kulit iritasi. Anda juga dapat menggunakan niacinamide untuk perawatan anti-aging, seperti menyamarkan kerutan dan garis halus. 


Anda disarankan untuk memilih konsentrasi niacinamide sebesar 2% hingga 5% agar lebih aman di kulit. Perlu Anda ingat bahwa setiap orang memiliki tingkat sensitivitas yang berbeda-beda. Kurangi konsentrasi niacinamide apabila terjadi efek samping pada kulit, seperti kemerahan atau gatal-gatal.


  • Kojic acid
Kojic acid bekerja dengan menghambat produksi melanin sehingga kulit lebih cerah. Kandungan ini juga memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan untuk menangkal efek radikal bebas. Pasalnya, konsentrasi kojic acid sebesar 1% hingga 2% lebih aman untuk kulit berminyak. Jika Anda memiliki kulit kering atau sensitif, konsentrasi sebesar 1% atau lebih rendah sangat dianjurkan.

  • Vitamin C

Meski bersifat asam, kandungan vitamin C sangat aman digabungkan dengan tranexamic acid. Umumnya, konsentrasi vitamin C sebesar 10% hingga 20% aman untuk kulit. Namun, sebaiknya gunakan konsentrasi vitamin C sebesar 5% atau lebih rendah untuk kulit kering dan sensitif. 


  • Arbutin
Kandungan arbutin banyak ditemukan dalam produk skincare untuk mencerahkan wajah dan mengurangi flek hitam. Untuk kulit berminyak dan berjerawat, Anda bisa menggunakan konsentrasi sebesar 2% hingga 4%. Jika kulit Anda kering atau sensitif bisa menggunakan konsentrasi sebesar 1%.
3

Untuk merawat kulit iritasi bekas jerawat, gunakan serum tranexamic acid dengan campuran Centella asiatica, Aloe vera dan ceramide

Untuk merawat kulit iritasi bekas jerawat, gunakan serum tranexamic acid dengan campuran Centella asiatica, Aloe vera dan ceramide

Kulit iritasi bekas jerawat memerlukan kandungan skincare khusus yang berfungsi untuk menenangkan. Supaya hasilnya lebih efektif, Anda bisa menggabungkan tranexamic acid dengan Centella asiatica, Aloe vera, ceramide dan lainnya.


  • Centella asiatica

Dengan sifat antiinflamasi, Centella asiatica terbukti ampuh menenangkan kulit yang sedang iritasi dan mempercepat penyembuhan bekas jerawat. Kandungan ini sangat aman untuk semua jenis kulit. Pada kulit yang berminyak, kandungan ini mampu mengatasi komedo dan jerawat.


  • Aloe vera

Kombinasi tranexamic acid dengan Aloe vera terbukti efektif untuk menenangkan kulit iritasi. Aloe vera juga mampu mempercepat proses regenerasi kulit sehingga bekas-bekas jerawat dapat segera tersamarkan.


  • Ceramide

Kemampuan ceramide dalam memberikan hidrasi dapat membantu menenangkan kulit kemerahan, gatal-gatal, dan sensasi panas pada kulit iritasi. Ceramide juga menjadi salah satu kandungan skincare yang dapat memperbaiki skin barrier. 


  • Ekstrak licorice

Senyawa glabridin pada tanaman licorice berfungsi sebagai antiinflamasi dan antioksidan yang baik untuk merawat kulit iritasi. Ekstrak licorice juga terbukti ampuh dalam menghilangkan noda kehitaman pada kulit, seperti bekas jerawat dan flek hitam.


  • Ekstrak chamomile

Ekstrak chamomile berfungsi sebagai antiinflamasi yang mampu menenangkan kulit dengan efek calming. Tak heran jika ekstrak chamomile banyak digunakan untuk menyembuhkan dan menenangkan iritasi pada kulit yang rentan bekas jerawat. 

4

Cari serum tranexamic acid dengan campuran peptide, hyaluronic acid, ceramide dan antioksidan untuk mengatasi aging

Cari serum tranexamic acid dengan campuran peptide, hyaluronic acid, ceramide dan antioksidan untuk mengatasi aging

Kulit Anda mulai menunjukkan tanda-tanda penuaan? Anda dapat menggabungkan kandungan skincare anti-aging dengan tranexamic acid. Yuk, cek beberapa kandungan anti-aging yang aman digabungkan dengan tranexamic acid di bawah ini.


  • Peptide

Bekerja sebagai agen anti-aging yang mampu meningkatkan produksi kolagen sehingga kulit menjadi lebih elastis dan kenyal. Tampilan kulit Anda pun akan lebih halus, kencang dan lembap. Peptide juga terbukti ampuh dalam menetralkan efek radikal bebas penyebab tanda penuaan. 


  • Hyaluronic acid

Jika Anda memiliki kulit yang kering, hyaluronic acid dapat menjadi pilihan tepat. Tak hanya bekerja untuk mengatasi tanda penuaan saja tetapi hyaluronic acid juga mampu mengunci kelembapan kulit. Meski begitu, kandungan ini juga bisa digunakan pada kulit sensitif, berminyak, atau kombinasi. 


  • Ceramide

Ceramide tidak hanya memberikan efek menenangkan tetapi juga dapat mengatasi masalah penuaan. Kandungan ini berfungsi untuk mengunci kelembapan kulit sehingga kerutan dan garis-garis halus dapat tersamarkan. Ceramide juga mampu meningkatkan elastisitas sehingga kulit lebih kencang, kenyal, dan awet muda. 


  • Antioksidan

Antioksidan memiliki peran yang sangat penting untuk mengatasi masalah penuaan pada kulit. Kandungan ini mampu melindungi kulit Anda dari efek radikal bebas dan sinar UV. Dengan perlindungan tersebut, kulit Anda akan terhindar dari flek hitam, kerutan, dan garis-garis halus.

5

Hindari mencampurkan serum tranexamic acid dengan bahan lainnya, seperti glycolic acid, vitamin C dosis tinggi, dan retinol karena menyebabkan iritasi

Hindari mencampurkan serum tranexamic acid dengan bahan lainnya, seperti glycolic acid, vitamin C dosis tinggi, dan retinol karena menyebabkan iritasi

Menggabungkan tranexamic acid dengan bahan aktif lainnya memang dapat memberikan hasil yang lebih optimal. Akan tetapi, terdapat beberapa kandungan yang berpotensi menyebabkan iritasi apabila digabungkan dengan tranexamic acid. Berikut ini bahan-bahan yang tidak dianjurkan untuk digabungkan dengan tranexamic acid.


  • Glycolic acid

Sebenarnya, glycolic acid dan tranexamic acid aman untuk kulit apabila digunakan secara terpisah. Akan tetapi, pemakaian glycolic acid dengan tranexamic acid yang digabungkan atau dicampur berpotensi menyebabkan iritasi dan alergi. Hal ini disebabkan karena penggabungan antara kedua bahan tersebut dapat meningkatkan sensitivitas pada kulit.


  • Vitamin C dosis tinggi

Pada dosis yang tinggi, penggabungan vitamin C dengan tranexamic acid dapat menyebabkan iritasi, terutama pada kulit sensitif. Selain itu, penggabungan kandungan ini juga dapat meningkatkan sensitivitas kulit terhadap paparan sinar matahari. 


  • Retinol

Sama halnya seperti tranexamic acid, retinol juga mampu membuat kulit menjadi lebih sensitif ketika terkena sinar matahari. Jika pemakaiannya digabungkan, kulit Anda akan semakin sensitif dan berpotensi merusak sel-sel kulit. Selain itu, kulit Anda juga akan menjadi lebih kering dan mengelupas. 


  • Salicylic acid

Pada dasarnya, salicylic acid berfungsi untuk mengeksfoliasi wajah. Apabila digabungkan dengan tranexamic acid, lapisan kulit akan menipis dan memungkinkan risiko iritasi yang lebih parah. Pemakaian salicylic acid dengan tranexamic acid juga dapat mengakibatkan terjadinya luka pada kulit. 


Selain bahan-bahan di atas, Anda juga perlu menghindari kandungan lainnya yang memiliki fungsi untuk mengeksfoliasi. Pastikan untuk selalu menggunakan dosis rendah saat menggabungkan kandungan asam lainnya dengan tranexamic acid. 

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

10 Rekomendasi serum yang mengandung tranexamic acid terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk serum yang mengandung tranexamic acid terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Ranking popularitas
Filter
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
Perincian
BPOM
Nomor BPOM
Isi/varian isi
Bahan aktif
Bentuk kemasan
Rekomendasi jenis kulit
Fungsi/manfaat
Kandungan pencerah
Kandungan pelembap
Kandungan anti-inflamasi
Kandungan antiaging
Kemasan percobaan
Saran waktu pemakaian
Alkohol
Pewangi
1

ERHA

Truwhite Active Glow Txa & Hexyl Resorcinol

ERHA Truwhite Active Glow Txa & Hexyl Resorcinol 1

Rp224.000

Agak Mahal

Kombinasi tranexamic acid 3% dan hexyl resorcinol untuk kulit tampak lebih cerah

NA18201901150

15 ml

Tranexamic acid 3%, hexyl resorcinol

Pipet

Semua jenis kulit

Mencerahkan, menyamarkan flek hitam

Tranexamic acid, hexyl resorcinol

Glycerin

Tidak diketahui

Tranexamic acid, hexyl resorcinol

Tidak diketahui

Pagi, malam

2

SKINTIFIC

3% Tranexamic Acid Advanced Bright Serum

SKINTIFIC 3% Tranexamic Acid Advanced Bright Serum 1

Rp169.000

Menengah

Kombinasi tranexamic acid, alpha arbutin, dan glabirin untuk kulit lebih cerah

NA11221900030

20 ml

Tranexamic acid, alpha arbutin, glabridin

Pump

Semua jenis kulit

Menyamarkan noda hitam, menjaga skin barrier

Tranexamic acid, alpha arbutin, glabridin

Ceramide

Alpha arbutin, licorice

Tranexamic acid, alpha arbutin, glabridin

Pagi, malam

3

Wardah

Crystal Secret Dark Spot & Brightening Serum

Wardah Crystal Secret Dark Spot & Brightening Serum 1

Rp92.500

Lebih Murah

Perpaduan alpha arbutin dan tranexamic acid dapat mencegah hiperpigmentasi kulit

NA18211900126

20 ml

Alpha arbutin、3% tranexamic acid

Pump

Semua jenis kulit

Mencerahkan noda hitam dan bekas jerawat, meratakan warna kulit, mengurangi tampilan kulit kusam

Alpha arbutin, niacinamide, tranexamic acid

Glycerin

Niacinamide, tranexamic acid, bisabolol, ekstrak bunga edelweiss

Alpha arbutin, niacinamide

Pagi dan malam hari

4

Maharis Clinic

Votre Peau Vitamin C Serum Pour

Maharis Clinic Votre Peau Vitamin C Serum Pour 1

Rp385.000

Lebih Mahal

Mencerahkan, melembapkan, meminimalkan hiperpigmentasi

NA18191905234

30 ml

Vitamin C, tranexamic acid, salicylic acid, hyaluronic acid

Pipet

Semua jenis kulit

Menyamarkan hiperpigmentasi, pori-pori besar, warna kulit tidak merata

Vitamin C, tranexamic acid

Hyaluronic acid

Tidak diketahui

Tocopheryl acetate

Pagi, malam

5

ElsheSkin

Radiant Supple Serum

ElsheSkin Radiant Supple Serum 1

Rp129.000

Agak Murah

Dengan 6x gentle brightening agent, mencerahkan kulit tanpa iritasi

NA18211900548

15 ml, 30 ml

Tranexamic acid, niacinamide, arbutin

Pipet

Semua jenis kulit

Mencerahkan warna kulit, hiperpigmentasi, dan kulit kusam

Tranexamic acid, niacinamide, arbutin

Glycerin

Centella asiatica

Tranexamic acid, niacinamide, arbutin

Pagi, malam

Tidak diketahui

6

Cos De BAHA

Tranexamic Acid 5% Serum with Niacinamide 5% for Face/Neck

Cos De BAHA  Tranexamic Acid 5% Serum with Niacinamide 5% for Face/Neck 1

Rp159.000

Menengah

Pudarkan flek dan malesma dengan tranexamic acid 5% dan niacinamide 5%

Tidak ada

30 ml

Tranexamic acid, niacinamide, hyaluronic acid

Pipet

Semua jenis kulit

Memudarkan dark spot/melasma

Tranexamic acid, niacinamide

Sodium hyaluronate, Aloe barbadensis leaf extract

Camellia sinensis leaf extract

Tranexamic acid, niacinamide

Pagi, malam

7

Glowlabs

Glo-C Serum

Glowlabs Glo-C Serum 1

Rp150.000

Menengah

Serum vitamin C yang tidak membuat breakout

NA18201901917

20 ml

Vitamin C, tranexamic acid, Centella asiatica

Botol pipet

Semua jenis kulit

Memudarkan hiperpigmentasi

Vitamin C, tranexamic acid

Centella asiatica

Centella asiatica

Vitamin C, tranexamic acid, Centella asiatica

Pagi, malam

8

ERTO'S

dr. ERTO'S Tranexamic Acid Treatment Serum

ERTO'S dr. ERTO'S Tranexamic Acid Treatment Serum 1

Rp140.000

Menengah

Pudarkan bintik hitam dan noda bekas jerawat lebih cepat dengan antioksidsn tinggi

NA18221901685

30 ml

Tranexamic acid, acai berry, vitamin C

Pump

Semua jenis kulit

Mengurangi hiperpigmentasi dan bintik hitam

Tranexamic acid, acai berry, vitamin C

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tranexamic acid, acai berry, vitamin C

Tidak diketahui

9

Eucalie

Organic Brightening Serum-Tranexamic Peptide Postbiotic

Eucalie Organic Brightening Serum-Tranexamic Peptide Postbiotic 1

Rp299.000

Agak Mahal

3X brightening booster serum, lebih efektif cerahkan kulit

NA18211901989

20 ml

Tranexamic peptide, niacinamide, marine postbiotic

Pipet

Semua jenis kulit

Memudarkan flek hitam, mencerahkan kulit

Tranexamic peptide, niacinamide, marine postbiotic

Red algae

Red algae

Tranexamic peptide, niacinamide, marine postbiotic

Pagi, malam

10

Avoskin

Your Skin Bae Tranexamic Acid

Avoskin Your Skin Bae Tranexamic Acid 1

Rp139.000

Menengah

Kandungan cranberry-nya dapat membantu melawan radikal bebas

NA18221902449

30 ml

Tranexamic acid 3%, glycolic acid (0,5%), cranberry, licorice

Botol pipet

Semua jenis kulit

Mencerahkan dan meratakan warna kulit

Tranexamic acid, licorice

Glycerin

Licorice

Palmitoyl hexapeptide-12

Pagi, malam

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

ERHATruwhite Active Glow Txa & Hexyl Resorcinol

Truwhite Active Glow Txa & Hexyl Resorcinol 1
Sumber: erhastore.co.id
Harga referensi
Rp224.000
Agak Mahal
Harga referensi
Rp224.000
Agak Mahal

Kombinasi tranexamic acid 3% dan hexyl resorcinol untuk kulit tampak lebih cerah

Kelebihan:

  • Mencerahkan kulit secara efektif dan mengurangi flek hitam secara signifikan
  • Cocok untuk semua jenis kulit

Kekurangan:

  • Beberapa pengguna melaporkan bahwa serum ini memiliki tekstur yang agak lengket pada awal penggunaan

Serum ini mengombinasikan brightening agents unggulan, yaitu tranexamic acid 3% dan hexyl resorcinol. Kandungan tersebut diformulasikan secara khusus untuk membantu mencerahkan, menyamarkan flek hitam, dan meratakan warna kulit. Produk ini cocok untuk semua jenis kulit yang ingin mendapatkan hasil maksimal dalam perawatan wajah mereka. Nikmati kulit yang cerah dan bersinar dengan rutinitas perawatan yang teruji dan aman!

BPOM
Nomor BPOMNA18201901150
Isi/varian isi15 ml
Bahan aktifTranexamic acid 3%, hexyl resorcinol
Bentuk kemasanPipet
Rekomendasi jenis kulitSemua jenis kulit
Fungsi/manfaatMencerahkan, menyamarkan flek hitam
Kandungan pencerahTranexamic acid, hexyl resorcinol
Kandungan pelembapGlycerin
Kandungan anti-inflamasiTidak diketahui
Kandungan antiagingTranexamic acid, hexyl resorcinol
Kemasan percobaanTidak diketahui
Saran waktu pemakaianPagi, malam
Alkohol
Pewangi
View all
Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

SKINTIFIC3% Tranexamic Acid Advanced Bright Serum

Harga referensi
Rp169.000
Menengah

Kombinasi tranexamic acid, alpha arbutin, dan glabirin untuk kulit lebih cerah

Kelebihan:

  • Kandungan tranexamic acid 3%, alpha arbutin 2%, dan glabridin terbukti bekerja secara sinergis untuk mengatasi hiperpigmentasi
  • Cocok untuk semua jenis kulit

Kekurangan:

  • Teksturnya sedikit lengket pada awal penggunaan

SKINTIFIC 3% Tranexamic Acid Advanced Bright Serum merupakan solusi cerah terbaik untuk kulit kusam dan hiperpigmentasi. Produk ini menggabungkan manfaat pencerah dari tranexamic acid 3% dan alpha arbutin 2%. Ada juga glabridin yang dikenal sebagai zat antioksidan untuk mengatasi masalah kulit kemerahan dan iritasi. Serum ini bekerja fokus pada melanin dan formulanya mudah meresap sehingga memberikan hasil yang signifikan.

BPOM
Nomor BPOMNA11221900030
Isi/varian isi20 ml
Bahan aktifTranexamic acid, alpha arbutin, glabridin
Bentuk kemasanPump
Rekomendasi jenis kulitSemua jenis kulit
Fungsi/manfaatMenyamarkan noda hitam, menjaga skin barrier
Kandungan pencerahTranexamic acid, alpha arbutin, glabridin
Kandungan pelembapCeramide
Kandungan anti-inflamasiAlpha arbutin, licorice
Kandungan antiagingTranexamic acid, alpha arbutin, glabridin
Kemasan percobaan
Saran waktu pemakaianPagi, malam
Alkohol
Pewangi
View all
No.3

WardahCrystal Secret Dark Spot & Brightening Serum

Harga referensi
Rp92.500
Lebih Murah

Perpaduan alpha arbutin dan tranexamic acid dapat mencegah hiperpigmentasi kulit

Untuk Anda yang struggling dengan warna kulit tidak rata, flek hitam, kulit kusam, dan noda bekas jerawat, pertimbangkan serum ini. Diperkaya brightening agent, seperti niacinamide, alpha arbutin, dan tranexamic acid, serum ini bekerja maksimal membuat kulit cerah dan flawless


Bahkan, kandungan edelweiss extract di dalamnya juga bisa membantu mencerahkan kulit secara menyeluruh. Layaknya vitamin C, kandungan tersebut diklaim dapat mengatasi hiperpigmentasi. Kulit cerah sebening kristal bukan lagi sekadar impian bila Anda menggunakan serum Wardah satu ini.

BPOM
Nomor BPOMNA18211900126
Isi/varian isi20 ml
Bahan aktifAlpha arbutin、3% tranexamic acid
Bentuk kemasanPump
Rekomendasi jenis kulitSemua jenis kulit
Fungsi/manfaatMencerahkan noda hitam dan bekas jerawat, meratakan warna kulit, mengurangi tampilan kulit kusam
Kandungan pencerahAlpha arbutin, niacinamide, tranexamic acid
Kandungan pelembapGlycerin
Kandungan anti-inflamasiNiacinamide, tranexamic acid, bisabolol, ekstrak bunga edelweiss
Kandungan antiagingAlpha arbutin, niacinamide
Kemasan percobaan
Saran waktu pemakaianPagi dan malam hari
Alkohol
Pewangi
View all
No.4

Maharis ClinicVotre Peau Vitamin C Serum Pour

Harga referensi
Rp385.000
Lebih Mahal

Mencerahkan, melembapkan, meminimalkan hiperpigmentasi

Kelebihan:

  • Mengombinasikan tranexamic acid, vitamin C, dan hyaluronic acid
  • Membantu mencerahkan kulit dan mengurangi tanda-tanda penuaan
  • Efektif memudarkan bekas jerawat dan meratakan warna kulit

Kekurangan:

  • Mengandung salicylic acid dan vitamin C, tidak disarankan dipakai bersamaan dengan skincare yang mengandung retinol

Serum Votre Peau dari Maharis Clinic adalah pilihan sempurna untuk perawatan antiaging dan mengatasi bekas jerawat. Diformulasikan dengan vitamin C, tranexamic acid, dan hyaluronic acid, serum ini memberikan manfaat luar biasa untuk kulit.


Vitamin C membantu mencerahkan kulit dan mengurangi tanda-tanda penuaan, seperti garis halus dan kerutan. Tranexamic acid efektif dalam memudarkan bekas jerawat serta meratakan warna kulit. Hyaluronic acid bertindak sebagai pelembap alami dan meningkatkan kelembapan kulit tanpa rasa lengket. Dengan konsentrasi yang tepat, serum ini dapat meningkatkan elastisitas dan kehalusan kulit. Kulit pun tampak lebih muda dan bersinar.

BPOM
Nomor BPOMNA18191905234
Isi/varian isi30 ml
Bahan aktifVitamin C, tranexamic acid, salicylic acid, hyaluronic acid
Bentuk kemasanPipet
Rekomendasi jenis kulitSemua jenis kulit
Fungsi/manfaatMenyamarkan hiperpigmentasi, pori-pori besar, warna kulit tidak merata
Kandungan pencerahVitamin C, tranexamic acid
Kandungan pelembapHyaluronic acid
Kandungan anti-inflamasiTidak diketahui
Kandungan antiagingTocopheryl acetate
Kemasan percobaan
Saran waktu pemakaianPagi, malam
Alkohol
Pewangi
View all
No.5

ElsheSkinRadiant Supple Serum

Harga referensi
Rp129.000
Agak Murah

Dengan 6x gentle brightening agent, mencerahkan kulit tanpa iritasi

Kelebihan:

  • Kandungan gentle brightening agent mengurangi risiko iritasi, cocok untuk kulit sensitif

Kekurangan:

  • Konsistensinya agak kental sehingga beberapa pengguna merasa sulit menyerap

ElsheSkin Radiant Supple Serum adalah solusi terbaik untuk mendapatkan kulit cerah dan lembap. Diformulasikan dengan kandungan tranexamic acid, niacinamide, dan arbutin, produk ini membantu mencerahkan kulit dan meratakan warna wajah.


Produk ini cocok untuk kulit sensitif karena mengandung enam kali gentle brightening agent yang tidak menyebabkan iritasi. Dengan rutinitas penggunaan yang teratur, kulit akan terlihat lebih berseri, lembut, dan bebas hiperpigmentasi.

BPOM
Nomor BPOMNA18211900548
Isi/varian isi15 ml, 30 ml
Bahan aktifTranexamic acid, niacinamide, arbutin
Bentuk kemasanPipet
Rekomendasi jenis kulitSemua jenis kulit
Fungsi/manfaatMencerahkan warna kulit, hiperpigmentasi, dan kulit kusam
Kandungan pencerahTranexamic acid, niacinamide, arbutin
Kandungan pelembapGlycerin
Kandungan anti-inflamasiCentella asiatica
Kandungan antiagingTranexamic acid, niacinamide, arbutin
Kemasan percobaan
Saran waktu pemakaianPagi, malam
Alkohol
PewangiTidak diketahui
View all
No.6

Cos De BAHA Tranexamic Acid 5% Serum with Niacinamide 5% for Face/Neck

Harga referensi
Rp159.000
Menengah

Pudarkan flek dan malesma dengan tranexamic acid 5% dan niacinamide 5%

Kelebihan:

  • Cos De BAHA adalah merek populer asal Korea Selatan yang memproduksi produk kosmetiknya di fasilitas yang bersertifikasi KFDA Korea
  • Serum ini efektif memudarkan melasma dan hiperpigmentasi pada wajah dan leher

Kekurangan:

  • Beberapa pengguna melaporkan sedikit sensasi kemerahan atau perih setelah penggunaan awal, tetapi biasanya hilang setelah beberapa kali penggunaan
  • Saat ini produk belum bersertifikasi BPOM

Diformulasikan dengan tranexamic acid 5% dan niacinamide 5%, produk ini membantu memudarkan flek dan melasma pada wajah dan leher. Serum ini cocok untuk semua jenis kulit, terutama bagi Anda yang mengalami masalah hiperpigmentasi. Keunggulan produk ini terletak pada kombinasi bahan aktifnya yang terbukti efektif dalam menyamarkan noda gelap dan meratakan warna kulit.

BPOM
Nomor BPOMTidak ada
Isi/varian isi30 ml
Bahan aktifTranexamic acid, niacinamide, hyaluronic acid
Bentuk kemasanPipet
Rekomendasi jenis kulitSemua jenis kulit
Fungsi/manfaatMemudarkan dark spot/melasma
Kandungan pencerahTranexamic acid, niacinamide
Kandungan pelembapSodium hyaluronate, Aloe barbadensis leaf extract
Kandungan anti-inflamasiCamellia sinensis leaf extract
Kandungan antiagingTranexamic acid, niacinamide
Kemasan percobaan
Saran waktu pemakaianPagi, malam
Alkohol
Pewangi
View all
No.7

GlowlabsGlo-C Serum

Harga referensi
Rp150.000
Menengah

Serum vitamin C yang tidak membuat breakout

Glowlabs Glo-C Serum adalah solusi cerah yang efektif untuk kulit bercahaya. Diformulasikan dengan kombinasi vitamin C, tranexamic acid, dan Centella asiatica, produk ini membantu mencerahkan dan meratakan warna kulit. Noda bekas jerawat pun bisa pudar dengan pemakaian teratur. Serum ini cocok untuk semua jenis kulit, termasuk kulit sensitif, karena tidak menyebabkan breakout.

BPOM
Nomor BPOMNA18201901917
Isi/varian isi20 ml
Bahan aktifVitamin C, tranexamic acid, Centella asiatica
Bentuk kemasanBotol pipet
Rekomendasi jenis kulitSemua jenis kulit
Fungsi/manfaatMemudarkan hiperpigmentasi
Kandungan pencerahVitamin C, tranexamic acid
Kandungan pelembapCentella asiatica
Kandungan anti-inflamasiCentella asiatica
Kandungan antiagingVitamin C, tranexamic acid, Centella asiatica
Kemasan percobaan
Saran waktu pemakaianPagi, malam
Alkohol
Pewangi
View all
No.8

ERTO'Sdr. ERTO'S Tranexamic Acid Treatment Serum

Harga referensi
Rp140.000
Menengah

Pudarkan bintik hitam dan noda bekas jerawat lebih cepat dengan antioksidsn tinggi

Kelebihan:

  • Cepat meresap tanpa rasa lengket di kulit

Kekurangan:

  • Brightening agent-nya cukup tinggi, pemilik kulit sensitif disarankan melakukan patch test untuk menghindari reaksi alergi

Anda memiliki bekas jerawat yang menghitam dan warna kulit tidak merata? Tidak perlu khawatir lagi karena ERTO'S memiliki solusinya! Serum ini diformulasikan dengan triple brightening agent, yakni tranexamic acid, acai berry, dan vitamin C. Antioksidannya yang tinggi juga membuat serum ini bagus untuk melawan tanda-tanda penuaan.

BPOM
Nomor BPOMNA18221901685
Isi/varian isi30 ml
Bahan aktifTranexamic acid, acai berry, vitamin C
Bentuk kemasanPump
Rekomendasi jenis kulitSemua jenis kulit
Fungsi/manfaatMengurangi hiperpigmentasi dan bintik hitam
Kandungan pencerahTranexamic acid, acai berry, vitamin C
Kandungan pelembapTidak diketahui
Kandungan anti-inflamasiTidak diketahui
Kandungan antiagingTranexamic acid, acai berry, vitamin C
Kemasan percobaan
Saran waktu pemakaianTidak diketahui
Alkohol
Pewangi
View all
No.9

EucalieOrganic Brightening Serum-Tranexamic Peptide Postbiotic

Harga referensi
Rp299.000
Agak Mahal

3X brightening booster serum, lebih efektif cerahkan kulit

Kelebihan:

  • Berbahan organik
  • Mencerahkan dan memperkuat skin barrier

Kekurangan:

  • Beberapa pengguna melaporkan bahwa produk ini membutuhkan waktu untuk meresap ke dalam kulit

Eucalie Organic Brightening Serum-Tranexamic Peptide Postbiotic adalah serum yang mengagumkan untuk mendapatkan kulit cerah dan sehat secara alami. Produk ini diformulasikan dengan tiga kali brightening booster, seperti tranexamic peptide, niacinamide, dan marine postbiotic. Kandungan tersebut diklaim efektif dalam mencerahkan kulit, mengurangi flek hitam, serta memperkuat skin barrier.

BPOM
Nomor BPOMNA18211901989
Isi/varian isi20 ml
Bahan aktifTranexamic peptide, niacinamide, marine postbiotic
Bentuk kemasanPipet
Rekomendasi jenis kulitSemua jenis kulit
Fungsi/manfaatMemudarkan flek hitam, mencerahkan kulit
Kandungan pencerahTranexamic peptide, niacinamide, marine postbiotic
Kandungan pelembapRed algae
Kandungan anti-inflamasiRed algae
Kandungan antiagingTranexamic peptide, niacinamide, marine postbiotic
Kemasan percobaan
Saran waktu pemakaianPagi, malam
Alkohol
Pewangi
View all
No.10

AvoskinYour Skin Bae Tranexamic Acid

Harga referensi
Rp139.000
Menengah

Kandungan cranberry-nya dapat membantu melawan radikal bebas

Produk ini bukan hanya memiliki kandungan glycolic acid saja. Namun, ada kandungan tranexamic acid 3%cranberry, dan licorice yang mampu membantu mengatasi masalah PIE dan PIH.


Post-inflammatory erythema (PEH) adalah kondisi kemerahan yang muncul akibat peradangan. Sementara itu, post-inflammatory hyperpigmentation (PIH) adalah bekas gelap yang diakibatkan oleh peradangan seperti jerawat. Selain itu, adanya kandungan cranberry juga dapat membantu melawan radikal bebas sehingga kulit wajah Anda pun akan tampak sehat, lho.

BPOM
Nomor BPOMNA18221902449
Isi/varian isi30 ml
Bahan aktifTranexamic acid 3%, glycolic acid (0,5%), cranberry, licorice
Bentuk kemasanBotol pipet
Rekomendasi jenis kulitSemua jenis kulit
Fungsi/manfaatMencerahkan dan meratakan warna kulit
Kandungan pencerahTranexamic acid, licorice
Kandungan pelembapGlycerin
Kandungan anti-inflamasiLicorice
Kandungan antiagingPalmitoyl hexapeptide-12
Kemasan percobaan
Saran waktu pemakaianPagi, malam
Alkohol
Pewangi
View all

Baca juga rekomendasi produk serum lainnya di sini

Setiap jenis kulit membutuhkan produk perawatan yang berbeda-beda. Selain tranexamic acid, Anda juga dapat memilih serum lainnya untuk dijadikan sebagai skincare routine. Jika tertarik, Anda bisa membuka salah satu tautan di bawah ini. Semua rekomendasi di bawah telah kami ulas secara detail. 

Kesimpulan

Kulit yang kusam dan berkeriput dapat membuat Anda menjadi tidak percaya diri. Untuk itu, Anda perlu menggunakan produk perawatan yang tepat. Dengan memakai serum tranexamic acid secara rutin, kulit Anda akan menjadi lebih cerah, kencang, dan sehat. 


Pada artikel ini, kami telah mengulas tentang serum tranexamic acid secara lengkap. Pastikan untuk memilih produk yang sesuai dengan jenis dan masalah kulit Anda. Semoga artikel kami dapat membantu Anda dalam menentukan pilihan. Selamat berbelanja dan dapatkan kulit sehat berseri!

5 Rekomendasi Serum yang Mengandung Tranexamic Acid terbaik

No. 1: ERHATruwhite Active Glow Txa & Hexyl Resorcinol

No. 2: SKINTIFIC3% Tranexamic Acid Advanced Bright Serum

No. 3: WardahCrystal Secret Dark Spot & Brightening Serum

No. 4: Maharis ClinicVotre Peau Vitamin C Serum Pour

No. 5: ElsheSkinRadiant Supple Serum

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Perawatan tubuh & kecantikan
  3. Perawatan wajah
  4. 10 Rekomendasi Serum yang Mengandung Tranexamic Acid (Terbaru Tahun 2024)

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.