• 10 Rekomendasi Alat Pengukur Tekanan Darah Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Alat Pengukur Tekanan Darah Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Alat Pengukur Tekanan Darah Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Alat Pengukur Tekanan Darah Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Alat Pengukur Tekanan Darah Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Alat Pengukur Tekanan Darah Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Tekanan darah merupakan parameter kondisi kesehatan yang pemeriksaannya sering kali dilakukan di fasilitas kesehatan. Namun, bila Anda memiliki alat pengukur tekanan darah atau tensimeter sendiri, Anda dapat memeriksa tekanan darah di rumah. 


Merek-merek, seperti Omron, Beurer, dan Elvasense menawarkan berbagai macam tensimeter, baik yang dipakai di lengan atas ataupun pergelangan tangan. Dari banyaknya pilihan tersebut, Anda mungkin kesulitan untuk memilihnya. Maka dari itu, kami akan memberikan rekomendasi alat pengukur tekanan darah yang lengkap dengan cara memilihnya. Selamat memilih dan pantaulah kesehatan Anda setiap hari!

  • Pembaharuan terakhir: 25 Januari 2021
  • 95.545 Views
Daftar isi

Cara memilih alat pengukur tekanan darah

Alat pengukur tekanan darah dibutuhkan untuk memeriksa tekanan darah dan memastikan kesehatan selalu terjaga. Lalu, apa saja yang perlu diperhatikan saat memilih alat pengukur tekanan darah? Mari ketahui detailnya di bawah ini!

Ketahui metode pengukurannya

Ada dua metode pengukuran yang dipakai di dalam tensimeter, yaitu oscillometric dan korotkoff. Pahami cara kerja dari masing-masing metode tersebut dan pilihlah yang paling sesuai untuk Anda!

Metode oscillometric, dapat diandalkan untuk penggunaan di rumah

Metode oscillometric, dapat diandalkan untuk penggunaan di rumah

Apabila Anda mencari alat yang simpel dan akurat, pilihlah alat pengukur tekanan darah yang menggunakan metode oscillometric. Alat ini mendeteksi perubahan gelombang nadi dan bukan suara. 


Strukturnya yang sederhana membuat risiko kesalahan pemeriksaan lebih rendah. Di samping itu, metode ini tidak dipengaruhi oleh bunyi sehingga kecil kemungkinan terjadi kekeliruan. Saat ini, kebanyakan alat pengukur tekanan darah yang digunakan di rumah memakai metode ini. 

Metode korotkoff, serupa dengan metode yang dilakukan di fasilitas kesehatan

Metode korotkoff, serupa dengan metode yang dilakukan di fasilitas kesehatan

Metode korotkoff direkomendasikan bagi Anda yang ingin menggunakan metode yang sama dengan metode di rumah sakit. Pada metode ini, lengan atas diremas oleh manset atau cuff lalu didekompresi. Tekanan darah diukur berdasarkan suara pembuluh darah dan pengukur merkuri. Cara ini juga digunakan oleh dokter saat mengukur tekanan darah dengan bantuan stetoskop. 


Untuk pemakaian di rumah, cuff ini dilengkapi dengan mikrofon yang dapat menangkap suara pembuluh darah. Jadi, Anda tidak perlu memakai stetoskop. Bagi Anda yang kesulitan melilitkan cuff sendiri, tersedia juga model yang memungkinkan Anda untuk memasukkan lengan saja. Saat pemeriksaan, sebaiknya lakukanlah di lingkungan yang sepi karena keakuratan alat ini sangat dipengaruhi oleh kebisingan. 

Pilih berdasarkan posisi penggunaannya

Terdapat tiga tipe alat pengukur tekanan darah yang dapat dipakai di rumah. Tipe-tipe tersebut adalah yang digunakan di pergelangan tangan, dililitkan pada lengan atas, serta diselipkan pada lengan atas. Kami akan menunjukkan kelebihan dan kekurangan dari masing-masing tipe tersebut. Silakan pilih yang paling sesuai untuk kebutuhan Anda.

Tipe yang digunakan di pergelangan tangan, mudah dibawa dan harganya bersahabat

Tipe yang digunakan di pergelangan tangan, mudah dibawa dan harganya bersahabat
Tipe alat yang digunakan di pergelangan tangan direkomendasikan bagi Anda yang ingin membawa alat pengukur tekanan darah selama bepergian. Harganya relatif lebih terjangkau dan bentuknya lebih ringkas dibandingkan tipe alat yang dipasang pada lengan atas. Dengan demikian, Anda tidak membutuhkan banyak ruang untuk menyimpannya.

Namun, alat ini sering kali memiliki hasil pemeriksaan yang fluktuatif. Jika tinggi lengan berbeda 10 cm maka hasil tekanan darah bisa menghasilkan selisih hingga 10 mmHg. Maka dari itu, usahakan untuk menjaga postur tetap stabil dan tidak banyak bergerak saat sedang memakai alat ini. 

Tipe yang dililitkan pada lengan atas, hasilnya lebih akurat

Tipe yang dililitkan pada lengan atas, hasilnya lebih akurat
Sesuai namanya, pengukuran dengan alat ini menggunakan cuff yang dililitkan pada lengan bagian atas. Tipe ini direkomendasikan bagi Anda yang mementingkan stabilitas hasil pemeriksaan dengan harga yang sesuai. Karena angka yang didapat lebih akurat, sebagian fasilitas kesehatan juga menggunakannya.

Tipe ini merupakan alat pengukur tekanan darah yang sangat umum dipakai di rumah sehingga pilihannya sangat banyak. Namun perlu diingat, cuff perlu dililitkan dengan cara yang tepat. Dibutuhkan waktu sampai Anda terbiasa melilitkannya dengan benar. Hal ini dapat menyulitkan, khususnya bagi para lansia. Untuk itu, Anda dapat menimbang tipe ketiga di bawah ini sebagai alternatif pilihan lainnya. 

Tipe yang diselipkan pada lengan atas, hasil tidak bias karena gerakan tubuh

Tipe yang diselipkan pada lengan atas, hasil tidak bias karena gerakan tubuh
Tipe yang satu ini sangat direkomendasikan bagi Anda yang mengedepankan akurasi hasil pemeriksaan. Anda cukup meletakkan alat di meja dan memasukkan lengan ke dalam cuff. Cara ini dapat meminimalkan kekeliruan pada pemeriksaan. Jika Anda perlu memeriksa tekanan darah setiap hari, tipe ini dapat menjadi pilihan. 

Dengan alat ini, Anda tidak perlu mengkhawatirkan cara pemasangan cuff yang tepat. Para lansia pun dapat menggunakannya dengan mudah. Sayangnya, ukuran alat ini relatif besar dan harganya pun kurang ekonomis. Alat ini kurang efisien apabila dibawa bepergian dan lebih cocok diletakkan di suatu tempat. Meskipun demikian, tipe ini sesuai untuk Anda yang perlu memeriksa tekanan darah beberapa kali dalam sehari. 

Pilih yang memiliki fitur informasi nilai rata-rata tekanan darah

Pilih yang memiliki fitur informasi nilai rata-rata tekanan darah

Untuk mencegah strok dan serangan jantung, Anda disarankan untuk memeriksa hipertensi pagi hari atau early morning hypertension. Pasalnya, gejala terkait gangguan sistem kardiovaskuler dan otak kerap muncul pada pagi hari. 


Maka dari itu, Anda perlu waspada bila mengalami hipertensi pada pagi hari. Begitu juga dengan hipertensi pada malam hari yang terkadang tidak mudah dideteksi bila harus ke rumah sakit. Jadi, pemeriksaan di rumah akan sangat membantu.


Tensimeter yang dapat menunjukkan angka rata-rata dari hasil pemeriksaan pagi dan malam hari dapat menjadi sarana deteksi dini. Hal ini sangat bermanfaat untuk memastikan perawatan yang cepat dan tepat. 

Cari cuff yang sesuai dengan lingkar lengan

Cari cuff yang sesuai dengan lingkar lengan
Semua alat pengukur tekanan darah dilengkapi dengan cuff untuk menekan pembuluh darah. Cuff yang terlalu ketat atau longgar akan membuat hasil pemeriksaan menjadi tidak akurat. Maka dari itu, pilihlah alat yang ukuran cuff-nya pas dengan lengan atau pergelangan tangan Anda. 

Anda dapat memilih alat dengan diameter cuff 13–22 cm untuk tipe pergelangan tangan. Sementara untuk tipe lengan atas, Anda dapat memilih ukuran cuff 20–32 cm. Ukuran tersebut umumnya pas untuk kebanyakan orang. 


Tersedia pula alat yang cuff-nya dapat diganti bila lengan Anda lebih besar atau lebih kecil dibandingkan ukuran pada umumnya. Jika ukuran cuff reguler tidak pas, pertimbangkan untuk membeli alat yang cuff-nya dapat diganti. 

Periksa adanya indikator ketepatan postur dan cuff

Periksa adanya indikator ketepatan postur dan cuff

Pengukuran yang tepat tidak akan diperoleh bila cuff longgar dan postur tubuh tidak tepat. Sayangnya, tidak mudah untuk mengetahui apakah pemasangan cuff sudah sesuai atau belum. 


Pada kasus yang demikian, disarankan untuk memakai alat yang memiliki indikator ketepatan pemakaian. Pengukuran yang akurat dapat dicapai bila alat dapat menampilkan ikon yang menunjukkan ketepatan pemakaian cuff dan ketepatan postur. 

Temukan alat yang memiliki daya AC dan baterai

Temukan alat yang memiliki daya AC dan baterai

Alat pengukur tekanan darah umumnya memiliki dua macam sumber daya. Ada yang menggunakan daya AC dari arus listrik dan ada yang dayanya berasal dari baterai. Bila Anda hanya menggunakan tensimeter di rumah saja, alat dengan sumber daya AC dapat menjadi pilihan. Namun, bila Anda kerap memakainya saat bepergian, sebaiknya pilih alat dengan sumber daya baterai. 


Bagi Anda yang ingin menggunakannya di rumah atau saat bepergian, pilihlah alat dengan dua macam sumber daya tersebut. Belakangan ini, tersedia pula pilihan alat pengukur tekanan darah yang dayanya dapat diisi ulang. Alat jenis ini sangat mudah digunakan, baik di rumah maupun saat bepergian. 

Pilih alat yang memiliki fitur manajemen untuk penggunaan bersama

Pilih alat yang memiliki fitur manajemen untuk penggunaan bersama

Bila Anda memakai alat pengukur tekanan darah bersama anggota keluarga lain, pilihlah produk yang memiliki fitur manajemen pengguna. Karena hasil pengukuran biasanya direkam untuk masing-masing pengguna, fitur ini memungkinkan Anda untuk dapat melacak hasil pemeriksaan. Penyebutan fungsi ini mungkin berbeda tergantung pada produsen alatnya. Oleh karena itu, periksalah juga hal ini sebelum Anda membeli produknya.

Pertimbangkan model yang dapat disambungkan dengan smartphone atau komputer

Pertimbangkan model yang dapat disambungkan dengan smartphone atau komputer

Alat yang dapat dihubungkan dengan smartphone atau komputer layak dipilih apabila tekanan darah Anda perlu diperiksa setiap hari. Dengan menghubungkan hasil pemeriksaannya, data pun dapat dikelola melalui gawai. Data tersebut juga dapat dibagikan kepada pihak ketiga seperti dokter keluarga. 


Di samping itu, fungsi ini dapat menjawab persoalan akan terbatasnya data yang dapat direkam oleh tensimeter. Di dalam smartphone atau komputer, Anda dapat merekam data hasil pemeriksaan dalam jangka waktu yang panjang. Anda juga dapat mengubah data tersebut ke dalam bentuk grafik. Jadi, Anda pun lebih mudah untuk membuat catatan tekanan darah Anda. 


Metode untuk transfer data hasil pemeriksaan mungkin berbeda pada masing-masing produk. Ada produk yang memanfaatkan teknologi Bluetooth, NFC, USB, dan lain sebagainya. Anda dapat memilih yang dirasa paling mudah penggunaannya. 

10 Rekomendasi alat pengukur tekanan darah terbaik

Mengingat pentingnya memeriksa tekanan darah secara rutin, Anda pun perlu memiliki alat pengukur tekanan darah di rumah. Di bawah ini, kami akan merekomendasikan pilihan alat pengukur tekanan darah terbaik. Simak dan pilih yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda, ya!
10

OneMed-MedicomTensimeter Digital dengan Suara

TensiOne 1A

Mulai dari Rp 425.000,00

Posisi penggunaanLengan atas
Perhitungan rata-rata tekanan darahYa
Ukuran cuff22–32 cm
Sumber dayaBaterai
Indikator ketepatan pemasangan cuffYa
Indikator ketepatan posturYa
Fitur manajemen penggunaTidak
KonektivitasTidak
9

ElvasenseDigital Blood Pressure Monitor

BP610

Mulai dari Rp 350.000,00

Posisi penggunaanLengan atas
Perhitungan rata-rata tekanan darahYa
Ukuran cuff22–45 cm
Sumber dayaBaterai
Indikator ketepatan pemasangan cuffTidak
Indikator ketepatan posturTidak
Fitur manajemen penggunaTidak
KonektivitasTidak
8
Posisi penggunaanLengan atas
Perhitungan rata-rata tekanan darahTidak
Ukuran cuff17–22 cm, 22–42 cm
Sumber dayaBaterai, daya AC
Indikator ketepatan pemasangan cuffYa
Indikator ketepatan posturYa
Fitur manajemen penggunaTidak
KonektivitasTidak
7
Posisi penggunaanLengan atas
Perhitungan rata-rata tekanan darahTidak
Ukuran cuff22–32 cm
Sumber dayaBaterai, daya AC
Indikator ketepatan pemasangan cuffYa
Indikator ketepatan posturYa
Fitur manajemen penggunaTidak
KonektivitasTidak
6
Posisi penggunaanLengan atas
Perhitungan rata-rata tekanan darahTidak
Ukuran cuffTidak diketahui
Sumber dayaBaterai
Indikator ketepatan pemasangan cuffTidak
Indikator ketepatan posturTidak
Fitur manajemen penggunaYa (memori untuk dua pengguna)
KonektivitasUSB
5

ElvasenseAlat Tensimeter Digital

BP680

Mulai dari Rp 730.000,00

Posisi penggunaanLengan atas
Perhitungan rata-rata tekanan darahYa
Ukuran cuff22–45 cm
Sumber dayaBaterai
Indikator ketepatan pemasangan cuffYa
Indikator ketepatan posturYa
Fitur manajemen penggunaYa (memori untuk dua pengguna)
KonektivitasSmartphone
4
Posisi penggunaanPergelangan tangan
Perhitungan rata-rata tekanan darahYa
Ukuran cuffFleksibel
Sumber dayaBaterai
Indikator ketepatan pemasangan cuffYa
Indikator ketepatan posturYa
Fitur manajemen penggunaYa (memori untuk dua pengguna)
KonektivitasSmartphone (aplikasi OMRON connect)
3

BeurerUpper Arm Blood Pressure Monitor

BM 55

Mulai dari Rp 830.500,00

Posisi penggunaanLengan atas
Perhitungan rata-rata tekanan darahYa
Ukuran cuff22–42 cm
Sumber dayaBaterai
Indikator ketepatan pemasangan cuffYa
Indikator ketepatan posturYa
Fitur manajemen penggunaYa (memori untuk dua pengguna)
KonektivitasPC (USB)
2

OmronAutomatic Blood Pressure Monitor

HEM-7280T

Mulai dari Rp 2.099.000,00

Posisi penggunaanLengan atas
Perhitungan rata-rata tekanan darahYa
Ukuran cuff22–42 cm
Sumber dayaBaterai, daya AC
Indikator ketepatan pemasangan cuffYa
Indikator ketepatan posturTidak
Fitur manajemen penggunaYa (memori untuk dua pengguna)
KonektivitasSmartphone (aplikasi OMRON conncet), Bluetooth
1

OmronSmart Elite+ Blood Pressure Monitor

HEM-7600T

Mulai dari Rp 2.100.000,00

Posisi penggunaanLengan atas
Perhitungan rata-rata tekanan darahTidak
Ukuran cuff22–42 cm
Sumber dayaBaterai
Indikator ketepatan pemasangan cuffYa
Indikator ketepatan posturYa
Fitur manajemen penggunaYa (memori untuk dua pengguna)
KonektivitasSmartphone (aplikasi OMRON connect), Bluetooth

Tabel perbandingan produk alat pengukur tekanan darah terbaik

Gambar produk
1
Omron Smart Elite+ Blood Pressure Monitor 1

Omron

2
Omron Automatic Blood Pressure Monitor  1

Omron

3
Beurer Upper Arm Blood Pressure Monitor 1

Beurer

4
Omron Wrist Blood Pressure Monitor  1

Omron

5
Elvasense Alat Tensimeter Digital  1

Elvasense

6
Hartmann Tensoval Duo Control 1

Hartmann

7
Omron Automatic Blood Pressure Monitor  1

Omron

8
Omron Automatic Blood Pressure Monitor  1

Omron

9
Elvasense Digital Blood Pressure Monitor  1

Elvasense

10
OneMed-Medicom Tensimeter Digital dengan Suara  1

OneMed-Medicom

Nama produk

Smart Elite+ Blood Pressure Monitor

Automatic Blood Pressure Monitor

Upper Arm Blood Pressure Monitor

Wrist Blood Pressure Monitor

Alat Tensimeter Digital

Tensoval Duo Control

Automatic Blood Pressure Monitor

Automatic Blood Pressure Monitor

Digital Blood Pressure Monitor

Tensimeter Digital dengan Suara

Keunggulan

Intelli Wrap Cuff, pembacaan akurat hingga 360°

Sinkronisasi data kesehatan dengan Bluetooth Smart Connection lebih mudah!

Pantau kesehatan jantung dan pembuluh darah dari genggaman

Leluasa memantau kesehatan kapan saja dan di mana saja

Memori ganda, mengakomodasi lebih dari satu pengguna

Menjamin keakuratan hasil dengan teknologi dua sensor

Bukan hanya akurat, proses pemeriksaan pun nyaman dengan teknologi IntelliSense

Dilengkapi berbagai indikator untuk menjamin keakuratan hasil pemeriksaan

Hemat energi, mudah digunakan, dan harga ekonomis

Dilengkapi suara panduan penggunaan dengan hasil yang akurat

Harga mulai dariRp 2.100.000,00Rp 2.099.000,00Rp 830.500,00Rp 1.279.000,00Rp 730.000,00Rp 893.000,00Rp 815.500,00Rp 599.000,00Rp 350.000,00Rp 425.000,00
Posisi penggunaanLengan atasLengan atas Lengan atasPergelangan tanganLengan atasLengan atasLengan atasLengan atasLengan atasLengan atas
Perhitungan rata-rata tekanan darahTidakYaYaYaYaTidakTidakTidakYaYa
Ukuran cuff22–42 cm 22–42 cm22–42 cmFleksibel22–45 cmTidak diketahui22–32 cm17–22 cm, 22–42 cm22–45 cm22–32 cm
Sumber dayaBateraiBaterai, daya ACBateraiBateraiBateraiBateraiBaterai, daya ACBaterai, daya ACBateraiBaterai
Indikator ketepatan pemasangan cuffYaYaYaYaYaTidakYaYaTidakYa
Indikator ketepatan posturYaTidakYaYaYaTidakYaYaTidak Ya
Fitur manajemen penggunaYa (memori untuk dua pengguna)Ya (memori untuk dua pengguna)Ya (memori untuk dua pengguna)Ya (memori untuk dua pengguna)Ya (memori untuk dua pengguna)Ya (memori untuk dua pengguna)Tidak TidakTidakTidak
KonektivitasSmartphone (aplikasi OMRON connect), BluetoothSmartphone (aplikasi OMRON conncet), BluetoothPC (USB)Smartphone (aplikasi OMRON connect) SmartphoneUSBTidakTidakTidakTidak
Tautan produk

Cara penggunaan alat pengukur tekanan darah yang benar

Cara penggunaan alat pengukur tekanan darah yang benar

Ketika melakukan pemeriksaan pada pagi hari, pergilah ke toilet terlebih dahulu. Kemudian, duduklah dalam keadaan relaks. Setelah melilitkan cuff secara sejajar dengan posisi jantung, mulailah pemeriksaan. Upayakan untuk tidak mengubah posisi cuff atau sekadar menyilangkan kaki. Anda perlu menjaga postur tetap stabil sampai pemeriksaan selesai. Dengan demikian, hasil pemeriksaan lebih akurat.


Tekanan darah juga sangat tergantung pada suhu ruangan. Pemeriksaan idealnya dilakukan di dalam ruangan pada suhu 20 °C. Selain itu, Anda disarankan melakukan pemeriksaan dua kali sehari, pada pagi dan malam hari. Rata-rata tekanan darah yang akurat dapat diperoleh bila tekanan darah diperiksa dua kali pada waktu yang sama.  

Baca juga rekomendasi alat kesehatan lainnya di sini

Tekanan darah hanya salah satu parameter dari berbagai macam parameter kesehatan. Untuk memantau kondisi kesehatan Anda secara menyeluruh, berbagai parameter lain juga haruslah diperiksa. Beberapa di antaranya adalah memeriksa kadar gula darah, kadar oksigen terlarut di dalam darah, dan lain-lain. Di bawah ini, kami telah menyiapkan beberapa artikel tentang alat untuk memantau paremeter kesehatan tersebut. Mari simak selengkapnya!

Kesimpulan

Memiliki kondisi tubuh yang selalu sehat adalah dambaan semua orang. Untuk itu, Anda harus selalu memantau kondisi tubuh Anda, termasuk tekanan darah. Kini, rutin memeriksa tekanan darah tidak harus dilakukan di fasilitas kesehatan, tetapi dapat dilakukan di rumah. 


Anda hanya perlu memilih alat pengukur tekanan darah yang paling sesuai dengan kebutuhan. Oleh karena itu, temukan tensimeter yang pas dan berkualitas serta pastikan kesehatan Anda terus terjaga!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Masker Pelindung Sekali Pakai Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Masker Pelindung Sekali Pakai Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Masker pelindung sekali pakai merupakan benda yang cukup sering digunakan khususnya ketika seseorang mengalami masalah kesehatan. Anda juga akan membutuhkan masker pelindung sekali pakai ketika berada di tempat berdebu atau dikelilingi zat-zat berbahaya.Saat ini, masker pelindung telah diproduksi dalam berbagai varian yang disesuaikan dengan kebutuhan konsumen. Kali ini, kami akan membantu Anda untuk memilih masker pelindung sekali pakai sesuai kebutuhan. Produk-produk yang akan kami perkenalkan di sini antara lain Sensi, Skrineer, dan Nexcare. Untuk ulasan lengkapnya, silakan baca artikel berikut ini. 
    Alat medis
    243.945 Views
  • 10 Rekomendasi Alat Cek Gula Darah Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Alat Cek Gula Darah Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Mengecek kadar gula darah secara teratur adalah hal penting bila Anda memiliki riwayat penyakit diabetes. Untuk melakukannya, Anda dapat menggunakan alat cek gula darah yang kini banyak beredar di pasaran. Anda dapat memilih alat dari berbagai produsen, seperti Abbott, Roche atau Xiaomi. Pemilihannya tentu perlu disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Untuk memudahkan Anda, kami akan mengulas cara memilih alat cek gula darah sekaligus merekomendasikan produk terbaiknya. Pilihlah alat yang dapat membantu Anda untuk memantau gula darah secara efektif!
    Alat medis
    74.657 Views
  • 10 Rekomendasi Termometer Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Termometer Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Termometer digital merupakan pengukur suhu yang saat ini umum digunakan untuk menggantikan termometer air raksa. Termometer ini tersedia dalam berbagai bentuk dengan spesifikasi yang berbeda-beda. Produsen ternama, seperti OneMed, Omron, dan Braun juga turut meramaikan pasar dengan produk-produknya. Anda mungkin jadi sedikit kebingungan untuk menentukan termometer yang tepat. Pada kesempatan ini, kami akan memberikan poin-poin yang perlu diperhatikan ketika ingin membeli termometer digital. Kami juga telah menyiapkan sepuluh rekomendasi termometer digital terbaik yang mungkin sesuai dengan kebutuhan Anda. Jangan lewatkan informasinya berikut ini, ya!
    Alat medis
    121.555 Views
  • 10 Rekomendasi Kursi Pijat (Massage Seat) Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kursi Pijat (Massage Seat) Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Apakah Anda menginginkan kursi pijat, tetapi keberatan dengan harganya yang mahal dan bentuknya yang menyita banyak tempat? Tidak perlu risau, tempat duduk pijat atau biasa disebut dengan massage seat adalah solusi yang Anda butuhkan. Selain terjangkau, massage seat ini juga mudah dipasang pada sofa rumah atau kursi mobil.Belakangan, massage seat menjadi salah satu produk yang banyak diminati orang. Anda akan menjumpai merek, seperti JACO, ADVANCE, dan lain sebagainya. Untuk itu, kami akan menjelaskan tips memilih massage seat terbaik sekaligus memberikan beberapa rekomendasi produk terpopuler. Jangan lewatkan informasinya, ya!
    Alat medis
    10.387 Views
  • 10 Rekomendasi Timbangan Badan Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Timbangan Badan Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Menimbang berat badan merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Anda dapat mengetahui kebutuhan kalori tubuh dengan melihat berat badan Anda di timbangan. Selain itu, menimbang badan juga diperlukan oleh Anda yang sedang menjalankan program diet untuk mendapatkan tubuh ideal.Timbangan digital dapat menjadi pilihan yang praktis dan akurat untuk mengetahui angka berat badan. Dalam artikel kali ini, kami akan membahas tentang memilih timbangan badan digital. Tidak ketinggalan, kami juga akan memberi rekomendasi produk terbaik, seperti OneMed, Tanita, dan Idealife. Selamat membaca!
    Alat medis
    25.557 Views
  • 10 Rekomendasi Sandal Kesehatan Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sandal Kesehatan Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Sandal kesehatan kian populer tidak hanya di kalangan lansia, tetapi juga diminati semua kalangan tanpa batasan usia dan gender. Bukan hal aneh mengingat sandal kesehatan menawarkan berbagai efek positif untuk kesehatan tubuh. Desainnya yang dibuat modern pun menambah kepercayaan diri pemakainya.Beberapa produk sandal kesehatan bahkan menawarkan efek pijatan lembut pada kaki Anda sehingga nyaman digunakan kapan saja. Pada kesempatan ini, kami akan memberikan tips cara memilih sandal kesehatan. Rekomendasi sandal kesehatan terbaik pun akan kami berikan pada Anda. Temukan dan segera miliki sandal kesehatan favorit Anda!
    Alat medis
    23.070 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori