10 Rekomendasi Gunting Dapur Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Gunting Dapur Terbaik (Terbaru Tahun 2018)


Gunting dapur adalah alat yang penting pada saat kita memotong-motong bahan untuk memasak. Gunting ini memiliki berbagai fungsi, seperti memotong daging dan ikan, memotong makanan menjadi kecil-kecil, menggunting kemasan, dan sebagainya.

Kali ini kami akan memperkenalkan cara memilih gunting dapur yang cocok untuk Anda dan merekomendasikan produk terbaik yang telah kami pilih dengan seksama. Semoga artikel ini dapat membantu Anda menemukan gunting dapur terbaik untuk digunakan sehari-hari.

Daftar isi

Cara memilih gunting dapur

Gunting dapur dapat digunakan untuk berbagai macam hal. Lalu, apa saja yang perlu diperhatikan saat membeli gunting dapur? Berikut adalah 5 tips berguna untuk menemukan gunting dapur yang cocok untuk Anda.

Membedakan penggunaan gunting dapur

Membedakan penggunaan gunting dapur

Gunting dapur memiliki fungsi yang sangat beragam, seperti memotong daging, ikan, daun bawang, pasta, dan lainnya. Akan tetapi, beberapa jenis gunting dikhususkan untuk memotong bahan tertentu saja.

Jika Anda memotong daging berukuran besar seperti daging sapi dan kepiting sebaiknya pilihlah gunting bermata pisau panjang. Sedangkan, untuk menggunting bahan-bahan berukuran kecil atau memotong secara detail, pilihlah gunting dengan mata pisau yang kecil.

Memilih material dan bentuk gunting

Material dan bentuk mata pisau gunting akan mempengaruhi ketajaman dan ketahanan gunting. Oleh karena itu, mari kita lihat jenis material dan kelebihannya satu per satu.

Stainless steel atau keramik

Stainless steel atau keramik

Umumnya mata pisau gunting terbuat dari stainless steel atau keramik. Stainless steel memiliki ketajaman yang bagus, begitu juga dengan daya tahannya. Tetapi karat dapat terbentuk apabila gunting tidak dirawat dan disimpan dengan baik.

Sedangkan, keistimewaan gunting yang terbuat dari keramik adalah tidak bisa berkarat dan cocok untuk Anda yang memiliki alergi terhadap material besi. Hanya saja ketajaman dan daya tahan material keramik tidak sebaik material stainless steel.

Tepi gunting yang bergerigi

Tepi gunting yang bergerigi

Bagian bergerigi pada gunting berguna saat memotong bahan yang mengandung minyak dan tekstur yang keras. Mungkin Anda akan merasa kurang nyaman dengan bentuk mata pisaunya yang bergerigi, tetapi bentuk ini akan memudahkan Anda untuk memotong bahan makanan saat memasak.

Kekurangan lainnya adalah cepat kotor pada bagian gerigi. Untuk Anda yang lebih mengutamakan kebersihan, pisau tanpa gerigi mungkin lebih cocok.

Sebagai tambahan, ada gunting dengan gerigi yang halus dan susah diketahui apabila tidak diamati dengan cermat. Gerigi halus ini membantu Anda memotong makanan dengan lebih baik.

Kenyamanan saat digenggam

Kenyamanan saat digenggam

Kenyamanan saat menggenggam gunting adalah hal penting untuk diperhatikan, terutama ketika Anda menggunakan gunting dalam waktu lama. Cara memegang gunting yang tepat adalah menaruh jempol, jari tengah, manis, serta kelingking di dalam lubang pegangan gunting dan jari telunjuk di bagian luarnya.

Hindari memilih gunting dengan lubang pegangan yang kecil, karena Anda akan kesulitan menempatkan jari-jari Anda di sana. Khususnya Anda yang berjari besar, pilihlah pegangan gunting yang sesuai dengan ukuran jari Anda. Jika gunting tidak nyaman saat digenggam, Anda akan lebih cepat merasa lelah saat menggunakannya.

Gunting dapat dibongkar pasang

Gunting dapat dibongkar pasang

Karena digunakan untuk memotong bahan makanan, menjaga kebersihan gunting adalah hal penting. Apabila gunting bisa dibongkar, Anda dapat mencuci gunting hingga ke sudut-sudutnya.

Apabila gunting tidak bisa dibongkar, kotoran pada bagian sekrupnya akan menumpuk dan menyebabkan karat, sehingga gunting jadi susah dipakai. Kami menyarankan Anda untuk menggunakan gunting yang bisa dibongkar pasang supaya lebih tahan lama.

Hanya saja, kekurangannya adalah gunting menjadi gampang terlepas saat dipakai. Apabila tidak hati-hati, mungkin bisa menyebabkan Anda terluka.

Adanya fungsi pembuka tutup botol dan kaleng

Adanya fungsi pembuka tutup botol dan kaleng

Apakah Anda pernah penasaran dengan gerigi pada bagian tengah gunting dan tonjolan pada ujung pegangannya? Mungkin banyak orang yang tidak terlalu mempedulikannya.

Gerigi di bagian tengah gunting bisa dipakai untuk membuka tutup botol dan tonjolan di ujung genggaman bisa digunakan untuk membuka tutup kaleng. Selain itu, beberapa gunting memiliki fitur untuk menghilangkan sisik ikan dan sebagainya. Oleh karena itu, akan sangat berguna apabila Anda bisa mengetahui fitur tersebut dan menggunakannya saat dibutuhkan!

10 Rekomendasi gunting dapur terbaik

Bedasarkan penjelasan diatas, kami akan memberikan rekomendasi produk terbaik yang kami pilih dengan cermat. Semoga artikel ini bisa membantu Anda saat memilih gunting dapur.

10. IKEA Trojka Gunting Serbaguna

10. IKEA Trojka Gunting Serbaguna

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 26.500

Gunting untuk segala kegiatan sehari-hari Anda

Gunting dapur keluaran IKEA ini adalah gunting serbaguna yang dapat digunakan sehari-hari. Selain bisa untuk memotong untuk bahan makanan, gunting ini juga bisa digunakan untuk memotong berbagai bahan kerajinan, seperti kertas, plastik, dan sebagainya. Gunting ini juga cocok untuk melengkapi alat tulis kantor Anda.

Gunting ini memiliki fitur tambahan untuk membuka tutup botol dan memecah buah kenari. Apabila Anda mencari gunting yang dapat digunakan diberagam tempat, situasi, dan aktivitas, gunting ini pasti cocok untuk Anda.

9. Maras Gunting Dapur Serbaguna

9. Maras Gunting Dapur Serbaguna

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 130.000

Gunting dapur dengan banyak fitur

Gunting dapur keluaran Maras ini memiliki banyak fitur yang membuat pekerjaan Anda di dapur menjadi lebih ringan. Gunting ini juga sangat cocok untuk dibawa saat berkemah sehingga tidak perlu terlalu banyak membawa barang untuk keperluan potong memotong.

Gunting ini dapat dipakai untuk memotong daging, mengupas kulit buah, membersihkan sisik ikan, membuka kaleng, membuka botol, memotong kawat, dan sebagainya. Gunting dapur ini cocok untuk Anda yang menyukai kepraktisan dalam satu alat saja.

8. IKEA Kvalificera Gunting Serbaguna

8. IKEA Kvalificera Gunting Serbaguna

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp 10.900

Cocok digunakan untuk orang kidal

Gunting dapur keluaran IKEA dengan panjang 16 cm ini memiliki rancangan khusus untuk dapat dipakai oleh orang kidal maupun yang menggunakan tangan kanan. Gunting ini memiliki bentuk yang manis dan pegangan berwarna cerha yang terbuat dari plastik polipropilena.

Gunting ini dapat dipakai sebagai gunting dapur untuk memasak dan juga untuk kegiatan sehari-hari seperti menggunting kertas dan plastik kemasan makanan. Gunting ini tentunya kami rekomendasikan untuk Anda yang kidal atau cenderung lebih sering menggunakan tangan kiri saat melakukan sesuatu.

7. Reno Gunting Serbaguna

7. Reno Gunting Serbaguna

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 60.000

Pegangan yang kokoh untuk memotong dengan penuh tenaga

Gunting dapur ini cocok untuk berbagai kegiatan di dapur, seperti memotong daging, sirip ikan, tulang, sayuran, dan ramuan herbal. Selain itu, pegangan gunting ini didesain agar Anda dapat memotong dengan kuat tanpa membuat tangan menjadi sakit.

Permukaan gerigi halus yang terdapat pada mata pisau gunting dapat membantu Anda memotong makanan dengan baik. Produk ini cocok untuk Anda yang mudah lelah saat memotong makanan yang keras dan Anda yang menggunakan gunting dalam waktu lama.

6. Gunting Banana Cutter

6. Gunting Banana Cutter

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp 21.000

Praktis untuk memotong pisang dan sosis

Gunting dapur ini dirancang khusus untuk memotong makanan yang berbentuk memanjang seperti buah pisang, sosis, timun, zucchini, dan sebagainya. Hasilnya, Anda dapat memotong bahan makanan secara horizontal dengan rapi dan sama tebalnya. Penggunaan gunting ini sangat praktis dan efektif.

Gunting ini dapat membantu Anda saat membuat dessert dengan bahan utama pisang atau juga acar timun. Gunting dapur ini cocok untuk Anda yang ingin menghemat waktu dan tidak mau repot saat memotong makanan yang panjang.

5. Oxone Kitchen Scissor OX-921

5. Oxone Kitchen Scissor OX-921

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp 40.000

Gunting dapur mulifungsi

Gunting dapur keluaran Oxone ini memiliki banyak fungsi, seperti dapat memotong bahan makanan dan memecahkan kulit keras seperti kacang kenari. Gunting ini juga dapat Anda gunakan untuk keperluan dirumah lainnya, jadi tidak hanya bisa Anda gunakan saat di dapur saja.

Mata pisaunya terbuat dari bahan stainless steel yang diasah hingga tajam, kuat, dan ringan. Pegangannya juga didesain nyaman dan aman untuk digengam. Gunting ini cocok untuk Anda yang ingin memiliki gunting untuk segala keperluan di rumah.

4. Tanica Laser Gunting Dapur Stainless Steel

4. Tanica Laser Gunting Dapur Stainless Steel

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp 129.000

Cocok untuk menggunting daging bertulang

Gunting dapur keluaran Tanica dengan ukuran 8 cm ini dilengkapi dengan pisau bergerigi halus sehingga memudahkan Anda untuk memotong secara optimal. Mata pisau pada gunting ini tebal namun tajam, sehingga awet digunakan dan dapat membantu menambahkan daya dan kekuatan memotongnya.

Gunting ini dilengkapi dengan fitur pembuka tutup botol pada bagian tengahnya dan bisa digunakan sebagai penghancur kacang kenari. Gunting dapur ini bahkan cukup kuat digunakan untuk memotong bahan makanan yang keras, seperti memotong daging yang bertulang.

3. Oxone Professional Kitchen Scissor OX-916

3. Oxone Professional Kitchen Scissor OX-916 

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp 95.000

Desain yang kokoh dan nyaman

Gunting dapur keluaran Oxone ini kokoh dan didesain dengan genggaman yang sangat nyaman, sehingga memudahkan Anda dalam penggunaannya. Anda pun tidak akan mengalami sakit pada jari bila Anda menggunakannya dalam waktu lama.

Gunting ini sangat cocok untuk memotong segala jenis sayuran, dari buncis, selada, dan berbagai sayuran daun lainnya. Gunting ini cocok untuk Anda yang ingin memiliki gunting dapur yang kokoh, dapat memotong dengan rapi, sekaligus mampu memotong bahan makanan yang keras.

2. Gunting Dapur 5 Layer

 2. Gunting Dapur 5 Layer

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 54.000

Hemat waktu dengan hasil potongan yang banyak sekaligus

Gunting dapur ini dapat memotong sayur hingga ukuran kecil tanpa membutuhkan waktu lama. Gunting ini dilapisi dengan 5 lembar mata pisau stainless stell, sehingga membantu Anda saat ingin memotong kecil bahan makanan dalam jumlah banyak saat memasak. Misalnya, untuk memotong daun bawang dan sebagainya.

Gunting dapur ini cocok buat Anda yang menginginkan kecepatan dan kepraktisan saat memotong makanan. Produk ini dapat meringankan pekerjaan dan menghemat waktu Anda, terutama ketika menyiapkan hidangan dalam jumlah besar.

1. Clever Cutter Gunting Dapur Serbaguna

1. Clever Cutter Gunting Dapur Serbaguna

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp 75.000

Gunting dapur plus talenan dalam satu produk

Gunting dapur ini memiliki fitur unik, yaitu adanya talenan yang terintegrasi dengan pisau pada gunting. Dengan adanya talenan pada gunting, Anda dapat meminimalisir bahan makanan jatuh dan tercecer di meja dapur. Menjaga kebersihan dapur pun jadi lebih mudah.

Dengan gunting ini Anda tidak lagi memerlukan talenan dan bisa langsung menggunting bahan makanan di atas panci atau piring tanpa khawatir tercecer. Gunting ini bisa mengiris dan memotong, jadi produk ini cocok buat Anda yang tidak ingin repot menggunakan pemotong dan talenan secara terpisah.

Tips agar gunting dapur tahan lama

Tips agar gunting dapur tahan lama

Gunting dapur bisa menjadi karatan dan rusak pada mata pisau guntingnya apabila perawatannya kurang baik. Anda mesti hati-hati dalam perawatan dan penyimpanannya agar gunting serbaguna kesayangan Anda ini bisa tahan lama.

Cara perawatan yang baik adalah setiap selesai dipakai, cuci bersih gunting dari sisa minyak dan bahan makanan yang menempel. Lalu, pastikan untuk selalu mengeringkan gunting setelahnya.

Gunting yang sudah dibersihkan dan dikeringkan disarankan untuk digantung daripada dimasukkan ke laci atau wadah alat dapur. Selain cepat kering, gunting Anda juga bisa terhindar dari benturan dengan alat dapur lain. Gunting dapur Anda pun bisa dipakai dalam jangka waktu lama.

Kesimpulan

Jadi, bagaimana dengan gunting dapur yang kami rekomendasikan?

Memasak terkadang adalah pekerjaan yang melelahkan, namun dengan bantuan gunting dapur yang sesuai untuk Anda, kegiatan memasak terasa lebih ringan. Semoga artikel ini bisa membantu Anda memperoleh gunting dapur sesuai dengan kebutuhan Anda.