10 Rekomendasi Pedometer (Penghitung Langkah Kaki) Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Pedometer (Penghitung Langkah Kaki) Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Apakah Anda merasa kurang olahraga? Bila iya, Anda bisa mencoba olahraga paling murah dan mudah, yaitu berjalan kaki. Berjalan kaki berguna untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Selain itu, berjalan dalam jumlah langkah tertentu setiap harinya, bisa mengurangi risiko kerapuhan tulang dan penyakit sendi di usia senja.

Membuat target jumlah langkah setiap harinya akan membuat motivasi Anda untuk berjalan kaki meningkat. Untuk itu, akan lebih praktis bila Anda menggunakan alat penghitung langkah atau pedometer. Nah, bagi Anda yang ingin mengenal pedometer dan berbagai produk pedometer terbaik, simak terus artikel ini!

Daftar isi

Cara memilih pedometer

Kini, semakin banyak orang yang menekuni olahraga berjalan kaki demi menjaga kesehatan. Olahraga yang murah ini juga membantu mengendalikan berat badan, terutama bagi Anda yang sedang diet. Olahraga ini bahkan dipercaya dapat meningkatkan kinerja otak.

Bagi pencinta jalan kaki yang suka memasang target jumlah langkah, memiliki pedometer tentu akan sangat berguna. Dengan jumlah langkah yang terekam pada pedometer, kita dapat mengetahui seberapa jauh kita dari target jumlah langkah. Nah, bagi Anda yang hendak menekuni olahraga jalan kaki dan belum memiliki pedometer, berikut ini kami perkenalkan beberapa tips dalam memilih pedometer.

Pilih berdasarkan jenis mekanisme pedometer

Terdapat 2 jenis mekanisme yang umumnya digunakan pada pedometer, yaitu mekanisme pendulum dan mekanisme 3D motion sensor. Berbeda mekanismenya, maka berbeda pula pemakaian dan cara kerja pedometernya.

Mekanisme pendulum : sederhana dan hanya dapat dipasang di sekitar pinggang

Mekanisme pendulum : sederhana dan hanya dapat dipasang di sekitar pinggang

Mekanisme ini disebut juga mekanisme reed switch. Pada pedometer bermekanisme pendulum, magnet yang terpasang di bagian tengah pendulumnya akan bergerak saat Anda berjalan. Setiap kali Anda berjalan, magnet akan mendekati saklar dan menyalurkan daya listrik. Hasil perhitungan daya listrik itulah yang akan dihitung sebagai jumlah langkah kaki Anda.

Agar mekanisme pendulum bekerja dengan baik, magnet harus bergerak naik turun secara vertikal. Untuk hasil perhitungan langkah yang efektif, Anda perlu memasang pedometer dalam posisi tegak di ikat pinggang atau bagian lain di sekitar pinggang Anda. Bila pedometer terpasang dalam posisi tidur, ada kemungkinan langkah Anda tidak akan terhitung. Untuk itulah, sebaiknya Anda tidak menggunakannya dengan cara memasukkannya ke dalam kantong.

Meskipun Anda memasangnya dengan benar, ada kemungkinan langkah yang terhitung pada pedometer lebih banyak daripada langkah yang sebenarnya Anda lakukan. Karena kelemahannya ini, pedometer yang ditanami mekanisme jenis ini dapat dibeli dengan harga murah di pasaran.

Bagi Anda yang hanya ingin tahu jumlah langkah kaki tanpa mempedulikan ketepatan jumlahnya atau yang memiliki budget terbatas, silakan pilih pedometer dengan jenis mekanisme ini.

Mekanisme 3D motion sensor : penggunaan yang praktis dan serbaguna

Mekanisme 3D motion sensor : penggunaan yang praktis dan serbaguna

Kelemahan pedometer dengan mekanisme pendulum adalah tidak dapat menghitung jumlah langkah secara akurat. Nah, kelemahan ini tidak lagi ada pada pedometer dengan mekanisme 3D motion sensor.

Pada mekanisme ini, getaran pada diafragma pedometer akan menyebabkan elemen piezoelektrik mengalami tegangan deflektif. Mini komputer yang terdapat pada IC-nya dapat membedakan tegangan yang disebabkan oleh langkah kaki dan tegangan yang bukan karena langkah kaki. Karena itulah, pedometer dengan mekanisme ini dapat menghitung jumlah langkah dengan lebih akurat.

Selain akurat, mekanisme ini mengukur langkah melalui gerakan depan-belakang, kiri-kanan, dan atas-bawah. Langkah Anda pun akan tetap terhitung meski Anda menaruh pedometer di dalam tas atau saku Anda. Sebagian besar pedometer keluaran terbaru umumnya telah mengadopsi mekanisme ini.

Kelebihan yang umumnya dimiliki pedometer dengan mekanisme 3D motion sensor di antaranya: bisa tetap menghitung jumlah langkah dengan akurat meski dimasukkan ke dalam kantong atau tas, bisa melakukan perhitungan waktu dan jarak, bisa melakukan pengukuran kalori dan lemak yang terbakar, dan bisa dihubungkan dengan komputer atau smartphone Anda. Bahkan kini juga telah tersedia pedometer yang juga berfungsi sebagai alarm keamanan, uang elektronik, jam, pengingat, dan sebagainya. Dengan berbagai fungsi tambahan ini, Anda pasti jadi lebih bersemangat dalam berjalan kaki, ya!

Pilih fungsi tambahan yang dibutuhkan

Pilih fungsi tambahan yang dibutuhkan

Sekarang ini, pedometer tidak hanya berfungsi untuk menghitung jumlah langkah. Ada pula pedometer yang dilengkapi fungsi penghitung kalori dan lemak yang terbakar berdasarkan jumlah langkah Anda.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, berbagai fungsi lain yang mungkin berguna adalah fungsi rekam data, jam, kalender, pengukuran interval, alarm keamanan, dan uang elektronik. Banyak juga pedometer yang sudah dapat dihubungkan dengan komputer atau smartphone.

Umumnya, semakin banyak fungsi tambahannya, semakin mahal harganya. Karena itu, pedometer pilihan Anda tidak perlu memiliki semua fungsi ini. Anda hanya perlu memilih pedometer dengan fungsi tambahan yang paling Anda butuhkan. Dengan ini, manfaat pedometer pun bisa optimal di tangan Anda.

10 Rekomendasi pedometer terbaik

Setelah menjelaskan mengenai cara-cara memilih pedometer, berikutnya kami akan memperkenalkan beberapa produk pedometer pilihan kepada Anda. Pilihlah pedometer yang fungsinya sesuai dengan kebutuhan Anda!

10. Hoco B2 Fat Tester Pedometer

10. Hoco B2 Fat Tester Pedometer

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 120.000

Fitur koreksi langkah untuk menambah keakuratan

Dalam menghitung langkah, Anda tentu menginginkan hasil perhitungan yang akurat. Meskipun telah menggunakan pedometer, kadang pedometer juga tidak sengaja menghitung gerakan sembarang Anda sebagai langkah. Dengan pedometer ini, Anda dapat mengoreksi jumlah langkah yang telah terekam di dalamnya.

Selain menghitung jumlah langkah, pedometer ini juga mampu mengukur indeks lemak, kalori yang terbakar, dan jarak yang Anda tempuh! Dengan toggle clip design yang compact dan ukuran yang kecil, pedometer ini dapat diselipkan ke pinggang Anda tanpa mengganggu keleluasaan Anda dalam bergerak.

9. Pr Store Super Pedometer with Radio FM

9. Pr Store Super Pedometer with Radio FM

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 46.000

Jalan kaki ditemani siaran radio

Ketika jalan kaki sendirian, kadang kita merasa kesepian. Namun, dengan menggunakan pedometer ini, kesepian Anda pasti hilang. Pedometer ini tidak hanya bisa menghitung jumlah langkah saja, tetapi juga dapat memutarkan siaran radio FM untuk Anda!

Produk ini sudah dilengkapi dengan seperangkat headset di setiap paketnya, jadi Anda tidak perlu khawatir siaran radio yang Anda dengarkan akan mengganggu orang lain. Pedometer ini juga dapat menghitung jarak dan kalori yang terbakar, lho! Dengan pedometer dari Pr Store ini, olahraga jalan kaki Anda pun jadi penuh semangat.

8. FSH Step Counter Walking Pedometer

9. FSH Step Counter Walking Pedometer

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 165.000

Tampilan imut dengan aneka pilihan warna

Siapa bilang desain dan warna pedometer tidak dapat menyesuaikan gaya stylish Anda? Bila Anda suka berpenampilan gaya dan tetap ingin mencapai target dalam berjalan kaki, Anda harus punya pedometer yang satu ini!

Dengan bentuk lonjong dan pilihan warna yang chick, alat ini tidak akan terasa salah tempat untuk ditempelkan pada salah satu bagian tubuh Anda. Pedometer ini juga splash proof, jadi tidak akan rusak meski tidak sengaja terkena cipratan air minum atau genangan air di jalan.

7. Omron Pedometer HJ-203

8. Omron Pedometer HJ-203

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 385.000

Bagaikan memiliki pelatih olahraga pribadi

Apakah Anda termasuk orang yang menentukan target jumlah langkah setiap harinya? Bila iya, pedometer dari Omron ini akan sangat membantu Anda. Dengan teknologi 2D Smart Sensor-nya, alat ini mampu menghitung langkah Anda dengan akurat. Dilengkapi dengan tali dan kait, Anda dapat menggunakannya di leher atau mengaitkannya di pinggang.

Pedometer ini juga mampu mengukur jumlah kalori yang terbakar dengan mengukur langkah dan gerakan tubuh Anda, bahkan hingga gerakan tubuh terhalus sekalipun! Anda akan selalu dapat melihat jumlah langkah atau kalori yang terbakar, sehingga Anda pasti akan semakin termotivasi untuk memenuhi target Anda!

6. Mini Multi-Function Digital Pedometer

7. Mini Multi-Function Digital Pedometer

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 212.000

Fitur sleep function untuk menghemat energi

Bagi Anda yang baru mulai menggunakan pedometer, desain yang simpel dan mudah digunakan akan mempermudah Anda. Pedometer multifungsi ini memiliki layar besar, bobot ringan, dan mudah dibawa-bawa. Pedometer ini bahkan tahan air, jadi tidak masalah bila kehujanan atau tidak sengaja ketumpahan minuman.

Selain dilengkapi fungsi yang cukup lengkap, pedometer ini juga mampu menyimpan data Anda selama 7 hari. Model ini tersedia dalam berbagai pilihan warna yang dapat dipilih sesuai selera. Warna biru dengan kesan unisex ini juga cocok menjadi pilihan!

5. Omron Pedometer HJ-325

6. Omron Pedometer HJ-325

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 295.000

Modus kegiatan yang bisa diatur

Pedometer yang satu ini lebih dari sekedar pedometer. Dengan teknologi 3D Smart Sensor yang canggih, Anda dapat menghitung langkah dengan lebih akurat. Bukan hanya langkah saat berjalan kaki saja, dengan setting modus kegiatan, Anda dapat menghitung berbagai jenis langkah, seperti langkah saat senam aerobik.

Pedometer ini juga dapat menampilkan kalori dan lemak yang terbakar selama Anda berkegiatan. Pas sekali untuk Anda yang sedang diet dan perlu menghitung kalori dengan ketat. Bukan hanya fungsi, desain sederhana khas Omron ini akan membuat Anda cepat terbiasa menggunakannya. Ukurannya yang kecil pas untuk diselipkan ke dalam kantong Anda.

4. U-Trak Dual LCD Talking Pedometer CR-783

5. U-Trak Dual LCD Talking Pedometer CR-783

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 110.000

Memudahkan pengguna dengan tampilan dual LCD

LCD merupakan bagian penting dari sebuah pedometer. Melalui LCD, kita dapat melihat berbagai informasi yang terekam, mulai dari jumlah langkah hingga kalori yang dibakar. Pedometer keluaran U-Trak ini menawarkan dual LCD yang memudahkan penggunanya untuk melihat data yang terekam.

Dilengkapi dengan fitur 7 days memory, Anda juga dapat melihat data yang terekam hingga 7 hari sebelumnya. Ada pula fitur stop counting bagi Anda yang ingin istirahat sejenak saat berjalan kaki. Fiturnya yang user friendly begitu memudahkan penggunanya. Pedometer ini cocok untuk semua orang, terutama bagi lansia yang mulai berkurang daya penglihatannya.

3. Elah 3D Digital Pedometer SM021

4. Elah 3D Digital Pedometer SM021

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 152.000

Tidak lagi kehabisan daya baterai saat menggunakannya!

Pedometer yang kehabisan daya baterai bisa menjadi pengalaman yang tidak menyenangkan bagi Anda. Langkah kaki Anda jadi tidak terhitung. Usaha untuk memenuhi target jumlah langkah pun jadi sia-sia karena target jadi tidak tercapai. Akan tetapi, lain cerita bila Anda menggunakan pedometer dari Elah ini!

Pedometer ini akan mengeluarkan cahaya melalui lampu flash-nya apabila daya baterai hampir habis. Anda pun bisa langsung menyadari dan bisa segera mengisinya. Bobotnya yang ringan dan desainnya yang keren juga akan membuat Anda semakin bersemangat berjalan kaki. Bagi Anda yang ingin mencapai target langkah tanpa gangguan, produk ini adalah solusinya!

2. Omron Pedometer HJ-321

2. Omron Pedometer HJ-321

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 290.000

Desain ramping yang mudah dibawa-bawa

Apakah skinny jeans merupakan salah satu outfit favorit Anda? Kini Anda bisa mengenakan skinny jeans favorit Anda dengan tetap mengantongi pedometer di sakunya tanpa terlihat menggembung. Itu berkat desain ramping memanjang yang dimiliki Omron Pedometer HJ-321. Bobotnya pun ringan bagaikan tidak ada pedometer yang menempel di tubuh Anda.

Dibekali teknologi 3D Smart Sensor, pedometer ini dapat menghitung langkah Anda dengan akurat. Memorinya dapat menyimpan data Anda selama 7 hari. Selain diletakkan di saku, Anda juga dapat menggunakannya dengan meletakkannya di dalam tas atau mengaitkannya di ikat pinggang Anda.

1. Omron Pedometer HJ-313

1. Omron Pedometer HJ-313

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 444.000

Pecahkan rekor jalan kaki Anda sendiri!

Siapa bilang olahraga berjalan kaki itu membosankan dan tidak ada tantangannya? Dengan pedometer ini, Anda dapat menantang diri Anda sendiri melalui fitur mode latihan rekor terbaik. Berkat fitur ini, motivasi Anda dalam meningkatkan jumlah langkah tiap harinya pasti tidak akan surut.

Selain menghitung jumlah langkah, pedometer ini juga akan menunjukkan jumlah kalori dan lemak yang terbakar. Data yang tersimpan pun tidak akan hilang selama 7 hari ke depan. Setiap pembelian produk ini juga disertai garansi 1 tahun. Bagi Anda yang ingin memiliki pedometer berkualitas, produk ini bisa jadi pilihan.

Kesimpulan

Demikian tips dalam memilih pedometer dan beberapa produk pedometer terbaik pilihan kami. Bagi Anda yang sedang dalam program penurunan berat badan maupun ingin sekedar menjaga kesehatan dengan olahraga berjalan kaki, pedometer merupakan perangkat pendukung yang sebaiknya Anda miliki.

Dengan memilih pedometer yang tampilan maupun fungsinya sesuai dengan selera dan kebutuhan, motivasi Anda untuk berjalan kaki pasti meningkat. Anda pun akan jadi lebih bugar dan sehat!