• 10 Rekomendasi Base Makeup Terbaik untuk Hasil Natural (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Base Makeup Terbaik untuk Hasil Natural (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Base Makeup Terbaik untuk Hasil Natural (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Base Makeup Terbaik untuk Hasil Natural (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Base Makeup Terbaik untuk Hasil Natural (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Base Makeup Terbaik untuk Hasil Natural (Terbaru Tahun 2020)

Penggunaan base makeup merupakan langkah awal merias wajah. Primer, foundation, BB cream, dan CC cream merupakan beberapa contoh base makeup. Base makeup membantu memperbaiki tampilan pori-pori agar terlihat lebih flawless, glowing, dan natural. Lantas, base makeup seperti apa yang harus dipilih?


Di bawah ini, kami sudah menyiapkan tips memilih base makeup terbaik serta rekomendasi produk yang bisa Anda coba. Kami telah menyiapkan ulasan dari produk lokal seperti SASC, Dear Me Beauty, Luxcrime, hingga produk luar seperti NYX. Penasaran cara memilih base makeup untuk hasil natural? Yuk, baca artikelnya sampai habis!

Blogger/influencer yang ada di artikel ini

Lia Harahap
Aquarista Stevie
Dewi Yang
  • Pembaharuan terakhir: 11 November 2020
  • 24.733 Views
Daftar isi

Cara memilih base makeup untuk hasil natural

Kunci makeup yang flawless adalah base makeup yang tepat. Tips di bawah ini akan membantu Anda menemukan base makeup yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Mari mulai memilih!

Pahami jenis dan fungsi base makeup

Ada beberapa jenis base makeup yang perlu Anda ketahui, misalnya primer, foundation, dan face powder. Meskipun sama-sama base makeup, ternyata fungsinya berbeda-beda. Memahami setiap jenis produk akan memudahkan Anda dalam ber-makeup.

Primer: Berfungsi mengoreksi tekstur dan menghaluskan makeup

Primer: Berfungsi mengoreksi tekstur dan menghaluskan makeup

Primer merupakan produk pertama yang Anda aplikasikan sebelum menggunakan foundation. Primer berfungsi untuk mengoreksi tekstur dan membuat makeup lebih menempel. Beberapa primer ada yang berwarna pink dan hijau untuk memperbaiki warna kulit yang tidak merata.


Jika Anda ingin menutupi warna kulit yang tidak merata, pilihlah warna primer yang sesuai dengan tone kulit Anda. Jangan lupa juga untuk menyesuaikan dengan tipe kulit Anda, ya.

 

Untuk tampilan wajah yang segar, Anda bisa memilih primer berwarna pink. Sementara itu, untuk mengurangi tampilan kulit yang kusam dan kemerahan, kami menyarankan Anda memilih primer berwarna kuning.


Beberapa produk juga melengkapi formulanya dengan kandungan skincare. Pilihlah produk yang mengandung hyaluronic acid atau ceramide jika Anda memiliki tipe kulit kering. Sementara untuk kulit berminyak gunakan primer berteknologi oil absorber atau oil-free.

Foundation: Untuk meratakan warna kulit dan menutupi masalah kulit ringan

Foundation: Untuk meratakan warna kulit dan menutupi masalah kulit ringan
Base makeup jenis ini mampu meratakan warna kulit, mengurangi tampilan pori-pori, dan tekstur kulit yang kasar. Foundation direkomendasikan untuk yang menginginkan tampilan kulit halus dan mulus. Ada dua jenis foundation yang biasa Anda temui, yaitu powder dan liquid. Jenis powder lebih nyaman di kulit dan mampu menekan produksi sebum. 


Liquid foundation umumnya mengandung minyak dan memberikan hasil akhir kulit glowing dan lembap. Coverage dari liquid foundation juga lebih tebal daripada powder foundation karena mampu menempel lebih baik. Jika Anda ingin menyembunyikan kulit kemerahan atau pori-pori besar, sebaiknya gunakan liquid foundation.


Selain kedua jenis di atas, ada juga jenis cream foundation dengan kandungan minyak tinggi dan full coverage. Pakailah cream foundation jika Anda merasa coverage dari liquid foundation kurang dapat menutupi kekurangan kulit Anda. Dengan coverage yang tinggi, Anda bahkan tidak memerlukan concealer.


Dalam tren terbaru, foundation juga hadir dalam bentuk cushion. Cushion foundation mengombinasikan hasil glowing seperti liquid foundation, tetapi menawarkan kemudahan pemakaian layaknya powder foundation

Face powder: Untuk makeup yang lebih tahan lama

Face powder: Untuk makeup yang lebih tahan lama
Face powder sering juga disebut sebagai finishing powder. Umumnya, face powder diaplikasikan di atas foundation. Fungsinya yaitu supaya makeup tahan lebih lama. Face powder ada dua macam, yaitu bentuk padat dan tabur.

Bedak tabur hasilnya lebih natural sehingga cocok untuk makeup ringan. Sementara itu, bedak padat bisa menyamarkan tampilan pori serta tekstur kulit sehingga lebih cocok untuk bold makeup.


Memilih face powder juga harus disesuaikan dengan warna kulit Anda. Jika shade foundation dan face powder Anda tidak sama, makeup Anda akan terlihat aneh. Hal itu akan menyebabkan warna kulit menjadi keabu-abuan atau yang sering disebut ashy.


Jika ragu, Anda bisa mencoba memulaskan bedak terlebih dulu pada tangan Anda. Pulaskan dengan lembut menggunakan puff atau kuas bedak. Untuk solusi lebih aman, Anda juga bisa memilih translucent powder. Ini merupakan bedak tanpa warna yang aman digunakan untuk foundation warna apa pun.

BB cream dan CC cream: Makeup dengan manfaat skincare

BB cream dan CC cream: Makeup dengan manfaat skincare

BB cream dan CC cream merupakan base makeup yang menggabungkan manfaat makeup dan skincare. BB cream mengandung skincare, foundation, primer, dan concealer sekaligus. Produk ini kami rekomendasikan jika Anda ingin mempersingkat waktu dalam ber-makeup.


CC cream mengandung skincare dan primer, tetapi tidak mengandung foundation. CC cream lebih memaksimalkan look bareface yang natural. Baik BB cream maupun CC cream, keduanya adalah base makeup yang populer. Keduanya dapat meringkas tahapan skincare Anda ketika ber-makeup.


Selanjutnya, cermati kandungan skincare pada BB cream atau CC cream. Kandungan seperti hyaluronic acid dan collagen cocok untuk tipe kulit kering. Untuk menyamarkan kulit kendur dan kusam, pilihah cream yang memberikan efek glowing. Namun, bagi Anda yang suka tampilan ringan, gunakanlah face powder setelah menggunakan cream.

Oleskan pada bagian rahang untuk mengecek kecocokan warna

Oleskan pada bagian rahang untuk mengecek kecocokan warna

Untuk menemukan shade yang tepat, jangan ragu untuk mencoba tester produk yang disediakan. Cara yang tepat adalah dengan mengoleskan produk pada bagian rahang atau area antara dagu dan leher.


Kebanyakan base makeup memiliki warna dasar pink beige dengan sedikit kemerahan atau ocher beige dengan hint kuning. Pink beige ideal untuk makeup natural, tetapi mungkin akan terlihat tidak natural pada orang dengan kulit yellow undertone.


Sebagian orang Indonesia berkulit sawo matang sehingga warna beige lebih disarankan. Namun, intinya adalah pilihlah shade warna yang paling mendekati warna kulit Anda.


Trik menggunakan dua warna foundation juga bisa Anda coba. Gunakan warna terang pada wajah yang menonjol dan warna gelap pada bagian yang memerlukan shading.

Pilih coverage medium untuk hasil riasan natural

Pilih coverage medium untuk hasil riasan natural
Selanjutnya, pertimbangkan tingkat coverage yang ditawarkan. Penting memilih foundation yang dapat menyamarkan dark spot, freckles, dan pori-pori besar. Dengan menyamarkan kekurangan pada wajah, Anda akan mendapatkan tampilan kulit flawless dan warna kulit tampak lebih merata.

Memilih produk dengan sheer coverage tidak dapat menutupi kekurangan wajah dengan sempurna. Namun, jika terlalu full coverage riasan Anda akan terlihat tebal. Oleh karena itu, kami merekomendasikan produk dengan medium coverage untuk hasil natural dalam aktivitas sehari-hari.

Carilah produk yang waterproof dan oil absorber agar makeup lebih tahan lama

Carilah produk yang waterproof dan oil absorber agar makeup lebih tahan lama
Makeup awet sepanjang hari adalah keinginan semua orang. Namun, pada kenyataannya, makeup setebal apa pun akan rusak karena keringat dan sebum. Jika Anda berada di tempat yang nyaman untuk touch-up tentu menyenangkan. Akan tetapi, jika kondisinya tidak memungkinkan untuk touch-up, pasti merepotkan.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda memilih base makeup yang tidak mudah luntur oleh keringat dan sebum. Jenis base makeup yang waterproof bisa menjadi pilihan sebab tidak luntur saat terkena keringat. Sementara itu, jenis base makeup dengan oil absorber akan mencegah kilap berlebih akibat produksi sebum.

Pilih yang mengandung sunscreen untuk cegah flek dan bintik-bintik di kemudian hari

Pilih yang mengandung sunscreen untuk cegah flek dan bintik-bintik di kemudian hari

Paparan sinar UV secara terus-menerus dapat menyebabkan berbagai masalah kulit di kemudian hari. Itulah sebabnya Anda wajib memakai sunscreen. Sunscreen dapat digunakan sebelum Anda memulai rangkaian base makeup. Namun, agar lebih praktis, pilihlah base makeup yang sudah mengandung sunscreen.


Ingatlah bahwa sunscreen tidak dapat melindungi wajah Anda sepanjang hari. Perlindungan sunscreen memiliki batas waktu tertentu dan akan berkurang setelah digunakan beberapa jam. Maka, akan lebih praktis jika Anda bisa touch-up menggunakan produk makeup yang mengandung sunscreen.


Tingkatan perlindungan sunscreen ditandai dengan istilah SPF dan PA. SPF (sun protection factor) bekerja di permukaan kulit dan berfungsi menangkal efek sinar UVB. UVB adalah penyebab terbentuknya noda dan flek. Makin tinggi SPF, makin kuat dan lama kemampuannya menahan sinar UV. Namun, SPF cenderung meninggalkan rasa lengket. Untuk pemakaian sehari-hari, SPF 20 sudah cukup untuk Anda.


Sementara itu, PA bekerja hingga kulit terdalam dan mencegah efek buruk sinar UVA. UVA merupakan penyebab kulit gosong, keriput, dan kendur. PA+ hingga PA++ cukup untuk pemakaian sehari-hari. Namun, jika Anda berencana menghabiskan waktu di luar ruangan, kami sarankan menggunakan produk yang minimal bertanda PA+++.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest
Spesialis
mybest
Spesialis
mybest

10 Rekomendasi base makeup terbaik untuk hasil natural

Sudah tahu base makeup mana yang Anda butuhkan? Sekarang kami akan memberikan sepuluh produk base makeup terbaik untuk Anda. Dari sekian pilihan berikut, pilihlah yang paling sesuai kebutuhan Anda, ya!

10
Jenis produkCC cream
Jenis kulitTidak disebutkan
HasilGlowing
Pilihan shade×
Coverage Medium
SunscreenSPF 30 PA+++
Waterproof×
Isi20 ml
9
Jenis produkBB cream cushion
Jenis kulitTidak disebutkan
HasilGlowing
Pilihan shadeLight beige, neutral beige, medium beige, sandy beige, dan pinkish beige
CoverageMedium
SunscreenSPF 23 PA++
Waterproof×
Isi15 g
8
Jenis produkCC cream
Jenis kulitKering
HasilGlowing
Pilihan shadeAlmond, honey, beige, dan bronze
CoverageMedium
SunscreenSPF 30 PA++
Waterproof×
Isi30 g
7

The Body Shop®Fresh Nude Tinted Beauty Balm

Rp 199.000,00

Jenis produkBB cream
Jenis kulitNormal
HasilGlowing
Pilihan shadeFair, medium, dan tan
CoverageSheer
SunscreenSPF 30 PA+++
Waterproof×
Isi25 ml
6
Jenis produkPrimer
Jenis kulitBerminyak
HasilVelvet matte
Pilihan shadeTranslucent
Coverage ×
Sunscreen×
Waterproof
Isi20 ml
5
Jenis produkPrimer
Jenis kulitSemua jenis kulit
HasilMatte
Pilihan shadeTranslucent
Coverage×
Sunscreen×
Waterproof
Isi40 g
4
Jenis produkFace powder
Jenis kulitNormal
HasilMatte
Pilihan shadeTranslucent, light, ivory, beige, dan warm tan
CoverageMedium
Sunscreen×
Waterproof×
Isi15 g
3
Jenis produkFace powder
Jenis kulitSemua jenis kulit
HasilSilk velvet matte
Pilihan shadeButtercream, custard, dan opera
CoverageFull
Sunscreen
Waterproof×
IsiTidak disebutkan
2

Rosé All DayThe Realest Lightweight Foundation

Rp 209.000,00

Jenis produkFoudation
Jenis kulitSemua jenis kulit
HasilTidak disebutkan
Pilihan shadeFair, light, beige, honey, warm honey, dan caramel
Coverage Medium to full
Sunscreen
Waterproof×
Isi30 ml
1

Dear Me BeautyAiry Poreless Fuild Foundation

Rp 179.000,00

Jenis produkFoundation
Jenis kulitSemua jenis kulit
HasilMatte
Pilihan shadeCreme ivory, nude ivory, golden ivory, creme beige, nude beige, golden beige, creme sand, nude sand, dan golden sand
CoverageMedium to full
SunscreenSPF 18
Waterproof×
Isi30 g

Tabel perbandingan produk base makeup terbaik untuk hasil natural

Gambar produk
1
Dear Me Beauty Airy Poreless Fuild Foundation 1

Dear Me Beauty

2
Rosé All Day The Realest Lightweight Foundation 1

Rosé All Day

3
Luxcrime Blur & Cover Two Way Cake 1

Luxcrime

4
SASC Flawless Miracle Powder 1

SASC

5
NYX Bare With Me Hydrating Jelly Primer 1

NYX

6
Make Over Velvet Mattifaying Primer 1

Make Over

7
The Body Shop® Fresh Nude Tinted Beauty Balm 1

The Body Shop®

8
Lakmé  9to5 CC Complexion Care Cream 1

Lakmé

9
PIXY Make It Glow Dewy Cushion 1

PIXY

10
Good Virtues Co. Brightening CC Cream 1

Good Virtues Co.

Nama produk

Airy Poreless Fuild Foundation

The Realest Lightweight Foundation

Blur & Cover Two Way Cake

Flawless Miracle Powder

Bare With Me Hydrating Jelly Primer

Velvet Mattifaying Primer

Fresh Nude Tinted Beauty Balm

9to5 CC Complexion Care Cream

Make It Glow Dewy Cushion

Brightening CC Cream

Keunggulan

Kulit terasa ringan, terawat, dan bebas minyak sepanjang hari!

Daily foundation super ringan dan ada kandungan skincare-nya!

Face powder untuk tampilan new normal look!

Kemasan inovatif yang super praktis!

Siap buat no-makeup makeup look

Teknologi oil absorber untuk wajah kilang minyak

BB cream dengan bahan alami dan kaya moisturizer

Kulit kering jadi lembap dan glowing

Kulit glowing, tampak sehat, cerah, dan segar

CC Cream dengan 100% bahan alami nonhewani

HargaRp 179.000,00Rp 209.000,00Rp 129.000,00Rp 159.500,00Rp 360.000,00Rp 93.000,00Rp 199.000,00Rp 119.000,00Rp 125.000,00Rp 114.500,00
Jenis produkFoundationFoudationFace powderFace powderPrimerPrimerBB creamCC creamBB cream cushionCC cream
Jenis kulitSemua jenis kulitSemua jenis kulitSemua jenis kulitNormalSemua jenis kulitBerminyakNormalKeringTidak disebutkanTidak disebutkan
HasilMatteTidak disebutkanSilk velvet matteMatteMatteVelvet matteGlowingGlowingGlowingGlowing
Pilihan shadeCreme ivory, nude ivory, golden ivory, creme beige, nude beige, golden beige, creme sand, nude sand, dan golden sandFair, light, beige, honey, warm honey, dan caramelButtercream, custard, dan operaTranslucent, light, ivory, beige, dan warm tanTranslucentTranslucentFair, medium, dan tanAlmond, honey, beige, dan bronzeLight beige, neutral beige, medium beige, sandy beige, dan pinkish beige×
CoverageMedium to fullMedium to fullFullMedium××SheerMediumMediumMedium
SunscreenSPF 18×××SPF 30 PA+++ SPF 30 PA++SPF 23 PA++SPF 30 PA+++
Waterproof××××××××
Isi30 g30 mlTidak disebutkan15 g40 g20 ml25 ml30 g15 g20 ml
Tautan produk

Baca juga rekomendasi produk base makeup lainnya di sini

Selain base makeup di atas, kami juga memiliki artikel yang mengulas produk base makeup terbaik lainnya. Ada foundation, BB cream, dan CC cream terbaik untuk Anda. Untuk informasi produk terbaik, klik link di bawah ini, ya!

Kesimpulan

Base makeup adalah kunci dari riasan yang sempurna. Kesalahan memilih warna akan menyulitkan Anda untuk mendapatkan riasan yang diinginkan. Untuk itu, gunakanlah tips di atas untuk memilih base makeup serta produk yang pas untuk kulit Anda.


Sekarang ini, banyak brand yang secara online menyediakan layanan untuk membantu Anda memilih shade yang tepat. Anda juga bisa memanfaatkan fitur tersebut. Ayo, temukan base makeup yang cocok untuk Anda!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Concealer Terbaik yang Murah dan Bermutu (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Concealer Terbaik yang Murah dan Bermutu (Terbaru Tahun 2020)
    Concealer merupakan solusi yang tepat untuk Anda yang sering khawatir dengan noda dan bercak di wajah atau bermasalah dengan kantong mata hitam. Concealer adalah benda yang wajib dimiliki wanita agar selalu percaya diri setiap hari. Berikut ini sudah kami rangkum concealer dengan harga terjangkau yang populer dan bermutu.Untuk memudahkan Anda menemukan concealer terbaik, pertama kami akan menjelaskan cara memilihnya terlebih dahulu. Kami juga akan memperkenalkan sepuluh concealer yang murah dan bermutu keluaran Maybelline, Wet N Wild, Focallure, dan sebagainya. Yuk, gunakan concealer berkualitas agar Anda selalu tampil cantik setiap hari!
    Makeup wajah
    127.501 Views
  • 10 Rekomendasi Setting Spray Terbaik Agar Makeup Tahan Lebih Lama (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Setting Spray Terbaik Agar Makeup Tahan Lebih Lama (Terbaru Tahun 2020)
    Pernahkah Anda telah menghabiskan banyak waktu berdandan, tetapi kemudian makeup cepat luntur? Jika pernah, Anda wajib tahu tentang produk setting spray yang akan dibahas di artikel ini. Setting spray berguna untuk mencegah lunturnya makeup karena keringat, wajah berminyak, maupun kering karena cuaca dingin.Pada artikel ini, kami akan memperkenalkan cara memilih setting spray serta rekomendasi produk terbaiknya. Beberapa produk kecantikan terkenal seperti Urban Decay, NYX, dan Make Up For Ever juga ada dalam rekomendasi produk, lho! Ayo cari tahu produk setting spray yang paling tepat untuk Anda agar makeup selalu terlihat fresh!
    Makeup wajah
    95.644 Views
  • 10 Rekomendasi Bedak Wardah Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Bedak Wardah Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Sebagai merek kosmetik lokal yang sangat populer di Indonesia, Wardah telah mengeluarkan berbagai produk berkualitas. Salah satu produk yang digandrungi adalah bedak. Bedak Wardah memiliki kualitas yang mampu bersaing dengan produk luar negeri. Dengan kualitas yang baik, bedak Wardah dijual dengan harga yang terjangkau. Tidak hanya satu jenis, Wardah sudah mengeluarkan beberapa jenis bedak yang memiliki kegunaan masing-masing. Tidak sedikit orang yang salah pilih bedak sehingga hasilnya tidak maksimal pada wajah. Untuk itu, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih dan merekomendasikan bedak Wardah yang tepat untuk Anda. Selamat membaca!
    Makeup wajah
    14.745 Views
  • 10 Rekomendasi Cushion Compact Foundation Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Cushion Compact Foundation Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Cushion compact foundation atau sering disebut cushion adalah perpaduan dari powder dan liquid foundation. Kosmetik berbentuk compact ini berasal dari Korea Selatan. Cushion mampu memberikan coverage yang cepat dan sempurna di wajah sehingga dapat memangkas waktu ber-makeup Anda.Berbagai merek seperti Missha, Laneige, COSRX, Yves Saint Laurent, dan lain-lain berlomba-lomba mengeluarkan produk terbaik mereka. Kali ini kami akan memberikan tips memilih cushion berdasarkan jenis kulit dan hasil akhir yang Anda inginkan. Di akhir artikel, ada pula rekomendasi dan ulasan produk yang bagus, yang telah kami pilih secara ketat untuk Anda.
    Makeup wajah
    131.550 Views
  • 10 Rekomendasi Foundation Terbaik untuk Kulit Berminyak (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Foundation Terbaik untuk Kulit Berminyak (Terbaru Tahun 2020)
    Bagi pemilik kulit berminyak, menemukan foundation dengan hasil halus dan tahan lama tentu menjadi idaman. Namun, memilih foundation yang tepat untuk kulit berminyak tentu membutuhkan tips tersendiri. Anda dapat memilih produk yang memiliki beberapa keunggulan, seperti mampu menutup pori-pori, tahan lama, hasil akhirnya smooth, dan lainnya. Supaya Anda tidak bingung, kali ini kami akan memberikan informasi cara memilih foundation bagi kulit berminyak. Setelahnya, kami juga telah menyiapkan sepuluh rekomendasi foundation terbaik dari merek-merek terkenal, antara lain Revlon, Maybelline, Make Over, dan sebagainya. Jadi, simak ulasan berikut ini sampai akhir, ya!
    Makeup wajah
    108.707 Views
  • 10 Rekomendasi BB Cream Terbaik untuk Usia 40-an (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi BB Cream Terbaik untuk Usia 40-an (Terbaru Tahun 2020)
    Dengan bertambahnya usia, keseimbangan kadar hormon dalam tubuh bisa berubah. Pada usia 40 tahun ke atas, tanda-tanda penuaan di wajah akan mulai tampak, seperti kerutan halus, pigmentasi, dan kulit kusam. Bagaimanakah cara memilih BB cream yang bagus dan sesuai untuk wanita usia 40-an?Selain merawat wajah secara rutin, Anda dapat menyiasati tanda penuaan tersebut menggunakan BB cream yang memiliki kandungan skin care yang sesuai. Merek-merek terbaik yang akan kami rekomendasikan, seperti Dr.Jart+, La Roche-Posay, dan Kiehl’s dapat Anda jadikan pilihan. Mari kita simak bersama!
    Makeup wajah
    80.238 Views
  • 10 Rekomendasi Highlight Stick Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Highlight Stick Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Jika berbicara tentang produk highlighter, tekstur krim dan powder adalah tipe yang paling banyak digunakan. Namun, selain kedua tipe tersebut, highlighter berbentuk stick juga populer karena kepraktisannya. Anda mudah membawanya ke mana saja dan menggunakannya kapan saja.Ada begitu banyak merek kosmetik, seperti Maybelline, Focallure, Fenty Beauty, dan Mineral Botanica yang mengeluarkan produk highlight stick andalannya. Kami akan membantu Anda memilih highlight stick yang tepat di artikel ini. Tidak ketinggalan, kami juga menyertakan rekomendasi produk berikut ulasan lengkapnya. Simak sampai selesai, ya!
    Makeup wajah
    7.427 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori