10 Rekomendasi Cycling Cap (Topi untuk Bersepeda) Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Cycling Cap (Topi untuk Bersepeda) Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Cycling cap adalah item populer diantara para road biker. Disebut demikian karena para pegiatnya bersepeda di jalan raya, bukan menggunakan sepeda statis seperti di gym. Nah, penggunaan cycling cap ini akan mencegah keringat mengalir ke wajah Anda. Berbagai merek dijual, namun merek Rockbros dan Santic adalah contoh yang populer.

Penggunaan cycling cap memang tak terlalu terlihat karena digunakan di bawah helm, namun pastinya akan bermanfaat bagi Anda. Karena itu, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan rekomendasi cycling  cap terbaik. Anda pun semakin mudah membelinya melalui online. Simaklah ulasan kami untuk Anda jadikan referensi!

Daftar isi

Cara memilih cycling cap

Mungkin Anda tidak terbiasa menggunakan cycling cap pada awalnya. Namun jika sudah terbiasa menggunakannya, Anda pasti ingin memakainya terus saat bersepeda. Hal itu bisa terjadi karena memang item ini sangat berguna dan memiliki harga lebih murah daripada item untuk bersepeda lainnya.

Cycling cap semakin menanjak popularitasnya diantara para road biker. Selain modelnya yang semakin beragam, item ini juga membuat pemakainya terlihat semakin stylish. Namun, perhatikan terlebih dahulu cara memilih yang tepat agar Anda bisa menemukan cycling cap paling praktis dan nyaman untuk Anda pakai.

Kegunaan berdasarkan bentuk cycling cap

Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah bentuk dan desainnya. Bukan hanya agar terlihat fashionable, bentuk cycling cap akan menentukan fungsi yang Anda inginkan. Sekarang kami akan menjelaskan 3 model yang umum ditemui dan menjelaskan fiturnya masing-masing.

No collar type untuk fungsi penahan keringat

No collar type untuk fungsi penahan keringat

Jenis ini adalah yang paling standar dan umum ditemukan. Terlihat seperti topi renang, bukan? Hal ini disebabkan oleh fungsi paling mendasarnya sebagai cycling cap, yaitu untuk mencegah keringat dari dahi atau kepala mengalir ke wajah.

Selain itu, cycling cap jenis ini akan mengisi rongga antara helm sepeda dengan kepala Anda, sehingga Anda akan semakin merasa nyaman saat bersepeda. Nah, bila Anda menyukai tampilan kostum bersepeda yang natural, jenis ini direkomendasikan karena tidak terlihat dari luar pada saat Anda mengenakan helm.

Collar type untuk fungsi perlindungan terhadap sinar matahari

Collar type untuk fungsi perlindungan terhadap sinar matahari

Ketika Anda mendengar kata cycling cap, mungkin yang terlintas pertama kali adalah jenis yang seperti ini. Anda cukup mengeluarkan bagian tepi pelindung mataharinya saat mengenakan helm sepeda. Tentu saja jenis cycling cap ini juga mencegah keringat mengalir ke wajah. Kelebihan jenis ini adalah tepinya yang akan memberi Anda perlindungan lebih terhadap sinar matahari.

Namun bila Anda termasuk orang yang tidak begitu peduli bila kulit harus terbakar sinar matahari ketika bersepeda, menggunakan model ini tetap akan berguna bagi Anda, kok! Bagian tepinya juga berfungsi mencegah cahaya matahari menyilaukan mata Anda saat bersepeda. Jenis ini juga direkomendasikan untuk Anda yang gaya karena Anda dapat mengubah penampilan hanya dengan mengganti warnanya tanpa perlu mengganti helm Anda.

Model bandana untuk fungsi pelindung leher dari sengatan matahari

Model bandana untuk fungsi pelindung leher dari sengatan matahari

Selanjutnya adalah model bandana. Jenis bandana ini ada yang standar seperti bandana pada umumnya dan ada juga yang memiliki tepian pada bagian belakangnya. Tepian bandana pada bagian belakang ini berfungsi untuk melindungi leher Anda dari sengatan matahari.

Leher adalah salah satu bagian tubuh yang selalu terpapar sinar matahari. Dengan menutupinya menggunakan bandana, Anda akan merasa lebih dingin dan nyaman. Sekarang malah sudah ada jenis bandana yang tepiannya berada di depan dan belakang. Jenis ini cocok untuk Anda yang benar-benar ingin melindungi leher dari sinar matahari.

Pilih bahan yang nyaman dipakai

Pilih bahan yang nyaman dipakai

Fungsi utama cycling cap memang untuk mencegah keringat mengalir ke wajah, namun aksesoris ini juga berfungsi untuk menyerap keringat dan mencegah bagian dalam helm terlalu panas. Dengan demikian, akan mencegah bau mengendap di helm Anda. Hal itulah yang menyebabkan pemilihan bahan yang sesuai menjadi sangat penting.

Bahan pembuat cycling cap yang paling populer adalah bahan poliester karena mampu menyerap keringat dengan efektif. Bahan katun juga sering kali digunakan karena nyaman dipakai, terutama ketika cuaca sedang panas. Ada pula bahan jala yang dapat menyerap dan mengeringkan keringat lebih cepat. Di luar itu, ada juga produsen brand tertentu yang menggunakan bahan jenis tertentu yang mereka produksi sendiri sehingga Anda harus memeriksanya dahulu sebelum membeli.

10 Rekomendasi cycling cap terbaik

Setelah menjelaskan cara memilih cycling cap, sekarang kami akan memberikan rekomendasi produk pilihan kami untuk Anda. Produk-produk pilihan kami ini dapat Anda temukan dengan mudah di toko online. Perhatikan setiap fiturnya dan pilihlah yang terbaik untuk Anda!

10. Bioracer Nederland Cycling Cap

10. Bioracer Nederland Cycling Cap

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 200.000

Bahan katun yang nyaman dikenakan

Cycling cap satu ini terbuat dari bahan katun yang akan membuat Anda merasa nyaman saat memakainya. Bahan katun sendiri merupakan salah satu bahan yang terkenal akan kemampuannya menyerap keringat. Dengan demikian, keringat Anda saat bersepeda dapat terserap sempurna oleh cycling cap ini.

Apalagi bila Anda menyukai negara Belanda, maka produk ini harus masuk dalam list koleksi Anda. Hal itu disebabkan brand Bioracer telah bekerjasama dan membuat desain cycling cap ini khusus untuk tim pesepeda nasional negara Belanda. Jadi dengan menggunakan cycling cap ini, Anda bisa merasa seolah-olah menjadi bagian dari tim nasional Belanda. Asyik, kan?

9. Santic Outdoor Cycling Cap

9. Santic Outdoor Cycling Cap

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 146.000

Tepian untuk melindungi telinga dari angin

Cuaca dingin sering kali membuat orang mengurungkan niat untuk bersepeda. Pasti Anda bisa membayangkan betapa dinginnya terpaan udara ketika Anda sedang mengayuh sepeda dengan cepat. Nah, berkat cycling cap yang satu ini, Anda tidak perlu khawatir lagi untuk bersepeda bahkan ketika cuaca sedang dingin.

Terbuat dari bahan poliester dan lapisan wol, cycling cap ini berfungsi ganda untuk menyerap keringat dan mengurung panas di dalam cap sehingga Anda tidak merasa kedinginan. Selain itu, cap ini memiliki tepian yang dapat melindungi telinga Anda dari terpaan angin. Kini Anda dapat bersepeda pada cuaca dingin dengan nyaman, bukan?

8. OEM Bandana Cycling Cap

8. OEM Bandana Cycling Cap

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 62.000

Berbahan lycra yang nyaman dan sejuk saat digunakan

Bila Anda mencari bandana untuk bersepeda dengan berbagai desain menarik, maka Anda harus mempertimbangkan produk satu ini. Selain memiliki berbagai desain dan warna, cycling cap ini akan melindungi leher Anda dari sengatan panas matahari berkat pelindung pada bagian belakangnya.

Anda juga akan merasa nyaman saat menggunakannya karena bahan katun lycra pada cycling cap ini bersifat ringan, lentur, mudah kering, mampu menahan sinar ultraviolet (UV), dan berpori cukup besar. Dengan pori yang cukup besar tadi, sirkulasi udara akan lebih baik dan bisa menghilangkan panas pada kepala Anda saat bersepeda.

7. RockBros Outdoor Cycling Cap

7. RockBros Outdoor Cycling Cap

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 76.471

Cycling cap antibakteri dan mencegah bau tidak sedap

Modelnya yang simpel dengan warna hitam polos justru menjadi daya tariknya. Karena itulah, cycling cap ini cocok untuk Anda yang praktis dan menyukai penampilan natural. Namun tenang saja, kemampuannya mencegah keringat mengalir ke wajah tetap luar biasa dan tidak perlu Anda ragukan.

Yang lebih bagus lagi, produk ini bersifat antibakteri dan mencegah bau mengendap pada saat Anda bersepeda. Ditambah bahan yang super elastis, ringan, dan berpori cukup besar, bagaimana mungkin Anda tidak akan semakin menyukai produk satu ini?

6. Electro Cycling Cap Warna Tomia Blue

6. Electro Cycling Cap Warna Tomia Blue

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 275.000

Untuk Anda yang menyukai penampilan stylish dan fashionable, produk ini harus masuk radar Anda. Dengan 2 pilihan warna yang menarik, yakni Tomia Blue dan Shocking Pink, akan membuat penampilan Anda saat bersepeda semakin ceria dan energik.

Cycling cap yang menggunakan poliester sebagai bahan utamanya ini juga mampu menyerap keringat Anda lebih cepat dan mengurangi panas di kepala Anda. Dengan demikian, saat-saat bersepeda Anda akan terasa lebih nyaman dan menyenangkan. Ingin kepala terasa nyaman tapi tetap gaya saat bersepeda? Produk inilah solusinya!

5. Castelli Performance Cycling Cap

5. Castelli Performance Cycling Cap

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 490.000

Melindungi dari terik matahari, namun tetap sejuk!

Brand yang terkenal dengan produk sportwear-nya ini juga tak ketinggalan mengeluarkan produk cycling cap untuk para penggemarnya. Dengan collar pelindung cahaya matahari dan bagian belakang yang seperti jala, akan meningkatkan kenyamanan Anda saat bersepeda.

Dengan memakai cycling cap ini, keringat menjadi lebih cepat kering dan kepala Anda akan terasa lebih dingin. Jadi, apakah Anda menginginkan cycling cap yang mampu menahan teriknya sinar matahari namun tetap terasa sejuk di kepala? Produk yang satu ini adalah pilihan tepat!

4. OEM Bandana Cap

4. OEM Bandana Cap

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 75.000

Sesuaikan ukuran cap sesuka Anda!

Cycling cap model bandana memang menyenangkan untuk dipakai karena ukurannya dapat disesuaikan sesuka hati Anda, sehingga model ini bisa digunakan untuk pria maupun wanita. Terlebih, bahan kainnya pun lembut dan nyaman untuk digunakan saat bersepeda.

Berbekal pelindung leher yang cukup panjang, cycling cap ini akan membuat leher Anda aman dari risiko terbakar akibat sengatan matahari. Pelindung lehernya akan melindungi bagian leher dengan sempurna sehingga produk ini sangat cocok untuk Anda yang suka bersepeda di siang hari.

3. Sireck Men Cycling Cap

3. Sireck Men Cycling Cap

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 94.000

Berbahan waterproof serta menjaga kepala tetap hangat

Sesuai namanya, cycling cap ini peruntukkan khusus laki-laki karena ukuran lingkar cap-nya yang besar. Selain itu berdasarkan review penggunanya, disebutkan bahwa cycling cap ini tidak cocok digunakan saat cuaca sedang panas karena bahannya yang merangkap panas.

Dibuat dari bahan poliester dan wol, cycling cap ini tepat Anda gunakan saat udara sedang dingin, terlebih karena bahannya yang waterproof sehingga mencegah air merembes ke kepala Anda. Meski demikian, cycling cap ini tetap mampu menyerap keringat dengan cepat dan efektif.

2. Santic Cycling Cap

2. Santic Cycling Cap

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 93.000

Sirkulasi udara maksimal untuk kepala lebih sejuk

Satu lagi produk cycling cap berkualitas dari Santic. Cycling cap ini cocok untuk Anda yang mudah berkeringat karena terbuat dari 100% bahan poliester sehingga mampu menyerap keringat dengan sempurna serta memberikan sirkulasi udara maksimal. Karena itulah, panas yang Anda hasilkan saat bersepeda tidak tertahan di kepala.

Cycling cap ini sendiri hadir dalam 4 warna, yaitu putih, biru, pink, dan hijau. Untuk perawatannya disarankan Anda tidak merendam atau mencucinya dengan mesin cuci karena berisiko merusak cycling cap ini. Cukup gunakan sikat lembut dan gunakan sedikit air untuk membersihkannya.

1. RockBros Cycling Cap MZ10010

1. RockBros Cycling Cap MZ10010

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 80.000

Berbagai fitur menarik dan desain yang keren

Dalam menghasilkan cycling cap berkualitas, RockBros memang tidak setengah-setengah. Kali ini brand RockBros memproduksi cycling cap yang diklaim memiliki fitur dustproof, anti UV, anti keringat, dan breathable fabric yang membuat keringat Anda lebih cepat kering.

Selain bahan yang nyaman saat dikenakan, desainnya juga beragam dengan pilihan warna-warna menarik. Dengan demikian, Anda bisa mengubah penampilan Anda kapan saja hanya dengan mengganti cycling cap tanpa perlu mengganti helm Anda. Praktis, ya?

Kesimpulan

Nah, kami sudah memberikan rekomendasi produk cycling cap berdesain cantik dengan fiturnya masing-masing. Apakah Anda sudah menemukan produk yang hendak Anda incar? Walaupun Anda mungkin terbiasa bersepeda tanpa cycling cap, tidak ada salahnya mencoba menggunakan cycling cap, lho. Bagaimana kalau Anda mencoba dan rasakan sendiri perbedaan kenyamanannya?