• 10 Rekomendasi Proyektor Portabel Terbaik (Terbaru Tahun 2019) 1
  • 10 Rekomendasi Proyektor Portabel Terbaik (Terbaru Tahun 2019) 2
  • 10 Rekomendasi Proyektor Portabel Terbaik (Terbaru Tahun 2019) 3
  • 10 Rekomendasi Proyektor Portabel Terbaik (Terbaru Tahun 2019) 4
  • 10 Rekomendasi Proyektor Portabel Terbaik (Terbaru Tahun 2019) 5

10 Rekomendasi Proyektor Portabel Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

Terkadang, kita sering melihat orang-orang menikmati film di rumah melalui proyektor, atau para pebisnis yang melakukan presentasi dengan menggunakan proyektor mini yang mudah dibawa-bawa dengan menghubungkannya ke laptop, tablet, atau bahkan smartphone. Proyektor portabel semacam ini biasanya memanfaatkan koneksi HDMI atau Wi-Fi, dan sebagian besar menggunakan baterai sebagai dayanya.

Selain itu, hampir semua produk proyektor portabel sudah dibekali dengan lampu LED yang berkualitas sehingga Anda bisa menikmati menonton film di rumah seolah seperti di bioskop. Pada artikel ini kami akan memberikan informasi bagaimana memilih proyektor portabel yang tepat, kemudian merekomendasikan beberapa produk berdasarkan harga dan keunggulannya.
  • Pembaharuan terakhir: 22 November 2019
  • 1.159 Views
Daftar isi

Cara memilih proyektor portabel

Keunggulan yang bisa langsung dirasakan dari sebuah proyektor portabel adalah desainnya yang kecil, serta bobotnya yang terasa ringan. Berikut ini akan kami jelaskan tujuh poin utama bagaimana memilih proyektor portabel agar produk yang akan Anda beli bisa digunakan secara maksimal.

Perhatikan ukuran dan beratnya

Perhatikan ukuran dan beratnya
Salah satu poin yang perlu diperhatikan sebelum membeli proyektor portabel adalah memperhatikan ukuran serta bobotnya. Ukurannya yang kecil serta bobot yang ringan akan sangat memudahkan jika dibawa ke mana-mana. Namun, jika poin ini lebih diutamakan, biasanya kecerahan dan resolusi gambar yang dihasilkan akan kurang maksimal.
Oleh karena itu, pilihlah produk proyektor portabel yang seimbang antara penampilan dengan bobot, serta mempunyai kinerja yang bagus. Sebagai acuan, pilihlah proyektor yang beratnya di bawah 1 kg. Jika memungkinkan, proyektor dengan berat sekitar 500 gram akan lebih ideal dan lebih tinggi portabilitasnya.

Perhatikan kecerahannya

Perhatikan kecerahannya
Dalam memilih proyektor, sangat penting untuk memperhatikan kecerahan yang dipancarkan. Ukuran tingkat kecerahan ini biasanya dinyatakan dalam satuan lumen (lm). Semakin tinggi nilai lumennya, maka semakin terang cahaya yang dihasilkan.
Cahaya yang terang akan semakin jelas dalam menampilkan gambar, bahkan dari jarak jauh sekalipun. Sebagai standar, untuk ruangan pertemuan dengan kapasitas sekitar 5 orang, kira-kira dibutuhkan kecerahan sebesar 500 lumen. Sedangkan untuk ruangan berkapasitas sekitar 10 orang, maka dibutuhkan kecerahan sebesar 3000 lumen.
Semakin tinggi tingkat kecerahan suatu proyektor, maka semakin bagus kualitas cahaya yang dipancarkan. Oleh karena itu, sebisa mungkin pilihlah produk yang tinggi tingkat kecerahannya.

Perhatikan resolusi dan rasio kontrasnya

Perhatikan resolusi dan rasio kontrasnya
Besarnya resolusi sebuah gambar dinyatakan dalam satuan piksel. Semakin besar nilai pikselnya, semkain detail gambar yang dihasilkan. Namun, jika Anda tidak terlalu mementingkan detail yang rinci untuk menampilkan gambar atau video, maka resolusi yang tidak terlalu tinggi pun tidak akan menjadi masalah.
Resolusi gambar juga bisa dinyatakan dalam SVGA atau XGA. Sebagai patokan, kami sarankan agar Anda memilih produk dengan resolusi lebih dari 854 x 480 piksel.
Sedangkan rasio kontras adalah rasio yang menunjukkan perbedaan warna paling terang dengan warna paling gelap yang ditampilkan pada layar. Semakin besar rasionya, maka ketajaman warna pada gambar yang ditampilkan juga semakin jelas. Untuk standar tampilan yang bagus, pilihlah rasio kontras sebesar 1000:1 atau lebih.

Perhatikan ukuran layar dan jarak proyeksi

Perhatikan ukuran layar dan jarak proyeksi
Ukuran lebar atau besar gambar yang ditampilkan dalam sebuah jarak proyeksi dinyatakan dalam satuan inci. Jarak proyeksi adalah nilai yang menunjukkan seberapa jauh jarak yang Anda butuhkan untuk mendapatkan ukuran tertentu pada tampilan layar.
Kami sarankan agar Anda memastikan jarak proyeksi yang dibutuhkan pada suatu proyektor dengan ukuran ruangan di mana Anda akan menggunakannya.

Perhatikan koneksi input dan output-nya

Perhatikan koneksi input dan output-nya
Ketika menggunakan proyektor portabel, sangat penting untuk memeriksa terminal koneksi yang menghubungkannya ke PC atau tablet. Saat ini sebagian besar terminal input eksternal pada PC adalah port HDMI. Kabel HDMI ini juga bisa menghubungkan proyektor portabel ke smartphone atau tablet Anda. Akan tetapi, dibutuhkan adaptor output yang bisa Anda pasang di sisi terminal.
Selain itu, ada juga proyektor yang bisa disambungkan ke PC atau perangkat lainnya dengan menggunakan Wi-Fi. Jadi, pastikan untuk memeriksa terlebih dahulu metode koneksi apa saja yang bisa digunakan pada produk yang Anda inginkan, kemudian sesuaikan dengan perangkat yang Anda miliki.

Perhatikan jenis baterai yang digunakan

Perhatikan jenis baterai yang digunakan
Sebagian dari proyektor portabel yang tersedia saat ini sudah memiliki baterai langsung di dalamnya. Hal ini tentunya memudahkan pemakaian saat Anda bepergian ke luar.
Selain itu, baterai pada proyektor portabel ini juga dapat berfungsi sebagai power bank berkapasitas besar dan bisa digunakan untuk mengisi daya baterai smartphone. Oleh karena itu, perhatikan dengan teliti kapasitas baterai serta cara pengisian ulang daya pada proyektor portabel yang akan Anda beli.

Fitur tambahan

Fitur tambahan
Sebuah proyektor portabel biasanya dibekali dengan berbagai fitur tambahan. Misalnya, apabila gambar yang diproyeksikan terdistorsi, maka beberapa tipe proyektor portabel memiliki fitur tambahan untuk mengoreksi distorsi tersebut.
Saat ini, beberapa tipe proyektor portabel sudah dibekali dengan lampu LED yang hemat energi, dilengkapi dengan mode senyap, atau fitur-fitur lainnya yang memperhatikan kebutuhan pengguna. Oleh karena itu, perhatikan juga fitur tambahan yang menjadi ciri khas dari suatu produk sebagai pertimbangan dalam memilih proyektor portabel.

10 Rekomendasi proyektor portabel terbaik

Setelah membaca penjelasan di atas, maka berikut ini akan kami rekomendasikan produk-produk terbaik untuk sebuah proyektor portabel. Semoga bisa membantu Anda dalam memilih sesuai dengan kebutuhan.

10. OEM Mini Portable Projector Rd-802

Rp985.000,00

9. Vakind Mini Portable Projector YG310

Rp597.000,00

8. Excelvan Mini Portable LED Projector GM60

Rp940.500,00

7. Uhappy Mini Portable Projector U35

Rp2.336.000,00

6. Simplebeam Android Smart Projector GP70UP

Rp1.522.226,00

5. Samsung Smart Beam Projector SSB-10DLFF08

Rp6.189.000,00

4. LG Mini Beam Nano Projector PV150G

Rp3.990.000,00

3. Crenova Mini Portable Projector XPE490

Rp4.222.000,00

2. Asus Projector Mobile S1

Rp5.490.000,00

1. SK Telecom Smart Beam Mini Portable Projector

Rp2.970.337,00

Kesimpulan

Pada artikel kali ini, kami telah memberikan rekomendasi produk proyektor portabel. Apakah Anda menemukan yang cocok dengan kebutuhan? Sebelum membeli, pastikan Anda memperhatikan poin-poin penting dalam memilih proyektor portabel.
Meskipun mungkin harganya tergolong mahal, fungsi dan fitur yang ditawarkan sebanding dengan kenyamanan yang bisa Anda rasakan.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Mesin Cuci Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Mesin Cuci Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    Dewasa ini, teknologi mesin cuci berkembang semakin pesat. Di pasaran, terdapat tiga jenis mesin cuci, yaitu mesin cuci top loading, front loading, dan dua tabung. Dari sisi penggunaan, kini ada pula mesin cuci yang dapat dioperasikan melalui smartphone!Kali ini, kami akan mengulas rekomendasi produk-produk mesin cuci pilihan, seperti Samsung, Panasonic, Sharp, dan lainnya. Sebelum itu, simaklah cara memilih mesin cuci yang tepat agar Anda dapat menemukan mesin cuci idaman.
    Elektronik rumah tangga
    11.207 Views
  • 10 Rekomendasi In-Ear Headphone Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi In-Ear Headphone Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    Bagi banyak orang, mendengarkan musik adalah salah satu kegiatan untuk mengisi waktu luang, salah satunya menggunakan smartphone yang disambungkan ke in-ear headphone atau disebut juga earphone. Oleh sebab itu, in-ear headphone menjadi produk penting bagi mereka yang hobi mendengarkan musik melalui smartphone.Berbagai produk in-ear headphone dari brand ternama seperti Sony, Philips, dan JBL berlomba menarik konsumen dengan fitur yang diberikan. Namun, seperti apa kriteria memilih produk yang tepat? Untuk membantu Anda, kami akan memberi tips dalam memilih in-ear headphone yang bagus beserta rekomendasi produk terbaik untuk Anda.
    Elektronik rumah tangga
    8.465 Views
  • 10 Rekomendasi Mesin Cuci Front Loading Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Mesin Cuci Front Loading Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    Mesin cuci merupakan alat elektronik yang digunakan dalam keseharian. Salah satu jenisnya adalah mesin cuci front loading yang praktis. Beragamnya fitur dan teknologi yang hadir dalam mesin cuci barangkali malah membuat Anda bingung memilih yang sesuai.Kali ini, kami akan merekomendasikan produk-produk pilihan, seperti Panasonic, LG, dan lain sebagainya. Namun, sebelum itu, simaklah terlebih dahulu cara memilihnya. Jangan lewatkan rekomendasinya untuk menemukan mesin cuci front loading idaman Anda!
    Elektronik rumah tangga
    2.845 Views
  • 10 Rekomendasi AC (Pendingin Ruangan) Terbaik Seharga 2-3 Jutaan (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi AC (Pendingin Ruangan) Terbaik Seharga 2-3 Jutaan (Terbaru Tahun 2019)
    Ada banyak merek AC atau pendingin ruangan terkenal, seperti Sharp, Samsung, Polytron, Panasonic, dan sebagainya yang dijual di pasaran. Harga dan fitur-fitur yang dimiliki setiap AC pun sangat bervariasi satu sama lain. Hal tersebut mungkin membuat Anda bingung untuk menentukan pilihan, bukan?Kali ini, kami akan merekomendasikan beberapa produk AC terbaik seharga 2-3 jutaan. Kami juga akan menjelaskan cara membersihkan AC yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah. Jadikan artikel ini sebagai referensi dan temukan AC yang sesuai untuk ruangan Anda!
    Elektronik rumah tangga
    8.793 Views
  • 10 Rekomendasi Catok Pelurus Rambut Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Catok Pelurus Rambut Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    Mempunyai rambut lurus tentunya menjadi idaman banyak wanita. Untuk itu, catok pelurus rambut diperlukan agar rambut dapat tergerai lurus, rapi, dan berkilau. Ada berbagai produsen yang menawarkan catok pelurus rambut terbaik, seperti Philips, Panasonic, atau Revlon. Namun, Anda akan menemukan perbedaan material pelat pemanas di antaranya keramik, titanium, atau teflon. Kali ini kami akan membagi beberapa tips cara memilih catok pelurus rambut sekaligus memperkenalkan sepuluh produk terbaik yang akan menyempurnakan penampilan Anda. Anda dapat membeli produk-produk catok pelurus tersebut secara online di Lazada, Tokopedia, atau Bukalapak.
    Elektronik rumah tangga
    8.577 Views
  • 10 Rekomendasi Rice Cooker Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Rice Cooker Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    Siapa sih yang tidak ingin makan nasi putih pulen yang baru matang dengan nikmat? Produk rice cooker yang ada di pasaran saat ini sudah sangat bervariasi, mulai dari rice cooker keluaran merek ternama seperti Cosmos, Miyako, Yong Ma, Kirin, rice cooker yang juga memiliki fitur penghangat nasi, sampai rice cooker yang dilengkapi dengan teknologi induction heating (IH). Tidak hanya untuk memasak nasi putih, rice cooker juga bisa digunakan untuk memasak bubur, menggoreng telur, membuat agar-agar, dan berbagai jenis makanan lainnya.Kali ini kami akan memperkenalkan 10 produk rice cooker yang direkomendasikan dengan membandingkan harga dan keunggulan yang dimiliki masing-masing produk, kemudian mengurutkannya dalam format ranking. Kami juga akan memperkenalkan produk rice cooker yang bisa dibeli dengan harga murah namun memiliki kualitas yang tidak kalah dengan merek terkenal yang harganya lebih mahal! Silakan jadikan artikel ini sebagai referensi bagi Anda, ya!
    Elektronik rumah tangga
    5.223 Views
  • 10 Rekomendasi Kipas Angin Portable Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Kipas Angin Portable Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    Cuaca tropis Indonesia membuat Anda banyak berkeringat. Karena itu, Anda membutuhkan kipas angin yang dapat digunakan di mana saja. Kini, Anda dapat dengan mudah menemukan kipas angin portable yang menggunakan tenaga baterai atau dicolokkan melalui port USB. Desainnya pun beragam, mulai dari yang mini, berkarakter kartun, digantungkan di leher, mudah digenggam tangan, dan sebagainya.Supaya Anda bisa mendapatkan kipas angin portable yang pas untuk dibawa-bawa, baca dulu artikel ini. Kami akan membahas tentang cara memilih kipas angin portable yang sesuai dengan penggunaannya serta memberikan rekomendasi produk terbaik. Seperti apa? Yuk, disimak!
    Elektronik rumah tangga
    1.612 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori