10 Rekomendasi Trail Running Shoes Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Trail Running Shoes Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2018)

Lari adalah salah satu olahraga yang paling populer saat ini. Mulai dari lari di trek olahraga di lapangan, di jalanan, hingga lari di alam dan di tanah. Trail running atau lari di alam merupakan olahraga yang menarik, karena lari akan lebih menyenangkan dengan suasana yang berbeda dan pemandangan indah.

Bukan hanya itu, lari di alam juga memberikan tantangan tersendiri dan melibatkan seluruh tubuh, karena jalur yang dilalui cukup bervariasi. Ingin mencobanya? Anda akan memerlukan ‘alat tempur’: sepatu lari yang tepat. Artikel kami kali ini memberikan informasi tentang sepatu trail running terbaik. Selamat membaca!

Daftar isi

Cara memilih trail running shoes

Saat lari di jalan setapak di alam, Anda akan menemukan berbagai kondisi jalan, bahkan cuaca yang berubah. Jalan tanah, berbatu, becek, hujan, panas, dan lain-lain. Sepatu yang sesuai akan membantu Anda menghadapi semua itu. Namun, bagaimana cara memilih trail running shoes terbaik untuk Anda?

Pilih ukuran yang lebih besar

Pilih ukuran yang lebih besar

Saat membeli trail running shoes, pastikan ukurannya sedikit lebih besar dari ukuran kaki Anda sesungguhnya. Ketika Anda berlari di alam, jalur yang Anda tempuh memiliki banyak tanjakan dan turunan, juga bebatuan. Anda juga akan banyak mendaki atau menuruni jalan.

Hal ini menyebabkan berat badan sering bertumpu pada ujung jari kaki. Beri ruang yang cukup antara ujung jari kaki dengan ujung sepatu. Ini akan menjaga jari kaki Anda dari rasa sakit saat berhimpitan dengan sepatu untuk menahan berat badan Anda. Bumper jari pada ujung luar sepatu juga merupakan fitur yang baik bagi kaki Anda.

Pilih daya cengkeram sol yang kuat

Pilih daya cengkeram sol yang kuat

Kondisi jalan yang beragam merupakan hal lumrah saat Anda berlari di alam. Aspal, batu, tanah keras, tanah licin, lumpur, dan banyak lagi. Anda harus menjaga agar kaki tetap stabil dan tidak terpeleset di jalur seperti itu. Trail running shoes yang Anda kenakan harus memiliki daya cengkeram yang bagus untuk menghadapi semua tantangan itu.

Pilihlah sol luar (outsole) sepatu yang sesuai untuk olahraga trail running. Sol luar dengan gigi-gigi yang dalam memiliki daya cengkeram yang tinggi, sesuai untuk jalan tanah tetapi biasanya tidak begitu awet. Sedangkan sol luar dengan gigi-gigi dangkal lebih menghasilkan kecepatan pada jalan datar, dan biasanya lebih tahan lama. Pastikan trail running shoes pilihan Anda memiliki gigi-gigi dengan kedalaman yang tepat.

Pilih desain sepatu dengan potongan rendah (low cut)

Pilih desain sepatu dengan potongan rendah (low cut)

Saat berlari di alam, kaki akan selalu bergerak menyesuaikan diri dengan kondisi jalur yang dilalui. Pergelangan kaki akan bergerak dan berputar sesuai tanah yang dipijak. Pilihlah trail running shoes dengan desain berpotongan rendah sehingga tidak mengganggu pergerakan pergelangan kaki. Selain itu, usahakan untuk tidak menggunakan kekuatan berlebih saat menggerakkan kaki sehingga kaki Anda aman dari risiko cedera atau terkilir.

Fitur-fitur lain yang akan berguna

Fitur-fitur yang tercantum di atas merupakan fitur utama yang harus dimiliki dalam trail running shoes. Sepatu dengan fitur-fitur tambahan di bawah ini akan menambah nilai plus sepatu lari Anda.

Bahan tahan air

Bahan tahan air

Dalam trail running, selalu ada kemungkinan Anda akan menghadapi hujan atau tanah yang becek dan berlumpur. Atau bahkan sungai kecil dan dangkal pada jalur lari Anda. Trail running shoes dengan bahan anti air merupakan sepatu yang tepat untuk kondisi tersebut. Gunakan sepatu dengan bahan Gore Tex yang bersifat menolak air dan uap air sehingga sepatu Anda akan tahan air pada segala cuaca.

Sepatu yang ringan

Sepatu yang ringan

Meskipun hanya berbeda beberapa puluh gram, berat atau ringannya trail running shoes akan sangat berpengaruh, terutama jika digunakan dalam jarak jauh. Sepatu yang lebih berat akan membuat kaki lebih cepat lelah. Jika Anda senang berlari sejauh berpuluh-puluh kilometer, maka pilihlah sepatu yang relatif ringan sehingga Anda tidak cepat lelah.

Perlu diingat, model trail running shoes yang ringan mungkin tidak memiliki gigi-gigi sol luar yang dalam. Hal ini akan mempengaruhi daya cengkeram sepatu. Pastikan Anda memilih sepatu sesuai dengan preferensi Anda.

Lebih baik dicoba terlebih dahulu

Agar bisa berlari dengan aman dan nyaman, cara terbaik mendapatkan trail running shoes adalah dengan pergi ke toko sepatu olahraga dan mencobanya secara langsung. Perhatikan hal-hal berikut saat mencoba sepatu pilihan Anda.

Coba cek lebar sepatu dan pelintir sepatunya

Coba cek lebar sepatu dan pelintir sepatunya

Ukuran sepatu yang pas bukan satu-satunya tolak ukur dalam memilih trail running shoes. Berlari di alam membuat kaki Anda bergerak seluruhnya saat berpijak. Maka, lebar sepatu juga penting untuk diperiksa. Berikan ruang yang cukup untuk kaki Anda bergerak.

Setelah memilih lebar sepatu yang tepat, cobalah untuk memelintir sepatu itu dengan gerakan twist. Jika kaki Anda bisa bergerak dengan nyaman, maka itu adalah sepatu yang tepat. Lebar sepatu yang tepat membuat kaki Anda bebas bergerak untuk keamanan dan kenyamanan saat berlari.

Coba dengan kaos kaki

Coba dengan kaos kaki

Saat berlari, kita menggunakan kaos kaki agar pijakan tepat dan bisa berlari dengan nyaman. Maka saat mencari trail running shoes yang tepat, cobalah dengan menggunakan kaos kaki lari Anda. Biasanya kaos kaki untuk trail running lebih tebal daripada kaos kaki biasa. Hal ini akan berpengaruh pada pemilihan ukuran sepatu yang tepat bagi Anda.

10 Rekomendasi trail running shoes terbaik untuk pemula

Kami akan memberikan 10 rekomendasi trail running shoes terbaik untuk pemula. Silahkan jadikan daftar ini sebagai referensi pencarian Anda untuk sepatu lari di alam yang sempurna.

10. Pearl Izumi Trail N3

10. Pearl Izumi Trail N3

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 1.989.000

Sepatu yang bisa mendampingi Anda berlatih setiap hari

Sepatu Pearl Izumi Trail N3 ini merupakan produk lari pamungkas dari Pearl Izumi, namun masih tersedia banyak di pasaran. Sepatu ini merupakan salah satu bagian dari tipe E Motion yang menonjolkan fitur Dynamic Offset. Sol tengahnya yang didesain secara biomekanis memberikan bantalan kaki yang empuk dan nyaman.

Bobot sepatu ini cukup ringan untuk digunakan, sekitar 275 gram untuk wanita dan 300 gram untuk pria. Sol luar sepatu ini juga cukup bagus untuk digunakan di bebatuan, namun tidak terlalu menggigit di permukaan pasir basah. Jika Anda adalah pelari pemula yang berlatih setiap hari atau pelari yang akan menempuh jarak super jauh, sepatu ini cocok untuk Anda.

9. Inov-8 Terraclaw 250

9. Inov-8 Terraclaw 250

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 1.654.000

Membantu Anda melewati berbagai permukaan jalur lari di alam

Trail running shoes dari Inov-8 ini memiliki bentuk yang sangat fleksibel, memungkinkan kaki untuk bergerak maksimal. Terraclaw 250 sangat nyaman dipakai karena bisa menahan tumit dengan erat, namun tetap empuk digunakan berlari. Meskipun fleksibel, sepatu ini tetap mendahulukan keamanan kaki pemakainya.

Sol luar sepatu lari ini memiliki cengkeraman yang cukup baik, dengan gigi-gigi yang tidak terlalu rapat. Ini berarti sepatu Inov-8 Terraclaw 250 sesuai untuk berbagai kondisi jalan, mulai dari jalan curam, agak berbatu, permukaan rumput kasar, maupun tanah becek. Untuk Anda pelari pemula yang memilih trek dengan berbagai kondisi, sepatu inilah pilihan yang sempurna bagi Anda.

8. Adidas Kanadia 7

8. Adidas Kanadia 7

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 1.840.000

Dengan Gore Tex yang melindungi kaki Anda dari kebasahan

Adidas merupakan merek yang terkenal dalam pasaran sepatu olahraga. Produk trail running shoes dari Adidas ini, Kanadia 7, memiliki beberapa kelebihan. Bantalannya yang empuk membuat sepatu ini nyaman dipakai, begitu pun bantalan di bagian tumitnya yang menahan tumit dengan kuat namun nyaman.

Sepatu ini memiliki bahan Gore Tex yang tahan air, namun tidak membuat kaki lembap. Sol luar dengan teknologi Traxion membuat sepatu trail running ini sangat mudah digunakan di permukaan berlumpur. Anda tidak perlu khawatir untuk berlari di hari hujan, di alam dan juga di tanah berlumpur.

7. Altra Lone Peak 3.0

7. Altra Lone Peak 3.0

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 1.824.000

Pakai sepatu ini berlari setiap hari, Anda akan menyukainya!

Sepatu trail running Altra Lone Peak 3.0 memiliki desain yang ringan dengan bantalan yang nyaman. Cocok untuk berlari jarak jauh, Anda bisa bergerak dengan ringan dan tangkas. Sepatu ini memiliki bagian jari kaki sesuai dengan bentuk kaki sehingga bisa menghilangkan efek bengkaknya jari kaki akibat berlari pada jarak sangat jauh.

Dengan bagian insole yang berkontur setebal 5 mm, mungkin Anda perlu memilih ukuran setengah lebih besar daripada ukuran sepatu Anda biasanya. Altra Lone Peak 3.0 sangat cocok digunakan setiap hari. Anda bisa memakainya berlatih trail running di alam maupun berlatih lari di jalanan aspal.

6. Columbia Montrail Mountain Masochist 3

6. Columbia Montrail Mountain Masochist 3

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 2.073.000

Trail running dan hiking  dengan sepatu ini? Tak masalah!

Sepatu ini adalah sepatu yang bisa melindungi kaki Anda, berapa pun jauhnya Anda berlari dan dengan permukaan trek yang beragam. Columbia Montrail Mountain Masochist 3 memiliki tingkat fleksibilitas yang tinggi, didesain untuk bisa digunakan pada permukaan yang sangat berbatu. Sepatu ini juga sangat stabil untuk digunakan pada berbagai permukaan.

Trail running shoes ini cukup ringan, sekitar 270 gram. Sol luar yang terbuat dari bahan Gryptonite membuat sol sepatu ini tahan lama, memungkinkannya untuk dibawa berlari dalam jarak yang sangat jauh. Anda yang menyukai olahraga hiking dan trail running akan menyukai sepatu ini karena sepatu ini cocok untuk kedua kegiatan tersebut.

5. The North Face Ultra Cardiac TNF Black/Arabian Spice

5. The North Face Ultra Cardiac TNF Black/Arabian Spice 9 D

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 2.881.000

Kaki Anda lebar? Jangan khawatir, sepatu ini cocok untuk Anda!

The North Face Ultra Cardiac adalah sepatu untuk segala permukaan yang ringan dengan bahan yang cepat kering. Bagian atas sepatu ini terbuat dari bahan mesh dan bantalan yang empuk untuk pergelangan kaki Anda. Sepatu ini memiliki platform yang lebar dengan bagian sisi yang didesain sedemikian rupa sehingga cocok untuk kaki yang lebar.

Dengan sol luar Vibramtrail running shoes ini nyaman digunakan pada jalan biasa maupun jalan di alam. Sol luar khas ini juga memiliki sifat tangguh dan tahan lama. Harga sepatu ini memang cukup tinggi, namun nama The North Face sebagai penyedia produk lapangan memang menjamin kualitasnya yang bagus. Jika Anda pelari pemula dan memiliki budget lebih untuk sepatu, kenapa tidak membeli trail running shoes ini?

4. Saucony Peregrine 6

4. Saucony Peregrine 6

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 2.039.000

Aman melakukan trail running di malam hari dengan reflektor

Bagian sol luar sepatu ini secara mengagumkan sangat tahan lama, dengan bagian mid-sole yang sangat fleksibel. Outsole yang terbuat dari karet sangat sesuai untuk berbagai permukaan, dan bagian jari kakinya memiliki ruang yang cukup lebar. Saucony Peregrine 6 sangat sesuai untuk para pelari trail pemula.

Jika Anda menyukai lari di malam hari, sepatu ini memiliki permukaan yang bersifat reflektif sehingga terlihat di kegelapan. Sepatu ini juga dilengkapi dengan fitur anti mikroba dan anti bau, sehingga menggunakan sepatu ini akan sangat nyaman untuk Anda.

3. Salomon Speedcross 3

3. Salomon Speedcross 3

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp 1.433.500

Dengan sepatu ini latihan lari Anda tidak terasa melelahkan

Meskipun bagian atas sepatu ini pada awalnya terasa ketat, namun setelah digunakan, sepatu ini sangat pas dengan sempurna pada kaki. Sepatu ini memiliki bantalan empuk yang nyaman untuk digunakan pada jarak jauh. Sol luarnya pun bisa menangani berbagai permukaan trek, mulai yang halus seperti pasir hingga bebatuan yang kasar.

Bobot sepatu ini ringan, sesuai jika digunakan untuk balap lari di alam dan tidak membuat penggunanya cepat lelah. Speedcross 3 ini berbahan mesh, memberikan kenyamanan dan membuat kaki masih bisa ‘bernafas’ saat digunakan dalam waktu lama dan jarak jauh. Anda akan semakin menyukai trail running jika berlari mengenakan sepatu ini.

2. Hoka One One Speedgoat 2

2. Hoka One One Speedgoat 2

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 2.898.000

Trail running shoes terempuk untuk para pelari pemula

Sepatu Hoka One One Speedgoat 2 memiliki bantalan kaki terbaik dari seluruh sepatu trail running keluaran Hoka One One. Bantalan ini akan sangat cocok dengan para pelari dengan ukuran kaki kecil hingga rata-rata. Meskipun bantalan pada sepatu ini termasuk tebal, namun sepatu ini berbobot cukup ringan (sekitar 250 gram) untuk digunakan berlari di alam.

Sepatu ini memiliki ketahanan yang tinggi saat digunakan pada trek yang sangat berbatu dan trek trail running yang membutuhkan teknik tinggi. Bantalannya yang nyaman membuat sepatu ini sama sekali tidak menimbulkan lecet saat digunakan, bahkan saat baru dikeluarkan dari kotaknya.

1. Salomon XA Pro 3D GTX

1. Salomon XA Pro 3D GTX

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 1.900.000

Anda pemula dalam trail running? Sepatu ini dibuat untuk Anda

Salomon XA Pro 3D GTX dibuat untuk para pelari trail pemula, sepatu ini melindungi kaki para pelari dari permukaan trek yang berbeda-beda. Pada bagian luar, sol sepatu ini memiliki cengkeraman yang bagus, baik untuk permukaan basah maupun kering. Sol luar ini didesain untuk bertahan dibawa lari hingga 1200 km. Di bagian dalamnya, sol sepatu menyediakan bantalan yang empuk.

Sebagai produsen, Salomon mengklaim bahwa semakin lama XA Pro 3D GTX ini digunakan, akan semakin nyaman dipakai berlari. Sepatu ini memiliki fitur anti-debris, memberikan perlindungan ekstra pada kaki Anda karena kotoran dari trek tidak akan masuk ke dalam sepatu. Bahan anti air Gore Tex pada permukaannya membuat sepatu ini tetap nyaman jika digunakan berbasah-basah ria.

Kapan saatnya mengganti trail running shoes Anda?

Kapan saatnya mengganti trail running shoes Anda?

Seperti barang lainnya, trail running shoes juga memiliki umur pemakaian. Jika bantalan pada sepatu trail running ini sudah terasa tidak empuk lagi, dan cengkeramannya sudah kurang menggigit di berbagai permukaan, mungkin itu tandanya Anda harus mengganti sepatu lari Anda. Sepatu dengan kualitas yang menurun akan menyebabkan kecelakaan saat digunakan.

Biasanya trail running shoes sudah harus diganti jika sudah menempuh jarak rata-rata 480 hingga 800 km. Namun, hal ini tergantung dari masing-masing merek sepatu. Anda harus memeriksanya dengan seksama agar bisa tetap berlari dengan nyaman dan aman.

Kesimpulan

Berlari di alam merupakan kegiatan olahraga yang menyenangkan. Anda tetap harus mengingat bahwa keamanan adalah yang utama dalam kegiatan ini. Pemilihan trail running shoes yang tepat akan membantu Anda menjaga keamanan diri sendiri. Semua trail running shoes memiliki karakter penting yang perlu diperhatikan. Mulai dari bantalan, sol luar, sol dalam, bahan sepatu, dan banyak lagi.

Semoga artikel ini bisa membantu Anda dalam memilih trail running shoes yang terbaik bagi Anda. Selamat menikmati alam sambil berolahraga!