• 10 Rekomendasi Ukulele Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Ukulele Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Ukulele Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Ukulele Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Ukulele Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Ukulele Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Anda seorang pemain musik dan ingin mencoba mendalami alat musik baru? Atau Anda seseorang yang baru ingin belajar alat musik? Tak ada salahnya untuk mencoba ukulele, alat musik yang mirip seperti gitar tetapi lebih kecil. Meskipun ukulele identik dengan Hawaii, ternyata alat musik ini dapat pula digunakan untuk jenis musik lainnya seperti Jazz maupun Pop.

Untuk memudahkan Anda memilih jenis ukulele yang tepat dan sesuai, kami berikan tips dalam memilih ukulele dan rekomendasi produk terbaik. Selamat membaca!
  • Pembaharuan terakhir: 23 Januari 2020
  • 15.231 Views
Daftar isi

Cara memilih ukulele

Ukulele merupakan salah satu keluarga string instrument yang umumnya memiliki 4 senar. Jika dilihat dari bentuknya, maka dapat dikatakan ukulele ini merupakan gitar kecil. Berbeda dari gitar, ukulele memiliki tuning sendiri. Ukurannya yang kecil dan mudah dibawa-bawa merupakan salah satu keunggulan ukulele dibandingkan alat musik lainnya seperti piano dan gitar. Namun, ternyata ukulele memiliki beberapa jenis dan harga yang berbeda sehingga membuat pemula sulit untuk memilih.
Kami akan mengenalkan Anda dengan berbagai ukulele, dari jenis sampai harganya. Semoga informasi ini berguna untuk Anda dalam memilih ukulele!

Jenis-jenis ukulele

Berdasarkan ukurannya, ukulele dapat dibedakan menjadi 4 jenis, yakni soprano, concert, tenor, baritone, dan bass. Selain berbeda ukuran, jenis ukulele yang berbeda juga memilki tuning yang berbeda. Jenis soprano, concert, dan tenor memiliki tuning yang sama yaitu G-C-E-A. Sedangkan jenis baritone dan bass memiliki tuning sendiri. Pilih jenis ukulele yang sesuai dengan karakter Anda !

Soprano

Soprano
Tipe soprano merupakan ukulele yang paling kecil dengan ukuran fingerboard 35 cm. Karena ukurannya yang kecil, tipe ini sangat mudah untuk dibawa kemana pun Anda mau. Ukulele ini sangat cocok untuk Anda yang memiliki jari-jari tangan yang kecil. Jika dibandingkan dengan jenis lainnya, ukulele soprano ini sangat direkomendasikan bagi Anda, para pemula yang ingin memulai belajar ukulele.

Concert

Concert
Concert, ukulele dengan fingerboard berukuran 38 cm, merupakan pilihan terbaik untuk Anda yang memiliki jari-jari tangan yang lebih besar. Dengan ukuran fingerboard yang lebih panjang dapat memudahkan Anda mengatur pitch. Tipe ini merupakan tipe yang paling banyak digunakan.

Tenor

Tenor
Jika Anda ingin memainkan ukulele pada area yang lebih luas, tipe ukulele ini sangat cocok untuk Anda. Ukuran badan tenor yang besar membantu menghasilkan suara yang lebih kuat. Dengan ukuran fingerboard 43 cm membuat Anda dapat memainkan pitch dengan lebih stabil.

Baritone

Baritone
Baritone merupakan ukulele dengan tuning yang sama dengan gitar yaitu D-G-B-E’, tetapi memiliki ukuran fingerboard yang lebih kecil yaitu sekitar 50 cm. Tipe ini merupakan ukulele yang paling sedikit dimainkan jika dibandingkan dengan 3 tipe ukulele lainnya.

Bass

Bass
Ukulele bass merupakan sebuah alat musik baru yang berbeda dari ukulele biasanya. Ide ukulele bass pertama kali dicetuskan oleh sebuah perusahaan kecil, Road Toad. Pada tahun 2007, Road Toad bekerja sama dengan Kala, salah satu pembuat ukulele tersohor, membuat ukulele bass dengan harga yang terjangkau. Ukulele bass memiliki ukuran sebesar baritone tetapi dengan suara bass tentunya dengan tuning E-A-D’-G’.

Pemilihan material

Kualitas suara alat musik dengan senar bergantung pada material kayu yang digunakan. Jenis kayu yang berbeda akan menghasilkan bunyi yang berbeda pula. Untuk itu, penting sekali memastikan material yang tepat dalam memilih ukulele yang sesuai untuk Anda. Berikut kami berikan 3 jenis material kayu yang biasa digunakan untuk ukulele.

Mahoni

Mahoni
Ketersediaannya yang melimpah dan mudah diproses membuat kayu ini banyak digunakan untuk berbagai alat musik termasuk ukulele. Dengan jenis kayu ini membuat ukulele menghasilkan suara yang lembut dan cocok untuk segala jenis musik. Selain itu, ukulele dengan kayu mahoni memiliki harga yang sangat terjangkau.

Hawaiian core

Hawaiian core
Anda ingin memainkan ukulele dengan suara musik Hawaii yang autentik? Material ini adalah pilihan yang sangat tepat. Sayangnya, karena ketersediaannya yang terbatas, membuat ukulele dengan material ini memiliki harga yang sangat mahal.

Kayu mangga

Kayu mangga
Anda menginginkan ukulele Anda berbeda dari orang lain? Material ini sangat cocok untuk Anda! Dengan karakteristik pola yang berbeda-beda pada kayu ini membuat alat musik Anda memiliki pola yang unik tiada duanya. Selain itu, material ini menghasilkan suara yang lembut dan “renyah” sehingga sangat cocok untuk berbagai jenis musik yang akan Anda mainkan dengan ukulele.
Untuk memilih ukulele dengan material ini, kami sarankan Anda melihatnya langsung karena bisa saja pola yang terlihat pada komputer Anda berbeda dengan aslinya.

Cobalah mainkan!

Cobalah mainkan!
Untuk memilih alat musik yang tepat, cobalah untuk memainkannya saat Anda berada di toko musik. Dengan memainkan alat musik, Anda dapat menemukan yang Anda inginkan seperti kualitas suara, kenyamanan dalam bermain, berat alat musik, dan lain-lain. Ukulele merupakan alat musik yang harus Anda pegang, sangat penting untuk Anda mencoba memainkannya saat memilih.

10 Rekomendasi ukulele terbaik

Apa kira-kira Anda sudah tahu jenis ukulele mana yang akan Anda beli? Untuk membantu Anda menentukan brand yang akan Anda pilih, berikut kami rekomendasikan 10 ukulele terbaik dan jenisnya.
10
9
8

MahaloProfessional

U-SMILE-BU-SMILEY-FACE

Rp 582.000,00

7

Ukulele Baritone Fiber Akustik Ovation Style

Rp 2.850.000,00

6

JassonUke Economic Soprano Ukulele Start Pack

A-08-Brown

Rp 268.000,00

5

CowboyUkulele U Mini Bass Akustik Elektrik

Ukulele 23

Rp 1.999.000,00

4

YamahaPelem Solid Flame Acacia

GL-1

Rp 4.650.000,00

3

UK DreamU-320P Deluxe Pineapple

UB-513

Rp 590.000,00

2

FenderLU 21 Soprano

0971620522

Rp 1.499.000,00

1

XiaomiLU 21CE

U1

Rp 2.500.000,00

Tabel perbandingan produk ukulele terbaik

Gambar produk
1
Xiaomi LU 21CE 1

Xiaomi

2
Fender LU 21 Soprano 1

Fender

3
UK Dream U-320P Deluxe Pineapple 1

UK Dream

4
Yamaha Pelem Solid Flame Acacia 1

Yamaha

5
Cowboy Ukulele U Mini Bass Akustik Elektrik 1

Cowboy

6
Jasson Uke Economic Soprano Ukulele Start Pack 1

Jasson

7
Ukulele Baritone Fiber Akustik Ovation Style 1

8
Mahalo Professional 1

Mahalo

9
Doremi Kuya Ukulele Concert 23″ 1

Doremi Kuya

10
Grande 25″ Tenor 1

Grande

Nama produk

LU 21CE

LU 21 Soprano

U-320P Deluxe Pineapple

Pelem Solid Flame Acacia

Ukulele U Mini Bass Akustik Elektrik

Uke Economic Soprano Ukulele Start Pack

Ukulele Baritone Fiber Akustik Ovation Style

Professional

Ukulele Concert 23″

25″ Tenor

KeunggulanSuara original Hawaii!Ukulele untuk pemula dan ti...Dua jenis kayu berbeda dala...Terobosan dalam negeri!Ukulele bass tipe akustik e...Paket komplit para pemulaAkustik yang cantik dan des...Sudah siap menjadi pemain u...Ukulele concert dari bahan ...Budget terbatas? Tak masalah!
HargaRp 2.500.000,00Rp 1.499.000,00Rp 590.000,00Rp 4.650.000,00Rp 1.999.000,00Rp 268.000,00Rp 2.850.000,00Rp 582.000,00Rp 320.000,00Rp 380.000,00
Tautan produk

Kesimpulan

Kami sudah memberikan 10 rekomendasi ukulele terbaik untuk Anda, baik para pemula dalam musik maupun musikus yang ingin menggeluti alat musik baru. Bagaimana? Menarik bukan untuk memilih ukulele yang sesuai dengan Anda? Pemilihan ukulele yang tepat dapat membantu Anda dalam mempelajarinya lebih dalam. Jangan terlalu tergesa-gesa dalam memilih atau nanti Anda menyesal kemudian.
Memang tidak mudah untuk memilih alat musik yang cocok untuk Anda, tetapi semoga rekomendasi dari kami cukup membantu Anda dalam memilih yang pas di tangan maupun di hati. Selamat memilih!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Gitar Akustik Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Gitar Akustik Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020)
    Gitar akustik lebih mudah digunakan oleh Anda yang baru belajar bermain gitar. Tentunya gitar pertama Anda akan berperan penting dalam proses pembelajaran sehingga Anda harus memilih yang tepat. Di pasaran, Anda akan menemukan gitar akustik merek ternama, seperti Yamaha, Fender, Ibanez, Gibson, dan berbagai merek lainnya.Meski begitu, dengan banyak variasi model, spesifikasi, dan harga, Anda bisa saja bingung saat hendak memilihnya. Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan sepuluh rekomendasi gitar akustik terbaik untuk pemula. Dengan begitu, Anda bisa membeli produk yang tepat untuk dijadikan partner bermain musik Anda!
    Musik
    40.233 Views
  • 10 Rekomendasi Piano Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Piano Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Piano digital cocok untuk Anda yang suka bermain atau berlatih piano pada malam hari. Anda bisa menggunakan headphone sehingga tidak perlu takut suara piano mengganggu anggota keluarga yang sedang beristirahat. Piano digital juga cocok untuk anak-anak yang baru belajar piano, karena harganya lebih terjangkau dibandingkan dengan piano akustik. Piano digital pun cocok untuk Anda yang suka mengeksplor berbagai genre musik.Terdapat beberapa produsen piano digital yang terkenal, seperti Yamaha, Kawai, Casio, Roland, dan Korg. Masing-masing dari piano digital tersebut mempunyai karakteristik dan fungsi yang bervariasi. Apa yang menjadi kelebihan dan keunggulan masing-masing produk? Yuk, simak penjelasan berikut.
    Musik
    9.213 Views
  • 10 Rekomendasi Senar Gitar Klasik Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Senar Gitar Klasik Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Berbeda dengan senar akustik yang terbuat dari metal, senar pada gitar klasik memiliki karakter menghasilkan nada yang halus dan lembut. Genre musik yang cocok dimainkan dengan gitar klasik yang dapat menghasilkan musik asyik pun beragam, di antaranya bossa nova dan jazz.Senar gitar klasik tersedia dalam bermacam jenis sehingga mungkin sulit untuk mengetahui karakter senar dari kemasannya saja. Pada artikel ini kami akan membagikan tips cara memilih senar gitar klasik yang tepat, sekaligus merekomendasikan beberapa merek terbaiknya, seperti D’Addario, Augustine, dan Savarez. Check it out!
    Musik
    9.525 Views
  • 10 Rekomendasi Biola Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Biola Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020)
    Biola adalah alat musik gesek yang cenderung kurang diminati karena dipandang sulit untuk dikuasai. Apalagi, harganya juga cukup tinggi. Meski sulit dipelajari, Anda belum terlambat untuk mempelajarinya mulai sekarang! Dengan biola yang tepat untuk pemula, Anda bisa mulai berlatih dengan menyenangkan.Di pasaran, terdapat biola dengan berbagai ukuran dan rentang harga, seperti dari Cremona, Karl Höfner, Skylark, dan Makoa. Jika Anda bingung memilih, kami akan membantu Anda melalui artikel ini. Kami tidak hanya memberikan rekomendasi produk terbaik, tetapi juga cara memilih supaya Anda menemukan produk yang benar-benar pas.
    Musik
    6.977 Views
  • 10 Rekomendasi Amplifier Gitar Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Amplifier Gitar Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Menjadi musisi adalah impian bagi banyak orang, salah satunya adalah menjadi gitaris. Banyak orang di dunia, tua atau muda, membeli gitar dan mempelajarinya. Ada yang bermain gitar akustik dan ada yang bermain gitar listrik. Apakah Anda tahu alat pendukung apa yang gitar Anda perlukan?Ya, amplifier adalah salah satu alat pendukung gitar yang pastinya Anda perlukan. Anda sudah mengetahui merek amplifier terkenal seperti Marshall, Roland, Fender. Namun, apakah Anda tahu cara memilih amplifier gitar terbaik? Simak artikel kami di bawah ini dan dapatkan referensinya!
    Musik
    8.845 Views
  • 10 Rekomendasi Bass Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Bass Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Instrumen musik bass atau gitar bass menghasilkan hentakan nada rendah yang berperan penting dalam band, grup musik, dan sebagainya. Anda akan menemukan berbagai produk bass dengan merek Fender, Ibanez, Yamaha, dan sebagainya yang berbeda spesifikasi satu sama lain. Hal tersebut bisa saja membuat Anda kebingungan saat hendak membeli bass yang paling tepat.Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan sepuluh rekomendasi bass terbaik. Anda akan menemukan berbagai bass berkualitas yang berbeda fitur dan spesifikasi satu sama lain dalam daftar rekomendasi ini. Pilihlah produk yang bagus untuk Anda dan paling Anda sukai, ya!
    Musik
    2.303 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori