10 Rekomendasi Carry-On Bag Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Carry-On Bag Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Tas jinjing saja tidak mungkin bisa menampung semua oleh-oleh yang Anda beli dari luar kota. Carry-on bag adalah solusinya. Carry-on bag berfungsi sebagai tas cadangan di dalam maupun di luar koper. Anda dapat membawa barang tambahan secara lebih efisien pada saat travelling.

Dalam artikel ini, kami merekomendasikan sepuluh carry-on bag yang cocok untuk Anda bawa bepergian secara nyaman. Selain berkapasitas besar dan berbobot ringan, tas ini tersedia dalam berbagai desain menarik dan mudah dibawa ke dalam kabin pesawat. Mari persiapkan carry-on bag Anda untuk perjalanan berikutnya!

Daftar isi

Cara memilih carry-on bag

Sering kali kapasitas koper kita tidak cukup menampung banyak barang. Anda harus mengecilkan barang bawaan ketika berkemas, atau menahan diri untuk tidak membeli suvenir di perjalanan. Carry-on bag dapat mengatasi masalah ini. Sebelum membeli carry-on bag, perhatikanlah beberapa poin di bawah ini!

Pilihlah ukuran dan kapasitas sesuai muatan

Pertama-tama, mari kita periksa ukuran dan kapasitasnya. Bukan berarti semakin besar tasnya maka semakin baik. Ada beberapa hal yang mesti Anda perhatikan dalam memilih ukuran carry-on bag yang sesuai.

Sesuaikanlah ukuran carry-on bag dengan koper Anda

Sesuaikanlah ukuran carry-on bag dengan koper Anda

Ukuran tas merupakan hal pertama yang harus diperiksa, terutama lebarnya. Carry-on bag biasanya dikaitkan di bagian trolley handle koper saat dibawa ke bandara. Apabila ukurannya kebesaran, tentu koper tersebut menjadi sulit dibawa.

Selain itu, tas yang terlalu berat dan dipenuhi banyak barang akan menambah beban koper. Agar koper tidak keberatan, sesuaikanlah ukuran carry-on bag Anda dengan ukuran koper yang digunakan. Apabila ukurannya sesuai, carry-on bag tidak akan menonjol keluar saat dikaitkan ke trolley handle koper, sehingga Anda tidak perlu khawatir akan terjadi selip.

Apabila digunakan sebagai tas utama, maka tidak masalah meski berukuran kecil

Apabila digunakan sebagai tas utama, maka tidak masalah meski berukuran kecil

Beberapa orang menggunakan carry-on bag sebagai tas utama dalam perjalanan mereka. Carry-on bag jenis ini lebih praktis karena Anda tidak perlu membawa banyak tas. Apabila dipakai sebagai tas utama, disarankan agar ukurannya tidak terlalu besar, sehingga dapat dibawa ke mana-mana.

Carry-on bag berukuran sekitar 15 liter atau sedikit lebih besar, dapat memuat barang-barang seperti saputangan, tisu, kantong plastik, botol minum, buku panduan, dan suvenir. Apabila Anda ingin menaruh barang seperti dompet, carry-on bag yang dilengkapi dengan saku di dalamnya adalah pilihan terbaik.

Apabila barang Anda tidak cukup masuk koper, maka dibutuhkan carry-on bag berukuran besar

Apabila barang Anda tidak cukup masuk koper, maka dibutuhkan carry-on bag berukuran besar

Ada banyak barang yang ingin kita bawa saat bepergian, misalnya kotak sepatu dan kosmetik. Namun, ukuran barang yang besar sering kali menyita tempat di dalam koper. Apabila sulit memasukkan barang-barang tersebut ke dalam koper, Anda dapat menggunakan carry-on bag berkapasitas besar untuk membawanya di luar koper.

Biasanya, carry-on bag tipe ini memiliki kapasitas lebih dari 20 liter, cocok untuk perjalanan satu malam maupun berminggu-minggu. Disarankan untuk memilih carry-on bag berbahan lembut,  sehingga praktis dalam membawa benda yang bentuknya tidak beraturan.

Carry-on bag tipe ini berfungsi sebagai tas tambahan di luar koper, misalnya untuk menyimpan oleh-oleh makanan ringan dan barang lainnya yang Anda beli di perjalanan. Namun, makanan ringan biasanya berkemasan gembung karena berisi banyak udara, tentu membuat koper Anda kepenuhan. Carry-on bag berkapasitas besar dapat mengatasi masalah ini.

Perhatikan ukuran carry-on bag yang dibawa ke dalam kabin pesawat

Perhatikan ukuran carry-on bag yang dibawa ke dalam kabin pesawat

Poin lainnya dalam memilih carry-on bag adalah apakah tas tersebut bisa disimpan di dalam kabin pesawat atau tidak. Berikut ini adalah ketentuan kabin pesawat pada umumnya.

  1. Untuk pesawat terbang dengan kapasitas 100 kursi atau lebih: Ukurannya adalah 115 cm (Lebar 55 cm x Tinggi 40 cm x Diameter 25 cm); dan
  2. Untuk pesawat terbang dengan kapasitas kurang dari 100 kursi: Ukurannya adalah 100 cm (Lebar 45 cm x Tinggi 35 cm x Diameter 20 cm, atau kurang). Dengan berat maksimum 10 kg.

Terutama untuk penerbangan luar negeri yang memiliki aturan ketat, sangat penting untuk memerhatikan ukuran carry-on bag Anda sebelum berangkat. Apabila Anda sudah membeli tiket penerbangan ke luar negeri, periksalah standar peraturan untuk kabin pesawat tersebut, lalu pilih carry-on bag yang sesuai.

Semakin ringan, semakin bermanfaat

Semakin ringan, semakin bermanfaat

Seperti yang sudah disebutkan di poin sebelumnya, Anda harus memeriksa berat carry-on bag terutama jika bepergian dengan pesawat. Tentunya Anda ingin membawa banyak barang dan suvenir sepulangnya dari plesiran. Apabila demikian, pilihlah carry-on bag berbobot ringan. Untuk perjalanan darat pun sebaiknya Anda menggunakan koper seringan mungkin. Carry-on bag yang dibawa dengan cara dijinjing sebaiknya berbobot ringan.

Sebagai tas utama, pilihlah carry-on bag yang praktis dengan tali selempang

Sebagai tas utama, pilihlah carry-on bag yang praktis dengan tali selempang

Carry-on bag sebagai tas utama akan lebih sering Anda jinjing bersama koper di bandara. Namun, biasanya tangan Anda akan cukup sibuk dan tidak bisa terlalu sering menenteng tas. Misalnya, saat menyerahkan paspor ke petugas imigrasi, Anda harus meletakkan tas tersebut di lantai. Ada banyak orang di bandara sehingga risiko kehilangan barang, atau kecurian, sangat besar.

Dari segi kepraktisan dan keamanan, kami merekomendasikan carry-on bag yang memiliki tali selempang. Tali selempang sepanjang 20 cm atau lebih adalah ukuran yang sesuai untuk pria dewasa. Jangan lupa memeriksa apakah panjang talinya bisa disesuaikan atau tidak. Selain itu, apabila tali selempangnya dapat diatur lebih panjang, Anda juga bisa mengaitkannya ke koper supaya lebih aman.

Sebagai tas cadangan, pilihlah carry-on bag yang bisa dilipat!

Sebagai tas cadangan, pilihlah carry-on bag yang bisa dilipat!

Poin penting lainnya adalah apakah carry-on bag tersebut bisa dilipat atau tidak. Fitur ini mungkin tidak berguna apabila Anda menentengnya sebagai tas utama. Namun, carry-on bag tipe ini berguna apabila Anda membutuhkan tas tambahan atau tas cadangan secara tiba-tiba di perjalanan.

Carry-on bag adalah tas yang ideal untuk memuat oleh-oleh makanan dan dibawa naik ke pesawat. Oleh karena itu, sebelum Anda membeli, periksalah apakah tas tersebut mudah dilipat dan disimpan di dalam koper.

Sesuaikan dengan budget Anda

Sesuaikan dengan budget Anda

Carry-on bag ada yang berharga sangat rendah yaitu di bawah lima ratus ribu rupiah, dan ada yang berharga hampir mencapai satu juta rupiah. Pilihlah carry-on bag yang sesuai dengan kebutuhan dan selera Anda, tetapi jangan lupa menyesuaikannya dengan kondisi keuangan juga.

10 Rekomendasi carry-on bag terbaik

Setelah mengetahui poin penting dalam memilih carry-on bag, di bawah ini kami merekomendasikan kepada Anda sepuluh carry-on bag yang terbaik! Dipilih berdasarkan ukuran, bahan, desain, bobot, dengan rentang harga yang bervariasi, dan mudah didapatkan di toko online seperti Lazada.

10. OEM Travel Foldable Carry-On Bag

10. OEM Travel Foldable Carry-On Bag

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 64.800

Tas unisex yang bisa dilipat kecil

Terbuat dari bahan poliester yang lembut, tas ini memiliki empat pilihan warna, seperti merah anggur, merah muda, biru dongker, dan biru langit. Anda dapat membawanya untuk keperluan bisnis maupun bepergian pribadi. Anda membutuhkan tas dengan warna pastel, tetapi tidak terlihat seperti tas perempuan? Inilah carry-on bag pilihan Anda!

Selain itu, OEM Travel Foldable Carry-On Bag memiliki ukuran 45 x 15 cm yang dapat dilipat kecil menjadi berukuran 19 x 16 cm, praktis dan mudah dibawa ke mana pun, terutama dimasukkan ke kabin pesawat. Produk ini sesuai untuk Anda yang membutuhkan kepraktisan dan mencari tas dengan harga yang sangat terjangkau.

9. Mockup Double Cabin Bag

9. Mockup Double Cabin Bag

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 247.800

Berkapasitas besar dan bisa dilipat menjadi tas kecil yang praktis!

Mockup Double Cabin Bag terbuat dari bahan cordura yang tahan air dan sangat ringan. Kapasitasnya besar, yaitu berukuran 51 x 35 x 22 cm yang sesuai untuk kabin penumpang pesawat berkursi seratus lebih. Selain itu, keunggulannya adalah dapat dilipat menjadi tas kecil compact berukuran 20 x 20 cm!

Selain itu, carry-on bag ini mempunyai tali selempang panjang yang dapat dicopot dan diatur sesuai keinginan. Dilengkapi pula dengan saku di bagian depan dan ritsleting dua arah berwarna senada. Apabila Anda mencari tas multifungsi untuk dibawa di dalam koper sekaligus disimpan ke kabin pesawat, tas ini bisa jadi pilihan!

8. OEM Fashionable Canvas Travelling Bag

8. OEM Fashionable Canvas Travelling Bag

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 612.800

Carry-on bag untuk pencinta mode!

Mari bergaya dengan carry-on bag berbahan kanvas dan crazy horse leather ini! Tas berdesain modis ini berukuran 49 x 32 x 13 cm yang sangat cocok menemani Anda dalam perjalanan singkat atau liburan akhir pekan dengan pesawat. Jahitannya rapi, dengan material kancing dan ritsleting tembaga antikarat. Ada empat warna tas yang bisa Anda pilih, yaitu warna kopi, abu-abu, hijau army, dan hitam.

Di bagian depan tas, terdapat tiga buah saku beritsleting untuk menyimpang barang bawaan Anda yang berukuran kecil. Tas ini juga dilengkapi dengan dua tali praktis, yaitu tali selempang dan tali jinjing. Tas ini dirancang untuk Anda yang berselera fashion, serta bisa dipakai sebagai flight carry-on bag maupun tas utama untuk bepergian jarak dekat.

7. ILotusBAG Waterproof Nylon Carry-On Bag

7. ILotusBAG Waterproof Nylon Carry-On Bag

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 895.000

Ringan dan tahan air!

ILotusBAG Waterproof Nylon Carry-On Bag dapat membawa barang-barang tambahan Anda yang tidak muat ke dalam koper. Bahannya nilon poliester yang kuat dan tahan air, sehingga mengamankan barang bawaan Anda dari kerusakan. Tas ini berbobot hanya 363 gram, dan memiliki ukuran 26 cm x 11 cm x 9 cm yang siap menemani Anda bepergian sebagai tas utama.

Selain itu, tas ini juga dilengkapi dengan tali selempang berbahan kanvas yang nyaman dan mudah dibawa di perjalanan. Kami rekomendasikan tas ini untuk Anda bawa bepergian, seperti rekreasi, berbelanja, berolahraga, mendaki gunung, dan camping!

6. Nike Total 90 Unisex Carry-On Bag

6. Nike Total 90 Unisex Carry-On Bag

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 546.000

Untuk wanita dan pria yang sporty! Bisa berfungsi sebagai backpack juga!

Carry-on bag ini memiliki material poliester waterproof berkualitas dan merupakan produk terlaris di banyak toko online. Dengan kapasitas 35 liter dan ukuran 46 x 25 x 26 cm, produk ini memiliki bobot 350 gram yang ringan sehingga cocok dipakai sebagai tas utama. Desainnya modis dan bergaya sporty, dengan warna-warna color block seperti merah, biru, hitam, dan hijau neon yang cocok untuk pria dan wanita.

Carry-on bag ini memiliki tali jinjing berbantalan nyaman, serta Anda bisa memutar tasnya menjadi vertikal untuk dipakai sebagai tas punggung! Fitur lainnya adalah saku samping untuk paspor, kompartemen sepatu, dan saku belakang beritsleting. Selain itu, tas ini juga bisa dilipat untuk Anda masukkan ke dalam koper. Selain untuk travelling, carry-on bag ini cocok dijadikan baik tas gym maupun tas camping.

5. Ac.y.c Foldable Carry-On Bag for Women

5. Ac.y.c Foldable Carry-On Bag for Women

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 807.000

Tas cadangan berkapasitas besar dengan gaya yang feminin

Carry-on bag dari Ac.y.c ini berbobot ringan 300 gram, bermotif bunga hitam, dan memiliki kapasitas yang fleksibel. Tali tasnya dirancang kuat serta dapat diatur panjangnya sesuai keinginan. Dilengkapi pula dengan saku ekstra di bagian depan, untuk menyimpan barang penting seperti paspor dan ponsel.

Selain itu, tas ini memiliki ukuran 46 cm x 37 cm x 20 cm yang dapat dilipat kecil menjadi ukuran 20 x 18 x 4 cm. Bahannya nilon yang tahan air untuk melindungi barang bawaan Anda dari cuaca buruk. Produk ini cocok untuk wanita yang membutuhkan carry-on bag cadangan berkapasitas besar, dengan desain yang feminin.

4. Magictodoor Carry-on Bag with Side Compartment

4. Magictodoor Carry-on Bag with Side Compartment

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 885.292

Carry-on bag yang dapat pula dipakai ke gym

Terbuat dari bahan kanvas dengan dimensi 33 cm x 29 cm x 5 cm, carry-on bag ini dapat Anda pakai untuk kegiatan sehari-hari. Kapasitas keseluruhannya cukup besar yaitu 85 liter, serta memiliki tiga kompartemen ekstra. Ada satu buah kompartemen sisi untuk meletakkan sepatu, dan dua buah kompartemen lain di bagian depan tas dengan fitur ritsleting.

Selain itu, tas ini dilengkapi dengan dua tali yang praktis, yaitu tali pendek untuk dijinjing, dan tali panjang untuk diselempangkan. Tali panjangnya juga dapat disesuaikan agar nyaman digunakan. Ada dua pilihan warna yang bisa Anda miliki, yaitu abu-abu dan hijau. Bagi Anda yang sering berolahraga, misalnya pergi ke gym, tas ini juga bisa jadi pilihan yang cocok!

3. Five Cities Lightweight Cabin on Flight Bag

3. Five Cities Lightweight Cabin on Flight Bag

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 546.000

Tas yang dirancang memenuhi standar banyak pesawat dunia

Carry-on bag populer asal Inggris ini memenuhi standar banyak pesawat dunia, seperti American Airlines, Delta Airlines, Southwest Airlines, United Airlines, JetBlue Airlines, dan Alaska Airlines. Dengan ukuran 55 x 30 x 20 cm, bobot 544 gram, dan kapasitas 32 liter, Anda dapat memuat banyak sekali barang di dalamnya!

Tas ini memiliki tali jinjing dan tali bahu yang dapat disesuaikan untuk kenyamanan. Terdapat dua kantong samping untuk menyimpan barang berharga seperti paspor dan MP3 player. Sangat direkomendasikan untuk para traveller yang hobi bepergian ke luar negeri. Selain itu, tas ini memiliki banyak pilihan motif yang pasti disenangi oleh pencinta mode.

2. Gagaku 80L Flight Cabin Bag

2. Gagaku 80L Flight Cabin Bag

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 927.260

Kapasitas superbesar, ringan, dan juga muat untuk kabin pesawat!

Carry-on bag dari Gagaku ini berbobot 490 gram yang telah dilengkapi dengan pouch mungil dan tali selempang. Materialnya berkualitas terbaik, yaitu serat 100% nilon yang wearproof dan antikoyak, sehingga aman dari sayatan benda tajam. Dengan kapasitas superbesar yaitu 80 liter, tas ini berdimensi ukuran 68 x 30 x 41 cm yang bisa dilipat sekecil ukuran 32 x 24 cm untuk dibawa di koper maupun kabin pesawat.

Pada bagian belakang tas ini terdapat pengait, untuk Anda sangkutkan pada handle trolley koper,  sehingga praktis dibawa di bandara. Selain pouch, ada juga kantong belakang untuk menyimpan barang seperti iPad dan paspor. Tas ini cocok dipakai untuk segala situasi, seperti bepergian akhir pekan dan perjalanan bisnis, dan direkomendasikan untuk Anda yang mencari carry-on bag berkapasitas superbesar.

1. Lightweight Packable Carry-On Bag

1. Lightweight Packable Carry-On Bag 

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 633.480

Ringan dan berkapasitas besar! Carry-on bag terlaris di seluruh toko online!

Inilah carry-on bag terlaris yang menempati urutan pertama di Tokopedia dan Lazada, bahkan di situs belanja online internasional. Karena bisa dilipat, Anda dapat menyimpannya dengan mudah di dalam koper atau membawanya ke mana pun. Selain itu, tas ini dilengkapi dengan tali panjang yang bisa dipakai dan dilepas sesuai keinginan, untuk memudahkan Anda memanggul tas.

Bahannya terbuat dari serat poliester tahan air, nyaman, dan tahan lama. Tas ini memiliki dimensi 45 cm x 34 cm x 20 cm dan berkapasitas 32 liter, cukup besar untuk membawa barang kebutuhan Anda selama travelling. Bobot tas ini juga sangat ringan, hanya 2,4 ons saja! Bagi Anda yang memerlukan tas ringan, mudah dilipat, serbaguna, dan dengan harga yang terjangkau, tas ini sangat kami rekomendasikan untuk Anda!

Kesimpulan

Kami telah merekomendasikan sepuluh carry-on bag terbaik untuk Anda. Apakah Anda telah menemukan yang cocok? Carry-on bag akan menjadi sahabat travelling yang baik dan mampu menampung barang bawaan ekstra, baik dalam perjalanan domestik ataupun luar negeri. Pilihlah produk dengan harga yang terjangkau dengan desain favorit Anda. Semoga artikel kami dapat membantu!