10 Rekomendasi Proyektor Portabel Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Proyektor Portabel Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Terkadang, kita sering melihat orang-orang menikmati film di rumah melalui proyektor, atau para pebisnis yang melakukan presentasi dengan menggunakan proyektor mini yang mudah dibawa-bawa dengan menghubungkannya ke laptop, tablet, atau bahkan smartphone. Proyektor portabel semacam ini biasanya memanfaatkan koneksi HDMI atau Wi-Fi, dan sebagian besar menggunakan baterai sebagai dayanya.

Selain itu, hampir semua produk proyektor portabel sudah dibekali dengan lampu LED yang berkualitas sehingga Anda bisa menikmati menonton film di rumah seolah seperti di bioskop. Pada artikel ini kami akan memberikan informasi bagaimana memilih proyektor portabel yang tepat, kemudian merekomendasikan beberapa produk berdasarkan harga dan keunggulannya.

Daftar isi

Cara memilih proyektor portabel

Keunggulan yang bisa langsung dirasakan dari sebuah proyektor portabel adalah desainnya yang kecil, serta bobotnya yang terasa ringan. Berikut ini akan kami jelaskan tujuh poin utama bagaimana memilih proyektor portabel agar produk yang akan Anda beli bisa digunakan secara maksimal.

Perhatikan ukuran dan beratnya

Perhatikan ukuran dan berat

Salah satu poin yang perlu diperhatikan sebelum membeli proyektor portabel adalah memperhatikan ukuran serta bobotnya. Ukurannya yang kecil serta bobot yang ringan akan sangat memudahkan jika dibawa ke mana-mana. Namun, jika poin ini lebih diutamakan, biasanya kecerahan dan resolusi gambar yang dihasilkan akan kurang maksimal.

Oleh karena itu, pilihlah produk proyektor portabel yang seimbang antara penampilan dengan bobot, serta mempunyai kinerja yang bagus. Sebagai acuan, pilihlah proyektor yang beratnya di bawah 1 kg. Jika memungkinkan, proyektor dengan berat sekitar 500 gram akan lebih ideal dan lebih tinggi portabilitasnya.

Perhatikan kecerahannya

Perhatikan kecerahannya

Dalam memilih proyektor, sangat penting untuk memperhatikan kecerahan yang dipancarkan. Ukuran tingkat kecerahan ini biasanya dinyatakan dalam satuan lumen (lm). Semakin tinggi nilai lumennya, maka semakin terang cahaya yang dihasilkan.

Cahaya yang terang akan semakin jelas dalam menampilkan gambar, bahkan dari jarak jauh sekalipun. Sebagai standar, untuk ruangan pertemuan dengan kapasitas sekitar 5 orang, kira-kira dibutuhkan kecerahan sebesar 500 lumen. Sedangkan untuk ruangan berkapasitas sekitar 10 orang, maka dibutuhkan kecerahan sebesar 3000 lumen.

Semakin tinggi tingkat kecerahan suatu proyektor, maka semakin bagus kualitas cahaya yang dipancarkan. Oleh karena itu, sebisa mungkin pilihlah produk yang tinggi tingkat kecerahannya.

Perhatikan resolusi dan rasio kontrasnya

Perhatikan resolusi dan rasio kontrasnya

Besarnya resolusi sebuah gambar dinyatakan dalam satuan piksel. Semakin besar nilai pikselnya, semkain detail gambar yang dihasilkan. Namun, jika Anda tidak terlalu mementingkan detail yang rinci untuk menampilkan gambar atau video, maka resolusi yang tidak terlalu tinggi pun tidak akan menjadi masalah.

Resolusi gambar juga bisa dinyatakan dalam SVGA atau XGA. Sebagai patokan, kami sarankan agar Anda memilih produk dengan resolusi lebih dari 854 x 480 piksel.

Sedangkan rasio kontras adalah rasio yang menunjukkan perbedaan warna paling terang dengan warna paling gelap yang ditampilkan pada layar. Semakin besar rasionya, maka ketajaman warna pada gambar yang ditampilkan juga semakin jelas. Untuk standar tampilan yang bagus, pilihlah rasio kontras sebesar 1000:1 atau lebih.

Perhatikan ukuran layar dan jarak proyeksi

Perhatikan ukuran layar dan jarak proyeksi

Ukuran lebar atau besar gambar yang ditampilkan dalam sebuah jarak proyeksi dinyatakan dalam satuan inci. Jarak proyeksi adalah nilai yang menunjukkan seberapa jauh jarak yang Anda butuhkan untuk mendapatkan ukuran tertentu pada tampilan layar.

Kami sarankan agar Anda memastikan jarak proyeksi yang dibutuhkan pada suatu proyektor dengan ukuran ruangan di mana Anda akan menggunakannya.

Perhatikan koneksi input dan output-nya

Perhatikan koneksi input dan output-nya

Ketika menggunakan proyektor portabel, sangat penting untuk memeriksa terminal koneksi yang menghubungkannya ke PC atau tablet. Saat ini sebagian besar terminal input eksternal pada PC adalah port HDMI. Kabel HDMI ini juga bisa menghubungkan proyektor portabel ke smartphone atau tablet Anda. Akan tetapi, dibutuhkan adaptor output yang bisa Anda pasang di sisi terminal.

Selain itu, ada juga proyektor yang bisa disambungkan ke PC atau perangkat lainnya dengan menggunakan Wi-Fi. Jadi, pastikan untuk memeriksa terlebih dahulu metode koneksi apa saja yang bisa digunakan pada produk yang Anda inginkan, kemudian sesuaikan dengan perangkat yang Anda miliki.

Perhatikan jenis baterai yang digunakan

Perhatikan jenis baterai yang digunakan

Sebagian dari proyektor portabel yang tersedia saat ini sudah memiliki baterai langsung di dalamnya. Hal ini tentunya memudahkan pemakaian saat Anda bepergian ke luar.

Selain itu, baterai pada proyektor portabel ini juga dapat berfungsi sebagai power bank berkapasitas besar dan bisa digunakan untuk mengisi daya baterai smartphone. Oleh karena itu, perhatikan dengan teliti kapasitas baterai serta cara pengisian ulang daya pada proyektor portabel yang akan Anda beli.

Fitur tambahan

Fitur tambahan

Sebuah proyektor portabel biasanya dibekali dengan berbagai fitur tambahan. Misalnya, apabila gambar yang diproyeksikan terdistorsi, maka beberapa tipe proyektor portabel memiliki fitur tambahan untuk mengoreksi distorsi tersebut.

Saat ini, beberapa tipe proyektor portabel sudah dibekali dengan lampu LED yang hemat energi, dilengkapi dengan mode senyap, atau fitur-fitur lainnya yang memperhatikan kebutuhan pengguna. Oleh karena itu, perhatikan juga fitur tambahan yang menjadi ciri khas dari suatu produk sebagai pertimbangan dalam memilih proyektor portabel.

10 Rekomendasi proyektor portabel terbaik

Setelah membaca penjelasan di atas, maka berikut ini akan kami rekomendasikan produk-produk terbaik untuk sebuah proyektor portabel. Semoga bisa membantu Anda dalam memilih sesuai dengan kebutuhan.

10. OEM Mini Portable Projector Rd-802

10. OEM Mini Portable Projector Rd-802

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 985.000

Jika ingin berbagi file, cukup mudah menggunakan USB atau SD Card

Proyektor portabel ini dibekali dengan rasio kontras 1000:1, dan resolusi gambar yang mendukung hingga 1080 piksel. Ukurannya yang kecil, ringan, mudah dibawa, serta telah dilengkapi dengan speaker, membuat Anda bisa menonton film maupun bermain game dengan mudah dan nyaman.

Selain itu, juga didukung oleh metode input yang beragam, seperti VFA, HDMI, AV, SD Card, dan USB, Anda dapat menghubungkannya ke berbagai perangkat digital, seperti DVD Player, laptop, dan TV set-top box. Apabila Anda ingin berbagi file, cukup mudah dengan menggunakan USB maupun SD Card.

9. Vakind Mini Portable Projector YG310

9. Vakind Mini Portable Projector - YG310

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 597.000

Pengoperasian yang praktis dengan remote control

Produk proyektor portabel ini didesain compact dengan pengoperasian yang praktis dengan menggunakan remote control. Produk ini dibekali dengan proyeksi sebesar 24 hingga 60 inci dengan jarak efektif 2 meter. Terdapat beberapa metode input yang bisa Anda gunakan, di antaranya AV, USB, SD Card, dan HDMI.

Di samping itu, jika Anda suka menonton film, proyektor ini juga mendukung format MP4, RMVB, AVI, RM, dan MKV, dengan rasio kontras sebesar 800:1. Tingkat kecerahannya sebesar 400-600 lm, sehingga cocok digunakan untuk menonton film bersama keluarga.

8. Excelvan Mini Portable LED Projector GM60

8. Excelvan Mini Portable Projector - GM60

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 940.500

Didukung proyeksi yang bisa memberikan efek 3D

Proyektor portabel dari Excelvan ini adalah salah satu produk yang mampu memanjakan mata Anda oleh resolusi gambar dengan kualitas baik, karena dibekali resolusi gambar sebesar 800×480 piksel, dengan rasio kontras 1000:1. Di samping itu, proyektor portabel ini dibekali proyeksi yang bisa memberikan efek 3D.

Di samping itu, lampu LED-nya awet bertahan selama 20.000 jam, serta memiliki tingkat kecerahan sebesar 1000 lm. Untuk metode input-nya, Anda tidak perlu khawatir, karena produk ini juga didukung oleh beragam port di antaranya untuk USB, SD Card, VGA, HDMI, dan AV.

7. Uhappy Mini Portable Projector U35

7. Uhappy Mini Portable Projector - U35

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 2.336.000

Pengalaman bermain game dengan ukuran layar mencapai 100 inci!

Produk proyektor portabel dari Uhappy ini didesain dengan ukuran mini 170 x 135 x 66 mm, serta ringan sehingga akan sangat nyaman dibawa dan digunakan di mana saja. Metode input-nya berupa USB, SD Card, dan HDMI untuk komputer, laptop, TV, maupun smartphone.

Proyektor ini mampu menampilkan video dengan resolusi sebesar 640×480 piksel dengan tingkat kecerahan 800 lm. Di samping itu, dengan kontras sebesar 800:1, Anda bisa menikmati bermain game, presentasi pekerjaan di kantor, serta menonton film dengan ukuran layar mulai dari 30 hingga 100 inci!

6. Simplebeam Android Smart Projector GP70UP

6. Simplebeam Android Smart Projector GP70UP

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.522.226

Kualitas gambar yang jernih dalam kondisi minim cahaya

Dengan tampilan gambar sebesar 30 – 120 inci, serta tingkat kecerahannya sebesar 1500 lm, maka dalam kondisi yang minim cahaya proyektor ini mampu menampilkan kualitas gambar yang jernih. Di samping itu, proyektor ini dibekali dengan lampu LED yang mampu bertahan selama 30.000 jam.

Proyektor ini didukung oleh fitur built-in untuk Android 4.4. Anda bisa memutar video, dan menjalankan aplikasi atau game yang telah diunduh dengan menyambungkan smartphone Anda pada proyektor. Dengan metode input berupa HDMI, VGA, USB, SD Card, AV, dan TV, Anda juga bisa menghubungkannya ke PC, laptop, atau DVD untuk menikmati film favorit Anda.

5. Samsung Smart Beam Projector SSB-10DLFF08

5. Samsung Smart Beam Projector SSB-10DLFF08

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 6.189.000

Tingkat kecerahan rendah namun dibekali fitur DLP

Produk proyektor portabel dari Samsung ini hadir dengan desain berwarna cokelat yang elegan. Tingkat kecerahannya hanya sebesar 80 lm yang tergolong rendah jika dibandingkan dengan produk yang lain. Namun, proyektor ini dibekali dengan lampu LED yang mampu bertahan selama 20.000 jam.

Untuk menggunakannya, Anda cukup menyambungkan proyektor ke perangkat Samsung Anda melalui wireless. Proyektor portabel ini mempunyai rasio kontras sebesar 700:1, dengan tampilan gambar yang dibekali fitur digital light processing (DLP) format WVGA sebesar 854×480 piksel. Perlu diperhatikan bahwa Anda harus menggunakan aplikasi khusus untuk mengoperasikan proyektor portabel ini dengan produk berbasis iOS.

4. LG Mini Beam Nano Projector PV150G

4. LG Mini Beam Nano Projector - PV150G

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 3.990.000

Koneksi ke Android melalui wireless

Desain proyektor portabel dari LG ini tergolong kecil dan dibekali dengan baterai yang mampu bertahan selama 2 jam yang dayanya bisa diisi ulang. Meskipun ukuran bodinya kecil, proyektor ini mampu menampilkan ukuran gambar sebesar 70 inci, dengan resolusi berkualitas sebesar 854 x 480 piksel.

Anda cukup menghubungkan proyektor dengan Android melalui koneksi wireless. Dengan tingkat kecerahan 100 lm, Anda bisa menjalankan aplikasi dan menonton film dari smartphone bersama keluarga ataupun sahabat. Namun, perlu diingat bahwa proyektor ini belum kompatibel untuk sistem iOS.

3. Crenova Mini Portable Projector XPE490

3. Crenova Mini Portable Projector - XPE490

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 4.222.000

Fitur cooling system untuk mengurangi panas ketika digunakan

Untuk Anda yang menyukai menonton film beramai-ramai, proyektor portabel dari Crenova ini bisa dihubungkan ke berbagai macam perangkat Anda. Salah satu keunggulan produk ini adalah tersedianya fitur cooling system yang berfungsi agar proyektor tidak menimbulkan panas berlebih ketika digunakan.

Proyektor ini dibekali dengan tingkat kecerahan 1600 lm, serta lebar layar sebesar 30 hingga 180 inci. Dengan kelebihan tersebut, maka Anda bisa menonton film dan bermain game dengan kepuasan gambar yang besar dan lebih terang.

2. Asus Projector Mobile S1

2. Asus Projector Mobile - S1

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 5.490.000

Proses on/off yang hanya memerlukan waktu singkat!

Proyektor portabel dari Asus ini mempunyai bobot sangat ringan, yaitu hanya 342 gram! dan dibekali sistem yang bisa difungsikan sebagai power bank dengan kapasitas 6000 mAh. Tingkat kecerahannya sebesar 200 lm, dengan rasio kontras sebesar 1.000:1, serta lampu LED yang bisa bertahan selama 30.000 jam. Dengan rata-rata pemakaian selama 8 jam perhari, maka Anda tidak perlu mengganti baterai selama 10 tahun.

Keunggulan lainnya, berada pada proses on/off-nya yang hanya memerlukan waktu singkat, serta proyektornya mengadopsi teknologi DLP yang digunakan bioskop di seluruh dunia. Metode ini mampu melakukan proyeksi dengan cepat dan menampilkan gambar dengan warna yang berkualitas. Port yang tersedia untuk input media pada produk ini berupa HDMI dan MHL.

1. SK Telecom Smart Beam Mini Portable Projector

1. SK Telecom Smart Beam Mini Portable Projector

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 2.970.337

Proyektor portabel mini yang sangat cocok untuk kegiatan outdoor

Proyektor portabel dari SK Telecom ini memiliki desain bentuk kubik yang unik dengan ukuran 4,5 cm dan berat 130 g. Sangat cocok untuk dibawa ke mana-mana, terutama untuk kegiatan outdoor seperti misalnya saat camping. SK Telecom Smart Beam ini juga mampu mendeteksi signal video kemudian memilih mode yang diperlukan secara otomatis. 

Bodinya yang sangat kecil diungguli ukuran layar yang bisa dihasilkan sebesar 20-100 inci serta resolusi gambar 1280×720 piksel. Anda bisa menikmati bermain game, menonton film, maupun melakukan video call dengan kualitas yang memuaskan. Proyektor ini kompatibel untuk semua jenis perangkat, di antaranya Samsung, iPhone, tablet, iPad, dan juga PC.

Kesimpulan

Pada artikel kali ini, kami telah memberikan rekomendasi produk proyektor portabel. Apakah Anda menemukan yang cocok dengan kebutuhan? Sebelum membeli, pastikan Anda memperhatikan poin-poin penting dalam memilih proyektor portabel.

Meskipun mungkin harganya tergolong mahal, fungsi dan fitur yang ditawarkan sebanding dengan kenyamanan yang bisa Anda rasakan.