10 Rekomendasi Shea Butter Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Shea Butter Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Shea butter terkenal sebagai obat yang mujarab di negara-negara benua Afrika. Tidak hanya sebagai perawatan untuk kulit, shea butter juga dapat digunakan sebagai penangkal sinar ultraviolet dan pencegah gatal. Di dunia kecantikan, shea butter disebut-sebut efektif dalam melembapkan kulit.

Dalam artikel kali ini, kami ingin merekomendasikan berbagai produk shea butter yang berguna untuk perawatan tubuh dan rambut. Selain itu, kami juga akan menjelaskan beberapa poin tentang cara memilih shea butter yang dapat Anda gunakan sebagai panduan untuk menemukan produk yang paling cocok sesuai kebutuhan.

Daftar isi

Cara memilih shea butter

Shea butter pun memiliki perbedaan pada setiap produknya. Untuk itu, kami akan membahas poin-poin penting yang dapat membantu Anda dalam memilih produk shea butter dengan tepat yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Pilih shea butter yang purified atau unpurified?

Pilih shea butter yang purified atau unpurified?

Shea butter dibagi menjadi dua jenis yaitu shea butter yang dimurnikan (purified) dan yang tidak dimurnikan (unpurified). Shea butter yang dimurnikan berarti produk tersebut telah menjalani proses untuk menghilangkan impurity dari shea butter setelah diambil dari pohon shea. Jenis ini memiliki bau yang unik dan kualitasnya stabil sehingga dapat disimpan dalam jangka waktu yang lebih lama dibandingkan shea butter yang tidak dimurnikan.

Sedangkan shea butter yang tidak dimurnikan, tidak dihilangkan impurity-nya. Shea butter ini dijual dalam keadaan yang paling mendekati bentuk alaminya alami, dan ada kemungkinan setiap produk shea butter ini memiliki bau dan warna yang tidak seragam. Namun kelebihannya adalah, produk yang tidak dimurnikan ini tetap mempertahankan kandungan zat-zat aktif yang bisa jadi hilang akibat proses pemurnian.

Shea butter yang dimurnikan atau tidak, memiliki kelebihan masing-masing. Akan tetapi jika Anda memiliki kulit yang sensitif, kami sarankan untuk menggunakan shea butter yang dimurnikan.

Pilih produk asal Afrika Barat atau Afrika Timur

Pilih produk asal Afrika Barat atau Afrika Timur

Bahan baku shea butter bervariasi bergantung pada daerah penghasilnya. Shea butter yang terbuat dari spesies magnifolia Afrika Barat memiliki oleic acid yang memiliki efek pelembap tinggi dan stearic acid yang mengandung vitamin E yang memiliki fungsi sebagai antioksidan. Jadi bisa dikatakan bahwa penggunaan shea butter dari Afrika Barat akan membuat kulit menjadi lembap dan kencang.

Di sisi lain, shea butter dari spesies nilotica yang dapat ditemukan di Afrika Timur seperti Sudan Selatan, memiliki kadar stearic acid (zat yang bersifat menolak air) yang rendah. Hal ini menjadikan shea butter dari Afrika Timur memiliki karakteristik halus dan nyaman saat digunakan pada kulit. Akan tetapi, sulit untuk memperoleh shea butter dari Afrika Timur ini. Jadi, penting untuk memilih shea butter dengan menyesuaikan jenis mana yang Anda sukai.

Pilih yang tidak mengandung bahan aditif seperti pewangi sintetis atau pengawet

Pilih yang tidak mengandung bahan aditif seperti pewangi sintetis atau pengawet

Shea butter sendiri memiliki kemampuan untuk bisa disimpan sehingga Anda bisa menggunakan shea butter dalam kondisi alaminya. Meski dinyatakan sebagai “shea butter”, ada beberapa produk yang hanya menggunakan sedikit shea butter sebagai bahan bakunya. Jika Anda menggunakan produk yang banyak menggunakan zat kimia sintetis, Anda tidak akan mendapatkan efek dari shea butter.

Bahkan ketika ditambahkan wewangian, ada juga produk yang menggunakan pewangi sintetis, bukan wewangian seperti aroma alami herbal. Oleh karena itu, sebisa mungkin pilihlah produk yang menggunakan 100% shea butter dengan bahan alami.

10 Rekomendasi shea butter terbaik

Setelah mengetahui manfaat shea butter dan cara memilihnya, sekarang kami akan memberikan 10 rekomendasi produk shea butter terbaik. Temukanlah shea butter yang paling cocok dengan kebutuhan dan selera Anda.

10. Haple Shea Butter

10. Haple Shea Butter

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 84.550

Shea butter sebagai bahan campuran masker

Haple Shea Butter diproduksi dengan menggunakan 100% shea butter yang telah dimurnikan dan bebas bahan kimia. Bagi Anda yang memiliki kulit berminyak tidak perlu khawatir karena tetap bisa menggunakan produk shea butter ini. Meski berasal dari shea butter yang telah dimurnikan, produk ini tetap mempertahankan banyak manfaat dari shea butter.

Anda dapat menggunakan produk ini untuk mengurangi bekas jerawat, stretch marks, flek hitam, dan juga sebagai pelembap bibir. Dengan antioksidan yang tinggi, shea butter ini berfungsi menjaga sel kulit dari bahan kimia yang berbahaya. Anda bahkan dapat menggunakan produk dari Haple ini sebagai campuran masker wajah dan rambut.

9. Now Foods Shea Butter

9. Now Foods Shea Butter

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 175.000

Shea butter dengan jaminan halal

Jika Anda ingin mencari shea butter yang terjamin kehalalannya, Now Foods Shea Butter bisa menjadi pilihan! Selain jaminan halal, produk ini juga bebas hexane, diproses tanpa gluten, dan merupakan produk vegan. Produk dari Now Foods ini menggunakan 100% shea butter asli yang berasal dari Afrika Barat dan Tengah.

Produk shea butter ini cocok digunakan sehari-hari karena dapat mengunci kelembapan dan melembutkan kulit. Anda bisa mengoleskannya pada bagian kulit yang sangat kering seperti siku, lutut, dan kaki. Teksturnya yang mudah terserap membuat shea butter ini cocok untuk semua jenis kulit. Anda bahkan dapat menggunakannya sebagai pelembap kulit kepala.

8. Naturalistik Whipped Shea Butter

8. Naturalistik Whipped Shea Butter

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 115.000

Shea butter untuk mengatasi masalah kulit pada bayi

Shea butter yang digunakan dalam produk Naturalistik Whipped Shea Butter ini merupakan 100% shea butter asli yang belum melalui tahap pemurnian. Tidak seperti produk shea butter yang lain, produk dari Naturalistik hanya ditujukan untuk pemakaian pada wajah dan badan, jadi sebaiknya Anda tidak menggunakan produk ini pada rambut atau kulit kepala.

Shea butter dari Naturalistik ini dapat mengatasi segala jenis masalah kulit seperti kulit kering, kasar, terbakar matahari, stretch marks, dan kerusakan karena cuaca. Selain itu, produk ini juga aman digunakan bahkan pada kulit bayi yang sangat sensitif. Anda bisa mengoleskannya untuk mengatasi masalah kulit pada bayi seperti ruam karena popok.

7. Gulaco 100% Shea Butter

7. Gulaco 100% Shea Butter

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 100.000

Shea butter sebagai pelembap alami tanpa menyumbat pori-pori kulit

Salah satu merek lokal yang mengemas shea butter dengan packaging yang cantik adalah Gulaco. Dengan mengusung konsep natural handmade, Gulaco yang berdiri pada tahun 2014 ini telah ikut berkecimpung memasarkan produk unrefined shea butter. Penggunaan 100% shea butter pada produk dengan kemasan mungil 20 gram ini menjadi favorit para pecinta skincare.

Cukup dengan mengoleskan sedikit saja produk shea butter ini, Anda dapat menggunakannya sebagai pelembap wajah alami yang dapat dipakai setiap hari. Produk ini juga tidak menyumbat pori-pori sehingga Anda tidak perlu khawatir dalam penggunaannya, terutama pada kulit wajah.

6. Skinplants Shea Butter Soft

 

6. Skinplants Shea Butter Soft

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 79.000

Shea butter alami tanpa kandungan mineral oils

Skinplants Shea Butter Soft merupakan salah satu produk shea butter asal Thailand yang mendapatkan sertifikat Ecocert. Ini menunjukkan bahwa Skinplants menjamin kualitas dan proses produksi dari produk shea butter-nya yang ramah lingkungan.

Shea butter ini dapat diaplikasikan pada area kulit wajah, kulit tubuh, dan bibir. Produk dari Skinplants ini  tidak mengandung mineral oils, alkohol, pewangi, pengawet dan pewarna sintetis sehingga cocok digunakan untuk semua jenis kulit, bahkan kulit sensitif atau untuk kulit bayi. Shea butter ini juga mengandung vitamin E dan A dari alam serta antioksidan yang baik untuk kulit.

5. Leomael Naturals Unrefined Shea Butter

5. Leomael Naturals Unrefined Shea Butter

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 633.480

Shea butter untuk perawatan kulit akibat polusi lingkungan dan sinar matahari

Paparan polusi lingkungan dan sinar matahari setiap hari pada kulit menyebabkan kulit tidak sehat dan mengalami penuaan. Dengan menggunakan Leomael Naturals Shea Butter yang memiliki kandungan raw shea butter ini, Anda dapat melembapkan kulit seketika dan menjadikannya tetap sehat setiap saat.

Laeomael Naturals menggunakan 100% shea butter alami dari Ghana, Afrika Barat, tanpa menggunakan campuran bahan kimia maupun buatan. Anda dapat menikmati semua manfaat shea butter secara utuh mulai dari mengatasi masalah kulit seperti kulit kering, jerawat, ruam dan eczema, hingga untuk perawatan rambut dan kulit kepala.

4. Indonesia Shea Butter Organic Shea Butter

4. Indonesia Shea Butter Organic Shea Butter

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 114.300

Shea butter yang mampu mengurangi ketombe pada kulit kepala

Indonesia Shea Butter (ISB) menjual shea butter yang 100% murni dan organik yang bersertifikat Ecocert. Koneksi langsung dari petani shea butter di Afrika, memungkinkan ISB memproduksi ISB Organic Shea Butter yang merupakan produk berkualitas tinggi.

Anda dapat menggunakan produk ISB Organic Shea Butter untuk kebutuhan rambut hingga ujung kaki. Dengan mengoleskan lumeran shea butter pada kulit kepala dan mendiamkannya selama 30 menit, akar rambut akan semakin kuat dan ketombe pun berkurang. Untuk penggunaan pada wajah dan tubuh, Anda hanya perlu mengoleskan sedikit shea butter ke bagian tubuh yang dirasa kering.

3. Gokasan Shea Butter

3. Gokasan Shea Butter

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 115.000

Shea butter dengan manfaat anti-aging

Gokasan Shea Butter merupakan produk shea butter yang berasal dari Swedia yang kaya akan fitosterol, polifenol, asam lemak esensial, dan memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Shea butter dari Gokasan ini mampu melembapkan kulit, meningkatkan produksi kolagen, mengurangi tanda-tanda penuaan pada kulit, serta melindungi kulit dari sinar ultraviolet.

Selain untuk perawatan tubuh, Anda juga dapat menggunakan produk ini untuk menutrisi rambut. Shea butter ini mudah terserap hingga ke lapisan terdalam kulit, menjadikannya mampu memberikan efek maksimal. Akan tetapi, perlu diperhatikan bahwa shea butter ini mudah meleleh pada suhu tubuh sehingga Anda harus memastikan tempat penyimpanannya pada suhu dingin.

2. Arum Nusantara West African Unrefined Shea Butter – NDA Ghana

2. Arum Nusantara West African Unrefined Shea Butter

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 550.000

Shea butter dengan aroma kuat khas shea butter alami Ghana

Sesuai namanya, shea butter yang digunakan pada Arum Nusantara West African Unrefined Shea Butter – NDA Ghana ini berasal dari Ghana, tidak dimurnikan dan diproses dengan metode cold pressed. Aroma yang kuat yang merupakan ciri khas shea butter dari Ghana masih sangat terasa pada produk ini!

Produk shea butter dari Arum Nusantara ini telah memiliki bersertifikat organik sehingga aman digunakan pada kulit. Shea butter ini  mampu menghidrasi kulit kering dan pecah-pecah, serta dapat diolah kembali menjadi produk perawatan kulit lain seperti lotion, sampo, sabun, hingga produk perawatan untuk bayi.

1. L’Occitane Certified Organic Pure Shea Butter

1. L'Occitane Certified Organic Pure Shea Butter

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.263.218

Produk multifungsi untuk seluruh tubuh dan rambut

Ekstrak shea butter yang digunakan dalam produk L’Occitane merupakan 100% organik yang dihasilkan oleh petani dan dibeli melalui koperasi wanita di Burkina Faso, Afrika Barat. Selain sertifikasi organik, produk ini juga mendapatkan sertifikat dari Ecocert karena telah membuktikan perdagangan yang adil.

L’Occitane Certified Organic Pure Shea Butter dapat melembapkan seluruh bagian tubuh Anda yang kering, seperti bibir, siku, kaki bahkan hingga ke rambut! Produk ini juga diperkaya dengan vitamin E yang berfungsi sebagai antioksidan. Meskipun harga yang ditawarkan cukup mahal, namun produk ini mampu memberi nutrisi pada kulit kering, melembutkan, serta melindungi kulit dari pengaruh buruk lingkungan.

Kesimpulan

Dengan manfaat yang begitu banyak, sangat disayangkan apabila Anda tidak memaksimalkan perawatan tubuh dengan produk shea butter. Shea butter dapat digunakan pada seluruh tubuh dan aman digunakan oleh pria maupun wanita, orang dewasa, maupun anak-anak.

Tidak hanya untuk kebutuhan kosmetik, shea butter juga dapat digunakan untuk perawatan luka, pelembap, ruam karena gigitan serangga, hingga perawatan pada kulit yang terbakar matahari. Jadi, apakah Anda tertarik untuk mencoba memasukkan shea butter ke dalam rangkaian perawatan kulit Anda sehari-hari? Semoga Anda segera menemukan shea butter favorit Anda, ya!