10 Rekomendasi Minyak Jojoba Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Minyak Jojoba Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Minyak jojoba yang diakui memiliki manfaat tinggi untuk kecantikan, telah menjadi sesuatu yang penting untuk perawatan kulit dan wajah para wanita. Ada berbagai merek minyak jojoba di pasaran. Anda mungkin akan kebingungan ketika harus memilih satu di antara sekian banyaknya produk minyak jojoba.

Oleh karena itu, kami akan membantu menjelaskan poin-poin cara memilih minyak jojoba sekaligus membandingkan ulasan konsumen, harga, dan sebagainya. Di akhir artikel, kami juga akan memperkenalkan 10 rekomendasi minyak jojoba terbaik. Silahkan jadikan referensi untuk menemukan produk yang sesuai bagi Anda!

Daftar isi

Apa itu minyak jojoba?

Apa itu minyak jojoba?

Minyak jojoba diekstrak dari tanaman jojoba yang biasanya tumbuh di daerah gurun seperti Pesisir Barat Amerika dan Meksiko. Tanaman ini telah lama digunakan sebagai obat untuk mengobati luka terbuka, luka bakar, berbagai penyakit lainnya dan juga sebagai tabir surya. Karena aman digunakan di bidang kesehatan, minyak dari tanaman jojoba ini bahkan digunakan sebagai pelumas pada jantung buatan. Kini, minyak jojoba juga telah digunakan secara luas di dunia kecantikan.

Bahan utama dari minyak jojoba adalah wax ester, dengan kandungan sebanyak 90%. Bahan tersebut sama dengan kandungan sebum pada kulit manusia. Oleh karena itu, minyak ini mempunyai kemampuan penetrasi dan daya lembap yang tinggi, sehingga dengan mudah diserap kulit tanpa memberikan kesan lengket.

Lebih spesialnya lagi, minyak jojoba kaya akan kandungan vitamin A, D, E, mineral, dan vitamin-vitamin lainnya. Ada juga berbagai efek dan khasiat dari minyak jojoba seperti keratinisasi, mencegah kekeringan pada kulit, meningkatkan metabolisme tubuh, melancarkan sirkulasi darah, efek anti bakteri, dan antioksidan. Minyak jojoba lebih sedikit teroksidasi dibanding minyak nabati lainnya karena sifat antioksidannya yang kuat. Selain itu, minyak ini awet disimpan dalam waktu yang lama tanpa perlu penambahan bahan pengawet.

Bagaimana cara memilih minyak jojoba?

Ada begitu banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan di dalam minyak jojoba. Akan tetapi, bagaimana cara untuk memilih produk yang tepat?

Sebagai permulaan, kami akan menguraikan 5 hal penting yang perlu Anda ketahui!

Belum dimurnikan atau sudah dimurnikan

Minyak jojoba dibagi menjadi dua jenis, yang belum dimurnikan dan sudah dimurnikan.

Minyak jojoba yang belum dimurnikan mengacu pada minyak jojoba yang diperas, kaya akan vitamin dan mineral. Anda dapat menandainya dari warna keemasan yang dimilikinya. Minyak jojoba jenis ini disebut juga dengan “golden jojoba oil” dan memiliki aroma unik khas jojoba.

Sebaliknya, minyak jojoba yang sudah dimurnikan adalah minyak jojoba yang telah dibersihkan dari pengotor yang ikut tercampur pada saat pemerasan. Proses penghilangan bau dan warna mengakibatkan minyak jojoba hasil refinasi ini hampir tidak berbau dan tidak berwarna. Walaupun kandungan utamanya masih ada, vitamin dan mineralnya telah ikut hilang bersamaan dengan pengotornya.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kami lebih merekomendasikan produk yang belum dimurnikan. Akan tetapi, karena pertimbangan harga, produk yang sudah dimurnikan juga bisa menjadi pilihan.

Minyak jojoba yang sudah dimurnikan untuk kulit sensitif

Minyak jojoba yang sudah dimurnikan untuk kulit sensitif

Minyak jojoba yang belum dimurnikan tidak selalu unggul dalam semua kasus. Hal ini karena kandungan kotoran dalam minyak jojoba yang belum dimurnikan mungkin dapat menyebabkan iritasi pada kulit sensitif. Meskipun produk jojoba yang belum dimurnikan umumnya lebih baik, tingkat stimulus yang diberikan minyak jojoba pada kulit tergantung pada daerah produksi dan lingkungan penanaman.

Sangat disarankan agar Anda mencoba ukuran kecil terlebih dahulu untuk melihat kecocokannya dengan kulit Anda.

Pilih yang diekstrak dengan metode pemerasan bersuhu rendah

Pilih yang diekstrak dengan metode pemerasan bersuhu rendah

Metode ekstraksi minyak jojoba dari buah jojoba meliputi metode distilasi uap, metode ekstraksi pelarut, dan metode pemerasan bersuhu rendah.

Metode distilasi uap adalah metode untuk mengekstrak cairan dari tanaman menggunakan uap air kemudian mengekstrak minyak dari cairan tersebut. Metode ekstraksi pelarut yaitu metode mengekstrak minyak menggunakan pelarut yang mudah menguap.

Kedua metode tersebut menggunakan pemanasan pada suhu tinggi sehingga komponen minyak jojoba yang tidak tahan panas menjadi rusak. Selain itu, asam lemak tidak jenuh yang berguna untuk mencegah kulit kering pun mengalami penurunan kualitas.

Metode pemerasan suhu rendah adalah metode pemerasan minyak dengan menggunakan tekanan. Walaupun kurang efisien dibandingkan metode lainnya serta menghasilkan minyak dengan banyak kandungan pengotor, metode ini menghasilkan minyak jojoba berkualitas tinggi dan kaya akan nutrisi.

Minyak jojoba yang diekstrak dengan metode pemerasan suhu rendah adalah pilihan terbaik yang dapat Anda temui.

Pilih yang tidak diencerkan dan tidak mengandung zat tambahan sintetis

Pilih yang tidak diencerkan dan tidak mengandung zat tambahan sintetis

Mungkin Anda juga sudah mengetahui bahwa sepertiga dari minyak zaitun yang beredar saat ini adalah minyak zaitun yang telah diencerkan dengan minyak lain yang kualitasnya lebih rendah. Sayangnya, hal tersebut tidak hanya terjadi pada minyak zaitun.

Minyak nabati dengan kadar kemurnian 100% sangat jarang ditemui, begitu pula dengan minyak jojoba. Minyak jojoba yang beredar di pasaran hampir semuanya telah dicampur dengan minyak lain ataupun telah ditambahkan zat sintetis seperti pengawet dan pewangi.

Ada juga zat tambahan yang diklaim sebagai zat yang berasal dari bahan alami, namun nyatanya zat ini pun diproses menggunakan bahan kimia. Dengan kata lain, minyak jojoba tersebut tidak dapat dikatakan benar-benar alami.

Ada atau tidaknya pengenceran pada minyak jojoba memang tidak bisa dibedakan dengan mudah. Jadi, mari periksa keterangan dari bahan baku dan pilih produk yang tidak mengandung zat tambahan sintetis.

Pilih produk dari bahan organik

Pilih produk dari bahan organik

Tanaman yang dibudidayakan tanpa penggunaan pestisida dan pupuk kimia memiliki kualitas tinggi dikarenakan tingkat keamanan dan kandungan nutrisinya yang utuh. Bagi orang dengan kulit sensitif, residu pestisida yang ikut terbawa di dalam minyak jojoba mungkin akan menyebabkan kulit iritasi.

Kini, konsumen sangat terbantu dengan cukup banyaknya organisasi sertifikasi organik yang dengan ketat menginspeksi bahan baku, proses pembuatan, dan produk jadi.

Produk yang telah mendapatkan sertifikasi organik dapat diketahui dari keterangan pada kemasan, website resmi produsen, dan sertifikat organik yang dicantumkan juga pada online shop. Periksalah hal-hal tersebut sebelum memutuskan untuk membeli produk.

Pilih produsen yang terpercaya!

Pilih produsen yang terpercaya!

Banyak minyak jojoba murah yang diproduksi dalam skala besar menggunakan ekstraksi suhu tinggi, penambahan pengencer, zat tambahan sintetis, dan bahan kimia lainnya. Karena keberadaan zat campuran dan proses refinasi umum ditemukan pada minyak jojoba, efeknya tidak hanya buruk bagi kulit. Hal tersebut juga mengakibatkan komponen penting yang terkandung di dalamnya menjadi hilang sehingga tidak lagi memberikan khasiat seperti yang diharapkan.

Daripada memilih produk yang laris dan sepertinya banyak mendapat ulasan bagus, lebih disarankan memilih produk yang memiliki website resmi dan keterangan yang jelas pada kemasannya.

10 Rekomendasi minyak jojoba terbaik

Berikut ini, kami akan merekomendasikan 10 minyak jojoba terbaik yang telah kami pilihkan khusus untuk Anda. Silahkan tentukan produk yang paling sesuai bagi Anda!

10. Organic Supply Co. Certified Organic Jojoba Oil

10. Organic Supply Co. Certified Organic Jojoba Oil

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 250.000

Produk lokal yang tersertifikasi organik

Banyak produk asal luar negeri yang sudah terkenal kualitasnya, namun siapa bilang kalau produk dalam negeri kurang berkualitas? Minyak jojoba produksi dalam negeri dari merek Organic Supply Co. ini membuktikan kualitasnya sehingga telah tersertifikasi organik. Produk ini cocok untuk semua jenis kulit, tentu saja termasuk jenis kulit kering dan berminyak.

Minyak jojoba ini juga dapat digunakan sebagai cairan pembersih make up yang aman dan alami. Manfaat kecantikan lain yang dapat diperoleh yaitu dapat menghaluskan kulit, mengontrol jerawat, meringankan iritasi kulit, mengurangi komedo, dan berbagai manfaat lainnya. Produk lokal berkualitas dengan segudang manfaat, ya!

9. Aubrey Organic Jojoba Oil

9. Aubrey Organic Jojoba Oil

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 275.000

Daya pelembap super untuk kulit dan rambut kering

Kerap berada di ruangan ber-AC dapat membuat kulit dan rambut kehilangan kelembapannya. Jika kulit dan rambut sudah kering, tentu menjadi tidak indah dipandang. Tenang saja, ada berbagai cara untuk mengatasi masalah tersebut, salah satunya dengan menggunakan Aubrey Hot Oil Treatment ini.

Daya pelembap tinggi yang dimilikinya dapat mengembalikan kelembapan alami kulit dan rambut. Dengan pemakaian rutin, produk ini juga dapat menjaga kelembapan dan kilau alami rambut Anda. Selain itu, cocok digunakan bagi Anda yang baru berpulang tamasya dari tempat panas untuk membantu mendinginkan kulit yang terbakar sinar matahari.

8. Lagunamoon Jojoba Oil

8. Lagunamoon Jojoba Oil

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 682.440

100% minyak jojoba alami tanpa tambahan apapun

Lagunamoon Jojoba Oil ini terbuat dari 100% minyak jojoba alami tanpa tambahan zat lain serta sama sekali tidak dikurangi kandungan aslinya. Karena terbuat dari 100% minyak jojoba, produk ini mudah meresap pada rambut dan kulit. Selain itu, Anda dapat menggunakannya juga pada wajah dan badan sebagai minyak untuk massage.

Tak hanya itu, produk ini juga dapat Anda padu padankan dengan berbagai essential oil untuk mendapatkan manfaat yang lebih banyak lagi sesuai kebutuhan Anda. Minyak dengan manfaat luar biasa ditambah kebaikan essential oil, tentunya sangat menarik untuk Anda, bukan?

7. Foxbrim Certified Organic 100% Pure Jojoba Oil

7. Foxbrim Certified Organic 100% Pure Jojoba Oil

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 759.385

Solusi pintar si kulit sensitif

Bagi Anda yang memiliki kulit sensitif, tentu cukup sulit memilih produk yang cocok dengan kulit Anda. Daripada bingung harus memilih yang mana, produk ini layak Anda masukan ke dalam daftar pilihan. Minyak jojoba Foxbrim yang telah tersertifikasi organik ini kaya akan bahan alami penuh nutrisi untuk kesehatan kulit Anda.

Diproses secara unrefined dan cold-pressed, kualitas, kemurnian, dan nutrisi produk ini terjamin. Kandungan alami minyak jojoba yang baik untuk kulit pun tetap utuh, aman, serta terjaga sepenuhnya. Dapatkan kulit yang lebih sehat dan lebih terawat dengan melakukan pemakaian rutin.

6. Indoganic Jojoba Oil

6. Indoganic Jojoba Oil

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 99.000

Minyak jojoba bertekstur ringan dan non-greasy!

Pada umumnya, minyak yang berfungsi untuk melembapkan akan membuat kulit penggunanya menjadi lengket karena efek melembapkan yang dihasilkan. Akan tetapi, hal tersebut tidak berlaku bagi produk ini. Minyak jojoba dengan merek Indoganic ini memiliki tekstur yang ringan di kulit dan non-greasy, sehingga tidak lengket saat digunakan dan yang pasti cepat meresap!

Ukurannya yang kecil akan memudahkan Anda untuk membawanya saat berpergian, sehingga Anda dapat menggunakannya kapan dan di manapun Anda suka. Jangan lupa produk ini hanya dapat digunakan untuk pemakaian luar saja, ya!

5. De La Cruz Jojoba Oil

5. De La Cruz Jojoba Oil

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 536.000

Alami tanpa pewarna dan pewangi buatan

Warna keemasan dan aroma harum yang dimiliki minyak jojoba terkadang dapat menimbulkan asumsi bahwa itu merupakan hasil tambahan pewarna dan pewangi buatan. Namun, hal tersebut tidak selalu benar. Salah satunya adalah minyak jojoba De La Cruz ini. Produk ini memiliki warna dan aroma alami minyak jojoba tanpa zat tambahan yang tidak diperlukan.

Produk ini bebas bahan pengawet, sehingga Anda harus lebih memperhatikan masa penyimpanannya. Produk ini tidak bisa bertahan terlalu lama seperti produk berpengawet pada umumnya. Jadi, pastikan Anda menghabiskan produk ini dalam beberapa bulan, ya!

4. Dr. Mercola Organic Jojoba Oil

4. Dr. Mercola Organic Jojoba Oil

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 676.000

Tutup botol sekaligus pipet! Praktis dan mudah

Minyak jojoba Dr. Mercola ini dibuat dengan formula non-allergenic yang tidak membuat kulit alergi. Produk ini juga non-comedogenic, sehingga tidak akan menimbulkan komedo yang disebabkan oleh pori-pori tersumbat. Tutupnya yang juga berfungsi sebagai pipet akan memudahkan Anda ketika menggunakannya.

Selain itu, produk ini dapat digunakan juga sebagai conditioner untuk memperbaiki rambut rusak dan kering. Dengan memakainya secara teratur, Anda bisa mendapatkan kulit dan rambut yang lebih lembut, indah, dan sehat bercahaya. Semua mata pasti tertuju pada Anda!

3. Eucalie 100% Pure Jojoba Oil

3. Eucalie 100% Pure Jojoba Oil

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 119.000

Tampil awet muda dan percaya diri!

Memiliki efek anti-aging, membuat Eucalie Pure Jojoba Oil ini cocok untuk Anda yang menginginkan kulit kencang dan awet muda. Produk ini juga berfungsi untuk menghidrasi kulit dan membuat tekstur kulit menjadi lebih halus dari sebelumnya. Selain itu, produk ini dibuat tanpa tambahan apapun serta tidak mengandung paraben, sehingga aman dan sehat.

Gunakanlah Eucalie Pure Jojoba Oil ini sebagai pelembap harian kulit Anda. Dengan begitu, kulit Anda akan terlihat lebih muda. Menggunakannya setiap hari juga dapat menghambat tanda-tanda penuaan dini. Sungguh sebuah inovasi yang luar biasa!

2. Nusaroma 100% Pure Carrier Oil Jojoba

2. Nusaroma 100% Pure Carrier Oil Jojoba

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 162.000

100% carrier oil yang serbaguna

Bagi Anda pecinta produk-produk essential oil, tentu sudah tidak asing lagi dengan carrier oil. Essential oil yang memiliki kandungan pekat bisa mengiritasi kulit, karenanya dibutuhkan carrier oil untuk melarutkannya. Minyak jojoba berikut ini dapat menjadi pilihan carrier oil Anda. Produk ini dapat digunakan sebagai carrier oil untuk essential oil favorit Anda dengan perbandingan 9:1.

Selain sebagai carrier oil, minyak ini juga dapat digunakan untuk melembabkan bibir, kulit, dan rambut. Bagi Anda yang memiliki masalah rambut seperti kebotakan, produk ini juga cocok untuk Anda, karena produk ini merupakan emolient yang dapat mengurangi kerontokan rambut akibat kekeringan dan akar yang rapuh.

1. Viva Naturals Organic Jojoba Oil

1. Viva Naturals Organic Jojoba Oil

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 697.054

Khasiat alami minyak jojoba untuk seluruh tubuh

Apakah Anda mencari minyak dengan khasiat melimpah? Produk ini dapat menjadi pilihan tepat untuk Anda. Minyak jojoba dengan segudang manfaat ini memiliki warna keemasan khas minyak jojoba yang diproses dengan suhu rendah dan mengandung vitamin E serta vitamin B kompleks yang bermanfaat bagi kesehatan kulit.

Selain itu, produk ini juga dapat menstimulasi folikel untuk meningkatkan kesuburan alami rambut. Dapat juga digunakan untuk merawat kuku Anda agar menjadi kuat dan tidak rapuh, serta gunakanlah pada kulit tumit yang kasar untuk menjadikannya halus dan lembut kembali. Inilah produk dengan khasiat alami minyak jojoba untuk tubuh Anda!

Lakukan tes pada kulit sebelum menggunakan produk minyak jojoba

Lakukan tes pada kulit sebelum menggunakan produk minyak jojoba

Meskipun minyak jojoba baik untuk kulit, tidak semua orang cocok menggunakannya. Kesesuaian antara minyak jojoba dan kulit berbeda pada tiap orang, bahkan berbeda antar anggota keluarga yang dekat sekalipun.

Janganlah langsung membeli produk minyak jojoba yang berukuran besar dan jangan pula langsung mengoleskannya pada seluruh wajah. Belilah dalam ukuran kecil dan lakukan tes pada bagian tubuh yang tidak mencolok terlebih dahulu.

Kesimpulan

Bagaimana kesan Anda setelah membaca tentang cara memilih minyak jojoba dan ulasan berbagai produk minyak jojoba terbaik yang kami perkenalkan?

Walaupun minyak jojoba merupakan minyak serbaguna yang dapat digunakan untuk perawatan wajah dan rambut, produk minyak jojoba berkualitas rendah banyak beredar di pasaran. Dengan mengacu pada poin dan cara memilih yang telah kami uraikan, pilihlah minyak jojoba yang paling sesuai untuk kulit Anda!