10 Rekomendasi Concealer Terbaik untuk Menyembunyikan Jerawat (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Concealer Terbaik untuk Menyembunyikan Jerawat (Terbaru Tahun 2018)

Jerawat terkadang muncul di hari-hari penting yang membuat Anda harus melakukan trick makeup agar wajah tetap tampak halus. Pernahkah Anda mengalami situasi seperti ini? Jika ya, concealer dapat menjadi teman ampuh untuk menutupi jerawat dalam sekejap dan menjadikan makeup Anda tampak sempurna!

Namun, saat ini banyak sekali produk concealer yang beredar di pasaran. Jadi, Anda mungkin sedikit bingung untuk memilihnya. Untuk itu, kali ini kami akan menunjukkan bagaimana cara memilih concealer yang mampu menyamarkan jerawat dengan baik beserta rekomendasi produk concealer pilihan untuk menyembunyikan jerawat. Mari kita simak!

Daftar isi

Cara memilih concealer

Jika jerawat muncul tiba-tiba di tempat yang mencolok di pagi hari, Anda pasti akan merasa panik. Inilah saatnya concealer bekerja! Mari sembunyikan jerawat dengan baik dan jadikan wajah Anda telihat seperti tidak ada jerawat.

Dibandingkan dengan concealer biasa, terdapat sedikit perbedaan dalam cara memilih dan menggunakan concealer yang dapat menyembunyikan bintik jerawat. Jika Anda hanya menggunakannya dengan cara seperti biasa, jerawat Anda akan tetap menonjol. Jadi, bagaimana caranya memilih concealer untuk menyembunyikan jerawat? Berikut ini beberapa poin yang perlu dipertimbangkan saat memilih concealer.

Pilih berdasarkan warnanya

Pilih berdasarkan warnanya

Ketika memilih concealer, biasanya Anda akan memilih concealer dengan warna yang sama dengan warna kulit atau warna yang sedikit lebih terang. Akan tetapi, ada kondisi tertentu di mana jerawat berwarna kemerahan. Untuk kasus seperti ini, jika Anda mengaplikasikan warna yang sama dengan warna kulit, jerawat Anda justru akan terlihat semakin mencolok.

Jika Anda ingin menyembunyikan jerawat yang berwarna kemerahan, siapkanlah concealer berwarna hijau yang bisa membantu menutupi warna merah pada jerawat. Jika masih diperlukan, setelahnya Anda dapat mengaplikasikan concealer yang berwarna kulit atau mengoleskan foundation di atasnya.

Jika jerawatnya berwarna putih, pilihlah concealer dengan warna yang lebih gelap dari warna kulit. Saat Anda mencoba menutupi jerawat putih atau jerawat yang menonjol dengan concealer warna cerah, itu justru akan mengumpulkan cahaya dan membuatnya tampak lebih jelas. Ketika menutupinya dengan concealer berwarna lebih gelap, Anda dapat mengaburkannya dengan menyamarkan garis antara concealer warna gelap dengan kulit wajah dan menutupinya lagi dengan foundation.

Pilih berdasarkan jenisnya

Concealer dapat dibedakan menjadi 4 jenis berdasarkan tekstur dan level keras atau lembutnya. Masing-masing memiliki karakteristik berbeda dan penggunaannya tergantung pada jenis jerawat yang ingin disembunyikan. Kami akan menjelaskan bagaimana cara memilih berdasarkan tipe concealer. Jadi, mari memilih concealer dengan mempertimbangkan jerawat yang muncul di wajah Anda.

Jenis cair

Jenis cair

Liquid concealer atau concealer jenis cair ada yang berbentuk seperti pulpen atau seperti lip gloss yang bagian ujungnya langsung tersambung dengan tabung penampung concealer itu sendiri. Ciri khas dari concealer cair adalah teksturnya yang lembut dan tahan lama agar tidak membuat kulit kering.

Liquid concealer tidak dapat menutupi jerawat dengan sangat baik. Namun, concealer tipe ini mudah diratakan sehingga Anda dapat mengaplikasikannya dengan lembut dan hati-hati, terutama untuk jerawat yang terasa sakit. Liquid concealer yang lembut juga cocok untuk menyembunyikan jerawat yang muncul di bagian wajah yang sempit seperti hidung, kerutan, sekitar bibir dan lain-lain.

Jenis krim

Jenis krim

Concealer yang memiliki tekstur lebih keras dibandingkan liquid concealer adalah concealer jenis krim. Dengan berbagai macam pilihan warna, cream concealer biasanya dimasukkan dalam wadah berbentuk botol atau tabung. Beberapa produsen ada yang mengemasnya dalam bentuk palet dan lain-lain.

Cream concealer memiliki kemampuan menutupi yang cukup baik dan dapat diaplikasikan pada bagian wajah yang sempit menggunakan jari atau atau kuas. Kami merekomendasikan concealer tipe ini untuk Anda yang memiliki jerawat biasa. Ada juga produk tertentu yang menyediakan beberapa warna dalam satu set dalam bentuk palet sehingga Anda dapat mengombinasikannya sesuai dengan warna kulit atau warna jerawat yang ingin disembunyikan.

Jenis stick

Jenis stick

Concealer jenis ini berbentuk seperti lipstik dan concealer-nya dikeluarkan seperti batang ketika akan digunakan. Teksturnya lebih keras dibandingkan cream concealer dan dapat diaplikasikan untuk bagian yang cukup luas pada wajah dalam sekali pakai. Biasanya stick concealer digunakan untuk menyembunyikan bagian noda atau jerawat yang besar di pipi dan lainnya.

Stick concealer memiliki kemampuan menutupi yang paling baik di antara jenis concealer lainnya. Tipe ini cocok untuk menyembunyikan jerawat dengan daerah luka yang besar, tetapi kurang cocok untuk menutupi jenis jerawat yang kecil. Selain itu karena teksturnya yang keras, ada kekhawatiran ini bisa memperburuk kondisi jerawat jika Anda menekannya terlalu keras saat mengaplikasikannya. Jenis ini lebih cocok digunakan jika Anda ingin menyembunyikan jerawat yang sudah akan sembuh atau untuk penggunaan tertentu yang dibatasi.

Jenis pensil

Jenis pensil

Pencil concealer atau concealer jenis pensil adalah tipe concealer yang keras dan memiliki kandungan minyak yang sedikit. Concealer jenis ini digunakan pada bagian wajah yang spesifik seperti misalnya untuk menghilangkan noda kecil atau memperbaiki garis bibir. Jenis cocealer ini memiliki tekstur yang kaku dengan ujung yang runcing sehingga mungkin akan terasa sedikit sakit saat dipoleskan pada jerawat. Concealer tipe pensil ini tidak kami rekomendasikan untuk Anda yang ingin menyembunyikan jerawat.

Pilihlah concealer yang juga berfungsi sebagai obat

Pilihlah yang juga berfungsi sebagai obat

Sedikit banyak memang terdapat perbedaan dari masing-masing concealer. Namun, hampir semua produk concealer yang ada di pasaran saat ini mengandung minyak. Sementara itu, bisa dikatakan bahwa jerawat pada wajah muncul karena bakteri jerawat yang semakin aktif akibat kandungan minyak. Jadi, ada kemungkinan penggunaan concealer dapat memperparah jerawat. Akan lebih aman jika Anda menghindari penggunaan concealer pada jerawat yang meradang.

Concealer yang juga bisa berfungsi sebagai obat, atau medicinal concealer, adalah produk concealer yang dicampur dengan bahan antibakteri dan bahan anti-peradangan. Di antara produk medicinal concealer ini ada juga yang bebas minyak. Meski kemampuan menutupi jerawat pada concealer tipe ini terbilang rendah dan tidak memiliki banyak pilihan warna, concealer yang mengandung obat seperti ini sangat kami rekomendasikan untuk Anda yang benar-benar ingin menyembunyikan jerawat yang meradang atau luka jerawat.

10 Rekomendasi concealer terbaik untuk menyembunyikan jerawat

Setelah ulasan di atas, kami akan memperkenalkan 10 rekomendasi produk concealer terbaik untuk menyembunyikan jerawat. Perhatikan baik-baik detail produk dan cara memilih concealer yang kami sebutkan di atas saat Anda memilih concealer yang tepat untuk wajah Anda!

10. L.A Girl HD Pro Concealer

10. L.A Girl HD Pro Concealer

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 108.000

Long-wearing formula

L.A. Girl’s HD Pro Concealer diformulasikan dengan tekstur creamy tapi ringan dan dapat menyamarkan kerutan halus pada wajah. Formulanya tahan lama dan dapat menyembunyikan warna gelap di sekitar mata, kulit kemerahan, jerawat dan ketidaksempurnaan kulit lainnya.

Produk dengan ujung runcing ini memudahkan Anda untuk mengaplikasikannya di daerah tertentu di wajah. Dengan hasil natural, produk ini menutupi masalah wajah dengan sempurna, meratakan warna kulit, bahkan mengurangi kerutan di sekitar mata!

9. NYX Dark Circle Concealer

9. NYX Dark Circle Concealer

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 110.000

Warna tipis untuk menutupi ‘mata panda’

Apakah Anda memiliki dark circle atau ‘mata panda’ karena aktivitas sehari-hari? NYX Dark Circle ini akan menjadi solusi tepat untuk masalah tersebut! Dengan tekstur yang ringan dan tidak membuat Anda terlihat mengenakan makup tebal, concelaer ini mampu menutupi lingkaran hitam pada mata, jerawat, serta noda bekas luka.

Efek halus berwarna oranye dan pigmen alami kulit bekerja sama menghalangi munculnya lingkaran hitam pada mata secara optimal setelah diaplikasikan. Beberapa dari Anda mungkin perlu mengaplikasikannya dua kali atau disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi dari masalah wajah yang ingin Anda tutupi. Produk mewah ini, tahan hingga 12 jam dengan aktivitas normal.

8. MAC Pro Longwear Concealer

8. MAC Pro Long Concealer
Lihat Produk ini di Tokopedia

Harga : 380.000

Full matte coverage

MAC Pro Longwear Concealer adalah concealer cair yang menutupi dengan hasil medium hingga full matte sampai 15 jam. Concealer ini terasa ringan sehingga nyaman untuk dipakai dalam waktu yang lama. MAC Pro Longwear Concealer mampu memberikan hasil akhir yang mulus dan tanpa noda pada kulit.

Produk ini non-acnegenic sehingga tidak akan memperparah kondisi jerawat di saat Anda ingin memakai concealer untuk menutupi masalah kulit lainnya seperti noda gelap, perubahan warna kulit, dan lingkaran di bawah mata. Concealer ini termasuk produk yang cepat kering sehingga Anda harus segera meratakannya dibagian yang ingin Anda tutupi. Selain itu, perlu diperhatikan bahwa kemasannya berbentuk pump sehingga Anda harus berhati-hati saat menekannya.

7. L’OREAL True Match Super-Blendable Concealer

7. L’OREAL True Match Super-Blendable Concealer

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 118.700

Concealer yang sangat mudah menyatu dengan warna kulit!

L’OREAL True Match Concealer ini merupakan concealer dengan tekstur creamy yang sedikit memberikan kesan berkilau. Sesuai dengan namannya, concealer ini sangat mudah dibaurkan walau hanya dengan ujung jari. Selain itu, kemampuan menutupinya yang tinggi dapat membantu Anda untuk menyembunyikan jerawat dan noda bekas jerawat.

Produk ini tidak mengandung minyak serta diformulasikan dengan kandungan Vitamin E dan Pro-Vitamin B5 untuk menutrisi dan meremajakan kulit. Meski produk ini tidak menyebutkan apakah bisa tahan lama saat digunakan, kenyataannya L’OREAL True Match Concealer cukup tahan air sehingga Anda tidak perlu khawatir riasan akan rusak akibat berketringat.

6. Wet n Wild Photo Focus Concealer

6. Wet n Wild Photo Focus Concealer

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 79.000

Perfect efect for photography

Apakah Anda suka selfie atau mengambil foto wajah close-up, tapi takut masalah wajah Anda terlihat jelas di kamera? Jangan khawatir, Wet n Wild Photo Focus Concealer ini dapat menutupi masalah wajah Anda! Produk ini dikhususkan untuk menyempurnakan tampilan Anda di kamera.

Efek cerah yang dihasilkan mampu menutupi noda hitam, jerawat serta bekas luka. Wet n Wild Photo Focus Concealer telah diuji dengan tujuh jenis pencahayaan kamera. Dan hasilnya? Anda akan mendapatkan foto dengan kulit wajah yang mulus dan bercahaya.

5. Revlon Colorstay Concealer

5. Revlon Colorstay Concealer

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 89.000

Kesempurnaan yang tahan lama

Dengan kemasan seperti lip cream dan tekstur yang creamy, Revlon Colorstay Concealer ini mudah diaplikasikan pada wajah yang sedang berjerawat. Tahan hingga 24 jam pemakaian, concealer ini cocok untuk Anda yang sering beraktivitas di luar ruangan dan tidak sempat melakukan retouch riasan Anda.

Meski produk ini tampaknya kurang maksimal dalam menutupi jerawat yang terlalu timbul atau sedang meradang , Revlon Colorstay Concealer cukup mampu menyamarkan noda bekas jerawat dan dark circle di sekitar mata. Anda juga dapat menggunakannya sebagai base untuk eye shadow agar warna kulit lebih merata dan tahan lama.

4. Maybelline Fit Me! Concealer

4. Maybelline Fit Me! Concaeler

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 87.000

Flawless look dengan concealer bebas kandungan minyak!

Produk concealer yang satu ini merupakan produk unggulan dari Maybelline. Maybelline Fit Me! Concealer ini dibuat dengan tekstur ringan yang membuat kulit tetap dapat bernapas. Selain itu, produk ini juga bebas kandungan minyak, non comedonic, dan mampu menutupi jerawat serta noda gelap di wajah Anda dengan hasil natural.

Produk yang dikemas seperti lip cream ini memudahkan Anda mengaplikasikannya dengan hati-hati di sekitar jerawat Anda. Selain itu, Maybelline Fit Me! Concealer cukup tahan lama untuk menyembunyikan noda gelap di wajah, meski untuk daerah tertentu seperti hidung, agak mudah luntur.

3. Makeover Camuflage Cream Face Concealer

3. Makeover Camuflage Cream Face Concealer

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 162.000

Campurkan warnanya, dan dapatkan hasil wajah sempurna!

Makeover Camuflage Cream Face Concealer adalah concealer berbentuk palet dengan formula yang lembut dan mudah diaplikasikan pada kulit wajah. Produk ini hadir dalam kombinasi lima warna (light beige, beige, light green, light purple, orange) yang dapat menutupi berbagai masalah kulit Anda!

Misalnya, Anda bisa menggunakan warna light beige untuk daerah T (kening, hidung dan dagu) dan warna beige untuk menutupi lingkaran hitam di bawah mata, jerawat atau noda bekas jerawat. Atau Anda juga bisa menggunakan warna light purple yang dikombinasikan dengan warna orange untuk memberikan efek cerah pada kulit yang kusam. Jadi, silakan campurkan warnanya dan dapatkan kulit wajah yang sempurna!

2. Bourjois Healthy Mix Concealer

2. Bourjois Healthy Mix Concealer

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 120.000

Concealer dengan formula fruit-therapy

Bourjois Healthy Mix Concealer diformulasikan dengan campuran buah apricot, raspberry, dan melon yang berfungsi untuk mencerahkan dan menghidrasi kulit serta juga bermanfaat bagi micro circulation kulit. Produk yang terasa ringan ini bukan hanya menutupi tetapi juga memperbaiki kulit wajah Anda.

Sayangnya produk ini kurang cocok untuk menutupi kondisi jerawat yang sedang meradang dan aktif karena hasil cover-nya tidak terlalu tebal. Namun, produk ini tetap dapat menyamarkan jerawat ringan dan lingkaran hitam di bawah mata. Dengan formulasi bebas kandungan minyak, produk ini cocok untuk Anda yang ingin menutupi masalah wajah sekaligus merawat kulit.

1. Etude House AC Clean Up Mild Concealer

1. Etude House AC Clean Up Mild Concealer

Lihat Produk ini di Lazada

Harga : 149.900

Solusi cepat untuk menutupi jerawat

Produk ini sangat tepat digunakan untuk membantu Anda menyembunyikan jerawat dan masalah kulit lainnya. Teksturnya creamy dan halus sehingga mudah diratakan untuk mendapatkan hasil akhir yang natural dan tidak berisiko membuat jerawat terasa sakit.

Etude House AC Clean Up Mild Concealer ini termasuk medicinal concealer yang formulanya memang dibuat untuk berfungsi menutupi sekaligus mengobati jerawat pada wajah Anda. Concealer yang satu ini berbentuk seperti lipstik sehingga menjadikannya praktis dibawa ke mana-mana.

Poin-poin untuk menyembunyikan jerawat menggunakan concealer

Meskipun sekarang Anda telah mengenal berbagai jenis concealer, Anda tidak akan dapat menyembunyikan jerawat dengan baik jika tidak mengerti cara menggunakan produk tersebut. Oleh karena itu, mari simak poin-poin berikut ini sehingga Anda dapat memaksimalkan manfaat concealer yang Anda miliki!

Jangan mengaplikasikan concealer terlalu tebal

Jangan mengaplikasikan terlalu tebal

Meskipun kelihatannya mudah untuk menyembunyikan jerawat yang cuckup banyak di wajah, jangan melakukannya dengan mengaplikasikan concealer terlalu tebal. Hal ini akan menyebabkan Anda kesulitan menyatukan warnanya dengan kulit sehingga akan tampak tebal dan membuat jerawat Anda justru terlihat menonjol. Anda cukup mengoleskan sedikit concealer di tangan atau menggunakan spatula khusus dan meratakannya tipis-tipis dengan menepuk-nepuk wajah.

Gunakan concealer dengan warna yang lebih gelap dan warna yang lebih terang

Gunakan warna yang lebih gelap dan warna yang lebih terang
Jika Anda memiliki dua warna concealer, Anda dapat mengatasi masalah semua jenis jerawat dengan berbagai warna kulit. Anda dapat mencampurkan dua warna ini untuk membuat warna baru yang sesuai dengan warna kulit Anda. Salah satu cara menyembunyikan jerawat adalah dengan melapisinya menggunakan dua warna berbeda.

Pertama, untuk menutupi seluruh bagian jerawat dan bekas lukanya, Anda dapat menggunakan warna yang lebih gelap dari kulit Anda. Dalam hal ini, gunakan sedikit trik dengan hanya mengaplikasikannya di bagian jerawat saja. Hal ini tidak menyebabkan jerawat terlalu menonjol. Kemudian, pulaskan warna kedua yang lebih cerah dari kulit Anda untuk menutupi bagian pertama tadi. Gunakan sedikit demi sedikit sambil memperhatikan kesamaan warna kulit Anda agar hasilnya lebih merata.

Cobalah untuk menggunakan kuas concealer

Cobalah untuk menggunakan kuas concealer
Jika Anda mengaplikasikan concealer jenis krim dengan menggunakan jari, terkadang komposisi concealer-nya akan bertambah. Hal ini karena sisa-sisa dari concealer pada kulit yang menempel di jari Anda ikut terbawa sehingga memberi efek yang terlalu tebal.

Cobalah gunakan kuas concealer saat Anda merasa bahwa jari Anda tidak dapat meratakan concealer dengan baik. Agar concealer tidak menempel seperti di jari, kuas concealer dibuat dari rambut halus sehingga Anda tidak akan menekan jerawat terlalu keras. Cara menggunakan kuas concealer yang baik adalah dengan menyejajarkannya dengan kulit, bukan dengan posisi berdiri atau tegak lurus dengan wajah.

Kesimpulan

Kami telah membahas cara memilih concealer untuk menutupi jerawat beserta rekomendasi produknya. Bagaimana menurut Anda? Jika Anda menemukan jerawat ketika bangun di pagi hari, hal ini tidak akan jadi masalah jika Anda bisa menggunakan concealer yang tepat dengan cara yang benar! Kami harap artikel kali ini bisa menjadi referensi Anda untuk menemukan concealer yang sesuai dengan jenis kulit dan kebutuhan Anda.