• 10 Merk Kuteks yang Bagus (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Merk Kuteks yang Bagus (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Merk Kuteks yang Bagus (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Merk Kuteks yang Bagus (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Merk Kuteks yang Bagus (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Merk Kuteks yang Bagus (Terbaru Tahun 2022)

Di pasaran telah tersedia beragam kuteks dengan banyak keunggulan dan harga yang tergantung pada kualitasnya. Anda bisa menemukan kuteks peel off, kuteks bening, dan lain sebagainya. Kuteks untuk kulit sawo matang pun ada. Pilihan kuteks yang terlampau banyak ini mungkin membuat Anda bingung dalam memilihnya.

Untuk itu, kami akan membahas poin cara memilih kuteks terbaik agar Anda bisa mendapat hasil yang kece. Kami juga akan merekomendasikan produk dari merek kuteks yang bagus. Ada produk dari MS Glow, Implora, dan lainnya. Yuk, simak ulasan selengkapnya di bawah ini!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 15 Juli 2022
Daftar isi

Perbedaan kuteks dan manikur

Perbedaan kuteks dan manikur

Manikur dikenal sebagai produk yang digunakan untuk mewarnai kuku. Akan tetapi, istilah yang tepat untuk produk pewarna kuku adalah kuteks atau nail polish. Manikur merujuk kepada perawatan yang dilakukan pada jari secara keseluruhan, termasuk perawatan kutikula atau bentuk kuku.


Kembali lagi ke nail polish. Produk kecantikan ini terdiri dari dua kata, yakni nail dan polish. Nail memiliki arti "kuku", sedangkan polish memiliki makna "mewarnai". Karena itu, produk yang digunakan untuk mewarnai kuku disebut dengan nail polish atau nail lacquer.


Nah, istilah nail polish dan nail lacquer dipakai pada berbagai produk kuteks. Meskipun begitu, Anda tidak perlu khawatir jika namanya berbeda. Keduanya memiliki karakteristik dan kegunaan yang sama.

Cara memilih kuteks

Hal-hal selain warna perlu dipertimbangkan dalam memilih kuteks. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan hasil polesan kuku yang maksimal. Anda bahkan tidak perlu sampai mencoba kuteks sebelum membelinya, lho! Berikut penjelasan selengkapnya dari kami.

Sesuaikan warna kuteks dengan tone kulit Anda

Kuteks yang beredar di pasaran memiliki banyak sekali warna. Namun, warna kuteks seperti apa yang sebenarnya cocok untuk Anda? Pilihan warna kuteks yang bagus tergantung pada tone atau warna kulit Anda. Simak uraiannya dari kami di bawah ini.

Warna dingin, untuk kulit putih atau cerah

Warna dingin, untuk kulit putih atau cerah

Bagi Anda yang memiliki kulit putih atau cerah, pakailah kuteks dengan warna kebiruan atau warna dingin. Pilihan warna tersebut contohnya adalah warna biru, biru muda, navy, dan turquoise. Anda bisa memilih salah satu dari warna tersebut untuk hasil yang menawan. Kuteks dengan warna putih dan beige yang bersifat netral juga cocok untuk Anda.

Warna hangat, untuk kulit gelap

Warna hangat, untuk kulit gelap

Untuk Anda yang memiliki kulit kuning langsat, sawo matang, hingga gelap, gunakanlah kuteks dengan warna hangat. Anda dapat memilih warna hangat, seperti merah, oranye, atau kuning. Warna-warna tersebut akan terlihat pas dan serasi dengan warna kulit gelap Anda. Selain itu, kuteks dengan warna beige atau krim yang mendekati warna cokelat kami rekomendasikan untuk Anda.

Pilihlah berdasarkan jenis finish kuteks

Cat kuteks terbagi menjadi beberapa jenis tergantung pada efek finish atau tampilan yang dihasilkan. Anda dapat memilih kuteks dengan efek mattesheer (transparan), glitter (bling-bling), atau glossy finish (mengilat). Berikut penjelasan tiap-tiap jenisnya.

Glitter dan matte, cocok untuk pemula

Glitter dan matte, cocok untuk pemula

Bagi sebagian orang, mengaplikasikan kuteks dengan merata cukup sulit dilakukan. Hal ini karena belum terbiasa menggunakan kuas kuteks di atas kuku. Jika Anda mengalami hal tersebut, pakailah kuteks glitter atau efek matte finish. Jenis-jenis tersebut lebih mudah diaplikasikan ke kuku. 


Selain mudah dipakai, kedua jenis kuteks ini dapat menyamarkan olesan kuteks yang tidak begitu rapi. Makin pekat kedua warna tersebut, makin mudah pula Anda dalam menyamarkan bagian kuteks yang tidak rata. Tentu hasilnya pun akan terlihat bagus.


Nah, jika Anda ingin memakai kuteks matte finish, ada poin yang perlu diingat. Makin terang warna kuteksnya, makin sulit pula diratakan warnanya. Karena itu, Anda disarankan untuk memilih warna yang lebih gelap, seperti beige kecokelatan atau warna pastel yang agak gelap.

Sheer, pas bagi Anda yang telah terbiasa

Sheer, pas bagi Anda yang telah terbiasa
Sheer adalah jenis kuteks berwarna transparan. Kuteks ini sebenarnya tidak benar-benar transparan seperti halnya top coat. Ia berwarna susu atau cerah yang terkesan transparan. Namun, sheer lebih sulit merata sehingga lebih direkomendasikan untuk Anda yang sudah terbiasa menggunakan kuteks.

Jenis ini cocok pula bagi Anda yang menyukai nail art dengan tambahan glitter atau batu berlian imitasi. Anda bisa menutupi bagian yang tidak merata dengan bebatuan cantik agar hasilnya terlihat rapi.

Glossy, untuk pengguna yang mahir

Glossy, untuk pengguna yang mahir

Produk berwarna mengilap atau glossy kami rekomendasikan bagi Anda yang sudah mahir memoleskan kuteks. Pasalnya, dibutuhkan kecepatan dan ketepatan saat memoleskannya untuk mendapatkan hasil yang indah. Karena itu, kuteks tipe ini tidak terlalu disarankan untuk para pemula.

Periksa kepekatan warna dan daya tahan kuteks

Periksa kepekatan warna dan daya tahan kuteks

Kuteks yang dijual di pasaran memiliki harga mulai dari puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah. Kualitasnya tentu bergantung pada harga yang ditawarkan. Faktor kualitas dapat Anda lihat dari sisi kepekatan warna dan daya tahan kuteks. Berikut rinciannya:


  • Komposisi dan warna yang indah

Kuteks yang lebih mahal umumnya memiliki kualitas kepekatan warna, daya tahan, dan kenyamanan penggunaan yang lebih baik. Jika Anda mementingkan varian dan komposisi warna yang indah, kuteks dengan harga di atas rata-rata perlu dipertimbangkan.


  • Ketahanan

Untuk hasil yang lebih maksimal dan tahan lama, gunakanlah base coat dan top coat. Base coat dipakai sebelum Anda mulai memoles kuteks, sedangkan top coat dipakai sebagai finishing. Beberapa produk sudah memiliki fungsi base coat dan top coat sekaligus sehingga Anda tidak perlu membelinya secara terpisah. Tentu harganya akan lebih tinggi tergantung pada kualitas dan kemudahan penggunaannya. 


  • Ragam pilihan warna

Jika Anda menginginkan kuteks dengan berbagai warna, pilihlah produk yang harganya lebih terjangkau. Dengan begitu, Anda dapat berkreasi sebebas mungkin tanpa mengeluarkan bujet terlalu banyak. Apa pun pilihan Anda, sesuaikanlah dengan anggaran dan tujuan penggunaan agar hasilnya lebih optimal.

Pertimbangkan yang cepat kering untuk menghemat waktu

Pertimbangkan yang cepat kering untuk menghemat waktu

Kuteks yang cepat kering memiliki keunggulan tersendiri karena dapat menghemat waktu pada proses pengeringannya. Beberapa kuteks dapat mengering dalam waktu 45 detik saja sehingga Anda dapat memakainya sesaat sebelum pergi. Jika Anda ingin mengeringkan kuteks dalam waktu yang singkat, kami sarankan memilih produk tipe ini.


Kuteks tipe ini sayangnya mudah menggumpal di dalam botol. Anda dapat memasukkan cairan pengencer kuteks untuk mengembalikannya ke tekstur semula. Dengan begitu, kuteks Anda bisa digunakan sampai habis.

10 Rekomendasi kuteks terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk kuteks terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Update 14 Juli 2022:

Setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa BRASOV Nail Polish memiliki angka penjualan tertinggi. Sementara itu, Revlon ColorStay Gel Envy Longwear Nail Polish yang sebelumnya menduduki urutan pertama, turun menjadi urutan 6 berdasarkan angka hasil penjualannya di Shopee.

10

Barry MClassic Glitter Nail Paint

Mulai dari Rp 50.455,00

Pilihan warna8
JenisGlitter
Kecepatan mengeringCepat
9

INGLOTO2M Breathable Nail Enamel Soft Matte

Mulai dari Rp 300.000,00

Pilihan warna8
JenisMatte
Kecepatan mengeringNormal
8
Pilihan warna79
JenisMatte, glossy
Kecepatan mengeringNormal
7

MINISOFun Paint Peel Off Nail Polish

Mulai dari Rp 39.900,00

Pilihan warna20
JenisGlossy
Kecepatan mengeringNormal
6

RevlonColorStay Gel Envy Longwear Nail Polish

Mulai dari Rp 72.000,00

Pilihan warna14
JenisGlossy
Kecepatan mengeringNormal
5
Pilihan warna32
JenisGlossy, glitter
Kecepatan mengeringNormal
4

Holika HolikaPiece Matching Nails Lacquer

Mulai dari Rp 55.000,00

Pilihan warna22
JenisGlossy
Kecepatan mengeringCepat
3
Pilihan warna8
JenisGlossy
Kecepatan mengeringNormal
2
Pilihan warna19
JenisGlossy
Kecepatan mengeringNormal
1
Pilihan warna128
JenisMatte, glossy, glitter
Kecepatan mengeringNormal

Tabel perbandingan produk kuteks terbaik

Gambar produk
1
BRASOV Nail Polish 1

BRASOV

2
Implora Nail Polish  1

Implora

3
MS Glow Nail Polish Halal 1

MS Glow

4
Holika Holika Piece Matching Nails Lacquer 1

Holika Holika

5
Innisfree Real Color Nail Polish 1

Innisfree

6
Revlon ColorStay Gel Envy Longwear Nail Polish 1

Revlon

7
MINISO Fun Paint Peel Off Nail Polish 1

MINISO

8
O.P.I Infinite Shine 2 1

O.P.I

9
INGLOT O2M Breathable Nail Enamel Soft Matte 1

INGLOT

10
Barry M Classic Glitter Nail Paint  1

Barry M

Nama produk

Nail Polish

Nail Polish

Nail Polish Halal

Piece Matching Nails Lacquer

Real Color Nail Polish

ColorStay Gel Envy Longwear Nail Polish

Fun Paint Peel Off Nail Polish

Infinite Shine 2

O2M Breathable Nail Enamel Soft Matte

Classic Glitter Nail Paint

Keunggulan

Dapat dibersihkan dalam sekali usap tanpa iritasi

Warna elegan dan ekonomis untuk dipakai setiap hari

Kandungannya halal dan dapat digunakan untuk sholat

Desain ramping memudahkan pengaplikasian kuteks

Mengandung citrus unshiu fruit oil yang melembapkan

Kuteks 2-in-1, sudah termasuk base coat!

Memiliki formula peel off, say bye to aseton!

Kilau tahan lama dengan pilihan warna yang trendy dan iconic

Daya coverage tinggi dan dapat diaplikasikan dalam waktu singkat

Kerap tidak rata saat memoles kuteks? Efek glitter-nya bisa menutupi kekurangan!

Harga mulai dariRp 6.200,00Rp 6.000,00Rp 59.000,00Rp 55.000,00Rp 50.000,00Rp 72.000,00Rp 39.900,00Rp 195.000,00Rp 300.000,00Rp 50.455,00
Pilihan warna128198223214207988
JenisMatte, glossy, glitterGlossyGlossyGlossyGlossy, glitterGlossyGlossyMatte, glossyMatteGlitter
Kecepatan mengeringNormalNormalNormalCepatNormalNormalNormalNormalNormalCepat
Tautan produk

Baca juga rekomendasi produk kecantikan kuku lainnya di sini

Selain memulaskan kuteks, Anda perlu menggunakan top coat dan base coat untuk hasil yang lebih maksimal. Di bawah ini kami sudah menyiapkan rekomendasi produknya untuk Anda. Kami juga punya ulasan mengenai nail file, lho. Yuk, disimak semuanya!

Kesimpulan

Setelah memahami cara memilih dan membaca ulasan rekomendasi kuteks dari kami, apakah Anda sudah menemukan kuteks terbaik? Milikilah kuteks berkualitas, baik untuk sekadar menambah koleksi maupun mendapatkan tampilan kuku yang cantik.


Jangan lupa gunakan base coat dan top coat agar hasilnya rapi serta lebih tahan lama. Selanjutnya, hapuslah dengan aseton setelah penggunaan agar kuku tetap terjaga kebersihannya. Akhir kata, selamat bersenang-senang dengan produk dari merek nail polish yang bagus!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Vitamin Kuku Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Vitamin Kuku Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Untuk memperbaiki kuku yang rusak, rapuh, atau mudah patah, Anda memerlukan vitamin untuk kuku atau serum kuku. Sementara itu, untuk kuku dengan kondisi khusus, misalnya berjamur, Anda membutuhkan vitamin kuku yang khusus pula. Namun, Anda tidak perlu repot mencari vitamin kuku di apotik untuk mendapatkannya karena Anda bisa membeli secara online.Untuk membantu Anda menemukan produk yang tepat, kami akan menjelaskan cara memilihnya terlebih dahulu. Setelahnya, berbagai rekomendasi vitamin kuku yang bagus, seperti produk merek O.P.I, Revlon, hingga The Body Shop akan kami berikan. Simak terus artikel ini, ya!
    Perawatan kuku
  • 10 Rekomendasi Base Coat Terbaik untuk Kuku (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Base Coat Terbaik untuk Kuku (Terbaru Tahun 2022)
    Anda yang gemar mewarnai kuku pasti sudah tidak asing lagi dengan base coat. Base coat digunakan sebelum Anda mengaplikasikan cat kuku. Kegunaannya adalah untuk melindungi, memperkuat, dan meratakan tekstur kuku sebelum diwarnai. Selain itu, warna dari kuteks jadi terlihat lebih sehat dan indah.Terdapat beragam merek base coat yang bagus dengan keunggulannya masing-masing di pasaran, seperti INGLOT, Tone dan O.P.I. Untuk itu, kami akan berbagi rekomendasi base coat terbaik yang bisa Anda miliki. Namun, kami akan menjelaskan tips cara memilih base coat terlebih dahulu untuk Anda. Selamat membaca!
    Perawatan kuku
  • 10 Rekomendasi Pembersih Kutek Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Pembersih Kutek Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Cairan pembersih kutek atau yang biasa orang awam sebut sebagai aseton sebenarnya tidak melulu mengandung aseton. Ada pula nail polish remover yang tidak mengandung aseton, tetapi tetap mampu membersihkan kutek dengan baik.Di pasaran Anda akan menemukan berbagai merek pembersih kutek, seperti flormar, Inglot, Revlon, dan sebagainya. Tiap-tiap produk menawarkan kelebihan tersendiri yang sayang untuk dilewatkan. Jika Anda masih bingung, simak artikel kami mengenai cara memilih dan rekomendasi produk pembersih kutek yang bagus berikut ini!
    Perawatan kuku
  • 10 Rekomendasi Top Coat Terbaik untuk Kuku (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Top Coat Terbaik untuk Kuku (Terbaru Tahun 2022)
    Memiliki kuku cantik adalah hal yang menyenangkan bagi wanita. Nah, keberadaan top coat menjadi penting karena dapat menambah kecantikan kuku. Top coat berfungsi untuk memberikan hasil akhir atau finishing kutek serta mengilapkan kuku. Ada juga jenis top coat yang berwarna, matte dan glossy.Di artikel ini kami akan menjelaskan berbagai top coat nail polish yang bagus. Anda akan menemukan beragam merek populer, mulai dari OPI, Revlon, hingga kutek halal INGLOT. Dengan memakai top coat, kuku akan terlihat makin cantik. Pilihlah top coat yang tepat dan nikmatilah kuku indah bersinar!
    Perawatan kuku
  • 10 Rekomendasi Alat Pengering Kutek Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Alat Pengering Kutek Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Kutek dapat membuat penampilan jadi lebih maksimal, tetapi Anda harus menunggu 10–30 menit agar kutek kering maksimal. Waktu yang dibutuhkan bisa jadi lebih lama jika kutek yang diaplikasikan terdiri dari beberapa lapis. Sebenarnya, ada cara cepat untuk mengeringkan kutek yang dioleskan pada kuku, salah satunya menggunakan alat pengering kutek.Alat pengering kutek menggunakan sinar UV atau LED sehingga proses pengeringannya lebih cepat. Ada beragam merek alat pengering kutek di pasaran, seperti Beurer dan SUNUV. Untuk membantu Anda, kami telah menyiapkan tips memilih alat pengering kutek yang bagus. Disimak, yuk!
    Perawatan kuku
  • 10 Rekomendasi Kuku Palsu Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kuku Palsu Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Tiap wanita pasti ingin kukunya tampak cantik, terutama saat hari spesial. Salah satu item praktis yang bisa mempercantik tangan Anda dalam sekejap adalah kuku palsu. Anda bisa memakainya untuk berbagai acara, mulai dari sekadar hang out hingga acara wedding.Khusus untuk Anda, kami akan mengulas cara memilih kuku palsu. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan merek kuku palsu yang bagus, seperti Eze Nails, Justice, dan MIISOO. Anda bisa memilih kuku palsu bermotif ataupun produk dengan nuansa matte yang kece. Bacalah artikel ini sampai tuntas, ya!
    Perawatan kuku
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori