1. TOP
  2. >
  3. Outdoor & sports
  4. >
  5. Running
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Sepatu Trail Running Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Sepatu Trail Running Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Sepatu Trail Running Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Sepatu Trail Running Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Sepatu Trail Running Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Sepatu Trail Running Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Sepatu Trail Running Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Trail running merupakan olahraga lari di alam bebas dengan lintasan yang berbukit-bukit hingga pegunungan. Karena tidak berlari di jalan aspal, kegiatan ini memerlukan sepatu berdesain khusus dengan sol tebal dan outsole bergerigi. Sebagai informasi, sepatu trail running juga bisa untuk naik gunung, lho!


Pemula yang hendak mencoba trail running biasanya kebingungan memilih sepatu yang bagus. Oleh karena itu, kami akan membahas cara memilih sepatu trail running terbaik. Kami juga akan merekomendasikan produk dari merek luar hingga merek lokal terbaru, seperti HOKA, ASICS, Eiger, dan 910. Simak sampai selesai, ya!



Diperbaharui 12-14-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Apa itu trail running?

Apa itu trail running?

Trail running bisa diartikan sebagai lari di medan perbukitan atau pegunungan. Jika road running medannya lebih banyak di aspal atau jalanan perkotaan, medan trail running lebih bervariasi. Anda terkadang harus melewati tanah liat, jalanan berbatu, rumput, dan sebagainya. Ada juga yang menyebutnya lari gunung, running trail, trail run, hingga mountain running


Untuk melakukan olahraga ini tentu diperlukan sepatu khusus, yakni sepatu trail runningSepatu trail running adalah sepatu yang didesain khusus dengan spesifikasi berbeda dari sepatu lari pada umumnya. Hal ini supaya perlari dapat mendapatkan performa makasimal saat melakukan olahraga ini.


Sepatu trail running sering kali bisa digunakan juga untuk naik gunung, tetapi belum tentu sebaliknya. Beberapa merek trail run shoes yang terkenal adalah HOKA, ASICS, dan Salomon. Sementara itu, Eiger menjadi pilihan tepat untuk merek sepatu trail running lokal.

Cara memilih sepatu trail running

Memilih trail running tidak bisa sembarangan. Ada beberapa hal penting yang perlu Anda perhatikan sebelum membelinya. Berikut ini hal-hal penting yang wajib Anda ketahui!

① Periksa daya cengkeram outsole dan ketahanannya

Periksa daya cengkeram outsole dan ketahanannya
Medan yang Anda lalui ketika berolahraga trail running lebih beragam dibanding berlari di jalan beraspal. Ada jalur berbatu dengan tanah keras, tanah licin, dan masih banyak lagi. Anda pun harus menjaga kestabilan agar tidak terjatuh. Karena itu, Anda membutuhkan sepatu dengan daya cengkeram kuat.

Untuk memastikan daya cengkeramnya, Anda perlu memperhatikan outsole-nya. Bagian outsole sepatu trail running dilengkapi gigi-gigi atau stud. Makin tinggi giginya, daya cengkeramnya makin kuat. Akan tetapi, Anda akan lebih kesulitan saat berjalan biasa. Sementara itu, outsole dengan gigi yang lebih pendek membuat Anda bisa berlari dengan lebih cepat di trek datar. 


Jika Anda ingin memilih sepatu trail running yang tahan lama, pilihlah yang gigi di bagian outsole-nya rendah. Sepatu trail running dengan gigi yang tinggi biasanya tidak terlalu awet untuk digunakan dalam waktu lama.

② Perhatikan ketebalan dan kenyamanan solnya

Perhatikan ketebalan dan kenyamanan solnya
Dalam memilih sepatu trail running, Anda akan merasakan keempukan dan kenyamanan dari sepatu tersebut. Kedua hal ini dipengaruhi oleh ketebalan sol di bagian tumit. 

  • Sepatu bersol tebal: Sepatu jenis ini cocok untuk pemula yang belum terbiasa dengan medan perbukitan. Sepatu yang bersol tebal terasa empuk dan mengurangi beban saat kaki Anda menumpu ke tanah.

  • Sepatu bersol lebih tipis: Sepatu jenis ini lebih disukai para pelari yang sudah berpengalaman. Pasalnya, sepatu trail running yang lebih tipis membuat Anda lebih bisa merasakan pijakan kaki di permukaan. Hal ini membuat Anda bisa berlari dengan lebih natural dan cepat. Tujuannya tentu untuk mempercepat torehan waktu Anda.

③ Pilih desain sepatu model low cut

Pilih desain sepatu model low cut
Berlari melintasi medan yang bervariasi membuat kaki aktif bergerak menyesuaikan kondisi jalur yang dilalui. Pergelangan kaki pun akan mengikuti irama gerakan sesuai kontur tanah yang dipijak. Jadi, pilihlah sepatu berdesain low cut agar pergelangan kaki bebas bergerak aktif saat berlari. Selain itu, usahakan untuk tidak menggunakan kekuatan berlebih saat menggerakkan kaki agar terhindar dari risiko cedera.

④ Pertimbangkan sepatu berbahan GORE-TEX dan fitur waterproof

Pertimbangkan sepatu berbahan GORE-TEX dan fitur waterproof
Terdapat banyak variasi jalur yang akan Anda lalui ketika trail run, misalnya melintasi tanah becek, berlumpur, hingga sungai dangkal. Karena itu, sepatu dengan fitur waterproof bisa jadi pilihan bagus. Namun, sering kali trail runner merasa sepatu waterproof lebih cocok untuk hiking karena sirkulasi udaranya kurang bagus. Jika Anda tidak suka sepatu waterproof, Anda bisa memilih bahan GORE-TEX.

Bahan GORE-TEX diciptakan oleh Bob Gore pada 1969. Bahan ini terbuat dari bahan expanded polytetrafluoroethylene (ePTFE). Sepatu berbahan ini memiliki sifat waterproof dan windproof, tetapi masih breathable. Bahannya juga kuat sehingga tahan lama dan bisa diandalkan di segala medan. 

⑤ Sesuaikan bobot sepatu dengan proteksi yang Anda inginkan

Sesuaikan bobot sepatu dengan proteksi yang Anda inginkan

Ada tiga model sepatu trail run yang bisa Anda pilih, yakni lightweight, rugged, dan off-trail. Berikut ini penjelasannya:


  • Light trail model: Ciri-ciri sepatu ini adalah solnya tidak bergerigi, mirip sepatu road running. Bobotnya sekitar 212 gram untuk wanita dan 255 gram untuk pria. Bagian midsole-nya lebih tipis sehingga Anda lebih bisa merasakan benturan dengan jalanan. Anda bisa menggunakannya di jalan perkotaan, batu, dan akar-akaran. Anda bisa berlari lebih cepat, tetapi proteksinya lebih minim.

  • Rugged trail model: Sepatu ini memiliki gerigi-gerigi kecil pada bagian sol. Midsole-nya juga sedikit lebih tebal dibandingkan light trail. Bentuknya juga lebih kaku, apalagi dengan adanya toe protection di bagian ujung sepatunya. Sepatu rugged trail bisa melindungi Anda dari ranting atau batang kayu yang tajam, serta mampu diandalkan untuk trek berlumpur.

  • Off trail model: Sepatu ini jelas memberikan perlindungan yang paling maksimal. Namun, hal tersebut diimbangi dengan bobot yang berat dan desain yang lebih kaku. Gerigi yang panjang dan midsole yang tebal menjadi ciri khasnya. Sepatu jenis ini cocok untuk segala medan, tetapi membuat Anda sedikit lebih lambat dalam berlari.

10 Rekomendasi sepatu trail running terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk sepatu trail running terbaik yang ditentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

910

YUZA EVO

910 YUZA EVO 1枚目

Sepatu trail run lokal yang didesain untuk alam Indonesia

2

Eiger

Pulse Trail Run Men 2.0

Eiger Pulse Trail Run Men 2.0 1枚目

Daya cengkeram optimal, meminimalkan risiko terkilir

3

ASICS

Trail Scout 2

ASICS Trail Scout 2 1枚目

Kombinasi sempurna dari segi fungsi dan gaya

4

HOKA

Challenger ATR 6 GTX

HOKA Challenger ATR 6 GTX  1枚目

Dapat dipakai untuk trail running maupun jogging

5

La Sportiva

Akasha

La Sportiva Akasha 1枚目

Sempurna melindungi kaki Anda saat melakukan ultra trail

6

Adidas

Tracerocker 2.0

Adidas Tracerocker 2.0 1枚目

Sepatu trail run yang fashionable

7

La Sportiva

Bushido II

La Sportiva Bushido II 1枚目

Waterproof, aman untuk segala medan

8

ASICS

GEL-TRABUCO 10

ASICS GEL-TRABUCO 10 1枚目

Kaki aman dari bebatuan ketika berlari di alam bebas

9

New Balance

410 V7 Men's Running Shoes

New Balance 410 V7 Men's Running Shoes 1枚目

Bisa dipakai berlari sekaligus aktivitas harian

10

Nike

Pegasus Trail 3

Nike Pegasus Trail 3 1枚目

Sol amat bouncy, berlari jadi makin nyaman

Perincian produk
Close
No.1

Sepatu trail run lokal yang didesain untuk alam Indonesia

Kelebihan:

  • Struktur upper-nya kuat dan mampu melindungi kaki dengan baik
  • Harga bersaing dan kualitasnya mumpuni

Kekurangan:

  • Upper-nya kurang breathable dan mudah menyerap keringat maupun air sehingga sepatu terasa lebih berat

YUZA EVO merupakan seri lanjutan dari seri YUZA dengan banyak modifikasi di berbagai bagian. Dibandingkan seri sebelumnya, sepatu ini memiliki desain upper yang lebih kukuh dan struktur kuat. Hal tersebut memberikan perlindungan sempurna pada kaki.


Sementara itu, meski tidak dilengkapi rock plate seperti pada seri YUZA, sepatu ini memiliki sol yang lebih tebal dan grip yang lebih kuat. Hal ini membuatnya bisa dijadikan crossover trail running shoes alias mampu melahap segala medan. Namun, untuk performa terbaiknya, sepatu ini ideal digunakan di medan kering dengan cuaca yang sejuk.

No.2

EigerPulse Trail Run Men 2.0

Mulai dari Rp1.190.000,00

Daya cengkeram optimal, meminimalkan risiko terkilir

Kelebihan:
  • Daya cengkeram outsole maksimal karena terbuat dari bahan Vibram® 
  • Dilengkapi stabilizer chassis yang membantu menyangga bagian tengah telapak kaki agar tidak bergeser saat berlari

Kekurangan:

  • Upper-nya membuat kaki mudah terasa gerah

Para penggemar sepatu lokal tak ada salahnya untuk melirik trail run shoes keluaran Eiger. Dikenal sebagai brand outdoor ternama, Eiger juga mengeluarkan seri sepatu yang bisa digunakan untuk ultra run di alam bebas.


Pulse Trail Run 2.0 ini memiliki daya cengkeram yang tinggi berkat outsole berbahan Vibram®. Selain itu, sepatu ini juga dilengkapi stabilizer chassis yang dapat menyangga kaki agar posisinya stabil saat berlari. Dengan begitu, risiko terkilir dan cedera lainnya dapat diminimalkan.

No.3

Kombinasi sempurna dari segi fungsi dan gaya

Kelebihan:

  • Nyaman digunakan untuk beragam aktivitas, tidak hanya untuk trail running  saja
  • Solnya solid dan tahan banting
  • Bahan EVA pada midsole membuatnya empuk saat dipakai berlari

Kekurangan:

  • Beberapa orang mengatakan outsole-nya agak kaku

Berbeda dengan seri sebelumnya, ASICS Trail Scout 2 didesain ulang supaya lebih stabil saat digunakan lari di medan yang tidak rata. Grip-nya pun dibuat lebih mencengkeram saat melewati jalanan berbatu. Dengan begitu, Anda dapat berlari dan melangkah dengan lebih percaya diri.


Sepatu lari ini juga memiliki desain yang lebih keren. Upper-nya yang berbahan campuran mesh dan synthetic fiber didesain dengan apik sehingga menciptakan look yang modis. Untuk Anda yang mengutamakan fungsi dan gaya, sepatu ini adalah pilihan yang bijaksana.

No.4

HOKAChallenger ATR 6 GTX

Mulai dari Rp2.199.000,00

Dapat dipakai untuk trail running maupun jogging

Kelebihan:

  • Nyaman digunakan jogging di medan beraspal maupun trail running di alam

Kekurangan:

  • Bantalan pada sol kurang responsif sehingga tidak memantul sempurna ketika dipakai

Biasanya orang memiliki sepatu jogging sendiri dan sepatu trail running sendiri. Hal ini karena medan yang dilewati berbeda, sehingga fitur sepatu yang dibutuhkan pun berbeda. Namun, jika Anda tidak ingin mengeluarkan dana lebih, Anda bisa memilih sepatu ini.


HOKA Challenger ATR 6 GTX didesain untuk nyaman digunakan di segala medan. Meski outsole-nya kurang mencengkeram saat berlari di alam, hal tersebut masih bisa dimaklumi. Kenyamanan saat berlari didapatkan dari cushion yang empuk. Sepatu HOKA seri ini juga sudah menggunakan bahan GORE-TEX sehingga tahan di segala cuaca.

No.5

Sempurna melindungi kaki Anda saat melakukan ultra trail

Kelebihan:

  • Kombinasi warnanya cukup berani dan menarik
  • Terdapat fitur ProTechTion™ HF yang dapat melindungi kaki Anda saat bergerak dinamis
  • Konstruksi sepatunya kuat dan tahan lama

Kekurangan:

  • Dibandingkan sepatu La Sportiva model lainnya, bobot sepatu ini lebih berat dan talinya lebih pendek

Sejak awal, sepatu La Sportiva ini didesain sebagai sepatu ultra trail alias lari dengan jarak lebih dari 50 km. Oleh karena itu, sepatu ini dilengkapi cushion yang cukup tinggi dan empuk sehingga nyaman digunakan berlari jauh.


Sepatu ini juga memiliki teknologi ProTechTion™ HF yang akan melindungi kaki saat dipakai dalam jangka waktu lama. Selain itu, Anda bebas bergerak karena pada outsole-nya terdapat fitur Trail Rokcer yang memudahkan Anda melakukan gerakan memutar tumit. Dengan sepatu ini, ultra runing atau ultra marathon Anda pun jadi lebih menyenangkan.

No.6

AdidasTracerocker 2.0

Mulai dari Rp1.700.000,00

Sepatu trail run yang fashionable

Kelebihan:

  • Tampilan sepatunya fashionable sehingga Anda tetap bisa bergaya saat trail run
  • Upper dari bahan mesh membuat sirkulasi udara lebih lancar
  • Terdapat pelat pelindung pada midsole sepatu

Kekurangan:

  • Elastisitasnya kurang sempurna, tetapi secara fungsi keseluruhan tetap baik

Tak ada salahnya tampil keren dan fashionable saat lari di gunung. Jika Anda termasuk sosok yang memperhatikan penampilan di segala medan, silakan lirik produk ini. Adidas mengeluarkan trail running shoes dengan model eye cathing


Balutan mesh dipadu dengan bahan sintetis pada upper membuat sepatu ini terlihat keren. Sepatu ini juga memiliki bantalan yang ringan. Keberadaan toe rocker di bagian bawah membuat Anda bisa bergerak maksimal. 

No.7

La SportivaBushido II

Mulai dari Rp2.470.000,00

Waterproof, aman untuk segala medan

Kelebihan:

  • Teknologi FriXion® XT 2.0 V-Groove2™ pada outsole dapat mengoptimalkan cengkeraman sepatu
  • Waterproof sehingga aman di segala medan

Kekurangan:

  • Konstruksi upper sepatu membuatnya kurang pas untuk dipakai pada kondisi suhu yang teramat panas

Apakah Anda seorang trail runner jarak menengah? Jika iya, Anda patut mempertimbangkan sepatu ini. Bushido II memiliki outsole dengan teknologi  FriXion® XT 2.0 V-Groove2™ yang memaksimalkan cengkeraman pada kaki. Dilengkapi lapisan EVA pada bantalan kaki serta konstruksi slip on yang lembut, telapak kaki Anda tidak mudah pegal.


Sepatu ini memiliki desain yang clean, minim jahitan, dan waterproof. Anda pun bebas khawatir saat harus melewati beragam medan, baik kering maupun basah. Tips tambahan jika hendak membeli sepatu ini, pilihlah ukuran setingkat lebih tinggi dari kaki Anda demi kenyamanan yang paripurna.

No.8

ASICSGEL-TRABUCO 101011B329.001

Mulai dari Rp1.799.000,00

Kaki aman dari bebatuan ketika berlari di alam bebas

Kelebihan:

  • Dilengkapi dengan rock protection plate yang dapat melindungi kaki Anda dari bebatuan
  • Teknologi ASICSGRIP™ pada outsole memberikan daya cengkeram maksimal pada kaki Anda

Kekurangan:

  • Tidak terdapat keterangan mengenai upper yang waterproof

Melindungi kaki supaya tidak cedera saat sedang melakukan trail run wajib menjadi perhatian utama. Anda yang mencari sepatu dengan fungsi perlindungan maksimal untuk kaki, pilihlah produk ini. Sepatu ini sudah dilengkapi rock protection plate yang dapat melindungi kaki dari bebatuan ketika berlari. 


Selain itu, teknologi ASICSGRIP™ pada outsole sepatu dapat mencengkeram kaki Anda dengan maksimal sehingga sepatu tidak akan selip saat berlari. Otomatis kaki Anda pun lebih terlindungi dari risiko cedera ketika berlari memakai sepatu ini.

No.9

New Balance410 V7 Men's Running Shoes

Mulai dari Rp719.200,00

Bisa dipakai berlari sekaligus aktivitas harian

Kelebihan:

  • Tampilannya stylish, bisa dipakai berlari sekaligus berkegiatan sehari-hari
  • Outsole-nya memiliki daya tahan yang baik sehingga awet

Kekurangan:

  • Talinya terbilang pendek

Beberapa orang tak hanya memakai sepatu trail untuk berlari, tetapi ada juga yang sekaligus memakainya untuk aktivitas harian. Jika Anda salah satunya, produk ini bisa menjadi pilihan. 


Sepatu lari ini memiliki tampilan yang stylish sehingga cocok digunakan sehari-hari. Saat digunakan berlari dengan jarak ringan maupun menengah, material vibram pada outsole-nya membuat kaki Anda nyaman. Jadi tak ada alasan untuk ragu membeli sepatu ini.

No.10

NikePegasus Trail 3

Mulai dari Rp1.979.000,00

Sol amat bouncy, berlari jadi makin nyaman

Kelebihan:

  • Outsole dari React Foam membuat sepatu ini memiliki daya pantul yang baik saat digunakan berlari

Kekurangan:

  • Sol tidak cocok digunakan di medan batu berlumut karena bahannya sedikit licin

Sepatu trail Nike ini memiliki outsole yang amat bouncy sehingga memudahkan Anda bergerak saat berlari. Sol itu berupa React Foam yang memiliki teknologi bahan cushion khas road running shoes Nike. Selain itu, pilihan warnanya pun menarik, terlihat menyala dan mencuri perhatian. Jika Anda penggemar brand Nike dan sedang mencari sepatu trail yang nyaman plus keren, pilihan produk ini!

Pertanyaan umum seputar sepatu trail running

Pertanyaan umum seputar sepatu trail running

Kami sudah merangkum beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan saat ingin membeli sepatu trail running. Simak penjelasannya berikut ini, ya.

Bagaimana tips memilih ukuran sepatu agar tidak kesempitan?

Trail running menuntut Anda melintasi jalur yang bervariasi, seperti menanjak serta menurun. Supaya kaki tidak mudah cedera saat melewati jalanan yang sulit, Anda harus memakai sepatu yang nyaman di kaki. Berikut ini tips memilihnya:

  • Pilihlah trail running shoes yang ukurannya sedikit lebih besar dari ukuran sepatu Anda sehari-hari. Kira-kira, ukuran sepatu trail running harus lebih besar 1,5 cm dari ukuran kaki Anda.
  • Saat memilih sepatu trail running, pastikan Anda mengenakan kaos kaki yang tebal. Ketebalan kaos kaki memengaruhi kenyamanan dan kecocokan Anda dengan sepatu trail running yang dipilih.
  • Memperhatikan lebar sepatu sama pentingnya dengan mengecek panjang sepatu karena olahraga ini memerlukan variasi footstep. Untuk mengeceknya, cobalah lakukan gerakan twist seperti ingin memadamkan rokok dengan kaki. Jika terasa nyaman, sepatu tersebut bisa Anda pilih.

Kapan saatnya mengganti trail running shoes?

Sebaiknya Anda mengganti sepatu trail running jika sudah menempuh jarak rata-rata 480–800 km. Selain itu, Anda juga dapat mengetahuinya dengan merasakan bantalan yang mulai tidak stabil atau daya cengkeramnya berkurang. Usahakan selalu memeriksanya dengan saksama agar bisa berlari dengan nyaman, aman, dan terhindar dari risiko cedera saat memakainya.

Baca juga rekomendasi perlengkapan lari lainnya di sini

Saat melakukan trail running, tentunya Anda membutuhkan perlengkapan lain supaya olahraga berjalan dengan nyaman. Berikut ini beberapa rekomendasi perlengkapan lari lainnya yang mungkin Anda butuhkan. Mulai dari running watch, tas trail running, hingga kacamata lari, semua telah kami siapkan untuk Anda. Klik tautan di bawah ini, ya!

Kesimpulan

Bagaimana pendapat Anda setelah membaca artikel ini? Apakah Anda jadi mengetahui sepatu seperti apa yang dibutuhkan? Memilih sepatu trail running harus dilakukan sebaik mungkin agar nyaman di kaki dan performa Anda makin meningkat. 

Untuk kenyamanan, perhatikan ketebalan solnya, sedangkan untuk meningkatkan kecepatan lari, pilih yang bobotnya ringan. Semoga artikel ini bisa membantu Anda dalam memilih sepatu trail running  terbaik. Selamat berolahraga sembari menikmati keindahan alam!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer