10 Rekomendasi Concealer Terbaik untuk Menyembunyikan Jerawat (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Concealer Terbaik untuk Menyembunyikan Jerawat (Terbaru Tahun 2019)

Jerawat yang tiba-tiba datang terkadang memang terasa mengganggu, apalagi jika munculnya pada momen yang penting. Dalam kondisi seperti itu, concealer adalah solusi untuk menyembunyikannya! Berbagai brand seperti NYX, L’oreal, dan Revlon mengeluarkan produk concealer dengan berbagai tipe yang bisa Anda pilih.

Selain tips memilih concealer, kami juga akan mengulas tentang rekomendasi produk yang telah kami rangkum untuk Anda. Selain itu, baca juga tips menyembunyikan jerawat membandel secara efektif di bagian akhir artikel. Simak sampai habis, ya!

Daftar isi

Cara memilih concealer untuk menyembunyikan jerawat

Dua hal penting yang perlu diperhatikan ketika memilih concealer untuk menyembunyikan jerawat adalah warna dan tekstur. Supaya tidak salah pilih, cek beberapa poin di bawah ini dan jadikan referensi Anda sebelum membeli.

Pilih warna concealer yang mampu menyamarkan warna jerawat di wajah Anda

Pilih warna concealer yang mampu menyamarkan warna jerawat di wajah Anda

Menggunakan concealer dengan warna yang berlawanan dengan warna jerawat adalah cara tepat untuk menyamarkannya. Warna hijau untuk jerawat kemerahan atau warna kuning untuk jerawat berwarna putih. Pilihlah warna concealer sesuai dengan warna jerawat yang sedang dihadapi.

Namun, concealer di pasaran umumnya hanya tersedia dalam tiga warna saja, yaitu light beige, yellow beige, dan dark beige. Dalam hal ini, untuk jerawat kemerahan gunakanlah warna light beige atau yellow beige. Bagi Anda yang ingin menyamarkan bekas jerawat, pilih concealer berwarna yellow beige atau dark beige. Selain itu, menggunakan concealer dengan warna satu tone lebih gelap dari warna kulit bisa dijadikan solusi untuk menyembunyikan jerawat putih.

Pilih tipe concealer berdasarkan jenis jerawat

Concealer dapat dibedakan menjadi 4 tipe berdasarkan tekstur dan level keras atau lembutnya. Masing-masing memiliki karakteristik berbeda dan penggunaannya tergantung pada jenis jerawat yang ingin disembunyikan. Kami akan menjelaskan cara memilih concealer berdasarkan tipenya urut dari yang daya coverage-nya paling tinggi.

Tipe stik yang berdaya coverage tinggi dan dapat digunakan pada noda kecil hingga besar

Tipe stik yang berdaya coverage tinggi dan dapat digunakan pada noda kecil hingga besar

Concealer tipe stik memiliki daya coverage paling tinggi dibandingkan tipe lain. Untuk menggunakannya, Anda cukup memutar kemasan seperti halnya lipstik. Anda bisa memakainya untuk menutup noda berskala kecil seperti flek atau tahi lalat hingga noda pada area yang cukup luas seperti kemerahan di pipi. Oleskan stick concealer langsung di wajah untuk noda pada area besar atau gunakan brush untuk menutupi noda kecil.

Namun, daya coverage yang tinggi membuat concealer ini mudah terlihat tebal sehingga sedikit susah untuk diaplikasikan. Anda perlu berhati-hati saat mengoleskannya di area yang cukup luas karena jika terlalu tebal wajah akan terlihat mencolok dan berlebihan.

Tipe krim yang memiliki banyak pilihan warna dan tekstur

Tipe krim yang memiliki banyak pilihan warna dan tekstur

Concealer krim adalah tipe yang memiliki varian warna paling banyak. Dengan berbagai macam pilihan warna, concealer krim biasanya dimasukkan dalam wadah berbentuk botol atau tabung. Beberapa produsen ada yang mengemasnya dalam bentuk palet dan lain-lain. Anda bisa menyesuaikan warna dan tekstur yang diinginkan sesuai selera.

Mudah menyatu dengan kulit dengan daya coverage yang cukup bagus juga merupakan salah satu kelebihannya. Tipe ini mudah digunakan karena Anda dapat mengombinasikan beberapa warna concealer krim supaya sesuai dengan warna jerawat yang ingin disembunyikan.

Tipe cair untuk jerawat yang menyakitkan dan tidak mudah creasing

Tipe cair untuk jerawat yang menyakitkan dan tidak mudah creasing

Liquid concealer atau concealer tipe cair ada yang berbentuk seperti pulpen atau lip gloss. Ciri khas dari tipe ini adalah teksturnya yang lembut dan tahan lama serta tidak membuat kulit menjadi kering. Anda dapat menggunakannya pada jerawat yang terasa sakit karena liquid concealer mudah diratakan dan dapat diaplikasikan dengan hati-hati.

Tipe cair juga cocok untuk menyembunyikan jerawat yang muncul di bagian wajah yang sempit seperti di sudut hidung. Teksturnya yang lembut membuat liquid concealer tidak mudah creasing sehingga cocok digunakan untuk jerawat yang tumbuh di sekitar bibir yang sering bergerak. Walaupun daya coverage-nya tidak begitu bagus, tipe ini tidak akan terlihat tebal di wajah Anda.

Tipe pensil yang pintar menutupi kekurangan di daerah tersembunyi

Tipe pensil yang pintar menutupi kekurangan di daerah tersembunyi

Concealer tipe pensil adalah concealer yang memiliki tekstur keras dan hanya memiliki sedikit kandungan minyak. Ada beberapa bentuk dari tipe ini, ada yang bisa diputar tanpa diserut, ada juga yang tampilannya seperti pensil biasa. Concealer tipe pensil digunakan pada bagian wajah yang spesifik, misalnya untuk menghilangkan noda kecil atau memperbaiki garis bibir.

Namun, concealer tipe ini memiliki tekstur yang kaku dan ujungnya runcing sehingga ada kemungkinan malah membuat kondisi jerawat semakin memburuk. Anda sebaiknya tidak menggunakan concealer tipe ini di daerah mata yang tergolong sensitif. Sebisa mungkin pilih concealer pensil yang lembut dan cobalah produk tester terlebih dahulu.

Pilih produk yang juga berfungsi sebagai obat jerawat

Pilih produk yang juga berfungsi sebagai obat jerawat

Setiap produk concealer memang berbeda-beda tergantung mereknya, tetapi hampir sebagian besar produk concealer di pasaran mengandung minyak. Sementara itu, bakteri penyebab jerawat menyukai minyak. Jadi, ada kemungkinan penggunaan concealer dapat memperparah jerawat. Lebih baik Anda menghindari penggunaan concealer pada jerawat yang sedang meradang.

Anda bisa memakai concealer yang mengandung obat jerawat sebagai alternatif. Concealer yang berfungsi sebagai obat jerawat biasanya terdapat kandungan bakterisida dan anti-inflamasi di dalamnya. Ada juga produk yang bebas minyak. Walau daya coverage-nya rendah, concealer khusus jerawat dengan kandungan obat ini dianjurkan ketika Anda ingin menutupi jerawat yang sedang meradang.

10 Rekomendasi concealer terbaik untuk menyembunyikan jerawat

Setelah ulasan di atas, kami akan memperkenalkan sepuluh rekomendasi produk concealer terbaik untuk menyembunyikan jerawat. Perhatikan baik-baik detail produk dan cara memilih concealer yang kami sebutkan di atas saat Anda memilih concealer yang tepat untuk wajah Anda!

10. NYX Dark Circle Concealer

10. NYX Dark Circle Concealer

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 85.000

Dengan hint warna orange yang efektif menutupi mata panda

Apakah Anda memiliki dark circle atau mata panda karena aktivitas sehari-hari? NYX Dark Circle ini akan menjadi solusi tepat untuk masalah tersebut! Dengan tekstur yang ringan dan tidak membuat Anda terlihat mengenakan makeup tebal, concealer ini mampu menutupi lingkaran hitam pada mata, jerawat, serta noda bekas luka.

Efek halus berwarna orange dan pigmen alami kulit bekerja sama menghalangi munculnya lingkaran hitam pada mata secara optimal setelah diaplikasikan. Beberapa dari Anda mungkin perlu mengaplikasikannya dua kali atau disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi dari masalah wajah yang ingin Anda tutupi.

Tipe Krim

9. Make Over Camouflage Cream Face Concealer

9. Make Over Camouflage Cream Face Concealer

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 142.000

Selesaikan berbagai kekurangan warna kulit dengan kombinasi warna

Concealer ini memiliki kemasan berbentuk palet dengan formula lembut dan mudah diaplikasikan pada kulit wajah. Produk ini cocok untuk Anda yang senang bereksperimen dengan warna karena hadir dalam kombinasi lima warna (light beige, beige, light green, light purple, dan brown orange) yang dapat menutupi berbagai kekurangan kulit Anda!

Misalnya, Anda bisa menggunakan warna light green untuk menyamarkan warna jerawat yang kemerahan, lalu tambahkan dengan warna light beige untuk meratakannya dengan warna kulit asli wajah. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan warna light purple yang dikombinasikan dengan warna brown orange untuk memberikan efek cerah pada kulit yang kusam.

Tipe Krim

8. L’Oreal Paris True Match Concealer

8. L'Oreal Paris True Match Concealer

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 135.500

Sangat mudah di-blend dan menyatu dengan warna kulit!

L’oreal Paris True Match Concealer ini merupakan concealer dengan tekstur creamy yang sedikit memberikan kesan berkilau. Produk ini sangat mudah dibaurkan walau hanya dengan ujung jari. Selain itu, karena memiliki light to medium coverage, concealer ini dapat membantu Anda untuk menyembunyikan jerawat dan noda bekas jerawat.

Produk ini menawarkan tiga shade warna yang cocok dengan kulit orang Asia. Dilengkapi dengan skin care ingredients, wajah tidak akan menjadi kering setelah diaplikasikan. Jika menginginkan hasil yang natural, gunakan jari tangan untuk membaurkannya, sedangkan untuk hasil yang lebih tebal, gunakan kuas concealer.

Tipe Cair

7. Nudestix Concealer Pencil

7. Nudestix Concealer Pencil

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 200.000

Dengan shea butter dan vitamin E yang melembutkan kulit

Concealer berkemasan praktis ini dapat Anda bawa kemana saja dengan mudah. Formulanya ringan dan akan memberikan coverage natural dengan warna nude yang menyatu dengan warna kulit. Dark circle, flek hitam, hingga jerawat dapat disamarkan oleh produk ini.

Selain itu, Nudestix Concealer Pencil mengandung vitamin E yang mampu melembapkan dan shea butter yang menyejukkan kulit. Namun, Anda perlu berhati-hati saat menggunakannya pada jerawat yang meradang karena bentuk ujung pensil yang cenderung runcing.

Tipe Pensil

6. Benefit Boi-ing Industrial Strength Concealer

6. Benefit Boi-ing Industrial Strength Concealer

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 350.000

Ampuh menutupi noda bekas jerawat yang membandel

Ingin concealer yang full coverage untuk menutupi noda bekas jerawat membandel? Produk dari Benefit satu ini bisa dijadikan solusi. Jerawat, bekas jerawat, flek, dark circle, hingga warna kulit tidak merata dapat disamarkan dengan sempurna oleh concealer yang memberikan hasil akhir matte ini.

Selain itu, Anda bisa menggunakannya seharian tanpa khawatir karena produk ini tahan lama dan tidak mudah creasing. Tidak perlu terlalu tebal, Anda bahkan hanya perlu satu pulasan untuk mengetahui kemampuannya! Untuk hasil terbaik, gunakan Benefit Boi-ing Brightening Concealer sebelum memakai produk ini.

Tipe Krim

5. L. A. Girl HD Pro.Conceal

5. L. A. Girl HD Pro.Conceal

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 96.000

Tersedia dalam berbagai macam shade untuk semua ketidaksempurnaan kulit

Walau memiliki tekstur yang creamy, concealer ini ringan digunakan dan dapat menyamarkan kerutan halus pada wajah. Formulanya tahan lama dan dapat menyembunyikan warna gelap di sekitar mata, kulit kemerahan, jerawat, serta ketidaksempurnaan kulit lainnya.

Produk dengan ujung runcing ini memudahkan Anda untuk mengaplikasikannya di daerah tertentu di wajah. Tersedia dalam berbagai macam shade, Anda bahkan bisa menggunakannya sebagai color corrector dan highlighter! Pakailah produk di wajah yang belum dirias, baurkan dengan jari atau kuas, lalu set dengan bedak tabur untuk hasil yang sempurna.

Tipe Cair

4. Wet n Wild Photo Focus Concealer

4. Wet n Wild Photo Focus Concealer

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 65.000

Telah teruji dengan tujuh jenis lighting untuk Anda yang suka berfoto

Sering kesal dengan white cast di wajah yang terlihat di hasil foto akibat lighting yang tidak sempurna? Jangan khawatir, Wet n Wild Photo Focus Concealer ini dapat menghilangkan masalah tersebut! Produk dengan medium to full coverage ini dikhususkan untuk menyempurnakan tampilan Anda di kamera.

Efek cerah yang dihasilkan mampu menutupi kemerahan, noda hitam, jerawat serta dark circle. Wet n Wild Photo Focus Concealer telah diuji dengan tujuh jenis pencahayaan kamera. Hasilnya? Anda akan mendapatkan foto dengan kulit wajah yang mulus dan bercahaya.

Tipe Cair

 3. Maybelline Fit Me! Concealer

 3. Maybelline Fit Me! Concealer

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 87.000

Flawless look dengan concealer bebas minyak!

Produk best seller dari Maybelline ini dibuat dengan tekstur yang tidak memberatkan kulit. Maybelline Fit Me! Concealer juga bebas kandungan minyak, pewangi, non-comedogenic, dan mampu menutupi jerawat serta noda gelap di wajah Anda dengan hasil yang natural.

Produk yang dikemas seperti lip cream ini memudahkan Anda untuk mengaplikasikannya dengan hati-hati di sekitar jerawat. Dengan delapan shade yang tersedia, Anda bisa memilih atau mengombinasikannya sesuai dengan warna kulit. Produk ini sangat mudah digunakan sehingga pemula sekalipun bisa memakainya tanpa khawatir.

Tipe Cair

2. Tarte Shape Tape Contour Concealer

2. Tarte Shape Tape Contour Concealer

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 415.000

Produk vegan yang tahan lama seharian tanpa creasing!

Produk ini sangat pas untuk Anda yang menginginkan concealer yang full coverage dengan hasil akhir flawless matte. Produk ini dapat menutupi jerawat, kulit kemerahan, dan noda hitam dengan hasil yang memuaskan. Meskipun memiliki tekstur creamy yang sedikit tebal, produk ini sangat mudah dibaurkan di wajah.

Produk vegan ini bisa Anda andalkan jika lebih banyak beraktivitas di luar rumah. Tarte Shape Tape Contour Concealer betah menempel di wajah Anda hingga 12 jam, bahkan tanpa creasing! Kandungan mango seed dan shea butter di dalamnya akan membantu menutrisi kulit Anda untuk mendapatkan kulit yang cantik dari dalam.

Tipe Cair

1. Nars Radiant Creamy Concealer

1. Nars Radiant Creamy Concealer

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 409.000

Memberikan manfaat skin care untuk merawat kulit Anda

Nars Radiant Creamy Concealer adalah salah satu concealer tanpa alkohol dan pewangi yang akan memberikan medium to high coverage di wajah Anda. Pigmentasinya sangat baik sehingga Anda tidak perlu menggunakan terlalu banyak untuk menutupi jerawat, dark circle, maupun noda membandel di wajah.

Anda bisa menggunakannya lebih dari satu layer tanpa terlihat cakey karena formulanya yang ringan dan buildable. Selain itu, produk ini juga memberikan manfaat skin care yang akan melembapkan, mencerahkan, dan melembutkan kulit berkat kandungan vitamin E dan ekstrak tumbuh-tumbuhan di dalamnya.

Tipe Cair

Tips menyembunyikan jerawat menggunakan concealer

Meskipun sekarang Anda telah mengenal berbagai jenis concealer, Anda tidak akan dapat menyembunyikan jerawat dengan baik jika tidak mengerti cara menggunakannya. Oleh karena itu, mari simak poin-poin berikut ini supaya Anda dapat memaksimalkan manfaat concealer yang Anda miliki!

Jangan mengaplikasikan concealer terlalu tebal

Jangan mengaplikasikan concealer terlalu tebal

Banyak orang cenderung menggunakan concealer dengan tebal untuk menyembunyikan jerawat. Akan tetapi, cara seperti itu malah akan membuat jerawat terlihat mencolok karena warna kulit menjadi tidak merata. Ambil sedikit concealer dengan jari atau tip, lalu tepuk-tepukkan pada jerawat perlahan sebelum meratakannya.

Kombinasikan warna yang lebih gelap dan warna yang lebih terang

Kombinasikan warna yang lebih gelap dan warna yang lebih terang
Jika Anda memiliki dua warna concealer, Anda dapat mengatasi masalah berbagai warna jerawat di beragam warna kulit. Anda dapat mencampurkan dua warna untuk membuat warna baru yang sesuai dengan warna kulit Anda. Salah satu cara menyembunyikan jerawat secara sempurna adalah dengan melapisinya menggunakan dua warna concealer yang berbeda.

Pertama-tama, gunakan warna yang lebih gelap dari kulit Anda untuk menutup jerawat dan bekasnya. Aplikasikan concealer hanya di jerawat saja sehingga tidak terlihat terlalu mencolok. Kemudian, gunakan warna yang lebih terang dari kulit untuk menutupi warna yang lebih gelap tadi. Aplikasikan sedikit demi sedikit sambil memperhatikan kesamaan warna kulit Anda agar hasilnya lebih merata.

Cobalah untuk menggunakan kuas concealer

Cobalah untuk menggunakan kuas concealer

Jika Anda mengaplikasikan concealer tipe krim menggunakan jari, terkadang hasilnya malah berantakan dan tidak merata. Hal ini dikarenakan concealer yang seharusnya menempel di kulit wajah malah melekat di jari saat ditepuk-tepukkan ke wajah.

Cobalah gunakan kuas concealer saat Anda merasa jari Anda tidak dapat meratakan concealer dengan baik. Berbeda dengan jari, kuas concealer terbuat dari bulu yang halus sehingga Anda dapat menggunakannya pada jerawat tanpa memberikan tekanan. Cara menggunakan kuas concealer yang baik adalah dengan menidurkannya pada kulit, bukan dengan posisi berdiri atau tegak lurus.

Baca juga rekomendasi serum dan pelembap wajah terbaik untuk kulit berjerawat di sini!

Tidak hanya menyembunyikan dengan concealer, menyembuhkan jerawat dengan perawatan sehari-hari juga penting untuk dilakukan. Pada tautan di bawah ini kami akan memperkenalkan tentang serum dan pelembap wajah yang efektif untuk kulit berjerawat. Gunakan sebelum Anda memulai makeup dan rasakan manfaatnya!

Kesimpulan

Bagaimana dengan ulasan cara memilih concealer untuk menutupi jerawat beserta rekomendasi produknya? Ingat, pilih warna hijau untuk jerawat merah atau kuning untuk jerawat putih. Selain itu, pilih tipe concealer berdasarkan jenis jerawat.

Jangan aplikasikan concealer terlalu tebal supaya warna terlihat merata. Lalu, cobalah untuk menggunakan kuas concealer untuk hasil yang lebih baik dan efektif. Semoga Anda menemukan concealer yang tepat, ya!