10 Rekomendasi Minyak Jojoba Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Minyak Jojoba Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

Minyak jojoba yang diakui memiliki manfaat tinggi untuk kecantikan, saat ini telah menjadi bagian penting dalam perawatan kulit, rambut, dan lainnya, terutama bagi wanita. Namun, tersedianya berbagai merek minyak jojoba di pasaran mungkin membuat Anda bingung ketika harus memilih satu di antaranya.

Untuk itu, kami akan membantu menjelaskan poin-poin cara memilih minyak jojoba yang tepat sekaligus merekomendasikan produk terbaik dengan pertimbangan manfaat, harga, dan sebagainya. Silakan jadikan artikel ini sebagai referensi untuk menemukan produk yang sesuai bagi kebutuhan Anda!

Daftar isi

Apa itu minyak jojoba?

Apa itu minyak jojoba?

Minyak jojoba diekstrak dari tanaman jojoba yang biasanya tumbuh di daerah gurun, seperti Pesisir Barat Amerika dan Meksiko. Tanaman ini telah lama digunakan sebagai obat untuk mengobati luka terbuka, luka bakar, berbagai penyakit lainnya, dan juga sebagai tabir surya. Minyak ini juga telah digunakan di bidang kedokteran sebagai pelumas pada jantung buatan bahkan sebelum dimanfaatkan untuk perawatan kecantikan. Hal ini membuktikan tingkat keamanan bagi tubuh yang sangat tinggi.

Kandungan utama dari minyak jojoba adalah wax ester, yaitu sebanyak 90%. Bahan ini sama dengan kandungan utama sebum pada kulit manusia. Oleh karena itu, minyak jojoba mempunyai kemampuan penetrasi dan daya lembap yang tinggi sehingga dengan mudah diserap kulit tanpa memberikan kesan lengket.

Lebih spesialnya lagi, minyak jojoba juga kaya akan kandungan mineral, vitamin A, D, E, dan vitamin-vitamin lainnya. Berkat kandungan yang kaya ini, minyak jojoba memberikan banyak khasiat, seperti keratinisasi, mencegah kekeringan pada kulit, meningkatkan metabolisme tubuh, melancarkan sirkulasi darah, efek anti bakteri, antioksidan, dan sebagainya.

Minyak jojoba lebih sulit teroksidasi dibanding minyak nabati lainnya berkat sifat antioksidannya yang kuat. Dengan begitu, minyak ini awet disimpan dalam waktu yang lama tanpa perlu penambahan bahan pengawet.

Cara memilih minyak jojoba

Ada begitu banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan di dalam minyak jojoba. Akan tetapi, bagaimana cara menentukan produk yang paling tepat?

Sebagai permulaan, kami akan menguraikan lima hal penting yang perlu Anda ketahui!

Pilih antara yang belum dimurnikan atau sudah dimurnikan

Minyak jojoba dibagi menjadi dua jenis, yaitu yang belum dimurnikan dan sudah dimurnikan. Produk yang belum dimurnikan mengacu pada minyak jojoba yang tidak menjalani pemrosesan lebih lanjut setelah diperas. Jenis ini kaya akan vitamin dan mineral, dan Anda dapat menandainya dari warnanya yang keemasan. Minyak jojoba semacam ini disebut juga dengan “golden jojoba oil” dan memiliki aroma unik khas jojoba.

Sebaliknya, minyak jojoba yang sudah dimurnikan adalah minyak jojoba yang telah dibersihkan dari kontaminannya. Sebagian besar produk jenis ini sudah mengalami proses penghilangan bau dan warna sehingga minyak jojoba hasil pemurnian ini hampir tidak berbau dan tidak berwarna. Walaupun manfaat wax ester di dalamnya masih ada, vitamin dan mineralnya ikut hilang saat proses pemurnian.

Untuk mendapatkan manfaat minyak jojoba secara maksimal, kami lebih merekomendasikan produk yang belum dimurnikan. Akan tetapi, mengingat harganya yang cukup mahal, produk yang sudah dimurnikan juga bisa menjadi pilihan.

Minyak jojoba yang sudah dimurnikan bisa jadi lebih cocok untuk kulit sensitif

Minyak jojoba yang sudah dimurnikan bisa jadi lebih cocok untuk kulit sensitif

Minyak jojoba yang belum dimurnikan tidak selalu unggul dalam semua kasus. Hal ini karena kandungan kontaminan dalam minyak jojoba yang belum dimurnikan mungkin dapat menyebabkan iritasi pada kulit sensitif.

Produk jojoba yang belum dimurnikan sekalipun bisa mengakibatkan stimulus yang berbeda pada kulit, tergantung pada daerah produksi dan lingkungan tempat budi dayanya. Sangat disarankan agar Anda mencoba minyak jojoba yang telah dimurnikan dalam ukuran kecil terlebih dahulu untuk melihat kecocokannya dengan kulit.

Pilih yang diekstrak dengan metode pemerasan bersuhu rendah

Pilih yang diekstrak dengan metode pemerasan bersuhu rendah

Metode ekstraksi minyak jojoba dari buah jojoba meliputi metode distilasi uap, metode ekstraksi pelarut, dan metode pemerasan bersuhu rendah. Metode distilasi uap adalah metode untuk mengekstrak cairan dari tanaman menggunakan uap air kemudian mengekstrak minyak dari cairan tersebut. Sementara metode ekstraksi pelarut merujuk pada metode untuk mengekstrak minyak menggunakan pelarut yang mudah menguap.

Kedua metode tersebut menggunakan pemanasan pada suhu tinggi sehingga komponen minyak jojoba yang tidak tahan panas menjadi rusak. Selain itu, asam lemak tak jenuh yang berguna untuk meningkatkan imunitas dan mencegah kulit kering pun bisa berubah menjadi asam lemak trans yang dapat mengakibatkan timbulnya risiko penyakit.

Metode pemerasan suhu rendah adalah metode pemerasan minyak dengan menggunakan tekanan. Walaupun kurang efisien dibandingkan metode lainnya serta tidak menghilangkan kandungan kontaminan, metode ini menghasilkan minyak jojoba berkualitas tinggi dan kaya akan nutrisi. Minyak jojoba yang diekstrak dengan metode pemerasan suhu rendah adalah pilihan terbaik yang dapat Anda temui.

Pilih yang tidak diencerkan dan tidak mengandung zat tambahan sintetis

Pilih yang tidak diencerkan dan tidak mengandung zat tambahan sintetis

Mungkin Anda juga sudah mengetahui bahwa sepertiga dari minyak zaitun yang beredar saat ini adalah minyak zaitun yang telah diencerkan dengan minyak lain yang kualitasnya lebih rendah. Sayangnya, hal tersebut tidak hanya terjadi pada minyak zaitun.

Minyak nabati dengan kadar kemurnian 100% sangat jarang ditemui, begitu pula dengan minyak jojoba. Minyak jojoba yang beredar di pasaran hampir semuanya telah dicampur dengan minyak lain ataupun telah ditambahkan zat sintetis seperti pengawet dan pewangi.

Ada juga zat tambahan yang diklaim sebagai zat yang berasal dari bahan alami. Namun, nyatanya zat ini pun diproses menggunakan bahan kimia. Dengan kata lain, minyak jojoba tersebut tidak dapat dikatakan benar-benar alami.

Ada atau tidaknya pengenceran pada minyak jojoba memang tidak bisa dibedakan dengan mudah. Jadi, mari periksa keterangan dari bahan baku dan pilih produk yang tidak mengandung zat tambahan sintetis.

Pilih produk dari bahan organik

Pilih produk dari bahan organik

Tanaman yang dibudidayakan tanpa penggunaan pestisida dan pupuk kimia memiliki kualitas tinggi dikarenakan tingkat keamanan dan kandungan nutrisinya yang utuh. Bagi orang dengan kulit sensitif, residu pestisida yang ikut terbawa di dalam minyak jojoba mungkin akan menyebabkan kulit iritasi.

Kini, konsumen sangat terbantu dengan cukup banyaknya organisasi sertifikasi organik yang dengan ketat menginspeksi produk dari bahan baku atau proses pembuatannya. Produk yang telah mendapatkan sertifikasi organik dapat diketahui dari keterangan pada kemasan, website resmi produsen, dan sertifikat organik yang dicantumkan juga pada online shop. Periksalah hal-hal tersebut sebelum memutuskan untuk membeli produk.

Pilih produsen yang terpercaya!

Pilih produsen yang terpercaya!

Banyak minyak jojoba murah yang diproduksi dalam skala besar menggunakan ekstraksi suhu tinggi, penambahan pengencer, zat tambahan sintetis, dan bahan kimia lainnya. Produk semacam itu biasanya mengandung banyak kontaminan dan proses pemurniannya berisiko menyebabkan timbulnya efek yang tidak baik bagi kulit. Hal tersebut juga mengakibatkan komponen penting yang terkandung di dalamnya menjadi hilang sehingga tidak lagi memberikan khasiat seperti yang diharapkan.

Daripada memilih produk yang laris dan sepertinya banyak mendapat ulasan bagus, lebih disarankan memilih produk yang keterangannya bisa dicek dengan jelas lewat website resmi atau dari kemasannya.

10 Rekomendasi minyak jojoba terbaik

Berikut ini, kami akan merekomendasikan sepuluh minyak jojoba terbaik yang telah kami pilihkan khusus untuk Anda. Silakan tentukan produk yang paling sesuai bagi Anda!

10. Happy Green Jojoba

10. Happy Green Jojoba

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 35.000

Lebih percaya diri dengan kutikula yang terawat dan tubuh bebas dari selulit!

Happy Green Jojoba memiliki sertifikasi dari Certificate of Analysis yang membuktikan bahan-bahan yang digunakan aman untuk dipakai sehari-hari. Produk ini juga tidak mengandung zat kimia berbahaya sehingga Anda tidak perlu ragu menggunakannya.

Minyak jojoba ini ampuh untuk melembapkan kutikula sehingga cocok untuk Anda yang sedang mencari perawatan kuku dan rambut. Selain itu, Anda juga dapat mencampurkannya dengan minyak lain, seperti grapefruit, lemon, dan adas manis untuk mendapatkan manfaat mengatasi masalah selulit.

Metode pemerasan Tidak disebutkan
Volume 10 ml

9. Nusaroma 100% Pure Carrier Oil Jojoba

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 70.875

Efektif membantu pertumbuhan rambut yang sehat

Bagi Anda pencinta produk-produk essential oil, tentu sudah tidak asing lagi dengan kehadiran Nusaroma 100% Pure Carrier Oil Jojoba. Produk ini dapat menjadi pilihan carrier oil Anda untuk mencairkan essential oil dengan perbandingan 9:1.

Karena memiliki manfaat mendorong pertumbuhan rambut, produk ini juga cocok untuk Anda yang memiliki masalah rambut tipis. Selain itu, minyak yang merupakan emolien ini juga dapat digunakan untuk melembapkan bibir, kulit, dan rambut, serta mencegah kerontokan rambut akibat kekeringan dan akar yang rapuh.

Metode pemerasan Tidak disebutkan
Volume 20 ml

8. Aubrey Jojoba Oil

8. Aubrey Jojoba Oil

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 275.000

Daya pelembap super untuk rambut kering atau bercabang

Jika Anda memiliki permasalahan rambut kering, silakan coba menggunakan Aubrey Organics Jojoba Oil. Produk yang diekstraksi dari tanaman jojoba yang tumbuh di gurun ini mampu bekerja efektif mempertahankan kelembapan rambut.

Produk yang memiliki sertifikasi USDA Organic ini bebas dari kandungan paraben, gluten, dan pthalate sehingga aman digunakan. Selain efektif mengatasi rambut kering dan ujung bercabang, minyak jojoba ini juga dapat digunakan untuk melembapkan kulit dan membersihkan makeup.

Metode pemerasan Tidak disebutkan
Volume 59 ml

7. Acne.org Organic Jojoba Oil

7. Acne.org Organic Jojoba Oil

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 425.000

Satu botol untuk kebutuhan seluruh anggota keluarga

Jika Anda mencari produk yang dapat digunakan oleh seluruh anggota keluarga, Acne.org Organic Jojoba Oil adalah jawabannya! Dengan ukuran botol yang besar, produk ini akan sangat membantu agar Anda tidak perlu membeli minyak jojoba berulang kali.

Selain itu, penggunaan 100% jojoba yang belum dimurnikan membuatnya sangat baik digunakan untuk semua bagian tubuh, mulai dari ujung rambut hingga ujung kaki. Produk ini juga terjamin memiliki kualitas yang sangat tinggi sehingga dapat digunakan untuk perawatan bayi, lho!

Metode pemerasan Tidak disebutkan
Volume 236 ml

6. Indoganic Jojoba Oil

6. Indoganic Jojoba Oil

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 99.000

Hindari munculnya jerawat dengan mengembalikan pH normal kulit

Indoganic Jojoba Oil merupakan produk asal Amerika Selatan yang menggunakan bahan organik dan terjamin keamanannya. Produk yang dapat digunakan dua kali sehari ini efektif untuk mengembalikan pH normal kulit agar kelembapannya tetap terjaga dan terhindar dari berbagai masalah kulit, seperti jerawat dan eczema.

Minyak jojoba ini juga dapat menghilangkan produksi minyak berlebih pada kulit sehingga baik digunakan untuk semua jenis kulit. Selain pemakaian pada kulit, produk ini juga dapat digunakan untuk menghapus riasan wajah dan sebagai conditioner pada rambut.

Metode pemerasan Cold pressed
Volume 30 ml

5. Plant Therapy Jojoba Golden Carrier Oil

5. Plant Therapy Jojoba Golden Carrier Oil

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 350.000

Ampuh menenangkan kulit terbakar akibat paparan sinar matahari

Plant Therapy Jojoba Golden Carrier Oil memiliki aroma yang lembut dan khas dari jojoba sehingga nyaman saat digunakan. Karena kaya akan vitamin E dan bebas bahan aditif, produk ini sangat baik digunakan untuk semua jenis kulit, bahkan untuk kulit anak-anak sekalipun.

Bagi Anda yang sering beraktivitas outdoor, minyak jojoba ini juga layak untuk dimiliki karena ampuh untuk menenangkan kulit terbakar dan melindunginya dari dampak paparan sinar matahari. Selain itu, produk ini juga mampu mengatasi kulit yang pecah-pecah, radang, hingga mengurangi kerutan, lho!

Metode pemerasan Cold pressed
Volume 60 ml

4. Now Foods Jojoba Oil

4. Now Foods Jojoba Oil

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 215.000

Produk multi-purpose untuk seluruh bagian tubuh

Minyak jojoba dari Now Foods yang satu ini efektif memberikan khasiat jojoba bagi seluruh bagian tubuh, misalnya untuk menyehatkan rambut, melembutkan kulit wajah, atau sebagai perawatan saat mandi dan pijat. Aroma yang menyegarkan dan stabilitas yang tinggi dari produk ini menjadikannya cocok untuk semua jenis kulit dan berbagai kondisi rambut.

Selain itu, botol jernih yang digunakan untuk mengemasnya juga dilengkapi dengan pelindung sinar UV sehingga kondisi minyak akan tetap sama meski dalam masa pengiriman. Produk ini juga menggunakan bahan baku organik yang terjamin keamanannya dan telah memiliki label USDA Organic.

Metode pemerasan Expeller pressed
Volume 118 ml

3. Arum Nusantara Golden Jojoba Oil

3. Arum Nusantara Golden Jojoba Oil

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 100.000

Produk dengan kandungan vitamin dan mineral lebih banyak!

Bagi Anda yang menginginkan hasil maksimal dari minyak jojoba, mungkin bisa mencoba menggunakan Arum Nusantara Golden Jojoba Oil. Produk ini memanfaatkan minyak yang belum dimurnikan sehingga memiliki warna keemasan dan mengandung lebih banyak vitamin dan mineral.

Minyak jojoba yang berasal dari Amerika ini menggunakan 100% minyak murni dan telah memiliki sertifikasi dari USDA Organic. Karena kaya akan antioksidan dan memiliki sebum yang mirip dengan kulit manusia, produk ini efektif menyehatkan kulit dan menjadikannya tampak lebih bercahaya.

Metode pemerasan Cold pressed
Volume 30 ml

2. Eucalie Jojoba Oil

2. Eucalie Jojoba Oil

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 119.000

Lawan tanda penuaan dan dapatkan tampilan kulit yang lebih awet muda

Jika Anda mendambakan kulit kencang dan tampak awet muda, penggunaan Eucalie Jojoba Oil bisa menjadi solusinya! Produk dengan tingkat kelembapan yang tinggi ini memiliki efek anti-aging yang dapat menghambat munculnya tanda-tanda penuaan.

Selain itu, produk ini hanya mengandung 100% minyak jojoba murni tanpa bahan tambahan apa pun, seperti paraben atau pengawet sehingga terjamin aman untuk digunakan. Anda juga dapat menggunakan produk ini sebagai pelembap sehari-hari untuk seluruh bagian kulit dan rambut.

Metode pemerasan Cold pressed
Volume 20 ml

1. Organic Supply Co. Jojoba Oil

1. Organic Supply Co. Jojoba Oil

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 250.000

Kunci kelembapan kulit dengan produk ini! Untuk kulit yang kenyal dan sehat

Organic Supply Co. Jojoba Oil merupakan 100% minyak murni sehingga memiliki khasiat yang tinggi serta aroma yang khas. Produk ini adalah pilihan sempurna bagi Anda yang menginginkan produk perawatan alami untuk seluruh tubuh.

Minyak yang cocok untuk semua jenis kulit ini efektif untuk menghidrasi dan mengunci kelembapan pada kulit agar lebih kenyal dan sehat. Produk ini juga telah bersertifikat USDA Organic sehingga terjamin kualitas bahan yang digunakan.

Metode pemerasan Cold pressed
Volume 100 ml

Lakukan tes pada kulit sebelum menggunakan produk minyak jojoba

Lakukan tes pada kulit sebelum menggunakan produk minyak jojoba

Meskipun minyak jojoba baik untuk kulit, tidak semua orang cocok menggunakannya. Kesesuaian antara minyak jojoba dan kulit berbeda pada tiap orang, bahkan bisa jadi berbeda antara anggota keluarga.

Oleh karena itu, sebaiknya jangan langsung membeli produk minyak jojoba yang berukuran besar dan hindari pemakaian langsung pada seluruh wajah. Belilah produk dalam ukuran kecil dan lakukan tes pada bagian tubuh yang tidak mencolok terlebih dahulu.

Baca juga rekomendasi minyak nabati lainnya untuk kesehatan dan kecantikan di sini!

Selain dari minyak jojoba yang telah dibahas kali ini, terdapat juga berbagai produk minyak nabati lainnya yang bermanfat untuk kesehatan dan perawatan kecantikan. Simak penjelasan lebih detail pada artikel-artikel berikut!

Kesimpulan

Bagaimana kesan Anda setelah membaca pembahasan cara memilih minyak jojoba dan ulasan berbagai produk terbaik yang kami perkenalkan? Walaupun minyak jojoba merupakan minyak serbaguna yang dapat digunakan untuk perawatan wajah dan rambut, produk yang kualitasnya tidak terjamin juga banyak beredar di pasaran.

Dengan mengacu pada poin dan cara memilih yang telah kami uraikan, pilihlah minyak jojoba yang paling sesuai untuk kulit Anda!