• 10 Rekomendasi Ukulele Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Ukulele Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Ukulele Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Ukulele Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Ukulele Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Ukulele Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Sebagai alat musik, ukulele dikenal lebih mudah dimainkan dengan suaranya yang tak kalah merdu daripada gitar. Biasanya, para pemusik pemula menggunakan ukulele jenis sopran. Namun, bila Anda belajar di tingkat lanjutan, Anda bisa memilih jenis concert, tenor, atau bariton. Ukulele juga memiliki jenis yang beragam dan dibedakan berdasarkan material, jenis senar, hingga pegs-nya.


Untuk membantu Anda, kini kami akan memperkenalkan cara memilih ukulele dengan mempertimbangkan jenis nada hingga material pembuatnya. Sebagai referensi, kami juga memberikan rekomendasi produk yang ada di pasaran seperti Grande, Cowboy, Fender, dan lainnya. Selamat membaca!

  • Pembaharuan terakhir: 09 April 2020
  • 53.407 Views
Daftar isi

Cara memilih ukulele

Untuk memudahkan Anda memilih jenis ukulele yang tepat, kami akan mengulas beberapa poin yang perlu diperhatikan sebelum memilih. Yuk, simak selengkapnya!

Pilih jenis ukulele yang sesuai dengan nada favorit Anda

Pada dasarnya, ukulele mempunyai nada suara yang berbeda-beda berdasarkan jenis ukurannya. Karenanya, hal pertama yang perlu Anda ketahui adalah jenis ukulele yang ideal sesuai nada yang ingin dimainkan.

Sopran, mengeluarkan suara yang riang dan manis

Bila Anda menyukai suara pop yang riang khas ukulele, kami merekomendasikan ukulele soprano atau sopran. Ukulele jenis ini memiliki ukuran yang kecil, dengan panjang sekitar 52-54 cm sehingga cocok dimainkan oleh perempuan dan anak-anak. Jumlah fret-nya juga lebih sedikit, sekitar 12-14, membuatnya nyaman digenggam bahkan oleh pemilik tangan kecil.


Ketika memainkan ukulele sambil berdiri, Anda bisa menggunakan strap yang dikalungkan ke leher. Namun, ukulele sopran berukuran compact dan dapat dimainkan tanpa harus menggunakan strap. Karakteristik tersebutlah yang membuat ukulele ini populer di kalangan pemula.

Concert, bila Anda ingin memainkan nada yang lebih rendah

Memiliki nada lebih rendah daripada tipe sopran, ukulele concert direkomendasikan untuk Anda yang ingin bermain melodi atau rhythm. Dengan panjang sekitar 60 cm, ukulele ini memiliki fret lebih banyak sehingga jangkauan nadanya pun lebih luas.


Volume suara dari ukulele ini akan semakin besar seiring pertambahan ukuran bodinya. Hal itulah yang membuat ukulele concert juga bisa digunakan untuk pertunjukan solo di tempat yang lebih besar. Biasanya, para pemain ukulele profesional menggunakan ukulele jenis concert. Tentu saja, ukulele jenis ini disarankan untuk pemula yang hendak belajar di tingkat lanjut.

Tenor, mampu hadirkan suara yang menenangkan dan ekspresif

Ukulele tenner/tenor direkomendasikan bila Anda menginginkan jenis suara yang ekspresif. Beberapa pemain Hawaiian menggunakan ukulele tenor untuk mendapatkan suara yang dalam dan lebih rendah ketimbang sopran dan concert. Semakin besar ukuran bodi ukulele, semakin panjang juga senarnya, membuat jangkauan suaranya pun semakin luas.


Nada yang dikeluarkan dari ukulele ini juga lebih stabil, pas untuk menghasilkan nada rendah bas. Kelebihan lain dari ukulele ini adalah Anda dapat dengan mudah menekan senar pada nada tinggi karena fret lebarnya. Ukulele ini direkomendasikan bila Anda ingin bermain di venue yang luas berbarengan dengan instrumen lainnya.

Bariton, memiliki suara yang hangat dan indah

Jenis ukulele bariton memiliki ukuran yang besar, hampir mirip dengan gitar. Bahkan, setting nada pada senarnya pun menyerupai gitar. Perbedaannya, ukulele bariton memiliki senar lebih sedikit dibanding gitar sehingga lebih mudah dimainkan. Suara yang dihasilkan pun indah, Anda bisa memainkan beragam jenis lagu menggunakan ukulele ini.


Meski memiliki nada rendah, jenis ukulele ini dapat memainkan dengan mudah beragam genre, mulai dari musik klasik hingga pop. Ukulele bariton juga cocok menjadi suara bas pada ansambel musik.

Pilih material ukulele berdasarkan genre musik yang dimainkan

Ukulele menggunakan beberapa jenis material untuk memperkuat karakter suara pada senarnya. Ketika bahan pembuat ukulele berubah, kualitas suaranya juga akan berubah. Maka dari itu, penting untuk memperhatikan material pembuat ukulele yang sesuai dengan genre musik yang Anda mainkan.


Bahan kayu pembuat ukulele memang sangat beragam, tetapi sekarang kami akan menjelaskan bahan yang lebih umum ditemui. Tidak menutup kemungkinan Anda akan menemukan jenis kayu lainnya. Mari pelajari lebih jauh untuk menemukan material yang pas untuk Anda!

Mahogany/mahoni: Bisa digunakan untuk musik jazz hingga pop

Jika Anda suka memainkan beragam genre musik, sebaiknya memilih ukulele yang terbuat dari kayu mahoni. Genre seperti Hawaiian, jazz, dan pop dapat dimainkan karena ukulele ini dapat menghasilkan nada yang seimbang dari rendah ke tinggi.


Sebagian kayu mahoni biasanya berwarna coklat kemerahan sehingga ukulele ini memiliki ciri khas tersendiri. Karena fleksibilitasnya pula, kayu jenis ini mudah digunakan di banyak ukulele.

Hawaiian koa: Sempurna untuk memainkan musik ritmis

Bila Anda suka Hawaiian music dan ingin memainkannya menggunakan ukulele, bahan kayu Hawaiian koa tepat dipilih. Suara yang dihasilkan ukulele dari kayu ini sangat renyah dan cocok untuk memainkan musik ritmis. Dibuat menggunakan pohon khas Hawai, tentunya cocok untuk Anda yang ingin menikmati suasana ala Hawai juga.


Di Hawai, biasanya kayu pohon ini menjadi bahan utama untuk membuat furnitur. Karenanya, dikatakan bahwa alat musik yang dibuat dari kayu ini menggunakan sisa kayu yang sudah terpotong. Untuk ukulele yang menggunakan kayu utuh, harganya bisa sangat mahal karena penebangan kayu semakin dibatasi. Selain itu, jenis ukulele dari Hawaiian koa ini juga langka ditemukan di Indonesia.

Kayu mangga: Bagus untuk memainkan musik balada dan melodi apik

Kayu mangga: Bagus untuk memainkan musik balada dan melodi apik

Bila Anda suka dengan nada-nada sendu, ukulele yang terbuat dari kayu mangga direkomendasikan sebagai pengganti mahoni. Bahkan, suara yang dihasilkan lebih lembut daripada kayu mahoni, sempurna untuk memainkan lagu-lagu bernuansa ballad yang cantik.


Pada bagian bodi ukulelenya terdapat tekstur yang khas dan sedikit kasar. Pola kayunya pun berbeda satu sama lain layaknya sidik jari pada manusia. Semakin banyak pola tersebut, semakin tinggi juga kualitas ukulelenya. Anda bisa memilih dan menemukan ukulele dengan pola yang Anda sukai.

Spruce/cemara: Untuk Anda yang melakukan pertunjukan solo

Bila Anda ingin ukulele bersuara dominan, kami merekomendasikan ukulele yang terbuat dari kayu spruce/cemara. Karakter yang dihasilkan dari kayu spruce menghasilkan nada yang jelas, direkomendasikan untuk Anda yang melakukan pertunjukkan solo. Kayu spruce dikenal memiliki tingkat fleksibilitas tinggi dan daya tahan kuat sehingga biasa digunakan sebagai bahan pembuat gitar.


Kayu spruce biasanya hanya digunakan pada bagian atas ukulele, sedangkan bagian sisi dan belakangnya menggunakan kayu berbeda. Anda pun jadi bisa menikmati perubahan suara yang terjadi. Hal ini menjadi sangat menarik karena Anda dapat menyesuaikan bahan yang diinginkan untuk menghasilkan suara lebih dinamis.

Maple: Mempunyai nada riang yang melenting nyaring

Jika Anda lebih menyukai suara jernih dan tegas ketimbang suara lembut, Anda bisa memilih bahan kayu maple. Meski produk berbahan ini tidak banyak dijumpai, Anda bisa mendengar suara renyah yang dihasilkan dengan efek bouncy. Jika Anda memainkan lagu dengan tempo yang bagus, bunyi yang dihasilkan pun akan lebih menarik.

Pilih pegs yang memudahkan Anda untuk tuning

Ada dua jenis pegs pada gitar ukulele, sebaiknya Anda memilih salah satu pegs yang memudahkan Anda ketika menyetem. Mari simak ulasannya berikut satu per satu.

Gear pegs memiliki sistem tuning yang baik

Gear pegs adalah jenis yang direkomendasikan untuk semua kalangan, mulai dari pemain ukulele pemula hingga profesional. Saat Anda memutar kenopnya, senar akan mengencang/melonggar dan berkontraksi sedikit. Anda jadi bisa menyesuaikan senar yang fals dengan mudah. Umumnya ukulele di pasaran menggunakan pegs jenis ini. Jadi, bila Anda ingin menyetem ukulele dengan mudah, pilihlah tipe ini.

Straight pegs dapat mencocokkan nada dengan cepat

Bila Anda mencari pegs yang dapat menyetem senar dengan cepat, kami merekomendasikan jenis straight pegs. Meskipun nadanya lebih sulit disesuaikan ketimbang tipe gear pegs, senar ukulele ini dapat mengendor dan mengencang sebanyak kenop diputar. Dengan begitu, penyeteman pun menjadi lebih cepat. Selain itu, kenopnya berada di belakang sehingga tampak tidak mengganggu.

Pilih berdasarkan jenis bahan senar

Sebagai sumber suara pada ukulele, penting untuk memilih jenis bahan senar yang akan Anda mainkan. Secara umum, ada tiga jenis senar yang dipasang pada ukulele. Pilihlah jenis senar yang sesuai dengan referensi bunyi yang Anda suka dan mudah dimainkan.

Nylon yang ekonomis dan menghasilkan suara lembut

Senar jenis nilon merupakan senar paling populer yang dipasang pada ukulele. Selain itu, harganya juga terjangkau sehingga Anda tidak perlu merogoh kantong terlalu dalam ketika akan mengganti senar. Suara yang dihasilkan nilon terkesan lembut meski suaranya tidak terlalu panjang. Keuntungan lain menggunakan nilon, senar ini terasa nyaman ditekan oleh jari.


Senar nilon sendiri memiliki dua warna, jernih untuk menghasilkan suara yang nyaman di telinga dan hitam untuk ketajaman suara. Namun, berhubung senarnya tidak bisa terlalu direnggangkan, periksalah secara berkala untuk penggantian senar tersebut.

Fluorocarbon yang awet dan dapat membunyikan nada tinggi dengan apik

Senar fluorocarbon dapat menghasilkan suara yang kuat sekaligus enak terdengar pada nada tinggi. Senar jenis ini juga diklaim lebih tahan lama, direkomendasikan jika Anda tidak suka sering mengganti senar ukulele.


Seperti nilon, ada dua jenis warna senar, yakni bening dan hitam (atau cokelat). Warna bening akan memberikan suara jelas, sedangkan senar berwarna hitam dan cokelat akan memberikan kesan semarak pada suara. Jadi, pilih saja yang menjadi kesukaan Anda!

Nylgut/nile gut yang pas untuk memainkan lagu bertempo cepat

Untuk memainkan lagu-lagu dengan tempo yang cepat, sebaiknya Anda menggunakan senar jenis Nylgut. Senar ini dikenal kuat dan ideal untuk memainkan lagu-lagu yang ceria. Jenis senar ini juga populer digunakan pada gitar klasik karena memiliki kualitas suara yang bagus.

Cobalah ukulele pilihan Anda jika memungkinkan

Cobalah ukulele pilihan Anda jika memungkinkan

Jika memungkinkan, sebaiknya Anda pergi ke toko alat musik untuk mencoba memainkannya. Bukan karena jumlah ukulele terbatas, tetapi saat memilih ukulele, lebih baik untuk mencobanya. Beberapa hal yang perlu Anda cek adalah kualitas suara, nada, dan berat ukulele tersebut. Ukulele adalah instrumen yang harus dipegang untuk dapat dimainkan, jadi pastikan apakah Anda bisa memainkannya dengan nyaman.


Perhatikan juga pakaian yang Anda kenakan ketika mencoba ukulele tersebut. Anda perlu berhati-hati agar ukulele tidak rusak karena ritsleting atau kancing pakaian Anda.

10 Rekomendasi ukulele terbaik untuk pemula

Berikut adalah sepuluh rekomendasi ukulele terbaik untuk pemula yang bisa ditemukan di pasaran. Sebelum memilih ukulele yang sesuai, bandingkan secara teliti masing-masing produk tersebut.

10
Jenis ukuleleConcert
Material bodiSpruce
SenarNilon
Jenis pegsGear pegs
9
Jenis ukuleleSopran
Material bodiLinden
SenarNilon
Jenis pegsGear pegs
8
Jenis ukuleleSopran
Material bodiSengon
SenarNylgut
Jenis pegsGear pegs
7
Jenis ukuleleSopran
Material bodiBasswood
SenarNilon
Jenis pegsGear pegs
6
Jenis ukuleleConcert
Material bodiSpruce
SenarNilon
Jenis pegsGear pegs
5
Jenis ukuleleSopran
Material bodiMahoni
SenarTidak disebutkan
Jenis pegsGear pegs
4
Jenis ukuleleBariton
Material bodiMahoni
SenarD'Addario EJ88
Jenis pegsGear pegs
3
Jenis ukuleleSopran
Material bodiMahoni
SenarTidak disebutkan
Jenis pegsGear pegs
2
Jenis ukuleleTidak disebutkan
Material bodiMaple
SenarItalian Aqlulla Nylon
Jenis pegsGear Pegs
1

KalaHawaiian Koa Gloss Tenor Cutaway

Rp 5.673.000,00

Jenis ukuleleTenor
Material bodiHawaiian Koa
SenarD’Addario Titanium
Jenis pegsStaright pegs

Tabel perbandingan produk ukulele terbaik

Gambar produk
1
Kala Hawaiian Koa Gloss Tenor Cutaway 1

Kala

2
Xiaomi Smart Ukulele 1

Xiaomi

3
Fender Seaside Soprano Ukulele 1

Fender

4
Lanikai  Mahogany Baritone Ukulele 1

Lanikai

5
Zebra  21 Inch Mahogany Ukulele  1

Zebra

6
Cowboy Concert Ukulele 23 1

Cowboy

7
21 Inch Economic Soprano Ukulele Uke 1

8
Mahalo Ukulele U-Smile Series - Soprano 1

Mahalo Ukulele

9
Kuya Ukulele 1

Kuya

10
Grande Ukulele Concert 23 1

Grande

Nama produk

Hawaiian Koa Gloss Tenor Cutaway

Smart Ukulele

Seaside Soprano Ukulele

Mahogany Baritone Ukulele

21 Inch Mahogany Ukulele

Concert Ukulele 23

21 Inch Economic Soprano Ukulele Uke

U-Smile Series - Soprano

Ukulele

Ukulele Concert 23

Keunggulan

Mau untuk latihan atau show? Ukulele akustik-elektrik ini bisa keduanya!

Terhubung dengan smartphone plus banyak fitur canggih untuk belajar

Sahabatnya para pemain bertangan mungil!

Hasilkan nada rendah yang teduh dan menenangkan hati

High-end configuration, hasilkan suara yang sempurna

Fingerboard lebih besar, nyaman untuk pemilik jari besar

Paket lengkap! Anda yang pemula pasti akan menyukainya

Desainnya manis dan menggemaskan!

Bentuk slim dengan banyak pilihan warna menarik!

Harganya terjangkau, awet pula digunakan untuk waktu lama

HargaRp 5.673.000,00Rp 1.170.000,00Rp 1.199.000,00Rp 2.200.000,00Rp 215.000,00Rp 250.000,00Rp 262.650,00Rp 460.000,00Rp 320.000,00Rp 310.000,00
Jenis ukuleleTenorTidak disebutkanSopranBaritonSopranConcertSopranSopranSopranConcert
Material bodiHawaiian KoaMapleMahoniMahoniMahoniSpruceBasswoodSengonLindenSpruce
SenarD’Addario TitaniumItalian Aqlulla NylonTidak disebutkanD'Addario EJ88Tidak disebutkanNilonNilonNylgutNilonNilon
Jenis pegsStaright pegsGear PegsGear pegsGear pegsGear pegsGear pegsGear pegsGear pegsGear pegsGear pegs
Tautan produk

Lihat juga rekomendasi gitar dan tuner di sini

Di samping ukulele, mungkin Anda juga tertarik untuk mempelajari gitar. Di bawah kami sudah merangkum produk gitar akustik dan gitar mini untuk Anda yang ingin mendalami gitar. Untuk memudahkan menyetem, Anda juga bisa menggunakan tuner. Mari lihat lebih lanjut semuanya pada tautan berikut ini.

Kesimpulan

Apakah Anda telah menemukan ukulele yang sesuai dengan kebutuhan Anda? Saat memilih ukulele memang ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan menyesuaikannya dengan keinginan Anda.


Ada beberapa jenis ukulele yang bisa ditemukan, mulai dari jenis suara yang hasilkan, kayu pembuatnya, hingga senar yang dipakai. Selalu utamakan kualitas dan kenyamanan saat memainkannya. Perhatikan dengan teliti dan bandingkan produk satu sama lain. Semoga ulasan ini membantu Anda!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Gitar Akustik Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Gitar Akustik Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020)
    Gitar akustik lebih mudah digunakan oleh Anda yang baru belajar bermain gitar. Tentunya gitar pertama Anda akan berperan penting dalam proses pembelajaran sehingga Anda harus memilih yang tepat. Di pasaran, Anda akan menemukan gitar akustik merek ternama, seperti Yamaha, Fender, Ibanez, Cort, dan sebagainya.Dengan banyaknya variasi model, spesifikasi, dan harga, Anda bisa saja bingung saat hendak memilihnya. Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan sepuluh rekomendasi gitar akustik terbaik untuk pemula. Dengan begitu, Anda bisa membeli produk yang tepat untuk dijadikan partner bermain musik Anda!
    Musik
    146.667 Views
  • 10 Rekomendasi Biola Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Biola Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020)
    Biola adalah alat musik gesek yang cenderung kurang diminati karena dipandang sulit untuk dikuasai. Apalagi, harganya juga cukup tinggi. Meski sulit dipelajari, Anda belum terlambat untuk mempelajarinya mulai sekarang! Dengan biola yang tepat untuk pemula, Anda bisa mulai berlatih dengan menyenangkan.Di pasaran, terdapat biola dengan berbagai ukuran dan rentang harga, seperti dari Cremona, Karl Höfner, Skylark, dan Makoa. Jika Anda bingung memilih, kami akan membantu Anda melalui artikel ini. Kami tidak hanya memberikan rekomendasi produk terbaik, tetapi juga cara memilih supaya Anda menemukan produk yang benar-benar pas.
    Musik
    39.585 Views
  • 10 Rekomendasi Piano Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Piano Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Piano digital cocok untuk Anda yang suka bermain atau berlatih piano pada malam hari. Anda bisa menggunakan headphone sehingga tidak perlu takut suara piano mengganggu anggota keluarga yang sedang beristirahat. Piano digital juga cocok untuk anak-anak yang baru belajar piano, karena harganya lebih terjangkau dibandingkan dengan piano akustik. Piano digital pun cocok untuk Anda yang suka mengeksplor berbagai genre musik.Terdapat beberapa produsen piano digital yang terkenal, seperti Yamaha, Kawai, Casio, Roland, dan Korg. Masing-masing dari piano digital tersebut mempunyai karakteristik dan fungsi yang bervariasi. Apa yang menjadi kelebihan dan keunggulan masing-masing produk? Yuk, simak penjelasan berikut.
    Musik
    40.125 Views
  • 10 Rekomendasi Senar Gitar Klasik Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Senar Gitar Klasik Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Berbeda dengan senar akustik yang terbuat dari metal, senar pada gitar klasik memiliki karakter menghasilkan nada yang halus dan lembut. Genre musik yang cocok dimainkan dengan gitar klasik yang dapat menghasilkan musik asyik pun beragam, di antaranya bossa nova dan jazz.Senar gitar klasik tersedia dalam bermacam jenis sehingga mungkin sulit untuk mengetahui karakter senar dari kemasannya saja. Pada artikel ini kami akan membagikan tips cara memilih senar gitar klasik yang tepat, sekaligus merekomendasikan beberapa merek terbaiknya, seperti D’Addario, Augustine, dan Savarez. Check it out!
    Musik
    35.548 Views
  • 10 Rekomendasi Amplifier Gitar Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Amplifier Gitar Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Jika Anda bercita-cita menjadi seorang musisi terutama gitaris, Anda tentunya membutuhkan perlengkapan musik yang memadai. Salah satu benda yang sangat penting saat bermain gitar adalah amplifier. Amplifier merupakan peralatan untuk memperkuat sinyal sehingga hasil suara lebih baik dan lebih keras.Ada beberapa merek amplifier yang terkenal seperti Marshall, Roland, dan Fender. Akan tetapi, untuk Anda yang seorang pemula tentunya akan sulit untuk menemukan amplifier yang terbaik. Oleh karena itu, kali ini kami memberikan Anda tips memilih amplifier terbaik serta merekomendasikan beberapa produk untuk Anda. Simak artikel kami berikut ini!
    Musik
    31.181 Views
  • 10 Rekomendasi Cajon Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Cajon Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020)
    Cajon merupakan instrumen perkusi berbentuk kotak yang biasa digunakan untuk mengiringi musik akustik. Banyak orang yang kagum dengan instrumen ini karena keunikan dan kepraktisannya. Ada banyak produk cajon dengan beragam material, ukuran, hingga harga. Karena itu, memilih cajon yang sesuai mungkin sedikit sulit bagi seorang pemula.Jadi, kali ini kami akan memberitahukan kepada Anda cara memilih cajon yang tepat untuk pemula. Setelah itu, kami akan memberikan beberapa rekomendasi produk cajon seperti Pearl, MEINL Percussion, Latin Percussion, dan lainnya. Silakan simak dan pilih cajon yang sesuai dengan keinginan Anda.
    Musik
    2.736 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori