• 10 Ukulele Terbaik - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Ukulele Terbaik - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Ukulele Terbaik - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Ukulele Terbaik - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Ukulele Terbaik - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Ukulele Terbaik - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2022)

Ukulele dikenal lebih mudah dimainkan dengan suaranya yang tak kalah merdu daripada gitar. Biasanya, para pemusik pemula menggunakan ukulele jenis sopran. Namun, jika Anda belajar pada tingkat lanjutan, Anda bisa memilih jenis concert, tenor, atau bariton. Ukulele juga memiliki jenis yang beragam berdasarkan bahan, jenis senar, dan pegs-nya.


Kami akan memperkenalkan cara memilih ukulele dengan mempertimbangkan jenis nada dan material pembuatnya. kami juga memberikan rekomendasi merek ukulele yang bagus, seperti Mahalo Ukuleles dan Mandalika Music. Artikel ini sudah ditinjau oleh pendidik dan produser musik kami, Satrio Arwanto. Selamat membaca!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Satriyo Arwanto
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 30 Mei 2022
Daftar isi

Profil pakar: Pendidik dan produser musik, Satriyo Arwanto

Profil pakar: Pendidik dan produser musik, Satriyo Arwanto
Satriyo Arwanto
Music educator dan music producer
Satriyo Arwanto

Satriyo adalah seorang pendidik sekaligus produser musik lulusan Pendidikan Seni Musik Universitas Negeri Yogyakarta. Terjun di dunia pendidikan musik formal selama lima tahun membuatnya yakin untuk mendirikan kursus musik.


Kursus musik yang ia dirikan diberi nama Bless Music Wonosobo. Selain melahirkan calon-calon musisi, Satriyo juga menggarap jingle, mars, himne, dan aransemen. Akhir-akhir ini ia mulai fokus menggarap lagu-lagu anak.

Apa perbedaan ukulele dengan gitar?

Secara bentuk, ukulele dan gitar terlihat hampir sama. Namun, kedua alat musik ini memiliki banyak perbedaan, mulai dari ukuran, jumlah senar, dan bahan senarnya. Ukuran gitar yang ada di pasaran sekitar 39–41 inci, sedangkan ukulele mempunyai ukuran sekitar 21–26 inci. 


Tak hanya itu, jumlah dan bahan senar yang ada pada gitar dan ukulele pun tidak sama. Gitar terdiri dari enam buah senar berbahan baja atau nilon. Sementara itu, ukulele memiliki empat buah senar dengan pilihan bahan yang tidak terlalu keras.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih ukulele

Setidaknya ada enam poin yang perlu Anda perhatikan untuk mendapatkan ukulele yang tepat. Apa saja itu? Langsung baca penjelasannya di bawah ini!

Sesuaikan jenisnya dengan nada favorit Anda

Pada dasarnya, ukulele mempunyai nada suara yang berbeda-beda berdasarkan ukurannya. Karena itu, hal pertama yang perlu Anda ketahui adalah jenis ukulele yang ideal sesuai nada yang ingin dimainkan.

Sopran, mengeluarkan suara yang riang dan manis

Apabila Anda menyukai suara pop yang riang khas ukulele, pilihlah ukulele soprano atau sopran. Ukulele jenis ini berukuran kecil dengan panjang sekitar 52–54 cm. Jadi, ukulele ini lebih cocok dimainkan oleh perempuan dan anak-anak. Jumlah fret-nya juga lebih sedikit, yaitu sekitar 12–14 sehingga nyaman digenggam, bahkan oleh pemilik tangan kecil.


Ketika memainkan ukulele sambil berdiri, Anda bisa menggunakan strap yang dikalungkan ke leher. Meskipun begitu, ukulele sopran berukuran compact tetap dapat dimainkan tanpa harus menggunakan strap. Karakteristik tersebutlah yang membuat ukulele ini populer di kalangan pemula.

Concert, jika Anda ingin bermain melodi atau rhythm

Memiliki nada lebih rendah daripada tipe sopran, ukulele concert direkomendasikan untuk Anda yang ingin bermain melodi atau rhythm. Dengan panjang sekitar 60 cm, ukulele ini memiliki fret lebih banyak sehingga jangkauan nadanya pun lebih luas.


Volume suara dari ukulele ini akan makin besar dan nyaring seiring pertambahan ukuran bodinya. Hal itulah yang membuat ukulele concert juga bisa digunakan untuk pertunjukan solo di tempat yang lebih besar. Biasanya, para pemain ukulele profesional menggunakan ukulele jenis concert. Tentunya ukulele jenis ini juga disarankan untuk pemula yang hendak belajar di tingkat lanjut.

Tenor, mampu hadirkan suara yang menenangkan dan ekspresif

Ukulele tenner/tenor direkomendasikan jika Anda menginginkan jenis suara yang ekspresif. Beberapa pemain Hawaiian menggunakan ukulele tenor untuk mendapatkan suara yang dalam dan lebih rendah, ketimbang sopran dan concert. Makin besar ukuran bodi ukulele, makin panjang pula senarnya sehingga jangkauan suaranya pun lebih luas. 


Umumnya, ukulele tenor memiliki panjang sekitar 66 cm. Nada yang dikeluarkan dari ukulele ini juga lebih stabil, pas untuk menghasilkan nada rendah bas. Kelebihan lain dari ukulele ini adalah Anda dapat dengan mudah menekan senar pada nada tinggi karena fret lebarnya. Ukulele ini direkomendasikan apabila Anda ingin bermain di venue yang luas berbarengan dengan instrumen lainnya.

Bariton, memiliki suara yang hangat dan indah

Jenis ukulele bariton memiliki ukuran yang besar dengan panjang rata-rata 76 cm, hampir mirip dengan gitar. Setting-an nada pada senarnya pun menyerupai gitar. Perbedaannya, ukulele bariton memiliki senar lebih sedikit dibanding gitar sehingga lebih mudah dimainkan.


Meskipun memiliki nada rendah, jenis ukulele ini dapat memainkan dengan mudah berbagai macam genre, mulai dari musik klasik hingga pop. Ukulele bariton juga cocok menjadi suara bas pada ensambel musik.

Kenali tipe bodi ukulele

Ada dua tipe bodi ukulele yang banyak dicari, yaitu standar dan pineapple. Selain tampilan, kualitas yang dihadirkan pun berbeda tergantung pada bentuk bodinya. Berikut ini akan kami jelaskan secara singkat mengenai perbedaan dari kedua tipe bodi ukulele.


  • Standar
Ukulele dengan tipe bodi standar akan lebih banyak Anda temui di pasaran sehingga pilihan bahan dan ukurannya pun lebih beragam. Tipe ini memiliki bentuk seperti gitar dengan suara yang jernih dan tajam. 

  • Pineapple

Seperti namanya, ukulele tipe ini mempunyai bentuk lonjong layaknya buah nanas. Dibanding tipe standar, ukulele tipe pineapple rata-rata memiliki ukuran yang sedikit lebih besar. Tak heran jika hanya dengan satu petikan, suaranya akan langsung terdengar dengan jelas. 

Pilih bahannya berdasarkan genre musik yang dimainkan

Ukulele menggunakan beberapa jenis bahan untuk memperkuat karakter suara pada senarnya. Ketika bahan pembuat ukulele berubah, kualitas suaranya juga akan berubah. Maka dari itu, penting untuk memperhatikan bahan pembuat ukulele yang sesuai dengan genre musik yang Anda mainkan.

Mahogany/mahoni: Bisa digunakan untuk musik jazz hingga pop

Jika Anda suka memainkan beragam genre musik, sebaiknya memilih ukulele yang terbuat dari kayu mahoni. Genre, seperti Hawaiian, jazz, dan pop dapat dimainkan karena ukulele ini dapat menghasilkan nada yang seimbang dari rendah ke tinggi.


Sebagian kayu mahoni biasanya berwarna cokelat kemerahan sehingga ukulele ini memiliki ciri khas tersendiri. Karena fleksibilitasnya pula, kayu jenis ini mudah digunakan di berbagai jenis ukulele.

Spruce/cemara: Untuk Anda yang melakukan pertunjukan solo

Spruce/cemara: Untuk Anda yang melakukan pertunjukan solo

Anda yang ingin ukulele bersuara dominan, kami merekomendasikan ukulele berbahan kayu spruce/cemara. Karakter dari kayu spruce menghasilkan nada yang jelas sehingga cocok untuk Anda yang akan melakukan pertunjukkan solo. Kayu spruce dikenal memiliki tingkat fleksibilitas tinggi dan daya tahan kuat sehingga biasa digunakan sebagai bahan pembuat gitar.

Maple: Mempunyai nada riang yang melenting nyaring

Maple: Mempunyai nada riang yang melenting nyaring

Apabila Anda lebih menyukai suara jernih dan tegas daripada suara lembut, Anda bisa memilih ukulele berbahan kayu maple. Meskipun produk berbahan ini tidak banyak dijumpai, Anda bisa mendengar suara renyah yang dihasilkan dengan efek bouncy. Jika Anda memainkan lagu dengan tempo yang bagus, bunyi yang dihasilkan pun akan lebih menarik.

Albasia/sengon: Ringan dan terjangkau, pas untuk pemula

Apabila Anda baru mulai belajar bermain ukulele, produk berbahan albasia atau sengon bisa dijadikan pilihan tepat. Pasalnya, produk berbahan kayu sengon memiliki karakteristik yang ringan. Alhasil, Anda pun lebih mudah membawanya ke mana-mana, bahkan saat pergi ke tempat les musik. Selain harganya cukup terjangkau, ukulele berbahan albasia juga tahan terhadap rayap.

Nato: Teksturnya keras ciptakan resonansi bunyi yang maksimal

Anda yang ingin mempunyai ukulele berbahan mahoni, tetapi terbatas dana, produk berbahan nato bisa dipertimbangkan. Meskipun daya tahannya tidak sebaik mahoni, tampilan yang dihadirkan kayu nato hampir sama dengan produk berbahan mahoni. Karena mempunyai bobot yang ringan dan tekstur yang cukup keras, ukulele berbahan nato mempunyai resonansi suara yang maksimal.

Pastikan pegs-nya memudahkan Anda untuk tuning

Selanjutnya, pastikan pegs-nya dapat memberi kemudahan Anda saat tuning. Terdapat dua jenis pegs pada gitar ukulele, yakni gear pegs dan straight pegs. Sebaiknya Anda memilih salah satu pegs yang memudahkan Anda ketika menyetem. 

Gear pegs memiliki sistem tuning yang baik

Gear pegs memiliki sistem tuning yang baik

Gear pegs adalah jenis yang direkomendasikan untuk semua kalangan, mulai dari pemain ukulele pemula hingga profesional. Saat Anda memutar kenopnya, senar akan mengencang atau melonggar dan berkontraksi sedikit


Anda pun jadi bisa menyesuaikan senar yang fals dengan mudah. Umumnya, ukulele di pasaran menggunakan pegs jenis ini. Jadi, apabila Anda ingin menyetem ukulele dengan mudah, pilihlah tipe ini.

Straight pegs dapat mencocokkan nada dengan cepat

Straight pegs dapat mencocokkan nada dengan cepat

Nah, jika Anda mencari pegs yang dapat menyetem senar dengan cepat, kami merekomendasikan jenis straight pegs. Meskipun nadanya lebih sulit disesuaikan ketimbang tipe gear pegs, senar ukulele ini dapat mengendor dan mengencang sebanyak kenop diputar


Dengan begitu, penyeteman pun menjadi lebih cepat. Selain itu, kenopnya berada di belakang sehingga tampak tidak mengganggu. Sayangnya, jenis pegs ini jarang ditemukan di online shop.

Perhatikan jenis bahan senarnya

Sebagai sumber suara pada ukulele, penting untuk memilih jenis bahan senar yang akan Anda mainkan. Secara umum, ada dua jenis senar yang dipasang pada ukulele. Pilihlah jenis senar yang sesuai dengan referensi bunyi yang Anda suka dan mudah dimainkan.

Nylon yang ekonomis dan menghasilkan suara lembut

Senar jenis nilon merupakan senar paling populer yang dipasang pada ukulele. Selain itu, harganya juga terjangkau sehingga Anda tidak perlu merogoh kantong terlalu dalam ketika akan mengganti senar. Suara yang dihasilkan nilon terkesan lembut meski suaranya tidak terlalu panjang. Keuntungan lain menggunakan nilon, senar ini terasa nyaman ditekan oleh jari.


Senar nilon sendiri memiliki dua warna. Warna jernih untuk menghasilkan suara yang nyaman di telinga dan hitam untuk ketajaman suara. Namun, berhubung senarnya tidak bisa terlalu direnggangkan, periksalah secara berkala untuk penggantian senar tersebut.

Nylgut/nile gut yang pas untuk memainkan lagu bertempo cepat

Apakah Anda gemar memainkan lagu-lagu dengan tempo yang cepat? Kalau begitu, sebaiknya Anda menggunakan senar jenis nylgut atau nile gut. Senar jenis ini dikenal kuat dan ideal untuk memainkan lagu-lagu yang ceria. Jenis senar ini juga populer digunakan pada gitar klasik karena memiliki kualitas suara yang bagus.

Cek finishing-nya

Cek finishing-nya

Last but not least, Anda juga perlu memeriksa finishing dari ukulele yang akan dipilih. Tampilan akhir yang ditawarkan otomatis akan membuat tampilan ukulele makin menarik. Umumnya, ada tiga jenis finishing, yaitu glossy, open pore, serta doff atau matt. Simak perbedaannya berikut ini.


  • Glossy

Hasil akhir glossy terlihat mengilap dengan kilauan yang menawan. Menariknya lagi, ukulele dengan hasil akhir glossy tahan terhadap retakan yang disebabkan oleh pengeringan. Alhasil, Anda pun bisa lebih leluasa membawanya ke mana-mana.


  • Open pore

Tampilan dari ukulele dengan hasil akhir open pore terlihat lebih natural. Pasalnya, finishing ini menggunakan lapisan tipis berupa lacquer yang membuat pori-pori alami lebih tampak. Lapisan ini mempertahankan karakteristiknya yang alami, tetapi tetap memberikan perlindungan yang optimal.


  • Doff atau matt

Dibandingkan glossy finish, ukulele dengan hasil akhir matt atau doff tidak tampak begitu mengilap. Finishing ini memiliki lapisan yang cukup tipis sehingga Anda perlu berhati-hati agar tidak mudah tergores.

10 Rekomendasi ukulele terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk ukulele terbaik yang ditentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Satriyo Arwanto.

10

Mahalo UkulelesJava Series – Baritone

MJ4TBR

Mulai dari Rp 1.115.000,00

Jenis ukuleleBaritone
Tipe bodiStandar
Bahan bodiNato
SenarNylgut
Jenis pegsGear pegs
FinishingMatt
9
Jenis ukuleleConcert
Tipe bodiStandar
Bahan bodiMahoni
SenarNilon
Jenis pegsGear pegs
FinishingTidak disebutkan
8

XiaomiPopulele Smart Ukulele

U1

Mulai dari Rp 851.099,00

Jenis ukuleleConcert
Tipe bodiStandar
Bahan bodiMaple
SenarNilon (Italian Aqlulla Nylon)
Jenis pegsGear Pegs
FinishingTidak disebutkan
7
Jenis ukuleleSopran
Tipe bodiStandar
Bahan bodiSengon
SenarNylgut
Jenis pegsGear pegs
FinishingMatt
6
Jenis ukuleleTidak disebutkan
Tipe bodiStandar
Bahan bodiSengon
SenarNilon
Jenis pegsGear pegs
FinishingTidak disebutkan
5

Mahalo UkulelesU-Smile Series - Soprano

Mulai dari Rp 490.000,00

Jenis ukuleleSopran
Tipe bodiStandar
Bahan bodiSengon
SenarNylgut
Jenis pegsGear pegs
FinishingGlossy, matt (Transparent Brown)
4

Mandalika MusicUkulele Brown

UK-25 NS

Mulai dari Rp 490.000,00

Jenis ukuleleTenor
Tipe bodiStandar
Bahan bodiMahoni
SenarNilon
Jenis pegsGear pegs
FinishingOpen pore
3

AlohaUkulele Soprano

AL-21 UK-21

Mulai dari Rp 285.000,00

Jenis ukuleleSopran
Tipe bodiStandar
Bahan bodiSpruce
SenarTidak disebutkan
Jenis pegsGear pegs
FinishingTidak disebutkan
2

GrandeUkulele Hawaii Pineapple

Mulai dari Rp 280.000,00

Jenis ukuleleSopran
Tipe bodiPineapple
Bahan bodiTidak disebutkan
SenarTidak disebutkan
Jenis pegsGear pegs
FinishingTidak disebutkan
1
Jenis ukuleleConcert
Tipe bodiStandar
Bahan bodiNato
SenarNilon
Jenis pegsGear pegs
FinishingDoff

Tabel perbandingan produk ukulele terbaik

Gambar produk
1
Cowboy Concert Ukulele 23  1

Cowboy

2
Grande Ukulele Hawaii Pineapple 1

Grande

3
Aloha Ukulele Soprano  1

Aloha

4
Mandalika Music Ukulele Brown 1

Mandalika Music

5
Mahalo Ukuleles U-Smile Series - Soprano 1

Mahalo Ukuleles

6
Shen Shen Ukulele 4 Senar 1

Shen Shen

7
Mahalo Ukuleles Batik 1

Mahalo Ukuleles

8
Xiaomi Populele Smart Ukulele 1

Xiaomi

9
KAHIKO Ukulele Salamander 1

KAHIKO

10
Mahalo Ukuleles Java Series – Baritone 1

Mahalo Ukuleles

Nama produk

Concert Ukulele 23

Ukulele Hawaii Pineapple

Ukulele Soprano

Ukulele Brown

U-Smile Series - Soprano

Ukulele 4 Senar

Batik

Populele Smart Ukulele

Ukulele Salamander

Java Series – Baritone

Keunggulan

Fingerboard lebih besar, nyaman untuk pemilik jari besar

Tipe bodi nanas yang nyaman digenggam oleh tangan mungil

Bentuk slim dengan banyak pilihan warna menarik

Hadirkan produk lokal yang berkualitas

Tawarkan desain yang manis dan menggemaskan!

Bahannya ringan, harganya pun terjangkau. Cocok untuk pemula!

Dihiasi motif batik dengan gaya etnik

Terhubung dengan smartphone plus banyak fitur canggih untuk belajar

Hasilkan nada rendah yang teduh dan menenangkan hati

Mau untuk latihan atau show? Ukulele akustik-elektrik ini bisa keduanya!

Harga mulai dariRp 250.000,00Rp 280.000,00Rp 285.000,00Rp 490.000,00Rp 490.000,00Rp 90.000,00Rp 290.000,00Rp 851.099,00Rp 280.000,00Rp 1.115.000,00
Jenis ukuleleConcertSopranSopranTenorSopranTidak disebutkanSopranConcertConcertBaritone
Tipe bodiStandarPineappleStandarStandarStandarStandarStandarStandarStandarStandar
Bahan bodiNatoTidak disebutkanSpruceMahoniSengonSengonSengonMapleMahoniNato
SenarNilonTidak disebutkanTidak disebutkanNilonNylgutNilonNylgutNilon (Italian Aqlulla Nylon)NilonNylgut
Jenis pegsGear pegsGear pegsGear pegsGear pegsGear pegsGear pegsGear pegsGear PegsGear pegsGear pegs
FinishingDoffTidak disebutkanTidak disebutkanOpen poreGlossy, matt (Transparent Brown)Tidak disebutkanMattTidak disebutkanTidak disebutkanMatt
Tautan produk

Baca juga rekomendasi gitar dan tuner di sini

Di samping ukulele, mungkin Anda juga tertarik untuk mempelajari gitar. Di bawah ini, kami sudah merangkum produk gitar akustik dan gitar mini untuk Anda yang ingin mendalami gitar. Untuk memudahkan menyetem, Anda juga bisa menggunakan tuner. Mari lihat pembahasannya pada tautan berikut ini.

Kesimpulan

Apakah Anda telah menemukan ukulele yang sesuai dengan kebutuhan Anda? Saat memilih ukulele memang ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan menyesuaikannya dengan keinginan Anda.


Ada beberapa jenis ukulele, mulai dari jenis suara yang dihasilkan, kayu pembuatnya, hingga senar yang dipakai. Selalu utamakan kualitas dan kenyamanan saat memainkannya. Kemudian, perhatikan dengan teliti dan bandingkan produk satu sama lain. Semoga ulasan ini membantu Anda!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Microphone Terbaik Tipe Dynamic (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Microphone Terbaik Tipe Dynamic (Terbaru Tahun 2022)
    Pernah mendengar tentang mikrofon dinamik? Tipe ini sering kita temukan di live house dan tempat karaoke. Mikrofon dinamik sudah banyak dijual oleh perusahaan yang berkecimpung di bidang audio, seperti SHURE, Audio-Technica, dan Sennheiser. Ada beragam spesifikasi yang diberikan sehingga Anda mungkin bingung untuk memilih.Kali ini, kami akan memberikan beberapa tips cara memilih mikrofon dinamik yang bagus untuk Anda. Dalam artikel ini terdapat juga komentar dari Dennis Novriandi yang merupakan seorang sound engineer. Kami juga mempunyai rekomendasi produk-produk dari merk terbaik. Ikuti tips dari kami untuk menemukan produk terbaik, ya!
    Musik
  • 10 Keyboard Yamaha Terbaik - Ditinjau oleh Music Composer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Keyboard Yamaha Terbaik - Ditinjau oleh Music Composer (Terbaru Tahun 2022)
    Selain piano, pilihan alat musik yang paling banyak diminati saat ini adalah keyboard. Alat musik ini menggabungkan model permainan piano dengan teknologi. Yamaha merupakan merek alat musik top of mind ketika Anda mencari keyboard. Anda mungkin bingung memilihnya dari segi style, fitur, dan harga.Oleh karena itu, kami akan memberikan poin-poin cara memilih keyboard Yamaha. Simak rekomendasi keyboard Yamaha yang bagus sebagai referensi Anda. Berbagai keyboard Yamaha dari seri PSR-E, PSR-SX, dan Genios juga ada dalam rekomendasi kami. Artikel ini sudah ditinjau oleh music composer kami, Joshua Pandu. Selamat membaca!
    Musik
  • 10 Gitar Listrik Terbaik - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Gitar Listrik Terbaik - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2022)
    Terdapat beberapa merek gitar listrik yang bagus di pasaran, seperti Ibanez, Yamaha, Fender, CORT, dan lainnya. Tergantung pada merek dan kualitasnya, harga gitar listrik yang ori ini bervariasi, mulai dari yang murah hingga mahal.Anda sedang mencari gitar listrik? Untuk seorang pemula, memilih gitar listrik yang tepat tentu sedikit membingungkan. Karena itu, kami akan mengulas hal-hal yang perlu diperhatikan saat memilih gitar listrik. Kami juga memberikan sederet produk rekomendasi. Jadikanlah artikel ini sebagai panduan sebelum Anda membeli. Artikel ini sudah ditinjau oleh pendidik dan produser musik kami, Satrio Arwanto.
    Musik
  • 10 Rekomendasi Microphone Karaoke Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Microphone Karaoke Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Karaoke merupakan salah satu aktivitas menyenangkan yang dapat dilakukan untuk mengisi waktu luang. Bukan hanya  di tempat hiburan atau studio musik saja, kini Anda pun dapat karaoke di rumah. Agar suara Anda terdengar makin keras dan bagus, siapkanlah microphone karaoke.Melalui artikel ini, kami akan memberikan tips memilih microphone karaoke yang bagus dari berbagai merk. Kami juga akan memberikan rekomendasi microphone karaoke mulai dari tipe wireless, Bluetooth, kabel, dan tipe kids atau anak. Microphone karaoke buatan Behringer, Sennheiser, dan SHURE pun akan Anda temukan dalam artikel ini. Selamat membaca!
    Musik
  • 10 Rekomendasi Biola Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Biola Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2022)
    Biola adalah alat musik gesek dengan suara yang cukup nyaring. Apakah Anda berminat untuk berlatih biola dari awal? Ada banyak pilihan biola untuk pemula yang dapat Anda pilih. Harganya pun bervariasi, mulai dari ratusan ribu sampai jutaan rupiah. Semua tergantung pada kualitas kayunya.Skylark, Cremona, dan Pearl River adalah beberapa merek biola yang bagus untuk para pemula. Sebelum membeli biola, simak dahulu tips dari kami, ya. Kami akan berbagi tips memilih biola yang tepat untuk para pemula. Selain harga, masih ada poin penting yang harus Anda pertimbangkan. Selamat membaca!
    Musik
  • 10 Gitar Akustik Terbaik untuk Pemula - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Gitar Akustik Terbaik untuk Pemula - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2022)
    Gitar akustik lebih mudah digunakan jika Anda baru belajar bermain gitar. Tentunya gitar pertama Anda akan berperan penting dalam proses pembelajaran sehingga Anda harus memilih yang tepat. Di pasaran, Anda akan menemukan gitar akustik merek ternama, seperti Yamaha, Cort, dan Mandalika.Dengan banyaknya variasi model, spesifikasi, dan harga, Anda bisa saja bingung saat hendak memilihnya. Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan rekomendasi gitar akustik yang bagus dan cocok untuk pemula. Artikel ini sudah ditinjau oleh pendidik dan produser musik kami, Satrio Arwanto. Simak sampai akhir, ya!
    Musik
  • 10 Drum Set Terbaik - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Drum Set Terbaik - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2022)
    Drum disebut sebagai jantung dari musik karena fungsinya untuk memberikan ritme. Oleh karena itu, penting sekali untuk memilih drum set yang bagus dan berkualitas. Anda juga bisa memilih drum set akustik ataupun drum set electric. Rentang harganya mulai dari jutaan sampai puluhan juta rupiah.Kali ini kami akan berbagi tips memilih drum set yang bagus untuk anak-anak, orang dewasa, pemula, bahkan expert. Yamaha, Sonor, dan Pearl adalah beberapa merek drum terkenal yang banyak dicari. Artikel ini sudah ditinjau oleh pendidik dan produser musik kami, Satrio Arwanto. Simak sampai akhir, ya!
    Musik
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori