• 10 Rekomendasi Proyektor Mini Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Proyektor Mini Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Proyektor Mini Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Proyektor Mini Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Proyektor Mini Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Proyektor Mini Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Proyektor adalah perangkat yang dapat memproyeksikan gambar pada layar. Perangkat elektronik ini tersedia dalam ukuran mini atau portabel yang praktis dibawa ke mana pun Anda pergi. Tipe proyektor mini juga beragam, mulai dari yang dapat dihubungkan dengan HP hingga yang memiliki resolusi tinggi.

Terdapat berbagai merek proyektor mini yang bagus, seperti LG, BenQ, Samsung, Epson, dan ANKER. Namun, banyaknya pilihan proyektor mungkin akan membuat Anda bingung. Oleh sebab itu, kali ini kami akan memberikan tips memilih serta rekomendasi proyektor portable terbaik untuk Anda. Terus ikuti ulasannya sampai akhir, ya!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 11 Agustus 2022
Daftar isi

Keunggulan proyektor mini

Sesuai namanya, proyektor mini memiliki ukuran yang kecil sehingga mudah dibawa-bawa. Oleh karena itu, proyektor mini juga disebut sebagai proyektor portabel. Kualitas gambar dan suaranya mungkin tidak sebaik proyektor biasa. Akan tetapi, proyektor mini dapat digunakan di tempat yang tidak terdapat arus listrik karena sudah memiliki baterai built-in.


Belakangan ini, banyak proyektor mini yang dirancang dengan bodi yang tipis dan ringan. Bahkan, ada beberapa produsen yang membuat proyektor berukuran sangat kecil sehingga muat di dalam kantong Anda. Tidak hanya untuk keperluan rapat atau presentasi, proyektor mini juga diminati untuk kegiatan outdoor, seperti camping.

Cara memilih proyektor mini

Proyektor mini umumnya bersifat ringan dan compact. Selain dari segi bobot dan ukurannya, terdapat beberapa hal lain yang perlu Anda perhatikan saat memilih proyektor ini. Berikut adalah ulasannya.

Pilih berdasarkan panel yang digunakan

Panel merupakan sistem pemantulan cahaya pada proyektor. Adapun panel yang biasa digunakan pada proyektor mini adalah DLP (digital light processing) dan LCD (liquid crytal display). Supaya tidak bingung, mari ketahui perbedaan keduanya melalui penjelasan di bawah ini.

DLP: Mudah dikontrol dan memiliki kontras yang tinggi

DLP: Mudah dikontrol dan memiliki kontras yang tinggi

DLP adalah panel yang paling banyak digunakan pada proyektor mini. Panel tipe ini mudah dikontrol serta diperbesar atau diperkecil tampilan output-nya. Selain itu, panel ini juga memiliki kontras yang tinggi dengan warna hitam yang pekat.


Tampilan piksel pada proyektor DLP juga lebih mini sehingga video yang diputar terlihat lebih smooth. Akan tetapi, ada kemungkinan akan muncul efek pelangi ketika gambar diperkecil atau diperbesar. Oleh karena itu, panel DLP tidak direkomendasikan untuk Anda yang mementingkan kualitas gambar.

LCD: Kualitas gambar lebih tajam dan superior

LCD: Kualitas gambar lebih tajam dan superior

Panel LCD menghasilkan gambar dengan kualitas yang lebih tajam dan bagus. Proyektor mini yang memakai panel ini juga lebih hemat energi karena tidak mengonsumsi terlalu banyak daya. Namun, harap diperhatikan bahwa kontras yang dimilikinya lebih rendah dibandingkan panel DLP. Meski begitu, proyektor berpanel LCD tidak mudah panas dan tidak menimbulkan efek pelangi saat digunakan.

Cek resolusi proyektor

Makin besar resolusi suatu proyektor, makin bagus pula kualitas gambar yang dapat Anda nikmati. Jadi, apabila Anda menginginkan proyektor portabel dengan kualitas gambar yang baik, perhatikanlah resolusinya.


Proyektor mini memiliki resolusi beragam, mulai dari VGA (640 x 480 piksel) hingga full HD (1920 x 1080 piksel). Bagi Anda yang ingin membeli proyektor portabel untuk menonton film, sebaiknya carilah yang memiliki resolusi full HD atau lebih tinggi.

Sesuaikan tingkat kecerahan dengan tempat pemakaian proyektor

Sesuaikan tingkat kecerahan dengan tempat pemakaian proyektor

Sangat penting untuk menyesuaikan tingkat kecerahan dengan tempat dan keadaan saat proyektor akan digunakan. Tingkat kecerahan ini dinyatakan dalam satuan lumen (lm). Makin besar jumlah lumennya, makin jelas pula tampilan gambar pada layar, bahkan di dalam ruangan yang terang. Selain itu, tingkat kecerahan yang tinggi juga memungkinkan proyektor untuk diletakkan lebih jauh dari layar.


Apabila keadaan sekitar Anda gelap gulita, seperti saat berkemah atau di ruangan gelap, proyektor dengan 100 lm sudah cukup. Sementara itu, untuk pemakaian di ruangan terang atau pada siang hari, carilah produk dengan 3.000 lm atau lebih.


Akan tetapi, perlu diingat bahwa proyektor mini beroperasi menggunakan tenaga baterai. Makin tinggi tingkat kecerahannya, makin besar juga konsumsi baterainya. Oleh karena itu, sebaiknya Anda memperkirakan waktu penggunaan proyektor apabila berada di tempat yang tidak memiliki arus listrik.

Ketahui rasio kontrasnya

Ketahui rasio kontrasnya

Rasio kontras menunjukkan perbandingan antara warna putih yang paling terang dengan warna hitam yang paling gelap. Rasio ini biasanya ditulis dengan 1.000:1 atau 2.500:1. Makin besar rasionya, makin jelas pula perbedaan warna yang dihasilkan proyektor.


Akan tetapi, rasio kontras hanyalah acuan untuk mempertegas bagian yang gelap, seperti bayangan dan lainnya. Bukan berarti dengan rasio kontras yang tinggi, gambar yang dihasilkan akan serta-merta terlihat makin bening.

Perhatikan besar gambar dan jarak pemasangan

Perhatikan besar gambar dan jarak pemasangan

Saat memilih proyektor mini, pertimbangkan juga seberapa besar gambar yang ingin Anda tampilkan pada layar. Ukuran gambar pada layar biasanya dinyatakan dalam satuan inci. Pilihlah ukuran yang sesuai dengan jumlah orang yang akan menonton.


Makin besar gambar yang akan ditampilkan, makin lebar juga jarak untuk meletakkan proyektor. Apabila ingin menggunakannya di dalam ruangan, Anda harus memperhitungkan lebar ruangan Anda. Untuk ruangan yang kecil, sebaiknya pilihlah proyektor yang memiliki short focus. Dengan begitu, gambar yang ditampilkan akan tetap fokus walaupun proyektor diletakkan dalam jarak dekat.

Pastikan kapasitas baterai dan waktu penggunaan

Pastikan kapasitas baterai dan waktu penggunaan

Ketika Anda membeli proyektor mini untuk rapat yang berlangsung lama atau menonton film, carilah yang kapasitas baterainya besar. Selain itu, pilih juga produk yang bisa digunakan terus-menerus atau menyala dalam jangka waktu yang cukup lama.


Namun, Anda harus memperhatikan satu hal. Meski memiliki kapasitas baterai yang besar, belum tentu proyektor tersebut bisa menyala dalam jangka waktu lama. Hal ini bergantung pada spesifikasi unit utama. Jadi, pastikan untuk mengecek dengan cermat waktu penggunaan dan kapasitas baterai proyektor yang Anda inginkan.


Selain itu, ada juga produk yang dapat di-charge menggunakan USB dengan menghubungkannya pada PC atau power bank. Sebagian besar proyektor tipe ini juga dapat digunakan sebagai power bank sehingga sangat praktis untuk mengisi ulang daya gadget Anda.

Cermati koneksi yang kompatibel

PC dan laptop biasanya menggunakan HDMI sebagai terminal output eksternalnya. Apabila proyektor mini Anda kompatibel dengan HDMI, Anda dapat menghubungkannya menggunakan kabel HDMI. Anda juga dapat menggunakan kabel HDMI untuk menghubungkan proyektor portabel pada handphone atau tablet. Akan tetapi, Anda perlu menggunakan adaptor output HDMI pada gawai.


Jika ingin menghubungkan proyektor dengan gadget, periksalah ketersediaan terminal MHL-nya. Terminal MHL memungkinkan proyektor dikoneksikan dengan gadget menggunakan kabel USB. Kabar baiknya, ada juga beberapa proyektor yang dapat disambungkan secara wireless melalui Wi-Fi dan Bluetooth. Karena tidak memerlukan kabel, koneksi ini sangat praktis, terutama untuk frekuensi pemakaian yang tinggi.

Cari proyektor dengan bobot dan ukuran yang mudah dibawa

Apabila Anda akan membawanya bepergian, ukuran dan bobot dari proyektor mini patut dimasukkan ke dalam pertimbangan. Produk yang memiliki bobot maksimal satu kilogram bisa dikatakan portabel dan masih cukup ringan untuk dibawa-bawa. Namun, apabila Anda menginginkan proyektor yang dapat dimasukkan ke dalam kantong, carilah yang bobotnya sekitar 500 gram.


Akan lebih praktis lagi apabila proyektor tersebut memiliki ukuran yang ringkas, misalnya sebesar telapak tangan. Meski begitu, Anda juga bisa menemukan proyektor mini dengan bobot di atas satu kilogram. Produk yang demikian idealnya digunakan untuk pemakaian stasioner saja.

10 Rekomendasi proyektor mini terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk proyektor mini terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di bawah. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

Gambar produk
1
LED Projector 1

2
XGIMI Technology Halo 1

XGIMI Technology

3
Ezzrale  Android Mini Optotech Projector 1

Ezzrale

4
BenQ Mini Projector 1

BenQ

5
ViewSonic M1 mini Plus 1

ViewSonic

6
ANKER Nebula Capsule Projector 1

ANKER

7
Samsung The Freestyle 1

Samsung

8
Epson EpiqVision Mini Laser Projection TV 1

Epson

9
ASUS ZenBeam S2 1

ASUS

10
LG Minibeam 1

LG

Nama produk

LED Projector

Halo

Android Mini Optotech Projector

Mini Projector

M1 mini Plus

Nebula Capsule Projector

The Freestyle

EpiqVision Mini Laser Projection TV

ZenBeam S2

Minibeam

Keunggulan

Proyektor mini dengan harga terjangkau dan populer di pasaran

Memiliki resolusi tinggi yang mendukung tampilan 4K

Dengan mesin Opto Tech dan dual cooling system untuk mencegah panas berlebih

Bisa terhubung langsung dengan platform penyedia drama dan film

Cegah mata lelah setelah menonton film dengan fitur eye care

Seukuran kaleng minuman soda dan muat di kantong celana

Lebih fleksibel dengan proyektor yang bisa diputar 180 derajat

Online meeting makin praktis dengan proyektor Zoom-ready

Multifungsi! Dapat dipakai sebagai power bank, senter, dan lampu SOS

Koneksi full wireless, tidak perlu ribet membawa kabel

Harga mulai dariRp 375.500,00Rp 12.999.000,00Rp 2.850.000,00Rp 6.660.000,00Rp 3.750.000,00Rp 3.999.000,00Rp 14.999.000,00Rp 21.200.000,00Rp 9.289.000,00Rp 5.100.000,00
PanelLCDDLPLCDDLPTidak disebutkanDLPDLPLCDDLPDLP
Resolusi320 x 240 piksel1920 x 1080 piksel720 x 1280 piksel854 x 480 piksel854 x 480 piksel854 x 480 piksel1920 x 1080 piksel1920 x 1080 piksel1280 x 720 piksel1280 x 720 piksel
Kecerahan400–600 lumen800 ANSI lumens3.500 lumen (setara dengan 250 ANSI lumens)200 lumen120 lumen (setara dengan 50 ANSI lumens)100 ANSI lumens550 LED lumen1000 lumen500 lumen130 lumen
Rasio kontras800:1Tidak disebutkan2000:1100.000:1500:1Tidak dijelaskan100.000:1< 2,500,000:1400:1100.000:1
Ukuran proyeksi24–60 inch60–120 inch50–150 inch30–100 inchTidak disebutkan20–100 inch30–100 inch20–150 inch 60–120 in40–100 inch
Jarak peletakan0,8–2 meterTidak disebutkan1,3–4,2 meterTidak disebutkan0,64–2,66 meter0,58–3,08 meter0,8–2,7 meter0,65–3,38 meter1,5–3 meterTidak disebutkan
Kapasitas bateraiTidak disebutkan17.100 mAhTidak disebutkanTidak disebutkan24–100 inch5.200 mAhTidak disebutkanTidak disebutkan6.000 mAhTidak disebutkan
Lama penggunaanTidak disebutkan2–4 jam (video), 8 jam (musik)Tidak disebutkan3 jam1,5 jam (menggunakan mode Eco)4 jam (video), 30 jam (musik)Tidak disebutkanTidak disebutkan± 3,5 jam2,5 jam
KoneksiHDMI, USB, TF cardHDMI, USB, Chromecast, BluetoothHDMI, USB, VGA, Bluetooth, Wi-FiHDMI, USB, Bluetooth, Wi-FiHDMI, USB, Wi-Fi, BluetoothHDMI, USB, Bluetooth, Wi-FiHDMI, USB, Wi-Fi, BluetoothHDMI, USB, Bluetooth, Wi-FiHDMI, USBMHL, USB, nirkabel
Dimensi12,7 cm x 8,15 cm x 4,85 cm11,35 cm x 14,5 cm x 17,1 cm21 cm x 18 cm x 15,5 cm15,5 cm x 8 cm x 8 cm10,4 cm x 11 cm x 2,7 cm6,78 cm x 6,78 cm x 11,99 cm10,24 cm x 17,28 cm x 9,52 cm17,5 cm x 17,5 cm x 12,8 cm12 cm x 12 cm x 3,5 cmTidak disebutkan
BobotTidak disebutkan1,6 kg1,57 kg708 g300 g419,6 gram800 g2,1 kg497 gramTidak disebutkan
Tautan produk
10
PanelDLP
Resolusi1280 x 720 piksel
Kecerahan130 lumen
Rasio kontras100.000:1
Ukuran proyeksi40–100 inch
Jarak peletakanTidak disebutkan
Kapasitas bateraiTidak disebutkan
Lama penggunaan2,5 jam
KoneksiMHL, USB, nirkabel
DimensiTidak disebutkan
BobotTidak disebutkan
9
PanelDLP
Resolusi1280 x 720 piksel
Kecerahan500 lumen
Rasio kontras400:1
Ukuran proyeksi60–120 in
Jarak peletakan1,5–3 meter
Kapasitas baterai6.000 mAh
Lama penggunaan± 3,5 jam
KoneksiHDMI, USB
Dimensi12 cm x 12 cm x 3,5 cm
Bobot497 gram
8

EpsonEpiqVision Mini Laser Projection TV

EF-12

Mulai dari Rp 21.200.000,00

PanelLCD
Resolusi1920 x 1080 piksel
Kecerahan1000 lumen
Rasio kontras< 2,500,000:1
Ukuran proyeksi20–150 inch
Jarak peletakan0,65–3,38 meter
Kapasitas bateraiTidak disebutkan
Lama penggunaanTidak disebutkan
KoneksiHDMI, USB, Bluetooth, Wi-Fi
Dimensi17,5 cm x 17,5 cm x 12,8 cm
Bobot2,1 kg
7

SamsungThe Freestyle

SP-LSP3BLAXXD

Mulai dari Rp 14.999.000,00

PanelDLP
Resolusi1920 x 1080 piksel
Kecerahan550 LED lumen
Rasio kontras100.000:1
Ukuran proyeksi30–100 inch
Jarak peletakan0,8–2,7 meter
Kapasitas bateraiTidak disebutkan
Lama penggunaanTidak disebutkan
KoneksiHDMI, USB, Wi-Fi, Bluetooth
Dimensi10,24 cm x 17,28 cm x 9,52 cm
Bobot800 g
6

ANKERNebula Capsule Projector

D4111

Mulai dari Rp 3.999.000,00

PanelDLP
Resolusi854 x 480 piksel
Kecerahan100 ANSI lumens
Rasio kontrasTidak dijelaskan
Ukuran proyeksi20–100 inch
Jarak peletakan0,58–3,08 meter
Kapasitas baterai5.200 mAh
Lama penggunaan4 jam (video), 30 jam (musik)
KoneksiHDMI, USB, Bluetooth, Wi-Fi
Dimensi6,78 cm x 6,78 cm x 11,99 cm
Bobot419,6 gram
5
PanelTidak disebutkan
Resolusi854 x 480 piksel
Kecerahan120 lumen (setara dengan 50 ANSI lumens)
Rasio kontras500:1
Ukuran proyeksiTidak disebutkan
Jarak peletakan0,64–2,66 meter
Kapasitas baterai24–100 inch
Lama penggunaan1,5 jam (menggunakan mode Eco)
KoneksiHDMI, USB, Wi-Fi, Bluetooth
Dimensi10,4 cm x 11 cm x 2,7 cm
Bobot300 g
4
PanelDLP
Resolusi854 x 480 piksel
Kecerahan200 lumen
Rasio kontras100.000:1
Ukuran proyeksi30–100 inch
Jarak peletakanTidak disebutkan
Kapasitas bateraiTidak disebutkan
Lama penggunaan3 jam
KoneksiHDMI, USB, Bluetooth, Wi-Fi
Dimensi15,5 cm x 8 cm x 8 cm
Bobot708 g
3

Ezzrale Android Mini Optotech Projector

EZH5

Mulai dari Rp 2.850.000,00

PanelLCD
Resolusi720 x 1280 piksel
Kecerahan3.500 lumen (setara dengan 250 ANSI lumens)
Rasio kontras2000:1
Ukuran proyeksi50–150 inch
Jarak peletakan1,3–4,2 meter
Kapasitas bateraiTidak disebutkan
Lama penggunaanTidak disebutkan
KoneksiHDMI, USB, VGA, Bluetooth, Wi-Fi
Dimensi21 cm x 18 cm x 15,5 cm
Bobot1,57 kg
2
PanelDLP
Resolusi1920 x 1080 piksel
Kecerahan800 ANSI lumens
Rasio kontrasTidak disebutkan
Ukuran proyeksi60–120 inch
Jarak peletakanTidak disebutkan
Kapasitas baterai17.100 mAh
Lama penggunaan2–4 jam (video), 8 jam (musik)
KoneksiHDMI, USB, Chromecast, Bluetooth
Dimensi11,35 cm x 14,5 cm x 17,1 cm
Bobot1,6 kg
1
PanelLCD
Resolusi320 x 240 piksel
Kecerahan400–600 lumen
Rasio kontras800:1
Ukuran proyeksi24–60 inch
Jarak peletakan0,8–2 meter
Kapasitas bateraiTidak disebutkan
Lama penggunaanTidak disebutkan
KoneksiHDMI, USB, TF card
Dimensi12,7 cm x 8,15 cm x 4,85 cm
BobotTidak disebutkan

Baca juga rekomendasi speaker di sini

Walaupun kebanyakan proyektor mini sudah dilengkapi dengan speaker tanam, terkadang suaranya tidak terlalu menggelegar. Apabila Anda masih kurang puas dengan speaker yang terdapat pada proyektor, tidak ada salahnya membeli speaker terpisah. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi speaker yang sudah dilengkapi dengan koneksi Bluetooth.

Kesimpulan

Kami sudah menjabarkan apa saja yang perlu Anda perhatikan ketika memilih proyektor mini. Jadi, apakah Anda sudah menemukan proyektor yang pas dan sesuai dengan kebutuhan?


Anda dapat memilih proyektor berdasarkan kualitas gambar yang dihasilkan, koneksi, ukuran, dan bobotnya. Proyektor portable dengan harga murah hingga mahal juga telah tersedia pada review di atas. Selamat mencari proyektor mini untuk melengkapi berbagai kegiatan Anda!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Power Amplifier Terbaik - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Power Amplifier Terbaik - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    Sebuah pertunjukan pasti memerlukan sound system. Agar suara yang dihasilkan lebih jelas, power amplifier dapat digunakan. Namun, beberapa orang masih bingung membedakan antara power amplifier tipe mono dengan stereo. Untuk itu, kali ini kami akan membahas tips memilih power amplifier terbaik.Kami juga sudah menyiapkan rekomendasi power amplifier yang bagus dan murah, seperti merek Kinter, DAT, MarcoPolo, JuneJour, dan TARGA. Ada juga power amplifier mini yang bisa dipasang di mobil dengan daya di bawah 1000 watt. Jadi, simak artikelnya, ya. Artikel ini sudah ditinjau oleh sound engineer kami, Dennis Novriandi.
    Home entertainment
  • 10 Rekomendasi Speaker Bluetooth Mini Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Speaker Bluetooth Mini Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Saat ini speaker Bluetooth mini sedang sangat populer. Selain ukurannya yang compact dan portable, kualitas suaranya pun tak kalah bagus dengan speaker berukuran besar sekalipun. Anda pun bisa mendengarkan musik kesukaan di mana saja dan kapan saja Anda inginkan. Seiring meningkatnya popularitas, Anda mungkin kebingungan menemukan produk yang bagus. Beberapa merek, seperti JBL, Sony, Bose mungkin bisa dijadikan pertimbangan. Selain itu, masih ada banyak rekomendasi speaker Bluetooth mini murah, minimalis, atau dengan suara bass terbaik. Baca tips memilih speaker Bluetooth mini di bawah ini dan temukan produk terbaik untuk Anda!
    Home entertainment
  • 10 Speaker Pasif Terbaik - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Speaker Pasif Terbaik - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    Speaker pasif menjadi perangkat yang Anda perlukan untuk melengkapi sound system agar mendapatkan kualitas audio lebih optimal. Dengan demikian, Anda dapat mendengarkan musik atau menonton film seperti halnya saat Anda berada di bioskop. Di pasaran, Anda akan menemukan berbagai merek terkenal, seperti speaker pasif Polytron, Edifier, harman/kardon, dan sebagainya. Untuk mendapatkan produk yang bagus, Anda perlu mengetahui cara memilih speaker pasif terlebih dahulu. Dengan begitu, Anda dapat menikmati kualitas audio terbaik dari produk pilihan Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh sound engineer kami, Dennis Novriandi.
    Home entertainment
  • 10 Rekomendasi Speaker Polytron Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Speaker Polytron Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Polytron adalah salah satu merek peralatan elektronik lokal yang terus berinovasi. Kualitas dan teknologinya yang unggul juga dapat Anda lihat pada produk audio speaker-nya. Tak heran seri produknya sangat laris di Indonesia, seperti multimedia speaker, soundbar speaker, active speaker, dan home theater speaker. Artikel ini akan membahas lebih lanjut mengenai speaker Polytron lengkap dengan cara memilihnya. Temukan speaker Bluetooth PMA 9310 dan PMA 9502 yang terlaris serta speaker aktif Polytron PAS berteknologi XBR yang bagus. Review speaker Polytron terbaru juga dibahas di sini. Jadi, jangan sampai lewatkan artikelnya, ya! 
    Home entertainment
  • 10 Subwoofer Terbaik - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Subwoofer Terbaik - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    Beberapa orang pasti sudah familier dengan subwoofer. Namun, apa itu subwoofer? Subwoofer adalah jenis speaker yang berfungsi untuk memutar suara dengan frekuensi rendah atau bass. Terdapat beberapa merek subwoofer terbaik yang beredar di pasaran, seperti Simbadda, JBL, Yamaha, dan lainnya. Subwoofer tersedia dalam beberapa ukuran, seperti 12 inci, 10 inci, dan masih banyak lagi. Anda mungkin bingung memilih subwoofer yang bagus untuk rumah Anda. Karena itu, kami akan membagikan cara memilih serta rekomendasi subwoofer terbaik. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh sound engineer kami, Dennis Novriandi.
    Home entertainment
  • 10 Rekomendasi Earphone Hi-Res (High Resolution) Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Earphone Hi-Res (High Resolution) Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Earphone high resolution (hi-res) menawarkan sensasi mendengarkan audio dengan kualitas suara yang bagus. Dengan begitu, Anda dapat menikmati pengalaman mendengarkan musik atau menonton film secara maksimal. Saat ini, ada berbagai jenis earphone hi-res yang bisa ditemukan di pasaran. Bagi orang awam, hal ini mungkin akan sedikit membingungkan.Pada kesempatan kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih earphone hi-res yang bisa Anda jadikan acuan. Kemudian, kami juga akan memberikan beberapa merek rekomendasi produk terbaik, seperti AKG, Sony, dan Edifier. Bacalah dengan teliti dan temukan produk yang tepat untuk kebutuhan Anda.
    Home entertainment
  • 10 Rekomendasi Proyektor Terbaik untuk Dipakai di Rumah (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Proyektor Terbaik untuk Dipakai di Rumah (Terbaru Tahun 2022)
    Proyektor memungkinkan Anda untuk menonton film, acara olahraga, bahkan bermain games melalui layar lebar. Anda pun dapat menggunakan proyektor untuk menciptakan home theater di rumah, lho. Beberapa produsen seperti Infocus, Ezzrale, dan Xiaomi menyediakan proyektor rumahan.Produk proyektor sendiri tersedia dalam berbagai pilihan yang bisa membuat Anda kesulitan dalam memilihnya. Untuk itu, dalam artikel ini kami akan menjelaskan cara memilih proyektor yang bagus untuk dipakai di rumah. Kami juga akan memberikan rekomendasi berbagai merek proyektor terbaik dan bisa Anda beli secara online. Simak terus artikel ini sampai tuntas, ya!
    Home entertainment
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori