• 10 Minyak Jojoba Terbaik - Ditinjau oleh Dokter dan Ahli Aromaterapi (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Minyak Jojoba Terbaik - Ditinjau oleh Dokter dan Ahli Aromaterapi (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Minyak Jojoba Terbaik - Ditinjau oleh Dokter dan Ahli Aromaterapi (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Minyak Jojoba Terbaik - Ditinjau oleh Dokter dan Ahli Aromaterapi (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Minyak Jojoba Terbaik - Ditinjau oleh Dokter dan Ahli Aromaterapi (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Minyak Jojoba Terbaik - Ditinjau oleh Dokter dan Ahli Aromaterapi (Terbaru Tahun 2022)

Minyak jojoba diakui memiliki banyak manfaat untuk kecantikan. Saat ini, minyak jojoba menjadi bagian penting dalam rangkaian perawatan para wanita, baik untuk wajah, tubuh, maupun rambut. Namun, tersedianya berbagai merek minyak jojoba mungkin membuat Anda bingung ketika harus memilih.

Untuk mempermudah Anda, kami akan menjelaskan cara memilih minyak jojoba yang bagus dan tepat. Selain itu, kami akan merekomendasikan produk terbaik dari berbagai merek, seperti Organic Supply Co., Utama Spice, hingga Arum Nusantara. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh ahli aromaterapi kami, dr. Nova Primadina. Silakan jadikan artikel ini sebagai referensi.

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

dr. Nova Primadina
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 30 Juni 2022
Daftar isi

Profil pakar: Dokter spesialis bedah dan ahli aromaterapi, Dr. Nova Primadina, dr., Sp.BP-RE, CH, CHt

Profil pakar: Dokter spesialis bedah dan ahli aromaterapi, Dr. Nova Primadina, dr., Sp.BP-RE, CH, CHt
dr. Nova Primadina
Dokter spesialis bedah plastik dan dosen
dr. Nova Primadina

dr. Nova adalah seorang dosen di Fakultas Kedokteran Muhammadiyah Surabaya. Beliau juga doktor peneliti yang berfokus pada efek essential oil lokal Indonesia serta aromaterapi pada manusia dan pengobatan herbal. dr. Nova juga seorang dokter spesialis bedah plastik dengan keahlian tambahan sebagai seorang formulator skincare natural, aromaterapi, dan hipnoterapi.


dr. Nova memenangkan hibah penelitian efek essential oil asli Indonesia, Cananga latifolia, terhadap tingkat stres dan konsentrasi mahasiswa FK. Beliau juga meraih juara 1 UMKM binaan IPB dan Prima Kelola dengan skincare-nya yang merupakan essential oil asli Indonesia.

Apa itu minyak jojoba?

Apa itu minyak jojoba?

Minyak jojoba diekstrak dari tanaman jojoba spesies Simmondsia chinensis. Tanaman ini biasanya tumbuh secara alami di daerah gurun seperti Pesisir Barat Amerika dan Meksiko.


Minyak jojoba memiliki kandungan utama yang sama dengan komponen penyusun sebum kulit, yaitu wax ester. Oleh karena itu, minyak jojoba mempunyai kemampuan melembapkan yang tinggi. Berikut ini kami rincikan manfaat jojoba oil untuk kesehatan dan kecantikan.


  • Saat dioleskan ke kulit, minyak ini dapat menjadikan kulit lebih lembut dan kenyal tanpa memberi kesan lengket
  • Mencegah terjadinya keratinisasi, kekeringan kulit, dan kulit kasar berkat kandungan vitamin A, D, E, serta mineral (zink, krom, tembaga, dan yodium)
  • Meringankan gejala eksem dan psoriasis karena adanya kandungan anti-inflamasi serta antioksidan
  • Membantu mengontrol produksi sebum berlebih, mengatasi jerawat membandel, dan mengeliminasi bakteri penyebab jerawat
  • Memperlambat munculnya tanda penuaan, seperti garis halus dan kulit yang mengendur
  • Mengatasi masalah ketombe dan kekeringan pada kulit kepala
  • Memperkuat, menjadikan rambut lebih halus, serta meningkatkan kilau rambut

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih minyak jojoba

Ada begitu banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dalam sebotol minyak jojoba. Akan tetapi, bagaimana cara menentukan produk yang paling tepat? Kami akan menguraikannya untuk Anda. Mari disimak.

Sesuaikan jenisnya dengan tujuan pemakaian

Minyak jojoba dibagi menjadi dua jenis yaitu yang tidak dimurnikan dan sudah dimurnikan. Keduanya memiliki tujuan pemakaian yang spesifik. Oleh karena itu, Anda perlu memahami perbedaannya terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membeli.

Minyak jojoba tanpa proses pemurnian, kaya akan kandungan nutrisi

Minyak jojoba tanpa proses pemurnian, kaya akan kandungan nutrisi

Produk yang tidak dimurnikan adalah minyak jojoba yang tidak diproses lebih lanjut setelah diperas. Minyak jojoba jenis ini kaya vitamin dan mineral, serta memiliki warna keemasan yang cantik. Aromanya juga unik dan khas jojoba. Minyak jojoba yang tidak dimurnikan ini disebut juga dengan “golden jojoba oil”.


Untuk mendapatkan manfaat minyak jojoba secara maksimal, kami lebih merekomendasikan produk yang tidak dimurnikan. Akan tetapi, mengingat harganya yang cukup mahal, produk yang sudah dimurnikan juga bisa menjadi pilihan.

Minyak jojoba dengan proses pemurnian, minim kontaminan sehingga disarankan untuk kulit sensitif

Minyak jojoba dengan proses pemurnian, minim kontaminan sehingga disarankan untuk kulit sensitif

Minyak jojoba jenis ini umumnya sudah mengalami proses penghilangan kontaminan, bau, dan warna. Tak heran jika produk yang dihasilkan nyaris tidak berbau serta berwarna kuning transparan. Sayangnya, sebagian kandungan nutrisinya pun ikut hilang saat proses pemurnian.


Meski begitu, minyak jojoba yang sudah dimurnikan lebih direkomendasikan untuk para pemilik kulit sensitif. Alasannya, kontaminan dalam minyak jojoba jenis ini jauh lebih sedikit sehingga relatif aman untuk kulit sensitif. Namun, sebaiknya gunakan minyak jojoba yang telah dimurnikan dalam kemasan kecil terlebih dahulu untuk mengetahui kecocokannya pada kulit.

Utamakan minyak yang diekstrak dengan cold-pressed method

Utamakan minyak yang diekstrak dengan cold-pressed method

Ada dua cara untuk mengekstrak minyak jojoba. Cara pertama adalah dengan metode ekstraksi pelarut. Cara lainnya adalah dengan metode pemerasan bersuhu rendah atau cold-pressed. Keduanya memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Berikut ini detailnya.


  • Metode ekstraksi pelarut adalah cara mengekstrak minyak jojoba dengan menggunakan pelarut yang mudah menguap. Metode tersebut menggunakan pemanasan pada suhu tinggi sehingga komponen yang tidak tahan panas menjadi rusak. Asam lemak tak jenuh yang berguna untuk meningkatkan imunitas dan mencegah kulit kering pun bisa berubah.

  • Metode cold-pressed adalah metode pemerasan minyak dengan menggunakan tekanan. Metode ini kurang efisien dibandingkan metode ekstraksi pelarut. Produk yang menggunakan metode ini juga umumnya mudah rusak karena kontaminannya tidak hilang. Namun, proses ini menghasilkan minyak jojoba berkualitas tinggi dan kaya nutrisi. Hal ini berkat banyaknya kandungan yang tetap stabil dan tidak rusak berkat penggunaan suhu di bawah 40℃. Suhu lebih dari 40℃ akan merusak beberapa senyawa zat aktif. Bisa dikatakan bahwa minyak jojoba yang diekstrak dengan metode cold-pressed adalah pilihan terbaik.

Periksa kemurnian minyak jojoba dan kandungan zat aditifnya

Periksa kemurnian minyak jojoba dan kandungan zat aditifnya

Minyak nabati dengan kadar kemurnian 100% sangat jarang ditemui, begitu pula dengan minyak jojoba. Minyak jojoba yang beredar di pasaran hampir semuanya telah dicampur dengan minyak lain. Bahkan ada yang telah ditambah dengan zat sintetis, seperti pengawet dan pewangi. Padahal, zat tambahan sintetis cenderung menimbulkan reaksi alergi pada kulit, terutama kulit yang sensitif.


Ada juga zat aditif yang diklaim sebagai zat yang berasal dari bahan alami. Namun, zat ini pun sebenarnya diproses menggunakan bahan kimia. Dengan kata lain, minyak jojoba tersebut tidak dapat dikatakan benar-benar alami. Ada atau tidaknya pengenceran pada minyak jojoba memang cukup sulit untuk dibedakan. Jadi, periksalah keterangan bahannya, lalu pilihlah produk yang murni atau minim kandungan zat aditif.

Pertimbangkan produk yang terbuat dari bahan organik

Pertimbangkan produk yang terbuat dari bahan organik
Tanaman yang ditanam tanpa menggunakan pestisida dan pupuk kimia memiliki kualitas tinggi. Hal itu disebabkan oleh tingkat keamanan dan kandungan nutrisinya yang utuh. Bagi orang berkulit sensitif, residu pestisida yang terbawa di dalam minyak jojoba mungkin akan menyebabkan kulit iritasi. Jadi, usahakan untuk memilih minyak jojoba yang ditanam tanpa menggunakan bahan kimia.

Sekarang ini, cukup banyak lembaga sertifikasi organik yang dengan ketat menginspeksi suatu produk. Lembaga ini mengecek produk mulai dari bahan baku, proses pembuatan, hingga hasil akhirnya.


Produk yang telah mendapatkan sertifikat organik dapat diketahui dari keterangan pada kemasan serta website resmi produsen. Selain itu, keterangan mengenai sertifikasi organik juga biasanya dicantumkan oleh penjual di toko online.


Meskipun begitu, menurut pakar kami, produk-produk yang benar-benar tersertifikasi organik sangat sulit ditemui dan harganya relatif mahal. Untuk keamanan penggunaan, Anda cukup memastikan bahwa minyak jojoba yang dipilih 100% natural tanpa campuran apa pun.

Pilih produk dari produsen yang tepercaya

Pilih produk dari produsen yang tepercaya

Banyak minyak jojoba murah yang diproduksi dalam skala besar. Minyak tersebut biasanya mengalami proses ekstraksi dengan suhu tinggi serta diberi tambahan pengencer, dan bahan kimia lainnya. Produk semacam itu berisiko menimbulkan efek tidak baik atau tidak memberi khasiat seperti yang diharapkan. 


Biasanya, konsumen akan memilih produk yang laris dan banyak mendapat ulasan bagus dari pembeli. Namun, akan lebih baik bila Anda memilih produk yang keterangannya bisa dicek dengan jelas pada website resmi atau kemasannya.

10 Rekomendasi minyak jojoba terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk minyak jojoba terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


DisclaimerSepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Dr. Nova Primadina, dr., Sp.BP-RE, CH, CHt

10
Metode pemerasanTidak disebutkan
Volume60 ml
TersertifikasiYa (BPOM)
9

Stone BarJojoba Oil

Mulai dari Rp 57.500,00

Metode pemerasanTidak ada keterangan
Volume15 ml
TersertifikasiYa (BPOM)
8

Rumah Atsiri IndonesiaJojoba Oil - Rumah Atsiri

Mulai dari Rp 126.500,00

Metode pemerasanTidak ada keterangan
Volume35 ml, 100 ml, dan 165 ml
TersertifikasiYa (BPOM)
7
Metode pemerasanCold-pressed
Volume30 ml
TersertifikasiYa (BPOM)
6
Metode pemerasanTidak ada keterangan
Volume100 ml
TersertifikasiYa (BPOM)
5
Metode pemerasanTidak ada keterangan
Volume30 ml
TersertifikasiYa (BPOM)
4

Arum NusantaraGolden Jojoba Oil (Organic Certified)

Mulai dari Rp 40.000,00

Metode pemerasanCold-pressed
Volume10 ml dan 30 ml
TersertifikasiYa (USDA Organic)
3
Metode pemerasanCold-pressed
Volume10 ml, 30 ml, dan 80 ml
TersertifikasiYa (BPOM)
2
Metode pemerasanCold-pressed
Volume118 ml
TersertifikasiYa (USDA Organic, QAI)
1
Metode pemerasanTidak ada keterangan
Volume30 ml dan 100 ml
TersertifikasiYa (USDA, BPOM)

Tabel perbandingan produk minyak jojoba terbaik

Gambar produk
1
Organic Supply Co. Jojoba Oil 1

Organic Supply Co.

2
Now Foods Jojoba Oil 1

Now Foods

3
Happy Green Organic Jojoba Oil 1

Happy Green

4
Arum Nusantara Golden Jojoba Oil (Organic Certified) 1

Arum Nusantara

5
Utama Spice Jojoba Oil  1

Utama Spice

6
Belli to Baby Jojoba Oil 1

Belli to Baby

7
Nu Aroma Jojoba Oil 1

Nu Aroma

8
Rumah Atsiri Indonesia Jojoba Oil - Rumah Atsiri 1

Rumah Atsiri Indonesia

9
Stone Bar Jojoba Oil 1

Stone Bar

10
OH MAN Blackfriday Jojoba Oil 1

OH MAN

Nama produk

Jojoba Oil

Jojoba Oil

Organic Jojoba Oil

Golden Jojoba Oil (Organic Certified)

Jojoba Oil

Jojoba Oil

Jojoba Oil

Jojoba Oil - Rumah Atsiri

Jojoba Oil

Blackfriday Jojoba Oil

Keunggulan

Ucapkan selamat tinggal pada rambut berketombe

Ukuran besar, pas untuk seluruh anggota keluarga

Cosmetic grade, aman untuk wajah dan tubuh

Merawat kulit Anda tanpa membuat kantong jebol

Efektif membantu pertumbuhan rambut yang sehat

Sanggup melawan tanda penuaan pada kulit

Efektif membantu pertumbuhan rambut yang sehat

Menjaga pH alami kulit sekaligus melawan radikal bebas

Ampuh menenangkan kulit terbakar akibat paparan sinar matahari

Perbaiki rambut yang rusak akibat panas dan hair styling

Harga mulai dariRp 100.000,00Rp 139.000,00Rp 50.000,00Rp 40.000,00Rp 150.000,00Rp 350.000,00Rp 67.000,00Rp 126.500,00Rp 57.500,00Rp 75.000,00
Metode pemerasanTidak ada keteranganCold-pressedCold-pressedCold-pressedTidak ada keteranganTidak ada keteranganCold-pressedTidak ada keteranganTidak ada keteranganTidak disebutkan
Volume30 ml dan 100 ml118 ml10 ml, 30 ml, dan 80 ml10 ml dan 30 ml30 ml100 ml30 ml35 ml, 100 ml, dan 165 ml15 ml60 ml
TersertifikasiYa (USDA, BPOM)Ya (USDA Organic, QAI)Ya (BPOM)Ya (USDA Organic)Ya (BPOM)Ya (BPOM)Ya (BPOM)Ya (BPOM)Ya (BPOM)Ya (BPOM)
Tautan produk

Tips menggunakan minyak jojoba

Kami sudah menjelaskan cara memilih dan merekomendasikan produk minyak jojoba terbaik untuk Anda. Agar informasi yang Anda dapatkan makin lengkap, kami juga akan membagikan sedikit tips dalam menggunakan minyak jojoba. Simak sampai selesai, ya.

Cara menggunakan minyak jojoba pada wajah

Cara menggunakan minyak jojoba pada wajah

Berbeda dengan essential oil, minyak jojoba tidak perlu diencerkan dan bisa diaplikasikan pada kulit secara langsung. Coba gunakan pada kulit wajah sebelum tidur sebagai serum anti-aging. Caranya mudah! Cukup teteskan 3-4 tetes minyak jojoba dan oleskan secara merata pada kulit wajah Anda. Anda juga bisa menggunakannya pada bibir untuk melembapkan bibir kering dan pecah-pecah.

Cara menggunakan minyak jojoba pada rambut

Cara menggunakan minyak jojoba pada rambut

Sama halnya dengan kulit wajah, Anda dapat mengaplikasikan minyak jojoba secara langsung ke helaian rambut. Usapkan minyak secara merata hingga ke ujung rambut, diamkan selama 20 menit lalu keramaslah seperti biasa. Namun, sebaiknya hangatkan minyak terlebih dahulu sebelum digunakan. Dalam kondisi hangat, konsistensi minyak menjadi tidak begitu kental sehingga Anda pun akan lebih mudah memakainya.

Lakukan tes pada kulit terlebih dahulu

Lakukan tes pada kulit terlebih dahulu
Meskipun minyak jojoba baik untuk kulit, tidak semua orang cocok menggunakannya. Minyak jojoba yang sama bisa memiliki pengaruh yang berbeda pada kulit orang yang berbeda. Bahkan, antara anggota keluarga juga bisa merasakan dampak yang berbeda.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda jangan langsung membeli produk minyak jojoba yang berukuran besar. Hindari pula pemakaian langsung pada seluruh wajah. Belilah produk dalam ukuran kecil, lalu cobalah gunakan pada bagian tubuh yang tidak mencolok terlebih dahulu. Jika tidak muncul gejala iritasi, seperti gatal dan kemerahan, silakan lanjutkan pemakaian pada area kulit lainnya.


Minyak jojoba juga relatif aman untuk bayi. Namun, seperti pada orang dewasa, Anda juga perlu melakukan skin test terlebih dahulu.

Baca juga rekomendasi minyak nabati lainnya untuk kesehatan dan kecantikan di sini

Selain minyak jojoba, terdapat juga berbagai produk minyak nabati lainnya yang bermanfat untuk kesehatan dan kecantikan. Simak penjelasan lebih detail pada artikel-artikel berikut!

Kesimpulan

Setelah membaca artikel ini, apakah Anda sudah dapat menentukan produk minyak jojoba yang ingin dibeli? Minyak jojoba merupakan minyak serbaguna yang dapat digunakan untuk perawatan wajah dan rambut. Namun sayangnya, banyak produk dengan kualitas tidak terjamin yang beredar di pasaran.

Dengan mengacu pada cara memilih yang telah kami uraikan, pilihlah produk yang paling pas dengan kebutuhan Anda. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Selamat memilih!

Artikel terkait

  • 10 Body Oil Terbaik - Ditinjau oleh Dokter dan Ahli Aromaterapi (Terbaru Tahun 2022)
    10 Body Oil Terbaik - Ditinjau oleh Dokter dan Ahli Aromaterapi (Terbaru Tahun 2022)
    Body oil dapat mencegah kulit kering karena memiliki kadar minyak dan kelembapan yang tinggi. Dengan minyak nabati sebagai bahan utamanya, body oil populer di kalangan orang-orang yang berorientasi hidup sehat. Body oil juga dapat digunakan untuk perawatan rambut, mencerahkan kulit, minyak pijat, serta aromaterapi.Kali ini kami akan membagikan rekomendasi body oil dari merek-merek yang bagus, seperti Clarins, Nuxe, Wardah, dan Josie Maran. Tak lupa, ada juga panduan memilih body oil yang tepat untuk Anda dan keluarga! Artikel ini sudah ditinjau oleh ahli aromaterapi kami, dr. Nova Primadina. Selamat membaca!
    Essential oil
  • 10 Rekomendasi Minyak Argan (Argan Oil) Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Minyak Argan (Argan Oil) Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Di antara bermacam-macam minyak kosmetik, argan oil yang berasal dari Maroko merupakan salah satu minyak dengan manfaat menakjubkan! Minyak nabati ini juga fungsional karena dapat digunakan untuk seluruh tubuh, mulai dari wajah, rambut, hingga kuku. Karena itu, tak heran apabila argan oil kian hari kian diminati.Agar lebih jelas, kami akan memaparkan cara memilih argan oil yang bagus dan memperkenalkan produk-produk terbaiknya kepada Anda. Berbagai merek ternama, seperti Biotalk, Eucalie, Organic Supply Co, dan lainnya pun akan kami ulas. Yuk, langsung simak pembahasannya!
    Essential oil
  • 10 Tea Tree Oil Terbaik - Ditinjau oleh Dokter dan Ahli Aromaterapi (Terbaru Tahun 2022)
    10 Tea Tree Oil Terbaik - Ditinjau oleh Dokter dan Ahli Aromaterapi (Terbaru Tahun 2022)
    Tea tree oil merupakan olahan daun teh (Melaleuca) yang diproses dengan cara diembunkan hingga menghasilkan minyak. Tea tree oil dikenal memiliki banyak kelebihan seperti untuk menyembuhkan jerawat, mengobati bekas luka, sebagai aromaterapi, dan body care.Selain manfaat tersebut, wangi dari tea tree oil juga dapat memberi efek relaksasi bagi penggunanya. Nah, kami akan menjelaskan cara memilih beserta merekomendasikan merek tea tree oil yang bagus seperti The Body Shop dan Moriganic. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh ahli aromaterapi kami, dr. Nova Primadina. Selamat membaca!
    Essential oil
  • 10 Rekomendasi Minyak Peppermint Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Minyak Peppermint Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Selain bisa memberikan sensasi menyegarkan, minyak peppermint merupakan minyak serbaguna yang dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan. Melegakan hidung tersumbat, meredakan sakit kepala, hingga menghalau serangga adalah contoh manfaat dari penggunaan minyak peppermint. Agar Anda tidak salah memilih, kami akan menjelaskan cara memilih produk yang tepat. Tidak lupa, kami juga akan merekomendasikan produk dari merek terkemuka, seperti Young Living, Nusaroma, Happy Green, dan lainnya. Nah, mari simak informasinya dan temukan minyak peppermint yang bagus serta paling cocok untuk Anda!
    Essential oil
  • 9 Minyak Aromaterapi Terbaik - Ditinjau oleh Dokter dan Ahli Aromaterapi (Terbaru Tahun 2022)
    9 Minyak Aromaterapi Terbaik - Ditinjau oleh Dokter dan Ahli Aromaterapi (Terbaru Tahun 2022)
    Menghilangkan lelah, mengurangi stres, dan membuat tidur lebih nyenyak merupakan beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari penggunaan aromatherapy oil. Tidak jarang, minyak aromaterapi hadir dalam bentuk essential oil sehingga bisa digunakan secara atopik maupun diuapkan dengan diffuser.Selain Young Living, merek lokal seperti NU Aroma dan Bali Ratih pun mengeluarkan produk dengan wangi aromaterapi terbaik. Ada aromaterapi lavender, minyak kayu putih, dan lainnya. Agar lebih praktis, kami akan menyajikan cara memilih dan rekomendasi produk aromaterapi yang bagus untuk Anda! Artikel ini sudah ditinjau oleh ahli aromaterapi kami, dr. Nova Primadina.
    Essential oil
  • 10 Rekomendasi Minyak Kemiri Terbaik untuk Rambut (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Minyak Kemiri Terbaik untuk Rambut (Terbaru Tahun 2022)
    Khasiat kemiri bukanlah mitos belaka. Sering digunakan sebagai bumbu dapur, kemiri ternyata bisa diolah menjadi minyak. Minyak kemiri menyimpan banyak manfaat, salah satunya untuk menutrisi rambut. Anda bisa membuat minyak kemiri sendiri dengan cara menyangrai, merebus, atau memanggang biji kemiri hingga minyaknya keluar. Namun, Anda tidak perlu bersusah-susah karena kini sudah banyak minyak kemiri berkualitas tinggi dijual di pasaran. Merek-merek seperti Cantiqa, Cussons, dan KUKUi menawarkan minyak kemiri asli untuk menyuburkan rambut anak dan dewasa. Artikel ini akan membantu Anda memilih minyak kemiri yang bagus untuk rambut. Simak terus, ya!
    Essential oil
  • 10 Rekomendasi Essential Oil Young Living Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Essential Oil Young Living Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Di zaman modern yang supersibuk ini, banyak orang mencari ketenangan pikiran dan mental dengan memakai essential oil. Essential oil adalah konsentrat minyak dengan berbagai aroma yang diekstrak dari tanaman. Salah satu merk essential oil yang merajai pasar di Indonesia adalah Young Living. Apakah Anda sudah pernah memakai essential oil dari Young Living? Jika belum, kali ini kami akan merekomendasikan beberapa produk essential oil yang bagus dari Young Living. Berbagai varian aroma, seperti lavender, bergamot, atau patchouli bisa Anda dapatkan. Cari tahu juga cara memilihnya di artikel ini, ya!
    Essential oil
  • 10 Rekomendasi Minyak Sereh Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Minyak Sereh Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Minyak sereh adalah sebuah minyak asiri yang proses pembuatannya diekstrak dari batang tumbuhan serai. Namun, serai yang digunakan berbeda dengan serai yang digunakan untuk bumbu. Untuk membuat minyak sereh, Anda membutuhkan batang serai wangi karena aromanya lebih harum dan manfaatnya lebih melimpah.Anda bisa menggunakan minyak sereh untuk bayi, untuk gatal-gatal, bahkan sebagai antinyamuk. Kami akan membagikan rekomendasi minyak sereh wangi yang bagus dari berbagai merk, seperti Cap Lang, Cap Dragon, dan Cap Gajah. Bacalah artikel ini hingga selesai, lalu temukan minyak sereh murni dan asli yang sesuai dengan kebutuhan. 
    Essential oil
  • 10 Rekomendasi Minyak Bidara Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Minyak Bidara Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Minyak bidara adalah minyak dari ekstrak daun bidara yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh serta kecantikan. Bahkan, minyak bidara juga dipercaya dapat mengatasi gangguan nonmedis. Karena khasiatnya yang lengkap, minyak bidara sering dipakai sebagai minyak untuk bayi, ibu hamil, dan mengatasi pegal-pegal.Cara penggunaan minyak bidara tergolong cukup beragam, ada yang digunakan dengan cara dioleskan, diminum, hingga ditaburkan dalam air. Di artikel ini kami akan membagikan rekomendasi minyak bidara yang bagus dari berbagai merk seperti As Zahra dan Sidra99. Sebelumnya, yuk ketahui dahulu apa manfaat minyak bidara berikut ini!
    Essential oil
  • 10 Minyak Cengkeh Terbaik - Ditinjau oleh Dokter dan Ahli Aromaterapi (Terbaru Tahun 2022)
    10 Minyak Cengkeh Terbaik - Ditinjau oleh Dokter dan Ahli Aromaterapi (Terbaru Tahun 2022)
    Minyak cengkeh adalah minyak esensial hasil ekstraksi dari kuncup bunga cengkeh. Minyak ini berwarna kuning atau cokelat keemasan dan aromanya pedas. Minyak cengkeh menyimpan banyak manfaat untuk permasalahan gigi, kulit, hingga pernapasan. Jadi, menyimpan minyak cengkeh di kotak obat adalah ide yang bagus.Kali ini kami akan membagikan tips memilih minyak cengkeh terbaik dan cara memakainya yang benar. Kami juga akan merekomendasikan serta mengulas minyak cengkeh dari beberapa merek, seperti Cap Gajah dan Cap Burung Kakak Tua. Artikel ini sudah ditinjau oleh ahli aromaterapi kami, dr. Nova Primadina. Selamat membaca!
    Essential oil
  • Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Minyak Kemiri Terbaik untuk Rambut (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Minyak Kemiri Terbaik untuk Rambut (Terbaru Tahun 2022)
    Khasiat kemiri bukanlah mitos belaka. Sering digunakan sebagai bumbu dapur, kemiri ternyata bisa diolah menjadi minyak. Minyak kemiri menyimpan banyak manfaat, salah satunya untuk menutrisi rambut. Anda bisa membuat minyak kemiri sendiri dengan cara menyangrai, merebus, atau memanggang biji kemiri hingga minyaknya keluar. Namun, Anda tidak perlu bersusah-susah karena kini sudah banyak minyak kemiri berkualitas tinggi dijual di pasaran. Merek-merek seperti Cantiqa, Cussons, dan KUKUi menawarkan minyak kemiri asli untuk menyuburkan rambut anak dan dewasa. Artikel ini akan membantu Anda memilih minyak kemiri yang bagus untuk rambut. Simak terus, ya!
    Essential oil
  • 10 Rekomendasi Essential Oil Young Living Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Essential Oil Young Living Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Di zaman modern yang supersibuk ini, banyak orang mencari ketenangan pikiran dan mental dengan memakai essential oil. Essential oil adalah konsentrat minyak dengan berbagai aroma yang diekstrak dari tanaman. Salah satu merk essential oil yang merajai pasar di Indonesia adalah Young Living. Apakah Anda sudah pernah memakai essential oil dari Young Living? Jika belum, kali ini kami akan merekomendasikan beberapa produk essential oil yang bagus dari Young Living. Berbagai varian aroma, seperti lavender, bergamot, atau patchouli bisa Anda dapatkan. Cari tahu juga cara memilihnya di artikel ini, ya!
    Essential oil
  • 9 Minyak Aromaterapi Terbaik - Ditinjau oleh Dokter dan Ahli Aromaterapi (Terbaru Tahun 2022)
    9 Minyak Aromaterapi Terbaik - Ditinjau oleh Dokter dan Ahli Aromaterapi (Terbaru Tahun 2022)
    Menghilangkan lelah, mengurangi stres, dan membuat tidur lebih nyenyak merupakan beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari penggunaan aromatherapy oil. Tidak jarang, minyak aromaterapi hadir dalam bentuk essential oil sehingga bisa digunakan secara atopik maupun diuapkan dengan diffuser.Selain Young Living, merek lokal seperti NU Aroma dan Bali Ratih pun mengeluarkan produk dengan wangi aromaterapi terbaik. Ada aromaterapi lavender, minyak kayu putih, dan lainnya. Agar lebih praktis, kami akan menyajikan cara memilih dan rekomendasi produk aromaterapi yang bagus untuk Anda! Artikel ini sudah ditinjau oleh ahli aromaterapi kami, dr. Nova Primadina.
    Essential oil
  • 10 Body Oil Terbaik - Ditinjau oleh Dokter dan Ahli Aromaterapi (Terbaru Tahun 2022)
    10 Body Oil Terbaik - Ditinjau oleh Dokter dan Ahli Aromaterapi (Terbaru Tahun 2022)
    Body oil dapat mencegah kulit kering karena memiliki kadar minyak dan kelembapan yang tinggi. Dengan minyak nabati sebagai bahan utamanya, body oil populer di kalangan orang-orang yang berorientasi hidup sehat. Body oil juga dapat digunakan untuk perawatan rambut, mencerahkan kulit, minyak pijat, serta aromaterapi.Kali ini kami akan membagikan rekomendasi body oil dari merek-merek yang bagus, seperti Clarins, Nuxe, Wardah, dan Josie Maran. Tak lupa, ada juga panduan memilih body oil yang tepat untuk Anda dan keluarga! Artikel ini sudah ditinjau oleh ahli aromaterapi kami, dr. Nova Primadina. Selamat membaca!
    Essential oil
  • 10 Rekomendasi Minyak Bidara Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Minyak Bidara Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Minyak bidara adalah minyak dari ekstrak daun bidara yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh serta kecantikan. Bahkan, minyak bidara juga dipercaya dapat mengatasi gangguan nonmedis. Karena khasiatnya yang lengkap, minyak bidara sering dipakai sebagai minyak untuk bayi, ibu hamil, dan mengatasi pegal-pegal.Cara penggunaan minyak bidara tergolong cukup beragam, ada yang digunakan dengan cara dioleskan, diminum, hingga ditaburkan dalam air. Di artikel ini kami akan membagikan rekomendasi minyak bidara yang bagus dari berbagai merk seperti As Zahra dan Sidra99. Sebelumnya, yuk ketahui dahulu apa manfaat minyak bidara berikut ini!
    Essential oil
  • 10 Tea Tree Oil Terbaik - Ditinjau oleh Dokter dan Ahli Aromaterapi (Terbaru Tahun 2022)
    10 Tea Tree Oil Terbaik - Ditinjau oleh Dokter dan Ahli Aromaterapi (Terbaru Tahun 2022)
    Tea tree oil merupakan olahan daun teh (Melaleuca) yang diproses dengan cara diembunkan hingga menghasilkan minyak. Tea tree oil dikenal memiliki banyak kelebihan seperti untuk menyembuhkan jerawat, mengobati bekas luka, sebagai aromaterapi, dan body care.Selain manfaat tersebut, wangi dari tea tree oil juga dapat memberi efek relaksasi bagi penggunanya. Nah, kami akan menjelaskan cara memilih beserta merekomendasikan merek tea tree oil yang bagus seperti The Body Shop dan Moriganic. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh ahli aromaterapi kami, dr. Nova Primadina. Selamat membaca!
    Essential oil
  • 10 Rekomendasi Minyak Angin Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Minyak Angin Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Masyarakat Indonesia akrab dengan ramuan tradisional, mulai dari jamu sampai minyak angin. Minyak angin yang telah lama dikenal oleh keluarga Indonesia pun kini hadir dengan kemasan dan aroma yang inovatif. Beberapa produk yang populer adalah dari merek Cap Lang, Cap Kapak, dan FreshCare.Masing-masing produk minyak angin tersedia dalam komposisi, ukuran, serta harga yang bervariasi. Oleh karena itu, kami akan membagikan tips memilih minyak angin supaya Anda dapat menemukan produk yang sesuai kebutuhan. Tidak hanya itu, Anda juga dapat memeriksa rekomendasi produk dari kami di akhir artikel ini. Selamat membaca!
    Essential oil
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori