10 Rekomendasi Base Makeup Terbaik untuk Hasil Natural (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Base Makeup Terbaik untuk Hasil Natural (Terbaru Tahun 2019)

Base makeup adalah salah satu produk esensial yang perlu Anda gunakan untuk mendapatkan riasan yang cantik. Produk base makeup yang banyak dikenal adalah primer, BB cream, CC cream, dan foundation. Begitu banyaknya produk dengan keunggulan yang berbeda-beda, Anda tentu menjadi bingung harus pilih yang mana.

Oleh karena itu, kali ini kami akan membahas tentang base makeup terbaik yang memberikan hasil natural. Mulai dari Etude House, L’Oreal, hingga high-end brand seperti Dior akan kami ulas. Kami juga akan menjelaskan cara memilih produk yang tepat agar Anda bisa menemukan yang paling sesuai dengan kebutuhan.

Daftar isi

Cara memilih base makeup untuk hasil natural

Base makeup adalah bagian dasar riasan yang perlu diaplikasikan ke wajah supaya tekstur kulit terlihat lebih cantik dan makeup lebih tahan lama. Pertama-tama, perhatikan cara memilih jenis base makeup, lalu temukan produk yang paling tepat untuk Anda.

Pilih setelah memahami fungsi masing-masing jenis base makeup

Ada beberapa jenis base makeup yang tersedia di pasaran, contohnya primer, foundation, face powder, dan jenis lainnya. Pahami fungsi dan manfaat setiap jenis, lalu pilih produk dengan hasil akhir yang paling pas dengan keinginan Anda.

Primer : Untuk menutupi ketidaksempurnaan tekstur kulit dan membuat hasil riasan lebih baik

Primer : Untuk menutupi ketidaksempurnaan tekstur kulit dan membuat hasil riasan lebih baik

Primer adalah bagian dasar riasan yang diaplikasikan sebelum menggunakan foundation. Selain memperbaiki tesktur kulit, primer juga berfungsi untuk mencegah makeup cepat luntur. Beberapa produk primer dapat digunakan sebagai color corrector. Warna pink digunakan untuk membuat wajah terlihat segar, kuning untuk menyamarkan kantong mata dan kulit kusam, serta hijau untuk kulit kemerahan.

Pilihlah produk dengan warna yang paling mendekati warna kulit Anda. Jika ingin menggunakannya sebagai color corrector, pilih yang sesuai dengan masalah kulit yang sedang Anda hadapi. Apabila kulit Anda cenderung kering, memilih primer dengan kandungan pelembap seperti ceramide atau hyaluronic acid adalah cara yang paling tepat. Untuk kulit berminyak, pilih produk dengan kandungan minyak yang sedikit dan dapat mengontrol sebum.

Foundation : Untuk meratakan warna kulit dan menutupi masalah kulit ringan

Foundation : Untuk meratakan warna kulit dan menutupi masalah kulit ringan

Foundation mampu meratakan warna kulit, menyamarkan pori-pori besar, meratakan tekstur wajah, dan menutupi kemerahan di wajah. Foundation umumnya dibagi menjadi dua jenis, yakni tipe powder dan liquid. Powder foundation unggul dalam menekan produksi sebum dengan tekstur yang nyaman digunakan. Tipe powder direkomendasikan untuk Anda yang ingin kulit tampak kenyal seperti marshmallow.

Liquid foundation atau foundation cair memiliki kandungan minyak lebih banyak sehingga menghasilkan wajah yang glowing. Selain itu, tipe cair memiliki daya coverage yang lebih bagus daripada tipe powder karena teksturnya yang menempel di kulit. Jadi, tipe cair pas digunakan oleh Anda yang ingin menutupi kemerahan kulit dan pori-pori besar.

Selain tipe powder dan cair, ada juga tipe stik maupun krim yang memiliki banyak kandungan minyak dengan daya coverage terbaik. Kedua tipe ini dapat menutupi kekurangan yang tidak dapat diatasi oleh foundation cair, Anda bahkan tidak membutuhkan concealer! Untuk wajah yang tampak flawless, gunakan tipe stik maupun krim.

Di samping itu, akhir-akhir ini nama cushion foundation menjadi populer di dunia makeup. Cushion foundation memberikan hasil akhir yang glowing layaknya foundation cair, tetapi dipadukan dengan kepraktisan ala powder foundation. Tidak heran produk ini menjadi barang yang banyak dicari.

Face powder : Gunakan setelah foundation dan dapatkan makeup yang tahan lama

Face powder : Gunakan setelah foundation dan dapatkan makeup yang tahan lama

Face powder sering juga disebut sebagai finishing powder karena kemampuannya dalam mencegah makeup luntur. Produk yang digunakan di atas foundation ini memiliki dua tipe, yaitu pressed powder yang berbentuk padat dan loose powder yang bertekstur bubuk halus. Loose powder cocok untuk Anda yang suka tampilan makeup yang ringan. Namun, jika Anda ingin menyamarkan pori-pori besar, gunakan pressed powder yang memiliki daya coverage tinggi.

Harap diingat bahwa memilih warna face powder yang tepat juga penting untuk dilakukan. Jika warna face powder yang Anda pilih tidak cocok dengan foundation yang Anda gunakan, hasilnya akan terlihat aneh. Saat memilih warna, pulaskan produk di punggung tangan dengan puff atau brush. Jika warnanya terlihat cenderung putih, hindari warna tersebut. Supaya lebih aman, Anda bisa memilih face powder berwarna transparan supaya tidak mengganggu warna foundation yang sebelumnya Anda gunakan.

BB cream dan CC cream : Primer dengan berbagai manfaat

BB cream dan CC cream : primer dengan berbagai manfaat

Ingin primer yang memberikan banyak manfaat? BB cream dan CC cream-lah jawabannya. BB cream adalah gabungan dari krim kecantikan, primer, foundation, dan concealer dalam satu produk. Daya coverage yang bagus adalah keunggulannya. BB cream praktis untuk digunakan pada pagi hari yang sibuk untuk menyingkat waktu berdandan.

Di sisi lain, CC cream adalah produk yang memadukan manfaat skin care dengan primer. Tidak seperti foundation yang menutupi masalah kulit wajah dengan memoleskan warna dengan berbagai pilihan tone, CC cream memberikan warna natural yang mendekati warna kulit alami. Meskipun begitu, CC cream juga memiliki banyak penggemar layaknyaBB cream. Untuk Anda yang tidak ingin repot memilih shade, CC cream bisa dijadikan pilihan.

Dewasa ini, banyak dijual BB cream maupun CC cream yang dicampur dengan bahan kecantikan. Untuk kulit kering, tersedia produk dengan hyaluronic acid atau kolagen yang melembapkan. Bagi yang ingin mencegah penuaan dini, pilih produk dengan kandungan astaxanthin yang memberi manfaat antioksidan. Untuk Anda yang ingin hasil natural dan tidak ingin menghabiskan banyak waktu saat berdandan, pulaskan loose powder setelah penggunaan BB cream atau CC cream.

Pilih warna yang menyatu dengan warna kulit sekitar rahang

Pilih warna yang menyatu dengan warna kulit sekitar rahang

Penting untuk memilih warna base makeup yang sesuai dengan warna kulit Anda. Oleh karena itu, sebelum membeli coba dulu produknya dengan kemasan tester. Pulaskan base makeup di garis wajah sekitar rahang untuk melihat kecocokannya dengan warna kulit.

Sebagian besar warna dasar base makeup adalah pink beige dengan hint kemerahan atau ochre beige dengan hint kuning. Warna pink beige cocok untuk mengeluarkan kilau alami wajah, tetapi warna ini kurang cocok untuk Anda yang berkulit kuning langsat karena akan terlihat tidak alami.

Pada dasarnya, memilih warna base makeup dengan warna yang mendekati warna kulit adalah yang paling ideal. Akan tetapi, sebagian besar orang Indonesia berkulit sawo matang sehingga warna beige adalah warna aman yang bisa Anda pilih.

Ketika menggunakan foundation cair atau krim, Anda bisa menyiasatinya dengan menggabungkan dua warna yang berbeda, yaitu satu warna yang lebih gelap dan satu warna yang lebih terang dari warna kulit. Gunakan warna yang lebih terang di wajah yang menonjol dan warna gelap untuk memberikan efek shading.

Pilih produk dengan daya coverage yang medium untuk hasil natural

Pilih produk dengan daya coverage yang medium untuk hasil natural

Salah satu poin penting dalam memilih base makeup adalah mempertimbangkan daya coverage-nya. Anda tentu ingin menutupi masalah wajah seperti noda, flek, kantong mata, maupun pori-pori besar, kan? Jika sebuah produk dapat menyamarkan masalah-masalah kulit tersebut, Anda akan mendapatkan kulit wajah yang flawless dengan mudah.

Namun, Anda tetap perlu berhati-hati dengan ketebalan warnanya. Warna yang terlalu tipis tidak akan mampu meng-cover berbagai masalah kulit. Sebaliknya, warna yang terlalu tebal akan memberikan kesan topeng di wajah. Maka dari itu, pilih yang medium dan memberikan hasil akhir natural untuk aktivitas sehari-hari Anda.

Untuk mencegah makeup luntur, pilih produk pengontrol sebum atau waterproof

Untuk mencegah makeup luntur, pilih produk pengontrol sebum atau waterproof

Walau menggunakan makeup tebal sekalipun, jika Anda aktif seharian maka makeup tetap akan luntur karena keringat dan sebum. Anda bisa melakukan touch-up sesegera mungkin apabila keadaan memungkinkan. Namun, ketika melakukan aktivitas outdoor, memperbaiki riasan adalah hal yang sulit dilakukan.

Di saat seperti itu, base makeup yang tidak mudah luntur oleh keringat dan sebum akan sangat membantu. Produk waterproof tidak akan mudah terhapus meski terkena keringat. Produk yang dapat mengontrol sebum dapat mencegah makeup luntur dan mengurangi kilap pada wajah.

Pilih produk dengan tabir surya untuk mencegah masalah kulit

Pilih produk dengan tabir surya untuk mencegah masalah kulit

Berbagai masalah kulit seperti noda, flek, atau kulit kusam biasanya muncul akibat paparan sinar ultraviolet (UV). Anda bisa saja menggunakan tabir surya terlebih dahulu sebelum memoleskan base makeup. Jika Anda memilih base makeup yang juga memberikan perlindungan dari sinar UV, hal ini tentu akan memberikan rasa aman saat menggunakannya.

Kemampuan perlindungan dari sinar UV biasanya akan berkurang seiring waktu. Oleh karena diaplikasikan sebelum base makeup, sulit untuk melakukan touch-up tabir surya setelah beberapa lama terpapar sinar UV. Tentunya akan lebih mudah bagi Anda untuk melakukan touch-up dengan menggunakan base makeup seperti loose powder atau powder foundation yang memiliki fungsi tabir surya.

SPF (Sun Protection Factor) bekerja di permukaan kulit dan mampu mencegah UVB penyebab munculnya noda dan flek hitam. Semakin tinggi SPF, kemampuannya menahan paparan sinar UVB semakin baik dan lama, tetapi cenderung lebih lengket dan tebal di kulit. Untuk penggunaan sehari-hari, SPF 20 sudah cukup melindungi Anda.

Di sisi lain, PA bekerja hingga menembus ke dalam kulit dan dapat mencegah UVA penyebab kulit gosong, keriput, dan mengendur. PA+ hingga ++ sudah cukup untuk kegiatan sehari-hari. Namun, jika Anda berencana untuk berada di luar ruangan dalam waktu yang lama, gunakan produk dengan PA+++ atau lebih.

10 Rekomendasi base makeup terbaik untuk hasil natural

Sekarang kami akan memperkenalkan base makeup terbaik yang direkomendasikan untuk hasil yang natural. Anda bisa menemukan yang sesuai dengan diri Anda dari berbagai keunggulan yang ditawarkan. Silakan mencari yang terbaik untuk Anda!

10. Make Over Corrective Base Makeup

10. Make Over Corrective Base Makeup

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 67.200

Dilengkapi dua varian warna untuk kulit kusam atau kemerahan

Selaras dengan namanya, primer produksi anak bangsa ini memang berfungsi untuk mengoreksi warna kulit Anda. Produk ini tersedia dalam dua varian warna, yaitu greenish (hijau) untuk menyamarkan kemerahan di kulit dan cyanite (ungu) untuk mencerahkan kembali wajah yang kusam.

Selain sebagai korektor, primer ini juga akan melembapkan kulit serta memberikan sensasi sejuk dengan kandungan Aloe vera yang dimilikinya. Wajah tidak terasa berat karena teksturnya ringan dan cepat menyerap layaknya moisturizer. Untuk Anda yang ingin mendapatkan warna kulit wajah yang merata, halus, dan flawless, gunakan primer ini!

Jenis Primer
Pengontrol sebum ×
Tabir surya ×
Efek Glowy

9. Etude House Precious Mineral Beautifying Block Cream Moist SPF50+/PA+++

9. Etude House Precious Mineral Beautifying Block Cream Moist SPF50+/PA+++ 

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 115.000

Kandungannya mampu melindungi kulit dari debu serta melembapkan hingga 24 jam

Etude House Precious Mineral Beautifying Block BB Cream Moist SPF50/PA++ memiliki kemampuan coverage yang cukup baik sehingga mampu menutup noda pada wajah. Alhasil, kulit akan tampak mulus dengan efek berkilau yang tidak berlebihan. Tidak hanya itu, produk ini juga akan memberikan 24 jam kelembapan di kulit Anda.

Ingin mengatasi masalah garis halus di wajah? BB cream ini dapat melakukannya untuk Anda, lho! Ditambah dengan kemampuannya melindungi kulit dari debu serta SPF 50 dengan PA+++ yang ditawarkan, Anda tentu tidak perlu ragu lagi untuk menggunakannya sebelum beraktivitas di luar ruangan.

Jenis BB cream
Pengontrol sebum ×
Tabir surya ✓ (SPF 50/PA+++)
Efek Glowy

8. Chanel CC Cream Complete Correction SPF 50

8. Chanel CC Cream Complete Correction SPF 50

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 875.000

Kombinasi perawatan kulit dan makeup yang sempurna

Bagi Anda yang sedang mencari makeup berkualitas sekaligus memiliki efek perawatan kulit wajah, produk CC cream dari Chanel ini dapat mewujudkannya. Selain melembapkan dengan hyaluronic acid, produk ini juga akan memberikan hasil makeup yang natural, segar, bercahaya, dan tahan lama.

CC cream ini mampu menyamarkan keriput dan garis halus, mengurangi kemerahan, serta mengecilkan pori-pori sehingga menghasilkan riasan yang halus dan lembut. Anda tidak perlu lagi khawatir dengan sinar UV karena produk non-comedogenic ini akan menjaga kulit Anda dengan SPF 50/PA++++ di dalamnya.

Jenis CC cream
Pengontrol sebum ×
Tabir surya ✓ (SPF 50/PA++++)
Efek Glowy

7. Maybelline Super BB Cream-Fresh Matte

6. Maybelline Super BB Cream-Fresh Matte

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 89.000

Kelembapan wajah tetap terjaga walau hasil akhirnya matte!

Maybelline Super BB Cream-Fresh Matte terbuat dari 80% water essence dan water liliy extract, yang akan membuat wajah Anda senantiasa terjaga kelembapannya, dan ternutrisi dengan baik. Walau hasil akhir yang diberikan adalah matte, wajah Anda tidak akan terasa kering saat menggunakannya. Selain itu, produk ini juga mampu mengontrol minyak di wajah.

Untuk kegiatan sehari-hari, SPF 21 dengan PA++ dalam produk ini sudah cukup untuk menahan paparan sinar UV. Ditambah dengan teksturnya yang ringan, produk ini cocok digunakan untuk ke kampus maupun ke kantor setiap hari. BB cream ini tersedia dalam dua shade warna, yaitu fresh untuk kulit terang dan natural untuk kulit yang lebih gelap.

Jenis BB cream
Pengontrol sebum
Tabir surya ✓ (SPF 21/PA++)
Efek Matte

6. Catrice Prime And Fine Mattifying Powder Waterproof

6. Catrice Prime And Fine Mattifying Powder Waterproof

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 86.000

Produk waterproof yang bisa menjaga kelembapan wajah dengan baik!

Produk dari brand Catrice ini bisa memberikan efek matte secara instan dan tahan lama sehingga wajah akan terlihat flawless seharian. Face powder yang memberikan soft-focus effect ini cocok digunakan di Indonesia yang memiliki kelembapan tinggi karena produk ini waterproof dan bisa menjaga kelembapan dengan baik.

Dari sisi kandungannya, Catrice Prime And Fine Mattifying Powder Waterproof mengandung vitamin A dan E yang bisa menutrisi kulit. Warna yang tersedia hanya translucent sehingga produk ini bisa digunakan ke semua kulit tanpa perlu khawatir warna terlalu terang. Ditambah lagi dengan kaca pada kemasannya, produk ini praktis digunakan untuk touch-up.

Jenis Face powder (pressed powder)
Pengontrol sebum Tidak tercantum
Tabir surya ×
Efek Matte

5. Benefit The POREfessional Face Primer

5. Benefit The POREfessional Face Primer

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 480.000

Menyamarkan pori-pori dan garis halus di wajah secara instan

Biasanya primer dioleskan sebelum foundation, tetapi berbeda dengan produk bertekstur seperti krim ini. Benefit The POREfessional Face Primer dapat digunakan setelah makeup untuk menyamarkan pori-pori dan garis halus yang masih terlihat. Anda juga bisa mengaplikasikannya untuk touch-up. Wajah yang super mulus kini bukan lagi sekadar impian!

Produk ini juga mengandung turunan vitamin E untuk melindungi kulit dari radikal bebas. Memiliki formula yang ringan, bebas minyak, non-comedogenic, serta tidak menyebabkan breakout, membuat produk ini cocok digunakan oleh semua jenis kulit, bahkan pemiliki kulit sensitif.

Jenis Primer
Pengontrol sebum Tidak tercantum
Tabir surya ×
Efek Matte

4. 3CE Back to Baby BB Cream

4. 3CE Back to Baby BB Cream

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 190.000

Dapatkan kulit yang kenyal seperti kulit bayi

Sesuai dengan jargon yang diusung, produk asal negeri ginseng ini mampu memberikan tampilan yang glowy dan membuat kulit tampak kenyal seperti kulit bayi. Cocok untuk Anda yang ingin tampil lebih muda dan mempesona. Meski memberikan efek glowy, BB cream ini tetap dapat membantu mengontrol sebum di wajah Anda untuk riasan yang tahan lama.

Produk dari 3CE ini juga mampu mencerahkan kulit Anda dengan kandungan crystal water, diamond powder, dan pearl powder di dalamnya. Kendati produk ini hanya menyediakan 1 shade warna saja, Anda tidak perlu takut wajah terlihat abu-abu dan kusam karena BB cream ini tidak akan teroksidasi.

Jenis BB cream
Pengontrol sebum
Tabir surya ✓ (SPF 35/PA++)
Efek Glowy

3. L’Oreal Paris Infallible Pro-Matte Foundation

3. L'Oreal Paris Infallible Pro-Matte Foundation

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 113.000

Tampilan wajah bebas kilap hingga 24 jam!

Makeup yang tahan lama tentunya merupakan pilihan yang paling tepat bagi Anda yang sangat sibuk dan tidak memiliki waktu untuk touch-up. L’Oreal Paris Infallible Pro Matte Foundation dapat menemani hari Anda dengan formulanya yang mampu menempel cantik di wajah Anda hingga 24 jam!

Foundation ini memberikan medium coverage dengan hasil akhir demi matte, yaitu matte dengan sedikit kesan lembap yang sehat. Coverage yang ditawarkan dapat menutup bekas jerawat dengan sempurna. Dibuat dengan komposisi yang oil-free, tentu saja pemilik kulit berminyak dapat memakainya setiap hari tanpa was-was.

Jenis Foundation
Pengontrol sebum
Tabir surya ×
Efek Demi matte

2. Dior Diorskin Nude Air Serum

2. Dior Diorskin Nude Air Serum

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 900.000

Memberi manfaat layaknya serum yang merevitalisasi kulit

Diorskin Nude Air Serum hadir untuk menemani hari-hari Anda dengan tampilan makeup sheer coverage yang natural dan lembut. Teknologi Oxygen Activ™ yang diformulasikan Dior pada produk ini mampu membantu merevitalisasi kulit dan membuatnya semakin cantik setiap harinya. Bukan hanya sekadar foundation, tetapi juga serum!

Tekstur yang ringan seperti air dari foundation ini membuat Anda merasa seperti sedang menggunakan pelembap. Terbuat dari bahan dasar minyak yang mudah menguap, produk ini mampu memberikan hasil riasan yang menyatu dengan kulit wajah sehingga terlihat natural. Produk ini cocok untuk Anda yang mencari makeup natural dan nyaman saat dipakai.

Jenis Foundation
Pengontrol sebum ×
Tabir surya ×
Efek Velvet

1. BareMinerals Mineral Veil Finishing Powder

1. BareMinerals Mineral Veil Finishing Powder

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 650.000

Membuat kulit tampak super halus dengan komposisi yang super aman

Dengan fungsinya sebagai finishing powder yang dipulaskan setelah makeup, Anda bisa mendapatkan kulit yang super halus dan cantik. Pori-pori dan garis halus juga akan tersamarkan tanpa kesan cakey di wajah. BareMinerals Mineral Veil Finishing Powder akan menempel sempurna tanpa meninggalkan white cast di kulit Anda.

Bagi pemilik kulit sensitif, produk ini sangat direkomendasikan karena diformulasi tanpa talc, paraben, dan phthalates. Teksturnya super ringan dan tidak menimbulkan komedo, jerawat, atau alergi. Bagi Anda yang ingin hasil akhir matte, cobalah varian original dan tinted, sedangkan varian illuminating dan hydrating untuk hasil akhir yang glowy.

Jenis Face powder (loose powder)
Pengontrol sebum ✓ (kecuali varian hydrating)
Tabir surya ×
Efek Soft matte (varian original dan tinted)/glowy (varian illuminating dan hydrating)

Baca juga rekomendasi berbagai produk base makeup lain di sini!

Kami akan memperkenalkan berbagai produk base makeup terbaik yang telah kami pilih khusus untuk Anda pada tautan di bawah ini. Mulai dari foundation, BB cream, CC cream, hingga face powder telah kami ulas lebih dalam lagi. Silakan baca artikel-artikelnya di sini!

Kesimpulan

Bagaimana rekomendasi base makeup dari kami? Apakah Anda sudah menemukan produk yang sesuai? Sebelum memilih, pahami fungsi masing-masing jenis base makeup. Untuk warna, pilih yang mendekati warna kulit sekitar rahang. Lalu, pilih produk dengan daya coverage sedang untuk hasil yang natural.

Anda juga bisa mempertimbangkan dari segi adanya pengontrol sebum atau tabir surya pada produknya. Base makeup yang tepat akan menghasilkan riasan yang cantik. Selamat memilih!