• 10 Rekomendasi Proyektor Portabel Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Proyektor Portabel Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Proyektor Portabel Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Proyektor Portabel Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Proyektor Portabel Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Proyektor Portabel Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Proyektor portabel adalah perangkat yang dapat memproyeksikan gambar pada layar. Perangkat elektronik ini tidak hanya digunakan untuk kegiatan bisnis, tetapi juga dapat dimanfaatkan untuk hiburan. Tipe proyektor portabel pun beragam, mulai dari yang dapat dihubungkan dengan smartphone hingga yang memiliki kapasitas baterai besar.

Di antara sekian banyak produsen yang memproduksi proyektor portabel adalah LG, BenQ, dan ANKER. Banyaknya tipe dan produsen mungkin akan membuat Anda bingung. Oleh sebab itu, kali ini kami akan memberikan tips memilih proyektor portabel dan juga merekomendasikan produk terbaiknya untuk Anda. Tetap ikuti kami, ya!

  • Pembaharuan terakhir: 25 Januari 2021
  • 34.331 Views
Daftar isi

Keunggulan proyektor portabel

Proyektor portabel memiliki ukuran yang kecil dan mudah dibawa-bawa. Kualitas gambar dan suaranya memang tidak sebaik proyektor biasa. Akan tetapi, proyektor portabel dapat digunakan di tempat yang tidak terdapat arus listrik karena sudah memiliki baterai built-in.


Belakangan ini, proyektor portabel makin tipis dan ringan sehingga mudah dibawa ke mana-mana. Bahkan, ada beberapa produsen yang membuat proyektor portabel yang muat di dalam kantong Anda. Tidak hanya untuk keperluan bisnis seperti rapat atau presentasi, proyektor portabel juga diminati untuk kegiatan outdoor seperti camping.

Cara memilih proyektor portabel

Proyektor portabel merupakan perangkat yang ringan dan compact. Akan tetapi, selain kedua hal tersebut, ada juga hal lainnya yang perlu Anda perhatikan. Berikut penjabarannya. 

Pilih berdasarkan panel yang digunakan

Pilih berdasarkan panel yang digunakan

Panel merupakan sistem pemantulan cahaya pada proyektor. Panel yang paling banyak digunakan untuk proyektor portabel adalah panel DLP (digital light processing). Panel tipe ini mudah untuk dikontrol dan diperbesar atau diperkecil tampilan output-nya. Proyektor dengan panel DLP cukup populer ditawarkan dengan harga terjangkau.


Akan tetapi, ada kemungkinan akan muncul pola seperti pelangi ketika gambar diperkecil atau diperbesar. Oleh karena itu, panel DLP tidak direkomendasikan untuk Anda yang mementingkan kualitas gambar.


Panel lainnya adalah LCOS (liquid crytal on silicone) yang sering digunakan pada produk high-end. Karakteristik panel ini adalah resolusinya yang tinggi sehingga sesuai untuk gambar 4K. Tampilan yang dihasilkan pada layar pun bening dan cantik.


Karena banyak di antara panel LCOS yang harganya tinggi, tipe ini jarang digunakan pada proyektor portabel. Akan tetapi, untuk Anda yang mementingkan kualitas, pilihlah panel tipe LCOS.

Cek resolusi, tingkat kecerahan, dan rasio kontras

Setelah memutuskan panel yang diinginkan, jangan lupa untuk mengecek resolusi, tingkat kecerahan, dan rasio kontras suatu produk. Ketiga hal ini merupakan poin-poin yang berhubungan dengan kualitas gambar. Oleh karena itu, cek dengan teliti, ya!

Untuk Anda yang mementingkan kualitas gambar, perhatikan resolusi proyektor

Makin besar resolusi suatu proyektor, makin bagus pula kualitas gambar yang dapat Anda nikmati. Jadi, apabila Anda menginginkan proyektor portabel dengan kualitas gambar yang baik, perhatikanlah resolusinya.


Proyektor portabel memiliki resolusi beragam, mulai dari VGA (640 x 480 piksel) hingga FULL HD (1920 x 1080 piksel). Bagi Anda yang ingin membeli proyektor portabel untuk menonton film, sebaiknya carilah yang memiliki resolusi FULL HD atau lebih tinggi.

Sesuaikan tingkat kecerahan dengan tempat pemakaian proyektor

Sesuaikan tingkat kecerahan dengan tempat pemakaian proyektor

Sangat penting untuk menyesuaikan tingkat kecerahan dengan tempat dan keadaan proyektor akan digunakan. Tingkat kecerahan ini dinyatakan dalam satuan lumen (lm). Makin besar angkanya, makin jelas pula tampilan gambar pada layar, bahkan di dalam ruangan yang terang. Selain itu, tingkat kecerahan yang tinggi juga memungkinkan proyektor untuk diletakkan lebih jauh dari layar.


Apabila keadaan sekitar Anda gelap gulita, seperti saat berkemah atau di ruangan gelap, proyektor dengan 100 lm sudah cukup. Sementara itu, untuk pemakaian di ruangan terang atau pada siang hari, carilah produk dengan 3.000 lm atau lebih.


Akan tetapi, perlu diingat bahwa proyektor portabel menggunakan baterai. Makin tinggi tingkat kecerahannya, makin besar juga konsumsi baterainya. Oleh karena itu, pastikan waktu penggunaan proyektor apabila Anda berada di tempat yang tidak memiliki arus listrik.

Rasio kontras, menentukan tingkat perbedaan warna

Rasio kontras, menentukan tingkat perbedaan warna

Rasio kontras menunjukkan perbandingan antara warna putih yang paling terang dengan warna hitam yang paling gelap. Rasio ini biasanya ditulis dengan 1.000:1 atau 2.500:1. Makin besar angkanya, makin jelas juga perbedaan warna yang dihasilkan proyektor.


Akan tetapi, rasio kontras hanyalah acuan untuk mempertegas bagian yang gelap seperti bayangan dan lainnya. Bukan berarti dengan rasio kontras yang tinggi, gambar yang dihasilkan akan serta-merta terlihat makin bening.

Perhatikan besar gambar dan jarak pemasangan

Perhatikan besar gambar dan jarak pemasangan

Saat memilih proyektor portabel, pertimbangkan juga seberapa besar gambar yang ingin Anda tampilkan pada layar. Ukuran gambar pada layar biasanya dinyatakan dalam satuan inci. Pilihlah ukuran yang sesuai dengan jumlah orang yang akan menonton.


Akan tetapi, makin besar gambar yang akan ditampilkan, makin lebar juga jarak untuk meletakkan proyektor. Apabila ingin menggunakannya di dalam ruangan, Anda harus memperhitungkan lebar ruangan Anda. Untuk ruangan yang kecil, sebaiknya pilihlah proyektor yang memiliki short focus. Dengan begitu, gambar yang ditampilkan akan tetap fokus walaupun proyektor diletakkan dalam jarak dekat.

Pastikan kapasitas baterai dan waktu penggunaan

Pastikan kapasitas baterai dan waktu penggunaan

Ketika Anda membeli proyektor portabel untuk rapat yang berlangsung lama atau menonton film, carilah yang kapasitas baterainya besar. Selain itu, pilih juga yang memiliki waktu penggunaan terus-menerus yang lama.


Sekalipun memiliki kapasitas baterai yang besar, belum tentu proyektor tersebut bisa digunakan terus-menerus dalam jangka waktu lama. Hal ini bergantung pada spesifikasi unit utama. Jadi, pastikan untuk mengecek dengan cermat waktu penggunaan dan kapasitas baterai proyektor yang Anda inginkan.


Selain itu, ada juga beberapa produk yang dapat di-charge menggunakan USB dengan menghubungkannya pada PC atau power bank. Sebagian besar proyektor tipe ini juga dapat digunakan sebagai power bank sehingga sangat praktis untuk mengisi ulang daya gadget Anda.

Cermati koneksi yang kompatibel

PC dan laptop biasanya menggunakan HDMI sebagai terminal output eksternalnya. Apabila proyektor portabel Anda kompatibel dengan HDMI, Anda dapat menghubungkannya cukup dengan menggunakan kabel HDMI.


Anda juga dapat menggunakan kabel HDMI untuk menghubungkan proyektor pada smartphone atau tablet. Akan tetapi, Anda perlu menggunakan adaptor output HDMI pada gawai. Jika ingin menghubungkan proyektor dengan gadget Anda, cek terlebih dahulu apakah proyektor memiliki terminal MHL atau tidak. Terminal MHL memungkinkan proyektor dikoneksikan dengan gadget menggunakan kabel USB.


Selain itu, ada juga beberapa model yang dapat disambungkan secara wireless melalui Wi-Fi. Karena tidak memerlukan kabel, koneksi ini sangat praktis, terutama untuk frekuensi pemakaian yang tinggi.

Cari ukuran yang mudah dibawa

Dengan pertimbangan kemudahannya untuk dibawa-bawa, Anda juga harus mengecek ukuran dan berat proyektor portabel. Produk yang memiliki berat hingga satu kilogram bisa dikatakan masih cukup ringan untuk dibawa-bawa. Namun, apabila Anda menginginkan proyektor portabel yang dapat dimasukkan ke dalam kantong, carilah yang beratnya sekitar 500 gram.


Akan tetapi, jangan hanya fokus pada ukuran saja. Kualitas gambar dan fungsinya juga harus dicermati. Apabila kualitas gambarnya buruk, Anda bisa jadi tidak dapat membaca karakter pada material rapat. Jadi, sebelum melihat ukuran, selalu cek terlebih dahulu kualitas gambar.

Periksa fungsi lainnya

Periksa fungsi lainnya

Selain hal yang sudah dijabarkan di atas, perhatikan juga fungsi lainnya yang terdapat pada proyektor portabel. Walaupun hanya merupakan proyektor berukuran kecil, banyak produk yang memiliki fungsi yang praktis dan tidak kalah dengan proyektor ukuran besar.


Fungsi lain yang biasanya terdapat pada proyektor portabel adalah fungsi pengoreksi distorsi yang dapat membetulkan ukuran layar secara otomatis. Ada juga proyektor dengan energy-saving yang menggunakan lampu LED. Selain itu, ada beberapa proyektor dengan fungsi senyap yang dapat menghilangkan suara berisik dari mesin.


Ada banyak proyektor portabel dengan harga dan ukuran yang sama. Jadi, apabila Anda ragu menentukan pilihan, Anda dapat membandingkan fungsi lain yang terdapat pada produk tersebut.

10 Rekomendasi proyektor portabel terbaik

Setelah membaca penjelasan di atas, berikut ini akan kami rekomendasikan produk-produk terbaik untuk proyektor portabel. Semoga bisa membantu Anda dalam memilih sesuai dengan kebutuhan.

10
Panel・ResolusiLCD・800 x 480 piksel
Kecerahan・Rasio kontras1200 lm・1.200:1
Ukuran proyeksi・Jarak letak22–160 in・Tidak dijelaskan
Kapasitas baterai・Lama penggunaanTidak dijelaskan・Tidak dijelaskan
KoneksiHDMI, VGA, USB, nirkabel
Dimensi・Berat204,5 mm x 225 mm x 115 mm・Tidak dijelaskan
9
Panel・ResolusiDLP・1280 x 720 piksel
Kecerahan・Rasio kontras130 lm・100.000:1
Ukuran proyeksi・Jarak letak40–100 in・Tidak dijelaskan
Kapasitas baterai・Lama penggunaanTidak dijelaskan・2,5 jam
KoneksiMHL, USB, nirkabel
Dimensi・BeratTidak dijelaskan
8

ANKERNebula Capsule Projector

D4111

Mulai dari Rp 5.900.000,00

Panel・ResolusiDLP・854 x 480 piksel
Kecerahan・Rasio kontras100 lm・Tidak dijelaskan
Ukuran proyeksi・Jarak letak20–100 in・0,58–3,08 m
Kapasitas baterai・Lama penggunaan5.200 mAh・4 jam
KoneksiHDMI, USB, Bluetooth, Wi-Fi
Dimensi・Berat67,8 mm x 119,9 mm・419,6 gram
7
Panel・ResolusiDLP・854 x 480 piksel
Kecerahan・Rasio kontras200 lm・100.000:1
Ukuran proyeksi・Jarak letakTidak dijelaskan・Tidak dijelaskan
Kapasitas baterai・Lama penggunaanTidak dijelaskan・Tidak dijelaskan
KoneksiHDMI, USB, Bluetooth, Wi-Fi
Dimensi・Berat155 mm x 80 mm x 80 mm・708 gram
6
Panel・ResolusiTidak dijelaskan・854 x 480 piksel
Kecerahan・Rasio kontras120 lm・500:1
Ukuran proyeksi・Jarak letak24–100 in・0,64–2,66 m
Kapasitas baterai・Lama penggunaanTidak dijelaskan・2,4 jam
KoneksiHDMI, USB
Dimensi・Berat110 mm x 104 mm x 27 mm・280 gram
5
Panel・ResolusiDLP・1280 x 720 piksel
Kecerahan・Kontras rasio550 lm・100.000:1
Ukuran proyeksi・Jarak letak25–100 in・0,77–3 m
Kapasitas baterai・Lama penggunaanTidak dijelaskan・2,5 jam
KoneksiHDMI, USB, nirkabel
Dimensi・Berat175 mm x 109 mm x 43 mm・648 gram
4
Panel・ResolusiDLP・1280 x 720 piksel
Kecerahan・Kontras rasio500 lm・400:1
Ukuran proyeksi・Jarak letak60–120 in・1,5–3 m
Kapasitas baterai・Lama penggunaan6.000 mAh・Hingga 3,5 jam
KoneksiHDMI, USB
Dimensi・Berat120 mm x 120 mm x 35 mm・497 gram
3

AAXAP7 Pico Projector

KP-750-00

Mulai dari Rp 13.116.000,00

Panel・ResolusiDLP・1920 x 1080 piksel
Kecerahan・Rasio kontras600 lm・2.000:1
Ukuran proyeksi・Jarak letak16–120 in・0,51–2,29 m
Kapasitas baterai・Lama penggunaanTidak dijelaskan・90 menit
KoneksiHDMI, VGA, USB, SD card
Dimensi・Berat119 mm x 111,7 mm x 68,6 mm・635 gram
2
Panel・ResolusiDLP・854 x 480 piksel
Kecerahan・Rasio kontras200 lm・Tidak dijelaskan
Ukuran proyeksi・Jarak letak40 – 100 in・1,15 – 3,08 m
Kapasitas baterai・Lama penggunaan9.750 mAh・4 jam
KoneksiHDMI, USB, Bluetooth, Wi-Fi
Dimensi・Berat132 mm x 66 mm x 66 mm・470 gram
1
Panel・ResolusiTidak dijelaskan・854 x 480 piksel
Kecerahan・Rasio kontras300 lm・120.000:1
Ukuran proyeksi・Jarak letak24–100 in・0,64–2,66 m
Kapasitas baterai・Lama penggunaan4.000 mAh・6 jam
KoneksiHDMI, USB, Bluetooth, Wi-Fi, SD card
Dimensi・Berat146 mm x 126 mm x 40 mm・750 gram

Tabel perbandingan produk proyektor portabel terbaik

Gambar produk
1
ViewSonic M1+ 1

ViewSonic

2
ANKER Nebula Apollo Projector 1

ANKER

3
AAXA P7 Pico Projector 1

AAXA

4
ASUS ZenBeam S2 1

ASUS

5
LG CineBeam 1

LG

6
ViewSonic M1 Mini 1

ViewSonic

7
BenQ Mini Projector 1

BenQ

8
ANKER Nebula Capsule Projector 1

ANKER

9
LG Minibeam 1

LG

10
Cheerlux C6 Mini Wireless Projector 1

Cheerlux

Nama produk

M1+

Nebula Apollo Projector

P7 Pico Projector

ZenBeam S2

CineBeam

M1 Mini

Mini Projector

Nebula Capsule Projector

Minibeam

C6 Mini Wireless Projector

Keunggulan

Otomatis mati ketika objek terlalu dekat

Makin praktis dengan OS Android 7.1!

Walau kecil, dapat memproyeksikan hingga 120 inci!

Dapat difungsikan sebagai pengganti power bank

Menghadirkan suasana bioskop ke rumah Anda

Dilengkapi stand untuk menonton di langit-langit kamar

Bisa terhubung langsung dengan platform penyedia drama dan film

Seukuran kaleng minuman soda dan muat di kantong celana

Koneksi full nirkabel, tidak perlu ribet membawa kabel

Menonton tidak perlu dalam ruangan yang gelap

Harga mulai dariRp 7.540.000,00Rp 7.999.000,00Rp 13.116.000,00Rp 7.500.000,00Rp 6.700.000,00Rp 3.770.000,00Rp 6.900.000,00Rp 5.900.000,00Rp 4.750.000,00Rp 890.000,00
Panel・ResolusiTidak dijelaskan・854 x 480 pikselDLP・854 x 480 pikselDLP・1920 x 1080 pikselDLP・1280 x 720 pikselDLP・1280 x 720 pikselTidak dijelaskan・854 x 480 pikselDLP・854 x 480 pikselDLP・854 x 480 pikselDLP・1280 x 720 pikselLCD・800 x 480 piksel
Kecerahan・Rasio kontras300 lm・120.000:1200 lm・Tidak dijelaskan600 lm・2.000:1500 lm・400:1550 lm・100.000:1120 lm・500:1200 lm・100.000:1100 lm・Tidak dijelaskan130 lm・100.000:11200 lm・1.200:1
Ukuran proyeksi・Jarak letak24–100 in・0,64–2,66 m40 – 100 in・1,15 – 3,08 m16–120 in・0,51–2,29 m60–120 in・1,5–3 m25–100 in・0,77–3 m24–100 in・0,64–2,66 mTidak dijelaskan・Tidak dijelaskan20–100 in・0,58–3,08 m40–100 in・Tidak dijelaskan22–160 in・Tidak dijelaskan
Kapasitas baterai・Lama penggunaan4.000 mAh・6 jam9.750 mAh・4 jamTidak dijelaskan・90 menit6.000 mAh・Hingga 3,5 jamTidak dijelaskan・2,5 jamTidak dijelaskan・2,4 jamTidak dijelaskan・Tidak dijelaskan5.200 mAh・4 jamTidak dijelaskan・2,5 jam Tidak dijelaskan・Tidak dijelaskan
KoneksiHDMI, USB, Bluetooth, Wi-Fi, SD card HDMI, USB, Bluetooth, Wi-FiHDMI, VGA, USB, SD cardHDMI, USBHDMI, USB, nirkabelHDMI, USBHDMI, USB, Bluetooth, Wi-FiHDMI, USB, Bluetooth, Wi-FiMHL, USB, nirkabelHDMI, VGA, USB, nirkabel
Dimensi・Berat146 mm x 126 mm x 40 mm・750 gram132 mm x 66 mm x 66 mm・470 gram119 mm x 111,7 mm x 68,6 mm・635 gram120 mm x 120 mm x 35 mm・497 gram175 mm x 109 mm x 43 mm・648 gram110 mm x 104 mm x 27 mm・280 gram155 mm x 80 mm x 80 mm・708 gram67,8 mm x 119,9 mm・419,6 gramTidak dijelaskan204,5 mm x 225 mm x 115 mm・Tidak dijelaskan
Tautan produk

Baca juga rekomendasi speaker di sini

Walaupun kebanyakan proyektor portabel sudah dilengkapi dengan speaker tanam, terkadang suaranya tidak terlalu menggelegar. Apabila Anda masih kurang puas dengan speaker yang terdapat pada proyektor portabel, tidak ada salahnya membeli speaker terpisah. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi speaker yang sudah dilengkapi dengan koneksi Bluetooth.

Kesimpulan

Kami sudah menjabarkan apa saja yang perlu Anda perhatikan ketika memilih proyektor portabel. Jadi, apakah Anda sudah menemukan proyektor yang sesuai untuk kebutuhan Anda?


Anda dapat memilih proyektor berdasarkan kualitas gambar yang dihasilkan, koneksi, ukuran, dan bobotnya. Harganya mungkin cukup mahal, tetapi berbanding dengan tingkat kepraktisannya. Selamat mencari proyektor portabel untuk melengkapi berbagai kegiatan Anda!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Bluetooth Speaker Terbaik dengan Harga Terjangkau (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Bluetooth Speaker Terbaik dengan Harga Terjangkau (Terbaru Tahun 2021)
    Bluetooth speaker memberikan kenyamanan karena bisa digunakan baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan. Produsen terkenal, seperti Sony, JBL, Anker, Denon, dan Samsung telah membuat Bluetooth speaker dengan harga yang cukup terjangkau.Apabila Anda bingung saat memilih Bluetooth speaker yang ekonomis, Anda dapat membaca artikel berikut ini sebagai panduan. Selain itu, kami juga akan memberikan sepuluh Bluetooth speaker terbaik dengan harga terjangkau di berbagai marketplace. Simak artikel berikut ini dan temukan Bluetooth speaker idaman Anda!
    Home entertainment
    76.428 Views
  • 10 Rekomendasi TV Terbaik untuk Anda yang Tinggal Sendiri (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi TV Terbaik untuk Anda yang Tinggal Sendiri (Terbaru Tahun 2021)
    Sebagian orang mungkin saja tidak menonton TV sama sekali. Namun, TV merupakan salah satu perangkat rumah yang tidak bisa ditinggalkan. Anda pun pasti sudah paham bahwa produk TV tersedia dalam berbagai ukuran. Setiap produsen juga memiliki TV dalam berbagai model dan fitur. Hal ini tentu dapat membuat Anda bingung untuk memilihnya.Untuk itu, kami akan mengulas poin-poin dalam memilih TV untuk Anda yang tinggal sendiri. Kami juga akan merekomendasikan produk-produk dari Sony, Panasonic, Toshiba, dan merek lainnya. Mari temukan TV yang sesuai dengan gaya hidup Anda!
    Home entertainment
    38.984 Views
  • 10 Rekomendasi Android TV Box Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Android TV Box Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Seiring berkembangnya teknologi, banyak orang yang mulai beralih menggunakan smart TV. Dengan tawaran hiburan yang lebih beragam, harga smart TV lebih tinggi dibandingkan TV biasa. Bagi Anda yang terhalang budget, Android TV box bisa dijadikan solusi dari masalah tersebut. Dengan harga yang lebih terjangkau, alat ini akan mengubah TV konvensional menjadi smart TV.Pada kesempatan ini, kami akan menjelaskan mengenai apa itu Android TV box dan tips memilihnya. Di bagian akhir, kami juga akan merekomendasi beberapa produk terbaik seperti Transvision, MXQ Pro 4K, H96 Max, dan X96. Selamat membaca!
    Home entertainment
    1.560 Views
  • 10 Rekomendasi Earphone Hi-Res (High Resolution) Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Earphone Hi-Res (High Resolution) Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Earphone high resolution (hi-res) menawarkan sensasi mendengarkan audio dengan kualitas suara yang bagus. Dengan begitu, Anda dapat menikmati pengalaman mendengarkan musik atau menonton film dengan lebih maksimal. Saat ini, ada berbagai jenis earphone hi-res yang bisa ditemukan di pasaran. Bagi orang awam, hal ini mungkin akan sedikit membingungkan.Pada kesempatan kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih earphone hi-res yang bisa Anda jadikan acuan. Kemudian, kami juga akan memberikan beberapa rekomendasi produk terbaik, seperti Sennheiser, Sony, dan lainnya. Bacalah dengan teliti dan temukan produk yang tepat untuk kebutuhan Anda.
    Home entertainment
    25.432 Views
  • 10 Rekomendasi Home Theater Speaker Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Home Theater Speaker Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Home theater speaker mampu membuat suara TV Anda menjadi lebih hidup. Berbagai model home theater speaker ditawarkan oleh produsen audio ternama, seperti Polytron, Samsung, Sony, dan lainnya. Anda yang sedang mencari home theater speaker untuk pertama kali tentu akan kesulitan menentukan pilihan, bukan?Oleh karena itu, kali ini kami akan menjelaskan tips memilih home theater speaker yang tepat. Tak lupa, kami juga merekomendasikan sepuluh produk terbaik di artikel ini. Temukan produk home theater speaker yang paling pas untuk melengkapi ruang TV Anda!
    Home entertainment
    63.266 Views
  • 10 Rekomendasi Remote TV Universal Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Remote TV Universal Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Kegunaan utama dari remote TV universal adalah untuk mengganti remote control asli yang rusak atau hilang. Remote ini dapat digunakan untuk berbagai jenis televisi. Anda hanya perlu memasukkan kode remote sesuai jenis televisi yang digunakan. Tersedia banyak remote TV universal dengan harga dan fungsi yang berbeda-beda. Merknya pun beragam, ada Chunghop, Huayu, hingga Visero.Pada artikel ini, kami akan memperkenalkan cara memilih remote TV universal. Kami juga akan merekomendasikan produk remote TV universal yang bagus untuk Anda. Simak artikel berikut sampai selesai, ya!
    Home entertainment
    6.967 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori