• 10 Rekomendasi Sepatu Trail Running Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Sepatu Trail Running Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Sepatu Trail Running Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Sepatu Trail Running Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Sepatu Trail Running Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Sepatu Trail Running Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Salah satu jenis olahraga lari yang banyak digemari adalah trail running. Trail running merupakan olahraga lari dengan lintasan di alam bebas yang berbukit-bukit dan bukan di jalan beraspal. Olahraga ini memerlukan sepatu dengan sol khusus yang berciri waterproof, menggunakan sol tebal, dan berukuran lebih lebar.

Pemula yang baru ingin mencoba trail running biasanya kebingungan memilih sepatu. Oleh karena itu, kali ini kami akan membahas cara memilih sepatu trail running terbaik. Kami juga akan merekomendasikan produk yang bagus dari merek terkenal, seperti Eiger, Nike, HOKA, dan ASICS. Simak sampai habis, ya!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Apa itu trail running?

Apa itu trail running?

Trail running bisa diartikan sebagai lari di medan perbukitan atau pegunungan. Jika road running medannya lebih banyak di aspal atau jalanan perkotaan, medan trail running lebih bervariasi. Anda terkadang harus melewati tanah liat, jalanan berbatu, rumput, dan sebagainya. Ada juga yang menyebutnya lari gunung, running trail, trail run, hingga mountain running


Menariknya, event trail running sering kali diadakan untuk sekalian mempromosikan wisata daerah tersebut kepada wisatawan nasional hingga internasional. Beberapa event trail run bergengsi yang ada di Indonesia adalah Rinjani Ultra 100, Sibayak Altitude Run, dan Ijen Trail Running. 


Selain fisik, mental, dan pengetahuan yang cukup tentang olahraga ini, Anda juga butuh sepatu khusus. Sepatu trail running sering kali bisa digunakan juga untuk naik gunung, tetapi belum tentu sebaliknya. Beberapa merek trail run shoes yang terkenal adalah HOKA, ASICS, dan Salomon. Sementara itu, Eiger menjadi pilihan tepat untuk merek sepatu trail running lokal.

Cara memilih sepatu trail running

Dalam memakai sepatu trail running untuk naik gunung, sangat penting untuk memilih spec sepatu yang pas untuk Anda. Namun, pertanyaannya adalah bagaimana Anda tahu sepatu tersebut cocok untuk Anda? Pada bagian ini, kami akan menjelaskan cara memilihnya dengan lebih detail.

Periksa daya cengkeram outsole dan ketahanannya

Periksa daya cengkeram outsole dan ketahanannya
Kondisi jalan yang beragam merupakan hal lumrah saat Anda trail running. Ada yang sedikit beraspal, berbatu, tanah licin, lumpur, dan banyak lagi. Anda harus menjaga agar kaki tetap stabil dan tidak terpeleset di jalur seperti itu. Trail running shoes yang Anda kenakan harus memiliki daya cengkeram yang bagus untuk segala medan.

Untuk memastikan daya cengkeramnya, Anda perlu memperhatikan outsole-nya. Bagian outsole sepatu untuk trail running dilengkapi gigi-gigi atau stud. Makin tinggi giginya, daya cengkeramnya makin kuat. Akan tetapi, Anda akan lebih kesulitan saat berjalan biasa. Sementara itu, outsole dengan gigi yang lebih pendek membuat Anda bisa berlari dengan lebih cepat di trek datar.


Jika Anda ingin memilih sepatu trail running yang tahan lama, pilihlah yang gigi di bagian outsole-nya rendah. Sepatu trail running dengan gigi yang tinggi biasanya tidak terlalu awet untuk digunakan dalam waktu lama.

Perhatikan ketebalan dan kenyamanan solnya

Perhatikan ketebalan dan kenyamanan solnya
Dalam memilih sepatu trail running, Anda akan merasakan keempukan dan kenyamanan dari sepatu tersebut. Kedua hal ini dipengaruhi oleh ketebalan sol di bagian tumit. Sepatu yang bersol tebal terasa empuk dan mengurangi beban Anda saat menumpu kaki ke tanah. Sepatu jenis ini cocok untuk pemula yang belum terbiasa dengan medan perbukitan.

Di sisi lain, sepatu trail running yang lebih tipis membuat Anda lebih bisa merasakan pijakan kaki di permukaan. Hal ini membuat Anda bisa berlari dengan lebih natural dan cepat. Seiring dengan bertambahnya jam terbang Anda di dunia trail running, mungkin Anda akan lebih suka sepatu yang memiliki sol tipis. Tujuannya tentu untuk mempercepat torehan waktu Anda.

Pilih desain sepatu model low cut

Pilih desain sepatu model low cut
Saat trail running, kaki akan selalu bergerak menyesuaikan diri dengan kondisi jalur yang dilalui. Pergelangan kaki akan bergerak dan berputar sesuai tanah yang dipijak. Pilihlah trail running shoes dengan desain low cut sehingga tidak mengganggu pergerakan pergelangan kaki. Selain itu, usahakan untuk tidak menggunakan kekuatan berlebih saat menggerakkan kaki agar terhindar dari risiko cedera.

Pertimbangkan sepatu berbahan GORE-TEX dan fitur waterproof

Pertimbangkan sepatu berbahan GORE-TEX dan fitur waterproof
Saat trail run, Anda mungkin saja akan menghadapi hujan atau tanah yang becek dan berlumpur. Mungkin juga Anda melalui sungai kecil dan dangkal pada jalur lari Anda.Trail running shoes dengan fitur waterproof bisa jadi pilihan yang tepat untuk kondisi tersebut. 

Namun, sering kali trail runner merasa sepatu waterproof lebih cocok untuk hiking daripada trail run. Sepatu waterproof dinilai tidak memiliki sirkulasi udara yang bagus. Jika Anda tidak suka sepatu waterproof, Anda bisa memilih bahan GORE-TEX atau sejenisnya. 


GORE-TEX diciptakan oleh Bob Gore pada 1969. Sepatu ini memiliki sifat waterproof dan windproof, tetapi masih breathable. Bahannya juga kuat sehingga tahan lama dan bisa diandalkan di segala medan. Sepatu GORE-TEX terbuat dari bahan expanded polytetrafluoroethylene (ePTFE).

Sesuaikan bobot sepatu dengan proteksi yang Anda inginkan

Sesuaikan bobot sepatu dengan proteksi yang Anda inginkan
Ada tiga model sepatu trail run yang bisa Anda pilih, yakni lightweight, rugged, dan off-trail. Makin ringan bobotnya, tentu Anda bisa lari lebih cepat dan hemat tenaga, tetapi proteksinya tidak begitu baik.

  • Light trail model: Ciri-ciri sepatu ini adalah solnya tidak bergerigi, mirip sepatu road running. Bobotnya sekitar 212 gram untuk wanita dan 255 gram untuk pria. Bagian midsole-nya lebih tipis sehingga Anda lebih bisa merasakan benturan dengan jalanan. Anda bisa menggunakannya di jalan perkotaan, batu, dan akar-akaran. Anda bisa berlari lebih cepat, tetapi proteksinya lebih minim.

  • Rugged trail model: Sepatu ini memiliki gerigi-gerigi kecil pada bagian sol. Midsole-nya juga sedikit lebih tebal dibandingkan light trail. Bentuknya juga lebih kaku, apalagi dengan adanya toe protection di bagian ujung sepatunya. Sepatu rugged trail bisa melindungi Anda dari ranting atau batang kayu yang tajam, serta mampu diandalkan untuk trek berlumpur.

  • Off trail model: Sepatu ini jelas memberikan perlindungan yang paling maksimal. Namun, hal tersebut diimbangi dengan bobot yang berat dan desain yang lebih kaku. Gerigi yang panjang dan midsole yang tebal menjadi ciri khasnya. Sepatu jenis ini cocok untuk segala medan, tetapi membuat Anda sedikit lebih lambat dalam berlari.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

MerrellWomen's Moab 2 GORE-TEX

J06036

Mulai dari Rp 1.314.000,00

Spesialis
mybest

10 Rekomendasi sepatu trail running terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk sepatu trail running terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee dan Tokopedia.
10

Deckers HOKA Men’s EVO Mafate 2

1105591

Mulai dari Rp 1.579.000,00

Bobot292 g
Ketebalan sol4 mm
Jenis solVibram Megagrip rubber outsole, EVA midsole
Pilihan warnaBlack/poppy red, cyan/citrus
9

EigerPulse Trail Run Man Shoes

Mulai dari Rp 850.000,00

BobotTidak ada keterangan
Ketebalan solTidak ada keterangan
Jenis solXSTrek Vibram® outsole, EVA insole
Pilihan warnaBlack/orange, grey/green
8
Bobot280 g
Ketebalan sol10 mm
Jenis solRubber outsole
Pilihan warnaBlack/black/phantom, grape leaf/black/phantom
7
Bobot280 g
Ketebalan sol6 mm
Jenis solCompressed EVA and TPU stabilizers midsole, anti-torsion inserts, Frixion White with Impact Brake System with lugs outsole
Pilihan warnaCarbon/Tropic Blue, Poppy/Neptune, Pine/Kiwi, Neon/Goji, Black/Yellow
6
Bobot321,4 g
Ketebalan solForefoot: 15 mm, heel: 24,5 mm
Jenis solReact foam midsole
Pilihan warnaTotal Orange/Wolf Grey/Obsidian/Signal Blue, Mystic Teal/University Gold/Wild Berry/Dark Smoke Grey
5
Bobot340 g
Ketebalan sol8 mm
Jenis solFresh Foam midsole, Vibram outsole
Pilihan warnaBlack spruce with timberwolf, Ghost pepper with habanero, Light rogue wave with habanero
4
Bobot295 g
Ketebalan sol8 mm
Jenis solSolid rubber outsole, AmpliFoam midsole, GEL technology
Pilihan warnaGraphite Grey/Sour Yuzu, Carrier Grey/Electric Red, Black/Digital Aqua
3

Deckers HOKA Men’s Speedgoat 4 GORE-TEX

1106530

Mulai dari Rp 2.099.000,00

Bobot266 g
Ketebalan sol5 mm
Jenis solVibram Megagrip rubber outsole
Pilihan warnaAnthracite/dark gull grey, mandarin red/gold fusion
2

New BalanceNitrel V4 Men's Trail Shoes

Mulai dari Rp 999.000,00

Bobot292 g
Ketebalan sol8 mm
Jenis solAT Tread outsole, DynaSoft midsole, EVA insert
Pilihan warnaHitam, abu-abu
1
BobotTidak ada keterangan
Ketebalan solTidak ada keterangan
Jenis solRubber tech outsole, Airflex Sole midsole, Hexa Cush (EVA) insole
Pilihan warnaHijau zaitun/khaki/abu-abu/hitam, cokelat/hitam/abu-abu, navy/hitam/abu-abu

Tabel perbandingan produk sepatu trail running terbaik

Gambar produk
1
910  YUZA 1

910

2
New Balance Nitrel V4 Men's Trail Shoes 1

New Balance

3
Deckers  HOKA Men’s Speedgoat 4 GORE-TEX 1

Deckers

4
ASICS GEL-SONOMA 6 1

ASICS

5
New Balance Fresh Foam Hierro V6 1

New Balance

6
Nike Pegasus Trail 3 1

Nike

7
La Sportiva Kaptiva 1

La Sportiva

8
Salomon Speedcross 5 Wide 1

Salomon

9
Eiger Pulse Trail Run Man Shoes 1

Eiger

10
Deckers  HOKA Men’s EVO Mafate 2 1

Deckers

Nama produk

YUZA

Nitrel V4 Men's Trail Shoes

HOKA Men’s Speedgoat 4 GORE-TEX

GEL-SONOMA 6

Fresh Foam Hierro V6

Pegasus Trail 3

Kaptiva

Speedcross 5 Wide

Pulse Trail Run Man Shoes

HOKA Men’s EVO Mafate 2

Keunggulan

Sepatu trail run lokal untuk para pendatang baru

Tetap nyaman saat dipakai on the road maupun off-road

Teknologi GORE-TEX membuat Anda tetap lincah saat basah ataupun kering

Kombinasi tampilan eye-catching dengan midsole yang superempuk

Stylish dan nyaman untuk dipakai sehari-hari

Tampil dengan warna mencolok, semua mata tertuju pada sepatu Anda!

Lari lebih bebas dengan sepatu slip-on premium!

Outsole-nya berikan grip maksimum sepanjang trek lari Anda

Desain sporty dan tangguh di segala medan!

Bagian dalam lebih lega, bagian luarnya lebih agresif!

Harga mulai dariRp 399.900,00Rp 999.000,00Rp 2.099.000,00Rp 1.099.000,00Rp 1.999.000,00Rp 1.979.000,00Rp 2.850.000,00Rp 1.900.000,00Rp 850.000,00Rp 1.579.000,00
BobotTidak ada keterangan292 g266 g295 g340 g321,4 g280 g280 gTidak ada keterangan292 g
Ketebalan solTidak ada keterangan8 mm5 mm8 mm8 mm Forefoot: 15 mm, heel: 24,5 mm6 mm10 mmTidak ada keterangan4 mm
Jenis solRubber tech outsole, Airflex Sole midsole, Hexa Cush (EVA) insoleAT Tread outsole, DynaSoft midsole, EVA insertVibram Megagrip rubber outsoleSolid rubber outsole, AmpliFoam midsole, GEL technologyFresh Foam midsole, Vibram outsoleReact foam midsoleCompressed EVA and TPU stabilizers midsole, anti-torsion inserts, Frixion White with Impact Brake System with lugs outsoleRubber outsoleXSTrek Vibram® outsole, EVA insole Vibram Megagrip rubber outsole, EVA midsole
Pilihan warnaHijau zaitun/khaki/abu-abu/hitam, cokelat/hitam/abu-abu, navy/hitam/abu-abu Hitam, abu-abuAnthracite/dark gull grey, mandarin red/gold fusionGraphite Grey/Sour Yuzu, Carrier Grey/Electric Red, Black/Digital AquaBlack spruce with timberwolf, Ghost pepper with habanero, Light rogue wave with habaneroTotal Orange/Wolf Grey/Obsidian/Signal Blue, Mystic Teal/University Gold/Wild Berry/Dark Smoke GreyCarbon/Tropic Blue, Poppy/Neptune, Pine/Kiwi, Neon/Goji, Black/YellowBlack/black/phantom, grape leaf/black/phantomBlack/orange, grey/greenBlack/poppy red, cyan/citrus
Tautan produk

Pertanyaan seputar sepatu trail running

Pertanyaan seputar sepatu trail running

Kami sudah merangkum beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan saat ingin membeli sepatu trail running. Simak penjelasannya berikut ini, ya.

Bagaimana tips memilih ukuran sepatu agar tidak kesempitan?

Jalur trail running tidak hanya selalu menanjak, tetapi juga ada turunan atau downhill. Saat Anda berlari turun, postur tubuh Anda akan bertumpu ke depan sehingga lebih menekan bagian depan kaki. Untuk mencegah jari kaki terlalu menekan ke ujung sepatu yang dapat menyebabkan sakit, Anda perlu memberi ruang lebih pada sepatu. Berikut ini tips memilih ukuran sepatu yang pas.

Cobalah sepatu sambil memakai kaos kaki yang tebal

Saat memilih sepatu trail running, pastikan Anda mengenakan kaos kaki yang tebal. Kaos kaki untuk trail running biasanya lebih tebal daripada kaos kaki lainnya. Ketebalan kaos kaki memengaruhi kenyamanan dan kecocokan Anda dengan sepatu trail running yang dipilih.


Jika Anda tidak membawa kaos kaki, cobalah pinjam ke penjual di toko tempat Anda membeli. Bahkan, jika Anda menyukai kaos kaki yang Anda kenakan saat mencoba sepatu, Anda bisa membelinya sekalian. 


Intinya, pilihlah trail running shoes yang ukurannya sedikit lebih besar dari ukuran sepatu Anda sehari-hari. Kira-kira, ukuran sepatu trail running harus lebih besar 1,5 cm dari ukuran kaki Anda.

Twist sepatu untuk mengecek lebar sepatu

Selain ukuran panjang sepatu, penting juga untuk memperhatikan lebarnya. Olahraga trail running memerlukan banyak variasi footstep karena medannya juga bervariasi. Oleh karena itu, gerakan kaki ke arah samping juga kadang dibutuhkan sehingga Anda memerlukan sepatu yang lebih lebar.

Untuk mengeceknya, cobalah lakukan gerakan seperti ingin memadamkan rokok dengan kaki. Rasakan kenyamanan kaki Anda saat melakukan gerakan tersebut. Kemudian, pilihlah yang terasa nyaman dan tidak sempit.

Kapan saatnya mengganti trail running shoes Anda?

Seperti barang lainnya, trail running shoes juga memiliki umur pemakaian. Jika bantalan pada sepatu sudah terasa tidak stabil atau cengkeramannya kurang optimal, itulah tanda Anda harus segera menggantinya. Sepatu dengan kualitas yang menurun akan meningkatkan risiko cedera saat digunakan.

Biasanya, trail running shoes sudah harus diganti jika sudah menempuh jarak rata-rata 480–800 km. Namun, hal ini tergantung dari masing-masing merek sepatu. Anda harus memeriksanya dengan saksama agar bisa tetap berlari dengan nyaman dan aman.

Baca juga rekomendasi perlengkapan untuk mendaki gunung dan olahraga lari lainnya di sini

Dalam olahraga trail running, Anda akan berlari menjelajahi medan pegunungan. Untuk itu, Anda membutuhkan peralatan lainnya yang tepat, seperti jam tangan dan headlamp. Klik tautan di bawah ini untuk mendapatkan informasi lebih lengkap.

Kesimpulan

Bagaimana pendapat Anda setelah membaca artikel ini? Bagi pemula, memilih sepatu trail running harus sebaik mungkin agar nyaman di kaki dan performa Anda makin meningkat. 

Untuk kenyamanan, perhatikan ketebalan solnya, sedangkan untuk meningkatkan kecepatan lari, pilih yang bobotnya ringan. Semoga artikel ini bisa membantu Anda dalam memilih trail running shoes yang terbaik bagi Anda. Selamat menikmati alam sambil berolahraga!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Sepatu Lari Terbaik di Bawah 1 Juta (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sepatu Lari Terbaik di Bawah 1 Juta (Terbaru Tahun 2022)
    Lari adalah olahraga yang sederhana sebab tidak menggunakan banyak alat. Satu-satunya perlengkapan yang Anda perlukan adalah sepatu. Dengan sepatu yang nyaman, kegiatan lari akan lebih menyenangkan. Anda yang memiliki bujet ketat juga tak perlu khawatir. Pasalnya, ada banyak sepatu running yang bagus dengan harga di bawah 1 juta.Sebelum Anda membeli, kami akan memberikan beberapa tips untuk memilihnya. Kami juga merekomendasikan beberapa sepatu lari terbaik yang harganya tak lebih dari 1 juta. Diadora, adidas, dan Nike juga masuk dalam daftar review kami. Selamat menemukan running shoes yang pas di kantong!
    Running
  • 10 Rekomendasi Sepatu Jogging Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sepatu Jogging Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)
    Sepatu jogging merupakan perlengkapan yang sangat dibutuhkan jika Anda menggemari olahraga lari. Merek ternama, seperti Nike, ASICS, dan adidas menyediakan sepatu jogging yang bervariasi. Namun, produk manakah yang tepat untuk dipilih?Banyaknya sepatu jogging yang ada di pasaran memang bisa membuat Anda bingung menentukan pilihan. Untuk itu, kami akan menjelaskan cara memilih sepatu jogging sekaligus memberikan rekomendasi produk yang bagus. Nah, selamat membaca dan dapatkan sepatu jogging terbaik yang Anda butuhkan!
    Running
  • 10 Rekomendasi Sepatu Jogging Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sepatu Jogging Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2022)
    Jogging adalah bentuk berlari dengan langkah santai. Jika dibandingkan dengan running, intensitas kecepatan pada jogging lebih lambat. Selain itu, gerakan pada lutut lebih sedikit terangkat dan lengan tidak perlu berayun terlalu banyak. Untuk itu, Anda membutuhkan sepatu yang tepat untuk mendukung aktivitas jogging Anda.Untuk Anda yang belum tahu karakteristik sepatu jogging, kami akan menjelaskannya di artikel ini. Kami juga akan memberikan rekomendasi produk sepatu jogging terbaik dan yang bagus untuk wanita. Sepatu jogging merek Adidas, Nike, ASICS, dan League dapat Anda temukan pada rekomendasi kami di bawah ini.
    Running
  • 10 Rekomendasi Kacamata Lari Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kacamata Lari Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Belakangan ini, penggunaan sunglasses makin marak di kalangan pencinta olahraga lari atau maraton. Produk ini memiliki beragam manfaat sehingga direkomendasikan untuk dimiliki. Tersedia berbagai kacamata jogging di pasaran dengan filter UV, lensa, dan kepekatan warna yang berbeda-beda. Sudahkah Anda mengetahui tipe kacamata running yang Anda perlukan?Kami akan membantu Anda memahami cara memilih kacamata lari yang bagus. Kami juga telah menyeleksi produk-produk dari merek kenamaan, seperti EIGER dan Goodr yang dapat Anda beli secara online. Pastikan aktivitas lari Anda jadi makin nyaman dengan memiliki produk kacamata lari terbaik!
    Running
  • 10 Rekomendasi Tas Trail Running Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Tas Trail Running Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Jika Anda sering mengikuti trail running, keberadaan tas trail run tentu menjadi sangat penting. Saat ini banyak merek ternama, seperti EIGER, Aonijie, dan CARION yang mengeluarkan tas trail run yang bagus dan berkualitas. Namun, sebelum membeli, Anda perlu memastikan bahwa penggunaannya tidak mengganggu pergerakan.Agar Anda mendapatkan produk yang tepat, kami akan menjelaskan cara memilihnya terlebih dahulu. Tak hanya sampai di situ, kami juga akan memberikan beberapa rekomendasi tas untuk trail running dan mengulasnya untuk Anda. Jadi, simak sampai akhir, ya!
    Running
  • 10 Rekomendasi Baju Sauna Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Baju Sauna Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Baju sauna menjadi pilihan banyak orang untuk dikenakan saat berolahraga. Panas yang dihasilkan akan membantu detoksifikasi dan meningkatkan metabolisme. Bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan, baju sauna bisa Anda pilih. Banyak produk baju sauna yang bagus, misalnya baju sauna merek Kettler, Bfit, Happyfit, dan lain-lain.Untuk memudahkan Anda memperoleh baju sauna, kami akan membagikan tips memilihnya. Di artikel ini, kami juga memberikan rekomendasi baju sauna yang dapat Anda beli di marketplace. Karena itu, baca artikel ini sampai selesai dan temukan produk terbaik untuk Anda!
    Running
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori