• 10 Sereal Granola Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Sereal Granola Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Sereal Granola Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Sereal Granola Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Sereal Granola Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Sereal Granola Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2021)

Sereal granola dengan buah-buahan dan kacang-kacangan mengandung nilai gizi tinggi serta kaya akan serat. Selain sebagai menu sarapan, sereal ini bisa menjadi pilihan ideal saat menjalankan program diet karena rendah kalori. Ada beragam olahan makanan yang dapat dibuat dari sereal granola

Di artikel ini kami akan membagikan tips memilih sereal granola yang bagus. Kami juga merekomendasikan sepuluh merk sereal granola yang enak, seperti East Bali Cashews, Chia-Yo, dan Granolab Muesli. Untuk melengkapi informasinya, ahli gizi, Leona Victoria, juga ikut memberikan komentarnya di artikel ini. Yuk, mari disimak!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Leona Victoria
  • Pembaharuan terakhir: 04 November 2021
  • 54.978 Views
Daftar isi

Profil pakar: Nutritionist, Leona Victoria, MND

Profil pakar: Nutritionist, Leona Victoria, MND

Victoria adalah ahli gizi yang memiliki akreditasi praktik dari Dietitians Association of Australia. Wanita yang memiliki gelar Master of Nutrition and Dietetics ini sudah 10 tahun berpengalaman menangani diabetes, weight management, mindful eating, dan gizi anak.


Pengalaman kerjanya di Sydney meliputi allergy clinic (RPAH), diabetes center (RNSH), dan Blacktown Medical Center. Di Indonesia Victoria banyak bekerja untuk corporate campaign seperti Kraft, Wyeth Nutrition, Meat & Livestock Australia, dan Pepsodent. 

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih sereal granola

Sereal granola memiliki segudang manfaat. Tak hanya baik untuk membantu diet, tetapi juga dapat membantu menurunkan kolesterol, serta mencegah penyakit kronis. Apa saja yang harus Anda perhatikan saat memilih produk sereal granola? Simak penjelasannya berikut ini.

Pilihlah sereal granola yang kaya serat dan zat besi untuk memberi manfaat maksimal

Pilihlah sereal granola yang kaya serat dan zat besi untuk memberi manfaat maksimal
Bahan utama sereal granola adalah gandum olahan (oatmeal atau havermut) yang serupa dengan beras. Namun, oatmeal memiliki nilai gizi yang jauh lebih tinggi. Oatmeal mengandung dua puluh kali lipat serat pangan, dua kali lipat zat besi dan protein nabati. Tak hanya itu, oatmeal juga mengadung kalsium lima kali lebih banyak dibandingkan beras.

Sebab itu, jika Anda ingin memperoleh manfaat yang maksimal, Anda harus memperhatikan kandungan nutrisinya. Perhatikan jumlah serat, kandungan zat besi, protein nabati, dan kalsium yang terkandung dalam satu porsi sereal granola.

Leona Victoria
Nutritionist
Leona Victoria

Tidak seperti beras atau nasi putih, oats merupakan bahan makanan yang berasal dari gandum utuh (wholegrain). Karena itu, meskipun kalorinya lebih rendah, oats lebih banyak mengandung nutrisi. 


Sebagai perbandingan, 100 gram oats yang sudah dimasak mengandung 60 kalori, 10 gram karbohidrat, dan 1,5 gram serat (6% RDI). Sementara itu, 100 gram nasi putih mengandung 130 kalori, 28 gram karbohidrat, dan hanya 0,4 gram serat (2% RDI).


Kandungan serat yang tinggi dari oatmeal dapat membantu Anda menjaga berat badan dan gula darah. Dengan serat yang cukup, Anda akan merasa kenyang lebih lama. Mengonsumsi serat juga dapat menstabilkan gula darah. Pada akhirnya hal itu juga memengaruhi hormon yang mengatur rasa lapar, kenyang, serta mood.


Kandungan serat larut air bernama beta-glucans di dalam oats juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan low-density lipoprotein (LDL) atau kolesterol jahat. Dengan demikian, oats sangat baik dikonsumsi oleh orang yang memiliki risiko cardiovascular disease.

Perhatikan juga sumber kandungan nutrisi lainnya seperti biji-bijian dan buah-buahan

Perhatikan juga sumber kandungan nutrisi lainnya seperti biji-bijian dan buah-buahan
Sereal granola tidak hanya mengandung oatmeal, tetapi juga berbagai macam kacang-kacangan dan buah-buahan kering. Anda akan mendapatkan serat makanan serta vitamin dan mineral yang bersumber dari buah-buahan kering. Sementara zat polifenol bisa Anda dapatkan dari kacang-kacangan.

Misalnya, Anda akan mendapatkan manfaat vitamin C sebagai antioksidan yang berperan dalam mencegah penuaan. Ada pula kandungan vitamin B kompleks yang membantu tubuh agar tidak mudah lelah. Di samping itu, terdapat pula vitamin lain dan polifenol untuk merawat kecantikan. Jadi, pilihlah sereal granola sesuai dengan kebutuhan Anda.

Leona Victoria
Nutritionist
Leona Victoria

Untuk meningkatkan kualitas suatu makanan, tambahkanlah sumber protein berkualitas seperti biji-bijian dan kacang-kacangan, terutama pada snack time. Menambahkan protein berkualitas pada setiap jam makan akan menekan rasa lapar dan membuat Anda kenyang lebih lama.


Biji-bijian dan kacang-kacangan merupakan sumber protein nabati yang memiliki kandungan lemak sehat, serat, vitamin, dan mineral. Teksturnya juga cukup menarik, yaitu keras dan garing sehingga tidak membosankan untuk dijadikan pelengkap dari diet sehat Anda.


Sementara itu, produk granola biasanya memakai buah yang sudah dikeringkan. Meskipun begitu, sebaiknya pilihlah produk yang tambahan buahnya tidak terlalu banyak. Hal ini karena produk granola sudah memiliki sumber karbohidrat dari oats. Produk dengan buah bisa Anda pilih untuk menambah sedikit rasa manis.

Pilih yang rendah gula dan kalori saat menjalani program diet

Granola dipanggang menggunakan madu dan gula sehingga cenderung memiliki kalori lebih tinggi dibandingkan sereal biasa. Dalam 50 gr granola matang, terdapat sekitar 200 kalori, 5 gr lemak, dan 13 gr gula. Angka tersebut bisa lebih atau kurang tergantung dengan bahan-bahan campuran dalam sereal granola.

Menurut anjuran Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, konsumsi gula idealnya adalah 50 gr atau setara 5–9 sendok teh per hari. Sekilas terlihat banyak, tetapi pada kenyataannya asupan gula harian orang Indonesia mencapai 15 sendok teh atau lebih per harinya.


Untuk kalori, tiap orang memiliki kalori harian yang berbeda-beda tergantung dengan tinggi, berat badan, dan usia. Namun, asupan kalori harian rata-rata wanita adalah 2.000 kkal, sedangkan pria 2.500 kkal.


Jika Anda sedang menjalankan program diet, batasi konsumsi gula harian seminimal mungkin atau kurang dari 50 gr. Sama dengan gula, kurangi asupan 500 kkal per harinya untuk membantu menurunkan berat badan. Karena itu, kami anjurkan Anda untuk memilih sereal granola yang rendah gula dan kalori. Perhatikan juga jumlah standar per porsi makanan Anda.

Leona Victoria
Nutritionist
Leona Victoria

Oats dan buah-buahan kering merupakan sumber karbohidrat. Karena itu, Anda mungkin akan kebingungan ketika memilih produknya. Untuk memudahkan Anda membedakan kandungan gula dan karbohidrat, Anda harus membaca kotak informasi nutrisi di belakang kemasan produknya. 


Di kotak informasi tersebut Anda akan mengetahui kandungan karbohidrat suatu produk. Lalu, di bawah informasi karbohidrat biasanya tertulis kandungan gula dan serat. Sebaiknya hindari produk yang mengandung gula yang tinggi, bukan karbohidratnya. Jangan lupa, perhatikan juga porsi atau takaran saji yang direkomendasikan di bagian atas kotak nutrisi.

10 Rekomendasi sereal granola terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk sereal granola terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Leona Victoria.

10

Granolab Muesli Crunchy Granolab Australian Baked Oats

Peanut Butter & Belgian Chocolate

Mulai dari Rp 22.000,00

KomposisiHavermut giling Australia, rice krispies, pasta kacang, pasta cokelat, lemak nabati, perisa, madu murni, gula aren, gula kastor, garam laut, serat nabati
Isi105 gr dan 180 gr
Serat3 gr per takaran saji (30 gr)
Zat besiTidak disebutkan
Protein2 gr per takaran saji (30 gr)
KalsiumTidak disebutkan
Kalori140 kkal per takaran saji (30 gr)
Gula7 gr per takaran saji (30 gr)
9
KomposisiHavermut giling, mete, chia seeds, brown flax seeds, biji labu, biji bunga matahari, kacang, wijen hitam, jagung krispi, sirop jagung, garam, keju parmesan
Isi100 gr
Serat4 gr per takaran saji (25 gr)
Zat besi2%
Protein5 gr per takaran saji (25 gr)
KalsiumTidak disebutkan
Kalori120 kkal per takaran saji (25 gr)
Gula4 gr per takaran saji (25 gr)
8
KomposisiHavermut giling, mete, biji labu, biji bunga matahari, flaxseed, chia seed organik, cranberry, rice krispies, minyak kelapa, gula kelapa organik, sirop singkong, bubuk matcha, ekstrak vanila, garam himalaya
Isi250 gr dan 500 gr
SeratTidak disebutkan
Zat besiTidak disebutkan
ProteinTidak disebutkan
KalsiumTidak disebutkan
KaloriTidak disebutkan
GulaTidak disebutkan
7
KomposisiHavermut giling, rice krispies, biji labu, biji bunga matahari, irisan almon, kismis, cranberry, gojiberry, madu murni, bubuk arang, stevia, minyak kanola, garam
Isi100 gr , 500 gr, 1 kg
SeratTidak disebutkan
Zat besiTidak disebutkan
ProteinTidak disebutkan
KalsiumTidak disebutkan
KaloriTidak disebutkan
GulaTidak disebutkan
6

Hundred SeedsGranola Creation

Honey & Mango

Mulai dari Rp 68.999,00

KomposisiHavermut giling, gula kelapa, madu hutan (8,3%), minyak kelapa, kacang mede, mangga kering (3,8%), tepung beras, kelapa parut kering, gula tebu (mengandung sulfit), garam laut
Isi400 gr dan 1 kg
Serat2 gr per takaran saji (20 gr)
Zat besiTidak disebutkan
Protein2 gr per takaran saji (20 gr)
Kalsium11 gr per takaran saji (20 gr)
Kalori90 kkal per takaran saji (20 gr)
Gula4 gr per takaran saji (20 gr)
5

Kurma Timur TengahCombo Granola

Dark Chocolate

Mulai dari Rp 40.000,00

KomposisiOat, mete, kacang almon, kismis, kurma, dan lain-lain
Isi125 gr, 250 gr, 500 gr
SeratTidak disebutkan
Zat besiTidak disebutkan
ProteinTidak disebutkan
KalsiumTidak disebutkan
KaloriTidak disebutkan
GulaTidak disebutkan
4
KomposisiBiji oat utuh, biji labu, kacang almon, kismis, cranberry kering, madu, minyak, gula aren
Isi100 gr dan 300 gr
Serat6 gr per takaran saji (50 gr)
Zat besi6%
Protein7 gr per takaran saji (50 gr)
KalsiumTidak disebutkan
Kalori220 kkal per takaran saji (50 gr)
Gula7 gr per takaran saji (50 gr)
3
KomposisiGandum, kacang mete (17,6%), beras merah, minyak kelapa, gula, sirop singkong, sorgum, kakao bubuk (2,9%), sirop lontar, garam, perisa vanila (0,1%)
Isi400 gr
Serat2 gr per takaran saji (30 gr)
Zat besiTidak disebutkan
Protein3 gr per takaran saji (30 gr)
KalsiumTidak disebutkan
Kalori130 kkal per takaran saji (30 gr)
Gula3 gr per takaran saji (30 gr)
2
KomposisiHavermut giling, rice krispies, almon, biji labu, biji bunga matahari, sirop maple, gula aren, cranberry kering, kayu manis, minyak kelapa
Isi100 gr dan 350 gr
SeratTidak disebutkan
Zat besiTidak disebutkan
Protein5 gr per takaran saji (50 gr)
KalsiumTidak disebutkan
Kalori240 kkal per takaran saji (50 gr)
Gula12 gr per takaran saji (50 gr)
1
KomposisiHavermut giling, irisan kacang almon, rice krispies, biji labu, biji bunga matahari, kismis, gojiberry, cranberry, minyak canola, madu, gula kelapa organik, stevia, garam laut
Isi50 gr, 100 gr, 250 gr, 500 gr, 1 kg
Serat3 gr per takaran saji (50 gr)
Zat besiTidak disebutkan
Protein5 gr per takaran saji (50 gr)
KalsiumTidak disebutkan
Kalori210 kkal per takaran saji (50 gr)
Gula9 gr per takaran saji (50 gr)

Tabel perbandingan produk sereal granola terbaik

Gambar produk
1
Chia-yo Homemade Granola 1

Chia-yo

2
Granova Granola Original 1

Granova

3
East Bali Cashews Chocolate Vanilla Granola 1

East Bali Cashews

4
GoLite Granola Crunchy Nutty Fruity 1

GoLite

5
Kurma Timur Tengah Combo Granola 1

Kurma Timur Tengah

6
Hundred Seeds Granola Creation  1

Hundred Seeds

7
Minime Granola 1

Minime

8
Tree Natura Homemade Granola 1

Tree Natura

9
Mola Granola 1

10
Granolab Muesli  Crunchy Granolab Australian Baked Oats 1

Granolab Muesli

Nama produk

Homemade Granola

Granola Original

Chocolate Vanilla Granola

Granola Crunchy Nutty Fruity

Combo Granola

Granola Creation

Granola

Homemade Granola

Mola Granola

Crunchy Granolab Australian Baked Oats

Keunggulan

Tinggi nutrisi dan rendah kalori, pas untuk makanan diet

Komposisinya gluten-free, ramah bagi pencernaan

Perpaduan rasa cokelat dan vanila yang disukai banyak orang!

Sensasi rasa manis dan asam yang menggugah selera

Manisnya hasil kombinasi sempurna antara cokelat hitam dengan kurma

Lebih lezat dengan potongan buah mangga asli

Detoks sisa-sisa racun dalam tubuh dengan bubuk arang bambu aktif

Camilan superfood yang kaya manfaat bagi tubuh

Harganya murah dengan rasa keju yang enak

Teksturnya renyah, ramah bagi pemilik gigi sensitif

Harga mulai dariRp 23.500,00Rp 19.750,00Rp 69.900,00Rp 21.000,00Rp 40.000,00Rp 68.999,00Rp 22.000,00Rp 35.900,00Rp 19.500,00Rp 22.000,00
KomposisiHavermut giling, irisan kacang almon, rice krispies, biji labu, biji bunga matahari, kismis, gojiberry, cranberry, minyak canola, madu, gula kelapa organik, stevia, garam lautHavermut giling, rice krispies, almon, biji labu, biji bunga matahari, sirop maple, gula aren, cranberry kering, kayu manis, minyak kelapaGandum, kacang mete (17,6%), beras merah, minyak kelapa, gula, sirop singkong, sorgum, kakao bubuk (2,9%), sirop lontar, garam, perisa vanila (0,1%)Biji oat utuh, biji labu, kacang almon, kismis, cranberry kering, madu, minyak, gula arenOat, mete, kacang almon, kismis, kurma, dan lain-lainHavermut giling, gula kelapa, madu hutan (8,3%), minyak kelapa, kacang mede, mangga kering (3,8%), tepung beras, kelapa parut kering, gula tebu (mengandung sulfit), garam lautHavermut giling, rice krispies, biji labu, biji bunga matahari, irisan almon, kismis, cranberry, gojiberry, madu murni, bubuk arang, stevia, minyak kanola, garamHavermut giling, mete, biji labu, biji bunga matahari, flaxseed, chia seed organik, cranberry, rice krispies, minyak kelapa, gula kelapa organik, sirop singkong, bubuk matcha, ekstrak vanila, garam himalayaHavermut giling, mete, chia seeds, brown flax seeds, biji labu, biji bunga matahari, kacang, wijen hitam, jagung krispi, sirop jagung, garam, keju parmesanHavermut giling Australia, rice krispies, pasta kacang, pasta cokelat, lemak nabati, perisa, madu murni, gula aren, gula kastor, garam laut, serat nabati
Isi50 gr, 100 gr, 250 gr, 500 gr, 1 kg100 gr dan 350 gr400 gr100 gr dan 300 gr125 gr, 250 gr, 500 gr400 gr dan 1 kg100 gr , 500 gr, 1 kg250 gr dan 500 gr100 gr105 gr dan 180 gr
Serat3 gr per takaran saji (50 gr)Tidak disebutkan2 gr per takaran saji (30 gr)6 gr per takaran saji (50 gr)Tidak disebutkan2 gr per takaran saji (20 gr)Tidak disebutkanTidak disebutkan4 gr per takaran saji (25 gr)3 gr per takaran saji (30 gr)
Zat besiTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkan6%Tidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkan2%Tidak disebutkan
Protein5 gr per takaran saji (50 gr)5 gr per takaran saji (50 gr)3 gr per takaran saji (30 gr)7 gr per takaran saji (50 gr)Tidak disebutkan2 gr per takaran saji (20 gr)Tidak disebutkanTidak disebutkan5 gr per takaran saji (25 gr)2 gr per takaran saji (30 gr)
KalsiumTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkan11 gr per takaran saji (20 gr)Tidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkan
Kalori210 kkal per takaran saji (50 gr)240 kkal per takaran saji (50 gr)130 kkal per takaran saji (30 gr)220 kkal per takaran saji (50 gr)Tidak disebutkan90 kkal per takaran saji (20 gr)Tidak disebutkanTidak disebutkan120 kkal per takaran saji (25 gr)140 kkal per takaran saji (30 gr)
Gula9 gr per takaran saji (50 gr)12 gr per takaran saji (50 gr)3 gr per takaran saji (30 gr)7 gr per takaran saji (50 gr)Tidak disebutkan4 gr per takaran saji (20 gr)Tidak disebutkanTidak disebutkan4 gr per takaran saji (25 gr)7 gr per takaran saji (30 gr)
Tautan produk

Granola bisa dicampur apa saja?

Sereal granola sendiri memang sudah mengandung gizi yang tinggi. Akan tetapi, ada cara makan tertentu yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan nilai gizinya. Selain itu, granola jadi lebih lezat dan tidak membosankan!

Campurkan dengan susu rendah lemak untuk menambah kalsium

Campurkan dengan susu rendah lemak untuk menambah kalsium
Mencampurkan sereal granola dengan susu dapat menambah jumlah kalsium. Nutrisi penting yang Anda butuhkan saat sarapan adalah karbohidrat, protein, dan lainnya. Semua nutrisi itu terkandung dalam granola. Jika ditambahkan susu, Anda dapat memperoleh kandungan vitamin, zat besi, kalsium, dan sebagainya.

Namun, pilihlah susu rendah lemak sebagai campuran granola. Apabila Anda memilih susu biasa, kandungan lemak dalam semangkuk sereal granola dapat menjadi terlalu besar.

Untuk perawatan kecantikan, campurkan dengan susu kedelai

Untuk perawatan kecantikan, campurkan dengan susu kedelai
Mungkin ada banyak di antara Anda yang tidak menyukai rasa susu kedelai. Namun nyatanya, susu kedelai mengandung banyak antioksidan dan vitamin E yang sangat baik untuk kulit. Untuk mengurangi bau langu pada susu kedelai, Anda dapat mencampurnya dengan fruit granola. Anda akan menemukan sensasi rasa yang berbeda dari perpaduan keduanya.

Campurkan dengan yoghurt sebagai camilan saat lapar

Campurkan dengan yoghurt sebagai camilan saat lapar
Sereal granola yang dikonsumsi dengan yoghurt mengandung kadar air yang lebih sedikit sehingga memberikan tekstur crunchy. Selain cocok dikonsumsi saat sarapan, sereal granola dengan yoghurt ini juga pas untuk camilan saat lapar. 

Teksturnya yang sedikit kenyal dan mengandung serat akan memberi rasa kenyang dari aktivitas mengunyah. Meskipun Anda cenderung mengonsumsi granola dalam porsi kecil untuk camilan, baiknya Anda tetap harus berhati-hati. Hitung asupan kalori harian ketika akan menambah porsi makan kecil.

Tambahkan buah untuk variasi rasa dan mempercantik tampilan

Tambahkan buah untuk variasi rasa dan mempercantik tampilan
Anda juga dapat menambahkan buah kesukaan Anda ke dalam sereal granola. Bagi Anda yang kurang menyukai granola rasa cokelat, Anda dapat menambahkan buah-buahan untuk sedikit mengubah rasanya. Pilihlah buah-buahan sesuai selera Anda dan kreasikan tampilan granola Anda agar lebih menarik.

Baca juga rekomendasi produk sereal yang baik untuk kesehatan lainnya di sini

Setelah membaca artikel mengenai produk sereal granola terbaik, kami telah menyiapkan artikel sereal yang baik untuk kesehatan. Jika Anda penasaran dengan apa saja rekomendasi dari kami, Anda dapat mengecek link di bawah ini.

Kesimpulan

Demikian ulasan sereal granola terbaik. Apakah Anda sudah menemukan produk sereal granola yang sesuai dengan selera Anda? Sereal granola memiliki gizi tinggi dengan berbagai varian rasa yang membuat Anda tidak bosan saat mengonsumsinya. 

Makanan ini juga paling pas dikonsumsi sebagai sarapan, camilan, ataupun bagi Anda yang sedang menjalankan program diet. Namun, jangan mengonsumsinya secara berlebihan dan perhatikan jumlah kalori per sajiannya, ya. Selamat mencoba!

Artikel terkait

  • 10 Kerupuk Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Kerupuk Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Bagi masyarakat Indonesia, makan tanpa kerupuk pasti rasanya kurang lengkap. Teksturnya yang renyah dan garing sangat disukai karena makin menambah selera makan. Selain dijadikan teman makan nasi goreng atau mi ayam, kerupuk juga biasa dinikmati sebagai camilan saat santai.Berbagai merk dan jenis kerupuk yang enak banyak dijual di pasaran, seperti kerupuk udang, kerupuk bawang, kerupuk kulit, kerupuk rambak, dan lain-lain. Di artikel ini, kami akan memberikan ulasan cara memilih kerupuk yang bagus. Bagi Anda pencinta kerupuk, simaklah artikel ini sampai habis dan temukan kerupuk yang bagus sebagai teman makan dan juga bersantai Anda!
    Makanan olahan kering
    22.803 Views
  • 10 Rekomendasi Nori (Rumput Laut) Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Nori (Rumput Laut) Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Nori atau rumput laut merupakan bahan makanan khas Jepang yang sering digunakan untuk membuat onigiri dan sushi. Tak hanya di Jepang, nori juga sukses mencuri perhatian masyarakat Indonesia karena terkenal memiliki rasa yang lezat dan gurih. Terlebih lagi, nori memiliki segudang manfaat baik untuk kesehatan dan dapat dijadikan camilan diet.Karena tingginya permintaan, nori yang dijual pun semakin beragam, seperti nori panggang, berbumbu, hingga nori berlabel MUI. Jika pilihannya sebanyak ini, kita harus membeli yang mana, ya? Tak perlu bingung, kami akan memberikan sepuluh rekomendasi nori terbaik yang dapat Anda beli secara online.
    Makanan olahan kering
    17.968 Views
  • 10 Merk Abon Sapi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Abon Sapi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Abon atau beef floss merupakan olahan daging sapi yang berasal dari Tiongkok. Rasanya yang gurih membuat abon menjadi salah satu makanan favorit orang Indonesia. Abon sapi kini makin enak karena varian rasanya banyak, termasuk rasa bawang dan rasa pedas. Apakah Anda termasuk penggemar abon sapi? Jika iya, Anda sudah tepat membaca artikel ini karena kami akan membahas bagaimana cara memilih abon sapi yang enak. Berbagai merek, seperti Gloria, Mesran Solo, Pronas, Patma, dan lainnya ada dalam rekomendasi kami. Ayo baca artikelnya sampai habis untuk mengetahui produk-produk tersebut!
    Makanan olahan kering
    19.266 Views
  • 10 Merk Bawang Goreng Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Bawang Goreng Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Bawang goreng tentunya sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Rasanya yang enak, gurih, dan renyah membuatnya digemari oleh banyak orang. Bahkan, bawang goreng crispy sering dipakai untuk taburan aneka masakan. Kini sudah banyak bawang goreng kemasan yang dikirim langsung dari daerah penghasil bawang, seperti Brebes, Sumenep, dan Palu.Nah, apakah Anda salah satu penggemar bawang merah dan bawang putih goreng? Pada artikel kali ini kami akan membahas cara memilih bawang goreng paling enak. Kami juga akan memberikan rekomendasi bawang goreng dari merk ternama seperti Mezzaluna dan Hj. Mbok Sri. 
    Makanan olahan kering
    10.209 Views
  • 10 Rekomendasi Sereal Jagung Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sereal Jagung Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Tak ada nasi, sereal jagung pun jadi! Untuk Anda yang mengaku sudah bosan dengan nasi, silakan mencoba sumber makanan alternatif yaitu sereal jagung. Selain terasa lebih light daripada nasi, Anda dapat mengonsumsinya bersama dengan air mineral, yogurt, susu, ataupun smoothie. Kalau mau, langsung dimakan pun bisa. Sereal jagung sering dijadikan opsi untuk anak-anak yang tidak suka sarapan karena cita rasanya bervariasi. Anda bisa memilih merek populer, seperti Nestle, Kellogg's, dan Polococoa sebagai pemanasan. Baru sesudahnya, Anda bisa mencoba sereal jagung rekomendasi lainnya yang ada di artikel ini. Selamat membaca!
    Makanan olahan kering
    3.875 Views
  • 10 Rekomendasi Abon Ayam Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Abon Ayam Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Abon ayam sangat disukai masyarakat Indonesia karena enak dan cocok dicampurkan ke berbagai makanan. Namun, tahukah Anda bahwa kini abon ayam memiliki jenis yang bermacam-macam? Abon ayam pedas, abon ayam Cianjur, bahkan abon ayam suwir tersedia di pasaran. Tidak hanya jenisnya, harga abon ayam juga beragam. Cara memilih dan rekomendasi produk yang enak akan kami bahas di artikel ini. Merek terkenal seperti Gloria, Tunggal Roso, Grandville, dan Karwati akan Anda temukan. Semuanya lezat dan menggugah selera!
    Makanan olahan kering
    1.135 Views
  • 10 Kurma Sukari Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Kurma Sukari Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Kebanyakan umat muslim pasti sudah tahu bahwa kurma merupakan buah yang disunahkan untuk disantap saat buka puasa ataupun sahur. Karena manfaatnya yang tinggi, buah ini juga dianjurkan untuk dikonsumsi setiap hari. Salah satu jenis kurma yang populer dan kaya manfaat adalah kurma Sukari. Kurma Sukari di pasaran beragam jenisnya, mulai dari harga, kemasan, ukuran, dan kualitasnya.Apabila Anda berencana membeli kurma Sukari, simak artikel ini untuk mengetahui tips-tips memilihnya. Beberapa merk kurma Sukari yang bagus seperti Al Qassim dan Ara Dates masuk dalam daftar produk terbaik rekomendasi kami. Selamat membaca!
    Makanan olahan kering
    1.093 Views
  • 10 Merk Kurma Ajwa Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Kurma Ajwa Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Saat menjalankan ibadah puasa, buah kurma menjadi menu wajib pelengkap sajian. Salah satu jenis kurma yang digemari ialah kurma Ajwa. Jenis kurma ini berasal dari Kota Madinah. Itulah sebabnya, kurma ini juga dikenal dengan nama kurma Ajwa Madinah atau kurma Ajwa Al Madinah. Untuk itu, pastikan Anda tidak memilih kurma Ajwa palsu, ya!Melalui artikel ini, kami akan membagikan tips memilih kurma Ajwa asli yang enak. Kurma Ajwa dari merk yang bagus, seperti Naeem, Golden Tamr, dan Royal Dates akan Anda jumpai di artikel ini. Silakan baca sampai tuntas, ya!
    Makanan olahan kering
    2.505 Views
  • 10 Keju Merk Prochiz Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Keju Merk Prochiz Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Prochiz adalah salah satu merk keju yang bagus dan cukup familier di Indonesia. Anda bisa dengan sangat mudah menemukan produknya di berbagai e-commerce. Selain harganya yang terjangkau, bentuk keju Prochiz juga beragam sehingga Anda bisa pilih sesuai dengan kebutuhan.Anda bisa pilih keju batang seperti Prochiz Cheddar atau Prochiz Gold. Anda juga bisa pilih keju oles seperti Prochiz Spready atau keju lembaran seperti Prochiz Slices. Untuk membantu Anda memilih keju Prochiz yang cocok, kami akan memberikan tips serta rekomendasi produk terbaiknya. Jadi, silakan disimak dengan baik, ya!
    Makanan olahan kering
    700 Views
  • 10 Katsuobushi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Katsuobushi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Jika Anda penggemar makanan Jepang, Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan katsuobushi atau bonito flakes. Katsuobushi adalah hasil awetan dari ikan yang diserut menjadi tipis dan biasa digunakan sebagai garnish makanan Jepang. Tak hanya sebagai garnish, katsuobushi juga menambah cita rasa makanan.Marumo dan Fukushima Katsuo adalah merek katsuobushi asal Jepang yang banyak dicari karena enak. Namun, banyak juga rekomendasi katsuobushi lokal yang bagus dan harganya ekonomis. Supaya Anda bisa menikmati katsuobushi yang enak, simak dahulu tips dari kami kali ini, ya. Yuk, langsung simak artikel ini sampai habis!
    Makanan olahan kering
    145 Views
  • Artikel populer

  • 10 Merk Sereal Gandum yang Bagus (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Sereal Gandum yang Bagus (Terbaru Tahun 2021)
    Sereal merupakan makanan alternatif untuk sarapan yang cukup populer dan disukai anak-anak maupun orang dewasa. Nutrisi yang terkandung di dalamnya cukup lengkap sehingga mampu memberikan berbagai manfaat bagi tubuh. Salah satu jenis sereal yang banyak digemari adalah sereal gandum.Artikel kali ini membahas sereal gandum secara khusus. Kami akan merekomendasikan beberapa merek sereal gandum ternama, seperti Nestle, Milo, dan Chia-yo. Agar Anda bisa menemukan produk yang bagus, kami juga akan membagikan tips cara memilihnya. Selain itu, ada juga komentar dari ahli gizi kami, Leona Victoria. Jadi, baca sampai selesai, ya!
    Makanan olahan kering
    28.775 Views
  • 10 Merk Baso Aci Instan Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Baso Aci Instan Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Bagi Anda penggemar bakso, jangan lewatkan untuk mencoba baso aci. Makanan khas Garut ini terbuat dari campuran tepung aci dan tepung terigu sehingga teksturnya terasa kenyal. Ditambah varian topping, seperti ceker, cuanki, dan pilus membuat baso aci makin sedap dinikmati dengan kuah pedas.Anda tidak perlu jauh-jauh ke Garut untuk menikmati baso aci tulang rangu terenak. Berkat baso aci instan, Anda kini bisa membuatnya sendiri di rumah. Di artikel ini kami akan mengulas baso aci instan yang enak dan recommended dari berbagai merk, seperti Bapper, 69, Kylafood, dan Mak Igun.
    Makanan olahan kering
    7.564 Views
  • 10 Produk Makanan Terbaik yang Bebas Gluten - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Produk Makanan Terbaik yang Bebas Gluten - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2021)
    Akhir-akhir ini makanan bebas gluten makin populer di kalangan pegiat gaya hidup sehat. Awalnya, makanan bebas gluten dibuat untuk penderita celiac (coeliac) atau orang yang sensitif terhadap gluten. Namun, kini makanan tersebut banyak diminati oleh orang yang ingin menjaga pola makannya.Di pasaran, produk makanan bebas gluten juga makin banyak, mulai dari cemilan, roti, hingga pasta. Merek-merek yang memproduksi makanan bebas gluten di antaranya Javara, Ladang Lima, dan Nourish Kitchen. Simaklah tips memilih produk makanan gluten-free dan intiplah rekomendasi produknya. Cek juga komentar ahli gizi, Leona Victoria di artikel ini!
    Makanan olahan kering
    52.757 Views
  • 10 Merk Abon Sapi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Abon Sapi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Abon atau beef floss merupakan olahan daging sapi yang berasal dari Tiongkok. Rasanya yang gurih membuat abon menjadi salah satu makanan favorit orang Indonesia. Abon sapi kini makin enak karena varian rasanya banyak, termasuk rasa bawang dan rasa pedas. Apakah Anda termasuk penggemar abon sapi? Jika iya, Anda sudah tepat membaca artikel ini karena kami akan membahas bagaimana cara memilih abon sapi yang enak. Berbagai merek, seperti Gloria, Mesran Solo, Pronas, Patma, dan lainnya ada dalam rekomendasi kami. Ayo baca artikelnya sampai habis untuk mengetahui produk-produk tersebut!
    Makanan olahan kering
    19.255 Views
  • 10 Rekomendasi Kismis Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kismis Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Pencinta makanan manis pasti sudah tidak asing lagi dengan kismis. Anda sering menemuinya sebagai topping untuk roti, cookies, dessert, dan masih banyak lagi. Kismis terbuat dari buah anggur yang dikeringkan sehingga kandungan nutrisnya mirip dengan buah anggur. Selain rasanya manis, kismis ternyata juga memiliki banyak manfaat yang bagus dan akan kami bahas di artikel ini.Untuk Anda yang belum tahu apa saja yang harus dipertimbangkan dalam memilih kismis, kami akan memberikan tipsnya di artikel ini. Kami akan merekomendasikan berbagai jenis kismis yang bagus, seperti kismis hitam, kismis kuning, dan sultana.
    Makanan olahan kering
    5.855 Views
  • 10 Rekomendasi Kurma Terbaik sebagai Hidangan Buka Puasa (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kurma Terbaik sebagai Hidangan Buka Puasa (Terbaru Tahun 2021)
    Kurma adalah buah yang tumbuh di wilayah gurun, seperti Timur Tengah, Benua Afrika, dan beberapa wilayah di Amerika. Buah ini juga merupakan menu berbuka wajib bagi sebagian orang di Indonesia. Kurma biasa menjadi santapan berbuka bersama secangkir teh panas sebelum kita menjalankan salat Magrib.Menjelang Bulan Ramadan, banyak toko-toko maupun usaha perorangan yang mulai menjual kurma. Banyaknya macam-macam kurma, seperti kurma Ajwa, Sukari, atau Medjool, bisa membuat Anda kesulitan memilih. Pada kesempatan kali ini, kami akan menjabarkan beberapa cara memilih kurma terbaik serta beberapa rekomendasi produk kurma kepada Anda.
    Makanan olahan kering
    10.484 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori