10 Rekomendasi Ukulele Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Ukulele Terbaik (Terbaru 2018)

Anda seorang pemain musik dan ingin mencoba mendalami alat musik baru? Atau Anda seseorang yang baru ingin belajar alat musik? Tak ada salahnya untuk mencoba ukulele, alat musik yang mirip seperti gitar tetapi lebih kecil. Meskipun ukulele identik dengan Hawaii, ternyata alat musik ini dapat pula digunakan untuk jenis musik lainnya seperti Jazz maupun Pop.

Untuk memudahkan Anda memilih jenis ukulele yang tepat dan sesuai, kami berikan tips dalam memilih ukulele dan rekomendasi produk terbaik. Selamat membaca!

Daftar isi

Cara memilih ukulele

Ukulele merupakan salah satu keluarga string instrument yang umumnya memiliki 4 senar. Jika dilihat dari bentuknya, maka dapat dikatakan ukulele ini merupakan gitar kecil. Berbeda dari gitar, ukulele memiliki tuning sendiri. Ukurannya yang kecil dan mudah dibawa-bawa merupakan salah satu keunggulan ukulele dibandingkan alat musik lainnya seperti piano dan gitar. Namun, ternyata ukulele memiliki beberapa jenis dan harga yang berbeda sehingga membuat pemula sulit untuk memilih.

Kami akan mengenalkan Anda dengan berbagai ukulele, dari jenis sampai harganya. Semoga informasi ini berguna untuk Anda dalam memilih ukulele!

Jenis-jenis ukulele

Berdasarkan ukurannya, ukulele dapat dibedakan menjadi 4 jenis, yakni soprano, concert, tenor, baritone, dan bass. Selain berbeda ukuran, jenis ukulele yang berbeda juga memilki tuning yang berbeda. Jenis soprano, concert, dan tenor memiliki tuning yang sama yaitu G-C-E-A. Sedangkan jenis baritone dan bass memiliki tuning sendiri. Pilih jenis ukulele yang sesuai dengan karakter Anda !

Soprano

Soprano

Tipe soprano merupakan ukulele yang paling kecil dengan ukuran fingerboard 35 cm. Karena ukurannya yang kecil, tipe ini sangat mudah untuk dibawa kemana pun Anda mau. Ukulele ini sangat cocok untuk Anda yang memiliki jari-jari tangan yang kecil. Jika dibandingkan dengan jenis lainnya, ukulele soprano ini sangat direkomendasikan bagi Anda, para pemula yang ingin memulai belajar ukulele.

Concert

Concert

Concert, ukulele dengan fingerboard berukuran 38 cm, merupakan pilihan terbaik untuk Anda yang memiliki jari-jari tangan yang lebih besar. Dengan ukuran fingerboard yang lebih panjang dapat memudahkan Anda mengatur pitch. Tipe ini merupakan tipe yang paling banyak digunakan.

Tenor

Tenor

Jika Anda ingin memainkan ukulele pada area yang lebih luas, tipe ukulele ini sangat cocok untuk Anda. Ukuran badan tenor yang besar membantu menghasilkan suara yang lebih kuat. Dengan ukuran fingerboard 43 cm membuat Anda dapat memainkan pitch dengan lebih stabil.

Baritone

Baritone

Baritone merupakan ukulele dengan tuning yang sama dengan gitar yaitu D-G-B-E’, tetapi memiliki ukuran fingerboard yang lebih kecil yaitu sekitar 50 cm. Tipe ini  merupakan ukulele yang paling sedikit dimainkan jika dibandingkan dengan 3 tipe ukulele lainnya.

Bass

Bass

Ukulele bass merupakan sebuah alat musik baru yang berbeda dari ukulele biasanya. Ide ukulele bass pertama kali dicetuskan oleh sebuah perusahaan kecil, Road Toad. Pada tahun 2007, Road Toad bekerja sama dengan Kala, salah satu pembuat ukulele tersohor, membuat ukulele bass dengan harga yang terjangkau. Ukulele bass memiliki ukuran sebesar baritone tetapi dengan suara bass tentunya dengan tuning E-A-D’-G’.

Pemilihan material

Kualitas suara alat musik dengan senar bergantung pada material kayu yang digunakan. Jenis kayu yang berbeda akan menghasilkan bunyi yang berbeda pula. Untuk itu, penting sekali memastikan material yang tepat dalam memilih ukulele yang sesuai untuk Anda. Berikut kami berikan 3 jenis material kayu yang biasa digunakan untuk ukulele.

Mahoni

Mahoni

Ketersediaannya yang melimpah dan mudah diproses membuat kayu ini banyak digunakan untuk berbagai alat musik termasuk ukulele. Dengan jenis kayu ini membuat ukulele menghasilkan suara yang lembut dan cocok untuk segala jenis musik. Selain itu, ukulele dengan kayu mahoni memiliki harga yang sangat terjangkau.

Hawaiian core

Hawaiian core

Anda ingin memainkan ukulele dengan suara musik Hawaii yang autentik? Material ini adalah pilihan yang sangat tepat. Sayangnya, karena ketersediaannya yang terbatas, membuat ukulele dengan material ini memiliki harga yang sangat mahal.

Kayu mangga

Kayu mangga

Anda menginginkan ukulele Anda berbeda dari orang lain? Material ini sangat cocok untuk Anda! Dengan karakteristik pola yang berbeda-beda pada kayu ini membuat alat musik Anda memiliki pola yang unik tiada duanya. Selain itu, material ini menghasilkan suara yang lembut dan “renyah” sehingga sangat cocok untuk berbagai jenis musik yang akan Anda mainkan dengan ukulele.

Untuk memilih ukulele dengan material ini, kami sarankan Anda melihatnya langsung karena bisa saja pola yang terlihat pada komputer Anda berbeda dengan aslinya.

Cobalah mainkan!

Cobalah mainkan!

Untuk memilih alat musik yang tepat, cobalah untuk memainkannya saat Anda berada di toko musik. Dengan memainkan alat musik, Anda dapat menemukan yang Anda inginkan seperti kualitas suara, kenyamanan dalam bermain, berat alat musik, dan lain-lain. Ukulele merupakan alat musik yang harus Anda pegang, sangat penting untuk Anda mencoba memainkannya saat memilih.

10 Rekomendasi ukulele terbaik

Apa kira-kira Anda sudah tahu jenis ukulele mana yang akan Anda beli? Untuk membantu Anda menentukan brand yang akan Anda pilih, berikut kami rekomendasikan 10 ukulele terbaik dan jenisnya.

10. Cowboy 25″ Tenor

10. Cowboy 25" Tenor

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 380.000

Budget terbatas? Tak masalah!

Jika Anda berpikir ukulele tipe tenor menghabiskan biaya yang mahal, sebaiknya Anda coba dulu untuk memainkan brand ini. Kualitas suara yang cukup mumpuni dari kualitas kayu yang baik, sudah mampu memukau Anda dengan harga yang ekonomis.

Cowboy merupakan salah satu brand ukulele yang menjadi rekomendasi bagi para pemula. Meskipun tidak sebagus brand lain, Cowboy termasuk standard ukulele bagi para pemain baru. Ukulele ini cocok dimainkan untuk berbagai jenis musik juga lho!

9. Grande Ukulele Concert 23″

9. Grande Ukulele Concert 23"

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 320.000

Ukulele concert dari bahan kayu spruce

Spruce  merupakan jenis kayu yang banyak digunakan karena memiliki densitas menengah dan bobot yang ringan. Material kayu spruce dipakai untuk Grande membuatnya awet digunakan, ringan, dan memiliki kualitas suara yang lumayan baik.

Anda ingin mencoba memainkan ukulele dari bahan kayu spruce dengan harga terjangkau? Cobalah beli produk ini. Dengan kisaran harga Rp 300.000 saja Anda sudah dapat memiliki ukulele concert dan bisa belajar memainkannya. Sudah siap untuk bermain ukulele? Yuk, segera dipesan!

8. Kmise Professional

8. Kmise Professional

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 582.000

Sudah siap menjadi pemain ukulele profesional?

Kmise merupakan brand dari Hongkong yang telah menjadi salah satu brand yang direkomendasikan pemain ukulele. Dengan warna dasar hitam elegan membuat ukulele ini menambah kesan profesional pada setiap permainan Anda.

Berbahan dasar sapele yang memiliki densitas lebih tinggi daripada mahoni, membuat ukulele ini memiliki suara yang lebih “renyah”. Bagian badan yang terlaminasi pun membuat kesan elegan pada ukulele ini. Dilengkapi dengan tuner dan tas, ukulele ini cocok untuk Anda yang sudah siap menjadi pemain ukulele concert profesional.

7. Ukulele Baritone Fiber Akustik Ovation Style

7. Ukulele Baritone Fiber Akustik Ovation Style

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 2.850.000

Akustik yang cantik dan desain yang memukau

Bagi Anda pemain gitar yang ingin mencoba bermain ukulele, jenis baritone cocok untuk Anda. Selain memiliki tuning yang sama dengan gitar, perbedaan ukurannya bisa menjadi pilihan Anda untuk beradaptasi dari gitar ke ukulele. Memang brand untuk baritone tidak sebanyak jenis lainnya, tetapi akustik elektrik ini merupakan salah satu rekomendasi kami.

Kualitas kayu yang bagus membuat akustik elektrik ini awet tahan lama. Desain yang cantik dari baritone ini menambah keunikan tipe tersebut. Sebagai pemusik Anda harus selalu berinovasi bukan? Perkaya pengalaman bermusik Anda dengan ukulele bass ini !

6. Uke Economic Soprano Ukulele Start Pack

6. Uke Economic Soprano Ukulele Start Pack

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 268.000

Paket komplit para pemula

Sebagai pemula, terkadang Anda bingung perlengkapan apa saja yang harus Anda beli selain alat musiknya. Nah, bagi Anda para pemula yang ingin serius mendalami ukulele, produk ini sangat kami rekomendasikan. Tak perlu bingung lagi membeli perlengkapan lainnya karena dengan membeli produk ini, Anda sudah mendapatkan senar tambahan, tunerstrappick, serta tas. Jenis tuner jepit yang disediakan, membuatnya lebih mudah digunakan.

Harga untuk paket ini terbilang cukup terjangkau, apalagi kualitas ukulele sopran ini juga cukup baik. Headstock yang terbuat dari stainless steel serta material basswood membuat ukulele ini dapat Anda gunakan dalam jangka waktu yang lama. Sudut fret didesain 45° membuat jari-jari Anda tidak mudah terluka ketika berlatih. Tunggu apalagi? Yuk, segera pesan sebelum kehabisan!

5. Ukulele U Mini Bass Akustik Elektrik

5. Ukulele U Mini Bass Akustik Elektrik

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.999.000

Ukulele bass tipe akustik elektrik

Meskipun merupakan salah satu pemain baru dalam ukulele, ukulele bass cukup banyak diminati oleh para pemain musik. Tipe ukulele ini cocok bagi Anda yang tertarik bermain bass tetapi menginginkan ukuran yang lebih kecil. Seperti baritone, tidak banyak brand yang memproduksi ukulele bass. Rekomendasi kami untuk ukulele bass adalah tipe akustik elektrik ini. Ukulele bass sangat cocok digunakan untuk musik akustik, jazz, maupun pop.

Terdapat 2 pilihan material untuk ukulele ini, kayu sapele dan picea asperata. Pilihan material kayu yang berbeda tentunya akan menghasilkan suara yang berbeda pula. Jika Anda ingin memesan produk ini, Anda harus menunggu 25 hari karena produk ini merupakan produk import. Namun, tak ada salahnya menunggu jika Anda akan mendapatkan barang yang berkualitas bukan?

4. Pelem Solid Flame Acacia

4. Pelem Solid Flame Acacia

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 4.650.000

Terobosan dalam negeri!

Keunikan datang dari produk dalam negeri, Pelem Ukulele. Produksi asal Yogyakarta ini membuat ukulele tenor dari material akasia pada badan ukulele dan rosewood pada bagian leher, bridgefretboard, dan saddle. Penggunaan material akasia membuat ukulele ini mampu menghasilkan suara yang lebih merdu tetapi membuat ukulele ini memiliki bobot yang cukup berat, yaitu 7 kg.

Berbeda dengan alat musik petik lainnya, lubang resonansi ukulele ini berbentuk peta Indonesia. Sungguh berkarakter, bukan? Untuk Anda yang ingin mendukung usaha pembuatan ukelele dalam negeri dengan kualitas yang baik, segera beli produk ini ! Pelem Ukulele terima custom desain juga lho.

3. Mahalo U-320P Deluxe Pineapple

3. Mahalo U-320P Deluxe Pineapple

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 590.000

Dua jenis kayu berbeda dalam satu ukulele

Salah satu ciri khas ukulele ini adalah bentuknya yang sangat tradisional dan unik. Perpaduan material kayu, rosewood pada fingerboard dan mahoni pada badan ukulele, menghasilkan suara yang sangat menyentuh jiwa. Peg yang dilapisi oleh emas membuat instrumen ini semakin menarik.

Anda bingung memilih tutorial bermain ukulele yang baik? Tenang saja, setiap pembelian U-320P ini dilengkapi dengan video tutorial. Video tutorial yang disediakan dapat membantu Anda berlatih sebagai pemula tanpa perlu repot googling. Cocok untuk Anda yang suka desain unik dan sederhana !

2. Lanikai LU 21 Soprano

2. Lanikai LU 21 Soprano

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.499.000

Ukulele untuk pemula dan tingkat menengah

Brand dari Hawaii ini sudah sangat terkenal sekali dengan keindahan suaranya. Lanikai merupakan salah satu brand rekomendasi para pemain ukulele handal. Untuk Anda yang memiliki karakter tangan yang kecil, kami rekomendasikan tipe LU 21 Soprano ini. Berbahan dasar kayu Nato pada badan ukulele dan rosewood pada fingerboard, membuat ukulele ini menghasilkan suara yang manis dan hangat di telinga Anda.

Seri LU 21 merupakan salah satu produk Lanikai yang populer untuk para pemula dan pemain tingkat menengah. Seri ini sangat populer karena kualitas suara yang tak dapat diragukan lagi. Sudah siap memiliki ukulele pertama Anda? Jangan ragu untuk membeli yang satu ini!

1. Lanikai LU 21CE

1. Lanikai LU 21CE

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 2.500.000

Suara original Hawaii!

Satu lagi produk Lanikai yang kami rekomendasikan adalah ukulele concert akustik elektrik. Material dasar ukulele concert ini adalah kayu Nato yang berasal dari pohon Mora serta laminasi yang teliti menjadikan produk ini sungguh berkelas.

Tak hanya penampilan yang berkelas, pemilihan material juga membuat LU 21CE memiliki kualitas suara yang tak diragukan lagi. Tipe LU 21CE ini cocok bagi Anda, baik pemula maupun menengahdalam bermain ukulele. Anda mencari ukulele dengan kualitas suara yang sesuai dengan harganya? Segeralah beli produk ini!

Kesimpulan

Kami sudah memberikan 10 rekomendasi ukulele terbaik untuk Anda, baik para pemula dalam musik maupun musikus yang ingin menggeluti alat musik baru. Bagaimana? Menarik bukan untuk memilih ukulele yang sesuai dengan Anda? Pemilihan ukulele yang tepat dapat membantu Anda dalam mempelajarinya lebih dalam. Jangan terlalu tergesa-gesa dalam memilih atau nanti Anda menyesal kemudian.

Memang tidak mudah untuk memilih alat musik yang cocok untuk Anda, tetapi semoga rekomendasi dari kami cukup membantu Anda dalam memilih yang pas di tangan maupun di hati. Selamat memilih!