10 Rekomendasi Kuteks (Nail Polish) Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Kuteks (Nail Polish) Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

Saat ini, di pasaran tersedia berbagai macam pilihan kuteks (nail polish) dengan fitur berbeda dan harga beragam tergantung kualitas yang ditawarkan. Merek ternama, seperti O.P.I dan Inglot yang menyajikan produk berkualitas juga barangkali sudah tidak asing lagi di telinga Anda.

Apakah Anda masih bingung dalam memilih kuteks idaman? Kali ini kami akan membahas poin-poin yang perlu diperhatikan dalam memilih kuteks yang tepat agar Anda bisa mendapatkan hasil terbaik. Kemudian, kami juga akan memperkenalkan sepuluh produk kuteks terbaik yang bisa Anda jadikan pilihan.

Daftar isi

Perbedaan kuteks dan manikur

Perbedaan kuteks dan manikur

Secara umum, manikur dikenal sebagai produk yang digunakan untuk mewarnai kuku. Akan tetapi, sebenarnya istilah yang tepat adalah kuteks atau nail polish. Manikur sendiri adalah perawatan yang dilakukan pada jari secara keseluruhan, termasuk perawatan kutikula atau merapikan bentuk kuku.

Biasanya, terdapat dua nama berbeda yang tertulis pada kemasan kuteks, yaitu nail polish dan nail lacquer. Meskipun begitu, keduanya memiliki karakteristik dan penggunaan yang sama.

Cara memilih kuteks (nail polish)

Selain warna favorit Anda, ada hal-hal lain yang harus dipertimbangkan agar Anda bisa mendapatkan hasil polesan yang maksimal pada kuku. Berikut penjelasannya!

Pilih warna kuteks sesuai dengan tone kulit Anda

Warna kuteks yang tersedia di pasaran sangat bervariasi dan biasanya, masing-masing diperuntukkan bagi tone kulit yang berbeda. Warna kebiruan cocok untuk Anda yang berkulit putih atau cerah. Sedangkan warna kekuningan cocok bagi Anda yang berkulit cokelat atau gelap. Nah, warna apakah yang cocok dengan kulit Anda? Simak selengkapnya!

Warna kebiruan cocok untuk kulit putih atau cerah

Warna kebiruan cocok untuk kulit putih atau cerah

Bagi Anda yang berkulit putih atau cerah, akan lebih cocok jika menggunakan kuteks dengan warna kebiruan atau lebih dikenal dengan isitilah cool color. Pilihan warna cool color antara lain adalah warna biru, biru muda, biru tua, turquoise, dan warna kebiruan lainnya. Anda bisa memilih salah satu dari warna tersebut untuk hasil yang menawan. Selain itu, kuteks dengan warna putih dan beige yang bersifat netral juga akan cocok untuk Anda.

Warna kekuningan cocok untuk kulit cokelat atau gelap

Warna kekuningan cocok untuk kulit cokelat atau gelap

Untuk Anda yang memiliki warna kulit kuning langsat, sawo matang, atau lebih gelap lagi, gunakanlah kuteks dengan warna-warna hangat atau warm color, seperti warna merah, oranye, atau kuning. Warna-warna tersebut akan terlihat pas dan serasi dengan warna kulit Anda. Kuteks dengan warna beige yang mendekati warna cokelat atau warna putih juga kami rekomendasikan untuk Anda yang berkulit gelap.

Pilih berdasarkan tingkat kecepatan kering kuteks

Tingkat kecepatan keringan kuteks dapat dibagi menjadi normal dan cepat kering. Meski kuteks cepat kering bisa menghemat waktu Anda saat memoleskannya, kuteks tipe ini juga mudah menggumpal jika disimpan dalam jangka waktu lama. Jika Anda hanya sesekali menggunakan kuteks, pilihlah tipe normal yang tidak mudah menggumpal. Selengkapnya, simak informasi berikut ini!

Tipe normal yang tidak cepat kering dan tahan lama untuk disimpan

Tipe normal yang tidak cepat kering dan tahan lama untuk disimpan

Pada umumnya, kuteks tipe normal memiliki ketahanan yang lebih lama di dalam botol. Kuteks ini tidak akan cepat kering atau menggumpal walaupun disimpan dalam jangka waktu yang cukup lama. Cocok bagi Anda yang ingin menggunakan warna kuteks favorit kapan saja tanpa khawatir kualitas teksturnya akan menurun.

Jika Anda ingin menggunakan kuteks sampai habis, pilihlah tipe normal ini. Hanya saja, Anda akan membutuhkan waktu lebih lama untuk mengeringkan kuteks ini setelah dipoleskan. Solusinya, Anda bisa menggunakan spray pengering kuteks atau mencelupkan ujung jari Anda ke dalam air dingin.

Tipe cepat kering yang hemat waktu, tetapi kurang tahan lama untuk disimpan

Tipe cepat kering yang hemat waktu, tetapi kurang tahan lama untuk disimpan

Kuteks ini memiliki keunggulan, yaitu hemat waktu dalam proses pengeringan setelah dipoleskan. Ada juga kuteks yang bisa kering dalam waktu 60 detik saja. Untuk Anda yang hanya memiliki waktu singkat di sela-sela pekerjaan atau ingin segera memoleskan kuteks sebelum bepergian, disarankan untuk memilih kuteks tipe ini.

Hanya saja kuteks tipe ini juga cepat kering dan mudah menggumpal di dalam botol. Untuk menyiasati agar kuteks ini bisa digunakan sampai habis, Anda bisa memasukan cairan pengencer kuteks untuk mengembalikannya ke tekstur semula.

Pilih berdasarkan jenis cat untuk kemudahan pengaplikasian

Jenis cat pada kuteks dibagi menjadi beberapa jenis tergantung dari efek, tekstur, dan hasil akhir yang ingin dihasilkan. Berbeda jenis dan karakteristik catnya, maka berbeda pula tingkat kesulitan dalam pengaplikasiannya. Agar tidak salah pilih, mari simak jenis cat pada kuteks dan gunakan sesuai kebutuhan Anda.

Jenis glitter yang direkomendasikan bagi pengguna tingkat pemula

Jenis glitter yang direkomendasikan bagi pengguna tingkat pemula

Kuteks warna gelap dengan glitter akan membantu Anda menutupi polesan kuteks yang tidak rata pada kuku. Glitter berukuran besar atau berbentuk powder akan memudahkan Anda dalam mengaplikasikan kuteks. Semakin banyak kuantitas glitter-nya, maka semakin mudah Anda dalam menyamarkan bagian kuteks yang tidak rata. Tentu hasilnya pun akan terlihat bagus.

Bila Anda menggunakan warna kuteks yang tidak mengandung glitter, disarankan untuk memilih warna gelap, seperti warna beige kecokelatan atau warna pastel yang agak gelap. Tidak ratanya polesan kuteks bewarna cerah atau mendekati warna putih akan sangat kentara.

Jenis sheer color yang cocok bagi pengguna tingkat menengah

Jenis sheer color yang cocok bagi pengguna tingkat menengah

Jenis kuteks sheer color atau glossy adalah kuteks dengan kilau warna yang terkesan transparan. Kuteks tipe ini sebenarnya tidak benar-benar transparan, tetapi lebih mirip dengan warna susu. Kuteks jenis ini hasilnya lebih sulit merata sehingga lebih direkomendasikan untuk Anda yang sudah cukup terbiasa menggunakan kuteks.

Bagi Anda yang akan melukis kuku menggunakan kuteks lebih dari satu warna, dianjurkan untuk menggunakan jenis ini dan jenis glitter. Dengan begitu, Anda bisa menutupi bagian yang tidak merata dengan hasil akhir yang menawan.

Jenis pearl color yang ideal untuk pengguna tingkat mahir

Jenis pearl color yang ideal untuk pengguna tingkat mahir

Produk dengan warna yang mengilap atau pearl color kami rekomendasikan bagi Anda yang sudah mahir dalam memoleskan kuteks. Untuk mendapatkan perpaduan warna yang indah, dibutuhkan kecepatan dan ketepatan saat memoleskannya. Karena itu, kuteks tipe ini tidak terlalu disarankan untuk para pemula.

Pilih berdasarkan harga kuteks agar tidak melebihi anggaran

Pilih berdasarkan harga kuteks agar tidak melebihi anggaran

Banyak kuteks yang dijual mulai dari harga puluhan hingga ratusan ribu. Berbeda harga, tentu saja berbeda kualitas yang ditawarkan. Umumnya, kuteks mahal memiliki kualitas lebih baik pada kepekatan warna, daya tahan, dan kenyamanan penggunaan, serta sebaliknya. Bila Anda mementingkan varian dan komposisi warna yang indah, kuteks dengan harga di atas rata-rata perlu dipertimbangkan.

Untuk hasil yang lebih maksimal, gunakan base coat sebelum Anda mulai memoles kuteks dan top coat sebagai finishing. Sebagian produk ada yang sudah memiliki fungsi base coat dan top coat sehingga Anda tidak perlu membelinya secara terpisah. Namun, tentu harganya akan meningkat berdasarkan kualitas dan kemudahan penggunaannya. Apapun pilihan Anda, sesuaikan dengan anggaran dan tujuan penggunaan agar hasilnya pun lebih optimal.

10 Rekomendasi kuteks (nail polish) terbaik

Setelah memaparkan cara memilih kuteks, selanjutnya kami akan memperkenalkan produk-produk kuteks untuk mempercantik penampilan kuku Anda. Simaklah pembahasan berikut dan temukan kuteks yang pas untuk kuku cantik Anda!

10. Maybelline Color Show Nail Polish

10. Maybelline Color Show Nail Polish

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 32.500

Mudah digunakan dengan kuas yang lebih besar

Merek Maybelline mengeluarkan satu lagi produk yang mendukung penampilan Anda, yaitu kuteks. Nail polish ini mudah digunakan dan tahan lama ketika sudah dipoleskan pada kuku Anda. Untuk warna yang lebih intens dan maksimal, oleskan kuteks beberapa kali hingga Anda mendapatkan level warna yang diinginkan.

Produk ini tersedia dalam berbagai warna yang dapat disesuaikan dengan tone kulit Anda. Lengkap dengan kuas lebih besar yang mudah digunakan, produk ini lebih cepat mengover kuku Anda. Cocok untuk Anda yang ingin menampilkan warna kuku yang cantik tanpa butuh waktu lama untuk mengaplikasikan nail polish.

Pilihan warna 10 warna
Tingkat kekeringan Cepat
Jenis cat Regular color, pearl color

9. Mavala Magic Stardust Collection

9. Mavala Magic Stardust Collection

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 78.000

Kemilau glitter-nya bantu tutupi ulasan kuteks yang kurang merata

Pernahkah Anda merasa kurang percaya diri saat kuteks yang Anda pulaskan ternyata kurang merata? Nail polish seri Stardust Collection dari Mavala ini adalah solusi untuk Anda. Teksturnya yang berkilau membuat produk asli Swiss ini mampu menutupi kesan berantakan pada polesan kuteks yang tidak rapi.

Efek bling-bling yang dihasilkannya juga memberikan pancaran glamor dan mewah pada kuku Anda. Karena itu, kuteks ini juga cocok digunakan saat akan menghadiri pesta ataupun acara spesial. Untuk mendapatkan hasil yang semakin berkilau, gunakan base coat dan top coat, sebelum dan sesudah mengoleskan produk ini.

Pilihan warna 6 warna
Tingkat kekeringan Normal
Jenis cat Glitter

8. Angel & Jo Breathable Nail Lacquer

8. Angel & Jo Breathable Nail Lacquer

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 135.000

Lengkap dengan teknologi water permeable polish agar kuku bebas bernafas

Angel & Jo Breathable Nail Lacquer ini dilengkapi dengan teknologi water permeable polish yang akan membuat kuku Anda tetap bernafas di bawah lapisan kuteks. Meski Anda tak perlu menunggu lama untuk mendapatkan riasan kuku yang menawan, kuteks merek ini juga tidak mudah menggumpal dan lebih tahan lama.

Sebagian orang enggan mengenakan kuteks karena warna kutikula dapat menguning. Namun, tak perlu khawatir bila Anda memilih nail polish yang satu ini. Produk ini telah diformulasikan untuk mampu menjaga kesehatan kuku. Cocok untuk Anda ingin selalu menghias kuku, tetapi tetap ingin kuku sehat dan terawat.

Pilihan warna 24 warna
Tingkat kekeringan Cepat
Jenis cat Pearl color

7. Zoya Nail Polish

7. Zoya Nail Polish

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 110.000

Lebih lega dengan produk bersertifikat halal, tetap asyik dengan berbagai pilihan warna

Satu lagi brand lokal yang mengeluarkan produk nail polish berkualitas adalah Zoya. Kuteks merek ini sudah memiliki sertifikasi halal sehingga Anda, terutama para muslimah, bisa menggunakannya dengan tenang. Untuk hasil terbaik, gunakanlah base coat yang juga halal dan breathable agar kuku Anda tetap sehat terlindungi.

Selain warna turquoisenya yang radiant, produk dari Zoya ini juga tersedia dalam berbagai pilihan warna dan tekstur. Produk ini tidak mengandung dibutyl phthalate, formaldehyde, paraben, atau zat kimia berbahaya lainnya sehingga Anda tak perlu khawatir terhadap efek samping yang mungkin ditimbulkan.

Pilihan warna 400 warna
Cepat kering Cepat
Jenis cat Regular color, glitter, sheer color, pearl color

6. Revlon Colorstay Gel Envy Longwear Nail Enamel

6. Revlon Colorstay Gel Envy Longwear Nail Enamel

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 70.000

Teksturnya lebih encer, memudahkan Anda mengatur intensitas warna

Produk kecantikan dari brand Revlon memang sudah menjadi salah satu favorit di kalangan masyarakat, termasuk produk kuteksnya. Nail polish ini didominasi oleh warna-warna cerah dengan hasil yang natural pada kuku. Anda juga lebih mudah mengatur intensitas warna karena tekstur kuteks ini yang agak encer.

Kuteks ini juga diperkaya DiamondFlex Technology yang diklaim menghasilkan warna yang bersinar bagai berlian. Cocok untuk Anda yang menginginkan kuteks berkualitas seperti di salon dengan kemudahan pengaturan ketebalan warna. Untuk hasil lebih glamor, lengkapi juga dengan Revlon Diamond Top Coat, ya!

Pilihan warna 42 warna
Tingkat kekeringan Cepat
Jenis cat Regular color, pearl color

5. China Glaze Nail Lacquer

5. China Glaze Nail Lacquer

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 98.000

Tak mudah bosan dengan ratusan pilihan warna dan tekstur menawan

Kuteks dari China Glaze ini tersedia dalam ratusan warna dan tekstur dengan shade yang begitu lengkap. Anda yang perfeksionis soal warna pun tentu dapat menemukan satu yang sesuai dengan selera Anda. Kuteks ini juga memiliki efek mengilap yang akan menambah tampilan cantik pada kuku Anda.

Anda cukup mengoleskannya minimal dua kali saja untuk mendapat hasil yang maksimal. Teksturnya juga cenderung encer sehingga Anda tidak perlu khawatir kuteks akan menggumpal saat pemulasan, bahkan jika lama disimpan. Ideal bagi Anda yang hobi mengoleksi atau senang bergonta-ganti warna kuteks!

Pilihan warna 585 warna
Tingkat kekeringan Cepat
Jenis cat Regular color, glitter, pearl color

4. Emina Cosmetics Emina Nail

4. Emina Cosmetics Emina Nail

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 31.000

Mudah dibersihkan dengan water based dan formula peel off

Tahukan Anda kalau Emina telah mengeluarkan produk kuteks berbahan dasar air yang mudah dibersihkan? Kuteks dengan quick dry formula ini juga praktis karena memiliki fitur peel off! Jadi, Anda dapat mengupas lapisan warnanya kapan saja saat Anda sudah mulai bosan, atau mungkin ingin mengganti warnanya.

Bulu sikat yang dimiliki kuteks ini didesain tidak terlalu lebar, tetapi cukup tebal. Dengan begitu, Anda bisa mengaplikasikan kuteks dengan lebih merata untuk hasil yang lebih rapi dan neat look. Cocok untuk Anda yang ingin kuku tetap sehat dan ingin mengganti warna kuteks dengan mudah, tanpa cairan penghapus kuteks.

Pilihan warna 9 warna
Tingkat kekeringan Cepat
Jenis cat Sheer color

3. O.P.I Infinite Shine 2

3. O.P.I Infinite Shine 2

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 150.000

Begitu tahan lama kilaunya, dengan pilihan warna yang trendy dan iconic

Siapa yang tidak kenal dengan kuteks bermerek O.P.I? Brand ini cukup banyak berinovasi dalam dunia nail polish sehingga tidak heran bila produk ini banyak digunakan oleh salon kecantikan. Kuteks ini tersedia dengan berbagai pilihan warna musiman, bahkan efek unik, seperti efek retak atau mengilap.

Bagi Anda yang menginginkan kilau warna yang lebih lama hingga 11 hari, seri Infinite Shine 2 ini pantas dilirik. Dilihat dari teksturnya, produk ini ideal bagi Anda yang sudah cukup terbiasa memoleskan kuteks pada kuku. Variasi warnanya yang modern dan beragam akan membuat Anda selalu tampil up to date!

Pilihan warna 150 warna
Tingkat kekeringan Cepat
Jenis cat Regular color

2. Silkygirl Ever Glossy Nail Color

2. Silkygirl Ever Glossy Nail Color

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 33.000

Warna stylist dan penuh semangat yang tahan hingga 5 hari

Silkgirl merupakan salah satu merek yang sudah tak asing lagi bagi para wanita Indonesia. Seri Ever Glossy Nail Color ini hadir dengan varian warna asyik bagi Anda yang ingin terlihat lebih ceria dalam berbagai suasana. Nail polish ini memiliki warna yang tetap mengilap, bahkan setelah 5 hari pengaplikasian.

Kuteks ini dilengkapi dengan bulu sikat yang  lembut dan mudah digunakan. Tak hanya itu, tutupnya yang terbilang panjang juga memudahkan Anda untuk menggenggam dan mengoleskan kuteks. Isi bersihnya lebih sedikit sehingga bisa cepat habis dipakai tanpa mubazir karena disimpan terlalu lama.

Pilihan warna 5 warna
Tingkat kekeringan Normal
Jenis cat Regular color

1. Inglot O2M Breathable Nail Enamel

1. Inglot O2M Breathable Nail Enamel 

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 190.000

Dirancang untuk mewarnai sekaligus menjaga kesehatan kuku Anda

Merek Inglot yang berasal dari Polandia ini tak hanya unggul dalam pilihan warna saja, lho. Kuteks ini juga memastikan kuku Anda tetap dapat bernafas walaupun dilapisi dengan nail polish. Dengan menggunakan kuteks Inglot, kuku Anda tidak hanya menjadi cantik secara penampilan, tetapi juga tetap sehat.

Nail polish ini cukup mudah untuk digunakan dengan teksturnya yang tidak mudah menggumpal. Memiliki coverage yang baik, Anda tidak perlu memoleskan cat kuku ini berulang kali untuk hasil optimal. Tersedia dalam berbagai jenis dan opsi warna, cocok untuk Anda yang ingin selalu tampil dengan kuku cantik, sehat, dan terawat.

Pilihan warna 110 warna
Cepat kering Normal
Jenis cat Regular color, sheer color, pearl color

Kesimpulan

Setelah mengetahui cara memilih kuteks yang tepat dan membaca ulasan produk rekomendasi di atas, apakah Anda sudah menentukan kuteks favorit Anda? Pilihlah warna kuteks yang sesuai dengan tone kulit, serta jenis cat yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Milikilah kuteks berkualitas, baik untuk sekadar menambah koleksi, maupun mendapatkan tampilan kuku yang cantik menawan. Jangan lupa gunakan base dan top coat agar hasilnya lebih tahan lama. Setelah penggunaan, hapuslah dengan nail polish remover agar kuku tetap terjaga kebersihannya.