• 10 Rekomendasi Travel Bag Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Travel Bag Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Travel Bag Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Travel Bag Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Travel Bag Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Travel Bag Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Tas jinjing saja tidak mungkin bisa menampung semua oleh-oleh yang Anda beli dari luar kota. Travel bag atau carry-on bag adalah solusinya. Travel bag berfungsi sebagai tas cadangan untuk di dalam ataupun di luar koper. Anda dapat membawa barang tambahan secara lebih efisien saat traveling.

Berbagai merek tas travel terbaik akan Anda temukan di sini, misalnya Troveast, Heylook, Choral, dan lain-lain. Meski berkapasitas besar, tas traveling tetap ringan dan bisa masuk kabin pesawat. Beberapa tas bahkan bisa dilipat kecil. Mari persiapkan travel bag yang bagus untuk perjalanan Anda berikutnya!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 14 November 2022
Daftar isi

Apa itu carry-on bag?

Apa itu carry-on bag?
Apakah Anda sering bepergian menggunakan pesawat dan menyimpan tas di dalam kabin pesawat? Tas yang sering dibawa untuk traveling ini memang familier dengan sebutan travel bag. Sebenarnya, ada istilah khusus untuk tas ini. Anda yang sering bepergian ke luar negeri mungkin sering mendengar istilah carry-on bag. 

Carry-on bag adalah tas tambahan yang menjadi pendamping koperCarry-on bag juga biasa disebut sebagai travel bag, cabin bag, dan duffle bag. Tas ini umumnya dibawa dengan tangan atau diletakkan di atas koper serta dapat dimasukkan ke kabin pesawat. Selain itu, tas ini memiliki banyak kegunaan yang membuat perjalanan Anda lebih nyaman. 

  • Carry-on bag dapat dimanfaatkan untuk menyimpan barang-barang penting. Pasti terasa sulit jika Anda ingin mengambil barang dari dalam koper saat di bandara atau tempat lainnya. Nah, jika Anda menyimpan barang-barang penting tersebut di dalam carry-on bag, Anda bisa mengambilnya kapan saja. Tas ini paling cocok diletakkan di atas koper.

  • Carry-on bag yang bisa dilipat dapat digunakan sebagai tas cadangan tatkala dibutuhkan. Saat traveling atau melakukan perjalanan bisnis, Anda mungkin membeli banyak oleh-oleh hingga tidak muat dimasukkan ke dalam koper. Carry-on bag dapat diandalkan untuk menampung oleh-oleh atau kelebihan barang-barang tersebut.

  • Carry-on bag juga dapat digunakan sebagai ransel, tas jinjing, atau tote bag. Tas ini dapat Anda gunakan sebagai tas utama saat Anda berjalan-jalan.

Cara memilih travel bag

Nah, di artikel ini kami merekomendasikan travel bag yang nyaman dibawa bepergian dan bisa dimasukkan ke kabin pesawat. Perhatikanlah beberapa poin di bawah ini sebelum membeli tas travel favorit Anda.

Sesuaikan ukurannya dengan koper

Carry-on bag biasanya dikaitkan di bagian pegangan troli koper atau di atas koper. Maka dari itu, sesuaikanlah ukurannya dengan koper Anda.
Sesuaikan ukurannya dengan koper
Ukuran tas merupakan hal pertama yang harus diperiksa. Disarankan agar Anda mengukur kedalaman dan lebar dari koper, lalu pilihlah tas yang pas. Carry-on bag biasanya dikaitkan di bagian pegangan troli koper saat dibawa di bandara. Apabila ukuran tas kebesaran, tentu koper tersebut menjadi sulit dibawa.

Selain itu, carry-on bag yang terlalu berat dan penuh barang akan menambah beban koper Anda. Jika ukuran lebar dan kedalamannya sesuai dengan ukuran koper, tas tidak akan menonjol keluar saat dikaitkan. Anda tidak perlu khawatir akan terjadi selip.

Pastikan ukuran back strap (lubang selipan) pas dengan handel koper

Pastikan ukuran back strap (lubang selipan) pas dengan handel koper
Selanjutnya, pastikan ukuran selipan atau back strap travel bag sesuai dengan lebar pegangan troli koper. Pastikan lubang selipannya tidak terlalu besar atau kekecilan. Jika ukurannya pas, tentu Anda dapat mengaitkannya ke gagang koper dengan lebih stabil tanpa goyah.

Cek juga ukuran tinggi dari selipan tersebut. Makin tinggi ukurannya, makin mudah selipan dipasang dengan lebih firm. Berhati-hatilah jika bahannya tipis karena akan lebih cepat sobek.

Pilih ukuran dan kapasitas yang sesuai muatan

Tas travel atau carry-on bag berukuran besar tak selamanya baik. Jadi, periksalah ukuran dan kapasitasnya.

Ukuran kecil: Bisa digunakan sebagai tas jinjing atau tas utama

Ukuran kecil: Bisa digunakan sebagai tas jinjing atau tas utama
Sebagian orang menggunakan carry-on bag sebagai tas utama di perjalanan. Untuk dipakai sebagai tas utama, pilihlah yang ukurannya tidak terlalu besar sehingga mudah dibawa ke mana-mana.


Carry-on bag berukuran sekitar 15 liter sudah cukup untuk memuat barang-barang pribadi, suvenir traveling, hingga oleh-oleh. Apabila Anda ingin menaruh barang seperti dompet, tas dengan saku di bagian dalam adalah pilihan terbaik. Keberadaan saku tersebut memudahkan Anda saat ingin mengambil barang.

Ukuran besar: Untuk membawa barang yang tidak muat masuk koper

Ukuran besar: Untuk membawa barang yang tidak muat masuk koper
Pilihlah carry-on bag berkapasitas besar untuk menyimpan barang-barang yang tidak muat masuk ke dalam koper. Anda dapat memilih carry-on bag berkapasitas 20 liter atau lebih yang mampu memuat barang-barang untuk perjalanan semalam.

Anda bisa meringankan beban koper dengan memindahkan barang-barang ekstra lainnya ke dalam carry-on bag ini. Tipe ini disarankan terutama jika Anda berencana membeli banyak oleh-oleh. Carilah travel bag yang bagus dan kuat agar nyaman dibawa dan barang-barang pun aman.


Selain itu, carry-on bag berukuran besar dapat membawa barang yang sulit dimasukkan ke dalam koper. Contohnya adalah barang seperti kotak sepatu yang membuat koper Anda menggelembung kepenuhan.


Nah, di bawah ini kami memiliki rekomendasi tas buat traveling model duffle bag. Anda dapat menaruh banyak barang mencapai 20 liter atau lebih. Untuk informasi lebih lengkapnya, klik tautan di bawah ini.

Perhatikan ukuran travel bag yang hendak dibawa ke dalam kabin pesawat

Perhatikan ukuran travel bag yang hendak dibawa ke dalam kabin pesawat

Jika Anda ingin membawa travel bag ke dalam pesawat, cek bisa tidaknya tas disimpan dalam kabin. Berhati-hatilah jika Anda membawa tas berukuran besar. Dilansir dari Kompas.com, berikut ini adalah ketentuan ukuran tas untuk kabin pesawat dari beberapa maskapai di Indonesia.


  1. Lion Air dan Batik Air: Dimensi tas: 40 cm x 30 cm x 20 cm・Berat maksimal: 7 kg.
  2. Citylink: Dimensi tas: 56 cm x 36 cm x 23 cm (untuk pesawat Airbus A320) dan 41 cm x 36 cm x 23 cm (untuk pesawat ATR72-600)・Berat maksimal: 7 kg.
  3. Garuda Indonesia: Dimensi tas: 56 cm x 36 cm x 23 cm dan 41 cm x 34 cm x 17 cm (untuk penerbangan kelas ekonomi menggunakan pesawat CRJ dan ATR)・Berat maksimal: 7 kg. 
  4. Sriwijaya Air: Dimensi tas: 56 cm x 33 cm x 23 cm・Berat maksimal: 7 kg
  5. Air Asia: Dimensi tas: 56 cm x 36 cm x 23 cmBerat maksimal: 7 kg
  6. Super Air Jet: Dimensi tas: 40 cm x 30 cm x 20 cm・Berat maksimal: 7 kg

Maskapai penerbangan luar negeri tentu memiliki aturan yang berbeda dan lebih ketat. Meskipun carry-on bag Anda hanya kebesaran sedikit saja, Anda mungkin harus membayar untuk kelebihan muatan tersebut.

Pertimbangkan tas berbobot ringan, compact, dan bisa dilipat

Pertimbangkan tas berbobot ringan, compact, dan bisa dilipat
Karena carry-on bag akan dibawa bersama koper, pilihlah yang bobotnya ringan. Carry-on bag biasanya sudah dirancang dengan bahan yang ringan, tetapi idealnya adalah yang berbobot sekitar 150–350 gram.

Sementara itu, jika Anda ingin menyimpan carry-on bag di dalam koper, pilihlah yang bisa dilipat secara compact. Dengan begitu, Anda mudah menyelipkannya di dalam koper dan dapat mengambilnya kapan pun dibutuhkan. Apabila bisa dilipat sekecil mungkin, carry-on bag tersebut akan makin portabel dan mempermudah Anda.

Cek keberadaan tali selempang agar kian mudah dibawa

Cek keberadaan tali selempang agar kian mudah dibawa
Carry-on bag sebagai tas utama akan lebih sering Anda jinjing bersama koper di bandara. Namun, biasanya tangan Anda cukup sibuk dan tidak bisa menenteng tas sepanjang waktu. 

Sebagai contoh, saat menyerahkan paspor ke petugas imigrasi, Anda mungkin harus meletakkan tas travel tersebut di lantai. Ada banyak orang di bandara sehingga risiko kehilangan barang sangatlah besar. Untuk keamanan, pilihlah carry-on bag yang bisa disandangkan di bahu.


Panjang tali selempang sekitar 100 cm atau lebih adalah ukuran yang pas untuk orang dewasa. Lebih baik lagi apabila Anda bisa mengatur ukuran panjang talinya. Jika ingin menggunakan carry-on bag sebagai tas utama selama traveling, pilihlah yang dilengkapi tali selempang.

10 Rekomendasi travel bag terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk travel bag terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

Update 14 November 2022:
Setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa produk Troveast Travel Bag Bimo memiliki angka penjualan tertinggi. Sementara itu, produk Elfs Active Travel Bag Keeve ZD05 yang sebelumnya menduduki urutan pertama, turun menjadi urutan 5 berdasarkan angka hasil penjualannya di Shopee.
Gambar produk
1
Troveast Travel Bag Bimo 1

Troveast

2
Polo Team Tas Travel Mini 1

Polo Team

3
Heylook Foldable Bag 1

Heylook

4
Choral Backpack Volcan 1

Choral

5
Elfs Active Travel Bag Keeve 1

Elfs Active

6
Torch Fujisawa 1

Torch

7
Scratchline Tourmaline Duffle Bag 1

Scratchline

8
Colorful Fox Travel Bag 1

Colorful Fox

9
Forester Travel Bag Transporter 2.0 1

Forester

10
One Polar Tas Travel Foldable 1

One Polar

Nama produk

Travel Bag Bimo

Tas Travel Mini

Foldable Bag

Backpack Volcan

Travel Bag Keeve

Fujisawa

Tourmaline Duffle Bag

Travel Bag

Travel Bag Transporter 2.0

Tas Travel Foldable

Keunggulan

Lengkapi perjalanan dengan model backpack atau duffle bag

Travel bag bergaya klasik sekaligus stylish

Praktis menyimpan barang di kabin pesawat dengan travel bag ini

Dilengkapi slot charger dan earphone, bepergian lebih mudah dan menyenangkan

Travel bag yang juga bisa dijadikan tas gym

Temani perjalanan panjang Anda tanpa drama

Terbuat dari material yang durable, aman dibawa perjalanan outdoor

Dilengkapi warna-warna cute dan beberapa kompartemen yang besar

Bisa dijadikan tas traveling utama, bisa juga untuk tas cadangan

Bawa pulang oleh-oleh tak pakai pusing dengan travel bag jumbo

Harga mulai dariRp 400.000,00Rp 422.500,00Rp 172.500,00Rp 375.000,00Rp 110.000,00Rp 1.349.000,00Rp 360.000,00Rp 300.000,00Rp 165.000,00Rp 475.000,00
Ukuran47 cm x 17 cm x 20 cm35 cm x 17 cm x 25 cm44 cm x 15 cm x 37 cm47 cm x 18 cm x 33 cm45 cm x 27 cm x 26 cm32 cm x 22 cm x 60 cm49 cm x 32 cm x 24 cm41 cm x 24 cm x 22 cm52 cm x 33 cm x 26 cm55 cm x 20 cm x 30 cm
Kapasitas25 LTidak disebutkan10 kg25 L35 L45 LTidak disebutkanTidak disebutkan30 LTidak disebutkan
Berat580 gramTidak disebutkan600 gram775 gram300 gramTidak disebutkan500 gram520 gramTidak disebutkanTidak disebutkan
Bisa dilipat / Ukuran saat dilipatTidak disebutkanX ✓ / 22 cm x 2 cm x 14 cmTidak disebutkan✓ / 18 cm x 22 cm x 2 cm XXTidak disebutkan✓ / Tidak disebutkan✓ / Tidak disebutkan
Bisa masuk kabin pesawatTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkan
Tali selempangXXXXX
Back strap (selipan)XX XX XXX
Tautan produk
10

One PolarTas Travel Foldable

2041

Mulai dari Rp 475.000,00

Ukuran55 cm x 20 cm x 30 cm
KapasitasTidak disebutkan
BeratTidak disebutkan
Bisa dilipat / Ukuran saat dilipat✓ / Tidak disebutkan
Bisa masuk kabin pesawat
Tali selempangX
Back strap (selipan)X
9

ForesterTravel Bag Transporter 2.0

50031

Mulai dari Rp 165.000,00

Ukuran52 cm x 33 cm x 26 cm
Kapasitas30 L
BeratTidak disebutkan
Bisa dilipat / Ukuran saat dilipat✓ / Tidak disebutkan
Bisa masuk kabin pesawatTidak disebutkan
Tali selempangX
Back strap (selipan)X
8
Ukuran41 cm x 24 cm x 22 cm
KapasitasTidak disebutkan
Berat520 gram
Bisa dilipat / Ukuran saat dilipatTidak disebutkan
Bisa masuk kabin pesawatTidak disebutkan
Tali selempang
Back strap (selipan)X
7

ScratchlineTourmaline Duffle Bag

Mulai dari Rp 360.000,00

Ukuran49 cm x 32 cm x 24 cm
KapasitasTidak disebutkan
Berat500 gram
Bisa dilipat / Ukuran saat dilipatX
Bisa masuk kabin pesawatTidak disebutkan
Tali selempang
Back strap (selipan)X
6
Ukuran32 cm x 22 cm x 60 cm
Kapasitas45 L
BeratTidak disebutkan
Bisa dilipat / Ukuran saat dilipatX
Bisa masuk kabin pesawat
Tali selempangX
Back strap (selipan)
5

Elfs ActiveTravel Bag Keeve

ZD05

Mulai dari Rp 110.000,00

Ukuran45 cm x 27 cm x 26 cm
Kapasitas35 L
Berat300 gram
Bisa dilipat / Ukuran saat dilipat✓ / 18 cm x 22 cm x 2 cm
Bisa masuk kabin pesawat
Tali selempang
Back strap (selipan)X
4
Ukuran47 cm x 18 cm x 33 cm
Kapasitas25 L
Berat775 gram
Bisa dilipat / Ukuran saat dilipatTidak disebutkan
Bisa masuk kabin pesawatTidak disebutkan
Tali selempangX
Back strap (selipan)X
3
Ukuran44 cm x 15 cm x 37 cm
Kapasitas10 kg
Berat600 gram
Bisa dilipat / Ukuran saat dilipat✓ / 22 cm x 2 cm x 14 cm
Bisa masuk kabin pesawat
Tali selempangX
Back strap (selipan)
2
Ukuran35 cm x 17 cm x 25 cm
KapasitasTidak disebutkan
BeratTidak disebutkan
Bisa dilipat / Ukuran saat dilipatX
Bisa masuk kabin pesawat
Tali selempang
Back strap (selipan)
1
Ukuran47 cm x 17 cm x 20 cm
Kapasitas25 L
Berat580 gram
Bisa dilipat / Ukuran saat dilipatTidak disebutkan
Bisa masuk kabin pesawatTidak disebutkan
Tali selempang
Back strap (selipan)X

Baca juga rekomendasi koper terbaik di sini

Saat melakukan perjalanan panjang, Anda membutuhkan koper untuk menyimpan pakaian dan barang-barang. Selain dapat memuat banyak barang, koper juga mudah dibawa berkat roda di sisinya. Berikut rekomendasi koper terbaik yang bisa Anda pilih.

Kesimpulan

Sering kali kapasitas koper tidak cukup menampung banyak barang. Anda harus mengecilkan barang bawaan ketika berkemas atau menahan diri untuk tidak membeli oleh-oleh di perjalanan.


Carry-on bag atau travel bag dapat mengatasi masalah tersebut. Baik untuk perjalanan domestik, maupun luar negeri, tas ini dapat diandalkan oleh para traveller. Selamat memilih!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Koper Terbaik dengan Desain Modis (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Koper Terbaik dengan Desain Modis (Terbaru Tahun 2022)
    Tidak hanya fungsional, koper dapat menunjang penampilan Anda saat traveling. Untuk itu, Anda memerlukan koper dengan desain modis. Selain mengutamakan desain, fitur dan kapasitasnya pun tidak kalah dari koper konvensional.Agar Anda mudah menentukan pilihan, kami akan membagikan cara memilih koper terbaik dengan desain modis. Kami juga telah menyiapkan rekomendasi koper dari berbagai merek yang bagus, seperti Airwheel, American Tourister, dan Polo Milano. Produknya terdiri dari berbagai jenis, bahan, dan warna. Salah satunya mungkin cocok untuk Anda. Yuk, langsung baca informasinya di bawah ini!
    Perlengkapan travelling
  • 10 Koper Terbaik - Ditinjau oleh Tour Consultant (Terbaru Tahun 2022)
    10 Koper Terbaik - Ditinjau oleh Tour Consultant (Terbaru Tahun 2022)
    Koper merupakan barang penting bagi Anda yang hendak liburan, dinas, atau mudik. Untuk kegiatan tersebut tentu Anda mencari koper yang kuat dan berkualitas baik, bukan? Saat ini terdapat banyak model koper dengan ukuran beragam sehingga mungkin akan sedikit membingungkan Anda.Di sini, kami akan menjelaskannya hal-hal yang perlu dijadikan acuan saat mencari koper terbaik. Merek koper yang bagus, seperti Polo, Dupont, LOJEL, atau American Tourister juga termasuk dalam daftar rekomendasi kami. Artikel ini juga telah ditinjau oleh tour consultant kami, Farianty Gunawan. Selamat membaca!
    Perlengkapan travelling
  • 10 Rekomendasi Koper Polo Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Koper Polo Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Koper merek Polo sudah dikenal masyarakat Indonesia sebagai koper berkualitas. Koper Polo awet sudah banyak beredar, tentu Anda bisa menggunakannya untuk jangka panjang. Mengikuti perkembangan zaman, koper Polo keren juga banyak diproduksi dan sangat menggoda untuk dimiliki.Untuk itu, cara memilih dan daftar rekomendasi koper Polo terbaik akan kami berikan pada Anda melalui artikel ini. Dengan begitu, Anda tidak akan kesulitan menentukan koper Polo yang paling sesuai dengan kebutuhan. Hanya koper Polo yang bagus akan Anda temukan dalam artikel ini. Selamat memilih!
    Perlengkapan travelling
  • 10 Rekomendasi Tas Koper Terbaik untuk Perjalanan Bisnis (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Tas Koper Terbaik untuk Perjalanan Bisnis (Terbaru Tahun 2022)
    Saat melakukan perjalanan bisnis, para pebisnis biasanya membawa barang yang cukup banyak. Daripada punggung sakit akibat beban berat dari memanggul backpack, pilih saja tas koper! Tas koper yang tidak terlalu besar akan cukup untuk membawa barang Anda jika harus menginap selama 1–3 hari.Tips memilih tas koper yang bagus untuk perjalanan bisnis akan kami uraikan dalam artikel ini. Anda pun bisa menemukan produk-produk rekomendasi kami dari berbagai merek, misalnya TUMI, Samsonite, Traveler’s Choice, Navy Club, dan lainnya. Simaklah dan dapatkan tas koper terbaik untuk perjalanan bisnis Anda di sini!
    Perlengkapan travelling
  • 10 Koper Kabin Terbaik - Ditinjau oleh Travel Blogger (Terbaru Tahun 2022)
    10 Koper Kabin Terbaik - Ditinjau oleh Travel Blogger (Terbaru Tahun 2022)
    Bagi Anda yang akan melakukan perjalanan menggunakan pesawat, koper kabin adalah pilihan terbaik untuk dibawa. Entah business trip atau sekadar liburan, koper kabin dinilai paling ringan dan praktis untuk menampung barang bawaan Anda. Ukuran koper kabin sangat beragam, mulai dari 15 inci hingga 20 inci.Kami akan memberikan tips memilih koper kabin terbaik. Berbagai merek dan size koper kabin yang bagus, seperti Navy Club, American Tourister, dan Polo Team akan turut kami ulas. Artikel ini juga telah ditinjau oleh travel blogger kami, Zizy Damanik. Simak sampai akhir, ya!
    Perlengkapan travelling
  • 10 Rekomendasi Koper President Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Koper President Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Memiliki sejarah panjang sejak 1960, koper President menegaskan hegemoninya sebagai salah satu produsen koper terbaik. Ada banyak seri koper President berkualitas tinggi yang mampu menjawab berbagai kebutuhan konsumen. Koper President keren dan awet dengan berbagai ukuran juga mudah ditemukan di pasaran. Anda bisa menemukan koper President 24 inch, 20 inch, dan 28 inch.Kali ini kami akan membahas cara memilih koper President terbaik beserta rekomendasi produknya. Temukan juga Koper President original yang bagus dan berdesain kece. Jangan ragu untuk membeli produknya karena koper President terkenal bagus dan berkualitas!
    Perlengkapan travelling
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori