1. TOP
  2. >
  3. Elektronik rumah tangga
  4. >
  5. Home entertainment
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Proyektor Mini Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Proyektor Mini Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Proyektor Mini Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Proyektor Mini Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Proyektor Mini Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Proyektor Mini Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Proyektor Mini Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Proyektor adalah perangkat yang dapat memproyeksikan gambar pada layar. Perangkat elektronik ini tersedia dalam ukuran mini atau portabel yang praktis dibawa ke mana pun Anda pergi. Tipe proyektor mini juga beragam, mulai dari yang dapat dihubungkan dengan HP hingga yang memiliki resolusi tinggi.

Terdapat berbagai merek proyektor mini yang bagus, seperti LG, BenQ, Samsung, Epson, dan ANKER. Namun, banyaknya pilihan proyektor mungkin akan membuat Anda bingung. Oleh sebab itu, kali ini kami akan memberikan tips memilih serta rekomendasi proyektor portable terbaik untuk Anda. Terus ikuti ulasannya sampai akhir, ya!

Diperbaharui 08-11-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Keunggulan proyektor mini

Keunggulan proyektor mini
Sumber: benq.com


Sesuai namanya, proyektor mini memiliki ukuran yang kecil sehingga mudah dibawa-bawa. Oleh karena itu, proyektor mini juga disebut sebagai proyektor portabel. Kualitas gambar dan suaranya mungkin tidak sebaik proyektor biasa. Akan tetapi, proyektor mini dapat digunakan di tempat yang tidak terdapat arus listrik karena sudah memiliki baterai built-in.


Belakangan ini, banyak proyektor mini yang dirancang dengan bodi yang tipis dan ringan. Bahkan, ada beberapa produsen yang membuat proyektor berukuran sangat kecil sehingga muat di dalam kantong Anda. Tidak hanya untuk keperluan rapat atau presentasi, proyektor mini juga diminati untuk kegiatan outdoor, seperti camping.

Cara memilih proyektor mini

Proyektor mini umumnya bersifat ringan dan compact. Selain dari segi bobot dan ukurannya, terdapat beberapa hal lain yang perlu Anda perhatikan saat memilih proyektor ini. Berikut adalah ulasannya.

① Pilih berdasarkan panel yang digunakan

Panel merupakan sistem pemantulan cahaya pada proyektor. Adapun panel yang biasa digunakan pada proyektor mini adalah DLP (digital light processing) dan LCD (liquid crytal display). Supaya tidak bingung, mari ketahui perbedaan keduanya melalui penjelasan di bawah ini.

DLP: Mudah dikontrol dan memiliki kontras yang tinggi

DLP: Mudah dikontrol dan memiliki kontras yang tinggi

DLP adalah panel yang paling banyak digunakan pada proyektor mini. Panel tipe ini mudah dikontrol serta diperbesar atau diperkecil tampilan output-nya. Selain itu, panel ini juga memiliki kontras yang tinggi dengan warna hitam yang pekat.


Tampilan piksel pada proyektor DLP juga lebih mini sehingga video yang diputar terlihat lebih smooth. Akan tetapi, ada kemungkinan akan muncul efek pelangi ketika gambar diperkecil atau diperbesar. Oleh karena itu, panel DLP tidak direkomendasikan untuk Anda yang mementingkan kualitas gambar.

LCD: Kualitas gambar lebih tajam dan superior

LCD: Kualitas gambar lebih tajam dan superior

Panel LCD menghasilkan gambar dengan kualitas yang lebih tajam dan bagus. Proyektor mini yang memakai panel ini juga lebih hemat energi karena tidak mengonsumsi terlalu banyak daya. Namun, harap diperhatikan bahwa kontras yang dimilikinya lebih rendah dibandingkan panel DLP. Meski begitu, proyektor berpanel LCD tidak mudah panas dan tidak menimbulkan efek pelangi saat digunakan.

② Cek resolusi proyektor

Cek resolusi proyektor
Sumber: benq.com


Makin besar resolusi suatu proyektor, makin bagus pula kualitas gambar yang dapat Anda nikmati. Jadi, apabila Anda menginginkan proyektor portabel dengan kualitas gambar yang baik, perhatikanlah resolusinya.


Proyektor mini memiliki resolusi beragam, mulai dari VGA (640 x 480 piksel) hingga full HD (1920 x 1080 piksel). Bagi Anda yang ingin membeli proyektor portabel untuk menonton film, sebaiknya carilah yang memiliki resolusi full HD atau lebih tinggi.

③ Sesuaikan tingkat kecerahan dengan tempat pemakaian proyektor

Sesuaikan tingkat kecerahan dengan tempat pemakaian proyektor

Sangat penting untuk menyesuaikan tingkat kecerahan dengan tempat dan keadaan saat proyektor akan digunakan. Tingkat kecerahan ini dinyatakan dalam satuan lumen (lm). Makin besar jumlah lumennya, makin jelas pula tampilan gambar pada layar, bahkan di dalam ruangan yang terang. Selain itu, tingkat kecerahan yang tinggi juga memungkinkan proyektor untuk diletakkan lebih jauh dari layar.


Apabila keadaan sekitar Anda gelap gulita, seperti saat berkemah atau di ruangan gelap, proyektor dengan 100 lm sudah cukup. Sementara itu, untuk pemakaian di ruangan terang atau pada siang hari, carilah produk dengan 3.000 lm atau lebih.


Akan tetapi, perlu diingat bahwa proyektor mini beroperasi menggunakan tenaga baterai. Makin tinggi tingkat kecerahannya, makin besar juga konsumsi baterainya. Oleh karena itu, sebaiknya Anda memperkirakan waktu penggunaan proyektor apabila berada di tempat yang tidak memiliki arus listrik.

④ Ketahui rasio kontrasnya

Ketahui rasio kontrasnya

Rasio kontras menunjukkan perbandingan antara warna putih yang paling terang dengan warna hitam yang paling gelap. Rasio ini biasanya ditulis dengan 1.000:1 atau 2.500:1. Makin besar rasionya, makin jelas pula perbedaan warna yang dihasilkan proyektor.


Akan tetapi, rasio kontras hanyalah acuan untuk mempertegas bagian yang gelap, seperti bayangan dan lainnya. Bukan berarti dengan rasio kontras yang tinggi, gambar yang dihasilkan akan serta-merta terlihat makin bening.

⑤ Perhatikan besar gambar dan jarak pemasangan

Perhatikan besar gambar dan jarak pemasangan

Saat memilih proyektor mini, pertimbangkan juga seberapa besar gambar yang ingin Anda tampilkan pada layar. Ukuran gambar pada layar biasanya dinyatakan dalam satuan inci. Pilihlah ukuran yang sesuai dengan jumlah orang yang akan menonton.


Makin besar gambar yang akan ditampilkan, makin lebar juga jarak untuk meletakkan proyektor. Apabila ingin menggunakannya di dalam ruangan, Anda harus memperhitungkan lebar ruangan Anda. Untuk ruangan yang kecil, sebaiknya pilihlah proyektor yang memiliki short focus. Dengan begitu, gambar yang ditampilkan akan tetap fokus walaupun proyektor diletakkan dalam jarak dekat.

⑥ Pastikan kapasitas baterai dan waktu penggunaan

Pastikan kapasitas baterai dan waktu penggunaan

Ketika Anda membeli proyektor mini untuk rapat yang berlangsung lama atau menonton film, carilah yang kapasitas baterainya besar. Selain itu, pilih juga produk yang bisa digunakan terus-menerus atau menyala dalam jangka waktu yang cukup lama.


Namun, Anda harus memperhatikan satu hal. Meski memiliki kapasitas baterai yang besar, belum tentu proyektor tersebut bisa menyala dalam jangka waktu lama. Hal ini bergantung pada spesifikasi unit utama. Jadi, pastikan untuk mengecek dengan cermat waktu penggunaan dan kapasitas baterai proyektor yang Anda inginkan.


Selain itu, ada juga produk yang dapat di-charge menggunakan USB dengan menghubungkannya pada PC atau power bank. Sebagian besar proyektor tipe ini juga dapat digunakan sebagai power bank sehingga sangat praktis untuk mengisi ulang daya gadget Anda.

⑦ Cermati koneksi yang kompatibel

Cermati koneksi yang kompatibel
Sumber: lg.com


PC dan laptop biasanya menggunakan HDMI sebagai terminal output eksternalnya. Apabila proyektor mini Anda kompatibel dengan HDMI, Anda dapat menghubungkannya menggunakan kabel HDMI. Anda juga dapat menggunakan kabel HDMI untuk menghubungkan proyektor portabel pada handphone atau tablet. Akan tetapi, Anda perlu menggunakan adaptor output HDMI pada gawai.


Jika ingin menghubungkan proyektor dengan gadget, periksalah ketersediaan terminal MHL-nya. Terminal MHL memungkinkan proyektor dikoneksikan dengan gadget menggunakan kabel USB. Kabar baiknya, ada juga beberapa proyektor yang dapat disambungkan secara wireless melalui Wi-Fi dan Bluetooth. Karena tidak memerlukan kabel, koneksi ini sangat praktis, terutama untuk frekuensi pemakaian yang tinggi.

⑧ Cari proyektor dengan bobot dan ukuran yang mudah dibawa

Cari proyektor dengan bobot dan ukuran yang mudah dibawa
Sumber: asus.com


Apabila Anda akan membawanya bepergian, ukuran dan bobot dari proyektor mini patut dimasukkan ke dalam pertimbangan. Produk yang memiliki bobot maksimal satu kilogram bisa dikatakan portabel dan masih cukup ringan untuk dibawa-bawa. Namun, apabila Anda menginginkan proyektor yang dapat dimasukkan ke dalam kantong, carilah yang bobotnya sekitar 500 gram.


Akan lebih praktis lagi apabila proyektor tersebut memiliki ukuran yang ringkas, misalnya sebesar telapak tangan. Meski begitu, Anda juga bisa menemukan proyektor mini dengan bobot di atas satu kilogram. Produk yang demikian idealnya digunakan untuk pemakaian stasioner saja.

10 Rekomendasi proyektor mini terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk proyektor mini terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di bawah. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

LED Projector

 LED Projector 1枚目

Proyektor mini dengan harga terjangkau dan populer di pasaran

2

XGIMI Technology

Halo

XGIMI Technology Halo 1枚目

Memiliki resolusi tinggi yang mendukung tampilan 4K

3

Ezzrale

Android Mini Optotech Projector

Ezzrale  Android Mini Optotech Projector 1枚目

Dengan mesin Opto Tech dan dual cooling system untuk mencegah panas berlebih

4

BenQ

Mini Projector

BenQ Mini Projector 1枚目

Bisa terhubung langsung dengan platform penyedia drama dan film

5

ViewSonic

M1 mini Plus

ViewSonic M1 mini Plus 1枚目

Cegah mata lelah setelah menonton film dengan fitur eye care

6

ANKER

Nebula Capsule Projector

ANKER Nebula Capsule Projector 1枚目

Seukuran kaleng minuman soda dan muat di kantong celana

7

Samsung

The Freestyle

Samsung The Freestyle 1枚目

Lebih fleksibel dengan proyektor yang bisa diputar 180 derajat

8

Epson

EpiqVision Mini Laser Projection TV

Epson EpiqVision Mini Laser Projection TV 1枚目

Online meeting makin praktis dengan proyektor Zoom-ready

9

ASUS

ZenBeam S2

ASUS ZenBeam S2 1枚目

Multifungsi! Dapat dipakai sebagai power bank, senter, dan lampu SOS

10

LG

Minibeam

LG Minibeam 1枚目

Koneksi full wireless, tidak perlu ribet membawa kabel

Perincian produk
Close
No.1

Proyektor mini dengan harga terjangkau dan populer di pasaran

Dijual dengan harga di bawah 500 ribu rupiah, proyektor YG300 menjadi salah satu yang paling populer di pasaran. Produk ini banyak digemari oleh pribadi yang memiliki dana terbatas untuk membeli proyektor. Tak hanya untuk laptop dan HP, produk ini juga kompatibel dengan stik gaming, speaker, dan set top box. Jarak proyeksinya pun terhitung luas bila dibandingkan dengan produk lain di kelasnya. 


Sayangnya, proyektor mini ini tidak mendukung koneksi wireless sehingga Anda membutuhkan adapter apabila hendak menghubungkannya ke ponsel. Selain itu, proyektor ini kurang direkomendasikan untuk presentasi dan menonton film yang menampilan tulisan atau subtitle.

No.2

XGIMI TechnologyHalo

Mulai dari Rp12.999.000,00

Memiliki resolusi tinggi yang mendukung tampilan 4K

Jika Anda mencari proyektor dengan resolusi tinggi, produk ini bisa menjadi pilihan yang ideal. XGIMI Halo merupakan proyektor mini yang dirancang dengan resolusi full HD. Bahkan, alat ini juga mendukung tampilan gambar hingga resolusi 4K.


Di samping itu, kualitas suara yang dihasilkan oleh produk ini juga tak main-main. XGIMI bekerja sama dengan Harman Kardon untuk menciptakan proyektor yang mampu menghasilkan suara bergema, seperti di bioskop. Dengan alat ini, Anda dapat menciptakan pengalaman menonton layaknya di bioskop.

No.3

Ezzrale Android Mini Optotech ProjectorEZH5

Mulai dari Rp2.850.000,00

Dengan mesin Opto Tech dan dual cooling system untuk mencegah panas berlebih

Saat digunakan secara terus-menerus, mesin proyektor akan menjadi panas. Jika suhunya melebihi rata-rata, hal tersebut dapat menyebabkan mesin proyektor terbakar dan rusak. Apabila Anda mengkhawatirkan hal tersebut, pertimbangkanlah proyektor mini Ezzrale EZH5 ini.


Produk ini dilengkapi mesin Opto Tech dan sistem pendingin ganda yang memastikan suhu proyektor berada dalam kisaran aman. Alat ini juga bisa dipasang menggunakan berbagai cara, lho! Anda dapat menggantungnya di langit-langit ruangan, ditempelkan ke tembok, diletakkan di atas meja, hingga memakai tripod.

No.4

BenQMini ProjectorGV1

Mulai dari Rp6.660.000,00

Bisa terhubung langsung dengan platform penyedia drama dan film

Keunggulan dari proyektor satu ini adalah dapat terhubung langsung dengan platform layanan drama dan film. Anda bisa mengunduh aplikasi, seperti Netflix atau yang lainnya, dan menghubungkannya melalui USB pada proyektor. Saat terhubung dengan Wi-Fi, layanan tersebut bisa langsung dibuka dan Anda dapat menikmati aneka tontonan.


Sementara itu, untuk mengganti layanan, proyektor mini dari BenQ ini sudah dilengkapi dengan remote control. Bagi Anda yang suka menonton drama atau film dari platform berbayar, proyektor ini adalah pilihan yang tepat.

No.5

ViewSonicM1 mini Plus

Mulai dari Rp3.750.000,00

Cegah mata lelah setelah menonton film dengan fitur eye care

Menonton film dari layar proyektor akan lebih asyik saat ruangan di-setting gelap. Sayangnya, hal tersebut dapat membuat mata mudah lelah dan kering. Bagi Anda yang menyukai menonton film di ruangan gelap, proyektor mini yang satu ini layak untuk dipilih. 


Produk ini dibekali fitur eye care yang memanfaatkan cahaya reflektif untuk mengurangi sinar biru yang buruk bagi mata. Produk ini juga memiliki swappable colored plates yang bisa Anda ganti sesuai selera. Tak hanya itu, speaker JBL internal dengan Bluetooth juga disisipkan pada proyektor mini ini. Anda pun akan mendapatkan audio yang sempurna saat menonton.

No.6

ANKERNebula Capsule ProjectorD4111

Mulai dari Rp3.999.000,00

Seukuran kaleng minuman soda dan muat di kantong celana

Ukurannya yang kecil dan berbentuk layaknya minuman soda dalam kemasan kaleng membuat proyektor ini unik. Alat ini juga dilengkapi dengan speaker yang dapat terdengar hingga 360 derajat. Anda bisa mendengarkan suara dari segala sisi dengan kualitas yang baik.


Dengan ukurannya yang dapat dimasukkan ke dalam kantong celana, proyektor ini praktis untuk dibawa ke mana saja. Proyektor mini ini juga bisa dihubungkan dengan HP melalui koneksi Wi-Fi.

No.7

SamsungThe FreestyleSP-LSP3BLAXXD

Mulai dari Rp14.999.000,00

Lebih fleksibel dengan proyektor yang bisa diputar 180 derajat

Sekilas, tampilan dari proyektor mini Samsung ini mirip dengan teropong bintang. Desainnya yang demikian memungkinkan Anda untuk memutar proyektor hingga 180 derajat. Anda pun bisa menyesuaikan tampilan proyektor sesuai keinginan, baik di dinding maupun di langit-langit kamar. 

Bukan itu saja, produk ini juga dilengkapi fitur Auto Leveling yang memastikan tampilan layarnya tetap rata di permukaan apa pun. Anda yang senang berpergian ke alam bebas pasti akan terbantu dengan kehadiran fitur ini. Tak melulu di atas meja, produk ini mampu menghasilkan gambar yang simetris meski diletakkan di atas bebatuan sekalipun.

No.8

EpsonEpiqVision Mini Laser Projection TVEF-12

Mulai dari Rp21.200.000,00

Online meeting makin praktis dengan proyektor Zoom-ready

Proyektor mini Epson ini dapat mengatur dan memfokuskan tampilan proyeksinya secara otomatis tanpa perlu menekan tombol apa pun. Produk ini juga didukung oleh aplikasi Zoom yang membuat online meeting makin praktis. 


Anda bisa langsung melakukan konferensi segera setelah proyektor dinyalakan tanpa perlu menginstal aplikasi tambahan. Untuk Anda yang sering melakukan rapat secara online, produk ini sangat kami rekomendasikan.

No.9

Multifungsi! Dapat dipakai sebagai power bank, senter, dan lampu SOS

Inilah proyektor multifungsi yang layak dimiliki oleh Anda yang kerap bepergian atau beraktivitas di lapangan. Dilengkapi dengan baterai tanam sebesar 6.000 mAh, proyektor ini dapat menjadi pengganti power bank saat darurat. Selain itu, ZenBeam S2 juga bisa berfungsi sebagai senter dan lampu SOS. 


Keunggulan lain dari proyektor ini adalah ukurannya yang tidak terlalu besar sehingga Anda dapat membawanya di dalam tas. Selain untuk rapat atau presentasi dadakan, produk ini cocok dibawa berkemah ataupun saat keadaan darurat.

No.10

Koneksi full wireless, tidak perlu ribet membawa kabel

Produk ini tidak menggunakan kabel sama sekali untuk disambungkan dengan perangkat Anda. Dengan 100% sambungan nirkabel, Anda dapat menghubungkannya melalui Bluetooth dan Wi-Fi. Proyektor mini ini juga bisa disambungkan dengan speaker eksternal melalui koneksi Bluetooth.


Alat ini tentunya sesuai untuk Anda yang tidak mau ribet membawa berbagai kabel saat bepergian. Meski nirkabel, Anda tetap dapat menggunakan kabel dari perangkat Anda untuk menyambungkannya dengan proyektor ini.

Baca juga rekomendasi speaker di sini

Walaupun kebanyakan proyektor mini sudah dilengkapi dengan speaker tanam, terkadang suaranya tidak terlalu menggelegar. Apabila Anda masih kurang puas dengan speaker yang terdapat pada proyektor, tidak ada salahnya membeli speaker terpisah. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi speaker yang sudah dilengkapi dengan koneksi Bluetooth.

Kesimpulan

Kami sudah menjabarkan apa saja yang perlu Anda perhatikan ketika memilih proyektor mini. Jadi, apakah Anda sudah menemukan proyektor yang pas dan sesuai dengan kebutuhan?


Anda dapat memilih proyektor berdasarkan kualitas gambar yang dihasilkan, koneksi, ukuran, dan bobotnya. Proyektor portable dengan harga murah hingga mahal juga telah tersedia pada review di atas. Selamat mencari proyektor mini untuk melengkapi berbagai kegiatan Anda!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer