10 Rekomendasi Alat Pengukur Tekanan Darah Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Alat Pengukur Tekanan Darah Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Apakah Anda termasuk orang yang rajin mengecek tekanan darah secara rutin untuk sekedar mencari tahu seberapa tinggi tensi tekanan darah Anda? Biasanya, tekanan darah tinggi dan darah rendah dapat dijadikan sebagai salah satu indikator bahwa Anda menderita sakit tertentu. Untuk mengetahuinya, Anda memerlukan alat pengukur tekanan darah, atau yang biasa disebut dengan tensimeter.

Merek seperti Dr Care, Family Dr, Zappie, dan Terumo adalah contoh produk tensimeter dengan penggunaan yang mudah, dilengkapi dengan fitur canggih, serta dapat disambungkan dengan smartphone. Pada artikel kali ini, kami akan memberikan tips cara memilih tensimeter, berikut dengan 10 rekomendandasi produknya. Silahkan disimak.

Daftar isi

Cara memilih alat pengukur tekanan darah

Untuk orang yang menderita suatu penyakit, biasanya tekanan darah harus diukur pada jam yang sama setiap harinya. Oleh karena itu, penting untuk memilih tensimeter yang mudah digunakan dan dapat dipakai untuk jangka waktu yang lama.

Berikut akan kami berikan tips memilih tensimeter, yang dapat Anda jadikan referensi untuk menemukan tensimeter yang sesuai untuk Anda.

Pilih berdasarkan tipenya

Pada umumnya, tensimeter dibagi menjadi 3 jenis tipe yaitu digunakan dengan cara dililitkan pada pergelangan tangan, dililitkan pada lengan atas, dan tipe yang diselipkan pada lengan atas. Masing-masing tipe memiliki kelebihan dan kelemahannya masing-masing. Berikut adalah penjelasannya.

Tipe yang dililitkan pada pergelangan tangan

Tipe yang dililitkan pada pergelangan tangan

Cara menggunakan tensimeter tipe ini sangat mudah. Cukup dengan melilitkan karet yang terbungkus kain, atau yang biasa disebut cuff, pada pergelangan tangan Anda. Dibandingkan dengan tipe yang dipakai di lengan atas, tipe alat pengukur tekanan darah pada pergelangan tangan ini lebih mudah dipakai. Ukurannya yang kecil juga memudahkan Anda saat menyimpannya.

Namun, karena letaknya di pergelangan tangan yang mudah bergerak, tipe alat ukur ini lebih tidak stabil. Untuk itu, agar menunjukkan hasil yang akurat, penggunanya perlu duduk diam dan memposisikan pergelangan tangan sama tinggi dengan jantung. Walaupun cara penggunaanya sedikit sulit karena banyak aturan yang harus dipatuhi, namun karena bentuknya yang simpel menjadikan alat pengukur ini sangat praktis dan mudah dibawa kemana-mana.

Tipe yang dililitkan pada lengan atas

Tipe yang dililitkan pada lengan atas

Ada 2 jenis tipe tensimeter yang diletakan pada lengan bagian atas, salah satunya adalah tipe yang dililitkan. Tipe alat pengukur tekanan darah yang ini digunakan dengan cara memasang cuff yang tersambung dengan alat pengukur utamanya, seperti yang terlihat pada gambar. Jenis alat pengukur darah tipe ini banyak digunakan di dunia medis kesehatan karena hasilnya lebih akurat.

Pada saat pengukuran, kain perlu dililitkan pada lengan yang posisinya harus sama tinggi dengan letak jantung. Walaupun agak repot karena harus melilitkan kain di lengan, namun karena hasilnya lebih akurat, banyak orang yang menyukai alat pengukur tipe ini.

Tipe yang diselipkan pada lengan atas

Tipe yang ditempelkan pada lengan atas

Untuk mengukur tekanan darah dengan alat ini, pengguna harus selalu berada pada posisi duduk yang sama. Meskipun demikian, alat pengukur darah dengan tipe ini cara menggunakannya sangat mudah. Hanya tinggal menyelipkan lengan Anda ke dalam cuff yang sudah menempel pada alat ini, lalu tunggu beberapa saat sampai hasilnya keluar pada layar indikator. Tipe alat pengukur ini sangat simpel karena cukup diletakkan di meja dan dapat segera digunakan. Dibandingkan dengan 2 tipe lainnya, angka yang tertera pada alat ini menunjukkan hasil yang paling akurat karena tidak terganggu oleh gerakan tubuh kita. Dengan alat ini, Anda juga tidak perlu repot melilit lengan Anda dengan kain cuff.

Tipe alat ukur ini biasanya dapat Anda temukan pada fasilitas umum yang berhubungan dengan rumah sakit seperti lembaga PMI , klinik, dan sebagainya. Dibandingkan dengan 2 alat yang lain, ukuran alat ini jauh lebih besar. Meskipun demikian, baru-baru ini, alat ini banyak dijual dengan versi yang lebih kecil sehingga lebih mudah disimpan dan tidak memakan tempat penyimpanan. Sangat cocok untuk Anda yang membutuhkan hasil yang akurat dan mempunyai ruang untuk meletakkan alat ini dirumah.

Pilih lebar kain yang sesuai dengan kebutuhan Anda

Pilih lebar kain yang sesuai dengan kebutuhan Anda

Apapun jenis alat pengukur darahnya, diperlukan cuff untuk mengukur tekanan darah tinggi dan darah rendah. Untuk itu, Anda juga perlu memilih cuff yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pada umumnya, panjang cuff pada tipe pergelangan tangan adalah sekitar 13-22 cm, dan pada tipe lengan atas adalah 20-32 cm. Beberapa model tensimeter ada yang cuff nya bisa diganti. Jadi, sebelum membeli pilihlah ukuran cuff yang pas dan sesuai dengan lengan Anda, atau Anda juga bisa membelinya secara terpisah.

Pertimbangkan yang bisa disambungkan dengan smartphone atau laptop

Pertimbangkan yang bisa disambungakan dengan smartphone atau laptop

Membuat catatan tekanan darah sangat penting untuk orang-orang yang perlu mengukur tekanan darah setiap hari. Beberapa pasien rumah sakit misalnya, ada yang harus memberikan catatan tekanan darah harian untuk diperiksa oleh dokter.

Alat pengukur tekanan darah merupakan salah satu alat medis yang telah digunakan sejak lama. Beberapa alat pengukur darah ada juga yang sudah dilengkapi dengan memori penyimpanan, namun memorinya masih terbatas. Oleh sebab itu, baru-baru ini banyak diciptakan alat pengukur tekanan darah yang bisa disambungkan ke smartphone atau laptop yang memiliki lebih banyak memori penyimpanan. Sangat cocok untuk Anda yang membutuhkan catatan tekanan darah harian, baik dalam bentuk catatan maupun data grafis. Tidak hanya itu, ada juga produk yang dapat disimpan di memori USB atau dapat tersambung dengan bluetooth. Jadi, pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan Anda. 

10 Rekomendasi alat pengukur tekanan darah terbaik

Berikutnya akan kami rekomendasikan 10 alat pengukur darah terbaik. Mulai dari desain yang simpel dan sederhana, sampai yang modern dan canggih. Karena pengukur darah sangat penting untuk manajemen kesehatan Anda, pastikan Anda memilih yang sesuai ya.

10. Omron HEM 7320

10. Omron HEM 7320

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.239.000

Dilengkapi dengan teknologi cuff wrapping guide

Alat pengukur tekanan darah digital keluaran Omron ini membuat pencacatan darah lebih akurat karena dilengkapi dengan teknologi cuff wrapping guide, yang menampilkan indikator pada layar untuk  menginformasikan bahwa cuff telah terpasang dengan benar. Tidak hanya itu saja, tensimeter ini juga dilengkapi dengan memori yang dapat mencatat sampai 90 data pengukuran lengkap dengan informasi tanggal dan waktu.

Canggihnya lagi, tidak hanya tekanan darah saja, tensimeter ini juga dapat mendeteksi detak jantung yang tidak teratur lewat ikon peringatan yang akan muncul di layar. Dengan adanya fungsi ini, alat ini begitu praktis untuk Anda yang ingin selalu waspada terhadap penyakit jantung yang bisa saja menyerang kapanpun.

9. Omron HEM 8712

9.Omron HEM 8712

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 445.000

Dilengkapi dengan teknologi intellisense yang akurat

Tensimeter yang satu ini cocok untuk Anda yang sekedar ingin tahu tekanan darah Anda. Dilengkapi dengan indikator simbol detak jantung yang akan menyala apabila nilai tekanan sistolik/diastolik melebihi 135mmHg/85mmHg. Selain itu, dengan harganya yang terjangkau dan mampu memberikan hasil yang akurat, membuat tensimeter ini banyak dipakai oleh tenaga medis di seluruh dunia. 

Tidak hanya itu saja, teknologi intelli sense yang terdapat pada alat ini dapat membuat cuff menempel  dan menekan dengan nyaman di lengan Anda. Jadi, Anda hanya tinggal memasangnya di lengan Anda dan menekan tombol start. Sangat mudah, bukan?

8. OEM Tensimeter Digital

8. OEM Tensimeter Digital

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 233.000

Tensimeter pergelangan tangan dengan auto switch off

Dengan bentuk yang kecil dan menggunakan dua buah baterai AAA sebagai sumber dayanya, tensimeter ini begitu praktis dan mudah digunakan. Anda hanya tinggal memasangnya pada pergelangan tangan, kemudian tekan tombol on, dan hasil tekanan darah Anda akan muncul pada layar.

Selain itu, keunggulan lain yang dimiliki tensimeter ini adalah adanya fungi auto switch off, dimana alat akan mati secara otomatis apabila tidak digunakan dalam waktu 3 menit sehingga lebih hemat baterai. Tensimeter ini adalah tensimeter yang bisa Anda andalkan untuk di rumah maupun untuk Anda yang sering bepergian.

7. Zappie B02R

7. Zappie B02R

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 219.000

Dilengkapi dengan teknologi auto inflation dalam bahasa Inggris

Yang membedakan tensimeter digital keluaran Zappie dengan tensimeter lainnya adalah karena produk ini dilengkapi dengan teknologi auto inflation dalam bentuk suara dalam bahasa Inggris. Hal ini sangat membantu untuk Anda yang memiliki penglihatan kurang baik karena Anda bisa mendengar hasilnya secara langsung tanpa harus melihat layar yang terkadang terlihat buram.

Selain bisa dinyalakan dengan tenaga baterai, tensimeter digital ini juga bisa dicas dengan menggunakan charger smartphone micro USB. Tidak hanya itu saja, setiap pembelian tensimeter ini juga dilengkapi dengan kantong sehingga praktis untuk dibawa bepergian. Kini, Anda pun bisa membawa tensimeter ini kemana pun Anda pergi.

6. Family Dr AF 701 F

6. Family Dr AF 701 F
Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 999.000

Teknologi real fuzzy untuk menyesuaikan ukuran lengan

Ini dia produk pilihan untuk Anda yang sering kesulitan menemukan tensimeter dengan cuff yang pas untuk lengan Anda. Dilengkapi dengan teknologi real fuzzy, produk ini dapat menentukan tekanan ideal manset berdasarkan tekanan darah sistolik dan ukuran lengan penggunanya sehingga dijamin hasil yang Anda dapatkan pun akan akurat.

Selain itu, tensimeter ini juga dapat menyimpan 120 data untuk 2 pengguna dan menampilkan rata-rata dari 3 kali hasil pengukuran terakhir. Jika Anda menginginkan tensimeter dengan fasilitas yang memadai dan harga terjangkau, produk ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda.

5. Omron HEM- 7322

5. Omron HEM- 7322
Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 2.500.000

Tensimeter dengan keakuratan yang tinggi

Tensimeter keluaran Omron tipe yang satu ini memiliki beberapa keunggulan seperti, daya tahan baterai yang tahan lama hingga 1500 kali pengukuran, teknologi intellisense yang membuat pengukuran menjadi lebih akurat, serta dilengkapi dengan indikator pemakaian manset yang akan semakin memudahkan Anda saat memakainya.

Tidak hanya itu saja, tensimeter ini juga bisa menampilkan rata-rata 3 kali pengukuran, dan memori yang mampu mencatat hingga 90 data. Kecanggihan dan keakuratannya ini membuat alat ini cocok untuk Anda yang perlu mengukur tensi darah Anda setiap hari untuk dicek oleh dokter.

4. Beurer BM5

4. Beurer BM5

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.439.000

Desain unik buatan Jerman

Tensimeter keluaran Jerman yang satu ini diciptakan dengan desain oval yang unik. Tidak seperti tensimeter pada umumnya, pada tensimeter ini terdapat tombol start dan stop yang dilengkapi dengan lampu dan sensor sentuh, yang memudahkan Anda ketika menggunakannya.

Tidak hanya itu saja, tensimeter ini juga dapat disambungkan secara portabel karena dilengkapi dengan kabel USB. Jadi, Anda dapat menyimpan data-data kesehatan Anda secara lebih detail, dengan cara menyambungkannya ke laptop.

3. Dr Care HL 168

3. Dr Care HL 168

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 175.000

Tensimeter pergelangan tangan berkapasitas memori untuk 2 pengguna

Tensimeter pergelangan tangan satu ini didesain dengan layar yang lebar sehingga memudahkan pengguna untuk memakainya. Produk ini juga cukup mudah pengoperasiannya, karena hanya menggunakan 1 tombol yang secara otomatis akan mengukur tekanan darah.

Tensimeter ini dapat menyimpan memori untuk 2 pengguna dengan masing-masing kapasitas 60 memori. Selain itu, tensimeter ini juga dapat mendeteksi aritmia atau detak jantung yang tidak teratur sehingga Anda bisa langsung tahu jika kondisi kesehatan Anda menurun. 

2. Family Dr TD-3124

2. Family Dr TD-3124

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 350.000

Dilengkapi dengan teknologi comfort inflation

Tensimeter buatan Swiss satu ini diciptakan dengan berbagai macam kecanggihan. Salah satunya adalah teknologi comfort inflation yang membuat Anda tidak perlu mengukur tingkat inflasi cuff, karena dapat secara otomatis menggembung dengan sistem kontrol udara yang mutakhir.

Tidak hanya itu, tensimeter ini juga dilengkapi dengan memori yang dapat menyimpan sampai 100 pengukuran. Sangat cocok untuk Anda yang memiliki sakit jantung dan membutuhkan pengukuran tensi secara berkala setiap hari. 

1. Omron JPN 1

1. Omron JPN 1
Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.350.000

Menggunakan teknologi pengukuran Oscilometry

Satu lagi tensimeter keluaran Jepang produksi Omron yang diminati banyak orang. Tensimeter yang satu ini dilengkapi dengan teknologi Oscilometry, yang mampu membaca denyut jantung hingga maksimal 180, dan membaca tekanan darah hingga 0-299mmHg dengan lebih akurat.

Menggunakan tenaga 4 baterai AA yang dapat bertahan sampai 1500 kali pengukuran, produk ini bisa awet dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama. Dilengkapi juga dengan kantong penyimpanan, Anda bisa menyimpan alat ini dengan lebih mudah dan aman.

Kesimpulan

Kebiasaan mengukur tekanan darah adalah langkah pertama untuk mencegah komplikasi serius, terutama bagi Anda yang memiliki hipertensi atau darah tinggi. Semoga melalui artikel ini Anda bisa lebih paham mengenai tensimeter dan dapat menemukan produk yang sesuai dengan kondisi kesehatan Anda. Selamat memilih!