10 Rekomendasi Serum Wajah Terbaik untuk Usia 20-an (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Serum Wajah Terbaik untuk Usia 20-an (Terbaru Tahun 2018)

Apakah Anda berpikir bahwa di usia 20 tahunan, perawatan kulit wajah sederhana dengan toner dan lotion saja sudah cukup? Faktanya pada usia 20-an, secara bertahap kulit wajah terus mengalami perubahan. Maka, sangatlah penting melakukan perawatan kulit dengan serum wajah supaya Anda tetap terlihat awet muda di usia 30 dan 40-an. 

Di pasaran banyak beredar berbagai produk dari merek Pond’s, Wardah, SK-II, Lancome, dan sebagainya yang hadir untuk memenuhi kebutuhan Anda. Setiap produk tersebut memiliki berbagai fungsi, desain, harga, aroma, dan kandungan berbeda-beda. Mari simak penjelasan cara memilihnya agar Anda bisa menentukan produk terbaik untuk Anda!

Daftar isi

Cara memilih serum wajah untuk usia 20-an

Jangan tunggu untuk mencapai umur 30 atau 40-an untuk melakukan perawatan wajah secara serius. Tidak masalah bila kulit Anda termasuk jenis kulit normal yang jarang bermasalah. Namun, bila kulit Anda cenderung kering, memiliki noda hitam, kusam, atau bahkan telah timbul garis-garis tanda keriputan, sebaiknya mulailah perawatan wajah yang konsisten sejak umur 20-an.

Perawatan wajah yang konsisten, tidaklah cukup dengan membubuhkan toner atau lotion ke wajah Anda saja. Tergantung dengan kondisi kulit Anda, alangkah baiknya bila Anda juga melengkapinya dengan serum wajah. Sekarang, kami akan menjelaskan beberapa poin yang perlu Anda perhatikan saat memilih produk serum wajah yang tepat. Simak selengkapnya agar Anda dapat memilih produk yang terbaik dan sesuai kebutuhan Anda!

Pilih serum wajah yang mengandung pelembap

Pilih serum wajah yang mengandung pelembap

Pada usia 25 tahun, keremajaan kulit Anda mulai menurun. Meski begitu, kandungan air dan sebum dalam kulit pada usia 20-an masih terjaga. Pada usia ini kandungan ceramide dan elastin mulai berkurang sedikit demi sedikit, tetapi perawatan menyeluruh menggunakan skin care mahal seperti pada usia 30-40 an belum diperlukan.

Untuk menjaga kulit wajah tetap sehat pada usia 20-an, Anda cukup memakai serum wajah yang memberikan efek melembapkan. Namun, bagi Anda yang banyak beraktivitas di luar dan sering terpapar sinar UV (ultraviolet), sangat direkomendasikan untuk memulai perawatan anti-aging sejak dini. Serum wajah dengan kandungan antioksidan esensial, seperti vitamin C derivatives, vitamin E derivatives, atau fullerene akan baik untuk kulit Anda.

Pilih serum wajah sesuai permasalahan kulit wajah Anda

Selain untuk menjaga keremajaan kulit, pemakaian serum wajah umumnya dimulai saat Anda merasakan adanya masalah pada kulit wajah. Jika Anda ingin menggunakan serum dalam perawatan kulit wajah Anda, pilihlah serum wajah dengan fungsi yang sesuai dengan masalah kulit yang sedang Anda hadapi.

Fungsi pemutih untuk masalah noda hitam dan kusam

Fungsi pemutih untuk masalah noda hitam dan kusam

Pada usia 20-an, nyatanya cukup banyak orang yang mengalami masalah terkait kulit wajah yang terlihat kusam. Munculnya noda hitam dan warna kulit tidak merata merupakan ciri-ciri kulit wajah kusam. Solusinya adalah memilih serum wajah berkandungan bahan yang mencegah pembentukan melanin pada kulit.

Vitamin C derivatives dikenal sebagai salah satu bahan yang tidak hanya mencegah pembentukan melanin, tetapi juga mengurangi pembentukan noda pada kulit. Ada pula tranexamic acid yang dapat menghaluskan kulit sekaligus memperbaiki fungsi lever. Placenta extract juga sering digunakan sebagai bahan pemutih kulit dan pelancar metabolisme kulit.

Anda juga akan menemukan produk yang mengandung bahan pemutih kulit dengan efek sangat mujarab, tetapi dapat membuat kulit Anda menjadi iritasi, misalnya hydroquinone. Bila Anda memiliki kulit sensitif, Anda bisa memilih produk dengan kandungan arbutin. Bahan ini merupakan turunan dari hydroquinone. Memiliki efek mencerahkan kulit seperti hydroquinone, tetapi lebih ramah di kulit.

Fungsi aging care untuk masalah kerutan dan kulit kendur

Fungsi aging care untuk masalah kerutan dan kulit kendur

Memasuki pertengahan akhir usia 20-an, banyak orang mulai merasa cemas akan masalah kulit wajah, seperti kerutan atau kulit mengendur. Kerutan kecil bisa menjadi terlihat jelas jika kondisi kulit Anda kering. Jika dibiarkan, akan terbentuk kerutan pada kulit wajah di usia muda. Hal tersebut akan membuat kulit wajah Anda terlihat mengendur. Karena itu, sebaiknya Anda mulai melakukan perawatan sejak dini.

Untuk memperbaiki kondisi kulit kering, kami merekomendasikan Anda untuk menggunakan serum wajah yang mengandung kolagen dan placenta extract. Kolagen berfungsi meningkatkan kandungan air pada kulit Anda dan menjaga kekenyalannya, sedangkan placenta extract mampu membantu pembentukan kolagen alami dalam kulit. Kini, platina juga disebut-sebut sebagai antioksidan paling ampuh yang digunakan pada produk perawatan kulit.

10 Rekomendasi serum wajah terbaik untuk usia 20-an

Setelah memaparkan tips memilih serum wajah, berikut kami tampilkan 10 produk serum wajah terbaik untuk usia 20-an yang kami rekomendasikan. Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

10. Pond’s Flawless White Ultra Luminous Serum

10. Pond'S Flawless White Ultra Luminous Serum

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 219.700

Melembutkan, memutihkan, dan mencerahkan kulit sekaligus!

Kandungan niacinamide dan 12HSA dalam serum ini berperan penting memutihkan dan mencerahkan kulit Anda dengan cara mengontrol gen yang memproduksi melanin penyebab flek hitam di kulit. Serum ini juga memiliki tekstur berair yang lembut sehingga kulit kering Anda pun akan segera kembali normal.

Dengan menggunakan serum ini, Anda akan mendapatkan kulit yang sehat, lembut, dan cerah tanpa flek hitam dalam waktu singkat, yaitu cukup 7 hari saja! Bagi Anda yang ingin memperbaiki kulit kering, kasar, dan kusam tanpa membuang banyak waktu, janganlah ragu untuk memilih produk ini sebagai produk perawatan wajah Anda sehari-hari.

9. Astalift Renewal Essence Destiny

9. Astalift Renewal Essence Destiny

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 750.000

Mengembalikan elastisitas dan kekencangan kulit Anda

Produk ini mampu menutrisi kulit Anda hingga ke bagian yang paling dalam. Serum ini berwarna kuning dan bertekstur agak kental, tetapi sangat mudah diserap kulit. Kandungan antioksidan alaminya, serum ini dapat mempertahankan elastin dan kolagen alami kulit sehingga dapat menjaga keremajaan kulit wajah Anda.

Dengan menggunakan serum ini secara rutin, Anda akan mendapatkan kulit yang terlihat sehat, elastis, dan kencang alami. Dengan begitu, wajah Anda pun akan selalu tampak awet muda! Jadi, bila Anda ingin menjaga kulit Anda dari masalah penuaan dini, serum wajah yang satu ini sebaiknya tidak Anda lewatkan.

8. Wardah White Secret Intense Brightening Essence

8. Wardah Secret Intense Brightening Essence Serum

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 56.200

Dapatkan kulit cerah dengan harga terjangkau

Serum wajah keluaran Wardah ini kaya akan bahan aktif pencerah. Kandungan di dalam serumnya mampu mengangkat sel kulit mati dan mempercepat regenerasi kulit. Serum berwujud gel lembut yang mudah diserap kulit ini juga mampu menjaga vitalitas kulit, menyamarkan noda hitam, mencerahkan, dan meratakan warna kulit wajah Anda.

Karena kandungan AHA (alpha hyoxide acids)-nya sangat tinggi, penggunaan pada malam hari lebih disarankan. Anda akan mendapatkan kulit kenyal dan cerah keesokan harinya. Harga yang terjangkau pun menjadikannya pilihan tepat bagi Anda yang menginginkan kulit cerah, tetapi ber-budget terbatas.

7. Lancome Hydra Zen Anti-Stress Serum-in-Mask

7. Lancome Hydra Zen Anti-Stress Serum-in-Mask

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 185.000

Perawatan malam yang menyegarkan untuk kulit Anda

Serum ini memiliki tesktur seperti gel yang sedikit lengket di kulit ketika digunakan. Namun, sangat mudah diserap dan sensasi lengketnya akan hilang setelah serumnya terserap oleh kulit. Serum ini dikhususkan untuk penggunaan malam hari demi membantu proses regenerasi kulit yang biasa terjadi pada malam hari.

Ketika digunakan, kandungan niacinamide, sodium hyaluronate, glycerin, dan berbagai bahan lainnya akan menutrisi kulit sehingga Anda akan memperoleh kulit yang cerah dan berseri kembali keesokan harinya. Selain cocok digunakan pada kulit sensitif, serum ini juga pas untuk relaksasi pikiran yang stres berkat wanginya yang menenangkan.

6. Erha21 Erha C Serum

6. Erha21 Erha C Serum

Lihat produk in di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 233.000

Kualitas serum tetap terjaga dengan kemasan yang eksklusif

Serum wajah yang diproduksi klinik dematologis ini memiliki kandungan vitamin C 10% yang mampu mencerahkan dan menyamarkan garis halus pada kulit Anda. Tekstur encer dan beningnya memang terasa sedikit lengket saat digunakan, tetapi sensasi ini akan segera hilang berkat serumnya yang mudah merata serta diserap kulit.

Serum ini dikemas dalam botol airless pump dan antiultraviolet sehingga kandungan dalam serum tetap terjaga kualitasnya. Setelah menggunakan serum ini, Anda akan merasa kulit Anda lebih sehat dan segar. Serum ini juga cocok untuk Anda yang kulitnya rentan terhadap masalah jerawat, tetapi menginginkan kulit lebih putih dan cerah.

5. Fracora Placenta White-ST Enrich

5. Fracora Placenta White-ST Enrich

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 680.000

Menutrisi dan mencerahkan tanpa zat kimia

Dengan kandungan ekstrak plasenta yang sangat tinggi, plus kandungan protein, serum ini mampu menyelesaikan masalah penuaan, seperti kerutan, bintik, serta noda hitam pada kulit wajah Anda. Dengan begitu, Anda pun tidak akan kesulitan untuk mendapatkan kulit wajah yang mulus, lembut, cerah, dan bebas tanda penuaan.

Kelebihan lain dari serum keluaran Fracora ini adalah bebas paraben, pewangi sintetis, dan minyak mineral. Tekstur serum ini juga ringan dan cair sehingga mudah diserap oleh kulit Anda. Bagi Anda pemilik kulit yang sensitif terhadap zat-zat kimia sekaligus kulit yang berminyak, serum ini dapat menjadi penyelesai masalah Anda.

4. The Face Shop Jeju Volcanic Lava Pore Essence

4. The Face Shop Jeju Volcanic Lava Pore Essence

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 250.000

Bahan pengontrol sebumnya lindungi wajah dari minyak berlebih

Serum ini dibuat dengan bahan khusus berupa abu vulkanik yang berasal dari Pulau Jeju, Korea. Abu vulkanik tersebut dipercaya khasiatnya dapat melindungi kulit dari polusi dan radikal bebas sehingga kulit Anda pun akan tetap tampak bersih dan segar. Hasilnya, minyak berlebih pada wajah terkontrol dan pori-pori pun tampak mengecil.

Dengan pemakaian yang teratur, Anda akan mendapatkan kulit yang lebih lembut dan sehat. Serum ini bebas dari paraben, minyak, bahan hewani, dan pewarna sintetis. Karena memiliki kandungan untuk mengurangi minyak berlebih pada wajah, serum ini lebih cocok digunakan oleh Anda yang memiliki kulit wajah berminyak.

3. Sulwhasoo First Care Activating Serum EX

3. Sulwhasoo First Care Activating Serum EX

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.200.000

Sehatkan kulit Anda dengan bahan herbal berkualitas

Serum ini menggunakan tumbuh-tumbuhan tradisional Korea yang sudah teruji khasiatnya dapat meningkatkan kecantikan kulit. Berkat bahan alaminya, serum ini juga dapat digunakan oleh Anda yang memiliki kulit sensitif. Dengan pemakaian teratur, dapatkan kulit sehat yang lembut, lembap, dan berseri, serta bebas dari tanda-tanda penuaan.

Sebelum Anda menggunakan produk perawatan kulit wajah lainnya, gunakanlah serum ini sebagai lapisan dasar produk perawatan kulit wajah Anda. Manfaat dari produk perawatan kulit Anda pun lebih optimal karena serum ini mampu meningkatkan efektifitas produk perawatan kulit yang Anda gunakan setelahnya.

2. Estee Lauder Advances Night Repair Synchronized Recovery Complex II

2. Estee Lauder Advances Night Repair Synchronized Recovery Complex II

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 1.250.000

Pori-pori tak tersumbat, pertumbuhan jerawat pun terhambat

Adanya kandungan hyaluronic acid memungkinkan serum wajah ini untuk mempertahankan kelembapan kulit Anda. Diformulasikan khusus dengan ChronoluxCB Technology, produk ini pun mampu mengurangi garis halus di wajah Anda. Produk ini juga bebas pewangi dan cocok untuk semua jenis kulit.

Tidak hanya itu, serum wajah ini dibuat dengan formula non-acnegenic sehingga diklaim tak akan menyumbat pori-pori atau menimbulkan jerawat di wajah Anda. Untuk Anda yang memiliki kulit berminyak dan rentan terhadap jerawat, serum ini merupakan pilihan tepat untuk meningkatkan kondisi kulit Anda.

1. SK-II LXP Ultimate Revival Serum

1. SK-II LXP Ultimate Revival Serum

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 2.820.000

Ampuh cerahkan kulit, aromanya pun eksklusif

Perpaduan Pitera dengan formula khusus Skin Regenerating ActivTM memungkinkan produk ini untuk mengembalikan keremajaan kulit Anda sehingga kulit tampak lebih cerah, lembut, sehat, dan tanpa kerutan. Teksturnya juga sangat ringan, mudah diserap, dan efektif membuat kulit Anda tampak berkilau.

Selain itu, serum ini juga dapat memperkecil pori-pori Anda. Aroma parfum mawarnya pun terasa begitu harum dan mewah, tentu Anda akan semakin menikmati saat-saat menggunakan serum wajah ini. Bila Anda mencari produk dengan aroma yang sangat berkelas dan tentunya efektif meningkatkan tone kulit, ini dia jawabannya!

Baca juga rekomendasi essence untuk usia awal 20-an di sini

Anda bisa menggabungkan penggunaan serum wajah untuk usia 20-an dengan essence agar hasilnya semakin maksimal. Kulit Anda tentu akan semakin cantik bila Anda juga menggunakan essence secara rutin, bukan sekali pakai saja. Ingin kulit Anda semakin cantik merona? Anda bisa membaca mengenai essence untuk usia awal 20-an di sini!

Kesimpulan

Untuk mendapatkan kulit yang sehat pada usia 20-an, Anda tidak hanya cukup melakukan perawatan dengan menggunakan toner dan lotion saja, Anda juga perlu menggunakan serum wajah. Serum wajah berfokus menyelesaikan masalah kulit, seperti kerutan, noda hitam, jerawat serta bekas jerawat, dan kusam.

Dalam memilih serum wajah pun tidak boleh sembarangan. Anda perlu menyesuaikannya dengan kondisi kulit Anda. Jadi, apakah Anda telah menemukan serum yang cocok dengan masalah kulit Anda?