mybest
Alat pemotong

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Peralatan dapur
  3. Aksesori dapur
  4. 10 Rekomendasi Gunting Dapur Terbaik (Terbaru Tahun 2024)
  • 10 Rekomendasi Gunting Dapur Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 1
  • 10 Rekomendasi Gunting Dapur Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 2
  • 10 Rekomendasi Gunting Dapur Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 3
  • 10 Rekomendasi Gunting Dapur Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 4
  • 10 Rekomendasi Gunting Dapur Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 5

10 Rekomendasi Gunting Dapur Terbaik (Terbaru Tahun 2024)

Selain pisau, gunting dapur adalah alat yang penting untuk disediakan saat memasak. Gunting ini dapat digunakan untuk berbagai hal, seperti memotong makanan menjadi potongan kecil, menggunting kemasan, dan sebagainya. Ada beragam gunting dapur yang tersedia di pasaran. Namun, produk manakah yang tepat untuk dipilih? Lalu, apa merek gunting dapur yang bagus?


Kami akan membantu Anda memahami poin-poin yang perlu diperhatikan ketika memilih gunting dapur. Setelah itu, Anda dapat membandingkan spesifikasi beberapa produk dari merek terbaik, di antaranya IKEA, Oxone, BOLDe, dan lain-lain. Pastikan Anda menyimak informasinya secara lengkap, ya!

Diperbaharui 11/09/2023
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca

Daftar isi

Cara memilih gunting dapur

Setidaknya ada empat hal yang perlu menjadi perhatian Anda saat hendak membeli gunting dapur. Mari simak selengkapnya di bawah ini.

1

Perhatikan ketajaman bilah pisau pada gunting

Hal terpenting yang perlu Anda cek saat memilih gunting dapur ialah ketajamannya. Sambil tetap memperhatikan bentuk mata pisau dan bahannya, mari identifikasi gunting dengan ketajaman yang sesuai dengan penggunaan.

Gunting dengan mata pisau panjang untuk memotong benda besar

Gunting dengan mata pisau panjang untuk memotong benda besar

Walaupun dikatakan sebagai gunting dapur, alat ini dapat digunakan untuk memotong berbagai benda, mulai dari daging hingga bungkusan. Karena itu, pilihlah gunting yang ketajamannya sesuai dengan tujuan penggunaan agar memudahkan aktivitas memasak Anda.


Jika Anda ingin memotong benda berukuran besar seperti daging atau kepiting, gunakanlah gunting dapur dengan pisau panjang. Namun, untuk pekerjaan yang detail seperti menata lauk di kotak bekal, pilihlah gunting dapur berukuran kecil.


Selain itu, sebaiknya gunakan gunting yang memiliki lekukan pada mata pisaunya agar makanan tidak selip saat dipotong. Kemudian, sebisa mungkin sediakanlah dua jenis gunting dapur di rumah. Satu digunakan untuk keperluan memasak dan satunya lagi sebagai gunting serbaguna. Hal ini dapat Anda sesuaikan dengan aktivitas yang paling sering Anda lakukan.

Gunting berbahan baja yang tajam atau keramik yang tidak mudah tumpul

Gunting berbahan baja yang tajam atau keramik yang tidak mudah tumpul

Gunting dapur umumnya terbuat dari bahan baja atau keramik. Dari segi ketajaman, gunting dari bahan baja memang lebih unggul dan layak dijadikan pilihan. Akan tetapi, ketajaman gunting baja akan berkurang drastis bila tidak dirawat dengan baik. Jika Anda menginginkan gunting dengan ketajaman yang awet dan perawatannya mudah, pilihlah gunting berbahan keramik.

2

Pertimbangkan desain pegangan gunting

Pertimbangkan desain pegangan gunting

Kenyamanan genggaman adalah hal yang penting untuk diperhatikan, terutama bila Anda menggunakan gunting dalam waktu lama. Pastikan jari-jari Anda berada pada posisi yang pas dan nyaman supaya tangan tidak gampang lelah. Dengan begitu, Anda dapat memakai gunting selama mungkin dan memberikan tenaga secara maksimal saat memotong benda-benda keras.


Peganglah gunting dengan menaruh ibu jari, jari tengah, jari manis, serta kelingking dalam lubang pegangan dan tempatkan telunjuk di bagian luar. Hindari memilih gunting dengan pegangan terlalu kecil karena akan membuat jari menjadi sakit dan sulit untuk menggunting.

3

Pastikan kemudahan perawatan gunting

Pastikan kemudahan perawatan gunting

Karena akan digunakan untuk memotong bahan makanan, pastikan gunting yang Anda pilih mudah dibersihkan secara menyeluruh. Kami merekomendasikan gunting dapur yang bisa dibongkar pasang agar Anda dapat mencuci dan mengeringkan gunting hingga ke sudut-sudutnya.


Hanya saja, kekurangan dari gunting seperti ini adalah bagian-bagian gunting jadi gampang terlepas saat dipakai. Apabila tidak berhati-hati, Anda bisa saja terluka saat menggunakannya.


Jika Anda menyukai kepraktisan, sebisa mungkin gunakan gunting yang kompatibel dengan mesin pencuci piring yang Anda miliki. Sebagai informasi, tidak semua gunting dapur bisa dicuci dalam mesin pencuci piring, misalnya saja gunting dengan gagang berbahan plastik. Jadi, cek terlebih dahulu poin ini sebelum membeli, ya.

4

Tentukan fungsi tambahan yang Anda butuhkan

Tentukan fungsi tambahan yang Anda butuhkan

Selain untuk memotong, beberapa gunting dapur ternyata memiliki fungsi tambahan, lho. Fungsi tersebut antara lain gerigi untuk membuka tutup botol, pembuka kaleng, penghilang sisik ikan, dan sebagainya. Pertimbangkan aktivitas memasak yang sering Anda lakukan dan pilihlah gunting dapur dengan fungsi tambahan yang sesuai.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

10 Rekomendasi gunting dapur terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk gunting dapur terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Ranking popularitas
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
1

Bright Crown

Gunting Dapur Multifungsi Stainless Steel

Bright Crown  Gunting Dapur Multifungsi Stainless Steel 1

Rp35.000

Menengah

Gunting dapur multifungsi yang ringan sekaligus kuat

2

UNISO

Gunting Dapur Serbaguna

UNISO  Gunting Dapur Serbaguna  1

Rp12.990

Agak Murah

Pilihan gunting dapur ekonomis dengan banyak fungsi

3

Bagus

Yamazaki Kitchenware Gunting Dapur Stainless Steel W-22561

Bagus  Yamazaki Kitchenware Gunting Dapur Stainless Steel  1

Rp84.300

Agak Mahal

Gunting daging yang mudah dibersihkan dengan removable rivets

4

Oxone

Gunting Dapur WarnaOX-921

Oxone  Gunting Dapur Warna 1

Rp35.000

Menengah

Gunting dapur multifungsi dengan banyak pilihan warna ceria

5

Regashi

6 in 1 Gunting Dapur Serbaguna

Regashi 6 in 1 Gunting Dapur Serbaguna 1

Rp29.999

Menengah

Dapatkan 6 fungsi dalam 1 gunting dapur!

6

KKV Indonesia

Teens Multi-functional Kitchen Scissors

KKV Indonesia Teens Multi-functional Kitchen Scissors  1

Rp31.900

Menengah

Gunting dapur dengan warna pastel yang cantik

7

3M

3M Scotch Gunting Dapur Premium KS-GP

3M 3M Scotch Gunting Dapur Premium  1

Rp140.000

Lebih Mahal

Gunting tanpa lubang mikroskopik yang lebih higienis

8

CaTalina Kitchenware

Gunting Sayur 5 Lapis Herb Scissor Gunting Dapur

CaTalina Kitchenware Gunting Sayur 5 Lapis Herb Scissor Gunting Dapur 1

Rp130.404

Agak Mahal

Memasak sayuran lebih praktis tanpa talenan!

9

BOLDë

Super UTENSILE Electra Scissor

BOLDë  Super UTENSILE Electra Scissor 1

Rp35.800

Menengah

Desain elegan dalam kekuatan gunting dapur stainless steel

10

IKEA

KVALIFICERA

IKEA  KVALIFICERA 1

Rp9.900

Lebih Murah

Tangan kidal juga dapat memakainya dengan nyaman, lho

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

Bright Crown Gunting Dapur Multifungsi Stainless Steel

Gunting Dapur Multifungsi Stainless Steel 1
Sumber: tokopedia.com
Harga referensi
Rp35.000
Menengah
Harga referensi
Rp35.000
Menengah

Gunting dapur multifungsi yang ringan sekaligus kuat

Gunting dapur Bright Crown akan cocok jika Anda mencari gunting dapur yang ringan. Gunting ini hanya memiliki berat 74 gr. Meski ringan, gunting ini memiliki daya potong yang kuat sehingga dapat memotong sayuran, beragam daging, ikan, hingga tulang ayam dengan baik.

Gunting ini memiliki fungsi lain, di antaranya pemecah cangkang dan pembuka tutup botol. Dilengkapi dengan penutup pisau, Anda dapat menyimpan gunting bebas dari debu dan kotoran.

Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

UNISO Gunting Dapur Serbaguna

Harga referensi
Rp12.990
Agak Murah

Pilihan gunting dapur ekonomis dengan banyak fungsi

Gunting dapur Uniso cocok untuk Anda yang mencari gunting dapur dengan harga murah, tetapi memiliki fungsi yang lengkap. Harga gunting dapur ini adalah salah satu yang paling terjangkau di antara daftar rekomendasi.


Meski terjangkau, gunting dapur stainless steel ini memiliki daya potong kuat sehingga dapat memotong sayuran dan segala jenis daging. Selain memotong, gunting ini juga dilengkapi dengan fungsi tambahan seperti pembuka tutup botol. Terdapat dua pilihan warna yang dapat Anda pilih, yaitu hitam dan merah.

No.3

Bagus Yamazaki Kitchenware Gunting Dapur Stainless Steel W-22561

Harga referensi
Rp84.300
Agak Mahal

Gunting daging yang mudah dibersihkan dengan removable rivets

Gunting dari Bagus ini adalah salah satu gunting daging terbaik yang kuat dengan pisau tajam. Setelah digunakan, gunting ini akan mudah untuk dibersihkan karena memiliki fitur removable rivets.


Gunting ini merupakan gunting dapur serbaguna yang memiliki banyak kegunaan tambahan. Fitur tambahan tersebut adalah penghancur kulit kacang, pemotong tulang kecil, pembersih sisik ikan, serta pembuka tutup botol dan toples. Fitur multifungsi ini cocok untuk Anda yang ukuran dapurnya tidak begitu luas karena gunting ini tidak banyak memakan tempat.

No.4

Oxone Gunting Dapur WarnaOX-921

Harga referensi
Rp35.000
Menengah

Gunting dapur multifungsi dengan banyak pilihan warna ceria

Gunting ini memiliki banyak fungsi, misalnya memotong bahan makanan dan memecah kulit keras seperti kacang kenari. Jadi, produk ini sangat pas bagi Anda yang ingin memiliki gunting untuk segala keperluan di rumah.


Selain itu, produk ini tersedia dalam empat pilihan warna yang cerah. Pegangannya pun didesain nyaman dan aman untuk digenggam. Cantik dan serbaguna, kan?

No.5

Regashi6 in 1 Gunting Dapur Serbaguna

Harga referensi
Rp29.999
Menengah

Dapatkan 6 fungsi dalam 1 gunting dapur!

Gunting dapur Regashi merupakan gunting dapur stainless steel yang memiliki banyak fungsi. Alat ini dapat membantu Anda untuk mengupas sayuran dan kacang, membersihkan sisik ikan, serta membuka kaleng dan tutup botol. Selain itu, gunting ini juga mampu memotong bahan makanan seperti daging, tulang, dan sayuran.

Gunting dapur ini direkomendasikan untuk Anda yang memiliki balita karena dapat disimpan dengan aman di dalam sarung pengaman. Gunting ini juga dilengkapi dengan magnet yang dapat ditempel dan digantung pada permukaan kulkas.

No.6

KKV IndonesiaTeens Multi-functional Kitchen Scissors

Harga referensi
Rp31.900
Menengah

Gunting dapur dengan warna pastel yang cantik

Jika dapur Anda memiliki tema pastel, Anda dapat memilih gunting ini agar nuansa dapur Anda tetap terjaga. Tak hanya cantik, gunting dapur ini dilengkapi dengan fitur tambahan, yaitu pembuka tutup botol dan pemecah kenari.

Dibekali material pisau premium, gunting ini dapat memotong berbagai kemasan hingga ceker dengan baik. Gunting ini dilengkapi dengan penutup untuk melindunginya dari debu saat sedang disimpan.

No.7

3M3M Scotch Gunting Dapur Premium KS-GP

Harga referensi
Rp140.000
Lebih Mahal

Gunting tanpa lubang mikroskopik yang lebih higienis

3M Scotch Gunting Dapur Premium dapat memotong bahan makanan seperti udang dan daging ayam. Selain menjadi gunting daging, gunting ini dapat digunakan sebagai gunting makanan yang sudah matang seperti pizza atau ayam panggang.

Gunting dapur ini memiliki teknologi electro-polishing yang mampu mencegah pertumbuhan bakteri. Dilengkapi dengan pisau bergerigi, gunting ini memiliki kekuatan potongan yang baik. Selain itu, gunting ini menghasilkan potongan yang rapi sehingga direkomendasikan untuk Anda yang membuat masakan untuk dijual.

No.8

CaTalina KitchenwareGunting Sayur 5 Lapis Herb Scissor Gunting Dapur

Harga referensi
Rp130.404
Agak Mahal

Memasak sayuran lebih praktis tanpa talenan!

CaTalina Gunting Sayur memiliki lima bilah pisau stainless steel yang tajam dalam satu gunting. Gunting ini dapat memudahkan Anda untuk memotong sayuran dalam sekali potong. Gunting ini akan cocok untuk anak indekos yang terbiasa membuat masakan simpel tanpa harus menggunakan talenan. 


Dilengkapi dengan silikon pembersih, gunting ini sangat mudah untuk dibersihkan. Terdapat dua pilihan warna cantik yang dapat Anda pilih, yaitu biru dan pink.

No.9

BOLDë Super UTENSILE Electra Scissor

Harga referensi
Rp35.800
Menengah

Desain elegan dalam kekuatan gunting dapur stainless steel

Gunting masak atau gunting dapur ini memiliki desain yang cantik untuk melengkapi perabotan dapur Anda. Berbekal mata pisau berbahan dasar food grade, gunting dapur BOLDë aman digunakan untuk memotong makanan. Tepi pisau pada gunting ini didesain bergerigi sehingga menghasilkan guntingan yang tajam.

Tidak disarankan menggunakan gunting dapur BOLDë untuk menggunting daging atau tulang. Produk ini lebih cocok untuk Anda yang membutuhkan gunting dengan fungsi sederhana sekaligus mempunyai beberapa fitur tambahan. Adapun fitur tambahan yang dimiliki gunting dapur BOLDë adalah pembuka tutup botol dan pemecah kacang.

No.10

IKEA KVALIFICERA

Harga referensi
Rp9.900
Lebih Murah

Tangan kidal juga dapat memakainya dengan nyaman, lho

Gunting ini memiliki rancangan khusus untuk dapat dipakai oleh orang kidal maupun yang menggunakan tangan kanan. Gunting ini juga memiliki bentuk yang manis dan pegangan berwarna ceria yang terbuat dari plastik polipropilena.

Ditambah lagi, gunting ini juga dapat dipakai untuk kegiatan sehari-hari, seperti menggunting kertas dan plastik kemasan makanan. Gunting ini kami rekomendasikan untuk Anda yang kidal atau cenderung lebih sering menggunakan tangan kiri saat melakukan sesuatu.

Tips menyimpan gunting dapur agar awet

Tips menyimpan gunting dapur agar awet

Kunci utama perawatan gunting dapur adalah mencuci bersih sisa minyak dan bahan makanan yang menempel setiap selesai digunakan. Setelah dicuci bersih, pastikan juga untuk selalu mengeringkan gunting hingga benar-benar kering.


Gunting yang sudah dibersihkan dan dikeringkan tersebut sebaiknya digantung daripada dimasukkan ke dalam laci atau rak. Selain cepat kering, alat dapur lainnya juga akan terlindungi dari kerusakan akibat benturan dengan mata pisau. Bukan hanya itu, tangan Anda pun pastinya akan aman saat ingin mengambil sesuatu dari laci.

Baca juga rekomendasi perlengkapan dapur lainnya di sini

Peralatan dapur yang lengkap membuat aktivitas memasak menjadi menyenangkan. Selain gunting dapur, kami juga mempunyai beberapa rekomendasi peralatan dapur lainnya, seperti cobek, tempat pisau, panci, dan lain sebagainya. Silakan simak rekomendasinya melalui link di bawah ini.

Kesimpulan

Berbagai gunting dapur dengan beragam keunggulan telah kami sajikan. Sudahkah Anda menemukan produk yang sesuai dengan kebutuhan? Gunting dapur adalah alat esensial yang akan membantu Anda saat berada di dapur.


Dengan gunting dapur yang tepat, kegiatan memasak tentu akan terasa lebih mudah. Gunakan poin-poin dalam artikel ini sebagai panduan untuk memilih dan selamat berbelanja!

5 Rekomendasi Gunting Dapur terbaik

No. 1: Bright Crown Gunting Dapur Multifungsi Stainless Steel

No. 2: UNISO Gunting Dapur Serbaguna

No. 3: Bagus Yamazaki Kitchenware Gunting Dapur Stainless Steel W-22561

No. 4: Oxone Gunting Dapur WarnaOX-921

No. 5: Regashi6 in 1 Gunting Dapur Serbaguna

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Peralatan dapur
  3. Aksesori dapur
  4. 10 Rekomendasi Gunting Dapur Terbaik (Terbaru Tahun 2024)

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.