10 Rekomendasi Base Makeup Terbaik untuk Hasil Natural (Terbaru Tahun 2018)

Etude House CC Cream SPF30/PA++

Tampilan makeup yang natural dengan hasil riasan seolah tanpa makeup menjadi sangat populer akhir-akhir ini. Untuk mendapatkan riasan semacam itu, pemilihan base makeup yang tepat adalah poin yang penting untuk diperhatikan. Akan tetapi, mungkin Anda akan bingung menentukan pilihan karena adanya berbagai jenis base makeup seperti foundation, BB cream, atau CC cream.

Kali ini kami akan memperkenalkan 10 rekomendasi base makeup terbaik untuk hasil natural yang mampu menutupi berbagai masalah kulit. Kami juga akan menjelaskan bagaimana cara memilih base makeup yang tepat agar Anda bisa menemukan yang paling cocok sesuai dengan kebutuhan Anda!

Daftar isi

Cara memilih base makeup untuk hasil natural

Kulit wajah yang indah adalah idaman semua wanita. Bahkan jika Anda tidak menggunakan makeup seperti lipstik atau maskara, ada banyak orang yang hanya menggunakan base makeup. Namun, apakah base makeup yang Anda gunakan benar-benar sesuai dengan Anda? Terkadang sulit untuk menemukan base makeup yang tepat. Pertama, mari kita lihat hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memilih base makeup.

Jenis base makeup

Base makeup berfungsi meratakan warna kulit wajah dan menutupi masalah kulit seperti bintik hitam, kulit kusam, atau garis halus pada wajah, menyembunyikan pori-pori dan memberikan kesan berkilau pada wajah Anda. Jadi, bisa dikatakan bahwa base makeup adalah produk yang sangat penting untuk membuat kulit Anda terlihat lebih cantik. Berikut beberapa jenis base makeup yang perlu Anda ketahui perbedaannya agar tidak salah dalam memilih.

Foundation

Foundation

Foundation biasanya terbagi menjadi dua jenis, yaitu foundation bubuk dan foundation cair. Biasanya foundation dipoleskan pada wajah setelah menggunakan rangkaian skincare. Foundation tipe bubuk biasanya tersedia dalam bentuk palette dan mampu meratakan warna kulit hanya dengan menggunakannya seperti menggunakan bedak. Anda bisa menggunakan spons atau kuas untuk memoleskannya langsung ke kulit wajah untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

Sedangkan foundation cair dapat diaplikasikan menggunakan spons atau langsung menggunakan jari tangan. Anda hanya perlu mengaplikasikannya di bagian wajah tertentu seperti hidung, pipi, atau kening, kemudian meratakannya ke seluruh wajah. Selain itu, ada juga foundation tipe krim yang teksturnya lebih kental dibandingkan foundation cair yang biasanya juga lebih tahan lama.

BB cream

BB cream

BB cream berasal dari kata blemish balm, yaitu semacam salep yang berfungsi mengobati dan merawat masalah dan kekurangan pada wajah. BB cream terkenal dimulai dari negara Korea dan masuk ke Jepang. Akan tetapi, sebenarnya produk ini dikembangkan oleh dermatologis di Jerman untuk pengobatan kulit pasiennya.

Awalnya cream ini digunakan untuk merawat bagian tertentu pada wajah yang mengalami masalah kulit. Namun karena kemampuannya untuk menutupi masalah kulit, BB cream pun kemudian mulai digunakan sebagai base makeup.

BB cream merupakan base makeup yang sangat populer karena mampu mendapatkan hasil instan yang natural dan banyak digunakan oleh wanita yang sibuk karena bisa mendapatkan efek dari krim kecantikan, foundation, primer, dan concealer dalam satu produk.

CC cream

CC Cream

Menyusul populernya BB cream, CC (color control) cream merupakan base makeup yang mampu menutupi kekurangan kulit. Tidak seperti foundation atau BB cream yang menutupi masalah kulit wajah dengan memoleskan warna dengan berbagai pilihan tone, CC cream biasanya memanfaatkan efek cahaya dan mengontrol warna untuk memberikan efek kamuflase dan menutupi masalah atau kekurangan kulit wajah.

Bisa dikatakan bahwa CC cream merupakan base makeup yang mendekati warna kulit secara alami. Base makeup ini sangat disarankan untuk Anda yang merasa tidak cocok dengan tone dari foundation atau yang kurang nyaman memoleskan warna pada kulit wajah.

Menutupi kekurangan kulit dengan baik

well coverage

Salah satu poin penting dalam memilih base makeup adalah kemampuan coverage atau menutupi kekurangan kulit. Tentu tidak ada gunanya jika setelah menggunakan base makeup pun Anda tidak dapat menutupi bintik hitam pada wajah, lingkaran hitam di mata, atau pori-pori kulit.

Jika base makeup bisa menutupi kekurangan kulit dengan baik, Anda bisa menunjukan kulit yang mulus dan indah tanpa harus memoleskannya dalam jumlah terlalu banyak sehingga mengakibatkan tampilan makeup yang tidak natural.  Jadi, pastikan untuk memilih base makeup yang memiliki kemampuan coverage yang maksimal dengan hasil akhir tetap natural.

Tidak mudah luntur

Tidak retak (cakey)

Jika Anda bekerja sepanjang hari, makeup yang Anda gunakan akan luntur oleh keringat atau sebum (minyak yang dihasilkan kulit). Rias wajah yang tercampur keringat dan sebum akan terlihat aneh dan retak atau cakey. Tentunya tidak masalah jika Anda bisa langsung melakukan touchup dan memoleskan ulang makeup Anda. Namun, terkadang sulit bagi Anda untuk melakukan touch-up karena jadwal yang padat atau misalnya saat berada di luar ruangan.

Terutama saat cuaca tengah panas, sebaiknya pilihlah base makeup yang tidak mudah luntur oleh keringat atau sebum agar riasan Anda tetap terjaga dengan baik.

Warna yang cocok dengan kulit Anda

Warna yang cocok dengan kulit Anda

Base makeup umumnya memiliki warna dasar seperti krem, pink beidge atau beidge kekuningan. Warna yang populer belakangan ini adalah warna krem atau pink beidge yang bisa memberikan efek bening pada wajah. Namun ketika orang dengan warna kulit kuning langsat atau sawo matang menggunakannya, warna tersebut menjadi tidak alami dan tidak menyatu dengan warna kulit. Pada dasarnya, pilihlah warna yang dasar yang sama dengan warna kulit Anda sendiri.

Perlindungan sinar UV

Perlindungan sinar UV

Masalah kulit seperti kulit kusam sebagian besar terjadi karena paparan sinar ultraviolet (UV). Anda bisa saja menggunakan sunblock terlebih dahulu sebelum memoleskan base makeup. Akan tetapi, jika Anda memilih base makeup yang juga memberikan perlindungan dari sinar UV, hal ini tentu akan memberikan rasa aman saat menggunakannya.

Kemampuan perlindungan dari sinar UV biasanya akan berkurang akibat keringat atau beberapa lama sejak pertama kali diaplikasikan. Karena tidak mudah untuk memoleskan ulang sunblock yang biasanya diaplikasikan sebelum base makeup, tentunya akan lebih mudah bagi Anda untuk melakukan touch-up dengan menggunakan base makeup yang memiliki fungsi melindungin dari sinar UV.

Pilih yang nyaman dipakai

Pilih yang nyaman dipakai

Memilih base makeup yang nyaman dan menempel dengan baik pada kulit adalah hal yang penting untuk diperhatikan. Di antara berbagai produk base makeup, ada yang mampu memberikan efek melembapkan atau yang terasa halus di kulit.

Bagi yang memiliki masalah kulit kering, Anda bisa memilih base makeup yang dilengkapi efek melembapkan. Namun jika Anda memiliki kulit yang berminyak, Anda bisa memilih base makeup dengan hasil akhir yang halus di kulit. Jadi, pilihlah produk yang paling nyaman dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Disarankan juga untuk memilih base makeup yang melembapkan apabila Anda berada di iklim dengan cuaca dingin atau ruangan ber-AC sepanjang hari. Sedangkan untuk cuaca panas, Anda bisa menggunakan base makeup dengan perlindungan sinar UV dan yang teksturnya terasa halus di kulit. Sesuaikan semuanya dengan lingkungan dan keseharian Anda.

10 Rekomendasi base makeup terbaik untuk hasil natural

Sekarang kami akan memperkenalkan base makeup terbaik yang direkomendasikan untuk hasil yang natural. Anda bisa menemukan yang sesuai dengan diri Anda dari berbagai keunggulan yang ditawarkan. Silahkan mencari yang terbaik untuk Anda!

10. Etude House CC Cream SPF30/PA++

10. Etude House CC Cream SPF30/PA++

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 269.900

CC cream yang menyesuaikan warna kulit

Berbeda dengan CC cream pada umumnya yang memiliki shade warna masing-masing, Etude House CC Cream SPF30/PA++ ini hadir dengan warna putih yang dapat menyesuaikan warna kulit Anda. Teksturnya yang creamy juga dapat menyatu dengan mudah pada kulit dan menghasilkan efek glowing untuk varian glow dan efek halus sedikit matte untuk varian silk.

Kelebihan lainnya adalah CC cream ini mampu menghidrasi dan menjaga kelembapan kulit. Formulanya juga mengandung perawatan kulit sehingga menjadikan kulit tetap sehat. Namun, karena warna yang dihasilkan cenderung mencerahkan, produk ini tidak disarankan untuk digunakan pada kulit dengan tone lebih gelap dari kuning langsat dan sawo matang.

9. CLINIQUE Moisture Surge CC Cream SPF 30

9. CLINIQUE Moisture Surge CC Cream SPF 30

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 600.000

CC cream bebas minyak

Jika Anda memiliki kulit berminyak, makeup yang Anda kenakan akan mudah luntur dan tampilan wajah berisiko terlihat kusam. Namun, Anda tidak perlu khawatir lagi karena CLINIQUE Moisture Surge CC Cream SPF30 ini dapat menjadi solusi untuk Anda dengan formula oil free hydration-nya yang mampu memberikan tampilan makeup yang natural, tahan lama dan bebas minyak. 

CC cream ini dapat menutupi kekurangan wajah seperti kemerahan dan kulit kusam.  Hasil akhirnya pun natural dan kulit Anda akan terlihat cerah, sehat, dan bebas minyak! Selain itu, kandungan SPF30 di dalamnya juga dapat melindungi kulit Anda dari paparan sinar matahari untuk pemakaian sehari-hari.

8. L’Oreal Paris Infallible Pro Matte Foundation

L'Oreal Paris Infallible Pro Matte Foundation

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 239.000

Tampilan wajah bebas kilap 24 jam!

Makeup yang tahan lama tentunya merupakan pilihan yang paling tepat bagi Anda yang sangat sibuk dan tidak memiliki waktu untuk touch-up. L’Oreal Paris Infallible Pro Matte Foundation dapat menemani hari Anda dengan formulanya yang tahan lama dan terdiri dari lebih dari 36 shade yang bisa disesuaikan dengan tone kulit Anda.

Foundation ini memberikan hasil natural dan matte yang sangat cocok untuk jenis kulit berminyak. Kandungan shine defy blotting spheres di dalam foundation ini berfungsi seperti kertas minyak yang langsung menyerap minyak pada wajah dan membuat makeup tetap awet dan bebas kilap sampai 24 jam!

7. Etude House Precious Mineral Beautifying Block Cream Moist SPF50+/PA+++

7. Etude House Precious Mineral Beautifying Block Cream Moist SPF50+/PA+++

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 209.900

BB cream dengan well coverage dan hasil akhir yang glowy

Etude House Precious Mineral Beautifying Block BB Cream Moist SPF50/PA++  memiliki kemampuan coverage yang baik yang mampu menutup noda pada wajah dan menghasilkan kulit yang mulus natural dengan efek glowy. Efek glowy yang dihasilkan pun tidak memberikan efek yang terlihat berminyak berlebihan. Produk ini diformulasikan dengan kandungan anti-wrinkle untuk mengatasi masalah garis halus di wajah.

Selain itu BB cream ini memiliki kandungan whitening, sunblock dan anti-darkening untuk Anda yang juga ingin mendapatkan warna kulit yang lebih cerah. Produk ini tersedia dalam dua varian, yaitu glow dan silk yang sama-sama menghasilkan tampilan wajah yang  glowy. Hanya saja, varian silk memberikan hasil riasan yang sedikit matte dibandingkan varian glow. Jadi, Anda bisa memilih sesuai hasil akhir yang Anda inginkan.

6. NARS Sheer Glow Foundation

6. NARS Sheer Glow Foundation

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 885.000

Tampilan wajah cerah berseri

Kulit kusam seringkali membuat Anda terlihat kurang bersemangat dan tentunya Anda ingin menutupi kekurangan kulit tersebut dengan menggunakan makeup yang tepat. NARS Sheer Glow Foundation dapat menjadi pilihan bagi Anda karena foundation ini dapat mencerahkan kulit, menghidrasinya, dan membuat kulit terasa lembut serta cerah berseri.

Keunggulan lainnya adalah foundation ini memiliki kandungan antioksidan yang sangat baik untuk kulit serta mampu menangkal radikal bebas. Foundation ini juga sudah teruji dermatologis dan non-comedogenic serta bebas pewangi sehingga cocok digunakan untuk semua jenis kulit. Namun, disarankan untuk menggunakan primer terlebih dahulu agar foundation ini tidak cakey pada wajah ketika digunakan dalam jangka waktu yang lama.

5. 3CE STYLENANDA Back to Baby BB Cream SPF35 PA++

5. 3CE STYLENANDA Back to Baby BB Cream SPF35 PA++

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 239.000

Untuk kulit kenyal seperti kulit bayi

Kulit halus dan kenyal tentunya menjadi dambaan bagi setiap wanita. Nah, produk 3CE STYLENANDA Back to Baby BB Cream yang satu ini memberikan tampilan wajah yang natural seperti tanpa menggunakan makeup, tapi tetap memberikan efek glowing dan kulit kenyal seperti kulit bayi.

BB Cream ini diperkaya dengan kandungan crystal water, diamond powder, dan pearl powder untuk mencerahkan kulit, serta kandungan SPF 35 PA++ yang dapat melindungi Anda dari sinar UV. Selain itu, kandungan moisturizer-nya juga tidak membuat wajah Anda lengket dan menjadikannya tetap lembap sepanjang hari.

4. Aprilskin Magic Snow Cushion

 4. Aprilskin Magic Snow Cushion

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 235.000

High coverage dengan hasil natural

Aprilskin Magic Snow Cushion ini bisa menjadi salah satu pilihan base makeup yang memberikan hasil natural. Cushion sendiri sebenarnya memiliki formula yang sama dengan BB cream, hanya saja packaging-nya memudahkan Anda untuk melakukan touch-up.

Memiliki keunggulan high coverage, cushion ini dapat menutup noda hitam, kantung mata, flek hitam, keriput, atau kemerahan pada wajah dengan sempurna. Anda hanya perlu menepuk-nepukkan pelan sponsnya pada wajah Anda untuk mendapatkan hasil maksimal. Cushion dari Aprilskin ini juga memiliki kandungan moisturizer untuk melembapkan wajah dan hasil akhirnya tidak mudah cakey.

3. Chanel Perfection Lumiere

3. Chanel Perfection Lumiere

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 810.000

Bebas retak untuk tampilan wajah yang mulus

Untuk mendapatkan tampilan wajah yang natural, Anda membutuhkan makeup yang tidak mudah retak atau cakey pada wajah. Chanel Perfection Lumiere hadir dengan formula medium coverage yang mampu menghasilkan riasan wajah flawless. Foundation ini dilengkapi teknologi perfect skin afffinity complex yang dapat membuat tampilan makeup bertahan sampai 15 jam.

Selain itu, formula perfect light control complex di dalamnya juga dapat menutupi kekurangan kulit seperti kulit kemerahan, bintik hitam, dan lainnya. Hanya saja jika Anda memiliki kulit berminyak, bagian T-zone akan cepat berminyak jika pemakaiannya tidak tidak di-set dengan menggunakan bedak.

2. Chanel CC Cream Complete Correction SPF 50

2. Chanel CC Cream Complete Correction SPF 50

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 854.000

Kombinasi perawatan kulit dan makeup yang sempurna

Makeup yang bagus bukan hanya yang mampu menutupi kekurangan pada kulit, tetapi juga dapat memberikan perawatan bagi kulit. Salah satu produk yang dapat Anda gunakan adalah CC cream dari Chanel yang diformulasikan untuk melembapkan dan melindungi kulit sekaligus memberikan hasil makeup yang natural, segar bercahaya, dan tahan lama.

CC cream ini memiliki tekstur yang tidak lengket sehingga nyaman diaplikasikan untuk semua jenis kulit. Selain itu, produk ini juga mampu menyamarkan keriput dan garis halus pada wajah, mengurangi kemerahan di kulit, mengecilkan pori-pori sehingga menghasilkan riasan yang lebih halus dan lembut.

1. Diorskin Nude Air Serum Foundation

1. Diorskin Nude Air Serum Foundation

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.305.000

Kulit mulus seperti tanpa menggunakan makeup

Diorskin Nude Air Serum Foundation hadir untuk menemani hari-hari Anda dengan tampilan makeup medium coverage yang natural dan lembut. Teknologi Oxygen Active yang diformulasikan Dior pada produk ini mampu membantu merevitalisasi kulit dan membuatnya semakin cantik setiap harinya. Selain itu, kandungan SPF 25-nya juga dapat melindungi Anda dari paparan sinar matahari.

Tekstur yang ringan dan halus dari produk ini akan membuat Anda merasa seperti sedang menggunakan pelembap saja. Dengan terbuat dari bahan dasar minyak yang mudah menguap, produk ini mampu memberikan hasil riasan yang natural seperti lapisan makeup yang menyatu dengan kulit wajah.

Kesimpulan

Kali ini kmi telah memberikan rekomendasi terbaik base makeup. Bagaimana? Apakah Anda sudah menemukan produk yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda? Base makeup yang baik akan membuat kulit Anda terlihat indah setiap harinya.

Jika Anda memiliki kulit yang indah, Anda juga akan semakin percaya diri untuk bertemu orang baru dengan riasan wajah yang mulus dan natural. Mari temukan base makeup yang paling sesuai dengan Anda dan tampillah cantik setiap harinya!