mybest
Serum

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Perawatan tubuh & kecantikan
  3. Perawatan wajah
  4. 10 Rekomendasi Serum untuk Usia 20 Tahun ke Atas Terbaik [Ditinjau oleh Dermatovenereologist]
  • 10 Rekomendasi Serum untuk Usia 20 Tahun ke Atas Terbaik  [Ditinjau oleh Dermatovenereologist] 1
  • 10 Rekomendasi Serum untuk Usia 20 Tahun ke Atas Terbaik  [Ditinjau oleh Dermatovenereologist] 2
  • 10 Rekomendasi Serum untuk Usia 20 Tahun ke Atas Terbaik  [Ditinjau oleh Dermatovenereologist] 3
  • 10 Rekomendasi Serum untuk Usia 20 Tahun ke Atas Terbaik  [Ditinjau oleh Dermatovenereologist] 4
  • 10 Rekomendasi Serum untuk Usia 20 Tahun ke Atas Terbaik  [Ditinjau oleh Dermatovenereologist] 5

10 Rekomendasi Serum untuk Usia 20 Tahun ke Atas Terbaik [Ditinjau oleh Dermatovenereologist]

Usia 20-an merupakan saat yang tepat untuk merawat kulit, tidak hanya dengan sabun cuci muka dan lotion saja. Anda juga bisa melakukan perawatan kulit dengan serum wajah yang tepat supaya kulit tetap terlihat prima di usia 30 dan 40-an. Di pasaran banyak beredar merek serum wajah yang bagus, misalnya serum merek SKINTIFIC, YOU, atau ElsheSkin


Untuk membantu Anda menemukan produk terbaik, kami dibantu dermatovenereologist, dr. Rahma Evasari, Sp.D.V.E, telah menyusun cara memilih serum untuk usia 20-an. Anda akan diberitahu cara yang tepat untuk mencari serum untuk kulit kering, berminyak, bahkan sensitif. Sebelum itu, ketahui juga manfaat penggunaan serum untuk usia 20-an. 

Diperbaharui 27/09/2023
dr. Rahma Evasari
Pakar
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Rahma Evasari

dr. Rahma Evasari, Sp.D.V.E menyelesaikan pendidikan kedokteran serta pendidikan spesialis dermatologi, venereologi, dan estetika di Universitas Indonesia. Dokter Eva memiliki ketertarikan khusus di bidang dermatologi kosmetik dan laser, infeksi menular seksual, serta alergi dan imunologi. Sehari-hari, dr. Eva berpraktik di RSIA Tambak, ZAP Premiere Kota Kasablanka, dan Skin 3 Clinic. Dokter kulit yang memiliki hobi membaca dan diving ini bisa Anda sapa melalui akun instagram-nya @dermatologist.id.

Profil dr. Rahma Evasari
Lanjut membaca
Ervina Sari
Penyunting
Editor mybest Indonesia
Ervina Sari

Ervina Sari, biasa dipanggil Vina, menyukai berbagai hal mengenai makeup dan skincare semenjak SMA. Menurutnya, makeup sama seperti menggoreskan karya seni di wajah. Ketika kuliah, ia juga mengisi waktu luangnya dengan menjadi English interpreter dan student tutor. Ia pun hobi bereksperimen dengan berbagai masakan. Makanan lezat adalah bahan bakar terbaik untuk otak, bukan? Kini, Vina bekerja sebagai editor mybest sembari menikmati waktu bersama keluarganya tercinta. Sebagai lulusan fakultas ekonomi di bidang pemasaran, ia mampu merekomendasikan produk sesuai kebutuhan konsumen. Hal tersebut juga ditunjang dengan pengalaman bekerja bertahun-tahun sebagai professional marketer.

Profil Ervina Sari
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Perlukah umur 20-an menggunakan serum?

Perlukah umur 20-an menggunakan serum?
Pada usia 20-an, kondisi kulit masih relatif prima. Elastisitas dan kekenyalan kulit masih bagus karena produksi kolagen masih tinggi sehingga masih jarang ada garis halus dan kerutan. Pada usia ini, kebanyakan orang memiliki produksi minyak yang cukup tinggi dan rentan berjerawat. Bahkan, beberapa orang mungkin memiliki masalah pori-pori besar, kulit kasar, dan hiperpigmentasi karena belum menggunakan tabir surya dengan tepat.

Meski bukan kewajiban, pada usia 20-an, Anda boleh menggunakan serum, tetapi biasanya penggunaan serum lebih ditujukan untuk:

  • Membersihkan pori dari kotoran dan minyak yang menumpuk.
  • Mengontrol minyak dan mencegah tumbuhnya jerawat.
  • Memberikan hidrasi yang cukup agar kulit tetap lembap dan halus.
  • Menenangkan kulit yang iritasi.
dr. Rahma Evasari
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Rahma Evasari

Sebelum memakai serum, pastikan Anda sudah menerapkan perawatan kulit dasar (basic skincare) terlebih dahulu. Adapun basic skincare yang dimaksud adalah cleanser (pembersih wajah), moisturizer (pelembap), dan sunscreen (tabir surya). Jika perawatan kulit dasar ini sudah dilakukan dengan baik dan teratur, Anda bisa melanjutkan perawatan kulit dengan berbagai produk yang lebih advanced, seperti toner, serum, hingga masker untuk mencapai skin goals Anda.

Cara memilih serum untuk usia 20 tahun ke atas

Tak perlu menunggu hingga berumur 30 atau 40-an, Anda bisa menggunakan serum wajah sejak umur 20-an. Meskipun begitu, Anda tetap tak boleh menggunakan produk serum sembarangan. Pertama, kenali dahulu kondisi dan jenis kulit Anda. Dari situ, Anda bisa menentukan kandungan aktif pada serum yang mungkin diperlukan oleh kulit.

1

Untuk awal 20-an ke atas, dibanding anti-aging, utamakan serum yang tinggi antioksidan saja, seperti vitamin C, vitamin E, dan niacinamide

Seperti yang dijelaskan di atas, pada usia awal 20-an, kulit masih terbilang prima. Pada usia 20-an, sebaiknya Anda lebih mengutamakan serum yang tinggi kandungan antioksidan. Baru, setelah umur 25-an ke atas, Anda bisa mempertimbangkan penggunaan kandungan aktif untuk anti-aging. Berikut ini kami jelaskan lebih jauh alasannya dan bahan-bahan yang bisa Anda pertimbangkan untuk merawat kulit Anda.

Antioksidan, membantu menjaga kulit dari kerusakan akibat sinar matahari dan polusi untuk mencegah penuaan dini

Antioksidan, membantu menjaga kulit dari kerusakan akibat sinar matahari dan polusi untuk mencegah penuaan dini

Pilih serum yang mengandung antioksidan seperti vitamin C, vitamin E, dan niacinamide. Antioksidan membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari dan polusi. Bahan ini bekerja dengan cara menghalangi radikal bebas yang dapat merusak kolagen dan menyebabkan penuaan dini.


  • Vitamin C

Vitamin C dikenal sebagai salah satu bahan yang mampu mencegah pembentukan melanin dan mengurangi pembentukan noda pada kulit. Dengan kemampuannya yang kuat dalam melawan radikal bebas, vitamin C dapat menjaga kulit tetap segar dan melindunginya dari kerusakan.


  • Vitamin E

Bahan ini berfungsi melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas yang dapat menyebabkan penuaan dini. Selain itu, vitamin E juga dapat membantu menjaga kelembapan kulit dan memperbaiki tampilan kerutan. Hal ini menjadikannya juga tambahan yang baik dalam perawatan anti-aging.


  • Niacinamide

Niacinamide berperan penting dalam melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas, polusi, dan paparan sinar UV. Niacinamide juga menjaga kolagen dan elastin kulit tetap sehat, serta meredakan garis halus dan kerutan. Selain itu, niacinamide membantu meratakan warna kulit dan mengurangi peradangan.

dr. Rahma Evasari
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Rahma Evasari
Usia 20 tahun ke atas biasanya memiliki kekenyalan kulit yang masih sangat baik, terutama pada awal 20-an. Oleh karena itu, serum yang mengandung bahan anti-aging untuk mengatasi kerutan masih belum diperlukan. Sebagai gantinya, Anda dapat memakai serum dengan antioksidan tinggi yang dapat memperlambat kerusakan dan penuaan kulit.

Serum dengan kandungan anti-aging, dapat dipertimbangkan mulai usia 25 tahun ke atas

Serum dengan kandungan anti-aging, dapat dipertimbangkan mulai usia 25 tahun ke atas

Anti-aging yang biasanya baru diperlukan untuk masalah lebih lanjut, mulai usia 25 tahun ke atas. Pada usia 25 sampai 30-an, tanda-tanda penuaan sudah mulai muncul. Untuk mengatasi tanda-tanda awal penuaan tersebut, Anda bisa mempertimbangkan serum yang dapat memberikan efek anti-aging, seperti retinol (retinoid), bakuchiol, dan peptide.


  • Retinol

Bahan ini akan merangsang produksi kolagen, mengurangi kerutan, dan meningkatkan regenerasi sel kulit. Selain memberikan tampilan kulit yang lebih muda, retinol juga membantu mengatasi hiperpigmentasi dan tekstur kulit yang tidak merata.


  • Bakuchiol

Bakuchiol merupakan alternatif alami untuk retinol. Bahan ini dapat merangsang produksi kolagen untuk mengurangi kerutan dan meningkatkan elastisitas kulit. Bahan ini juga berkhasiat menghaluskan tekstur kulit dan mengembalikan kelembapan, tanpa efek samping iritasi yang sering terkait dengan retinol.


  • Peptide

Peptide adalah molekul kecil yang membantu merangsang produksi kolagen dan elastin yang vital untuk menjaga kekenyalan dan kelembapan kulit. Dengan penggunaan rutin serum peptide, Anda dapat mengurangi tanda-tanda penuaan seperti kerutan dan garis halus.

dr. Rahma Evasari
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Rahma Evasari
Pada dasarnya, kulit usia 20-an belum memerlukan anti-aging karena tanda-tanda penuaan biasanya belum tampak. Adapun skincare yang paling aman dan efektif untuk anti-aging adalah sunscreen. Tabir surya atau sunscreen bisa digunakan sejak bayi, mulai 6 bulan ke atas.
2

Untuk Anda pemilik kulit berminyak dan berjerawat, pilih serum yang cair dengan efek oil control seperti AHA, BHA, tea tree oil, sulfur, atau Centella asiatica

Selain untuk menjaga keremajaan kulit, pemakaian serum wajah umumnya dimulai saat Anda merasakan adanya masalah pada kulit wajah, contohnya jerawat. Jika kulit Anda mengalami masalah ini, pastikan Anda memilih serum yang teksturnya ringan, tidak menyumbat pori, dan mengandung bahan aktif yang bisa mengatasi minyak serta jerawat.

Utamakan serum water-based yang cepat meresap di kulit berminyak; amannya pastikan ada klaim "non-comedogenic"

Utamakan serum water-based yang cepat meresap di kulit berminyak; amannya pastikan ada klaim "non-comedogenic"

Serum dengan tekstur cair lebih ringan dan cepat meresap di kulit berminyak. Tekstur ini membantu melembapkan dan merawat kulit tanpa menyebabkan kilap atau kulit tampak makin berminyak. Dengan penyerapan yang cepat, serum ini efisien dalam menyuplai bahan aktif ke dalam kulit tanpa memicu produksi minyak berlebih.


Untuk memastikan produk tak menyumbat pori-pori, Anda bisa memeriksa label produknya. Pastikan produk punya klaim atau bersifat "non-comedogenic". Serum non-comedogenic ini biasanya punya tekstur yang cair. Selain itu, biasanya serum seperti ini tidak mengandung silikon atau dimethicone yang dapat menyumbat pori.

dr. Rahma Evasari
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Rahma Evasari

Selain non-comedogenic, hindari juga pemakaian makeup ketika kulit sedang berjerawat. Apabila ada tuntutan pekerjaan, Anda dapat memakai makeup yang minimal atau menghapus dan melakukan re-apply setiap 4 jam. Tujuannya agar kulit berjerawat Anda dapat bernapas dengan baik dan tidak terjadi penumpukan atau clogging.


Kulit berjerawat yang ditutupi makeup berlebihan justru dapat menyebabkan siklus jerawat yang tiada henti. Hal ini karena mikrokomedo yang akan menjadi cikal bakal jerawat sudah mulai muncul bahkan 80 hari sebelum jerawat keluar di permukaan kulit. Ketika kita menutupi jerawat dengan makeup (yang berisiko menutupi pori-pori), hal ini sama saja menabung jerawat kembali untuk 2-3 bulan ke depan.

Pilih yang mengandung oil control, eksfoliasi, dan anti-inflamasi: AHA, BHA, tea tree oil, sulfur, dan Centella asiatica

Pilih yang mengandung oil control, eksfoliasi, dan anti-inflamasi: AHA, BHA, tea tree oil, sulfur, dan Centella asiatica

Untuk jerawat ringan, cari serum yang mengandung AHA (alpha hydroxy acid), BHA (beta hydroxy acid), tea tree oil, sulfur, dan Centella asiatica. Ini membantu mengontrol minyak berlebih, eksfoliasi untuk menghilangkan sel kulit mati, dan meredakan peradangan jerawat. Jika sering melakukan eksfoliasi, pastikan untuk menambahkan pelembap agar kulit tidak menjadi sensitif.


  • AHA dan BHA
AHA dapat membantu mengangkat sel kulit mati dan meningkatkan tekstur kulit. Sementara itu, BHA lebih efektif meresap ke dalam pori-pori untuk membersihkan minyak berlebih. Keduanya akan membantu mencegah dan mengobati jerawat.

  • Tea tree oil
Tea tree oil merupakan bahan alami yang efektif dalam mengatasi jerawat berkat sifat antibakteri dan anti-inflamasi yang dimilikinya.

  • Sulfur
Sulfur memiliki sifat antimikroba yang membantu mengurangi peradangan dan produksi minyak berlebih pada kulit.

  • Centella asiatica
Centella asiatica bersifat anti-inflamasi sehingga membantu mengurangi peradangan pada jerawat, meredakan kemerahan, serta mempercepat proses penyembuhan luka akibat jerawat.

Namun, sebelum memilih serum untuk mengatasi jerawat, pastikan jerawat Anda tergolong jerawat ringan

Namun, sebelum memilih serum untuk mengatasi jerawat, pastikan jerawat Anda tergolong jerawat ringan

Derajat keparahan jerawat atau acne vulgaris dalam ilmu kedokteran terbagi menjadi 3 yaitu:


  • Jerawat ringan
Total jerawat pada seluruh wajah tidak lebih dari 30 dengan jerawat radang kurang dari 5. Untuk merawatnya, Anda bisa memakai produk over-the-counter (OTC) yang mengandung sulfur, tea tree, dan niacinamide.

  • Jerawat sedang
Total jerawat pada seluruh wajah ada lebih dari 30, tetapi kurang dari 125 dengan jerawat radang lebih dari 5. Jerawat yang banyak dan meradang tersebut dapat membuat Anda kesakitan. Oleh karena itu, sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis dermatologi venereologi dan estetika agar jerawat dapat diobati dengan baik.

  • Jerawat berat
Tipe ini memiliki total jerawat lebih dari 125, seringkali disertai dengan banyak bekas jerawat (scar atau bopeng). Untuk kondisi ini, makin cepat diobati ke dokter spesialis dermatologi venereologi dan estetika akan lebih baik. Sangat dibutuhkan kombinasi obat oles, obat minum, dan tindakan bila diperlukan untuk mencegah efek samping akibat jerawat yang tidak diinginkan, misalnya bopeng jerawat untuk kondisi kulit seperti ini.


Setelah kondisi kulit membaik, Anda boleh kembali memakai produk over-the-counter (OTC). Bila perlu, bawalah skincare atau makeup yang biasa dipakai agar dokter dapat memberikan pemeriksaan lebih mendalam.

3

Jika kulit Anda kering, gunakan serum dengan tekstur kental yang kaya pelembap, seperti hyaluronic acid, ceramide, glycerin, allantoin, Aloe vera, dan microbiome

Kulit kering juga bisa terjadi pada usia 20-an. Jika Anda memiliki masalah kulit yang kering, Anda perlu kandungan aktif yang menghidrasi. Selain itu, tekstur serum juga perlu dipilih yang lebih kental agar bisa melembapkan lebih lama. 

Pilih yang teksturnya kental dengan tambahan oil, untuk menghidrasi kulit agar lembap lebih lama

Pilih yang teksturnya kental dengan tambahan oil, untuk menghidrasi kulit agar lembap lebih lama

Kulit kering akan mendapat manfaat dari serum dengan tekstur kental yang lebih menghidrasi. Dengan konsistensi yang kental, serum ini mampu menahan kelembapan ekstra dalam kulit.


Serum yang mengandung tambahan minyak juga akan membantu menjaga kelembapan kulit lebih lama. Alasannya, kehadiran oil akan memberikan lapisan perlindungan ekstra. Alhasil, kulit tidak kehilangan kelembapannya meski terpapar lingkungan yang kering atau berdebu.

Cari yang punya kandungan melembapkan dan menenangkan: Hyaluronic acid, ceramide, glycerin, allantoin, Aloe vera, dan microbiome

Cari yang punya kandungan melembapkan dan menenangkan: Hyaluronic acid, ceramide, glycerin, allantoin, Aloe vera, dan microbiome

Kulit kering juga rentan sensitif sehingga memerlukan bahan yang memberi efek hidrasi sekaligus menenangkan kulit. Pilihlah serum yang mengandung hyaluronic acid, ceramide, glycerin, allantoin, Aloe vera, dan microbiome. Bahan-bahan tersebut memberikan kelembapan ekstra dan efek menenangkan pada kulit yang kering, atau bahkan sensitif.


  • Hyaluronic acid: Bahan ini mampu menarik air dan menjaga kelembapan kulit, sambil memberikan efek soothing pada kulit.

  • Ceramide: bahan pelembap yang secara alami ada di dalam lapisan pelindung kulit. Bahan ini membantu mengunci kelembapan dan memperbaiki skin barrier yang rusak. Selain itu, ceramide juga dapat meredakan iritasi dan kemerahan pada kulit.

  • Glycerin: memiliki kemampuan untuk menarik dan menjaga kelembapan pada kulit. Dengan menahan air dalam kulit, glycerin membantu mengurangi kekeringan dan meningkatkan tekstur kulit secara signifikan.

  • Allantoin: zat ini mampu menarik dan mengunci kelembapan ke dalam kulit. Allantoin juga membantu proses regenerasi sel kulit, mempercepat penyembuhan luka kecil, dan menghasilkan kulit yang lebih halus serta sehat.

  • Aloe vera: kandungan gelnya yang kaya air dapat melembapkan kulit secara mendalam, mengatasi kekeringan, dan memberikan sensasi segar pada kulit. Aloe vera juga memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu meredakan iritasi kulit.

  • Microbiome: memiliki peran penting dalam menjaga kelembapan alami kulit dengan membantu menjaga keseimbangan pH dan memperkuat skin barrier
dr. Rahma Evasari
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Rahma Evasari

Kulit manusia secara alami mengandung berbagai mikroorganisme yang dikenal sebagai mikrobiotakulit (microbiome), seperti bakteri, jamur, bahkan virus. Apabila keseimbangannya terganggu, kulit dapat menjadi sensitif dan muncul kemerahan, sensasi tingling (perih), beruntusan, hingga gatal. Oleh karena itu, kulit yang kering atau sensitif membutuhkan pelembap untuk memperbaiki skin barrier dan memastikan microbiome kulit selalu dalam kondisi optimal.

4

Bagi Anda yang juga memiliki kulit sensitif, hindari parfum, pewarna, emulsifier, dan enhancer yang dapat memicu reaksi alergi atau iritasi

Bagi Anda yang juga memiliki kulit sensitif, hindari parfum, pewarna, emulsifier, dan enhancer yang dapat memicu reaksi alergi atau iritasi

Jika kulit Anda sensitif, hindari serum yang mengandung parfum, pewarna, emulsifier, atau enhancer yang dapat memicu alergi atau iritasi. Pilih saja produk dengan bahan minimalis dan ramah kulit untuk mengurangi risiko iritasi ini.


Parfum sering kali menjadi pemicu reaksi alergi atau iritasi pada kulit sensitif. Sementara itu, pewarna bisa membuat kulit lebih rentan terhadap permasalahan kulit. Emulsifier pun dapat menimbulkan iritasi pada beberapa individu, khususnya yang berkulit sensitif. Enhancer, meskipun bertujuan meningkatkan daya serap produk, juga perlu dihindari karena bisa memperburuk kondisi kulit yang rentan terhadap iritasi.

dr. Rahma Evasari
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Rahma Evasari

Kalau kulit sedang flare-up atau iritasinya naik, sebaiknya hindari serum atau skincare yang mengandung AHA, retinol, dan vitamin C. Bahan-bahan tersebut dapat menyebabkan iritasi makin parah. Apabila kulit sudah tenang, skincare yang mengandung bahan-bahan tadi boleh Anda pakai kembali.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

Peringkat Serum untuk Usia 20 Tahun ke Atas Terbaik

Berikut ini adalah rekomendasi Serum untuk Usia 20 Tahun ke Atas terbaik. Produk-produk ini diurutkan secara mandiri oleh mybest berdasarkan hasil riset pada beberapa website dan review (diperbarui tanggal 26 September 2023).
Ranking popularitas
Filter
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
Perincian
BPOM
Nomor BPOM
Isi/varian isi
Bahan aktif
Bentuk kemasan
Rekomendasi jenis kulit
Fungsi/manfaat
Kandungan pencerah
Kandungan pelembap
Kandungan anti-inflamasi
Kandungan antiaging
Kemasan percobaan
Saran waktu pemakaian
Alkohol
Pewangi
1

SKINTIFIC

2% Salicylic Acid Anti Acne Serum

SKINTIFIC 2% Salicylic Acid Anti Acne Serum 1

Rp169.000

Lebih Mahal

Serum salicylic acid dengan tambahan niacinamide dan ceramide

NA11210100166

20 ml, 50 ml

Salicylic acid, pionin, Centella asiatica extract, niacinamide, ceramide, peptide, hyaluronic acid

Botol pump

Kulit berminyak dan acne-prone

Merawat kulit berjerawat, menjaga skin barrier, mengontrol minyak berlebih, dan mencerahkan wajah

Niacinamide, glycolic acid

Butylene glycol, niacinamide, glycerin, Centella asiatica extract, sodium hyaluronate, urea

Centella asiatica

Centella asiatica, hydrolyzed royal jelly protein

Pagi, malam

2

Implora

Luminous Brightening Serum

Implora Luminous Brightening Serum 1

Rp35.000

Lebih Murah

Dapatkan kulit cerah dengan harga terjangkau

NA18211901160

20 ml

Niacinamide, caviar collagen, black pearl, vitamin C

Botol pipet

Semua jenis kulit

Mencerahkan, melembapkan, menyamarkan noda hitam, serta menutrisi kulit

Niacinamide, caviar collagen, black pearl, vitamin C

Niacinamide

Tidak ada

Caviar collagen

Pagi, malam

Tidak diketahui

Tidak diketahui

3

YOU

Radiance Up! Anti-Oxidant Serum

YOU Radiance Up! Anti-Oxidant Serum 1

Rp98.750

Agak Murah

Buat kulit makin glowing, cerah, dan berseri dalam 14 hari

NA11221900006

20 ml

Symwhite 377, niacinamide, vitamin C, licorice extract

Botol pipet

Semua jenis kulit

Mencerahkan, meratakan warna kulit, menghambat aktivitas enzim tirosinase & menghambat perpindahan melanin

Symwhite 377, niacinamide, vitamin C, licorice extract

Shea butter extract, coconut oil, propanediol

Astragalus membranaceus root extract, Calendula extract

3-o-Ethyl ascorbic acid, tripeptide

Tidak diketahui

4

ElsheSkin

Daily Boost Antioxidant Serum

ElsheSkin  Daily Boost Antioxidant Serum 1

Rp139.000

Agak Mahal

Tinggi antioksidan! Siap melindungi kulit dari polusi lingkungan

NA18211902301

15 ml, 30 ml

15% Vitamin C, Pollushield™, InfraGuard™, vitamin E, sunflower sprout extract

Botol pipet

Kulit kering

Melindungi kulit yang terkena polusi, meratakan warna kulit, dan mengatasi kulit yang kendur

Vitamin C

Hyaluronic acid, propanediol, ekstrak bunga matahari, minyak biji wijen

Camellia sinensis leaf extract

Alpha arbutin, vitamin E

Pagi, malam

5

NPURE

Noni Probiotics "Calm Me Down" Ampoule

NPURE Noni Probiotics "Calm Me Down" Ampoule 1

Rp89.000

Agak Murah

Memperbaiki skin barrier yang rusak sehingga kulit jadi lebih sehat dan kuat

NA18210108013

30 ml

Noni extract, probiotics complex, ceramide

Botol pump

Semua jenis kulit

Melembapkan, memperbaiki skin barrier, mengurangi iritasi

Morinda citrifolia fruit extract

Panthenol, betaine, ceramide, allantoin

Anthemis nobilis flower extract, ceramide

Ceramide, ascorbyl palmitate, tocopherol

Pagi, malam

6

True To Skin

Niacinamide TXA Brightening Serum

True To Skin Niacinamide TXA Brightening Serum 1

Rp109.000

Menengah

Kulit terlihat kasar dan sering iritasi? Gunakan saja produk ini!

NA18221902259

20 ml

Rose water, niacinamide, tranexamic acid, vitamin B12

Botol pipet

Semua jenis kulit

Mencerahkan kulit, memudarkan bekas jerawat dan flek, mengontrol minyak, mengatasi jerawat

Niacinamide, tranexamic acid, vitamin B12

Glycerin, niacinamide

Rose water, tranexamic acid

Tranexamic acid

Pagi, malam

7

Glowlabs

Glo-C Serum

Glowlabs Glo-C Serum 1

Rp150.000

Agak Mahal

Serum vitamin C yang tidak membuat breakout

NA18201901917

20 ml

Vitamin C, tranexamic acid, Centella asiatica

Botol pipet

Semua jenis kulit

Memudarkan hiperpigmentasi

Vitamin C, tranexamic acid

Centella asiatica

Centella asiatica

Vitamin C, tranexamic acid, Centella asiatica

Pagi, malam

8

Tavi

10% Niacinamide + Zinc Acne Solution Serum

Tavi 10% Niacinamide + Zinc Acne Solution Serum 1

Rp135.000

Menengah

Merawat kulit berjerawat dengan kombinasi niacinamide dan zinc dalam konsentrasi tinggi

NA18210110936

30 ml

Niacinamide, zinc

Botol pipet

Berminyak

Mengurangi minyak berlebih pada kulit yang dapat menyebabkan tumbuhnya jerawat, whitehead, dan blackhead

Camellia sinensis leaf extract

Propanediol, sodium hyaluronate

Allantoin, Centella asiatica extract

Camellia sinensis leaf extract, Centella asiatica extract

Pagi, malam

9

True to Skin

Calaberry Brightening & Calming Serum

True to Skin Calaberry Brightening & Calming Serum 1

Rp105.000

Menengah

Kulit cerah merona berkat kandungan strawberry

NA18221902259

20 ml

Niacinamide, calamine

Botol pipet

Semua jenis kulit

Mencerahkan, menenangkan kulit

Niacinamide, strawberry water

Aloe vera, allantoin

Calamine, prickly pear extract, Niacinamide, strawberry water

Tidak diketahui

Pagi, malam

10

Joylab

Acne Hero Serum

Joylab Acne Hero Serum 1

Rp135.000

Menengah

Tuntaskan masalah jerawat dan komedo membandel dengan satu serum saja

NA49210100147

30 ml

1% Zinc, salicylic acid, tea tree oil, green tea extract, ascorbic acid

Botol pump

Berminyak

Melawan bakteri penyebab jerawat

Vitamin C, green tea extract

Shea butter, betaine, propanediol

Chamomile extract

Palmitoyl tripeptide-5, vitamin C

Pagi, malam

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

SKINTIFIC2% Salicylic Acid Anti Acne Serum

2% Salicylic Acid Anti Acne Serum 1
Sumber: skintificcanada.com
2% Salicylic Acid Anti Acne Serum 2
Sumber: shopee.co.id
2% Salicylic Acid Anti Acne Serum 3
Sumber: shopee.co.id
2% Salicylic Acid Anti Acne Serum 4
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp169.000
Lebih Mahal
Harga referensi
Rp169.000
Lebih Mahal

Serum salicylic acid dengan tambahan niacinamide dan ceramide

Punya masalah jerawat yang sulit hilang? Cobalah serum ini. Serum salicylic acid berikut ini menggunakan teknologi enkapsulasi yang melepaskan bahan aktif secara perlahan. Teknologi ini membuat salicylic acid bekerja lebih optimal sekaligus mencegah iritasi kulit.


Serum ini juga mengandung pionin dan Centella asiatica yang dapat mempercepat proses penyembuhan jerawat. Sementara itu, untuk menjaga kelembapan kulit, serum ini menambahkan niacinamide, ceramide, dan peptide, dan hyaluronic acid.

BPOM
Nomor BPOMNA11210100166
Isi/varian isi20 ml, 50 ml
Bahan aktifSalicylic acid, pionin, Centella asiatica extract, niacinamide, ceramide, peptide, hyaluronic acid
Bentuk kemasanBotol pump
Rekomendasi jenis kulitKulit berminyak dan acne-prone
Fungsi/manfaatMerawat kulit berjerawat, menjaga skin barrier, mengontrol minyak berlebih, dan mencerahkan wajah
Kandungan pencerahNiacinamide, glycolic acid
Kandungan pelembapButylene glycol, niacinamide, glycerin, Centella asiatica extract, sodium hyaluronate, urea
Kandungan anti-inflamasiCentella asiatica
Kandungan antiagingCentella asiatica, hydrolyzed royal jelly protein
Kemasan percobaan
Saran waktu pemakaianPagi, malam
Alkohol
Pewangi
View all
Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

ImploraLuminous Brightening Serum

Harga referensi
Rp35.000
Lebih Murah

Dapatkan kulit cerah dengan harga terjangkau

Kini Anda tidak perlu lagi merogoh kocek dalam-dalam untuk membuat wajah bersinar. Serum wajah di bawah 50 ribu ini siap membuat wajah Anda tampak cantik merona. Perpaduan niacinamide 10% dan kakadu plum dalam produk ini akan membuat wajah Anda cerah dan bebas noda hitam.


Meskipun harganya ekonomis, Implora menghadirkan produknya dengan sangat apik. Lihat saja packaging-nya yang terbuat dari botol kaca. Terkesan premium, bukan?

BPOM
Nomor BPOMNA18211901160
Isi/varian isi20 ml
Bahan aktifNiacinamide, caviar collagen, black pearl, vitamin C
Bentuk kemasanBotol pipet
Rekomendasi jenis kulitSemua jenis kulit
Fungsi/manfaatMencerahkan, melembapkan, menyamarkan noda hitam, serta menutrisi kulit
Kandungan pencerahNiacinamide, caviar collagen, black pearl, vitamin C
Kandungan pelembapNiacinamide
Kandungan anti-inflamasiTidak ada
Kandungan antiagingCaviar collagen
Kemasan percobaan
Saran waktu pemakaianPagi, malam
AlkoholTidak diketahui
PewangiTidak diketahui
View all
No.3

YOURadiance Up! Anti-Oxidant Serum

Harga referensi
Rp98.750
Agak Murah

Buat kulit makin glowing, cerah, dan berseri dalam 14 hari

Serum Brightening YOU Radiance Up! Anti-Oxidant Serum membawa solusi efektif untuk kulit kusam dan tidak merata. Dengan formula gabungan SymWhite 377, niacinamide, dan vitamin C, produk ini bekerjasama mengurangi hiperpigmentasi serta mencerahkan kulit. 


Bahkan, klaimnya, kulit akan terlihat lebih cerah hanya dalam 14 hari saja! Tekstur serumnya ringan dan mudah diserap sehingga cocok digunakan sehari-hari sebelum produk perawatan kulit lainnya. Bila Anda punya masalah kulit lain seperti noda hitam atau bekas jerawat, serum ini juga bisa jadi solusinya!

BPOM
Nomor BPOMNA11221900006
Isi/varian isi20 ml
Bahan aktifSymwhite 377, niacinamide, vitamin C, licorice extract
Bentuk kemasanBotol pipet
Rekomendasi jenis kulitSemua jenis kulit
Fungsi/manfaatMencerahkan, meratakan warna kulit, menghambat aktivitas enzim tirosinase & menghambat perpindahan melanin
Kandungan pencerahSymwhite 377, niacinamide, vitamin C, licorice extract
Kandungan pelembapShea butter extract, coconut oil, propanediol
Kandungan anti-inflamasiAstragalus membranaceus root extract, Calendula extract
Kandungan antiaging3-o-Ethyl ascorbic acid, tripeptide
Kemasan percobaan
Saran waktu pemakaianTidak diketahui
Alkohol
Pewangi
View all
No.4

ElsheSkin Daily Boost Antioxidant Serum

Harga referensi
Rp139.000
Agak Mahal

Tinggi antioksidan! Siap melindungi kulit dari polusi lingkungan

Anda adalah wanita aktif yang sering beraktivitas di luar ruangan dan terpapar polusi? Ini dia serum yang Anda butuhkan. Serum Daily Boost Antioxidant dari ElsheSkin menjadi solusi ideal perawatan kulit Anda. Diperkaya dengan antioksidan tinggi, serum ini efektif melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas dan polusi lingkungan.

 

Formulanya ringan dan cepat meresap sehingga dapat memberikan perlindungan optimal sepanjang hari. Terutama bagi Anda dengan rutinitas sibuk, serum ini menjaga kulit tetap terhidrasi dan bercahaya, sambil tetap memberikan perlindungan aktif. 
BPOM
Nomor BPOMNA18211902301
Isi/varian isi15 ml, 30 ml
Bahan aktif15% Vitamin C, Pollushield™, InfraGuard™, vitamin E, sunflower sprout extract
Bentuk kemasanBotol pipet
Rekomendasi jenis kulitKulit kering
Fungsi/manfaatMelindungi kulit yang terkena polusi, meratakan warna kulit, dan mengatasi kulit yang kendur
Kandungan pencerahVitamin C
Kandungan pelembapHyaluronic acid, propanediol, ekstrak bunga matahari, minyak biji wijen
Kandungan anti-inflamasiCamellia sinensis leaf extract
Kandungan antiagingAlpha arbutin, vitamin E
Kemasan percobaan
Saran waktu pemakaianPagi, malam
Alkohol
Pewangi
View all
No.5

NPURENoni Probiotics "Calm Me Down" Ampoule

Harga referensi
Rp89.000
Agak Murah

Memperbaiki skin barrier yang rusak sehingga kulit jadi lebih sehat dan kuat

Produk ini memberikan solusi menenangkan untuk kulit sensitif. Terbuat dari ekstrak mengkudu dan probiotik, serum ini membantu mengurangi kemerahan dan iritasi. Kombinasi unik ini cocok untuk Anda yang memiliki kulit sensitif atau yang sering mengalami reaksi iritasi. 


Kandungan probiotiknya juga membantu menjaga keseimbangan mikrobiom kulit, memperkuat barier alami kulit. Serum ini memiliki tekstur ringan dan cepat meresap, memberikan sensasi nyaman tanpa efek lengket. Dengan penggunaan teratur, kulit akan terasa lebih tenang dan sehat.

BPOM
Nomor BPOMNA18210108013
Isi/varian isi30 ml
Bahan aktifNoni extract, probiotics complex, ceramide
Bentuk kemasanBotol pump
Rekomendasi jenis kulitSemua jenis kulit
Fungsi/manfaatMelembapkan, memperbaiki skin barrier, mengurangi iritasi
Kandungan pencerahMorinda citrifolia fruit extract
Kandungan pelembapPanthenol, betaine, ceramide, allantoin
Kandungan anti-inflamasiAnthemis nobilis flower extract, ceramide
Kandungan antiagingCeramide, ascorbyl palmitate, tocopherol
Kemasan percobaan
Saran waktu pemakaianPagi, malam
Alkohol
Pewangi
View all
No.6

True To SkinNiacinamide TXA Brightening Serum

Harga referensi
Rp109.000
Menengah

Kulit terlihat kasar dan sering iritasi? Gunakan saja produk ini!

Sering tidak percaya diri karena warna kulit tidak cerah merata? Ini saatnya Anda menggunakan serum dari True To Skin ini. Serum ini mengandung 10% niacinamide, 2% tranexamic acid, serta vitamin B12 yang diklaim mampu membantu mencerahkan kulit secara merata. Selain itu, brightening agent-nya bisa mengatasi noda bekas jerawat.


Uniknya lagi, serum dengan kandungan rose water ini dapat meredakan iritasi kulit dan menyamarkan pori-pori besar. Hal ini tentunya akan membuat kulit Anda tampak lebih halus dan tampak flawless. Jadi, serum ini sangat worth it untuk Anda miliki!

BPOM
Nomor BPOMNA18221902259
Isi/varian isi20 ml
Bahan aktifRose water, niacinamide, tranexamic acid, vitamin B12
Bentuk kemasanBotol pipet
Rekomendasi jenis kulitSemua jenis kulit
Fungsi/manfaatMencerahkan kulit, memudarkan bekas jerawat dan flek, mengontrol minyak, mengatasi jerawat
Kandungan pencerahNiacinamide, tranexamic acid, vitamin B12
Kandungan pelembapGlycerin, niacinamide
Kandungan anti-inflamasiRose water, tranexamic acid
Kandungan antiagingTranexamic acid
Kemasan percobaan
Saran waktu pemakaianPagi, malam
Alkohol
Pewangi
View all
No.7

GlowlabsGlo-C Serum

Harga referensi
Rp150.000
Agak Mahal

Serum vitamin C yang tidak membuat breakout

Glowlabs Glo-C Serum adalah solusi cerah yang efektif untuk kulit bercahaya. Diformulasikan dengan kombinasi vitamin C, tranexamic acid, dan Centella asiatica, produk ini membantu mencerahkan dan meratakan warna kulit. Noda bekas jerawat pun bisa pudar dengan pemakaian teratur. Serum ini cocok untuk semua jenis kulit, termasuk kulit sensitif, karena tidak menyebabkan breakout.

BPOM
Nomor BPOMNA18201901917
Isi/varian isi20 ml
Bahan aktifVitamin C, tranexamic acid, Centella asiatica
Bentuk kemasanBotol pipet
Rekomendasi jenis kulitSemua jenis kulit
Fungsi/manfaatMemudarkan hiperpigmentasi
Kandungan pencerahVitamin C, tranexamic acid
Kandungan pelembapCentella asiatica
Kandungan anti-inflamasiCentella asiatica
Kandungan antiagingVitamin C, tranexamic acid, Centella asiatica
Kemasan percobaan
Saran waktu pemakaianPagi, malam
Alkohol
Pewangi
View all
No.8

Tavi10% Niacinamide + Zinc Acne Solution Serum

Harga referensi
Rp135.000
Menengah

Merawat kulit berjerawat dengan kombinasi niacinamide dan zinc dalam konsentrasi tinggi

Serum niacinamide + zinc dari Tavi ini merupakan solusi efektif untuk masalah jerawat. Dengan konsentrasi tinggi niacinamide dan zinc, produk ini membantu mengontrol produksi sebum dan mengurangi kemerahan jerawat. Formulanya yang ringan dan cepat meresap cocok untuk kulit berminyak dan tidak akan membuat muka jadi lebih mengilap.


Serum ini juga dapat membantu menghaluskan tekstur kulit dan mengurangi pori-pori yang membesar akibat jerawat. Dengan penggunaan teratur, kulit akan lembap, tetapi tidak membuatnya makin berminyak, dan pastinya bebas dari jerawat.

BPOM
Nomor BPOMNA18210110936
Isi/varian isi30 ml
Bahan aktifNiacinamide, zinc
Bentuk kemasanBotol pipet
Rekomendasi jenis kulitBerminyak
Fungsi/manfaatMengurangi minyak berlebih pada kulit yang dapat menyebabkan tumbuhnya jerawat, whitehead, dan blackhead
Kandungan pencerahCamellia sinensis leaf extract
Kandungan pelembapPropanediol, sodium hyaluronate
Kandungan anti-inflamasiAllantoin, Centella asiatica extract
Kandungan antiagingCamellia sinensis leaf extract, Centella asiatica extract
Kemasan percobaan
Saran waktu pemakaianPagi, malam
Alkohol
Pewangi
View all
No.9

True to SkinCalaberry Brightening & Calming Serum

Harga referensi
Rp105.000
Menengah

Kulit cerah merona berkat kandungan strawberry

Serum True to Skin yang satu ini memberikan solusi terbaik untuk kulit kusam dan sensitif. Diformulasikan dengan ekstrak calaberry, kandungan antioksidannya mencerahkan dan memberi kelembapan ekstra. Serum ini juga mengandung bahan aktif yang menenangkan dan mengurangi iritasi sehingga cocok untuk kulit sensitif. Bagi Anda yang mendambakan kulit cerah merona, serum ini adalah pilihan sempurna. 

BPOM
Nomor BPOMNA18221902259
Isi/varian isi20 ml
Bahan aktifNiacinamide, calamine
Bentuk kemasanBotol pipet
Rekomendasi jenis kulitSemua jenis kulit
Fungsi/manfaatMencerahkan, menenangkan kulit
Kandungan pencerahNiacinamide, strawberry water
Kandungan pelembapAloe vera, allantoin
Kandungan anti-inflamasiCalamine, prickly pear extract, Niacinamide, strawberry water
Kandungan antiagingTidak diketahui
Kemasan percobaan
Saran waktu pemakaianPagi, malam
Alkohol
Pewangi
View all
No.10

JoylabAcne Hero Serum

Harga referensi
Rp135.000
Menengah

Tuntaskan masalah jerawat dan komedo membandel dengan satu serum saja

Joylab Acne Hero Serum menghadirkan kekuatan tea tree oil untuk mengatasi jerawat dengan efektif. Selain itu, terdapat kandungan zinc, green tea, dan salicylic acid untuk membersihkan pori-pori, mengurangi peradangan, dan mencegah jerawat baru. 


Bila Anda punya kulit berminyak yang mudah berjerawat, kami merekomendasikan produk ini untuk Anda. Tak perlu khawatir kulit akan meradang karena serum ini juga mengandung bahan-bahan menenangkan seperti ekstrak chamomile extract. Say bye-bye to acne and comedo!

BPOM
Nomor BPOMNA49210100147
Isi/varian isi30 ml
Bahan aktif1% Zinc, salicylic acid, tea tree oil, green tea extract, ascorbic acid
Bentuk kemasanBotol pump
Rekomendasi jenis kulitBerminyak
Fungsi/manfaatMelawan bakteri penyebab jerawat
Kandungan pencerahVitamin C, green tea extract
Kandungan pelembapShea butter, betaine, propanediol
Kandungan anti-inflamasiChamomile extract
Kandungan antiagingPalmitoyl tripeptide-5, vitamin C
Kemasan percobaan
Saran waktu pemakaianPagi, malam
Alkohol
Pewangi
View all

5 Rekomendasi Serum untuk Usia 20 Tahun ke Atas terbaik

No. 1: SKINTIFIC2% Salicylic Acid Anti Acne Serum

No. 2: ImploraLuminous Brightening Serum

No. 3: YOURadiance Up! Anti-Oxidant Serum

No. 4: ElsheSkin Daily Boost Antioxidant Serum

No. 5: NPURENoni Probiotics "Calm Me Down" Ampoule

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Perawatan tubuh & kecantikan
  3. Perawatan wajah
  4. 10 Rekomendasi Serum untuk Usia 20 Tahun ke Atas Terbaik [Ditinjau oleh Dermatovenereologist]

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.