10 Rekomendasi Spons Cuci Piring Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Spons Cuci Piring Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Spons cuci piring adalah suatu benda yang selalu digunakan setiap hari dalam kegiatan mencuci piring. Jenis spons yang beredar pun sangat beraneka ragam, dari bahan, bentuk, warna, serta ukuran. Tetapi, yang menjadi pertanyaan adalah, bagaimana memilih spons cuci piring yang tepat untuk Anda?

Dalam artikel ini kami akan merekomendasikan 10 spons cuci piring terbaik yang bisa Anda pilih. Tentunya, spons cuci piring yang kami pilihkan dapat membantu pekerjaan Anda di dapur dan dapur Anda tetap menjadi bersih serta kinclong!

Daftar isi

Cara memilih spons cuci piring

Walaupun berbentuk mungil, spons cuci piring memiliki kekuatan dahsyat dalam menghilangkan noda membandel yang ada pada peralatan makan Anda. Kebersihan peralatan makan Anda jadi terjaga dari kemungkinan berkembang biaknya bakteri, dan kesehatan keluarga Anda pun menjadi terjamin.

Untuk memilih spons cuci piring yang tepat, ada baiknya kita mengetahui mengenai hal berikut ini.

Ayo periksa bahan dasar sponsnya

Bahan dasar yang digunakan dalam membuat spons cuci piring adalah busa, selulosa, sabut, mikrofiber, poliester, akrilik, nilon, dan serat alumunium.

Setiap bahan tersebut memiliki keunggulannya masing-masing. Mari kita lihat lebih dekat.

Busa spons

Busa spons

Kelebihan dari spons busa adalah kelenturannya dan kemampuannya dalam menghasilkan busa sabun. Jenis permukaan spons pun ada yang kasar dan halus.

Baik yang memiliki permukaan kasar maupun halus, spons cuci piring ini mampu menghasilkan busa dengan baik dan efektif dalam membersihkan peralatan makan. Spons busa ini dapat dipilih oleh Anda yang mementingkan busa yang banyak dalam proses pencucian peralatan dapur.

Selulosa

Selulosa

Spons cuci piring berbahan selulosa harus digunakan dalam keadaan basah, agar dapat menyerap air dan menjadi lembap sehingga permukaan spons menjadi lembut dan halus. Spons berbahan selulosa sangat cocok digunakan untuk mencuci alat makan yang tidak terlalu kotor atau berminyak. Karena daya serapnya yang sangat baik, spons selulosa ini juga dapat digunakan untuk membersihkan area dapur lainnya, seperti meja dapur yang basah oleh air. Keunggulan lainnya adalah spons selulosa dapat menghasilkan busa yang banyak, seperti spons busa.

Spons selulosa terbuat dari pulp dan serat alami yang tidak akan mengeluarkan gas beracun apabila terbakar. Karena terbuat dari bahan alami, maka spons selulosa ini adalah spons yang ramah lingkungan.

Sabut

Sabut

Di pasaran, dapat kita jumpai spons berbahan sabut. Biasanya spons sabut ini dijual bersamaan dengan spons busa ataupun dengan spons selulosa. Sabut yang digunakan untuk mencuci piring mengandung serat yang kasar, sehingga dapat menghilangkan noda serta kotoran yang menempel pada peralatan makan Anda.

Sabut yang keras ini sangat cocok untuk melepaskan kotoran membandel yang menempel pada panci. Namun, Anda perlu berhati-hati dalam menggunakan spons sabut ini, karena dapat menggores peralatan makan Anda apabila digunakan terlalu kencang. Karena itu, spons sabut harus digunakan berbarengan dengan spons lainnya yang berbahan halus, seperti spons busa atau spons selulosa.

Mikrofiber

Mikrofiber

Bahan mikrofiber banyak digunakan sebagai bahan baku untuk sarung tangan, handuk, karpet, lap, dan lain sebagainya. Mikrofiber mampu menyerap air dan memiliki permukaan yang lembut. Namun, serat yang dimilikinya tidaklah rata, sehingga dapat meninggalkan noda seperti noda putih pada media yang baru saja dibersihkan dengan bahan mikrofiber ini.

Kotoran yang ada dapat menempel pada serat mikrofiber ini, sehingga Anda dapat meminimalkan penggunaan sabun pada proses pencucian. Namun, kelemahannya adalah, kotoran yang telah menempel pada mikrofiber ini akan sulit untuk dibersihkan. Selain itu, mikrofiber memiliki serat yang sangat halus, sehingga daya tahan dari bahan ini tidak terlalu bagus.

Poliester, akrilik, nilon, serat alumunium

Poliester akrilik nilon serat alumunium

Di pasaran, terdapat pula jenis spons cuci piring yang terbungkus oleh kasa bersih. Kasa atau jaring-jaring ini terbuat dari bahan poliester, akrilik, nilon, dan serat alumunium yang diendapkan dengan poliester.

Nilon berfungsi untuk menghasilkan busa dan akrilik dapat menghilangkan kotoran, bila dibantu dengan air. Bahan poliester dan serat alumunium yang diendapkan dengan poliester juga memiliki kekuatan untuk menghilangkan kotoran, dengan cara mengikisnya.

Buatlah kegiatan mencuci piring menjadi menyenangkan!

Buatlah kegiatan mencuci piring menjadi menyenangkan!

Spons cuci piring pada saat ini tersedia dalam berbagai macam warna dan bentuk. Bentuk yang paling umum adalah persegi panjang. Selain itu, tersedia pula bentuk yang menyerupai buah-buahan, bunga, binatang, dedaunan, dan lain sebagainya. Spons tersebut juga tersedia dalam berbagai warna yang sangat bervariasi.

Maka dari itu, pilihlah warna dan bentuk kesukaan Anda agar kegiatan mencuci piring menjadi hal yang menyenangkan untuk dilakukan setiap hari.

Mudah didapatkan, tetapi sayang untuk dibuang

Mudah didapatkan, sayang untuk dibuang

Setelah Anda menggunakan spons cuci piring Anda, maka akan ada penurunan kualitas dari spons Anda. Lama-kelamaan spons Anda akan menjadi lembap dan busa yang dihasilkan akan menjadi lebih sedikit.

Untuk spons cuci piring dengan kualitas yang baik, spons dapat digunakan selama satu sampai dengan enam bulan. Dengan alasan kebersihan, Anda dapat mengganti spons cuci piring ini dengan lebih cepat, tidak perlu menunggu sampai spons Anda usang dan tidak dapat berbusa dengan baik lagi.

10 Rekomendasi spons cuci piring terbaik

Berikut ini kami akan merekomendasikan 10 spons cuci piring terbaik.

Spons yang kami hadirkan di sini terdiri dari beragam jenis bahan, bentuk, kualitas, serta harga. Anda dapat memilihnya sesuai dengan kebutuhan rumah tangga Anda.

10. Spons Pembersih Gelas

10. Spons Pembersih Gelas

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 13.500

Kebersihan gelas akan terjamin

Spons pembersih gelas ini memiliki kelebihan pada gagang yang panjangnya sekitar 24 cm dan diameter sekitar 5 cm. Maka, spons dapat menjangkau bagian bawah gelas yang pada umumnya sulit terjangkau oleh tangan dan spons biasa.

Namun, spons pembersih gelas ini memiliki kekurangan, yaitu tidak tersedianya refill busa di pasaran. Sehingga, Anda akan sulit mengganti busa, bila busa yang Anda gunakan telah usang. Selain itu, dengan bentuknya bergagang, maka akan sedikit tidak nyaman apabila Anda memakainya untuk membersihkan piring dan peralatan masak lainnya.

9. Mipacko Spons Microfiber

9. Mipacko Spons Microfiber

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 16.250

Mencuci piring dengan mikrofiber, tanpa perlu sabun pencuci

Spons cuci piring dengan bahan mikrofiber dapat menyapu bersih kotoran yang ada hingga partikel terkecil, sampai tidak ada bakteri yang menempel pada alat makan Anda. Spons cuci piring mipacko ini memiliki dua permukaan, bagian kasar untuk menggosok kotoran yang menempel tanpa menggores permukaannya, serta bagian mikrofiber halus akan memastikan semua kotoran dan bakteri bersih serta mengkilap.

Spons mikrofiber ini dapat digunakan tanpa menggunakan bahan kimia, seperti sabun cuci piring. Hal ini menjadi efisien bagi Anda karena Anda tidak perlu membeli sabun cuci piring.

8. Spons Tapas Bantal (4 pcs)

8. Spons Tapas Bantal (4 pcs)

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 15.800

Warna-warni untuk dapur Anda

Spons cuci piring ini dilapisi oleh kasa atau jaring-jaring yang terbuat dari bahan poliester. Dengan tekstur yang sedikit kasar, maka sewaktu Anda mencuci piring, piring Anda sekaligus tersikat olehnya. Busa yang dihasilkan pun maksimal, sehingga kegiatan mencuci Anda menjadi efisien dan efektif.

Ukuran spons ini yang tersedia adalah 10 x 8 cm. Variasi warna sangat beragam dengan warna-warni yang cerah, yang sekaligus dapat menghiasi dapur Anda.

7. Ikea Svampig (3 pcs)

7. Ikea Svampig (3 pcs)

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 33.800

Spons cuci piring dengan desain minimalis

Spons cuci piring keluaran Ikea ini memiliki warna yang jarang ada di pasaran, yaitu putih dan abu-abu. Warna ini memberikan kesan minimalis, cocok bagi dapur Anda yang memiliki tema sesuai, yaitu minimalis. Produk ini memiliki bentuk persegi panjang yang mudah untuk dipegang, dengan ukuran 11 x 7 cm.

Bahan yang digunakan pada spons ini terdiri dari bahan busa yang lembut dan sabut yang lebih kasar. Sisi lembut spons dapat digunakan untuk membersihkan piring. Sedangkan sisi kasar spons digunakan untuk membersihkan noda yang lebih membandel.

6. Ikea Snabbakat (2 pcs)

6. Ikea Snabbakat (2 pcs)

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 34.600

Nuansa Swedia pada dapur Anda

Ikea, toko asal Swedia ini menghadirkan spons berbentuk kuda yang identik dengan mereknya. Dengan adanya bentuk yang menarik dari spons ini, maka kegiatan mencuci piring Anda akan menjadi lebih menyenangkan.

Spons ini terdiri dari dua warna, kuning dan biru, serta berbahan busa dan sabut yang menjadi satu. Bahan busa memiliki tesktur yang lebih lembut untuk membersihkan piring, dan sabut yang memiliki tekstur kasar dapat digunakan untuk noda yang lebih membandel.

5. Duramitt The Green Mitt

5. Duramitt The Green Mitt

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 39.900

Perlindungan untuk tangan Anda

Spons cuci piring ini berbentuk sarung tangan dan terbuat dari karet berkualitas yang kuat dan tahan lama. Pada bagian telapak tangannya dilapisi oleh spons hijau yang dapat digunakan untuk mencuci peralatan masak Anda. Tangan Anda akan terlindungi oleh sarung tangan karet ini, karena tangan Anda tidak akan langsung bersentuhan dengan sabun cuci piring dan air secara terus menerus.

Kelebihan lainnya adalah spons ini mudah untuk digunakan, serta cocok untuk membersihkan panci dan peralatan makan lainnya yang berlemak. Namun, kekurangan dari produk ini adalah tidak adanya pengganti spons, apabila karet sarung tangan masih bagus dan spons telah usang, maka yang dapat dilakukan adalah mengganti keseluruhan sarung tangan.

4. Spons Cuci Piring Berbentuk Buah

4. Spons Cuci Piring Berbentuk Buah

Lihat produk di Tokopedia

Harga : Rp 10.000

Buah-buahan untuk mencuci piring

Spons cuci piring ini memiliki variasi bentuk dalam bentuk buah-buahan, seperti strawberry, jeruk, peach, dan mangga. Cocok untuk Anda yang suka bentuk buah yang imut. Walaupun memiliki bentuk yang imut, spons ini memiliki kemampuan dalam menghasilkan busa sabun yang berlimpah, sehingga dapat menghemat penggunaan sabun cuci piring Anda.

Spons ini memiliki ketebalan hingga 3,5 cm dan diameter 12,5 cm. Permukaan yang lembut dari spons ini dapat membantu menghilangkan kotoran membandel pada peralatan makan Anda.

3. Scotch-Brite Sabut Bergagang

3. Scotch-Brite Sabut Bergagang

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 76.000

Lebih praktis, lebih higienis

Scotch-Brite sabut bergagang adalah salah satu teknologi terbaru yang dikeluarkan oleh Scotch-Brite. Dengan menggunakan spons ini, Anda dapat memasukkan sabun ke dalam gagangnya, sehingga higienis dan praktis, karena sabun tidak menyentuh tangan Anda. Refill untuk bagian kepala pembersih pun tersedia dalam dua macam tekstur, yaitu untuk heavy duty  dan heavy duty non-scratch.

Hanya saja, spons jenis ini memiliki beberapa kelemahan. Pertama dari segi harga, harga spons ini terbilang mahal dibandingkan dengan jenis spons lainnya. Dan yang kedua, karena belum umum digunakan, maka ketersediaan refill untuk bagian kepala pembersih pun sepertinya akan sulit untuk ditemukan.

2. Polytex Spon Serba Guna

2. Polytex Spon Serba Guna

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 2.200

Sesuai dengan namanya : serba guna

Spons ini terbuat dari busa yang memiliki daya serap tinggi, kuat dan tahan lama. Kualitas spons yang baik ini akan menghasilkan busa sabun yang banyak, serta dapat mengangkat kotoran yang menempel pada peralatan makan Anda. Dengan bahan busa yang halus, Anda tidak perlu khawatir, peralatan makan Anda tidak akan tergores olehnya.

Selain untuk mencuci piring, spons ini dapat digunakan untuk membersihkan wastafel, meja dapur, serta area lain di luar dapur, seperti untuk membersihkan kaca jendela, kamar mandi, dan membersihkan kendaraan bermotor. Harganya ekonomis dan serbaguna, Anda wajib punya spons ini!

1. Scoth-Brite Sabut Spons Hijau 3×4″ (5 pcs)

1. Scoth-Brite Sabut Spons Hijau 3x4" (5 pcs)

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 33.500

Pilihan praktis, sabut dan busa menjadi satu

Pilihan yang tepat bagi Anda yang praktis, karena spons ini terdiri dari bahan busa untuk penggunaan permukaan yang halus, dan bahan sabut untuk menghilangkan noda yang menempel. Sabut yang digunakan memiliki partikel penggosok, sehingga dapat membersihkan hingga 3 kali lebih bersih dibandingkan sabut lainnya. Spons busa dengan kualitas baik keluaran Scoth-Brite ini dapat 3 kali mencuci lebih banyak.

Bentuknya yang simpel dan praktis ini tentunya nyaman digunakan, serta dapat digunakan pada semua peralatan masak Anda. Spons ini pun sangat mudah untuk Anda temui di pasaran. Mari dicoba!

Kesimpulan

Bagaimana kondisi spons cuci piring Anda saat ini? Sudahkah waktunya untuk diganti? Setelah mengetahui cara memilih spons cuci piring dan mengerti kebutuhan Anda mengenai hal mencuci piring, tentunya Anda tidak perlu bingung lagi dalam memilih spons cuci piring yang tepat.

Demi menjaga kebersihan serta kesehatan peralatan masak Anda, gantilah spons cuci piring Anda secara berkala. Dan untuk mengurangi kebosanan dalam mencuci piring, Anda dapat mencoba berbagai jenis spons yang sudah kami rekomendasikan tadi. Selamat mencuci piring!