mybest
Minyak pengobatan & perawatan

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Kesehatan
  3. Essential oil
  4. 10 Minyak Jojoba Terbaik - Ditinjau oleh Dokter dan Ahli Aromaterapi (Terbaru Tahun 2024)
  • 10 Minyak Jojoba Terbaik - Ditinjau oleh Dokter dan Ahli Aromaterapi (Terbaru Tahun 2024) 1
  • 10 Minyak Jojoba Terbaik - Ditinjau oleh Dokter dan Ahli Aromaterapi (Terbaru Tahun 2024) 2
  • 10 Minyak Jojoba Terbaik - Ditinjau oleh Dokter dan Ahli Aromaterapi (Terbaru Tahun 2024) 3
  • 10 Minyak Jojoba Terbaik - Ditinjau oleh Dokter dan Ahli Aromaterapi (Terbaru Tahun 2024) 4
  • 10 Minyak Jojoba Terbaik - Ditinjau oleh Dokter dan Ahli Aromaterapi (Terbaru Tahun 2024) 5

10 Minyak Jojoba Terbaik - Ditinjau oleh Dokter dan Ahli Aromaterapi (Terbaru Tahun 2024)

Minyak jojoba diakui memiliki banyak manfaat untuk kecantikan. Saat ini, minyak jojoba menjadi bagian penting dalam rangkaian perawatan para wanita, baik untuk wajah, tubuh, maupun rambut. Namun, tersedianya berbagai merek minyak jojoba mungkin membuat Anda bingung ketika harus memilih.

Untuk mempermudah Anda, kami akan menjelaskan cara memilih minyak jojoba yang bagus dan tepat. Selain itu, kami akan merekomendasikan produk terbaik dari berbagai merek, seperti Organic Supply Co., Utama Spice, hingga Arum Nusantara. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh ahli aromaterapi kami, dr. Nova Primadina. Silakan jadikan artikel ini sebagai referensi.
Diperbaharui 14/07/2023
dr. Nova Primadina
Pakar
Dokter spesialis bedah plastik dan dosen
dr. Nova Primadina

dr. Nova adalah seorang dosen di Fakultas Kedokteran Muhammadiyah Surabaya. Beliau juga doktor peneliti yang berfokus pada efek essential oil lokal Indonesia serta aromaterapi pada manusia dan pengobatan herbal. dr. Nova juga seorang dokter spesialis bedah plastik dengan keahlian tambahan sebagai seorang formulator skincare natural, aromaterapi, dan hipnoterapi. dr. Nova memenangkan hibah penelitian efek essential oil asli Indonesia, Cananga latifolia, terhadap tingkat stres dan konsentrasi mahasiswa FK. Beliau juga meraih juara 1 UMKM binaan IPB dan Prima Kelola dengan skincare-nya yang merupakan essential oil asli Indonesia.

Profil dr. Nova Primadina
Lanjut membaca
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Apa itu minyak jojoba?

Apa itu minyak jojoba?

Minyak jojoba diekstrak dari tanaman jojoba spesies Simmondsia chinensis. Tanaman ini biasanya tumbuh secara alami di daerah gurun seperti Pesisir Barat Amerika dan Meksiko.


Minyak jojoba memiliki kandungan utama yang sama dengan komponen penyusun sebum kulit, yaitu wax ester. Oleh karena itu, minyak jojoba mempunyai kemampuan melembapkan yang tinggi. Berikut ini kami rincikan manfaat jojoba oil untuk kesehatan dan kecantikan.


  • Saat dioleskan ke kulit, minyak ini dapat menjadikan kulit lebih lembut dan kenyal tanpa memberi kesan lengket
  • Mencegah terjadinya keratinisasi, kekeringan kulit, dan kulit kasar berkat kandungan vitamin A, D, E, serta mineral (zink, krom, tembaga, dan yodium)
  • Meringankan gejala eksem dan psoriasis karena adanya kandungan anti-inflamasi serta antioksidan
  • Membantu mengontrol produksi sebum berlebih, mengatasi jerawat membandel, dan mengeliminasi bakteri penyebab jerawat
  • Memperlambat munculnya tanda penuaan, seperti garis halus dan kulit yang mengendur
  • Mengatasi masalah ketombe dan kekeringan pada kulit kepala
  • Memperkuat, menjadikan rambut lebih halus, serta meningkatkan kilau rambut

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih minyak jojoba

Ada begitu banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dalam sebotol minyak jojoba. Akan tetapi, bagaimana cara menentukan produk yang paling tepat? Kami akan menguraikannya untuk Anda. Mari disimak.

1

Sesuaikan jenisnya dengan tujuan pemakaian

Minyak jojoba dibagi menjadi dua jenis yaitu yang tidak dimurnikan dan sudah dimurnikan. Keduanya memiliki tujuan pemakaian yang spesifik. Oleh karena itu, Anda perlu memahami perbedaannya terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membeli.

Minyak jojoba tanpa proses pemurnian, kaya akan kandungan nutrisi

Minyak jojoba tanpa proses pemurnian, kaya akan kandungan nutrisi

Produk yang tidak dimurnikan adalah minyak jojoba yang tidak diproses lebih lanjut setelah diperas. Minyak jojoba jenis ini kaya vitamin dan mineral, serta memiliki warna keemasan yang cantik. Aromanya juga unik dan khas jojoba. Minyak jojoba yang tidak dimurnikan ini disebut juga dengan “golden jojoba oil”.


Untuk mendapatkan manfaat minyak jojoba secara maksimal, kami lebih merekomendasikan produk yang tidak dimurnikan. Akan tetapi, mengingat harganya yang cukup mahal, produk yang sudah dimurnikan juga bisa menjadi pilihan.

Minyak jojoba dengan proses pemurnian, minim kontaminan sehingga disarankan untuk kulit sensitif

Minyak jojoba dengan proses pemurnian, minim kontaminan sehingga disarankan untuk kulit sensitif

Minyak jojoba jenis ini umumnya sudah mengalami proses penghilangan kontaminan, bau, dan warna. Tak heran jika produk yang dihasilkan nyaris tidak berbau serta berwarna kuning transparan. Sayangnya, sebagian kandungan nutrisinya pun ikut hilang saat proses pemurnian.


Meski begitu, minyak jojoba yang sudah dimurnikan lebih direkomendasikan untuk para pemilik kulit sensitif. Alasannya, kontaminan dalam minyak jojoba jenis ini jauh lebih sedikit sehingga relatif aman untuk kulit sensitif. Namun, sebaiknya gunakan minyak jojoba yang telah dimurnikan dalam kemasan kecil terlebih dahulu untuk mengetahui kecocokannya pada kulit.

2

Utamakan minyak yang diekstrak dengan cold-pressed method

Utamakan minyak yang diekstrak dengan cold-pressed method

Ada dua cara untuk mengekstrak minyak jojoba. Cara pertama adalah dengan metode ekstraksi pelarut. Cara lainnya adalah dengan metode pemerasan bersuhu rendah atau cold-pressed. Keduanya memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Berikut ini detailnya.


  • Metode ekstraksi pelarut adalah cara mengekstrak minyak jojoba dengan menggunakan pelarut yang mudah menguap. Metode tersebut menggunakan pemanasan pada suhu tinggi sehingga komponen yang tidak tahan panas menjadi rusak. Asam lemak tak jenuh yang berguna untuk meningkatkan imunitas dan mencegah kulit kering pun bisa berubah.

  • Metode cold-pressed adalah metode pemerasan minyak dengan menggunakan tekanan. Metode ini kurang efisien dibandingkan metode ekstraksi pelarut. Produk yang menggunakan metode ini juga umumnya mudah rusak karena kontaminannya tidak hilang. Namun, proses ini menghasilkan minyak jojoba berkualitas tinggi dan kaya nutrisi. Hal ini berkat banyaknya kandungan yang tetap stabil dan tidak rusak berkat penggunaan suhu di bawah 40℃. Suhu lebih dari 40℃ akan merusak beberapa senyawa zat aktif. Bisa dikatakan bahwa minyak jojoba yang diekstrak dengan metode cold-pressed adalah pilihan terbaik.
3

Periksa kemurnian minyak jojoba dan kandungan zat aditifnya

Periksa kemurnian minyak jojoba dan kandungan zat aditifnya

Minyak nabati dengan kadar kemurnian 100% sangat jarang ditemui, begitu pula dengan minyak jojoba. Minyak jojoba yang beredar di pasaran hampir semuanya telah dicampur dengan minyak lain. Bahkan ada yang telah ditambah dengan zat sintetis, seperti pengawet dan pewangi. Padahal, zat tambahan sintetis cenderung menimbulkan reaksi alergi pada kulit, terutama kulit yang sensitif.


Ada juga zat aditif yang diklaim sebagai zat yang berasal dari bahan alami. Namun, zat ini pun sebenarnya diproses menggunakan bahan kimia. Dengan kata lain, minyak jojoba tersebut tidak dapat dikatakan benar-benar alami. Ada atau tidaknya pengenceran pada minyak jojoba memang cukup sulit untuk dibedakan. Jadi, periksalah keterangan bahannya, lalu pilihlah produk yang murni atau minim kandungan zat aditif.

4

Pertimbangkan produk yang terbuat dari bahan organik

Pertimbangkan produk yang terbuat dari bahan organik
Tanaman yang ditanam tanpa menggunakan pestisida dan pupuk kimia memiliki kualitas tinggi. Hal itu disebabkan oleh tingkat keamanan dan kandungan nutrisinya yang utuh. Bagi orang berkulit sensitif, residu pestisida yang terbawa di dalam minyak jojoba mungkin akan menyebabkan kulit iritasi. Jadi, usahakan untuk memilih minyak jojoba yang ditanam tanpa menggunakan bahan kimia.

Sekarang ini, cukup banyak lembaga sertifikasi organik yang dengan ketat menginspeksi suatu produk. Lembaga ini mengecek produk mulai dari bahan baku, proses pembuatan, hingga hasil akhirnya.


Produk yang telah mendapatkan sertifikat organik dapat diketahui dari keterangan pada kemasan serta website resmi produsen. Selain itu, keterangan mengenai sertifikasi organik juga biasanya dicantumkan oleh penjual di toko online.


Meskipun begitu, menurut pakar kami, produk-produk yang benar-benar tersertifikasi organik sangat sulit ditemui dan harganya relatif mahal. Untuk keamanan penggunaan, Anda cukup memastikan bahwa minyak jojoba yang dipilih 100% natural tanpa campuran apa pun.

5

Pilih produk dari produsen yang tepercaya

Pilih produk dari produsen yang tepercaya

Banyak minyak jojoba murah yang diproduksi dalam skala besar. Minyak tersebut biasanya mengalami proses ekstraksi dengan suhu tinggi serta diberi tambahan pengencer, dan bahan kimia lainnya. Produk semacam itu berisiko menimbulkan efek tidak baik atau tidak memberi khasiat seperti yang diharapkan. 


Biasanya, konsumen akan memilih produk yang laris dan banyak mendapat ulasan bagus dari pembeli. Namun, akan lebih baik bila Anda memilih produk yang keterangannya bisa dicek dengan jelas pada website resmi atau kemasannya.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

10 Rekomendasi minyak jojoba terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk minyak jojoba terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin

Organic Supply Co.

Jojoba Oil

Organic Supply Co. Jojoba Oil 1

Rp100.000

Menengah

Ucapkan selamat tinggal pada rambut berketombe

Now Foods

Jojoba Oil

Now Foods Jojoba Oil 1

Rp139.000

Agak Mahal

Ukuran besar, pas untuk seluruh anggota keluarga

Happy Green

Organic Jojoba Oil

Happy Green Organic Jojoba Oil 1

Rp50.000

Agak Murah

Cosmetic grade, aman untuk wajah dan tubuh

Arum Nusantara

Golden Jojoba Oil (Organic Certified)

Arum Nusantara Golden Jojoba Oil (Organic Certified) 1

Rp40.000

Lebih Murah

Merawat kulit Anda tanpa membuat kantong jebol

Utama Spice

Jojoba Oil

Utama Spice Jojoba Oil  1

Rp150.000

Agak Mahal

Efektif membantu pertumbuhan rambut yang sehat

Belli to Baby

Jojoba Oil

Belli to Baby Jojoba Oil 1

Rp350.000

Lebih Mahal

Sanggup melawan tanda penuaan pada kulit

Nu Aroma

Jojoba Oil

Nu Aroma Jojoba Oil 1

Rp67.000

Menengah

Efektif membantu pertumbuhan rambut yang sehat

Rumah Atsiri Indonesia

Jojoba Oil - Rumah Atsiri

Rumah Atsiri Indonesia Jojoba Oil - Rumah Atsiri 1

Rp126.500

Agak Mahal

Menjaga pH alami kulit sekaligus melawan radikal bebas

Stone Bar

Jojoba Oil

Stone Bar Jojoba Oil 1

Rp57.500

Agak Murah

Ampuh menenangkan kulit terbakar akibat paparan sinar matahari

OH MAN

Blackfriday Jojoba Oil

OH MAN Blackfriday Jojoba Oil 1

Rp75.000

Menengah

Perbaiki rambut yang rusak akibat panas dan hair styling

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.

Organic Supply Co.Jojoba Oil

Jojoba Oil 1
Sumber: organicsupply.co.id
Harga referensi
Rp100.000
Menengah
Harga referensi
Rp100.000
Menengah

Ucapkan selamat tinggal pada rambut berketombe

Jika Anda memiliki keluhan rambut berketombe, silakan mencoba minyak jojoba dari Organic Supply Co.! Produk ini kaya akan kandungan mineral dan vitamin yang dapat menyehatkan rambut dan menjaga kelembapannya. 


Anda hanya perlu menggunakannya selama 5-20 menit pada akar rambut, lalu bersihkan dengan sampo. Anda pun akan terbebas dari rasa gatal dan kering yang sering berujung pada munculnya ketombe.

Apakah pemilihan produk ini berguna sebagai referensi?

Now FoodsJojoba Oil

Harga referensi
Rp139.000
Agak Mahal

Ukuran besar, pas untuk seluruh anggota keluarga

Anda mencari produk yang dapat digunakan oleh seluruh anggota keluarga? Minyak jojoba ini adalah jawabannya! Dengan kemasan berukuran besar, Now Foods Jojoba Oil sangat membantu agar Anda tidak perlu membeli minyak jojoba berulang kali. Selain itu, produk ini dikemas dalam botol jernih yang dilengkapi dengan pelindung sinar UV. Kondisi minyak pun akan tetap terjaga selama dalam masa pengiriman.

Happy GreenOrganic Jojoba Oil

Harga referensi
Rp50.000
Agak Murah

Cosmetic grade, aman untuk wajah dan tubuh

Happy Green Organic Jojoba Oil sudah dilengkapi dengan Certificate of Analysis. Hal ini membuktikan bahwa bahan-bahan yang digunakan oleh minyak ini aman untuk dipakai sehari-hari. Selain itu, produk ini telah mendapatkan lisensi cosmetic grade. Bila Anda sangat memperhatikan kualitas produk yang akan digunakan pada wajah dan tubuh, silakan pilih minyak ini.

Arum NusantaraGolden Jojoba Oil (Organic Certified)

Harga referensi
Rp40.000
Lebih Murah

Merawat kulit Anda tanpa membuat kantong jebol

Minyak jojoba yang berasal dari Amerika ini menggunakan 100% minyak murni serta memperoleh sertifikasi dari USDA Organic. Meski memiliki kualitas yang baik, produk Arum Nusantara ini dipasarkan dengan harga yang relatif terjangkau, lho! Jadi, bila Anda memiliki bujet terbatas, tetapi ingin mencoba minyak jojoba berkualitas tinggi, silakan pilih produk ini!

Utama SpiceJojoba Oil

Harga referensi
Rp150.000
Agak Mahal

Efektif membantu pertumbuhan rambut yang sehat

Bagi Anda yang memiliki permasalahan rambut tipis, tidak ada salahnya mencoba minyak jojoba yang satu ini. Produk dari Utama Spice ini kaya akan vitamin dan mineral yang bermanfaat untuk mendorong pertumbuhan rambut. Selain itu, minyak yang merupakan emolien ini juga dapat digunakan untuk melembapkan bibir, kulit, dan rambut.

Belli to BabyJojoba Oil

Harga referensi
Rp350.000
Lebih Mahal

Sanggup melawan tanda penuaan pada kulit

Jika Anda mendambakan kulit kencang dan tampak awet muda, penggunaan Jojoba Oil dari Belli to Baby bisa menjadi solusinya! Minyak jojoba dengan tingkat kelembapan tinggi ini memiliki efek anti-aging yang dapat menghambat munculnya tanda-tanda penuaan. Selain itu, produk yang mengandung 100% minyak jojoba murni ini juga dapat dijadikan sebagai serum bulu mata, lho!

Nu AromaJojoba Oil

Harga referensi
Rp67.000
Menengah

Efektif membantu pertumbuhan rambut yang sehat

Bagi Anda yang memiliki permasalahan rambut tipis, tidak ada salahnya mencoba minyak jojoba yang satu ini. Produk dari Nu Aroma ini kaya akan vitamin dan mineral yang bermanfaat untuk mendorong pertumbuhan rambut. Selain itu, minyak yang merupakan emolien ini juga dapat digunakan untuk melembapkan bibir, kulit, dan rambut.

Rumah Atsiri IndonesiaJojoba Oil - Rumah Atsiri

Harga referensi
Rp126.500
Agak Mahal

Menjaga pH alami kulit sekaligus melawan radikal bebas

Minyak jojoba dari Rumah Atsiri Indonesia ini memiliki manfaat untuk kulit wajah. Produk yang satu ini dapat menenangkan menjaga pH alami kulit serta melawan radikal bebas. Karena itu, Anda yang memiliki berbagai permasalahan pada kulit wajah akan cocok menggunakan produk ini. Selain itu, minyak jojoba ini dapat membantu mengatasi permasalahan kulit kepala yang kering. 

Stone BarJojoba Oil

Jojoba Oil 1
Sumber: shopee.co.id
Jojoba Oil 2
Sumber: shopee.co.id
Jojoba Oil 3
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp57.500
Agak Murah
Harga referensi
Rp57.500
Agak Murah

Ampuh menenangkan kulit terbakar akibat paparan sinar matahari

Minyak Jojoba dari Stone Bar ini wajib dimiliki oleh Anda yang sering melakukan aktivitas outdoor. Produk ini mampu melindungi dan menenangkan kulit Anda yang terkena paparan sinar matahari. Dengan begitu, Anda tidak perlu takut lagi saat harus berada di luar ruangan. Selain itu, produk ini juga dapat diandalkan untuk mengatasi kerutan dan kulit yang pecah-pecah.

OH MANBlackfriday Jojoba Oil

Harga referensi
Rp75.000
Menengah

Perbaiki rambut yang rusak akibat panas dan hair styling

Apakah Anda termasuk yang senang gonta-ganti gaya rambut, mulai dari diwarnai hingga aneka hair styling lain? Kalau jawabannya adalah iya, Anda perlu memasukkan Blackfriday Jojoba Oil dalam daftar produk perawatan rambut Anda.


Produk yang satu ini dapat membantu memperbaiki kerusakan rambut akibat pemanasan saat proses pewarnaan atau penataan rambut. Tak hanya itu, jojoba oil ini juga membantu mengatasi kebotakan serta rambut berketombe.

Tips menggunakan minyak jojoba

Kami sudah menjelaskan cara memilih dan merekomendasikan produk minyak jojoba terbaik untuk Anda. Agar informasi yang Anda dapatkan makin lengkap, kami juga akan membagikan sedikit tips dalam menggunakan minyak jojoba. Simak sampai selesai, ya.

Cara menggunakan minyak jojoba pada wajah

Cara menggunakan minyak jojoba pada wajah

Berbeda dengan essential oil, minyak jojoba tidak perlu diencerkan dan bisa diaplikasikan pada kulit secara langsung. Coba gunakan pada kulit wajah sebelum tidur sebagai serum anti-aging. Caranya mudah! Cukup teteskan 3-4 tetes minyak jojoba dan oleskan secara merata pada kulit wajah Anda. Anda juga bisa menggunakannya pada bibir untuk melembapkan bibir kering dan pecah-pecah.

Cara menggunakan minyak jojoba pada rambut

Cara menggunakan minyak jojoba pada rambut

Sama halnya dengan kulit wajah, Anda dapat mengaplikasikan minyak jojoba secara langsung ke helaian rambut. Usapkan minyak secara merata hingga ke ujung rambut, diamkan selama 20 menit lalu keramaslah seperti biasa. Namun, sebaiknya hangatkan minyak terlebih dahulu sebelum digunakan. Dalam kondisi hangat, konsistensi minyak menjadi tidak begitu kental sehingga Anda pun akan lebih mudah memakainya.

Lakukan tes pada kulit terlebih dahulu

Lakukan tes pada kulit terlebih dahulu
Meskipun minyak jojoba baik untuk kulit, tidak semua orang cocok menggunakannya. Minyak jojoba yang sama bisa memiliki pengaruh yang berbeda pada kulit orang yang berbeda. Bahkan, antara anggota keluarga juga bisa merasakan dampak yang berbeda.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda jangan langsung membeli produk minyak jojoba yang berukuran besar. Hindari pula pemakaian langsung pada seluruh wajah. Belilah produk dalam ukuran kecil, lalu cobalah gunakan pada bagian tubuh yang tidak mencolok terlebih dahulu. Jika tidak muncul gejala iritasi, seperti gatal dan kemerahan, silakan lanjutkan pemakaian pada area kulit lainnya.


Minyak jojoba juga relatif aman untuk bayi. Namun, seperti pada orang dewasa, Anda juga perlu melakukan skin test terlebih dahulu.

Baca juga rekomendasi minyak nabati lainnya untuk kesehatan dan kecantikan di sini

Kesimpulan

Setelah membaca artikel ini, apakah Anda sudah dapat menentukan produk minyak jojoba yang ingin dibeli? Minyak jojoba merupakan minyak serbaguna yang dapat digunakan untuk perawatan wajah dan rambut. Namun sayangnya, banyak produk dengan kualitas tidak terjamin yang beredar di pasaran.

Dengan mengacu pada cara memilih yang telah kami uraikan, pilihlah produk yang paling pas dengan kebutuhan Anda. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Selamat memilih!

Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Kesehatan
  3. Essential oil
  4. 10 Minyak Jojoba Terbaik - Ditinjau oleh Dokter dan Ahli Aromaterapi (Terbaru Tahun 2024)

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.