1. TOP
  2. >
  3. Perawatan tubuh & kecantikan
  4. >
  5. Makeup mata
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Eyeliner Cokelat Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Eyeliner Cokelat Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Eyeliner Cokelat Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Eyeliner Cokelat Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Eyeliner Cokelat Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Eyeliner Cokelat Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Eyeliner Cokelat Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Penggunaan eyeliner warna coklat mulai sukses menggantikan warna hitam karena dianggap lebih berkesan natural. Sudah banyak eyeliner merek terkenal, seperti Maybelline dan Revlon, yang dijual di pasaran. Eyeliner coklat lokal, seperti Emina dan Pixy, pun turut meramaikan pasar. Namun, mungkin Anda kerap bingung memilih di antara warna cokelat gelap atau natural.

Karena itu, kami akan memberikan tips memilih eyeliner coklat yang bagus, serta membagikan rekomendasi eyeliner coklat terbaik dalam berbagai bentuk. Ada eyeliner coklat pensil, cair, dan gel. Tersedia pula eyeliner coklat waterproof yang tahan lama. Dibaca sampai selesai, ya!
Diperbaharui 04-04-2022
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Cara memilih eyeliner cokelat

Orang yang gemar merias bagian mata biasanya selalu menyediakan eyeliner hitam di dalam tas makeup. Sebenarnya, eyeliner warna cokelat dapat membuat penampilan Anda tampak lebih natural. Jika Anda masih bingung, simaklah poin-poin berikut saat memilih eyeliner cokelat agar riasan mata Anda menjadi lebih beragam.

① Pilih warna eyeliner cokelat sesuai riasan yang Anda inginkan, cokelat muda atau gelap?

Sebelum memilih eyeliner, Anda harus menentukan warna cokelat seperti apa yang pas untuk tema riasan mata Anda. Sama halnya dengan warna lain, cokelat memiliki ragam warna yang luas. Mulai dari cokelat muda yang mendekati warna krem, hingga cokelat gelap yang kehitaman.

Eyeliner cokelat muda untuk hasil lebih natural

Eyeliner cokelat muda untuk hasil lebih natural

Eyeliner cokelat muda akan memberikan hasil lebih natural pada penampilan Anda. Warna ini juga bisa dipakai di celah antara bulu mata dengan garis kelopak mata untuk hasil riasan yang sempurna. Sejumlah eyeliner cokelat muda bahkan bisa difungsikan sebagai base eyeshadow sehingga lebih praktis. 


Pilihan warna ini tidak hanya memberikan sentuhan berbeda, tetapi juga cocok dengan tema makeup yang lebih sederhana. Bagi Anda yang suka riasan mata yang feminin, warna cokelat muda juga dapat memberikan kesan lebih girly layaknya idol K-Pop.

Eyeliner cokelat gelap untuk hasil dramatis tanpa berlebihan

Eyeliner cokelat gelap untuk hasil dramatis tanpa berlebihan
Apabila Anda menginginkan riasan mata yang tegas, tetapi tidak setegas eyeliner hitam, pilihlah eyeliner cokelat tua atau cokelat gelap. Warna cokelat akan terlihat lebih menyatu di kulit dibandingkan warna hitam. Dengan begitu, riasan mata Anda akan tetap terdefinisi tanpa terlihat too much

Eyeliner cokelat gelap dapat memberikan look dramatis yang cocok untuk sehari-hari serta akhir pekan. Warna cokelat gelap juga bisa memberikan efek bulu mata yang lebih panjang, terutama bila dijadikan wing eyeliner

② Untuk membentuk garis mata yang diinginkan, pilih eyeliner berdasarkan jenisnya

Setiap orang pasti memiliki selera berbeda ketika memilih bentuk dan tekstur eyeliner. Pilihlah eyeliner yang mudah digunakan agar tak terjadi kesalahan atau coretan yang bisa merusak riasan Anda. Mari pahami jenis-jenis eyeliner cokelat berikut ini agar riasan mata Anda lebih memukau.

Jenis pensil: Lebih mudah untuk menggambar garis mata, serta direkomendasikan untuk pemula

Jenis pensil: Lebih mudah untuk menggambar garis mata, serta direkomendasikan untuk pemula
Bagi para pemula yang belum lihai mengaplikasikan eyeliner, jenis pensil adalah produk yang pas untuk Anda. Tidak hanya nyaman untuk digenggam, eyeliner jenis ini dibuat dari bahan yang solid. Hal tersebut akan mempermudah Anda ketika menggambar garis dengan ketebalan yang merata di setiap sisinya.

Eyeliner jenis pensil juga sangat ideal untuk Anda yang menyukai riasan mata natural. Namun, ujungnya yang berbentuk bulat cukup menyulitkan Anda yang ingin menggambar garis tipis dan tajam. Sejumlah eyeliner pensil perlu diraut agar ujungnya bisa menjangkau area tertentu.


Jika Anda menekan terlalu keras saat pengaplikasiannya, eyeliner ini dapat menimbulkan rasa sakit di kelopak mata Anda. Karena itu, Anda juga perlu mempertimbangkan tekstur eyeliner. Area sekitar mata termasuk sensitif sehingga Anda sebaiknya tidak memilih eyeliner pensil yang terlalu keras dan runcing. 

Jenis cair: Mudah untuk menggambar garis tipis di celah antara bulu mata

Jenis cair: Mudah untuk menggambar garis tipis di celah antara bulu mata
Eyeliner cair biasanya dilengkapi dengan ujung kuas kecil. Eyeliner ini memudahkan Anda ketika menggambar garis tipis ataupun tebal. Cara menggunakan eyeliner cair mirip seperti ketika Anda memakai spidol. Teksturnya yang cair membuatnya mudah digunakan di sudut luar mata, serta untuk menggambar garis lekukan mata

Tak hanya itu, jenis ini juga mampu mengisi celah di antara bulu mata. Istimewanya lagi, ujung kuasnya yang lembut memudahkan Anda menggambar garis sesuai ketebalan yang diinginkan. 


Namun, eyeliner cair kurang bersahabat bagi pemula. Apabila Anda belum terbiasa menggunakannya, garis yang dihasilkan bisa tidak seimbang. Karena itu, Anda perlu banyak berlatih agar mahir mengaplikasikannya. 


Ada teknik yang diperlukan agar Anda bisa membuat garis yang rapi. Cara yang termudah adalah dengan menarik kelopak mata ke atas, lalu menggambar garis secara perlahan. Jika hasilnya sempurna, riasan mata Anda juga pasti memuaskan.

Jenis gel: Teksturnya lembut, menghasilkan pigmentasi warna yang baik

Jenis gel: Teksturnya lembut, menghasilkan pigmentasi warna yang baik
Eyeliner jenis gel pada umumnya berbentuk pensil atau dikemas dalam bentuk jar. Teksturnya menyerupai krayon yang cenderung lembut dan creamy. Eyeliner jenis ini mampu menggambar garis yang lebih tegas dibandingkan jenis pensil.

Eyeliner gel biasanya memiliki pigmentasi tinggi dengan warna intens. Jenis ini bisa Anda coba jika menginginkan garis mata yang tajam, tetapi belum mahir menggunakan eyeliner cair. Namun, eyeliner gel yang berbentuk pensil memiliki tekstur yang lebih lunak dan mudah sekali patah. Jadi, berhati-hatilah saat menggunakannya, ya.

③ Perhatikan daya tahan eyeliner

Perhatikan daya tahan eyeliner
Kelopak mata merupakan area yang rentan terkena air mata, sebum, dan keringat. Jika Anda ingin menjaga makeup Anda tetap maksimal, pilihlah produk eyeliner yang tahan lama. Anda bisa menilai daya tahannya dengan melihat fitur yang ditawarkan, misalnya waterproof dan smudgeproof.

Meskipun sekilas tampak serupa, klaim waterproof dan water resistant memiliki perbedaan. Eyeliner dengan klaim waterproof dapat bertahan lebih lama tanpa luntur, bahkan saat beraktivitas di dalam air. Sementara itu, eyeliner yang water resistant mampu menahan percikan air dalam skala kecil. Formulanya juga lebih ringan dan lebih mudah dihapus.


Eyeliner smudgeproof menawarkan formula yang tidak mudah berantakan walau tersentuh atau tergosok. Jadi, saat Anda tidak sengaja mengucek mata, eyeliner akan tetap on point. Nah, untuk membersihkan eyeliner waterproof dan smudgeproof biasanya Anda membutuhkan pembersih khusus agar tidak menyisakan residu.

10 Rekomendasi eyeliner cokelat terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk eyeliner cokelat yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee dan Tokopedia.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Make Over

Eye Liner Pencil (Brown Latte)

Make Over Eye Liner Pencil (Brown Latte) 1枚目

Tak hanya lembut saat diulaskan, kepekatan warnanya juga tinggi!

2

Guèle

Dual Eyeliner (Thana Brown)

Guèle Dual Eyeliner (Thana Brown) 1枚目

Ciptakan lebih banyak riasan mata dengan dua jenis eyeliner

3

Emina

Eye Do! Crayon Pour Les Yeux (Brown)

Emina Eye Do! Crayon Pour Les Yeux (Brown) 1枚目

Mudah digunakan, serta menghasilkan warna riasan mata yang intens

4

Luxcrime

Ultra Stay Eyeliner in Espresso

Luxcrime Ultra Stay Eyeliner in Espresso 1枚目

Warnanya lebih pekat, hasilkan kesan riasan mata yang dramatis

5

BLP Beauty

Power Liner (Copper)

BLP Beauty Power Liner (Copper) 1枚目

Ciptakan riasan ala Korea dengan produk ini!

6

Revlon

ColorStay Eyeliner (Brown)

Revlon ColorStay Eyeliner (Brown) 1枚目

Riasan mata on point berkat smudger dan rautan built-in

7

L.A. Colors

Eyeliner/brow Pencils W/ Sharpener (Carded)

L.A. Colors Eyeliner/brow Pencils W/ Sharpener (Carded) 1枚目

Lebih natural dengan alis dan eyeliner berwarna senada

8

Pixy

Line & Shadow (Copper)

Pixy Line & Shadow (Copper) 1枚目

Bisa dijadikan eyeshadow juga, lho!

9

Maybelline

EyeStudio Lasting Drama Gel Eyeliner (Brown)

Maybelline  EyeStudio Lasting Drama Gel Eyeliner (Brown) 1枚目

Formulanya nyaman untuk mata sensitif dan pengguna lensa kontak

10

Inglot

AMC Eyeliner Gel Matte (90 - Brown)

Inglot AMC Eyeliner Gel Matte (90 - Brown) 1枚目

Andalan para makeup artist berkat daya tahannya

Perincian produk
Close
No.1

Make OverEye Liner Pencil (Brown Latte)

Mulai dari Rp88.000,00

Tak hanya lembut saat diulaskan, kepekatan warnanya juga tinggi!

Eyeliner dari merek asli Indonesia ini memiliki ujung dan tekstur yang lembut. Penggunanya akan lebih mudah membuat garis mata yang tebal tanpa perlu penekanan dan membuat perih kelopak mata.


Sudah dipastikan bahwa Anda akan menyukai warnanya yang highly pigmented. Pilihan warna cokelatnya juga sangat pas dipakai dalam berbagai acara formal ataupun harian. Pilih produk ini bila Anda menyukai riasan mata bold, tetapi tetap tampak natural.

No.2

GuèleDual Eyeliner (Thana Brown)

Mulai dari Rp119.000,00

Ciptakan lebih banyak riasan mata dengan dua jenis eyeliner

Eyeliner yang satu ini direkomendasikan untuk Anda yang gemar mengekspresikan riasan mata. Namun, Dual Eyeliner juga ramah digunakan oleh para pemula, lho!. Dalam satu produk, Anda akan memperoleh eyeliner cokelat berbentuk krayon dan spidol. 


Satu sisi eyeliner memiliki tekstur menyerupai krayon yang lembut untuk kesan mata lebih besar. Sisi lainnya berupa spidol dengan ujung runcing untuk menciptakan garis lebih presisi. Cukup dengan satu produk, Anda bisa menciptakan lebih banyak riasan mata yang menawan!

No.3

EminaEye Do! Crayon Pour Les Yeux (Brown)

Mulai dari Rp63.000,00

Mudah digunakan, serta menghasilkan warna riasan mata yang intens

Apakah Anda ingin membuat smokey eyes dengan mudah menggunakan eyeliner cokelat? Eye Do! Crayon Pour Les Yeux dapat menjadi salah satu alternatif. Emina menyertakan rautan bawaan dan smudger untuk membaurkan produk. 

Keunggulan lain dari produk ini adalah tekstur lembut, serta warna yang intens dan tahan lama saat dipakai. Selain pas untuk pemula, eyeliner Emina juga ideal untuk Anda yang ingin menampilkan riasan mata yang fabulous.
No.4

LuxcrimeUltra Stay Eyeliner in Espresso

Mulai dari Rp109.000,00

Warnanya lebih pekat, hasilkan kesan riasan mata yang dramatis

Produk Luxcrime yang satu ini menyerupai pena dengan kuas yang sangat lembut dan nyaman digunakan. Anda bisa leluasa mengatur ketebalan garis dengan memberikan tekanan pada eyeliner sesuai keinginan. 


Tidak hanya itu, pigmen yang dihasilkan akan terlihat lebih pekat dan bold saat dioleskan pertama kali. Bagi Anda yang menginginkan eyeliner cokelat dengan hasil dramatis dan tahan lama, produk ini sayang untuk dilewatkan.

No.5

BLP BeautyPower Liner (Copper)

Mulai dari Rp109.000,00

Ciptakan riasan ala Korea dengan produk ini!

Riasan ala Korea sering kali menggunakan eyeliner cokelat untuk menciptakan look mata yang tampak lebih besar. Jika Anda senang berdandan ala Korea, cobalah produk ini. Warna cokelatnya yang cerah akan mengisi celah di antara bulu mata agar terlihat alami. 


Eyeliner ini memiliki hasil akhir semi-matte yang cepat mengering dan mudah dibersihkan. Namun, formulanya tetap smudgeproof dan water resistant sehingga tetap awet di riasan mata Anda. 

No.6

Riasan mata on point berkat smudger dan rautan built-in

Bagi Anda yang tidak ingin repot menyediakan rautan terpisah, ColorStay Eyeliner ini bisa dipilih. Revlon menyediakan smudger dan peraut built-in sehingga Anda bisa meruncingkan eyeliner kapan saja. Teksturnya yang lembut, serta warna cokelatnya yang intens, bakal membuat Anda lebih percaya diri. 

Tidak hanya itu, formula yang dihasilkan eyeliner ini diklaim tahan hingga 24 jam. Terlebih, produk ini memiliki tekstur ringan yang mampu melekat optimal di kulit area mata. Jadi, Anda tak perlu takut riasan mata berantakan akibat efek eyeliner yang berat. Eyeliner cokelat yang satu ini juga mudah digunakan. Anda hanya perlu memutarnya saja. 

No.7

L.A. ColorsEyeliner/brow Pencils W/ Sharpener (Carded)CBPN223

Mulai dari Rp39.000,00

Lebih natural dengan alis dan eyeliner berwarna senada

Produk ini merupakan pilihan tepat bila Anda mencari eyeliner cokelat dengan harga ekonomis. Set produk dari L.A. Colors terdiri dari dua buah pensil dan sebuah rautan. Pensil tersebut dapat digunakan sebagai eyeliner, serta untuk menebalkan alis Anda. 


Jadi, Anda bisa tampil percaya diri dengan alis dan garis mata yang sewarna. Produk ini juga memiliki formula yang lembut dan tahan lama sehingga pas untuk riasan natural sehari-hari.

No.8

Bisa dijadikan eyeshadow juga, lho!

Produk lokal ini tidak hanya dapat digunakan sebagai eyeliner, tetapi juga bisa menjadi eyeshadow. Pixy Line & Shadow memiliki tekstur yang empuk dan creamy sehingga mudah diratakan. Dengan sekali polesan, warna yang dihasilkan tampak nyata dan nyaman di kelopak mata.


Selain itu, formulanya waterproof dan smudgeproof sehingga tidak mudah luntur. Eyeliner ini dapat menjadi pilihan bila Anda membutuhkan eyeshadow, eyeliner, dan eyeshadow base dalam satu produk. Namun, produk ini tidak dilengkapi rautan bawaan dan tidak retractable sehingga Anda perlu merautnya saat tumpul. 

No.9

Maybelline EyeStudio Lasting Drama Gel Eyeliner (Brown)

Mulai dari Rp160.000,00

Formulanya nyaman untuk mata sensitif dan pengguna lensa kontak

Meski teksturnya gel, eyeliner ini tahan lama dan tidak mudah menggumpal ketika digunakan. Hasil riasan mata Anda juga akan lebih maksimal karena warnanya langsung keluar dalam sekali polesan. Formulanya tak akan luntur saat terkena keringat atau sebum walaupun dipakai seharian.


EyeStudio Lasting Drama Gel Eyeliner juga sudah dilengkapi dengan aplikator brush untuk mempermudah pengaplikasian. Anda yang menggunakan lensa kontak atau memiliki area mata sensitif patut mempertimbangkannya. Hal tersebut berkat adanya hasil lolos uji ophthalmologist, dermatologist, dan allergy test dari produk Maybelline.

No.10

InglotAMC Eyeliner Gel Matte (90 - Brown)

Mulai dari Rp300.000,00

Andalan para makeup artist berkat daya tahannya

Jika Anda seorang makeup artist, produk ini layak dipertimbangkan. Meskipun harganya cukup pricey, kualitas yang ditawarkan cukup sebanding. Eyeliner cokelat berbentuk gel ini diklaim memiliki daya tahan tinggi. 


Tidak hanya waterproof dan smudgeproof, AMC Eyeliner Gel Matte juga dinyatakan crease-proof. Dengan hasil akhir matte, produk ini memiliki pigmentasi tinggi sehingga daya coverage-nya maksimal. Riasan klien Anda jadi makin memukau dan tahan lama, deh!

Baca juga rekomendasi eyeliner lainnya di sini

Kesimpulan

Setelah menyimak penjelasan di atas, apakah Anda sudah menemukan eyeliner cokelat yang dibutuhkan? Eyeliner cokelat bisa menjadi pilihan yang tepat jika Anda ingin membuat kesan yang berbeda dari riasan mata. Selain itu, hasil makeup Anda juga akan terlihat lebih natural.

Dengan eyeliner warna cokelat, Anda tak perlu khawatir terlihat menor, terutama saat ingin berdandan untuk ke kantor, kampus, atau kegiatan sehari-hari. Segera temukan eyeliner cokelat favorit Anda dan selamat mencoba!

5 Rekomendasi Eyeliner Cokelat terbaik

No. 1Make OverEye Liner Pencil (Brown Latte)

No. 2GuèleDual Eyeliner (Thana Brown)

No. 3EminaEye Do! Crayon Pour Les Yeux (Brown)

No. 4LuxcrimeUltra Stay Eyeliner in Espresso

No. 5BLP BeautyPower Liner (Copper)

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer