• 10 Rekomendasi Trail Running Shoes Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Trail Running Shoes Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Trail Running Shoes Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Trail Running Shoes Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Trail Running Shoes Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Trail Running Shoes Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2021)

Salah satu jenis olahraga lari yang banyak digemari adalah trail running. Trail running merupakan olahraga lari dengan lintasan di alam bebas yang berbukit-bukit dan bukan di jalan beraspal. Olahraga ini memerlukan sepatu dengan sol khusus yang berciri waterproof, menggunakan sol tebal, dan berukuran lebih lebar.

Pemula yang baru ingin mencoba trail running biasanya kebingungan saat memilih sepatu. Oleh karena itu, kali ini kami akan membahas cara memilih sepatu trail running terbaik. Kami juga akan merekomendasikan beberapa produk dari merek terkenal, seperti Columbia, Hoka One One, Asics, dan sebagainya. Simak sampai habis, ya!
  • Pembaharuan terakhir: 25 Januari 2021
  • 18.968 Views
Daftar isi

Cara memilih trail running shoes

Dalam memakai sepatu lari, terutama trail running, sangat penting untuk memilih sepatu yang pas untuk Anda. Namun, pertanyaannya adalah bagaimana Anda tahu sepatu tersebut cocok untuk Anda? Di bagian ini, kami akan menjelaskan cara memilihnya dengan lebih detail.

Pilih ukuran lebih besar 1,5 cm dari ukuran kaki Anda

Saat membeli trail running shoes, pilihlah yang ukurannya sedikit lebih besar dari ukuran sepatu Anda sehari-hari. Kira-kira ukuran sepatu trail running harus lebih besar 1,5 cm dari ukuran kaki Anda.
Jalur trail running tidak hanya selalu menanjak, tetapi juga ada turunan atau downhill. Saat Anda berlari turun, postur tubuh Anda akan bertumpu ke depan sehingga lebih menekan bagian depan kaki. Untuk mencegah jari kaki terlalu menekan ke ujung sepatu yang dapat menyebabkan sakit, Anda perlu memberi ruang lebih pada sepatu.

Cobalah sepatu sambil memakai kaos kaki yang tebal

Cobalah sepatu sambil memakai kaos kaki yang tebal
Saat memilih sepatu trail running, pastikan Anda mengenakan kaos kaki yang tebal. Kaos kaki untuk trail running biasanya lebih tebal daripada kaos kaki lainnya.
Ketebalan kaos kaki memengaruhi kenyamanan dan kecocokan Anda dengan sepatu trail running yang dipilih. Jadi, gunakanlah kaos kaki yang biasanya Anda kenakan saat trail running sehingga tidak salah pilih. Jika Anda tidak membawa kaos kaki, cobalah pinjam ke penjual di toko tempat Anda membeli. Bahkan, jika Anda menyukai kaos kaki yang Anda kenakan saat mencoba sepatu, Anda bisa membelinya sekalian.

Twist sepatu untuk mengecek lebar sepatu

Twist sepatu untuk mengecek lebar sepatu
Selain ukuran panjang sepatu, penting juga untuk memperhatikan lebarnya. Olahraga trail running memerlukan banyak variasi footstep karena medannya juga bervariasi. Oleh karena itu, gerakan kaki ke arah samping juga kadang dibutuhkan sehingga Anda memerlukan sepatu yang lebih lebar. Untuk mengeceknya, cobalah lakukan gerakan seperti ingin memadamkan rokok dengan kaki. Rasakan kenyamanan kaki Anda saat melakukan gerakan tersebut. Kemudian, pilihlah yang terasa nyaman dan tidak sempit.

Periksa daya cengkeram outsole dan ketahanannya

Periksa daya cengkeram outsole dan ketahanannya
Kondisi jalan yang beragam merupakan hal lumrah saat Anda trail running. Ada yang sedikit beraspal, berbatu, tanah licin, lumpur, dan banyak lagi. Anda harus menjaga agar kaki tetap stabil dan tidak terpeleset di jalur seperti itu. Trail running shoes yang Anda kenakan harus memiliki daya cengkeram yang bagus untuk segala medan.
Untuk memastikan daya cengkeramnya, Anda perlu memperhatikan outsole-nya. Bagian outsole sepatu untuk trail running dilengkapi gigi-gigi atau stud. Semakin tinggi giginya, daya cengkeramnya semakin kuat, tetapi Anda akan lebih kesulitan saat berjalan biasa. Sementara, outsole dengan gigi yang lebih pendek membuat Anda bisa berlari dengan lebih cepat di trek datar.
Jika Anda ingin memilih sepatu trail running yang tahan lama, pilihlah yang gigi di bagian outsole-nya rendah. Sepatu trail running dengan gigi yang tinggi biasanya tidak terlalu awet untuk digunakan dalam waktu lama.

Perhatikan ketebalan dan kenyamanan solnya

Perhatikan ketebalan dan kenyamanan solnya
Dalam memilih sepatu trail running, Anda akan merasakan keempukan dan kenyamanan dari sepatu tersebut. Kedua hal ini dipengaruhi oleh ketebalan sol di bagian tumit. Sepatu yang bersol tebal akan empuk dan mengurangi beban Anda saat menumpu kaki ke tanah. Sepatu jenis ini cocok untuk pemula yang belum terbiasa dengan medan perbukitan.
Di sisi lain, sepatu trail running yang lebih tipis membuat Anda lebih bisa merasakan pijakan kaki di permukaan. Hal ini membuat Anda bisa berlari dengan lebih natural dan cepat. Seiring dengan bertambahnya jam terbang Anda di dunia trail running, mungkin Anda akan lebih suka sepatu yang memiliki sol tipis. Tujuannya tentu untuk mempercepat torehan waktu Anda.

Pilih desain sepatu model low cut

Pilih desain sepatu model low cut
Saat trail running, kaki akan selalu bergerak menyesuaikan diri dengan kondisi jalur yang dilalui. Pergelangan kaki akan bergerak dan berputar sesuai tanah yang dipijak. Pilihlah trail running shoes dengan desain low cut sehingga tidak mengganggu pergerakan pergelangan kaki. Selain itu, usahakan untuk tidak menggunakan kekuatan berlebih saat menggerakkan kaki agar kaki Anda terhindar dari risiko cedera.

Perhatikan kelebihan lain yang dimiliki sepatu

Hal-hal yang tercantum di atas merupakan pertimbangan utama dalam memilih trail running shoes. Di samping itu, sepatu yang memiliki kelebihan lainnya tentu akan menjadi nilai plus dari sepatu lari Anda.

Pilih sepatu berbahan Gore-Tex atau sejenisnya yang waterproof

Pilih sepatu berbahan Gore-Tex atau sejenisnya yang waterproof
Dalam trail running, selalu ada kemungkinan Anda akan menghadapi hujan atau tanah yang becek dan berlumpur. Mungkin juga Anda melalui sungai kecil dan dangkal pada jalur lari Anda. Trail running shoes dengan fitur waterproof merupakan sepatu yang tepat untuk kondisi tersebut. Anda bisa memilih bahan Gore-Tex atau sejenisnya yang waterproof. Periksalah di bagian label atau deskripsi produk untuk mencari tahu bahan sepatu yang ingin Anda pilih. Di Indonesia sendiri, sayangnya masih cukup jarang ditemui sepatu untuk trail running yang berbahan waterproof.

Pilih sepatu berbobot ringan untuk lintasan jarak jauh

Pilih sepatu berbobot ringan untuk lintasan jarak jauh
Meskipun disebut sepatu lightweight model, perbedaannya dengan sepatu biasa umumnya hanya beberapa puluh gram. Sedikit perbedaan tersebut berpengaruh besar terhadap performa lari Anda, terutama pada lintasan jarak jauh. Jika Anda hanya lari beberapa kilometer, mungkin perbedaan efeknya tidak terlalu terasa. Namun, ketika Anda lari puluhan kilometer, sepatu yang ringan akan mengurangi beban pada kaki Anda.
Perlu Anda ingat bahwa sepatu yang berbobot ringan biasanya tidak memiliki gigi-gigi outsole yang tinggi. Dengan begitu, mungkin saja daya cengkeramnya kurang kuat sehingga Anda perlu memastikan performa sepatu tersebut.

10 Rekomendasi trail running shoes terbaik untuk pemula

Kini saatnya kami memberikan sepuluh rekomendasi trail running shoes terbaik untuk Anda. Seluruh rekomendasi produk yang kami berikan berjenis low cut, jadi silakan pilih yang paling Anda sukai.
10
Bobot320 gr
Ketebalan sol20 mm (heel) / 10 mm (forefoot)
Jenis solTrail specific outsole / SpEVA FOAM™ midsole
Keunggulan lainnyaRearfoot Gel Cushioning System
9
Bobot294 gr
Ketebalan sol8 mm (heel drop)
Jenis solAll terrain outsole /REVlite midsole
Keunggulan lainnyaVersatile traction, rugged protection
8

ColumbiaMen’s Rogue F.K.T. II Trail Running Shoe

Rp 1.683.000,00

Bobot253 gr
Ketebalan sol18 mm (heel) / 8 mm (forefoot)
Jenis solRubber (outsole) / FluidFoam (midsole)
Keunggulan lainnyaTrailShield
7
Bobot232 gr
Ketebalan sol21 mm (heel) / 11 mm (forefoot)
Jenis solAHAR (outsole) / FlyteFoam (midsole)
Keunggulan lainnyaGuidance Trusstic System™, Duomax® Support System, Guidance Line® Midsole
6
BobotTidak ada keterangan
Ketebalan solTidak ada keterangan
Jenis solXSTrek Vibram® outsole
Keunggulan lainnyaTropic Dry
5
Bobot266 gr
Ketebalan sol5 mm (heel drop)
Jenis solPodular outsole / CMEVA midsole
Keunggulan lainnyaTextured TPU toe reinforcement
4
Bobot283 gr
Ketebalan sol24,5 mm (heel) / 20,5 mm (forefoot)
Jenis solPWRTRAC outsole / PWRFOAM midsole
Keunggulan lainnyaEVERUN topsole
3
Bobot300 gr
Ketebalan sol10 mm (heel drop)
Jenis solContagrip TA outsole
Keunggulan lainnyaSensiFit
2
Bobot324 gr
Ketebalan sol8 mm (heel drop)
Jenis solVibram (outsole) / Fresh Foam (midsole)
Keunggulan lainnyaToe protect
1
Bobot292 gr
Ketebalan sol4 mm (heel drop)
Jenis solVibram® Megagrip rubber outsole / EVA midsole
Keunggulan lainnyaMATRYX® technology

Tabel perbandingan produk trail running shoes terbaik untuk pemula

Gambar produk
1
Hoka One One Men’s Evo Mafate 2 1

Hoka

2
New Balance Fresh Foam Hierro V4 1

New Balance

3
Salomon Speedcross 4 1

Salomon

4
Saucony Men’s Peregrine 8 1

Saucony

5
Hoka One One Men’s Challenger ATR 5 1

Hoka

6
Eiger Pulse Trail Run Man Shoes 1

Eiger

7
Asics GT-2000 6 1

Asics

8
Columbia Men’s Rogue F.K.T. II Trail Running Shoe 1

Columbia

9
New Balance Nitrel V3 1

New Balance

10
Asics GEL-Sonoma 3 1

Asics

Nama produk

One One Men’s Evo Mafate 2

Fresh Foam Hierro V4

Speedcross 4

Men’s Peregrine 8

One One Men’s Challenger ATR 5

Pulse Trail Run Man Shoes

GT-2000 6

Men’s Rogue F.K.T. II Trail Running Shoe

Nitrel V3

GEL-Sonoma 3

Keunggulan

Bagian dalam lebih lega, bagian luarnya lebih agresif!

Stylish dan nyaman untuk dipakai sehari-hari

Outsole-nya berikan grip maksimum sepanjang trek lari Anda

Hadapi berbagai medan dengan kombinasi outsole dan midsole yang nyaman

Sepatu ringan untuk Anda yang siap berlari lebih cepat!

Desain sporty dan tangguh di segala medan!

Perlindungan maksimal untuk lari jarak jauh!

Sol lebih empuk, kaki lebih aman dari cedera!

Tetap nyaman saat dipakai on road maupun off road

Tampilan eye catching dengan harga ramah di kantong

HargaRp 1.579.000,00Rp 949.000,00Rp 1.142.700,00Rp 902.000,00Rp 1.349.000,00Rp 875.000,00Rp 749.000,00Rp 1.683.000,00Rp 747.500,00Rp 680.000,00
Bobot292 gr324 gr300 gr283 gr266 grTidak ada keterangan232 gr253 gr294 gr320 gr
Ketebalan sol4 mm (heel drop)8 mm (heel drop)10 mm (heel drop)24,5 mm (heel) / 20,5 mm (forefoot)5 mm (heel drop)Tidak ada keterangan21 mm (heel) / 11 mm (forefoot)18 mm (heel) / 8 mm (forefoot)8 mm (heel drop)20 mm (heel) / 10 mm (forefoot)
Jenis solVibram® Megagrip rubber outsole / EVA midsoleVibram (outsole) / Fresh Foam (midsole)Contagrip TA outsolePWRTRAC outsole / PWRFOAM midsolePodular outsole / CMEVA midsoleXSTrek Vibram® outsole AHAR (outsole) / FlyteFoam (midsole)Rubber (outsole) / FluidFoam (midsole)All terrain outsole /REVlite midsoleTrail specific outsole / SpEVA FOAM™ midsole
Keunggulan lainnyaMATRYX® technologyToe protectSensiFitEVERUN topsoleTextured TPU toe reinforcementTropic Dry Guidance Trusstic System™, Duomax® Support System, Guidance Line® MidsoleTrailShieldVersatile traction, rugged protectionRearfoot Gel Cushioning System
Tautan produk

Kapan saatnya mengganti trail running shoes Anda?

Kapan saatnya mengganti trail running shoes Anda?
Seperti barang lainnya, trail running shoes juga memiliki umur pemakaian. Jika bantalan pada sepatu sudah terasa tidak stabil atau cengkeramannya kurang optimal, itulah tanda Anda harus segera menggantinya. Sepatu dengan kualitas yang menurun akan meningkatkan risiko cedera saat digunakan.
Biasanya trail running shoes sudah harus diganti jika sudah menempuh jarak rata-rata 480-800 km. Namun, hal ini tergantung dari masing-masing merek sepatu. Anda harus memeriksanya dengan saksama agar bisa tetap berlari dengan nyaman dan aman.

Baca juga rekomendasi perlengkapan untuk mendaki gunung dan olahraga lari lainnya di sini

Dalam olahraga trail running, Anda akan berlari menjelajahi salah satunya medan pegunungan. Untuk itu, Anda membutuhkan tambahan peralatan yang tepat seperti jam tangan dan headlamp. Selain itu, mungkin Anda juga tertarik untuk berolahraga lari biasa. Gunakanlah peralatan yang tepat untuk mendukung olahraga Anda. Simak seluruhnya pada artikel berikut!

Kesimpulan

Bagaimana pendapat Anda setelah membaca artikel ini? Bagi pemula, memilih sepatu trail running harus sebaik mungkin agar nyaman di kaki dan performa Anda semakin meningkat. Untuk kenyamanan, perhatikan ketebalan solnya, sedangkan untuk meningkatkan kecepatan lari, pilih yang bobotnya ringan.
Semoga artikel ini bisa membantu Anda dalam memilih trail running shoes yang terbaik bagi Anda. Selamat menikmati alam sambil berolahraga!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Sepatu Lari Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sepatu Lari Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Sepatu merupakan perlengkapan paling penting dalam olahraga lari maupun jogging. Akhir-akhir ini, kita sering menjumpai orang-orang yang memakai sepatu lari yang trendi. Banyak produsen seperti Adidas, Asics, dan Nike mengeluarkan sepatu lari dengan kualitas terbaik, dilengkapi keunikan dan keunggulan dari masing-masing merek.Semakin banyak variasi produk, mungkin membuat Anda yang masih pemula bingung saat memilih. Kali ini kami akan membahas tips memilih sepatu lari dan memperkenalkan sepuluh produk sepatu lari terbaik untuk Anda. Silakan menyimak ulasannya dan temukan sepatu lari yang cocok untuk Anda!
    Running
    103.990 Views
  • 10 Rekomendasi Pedometer (Penghitung Langkah Kaki) Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Pedometer (Penghitung Langkah Kaki) Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Berjalan kaki berguna untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Selain itu, berjalan dalam jumlah langkah tertentu setiap harinya bisa mengurangi risiko kerapuhan tulang dan penyakit sendi. Membuat target jumlah langkah setiap harinya akan membuat motivasi Anda untuk berjalan kaki meningkat. Untuk itu, akan lebih praktis bila Anda menggunakan alat penghitung langkah atau pedometer. Ada berbagai merek pedometer yang bisa Anda jumpai, seperti Hoco, Omron, dan Garmin. Agar tidak bingung dalam memilih pedometer yang tepat, silakan simak artikel berikut ini! Selamat membaca!
    Running
    8.344 Views
  • 10 Rekomendasi Tas Lari Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Tas Lari Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Saat berlari atau joging, biasanya Anda ingin membawa smartphone dan botol minum, kan? Running pouch atau tas lari bisa Anda gunakan untuk membawa benda-benda tersebut. Tas lari sendiri terbagi menjadi beberapa jenis, seperti armband, waist pouch, dan rucksack.Dalam artikel ini kami akan memberikan informasi tentang jenis-jenis tas lari yang bisa Anda dapatkan di toko maupun di online marketplace. Selain itu, kami juga akan memberikan cara memilih running pouch terbaik berdasarkan kebutuhan Anda. Yuk, simak bersama!
    Running
    7.024 Views
  • 10 Rekomendasi Sepatu Lari Terbaik di Bawah 1 Juta (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sepatu Lari Terbaik di Bawah 1 Juta (Terbaru Tahun 2020)
    Lari adalah salah satu olahraga sederhana sebab tidak perlu menggunakan banyak alat. Satu-satunya perlengkapan yang mungkin Anda perlukan hanyalah sepatu. Dengan sepatu yang nyaman, kegiatan lari akan terasa lebih menyenangkan. Meski demikian, Anda tak perlu mengeluarkan banyak uang sebab ada banyak sepatu berkualitas berharga di bawah 1 juta.Sebelum Anda membeli, kami akan berikan beberapa tips untuk memilihnya. Kami juga merekomendasikan beberapa produk sepatu lari terbaik yang harganya tak lebih dari 1 juta. Mulai dari Diadora, Adidas, hingga Nike akan kami berikan untuk Anda. Semoga Anda bisa menemukan yang cocok!
    Running
    1.549 Views
  • 10 Rekomendasi Sepatu Lari New Balance Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sepatu Lari New Balance Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Berlari adalah olahraga yang murah dan menyenangkan. Anda dapat melakukannya di mana saja karena tidak membutuhkan banyak peralatan. Saat ingin berlari, pakailah alas kaki yang tepat agar kaki Anda nyaman dan lari Anda lebih maksimal. Salah satu brand yang memiliki teknologi sepatu lari terbaik adalah New Balance.New Balance telah memproduksi banyak sepatu lari. Jika Anda tertarik ingin membelinya, bacalah artikel ini. Kami akan mengulas informasi tentang cara memilih sepatu lari dari New Balance. Setelahnya, kami juga membagikan rekomendasi sepatu lari terbaik dari New Balance. Makin penasaran? Yuk, simak pembahasannya!
    Running
    3.298 Views
  • 10 Rekomendasi Celana Pendek Pria Terbaik untuk Jogging (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Celana Pendek Pria Terbaik untuk Jogging (Terbaru Tahun 2021)
    Murah dan menyehatkan, tidak heran joging menjadi salah satu pilihan para pria dalam menjaga kebugaran. Untuk bisa joging dengan nyaman, celana pendek joging tentu menjadi benda yang tidak boleh dilewatkan. Celana pendek untuk joging tersedia begitu banyak di pasaran, mana yang tepat untuk Anda?Untuk memudahkan Anda menemukan produk yang tepat, kami akan jelaskan dahulu cara memilihnya. Daftar rekomendasi berisi pilihan produk terbaik juga akan kami berikan melalui artikel ini. Celana pendek nyaman berkualitas tinggi keluaran Nike, Adidas, dan sebagainya bisa Anda temukan, tidak perlu ragu untuk membelinya!
    Running
    640 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori