• 10 Rekomendasi Pedometer (Penghitung Langkah Kaki) Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Pedometer (Penghitung Langkah Kaki) Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Pedometer (Penghitung Langkah Kaki) Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Pedometer (Penghitung Langkah Kaki) Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Pedometer (Penghitung Langkah Kaki) Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Pedometer (Penghitung Langkah Kaki) Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Apakah Anda merasa kurang olahraga? Bila iya, Anda bisa mencoba olahraga paling murah dan mudah, yaitu berjalan kaki. Berjalan kaki berguna untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Selain itu, berjalan dalam jumlah langkah tertentu setiap harinya, bisa mengurangi risiko kerapuhan tulang dan penyakit sendi di usia senja.

Membuat target jumlah langkah setiap harinya akan membuat motivasi Anda untuk berjalan kaki meningkat. Untuk itu, akan lebih praktis bila Anda menggunakan alat penghitung langkah atau pedometer. Nah, bagi Anda yang ingin mengenal pedometer dan berbagai produk pedometer terbaik, simak terus artikel ini!
  • Pembaharuan terakhir: 02 Juli 2020
  • 4.012 Views
Daftar isi

Cara memilih pedometer

Kini, semakin banyak orang yang menekuni olahraga berjalan kaki demi menjaga kesehatan. Olahraga yang murah ini juga membantu mengendalikan berat badan, terutama bagi Anda yang sedang diet. Olahraga ini bahkan dipercaya dapat meningkatkan kinerja otak.
Bagi pencinta jalan kaki yang suka memasang target jumlah langkah, memiliki pedometer tentu akan sangat berguna. Dengan jumlah langkah yang terekam pada pedometer, kita dapat mengetahui seberapa jauh kita dari target jumlah langkah. Nah, bagi Anda yang hendak menekuni olahraga jalan kaki dan belum memiliki pedometer, berikut ini kami perkenalkan beberapa tips dalam memilih pedometer.

Pilih berdasarkan jenis mekanisme pedometer

Terdapat 2 jenis mekanisme yang umumnya digunakan pada pedometer, yaitu mekanisme pendulum dan mekanisme 3D motion sensor. Berbeda mekanismenya, maka berbeda pula pemakaian dan cara kerja pedometernya.

Mekanisme pendulum : sederhana dan hanya dapat dipasang di sekitar pinggang

Mekanisme pendulum : sederhana dan hanya dapat dipasang di sekitar pinggang
Mekanisme ini disebut juga mekanisme reed switch. Pada pedometer bermekanisme pendulum, magnet yang terpasang di bagian tengah pendulumnya akan bergerak saat Anda berjalan. Setiap kali Anda berjalan, magnet akan mendekati saklar dan menyalurkan daya listrik. Hasil perhitungan daya listrik itulah yang akan dihitung sebagai jumlah langkah kaki Anda.
Agar mekanisme pendulum bekerja dengan baik, magnet harus bergerak naik turun secara vertikal. Untuk hasil perhitungan langkah yang efektif, Anda perlu memasang pedometer dalam posisi tegak di ikat pinggang atau bagian lain di sekitar pinggang Anda. Bila pedometer terpasang dalam posisi tidur, ada kemungkinan langkah Anda tidak akan terhitung. Untuk itulah, sebaiknya Anda tidak menggunakannya dengan cara memasukkannya ke dalam kantong.
Meskipun Anda memasangnya dengan benar, ada kemungkinan langkah yang terhitung pada pedometer lebih banyak daripada langkah yang sebenarnya Anda lakukan. Karena kelemahannya ini, pedometer yang ditanami mekanisme jenis ini dapat dibeli dengan harga murah di pasaran.
Bagi Anda yang hanya ingin tahu jumlah langkah kaki tanpa mempedulikan ketepatan jumlahnya atau yang memiliki budget terbatas, silakan pilih pedometer dengan jenis mekanisme ini.

Mekanisme 3D motion sensor : penggunaan yang praktis dan serbaguna

Mekanisme 3D motion sensor : penggunaan yang praktis dan serbaguna
Kelemahan pedometer dengan mekanisme pendulum adalah tidak dapat menghitung jumlah langkah secara akurat. Nah, kelemahan ini tidak lagi ada pada pedometer dengan mekanisme 3D motion sensor.
Pada mekanisme ini, getaran pada diafragma pedometer akan menyebabkan elemen piezoelektrik mengalami tegangan deflektif. Mini komputer yang terdapat pada IC-nya dapat membedakan tegangan yang disebabkan oleh langkah kaki dan tegangan yang bukan karena langkah kaki. Karena itulah, pedometer dengan mekanisme ini dapat menghitung jumlah langkah dengan lebih akurat.
Selain akurat, mekanisme ini mengukur langkah melalui gerakan depan-belakang, kiri-kanan, dan atas-bawah. Langkah Anda pun akan tetap terhitung meski Anda menaruh pedometer di dalam tas atau saku Anda. Sebagian besar pedometer keluaran terbaru umumnya telah mengadopsi mekanisme ini.
Kelebihan yang umumnya dimiliki pedometer dengan mekanisme 3D motion sensor di antaranya: bisa tetap menghitung jumlah langkah dengan akurat meski dimasukkan ke dalam kantong atau tas, bisa melakukan perhitungan waktu dan jarak, bisa melakukan pengukuran kalori dan lemak yang terbakar, dan bisa dihubungkan dengan komputer atau smartphone Anda. Bahkan kini juga telah tersedia pedometer yang juga berfungsi sebagai alarm keamanan, uang elektronik, jam, pengingat, dan sebagainya. Dengan berbagai fungsi tambahan ini, Anda pasti jadi lebih bersemangat dalam berjalan kaki, ya!

Pilih fungsi tambahan yang dibutuhkan

Pilih fungsi tambahan yang dibutuhkan
Sekarang ini, pedometer tidak hanya berfungsi untuk menghitung jumlah langkah. Ada pula pedometer yang dilengkapi fungsi penghitung kalori dan lemak yang terbakar berdasarkan jumlah langkah Anda.
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, berbagai fungsi lain yang mungkin berguna adalah fungsi rekam data, jam, kalender, pengukuran interval, alarm keamanan, dan uang elektronik. Banyak juga pedometer yang sudah dapat dihubungkan dengan komputer atau smartphone.
Umumnya, semakin banyak fungsi tambahannya, semakin mahal harganya. Karena itu, pedometer pilihan Anda tidak perlu memiliki semua fungsi ini. Anda hanya perlu memilih pedometer dengan fungsi tambahan yang paling Anda butuhkan. Dengan ini, manfaat pedometer pun bisa optimal di tangan Anda.

10 Rekomendasi pedometer terbaik

Setelah menjelaskan mengenai cara-cara memilih pedometer, berikutnya kami akan memperkenalkan beberapa produk pedometer pilihan kepada Anda. Pilihlah pedometer yang fungsinya sesuai dengan kebutuhan Anda!
10
9
8

FSHStep Counter Walking Pedometer

Rp 0,00

7
6
5
4

U-TrakDual LCD Talking Pedometer

CR-783

Rp 0,00

3

Elah3D Digital Pedometer

SM021

Rp 0,00

2
1

Tabel perbandingan produk pedometer terbaik

Gambar produk
1
Omron Pedometer 1

Omron

2
Omron Pedometer 1

Omron

3
Elah 3D Digital Pedometer 1

Elah

4
U-Trak Dual LCD Talking Pedometer 1

U-Trak

5
Omron Pedometer 1

Omron

6
Mini Multi-Function Digital Pedometer 1

7
Omron Pedometer 1

Omron

8
FSH Step Counter Walking Pedometer 1

FSH

9
Pr Store Super Pedometer with Radio FM 1

Pr Store

10
Hoco B2 Fat Tester Pedometer 1

Hoco

Nama produk

Pedometer

Pedometer

3D Digital Pedometer

Dual LCD Talking Pedometer

Pedometer

Mini Multi-Function Digital Pedometer

Pedometer

Step Counter Walking Pedometer

Super Pedometer with Radio FM

B2 Fat Tester Pedometer

KeunggulanPecahkan rekor jalan kaki A...Desain ramping yang mudah d...Tidak lagi kehabisan daya b...Memudahkan pengguna dengan ...Modus kegiatan yang bisa di...Fitur sleep function untuk ...Bagaikan memiliki pelatih o...Tampilan imut dengan aneka ...Jalan kaki ditemani siaran ...Fitur koreksi langkah untuk...
HargaRp 349.900,00Rp 320.000,00Rp 0,00Rp 0,00Rp 295.000,00Rp 215.800,00Rp 324.000,00Rp 0,00Rp 24.200,00Rp 105.000,00
Tautan produk

Kesimpulan

Demikian tips dalam memilih pedometer dan beberapa produk pedometer terbaik pilihan kami. Bagi Anda yang sedang dalam program penurunan berat badan maupun ingin sekedar menjaga kesehatan dengan olahraga berjalan kaki, pedometer merupakan perangkat pendukung yang sebaiknya Anda miliki.
Dengan memilih pedometer yang tampilan maupun fungsinya sesuai dengan selera dan kebutuhan, motivasi Anda untuk berjalan kaki pasti meningkat. Anda pun akan jadi lebih bugar dan sehat!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Smartwatch Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Smartwatch Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Smartwatch merupakan gadget praktis yang bisa digunakan sebagai jam tangan dan dioperasikan bersama smartphone. Fungsi smartwatch sangat beragam, seperti mengukur tekanan darah, detak jantung, jam tidur, dan lainnya. Bahkan, smartwatch terbaru juga dilengkapi dengan fitur pembayaran elektronik maupun kartu kredit. Supaya tidak bingung dalam memilih, simaklah cara memilih smartwatch sesuai kebutuhan Anda berikut ini. Kami juga memberikan sepuluh rekomendasi produk smartwatch terbaik dari berbagai merek, seperti Garmin, Samsung, Apple, dan lainnya. Cek artikel ini sampai akhir dan temukan smartwatch yang Anda butuhkan!
    Jam tangan & aksesori
    45.785 Views
  • 10 Rekomendasi Kacamata Baca Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Kacamata Baca Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Presbiopi atau rabun dekat adalah ketidakmampuan mata untuk melihat atau membaca dengan jelas tulisan yang berada dalam jarak dekat. Biasanya presbiopi menyerang lansia, tetapi kini anak muda pun sudah ada yang mengalami presbiopi. Penderita biasanya harus menggunakan kacamata baca plus untuk bisa melihat dengan jelas.Kacamata baca kini tersedia dalam beragam jenis, harga, dan desain frame yang bervariasi. Saat ini kami akan memperkenalkan 10 produk kacamata baca yang populer. Selain itu, kami juga akan menjelaskan bagaimana cara memilih kacamata baca dengan tepat. Simak informasinya ya!
    Jam tangan & aksesori
    25.789 Views
  • 10 Rekomendasi Tato Temporer Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Tato Temporer Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Saat menonton festival musik atau berlibur ke pantai, tentu Anda ingin berpenampilan modis. Sentuhan tato temporer dengan motif menarik di tubuh Anda dapat membuat penampilan Anda berbeda dari biasanya. Namun, banyaknya tato temporer yang dijual di pasaran mungkin akan membuat Anda bingung menentukan pilihan.Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih sekaligus merekomendasikan sepuluh tato temporer yang mudah ditemukan di online shop favorit Anda. Saatnya menemukan tato temporer favorit Anda untuk membuat penampilan menjadi lebih fashionable!
    Jam tangan & aksesori
    19.331 Views
  • 10 Rekomendasi Jam Tangan Militer Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Jam Tangan Militer Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Jam tangan militer atau military watch merupakan fashion item populer yang fungsional karena memiliki berbagai fitur tangguh, seperti waterproof, shockproof, dan lain sebagainya. Jenis jam tangan outdoor ini juga hadir dalam berbagai variasi desain, mesin, dan bahan yang dapat dipilih.Anda akan menemukan berbagai jam tangan militer keluaran Garmin, Casio, Luminox, dan sebagainya sehingga bisa saja Anda bingung untuk memilih. Tenang saja, kami akan memberikan rekomendasi jam tangan militer terbaik sekaligus menjelaskan cara memilihnya agar Anda bisa menemukan produk yang paling tepat. Semoga bermanfaat!
    Jam tangan & aksesori
    17.799 Views
  • 10 Rekomendasi Jam Tangan Eiger Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Jam Tangan Eiger Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Eiger memang terkenal dengan produk-produknya yang menunjang aktivitas penjelajahan alam ataupun riding. Salah satunya adalah jam tangan Eiger yang kualitasnya sudah tepercaya dan harganya juga cukup bersahabat. Tidak hanya untuk penjelajahan alam, jam tangan Eiger juga dirancang untuk memberikan gaya yang maksimal pada pemakainya.Dalam artikel kali ini, kami akan membahas tips cara memilih jam tangan Eiger serta memberikan rekomendasinya untuk Anda. Seri mountaineering, riding, serta 1989 ada dalam rekomendasi kami. Jangan sampai ada yang terlewat agar Anda dapat menemukan jam tangan yang pas. Selamat membaca!
    Jam tangan & aksesori
    4.851 Views
  • 10 Rekomendasi Jam Tangan Kayu Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Jam Tangan Kayu Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Umumnya, jam tangan terbuat dari bahan logam, plastik, atau kulit. Nah, kali ini kami ingin memperkenalkan jam tangan yang dibuat dari bahan unik, yaitu kayu. Produsen jam tangan kayu lebih jarang terdengar dibanding produsen jam lainnya. Namun, belakangan ini berbagai produsen jam tangan kayu lokal, seperti Matoa, Lancellot, dan Lima, semakin populer.Ada beberapa pilihan jam tangan kayu berdasarkan jenis kayu dan fitur lainnya. Dalam artikel kali ini, kami akan mengulas tentang pemilihan jam tangan kayu sekaligus memberikan rekomendasi untuk Anda. Simak artikel berikut!
    Jam tangan & aksesori
    11.363 Views
  • 10 Rekomendasi Jam Tangan Gucci Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Jam Tangan Gucci Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Gucci dikenal sebagai high-end brand dari Italia yang menggunakan kulit sebagai materialnya. Tidak hanya tas dan dompet, brand ini juga membuat jam tangan unik yang menarik. Jam tangan Gucci terdiri dari berbagai seri, seperti G-Timeless, Gucci Dive, dan G-Chrono. Banyaknya seri tersebut tentu membuat Anda bingung dalam memilih.Pada artikel ini, kami akan memaparkan cara memilih jam tangan Gucci beserta rekomendasi produk terbaiknya. Jadikan artikel kami sebagai referensi dan temukanlah jam tangan favorit Anda!
    Jam tangan & aksesori
    198 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori