1. TOP
  2. Perawatan tubuh & kecantikan
  3. Makeup wajah
  4. 10 Concealer Terbaik untuk Menutupi Jerawat - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Concealer Terbaik untuk Menutupi Jerawat - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Concealer Terbaik untuk Menutupi Jerawat - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Concealer Terbaik untuk Menutupi Jerawat - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Concealer Terbaik untuk Menutupi Jerawat - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Concealer Terbaik untuk Menutupi Jerawat - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Concealer Terbaik untuk Menutupi Jerawat - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2023)

Masalah jerawat bisa mengganggu penampilan. Selain melakukan perawatan dengan skincare, Anda juga bisa menggunakan concealer sebagai solusi instan cara menutupi jerawat. Concealer yang full coverage dapat menyamarkan jerawat, bekas luka, dan dark spot.


Kali ini, kami akan memberikan tips memilih concealer terbaik. Beragam merk concealer yang bagus, seperti Rosé All Day, BLP, dan Mad For Makeup ada di sini. Artikel ini sudah ditinjau oleh beauty content creator sekaligus makeup artist kami, Luella Artistry. Jadi, jangan lewatkan, ya!

Diperbaharui 02-17-2023
Luella Artistry
Pakar
Beauty content creator dan MUA
Luella Artistry

Luella adalah seorang beauty content creator dan makeup artist. Ia memulai karier di bidang beauty sejak tahun 2017. Berawal dari passion-nya sebagai MUA, Ia terjun lebih dalam lagi ke dunia beauty sebagai content creator. Luella berpengalaman banyak dalam mencoba berbagai produk skincare dan makeup. Hal tersebut membuat dirinya makin paham bagaimana cara memaksimalkan dan memilih produk sesuai jenis kulit. Ia juga gemar membagikan review dan rekomendasi berbagai produk di media sosial.

Profil Luella Artistry
Lanjut membaca
Ucha Candra
Penyunting
Editor mybest Indonesia
Ucha Candra

Ucha Candra, atau akrab dipanggil Ucha, adalah lulusan Universitas Brawijaya jurusan Sastra Jepang. Kecintaannya pada dunia tulis menulis mengantarkannya bergabung dengan mybest Indonesia sejak 2017. Selain menjadi content writer, kini ia juga berkesempatan menjadi editor. Kesempatan ini membawanya untuk meng-explore hobinya lebih jauh, yakni dunia skincare dan fashion. Tak hanya berupa tulisan, beberapa konten review Ucha juga bisa dilihat di akun Instagram miliknya.

Profil Ucha Candra
Lanjut membaca
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Pakar yang ada di artikel ini meninjau cara memilih dan tidak berkontribusi dalam pemilihan produk atau layanan yang ada di dalam artikel.
Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan popularitasnya di marketplace. (Diperbaharui pada 17 Februari 2023)

Cara memilih Concealer untuk Menutupi Jerawat

Memilih concealer untuk kulit berjerawat atau menutupi bekas jerawat ada caranya, lho. Agar menemukan concealer terbaik ikuti tips berikut, ya.

① Pahami jenis-jenis concealer

Langkah pertama, mari ketahui jenis-jenis concealer berikut ini. Tiap jenis concealer punya kelebihan masing-masing.

Liquid, mudah dibaurkan dan paling mudah ditemui di pasaran

Liquid concealer merupakan jenis concealer yang paling umum di pasaran. Liquid concealer memiliki beberapa kelebihan, di antaranya:


  • Formulanya mudah di-blend.
  • Minim risiko menggumpal ataupun breakout.
  • Cenderung cocok untuk semua jenis kulit, termasuk kulit berminyak dan berjerawat.

Liquid concealer biasanya hadir dalam finish yang matte dan satin. Namun, jika kulit Anda kering, sebaiknya hindari liquid concealer yang matte karena justru akan mempertegas tekstur kulit Anda.

Cream, coverage-nya full membuat makeup lebih flawless

Cream, coverage-nya full membuat makeup lebih flawless

Selain liquid concealer, ada juga concealer berbentuk cream. Cream concealer banyak diminati oleh para profesional karena coverage-nya yang tinggi.


Dalam aplikasinya, cream concealer perlu di-blend dengan brush atau beauty blender. Kemudian, di-set dengan loose powder. Jika tidak di-blend dengan baik, cream concealer berisiko creasing atau retak. 


Cream concealer memiliki tekstur yang cukup berat sehingga rentan menyumbat pori-pori. Oleh karena itu, cara membersihkannya pun perlu diperhatikan. Concealer ini lebih direkomendasikan untuk kulit kering, tetapi kurang direkomendasikan untuk kulit berminyak.

Stick, bentuk dan teksturnya nyaman digunakan

Concealer stick merupakan concealer berbentuk semi padat dengan tekstur creamy. Senada dengan cream concealer, concealer stick juga punya kelebihan yang serupa, di antaranya:


  • Memberikan medium to full coverage.
  • Bentuknya handy dan lebih presisi saat diaplikasikan di wajah.


Namun, tekstur dari concealer stick biasanya terasa berat saat dipakai. Oleh karena itu, concealer stick lebih disarankan untuk kulit kering dan perlu dihindari oleh pemilik kulit berminyak.

Pencil, tutupi noda dengan lebih presisi

Pencil, tutupi noda dengan lebih presisi

Meski cukup jarang ditemui, nyatanya masih ada beberapa brand menciptakan concealer berbentuk pensil. Hampir sama seperti concealer stick, concealer pencil juga sangat presisi saat digunakan.


Selain untuk menutupi jerawat, concealer pencil juga bisa Anda gunakan untuk merapikan bentuk alis dan mempertajam bagian wing eyelinerConcealer pensil cenderung memiliki tekstur yang keras, kaku, dengan ujung yang runcing. Oleh karena itu, penggunaannya perlu kecermatan karena berisiko memperparah jerawat Anda.

② Carilah concealer dengan tambahan skincare

Carilah concealer dengan tambahan skincare

Concealer kekinian tidak hanya berfungsi untuk menyamarkan ketidaksempurnaan kulit. Beberapa produk concealer juga menambahkan kandungan skincare di dalamnya.


Kami menyarankan Anda untuk mengutamakan concealer dengan tambahan bahan aktif untuk mengatasi jerawat. Bahan tersebut di antaranya, salicylic acid, Centella asiatica, tea tree oil, dan vitamin B3. Jadi, tak hanya menutupi jerawat, kulit Anda juga turut ternutrisi dan terawat.

③ Temukan shade yang sesuai dengan warna kulit Anda

Temukan shade yang sesuai dengan warna kulit Anda

Pemilihan shade concealer haruslah selaras dengan foundation atau bedak. Anda bisa mendapatkan shade concealer yang tepat dengan mengetahui undertone Anda.


Beberapa merek concealer terkini menyediakan shade berdasarkan undertone dengan kode C, N, dan W. Kode tersebut dapat diterjemahkan sebagai berikut:


  • Kode C, untuk cool undertone. Ditandai dengan nadi berwarna kebiruan.
  • Kode W, untuk warm undertone. Ditandai dengan nadi berwarna kehijauan.
  • Kode N, untuk neutral undertone. Ditandai dengan nadi berwarna keunguan.

Setelah memahami undertone Anda, berikut ini tips memilih shade untuk jerawat atau bekas jerawat Anda:


  • Untuk bekas jerawat dan flek yang cenderung abu-abu dan mulai pudar, pilihlah shade yang sama dengan warna kulit Anda.
  • Apabila bekas jerawat dan flek warnanya sudah sangat hitam, pilih warna concealer yang lebih gelap dari warna kulit. 


Pada kedua problem ini, shade yang lebih terang hanya akan menghasilkan warna yang kurang seimbang dan justru membuat jerawat lebih kentara.


  • Sementara untuk jerawat yang masih kemerahan, Anda bisa menggunakan warna concealer yang lebih terang dari warna kulit.

④ Tentukan finish yang Anda inginkan

Tentukan finish yang Anda inginkan

Senada dengan foundation, concealer juga tersedia dalam finish yang beragam. Pertama, pilihlah finish concealer yang sesuai dengan foundation Anda. Kemudian, pertimbangkan juga finish concealer berdasarkan jenis kulit Anda, ya.


  • Untuk kulit kering, hindarilah concealer dengan finishing matte. Concealer matte akan membuat kulit Anda lebih kering dan menghasilkan makeup yang cracky.
  • Sementara itu, untuk kulit berminyak, Anda dapat memilih concealer yang matte finish. Concealer matte akan membantu mengurangi tampilan kilau pada wajah Anda.

10 Rekomendasi concealer terbaik untuk menutupi jerawat

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk concealer terbaik untuk menutupi jerawat yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Luella Artistry.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Maybelline

Fit Me! Liquid Concealer

Maybelline Fit Me! Liquid Concealer 1枚目

Hasil coverage tinggi yang menyatu sempurna dengan kulit

2

Wardah

Lightening Liquid Concealer

Wardah  Lightening Liquid Concealer 1枚目

Concealer murah dengan manfaat skincare

3

Make Over

Powerstay Total Cover Liquid Concealer

Make Over Powerstay Total Cover Liquid Concealer 1枚目

Memberikan hasil makeup yang halus dan tahan lama seharian

4

Somethinc

WAKE ME UP HD Blur Full Coverage Concealer

Somethinc WAKE ME UP HD Blur Full Coverage Concealer 1枚目

Dengan dua aplikator, pemakaiannya jadi lebih praktis!

5

Dazzle Me

Our Secret Cover Concealer

Dazzle Me Our Secret Cover Concealer 1枚目

Menyamarkan jerawat sekaligus melembapkan kulit

6

Our Rebel Beauty

Mad For Makeup Spotless Second Skin Serum Concealer

Our Rebel Beauty Mad For Makeup Spotless Second Skin Serum Concealer 1枚目

Concealer yang mengandung serum khusus untuk kulit berjerawat

7

Lizzie Parra Kreasi

BLP Face Concealer

Lizzie Parra Kreasi BLP Face Concealer 1枚目

Membantu menenangkan jerawat dengan chamomile extract

8

Rosé All Day

The Realest Lightweight Concealer

Rosé All Day The Realest Lightweight Concealer 1枚目

Concealer high coverage yang superringan

9

SADA

Toya Conceal & Contour

SADA  Toya Conceal & Contour 1枚目

Hasil conceal lebih natural dan tahan seharian

10

Barenbliss

Start-Over Concealer

Barenbliss Start-Over Concealer 1枚目

Menyamarkan noda dan menutrisi kulit untuk hasilkan riasan ala wanita Korea

Perincian produk
Close
No.1

MaybellineFit Me! Liquid Concealer

Mulai dari Rp129.900,00

Hasil coverage tinggi yang menyatu sempurna dengan kulit

Kelebihan:

  • Shade yang ditawarkan lebih beragam dan menjangkau seluruh undertone
  • Coverage-nya medium to full, tetapi teksturnya ringan dan mudah di-blend

Kekurangan:

  • Formulanya cepat nge-set sehingga perlu cepat di-blend

Concealer yang satu ini memang favorit semua kalangan. Maybelline Fit Me! Concelar merupakan concealer dengan hasil coverage yang tinggi yang mampu menyamarkan ketidaksempurnaan kulit, seperti jerawat, bekas jerawat, dan area undereye yang menghitam.


Shades-nya beragam dan menjangkau seluruh undertone Indonesia. Formulanya akan memberikan tampilan fresh yang natural. Meski memberikan coverage yang tinggi, concealer Maybelline ini terasa ringan. Kulit Anda tetap bisa bernafas nyaman.

No.2

Wardah Lightening Liquid Concealer

Mulai dari Rp44.000,00

Concealer murah dengan manfaat skincare

Kelebihan:

  • Mengandung niacinamide dan memberi perlindungan dari sinar UV dan blue light
  • Harganya terjangkau dan mudah didapatkan
  • Formulanya smooth dan ringan

Kekurangan:

  • Hanya tersedia dalam dua varian shade
  • Beberapa pengguna merasa coverage-nya tergolong medium

Kalau Anda mencari concealer dengan harga terjangkau, rekomendasi kami jatuh pada Wardah. Selain harganya terjangkau, concealer ini bisa Anda temukan di minimarket, lho. Meski terbilang murah, concealer ini sudah menambahkan skincare di dalam komposisinya.


Jadi, selain menyamarkan jerawat, concealer ini juga bisa membantu Anda mencerahkan bekasnya. Ada dua varian shade yang bisa Anda pilih, yakni Light dan Beige. Untuk menyamarkan jerawat dengan cepat dan murah, pilih Wardah, ya!

No.3

Make OverPowerstay Total Cover Liquid Concealer

Mulai dari Rp115.000,00

Memberikan hasil makeup yang halus dan tahan lama seharian

Kelebihan:

  • Formula yang tahan hingga 12 jam, tidak lengket, dan mudah di-blend
  • Coverage-nya tinggi, mampu meng-cover jerawat yang kemerahan, bekas jerawat, dan undereye

Kekurangan:

  • Pilihan shade-nya hanya tiga saja
  • Beberapa pengguna merasa teksturnya cukup thick sehingga cenderung crack jika dipakai pada kulit yang kering

Bila Anda menginginkan hasil makeup flawless yang longlasting, kami rekomendasikan concealer Make Over yang satu ini. Liquid concealer ini memiliki formula smooth matte finish yang anticrack dan antipatchy. Concealer ini paling aman dan recommended untuk semua tipe kulit terutama kulit berminyak.


Teksturnya mudah dibaurkan dan memberikan medium to full coverage yang sempurna menutupi kemerahan dan dark spots. Produk ini juga memiliki tekstur yang nyaman digunakan dan tidak lengket. Concealer ini bahkan bisa bertahan selama 12 jam, lho!

No.4

SomethincWAKE ME UP HD Blur Full Coverage Concealer

Mulai dari Rp79.000,00

Dengan dua aplikator, pemakaiannya jadi lebih praktis!

Kelebihan:

  • Tersedia dalam delapan shade sesuai dengan warna kulit orang Indonesia
  • Coverage-nya tinggi, tetapi tidak cakey
  • Harganya terjangkau

Kekurangan:

  • Formulanya cepat kering sehingga perlu cepat di-blend
  • Beberapa pengguna merasa sponsnya tidak sepadat beauty blender

Concealer lokal yang satu ini memiliki kemasan yang unik dan praktis karena dilengkapi dengan dua aplikator sekaligus. Selain dilengkapi dengan aplikator doe foot, Anda juga mendapatkan spons untuk membaurkannya ke wajah. Anda pun tak perlu repot membawa beauty blender lagi jika membawanya bepergian.


Concealer dengan finish satin ini memiliki formula yang ringan dan creaseless, tetapi memiliki coverage tinggi. Concealer ini juga minim oksidasi sehingga makeup tidak mudah berubah jadi gelap atau ashy. Formulanya juga waterproof dan sweatproof sehingga Anda bisa lebih bebas beraktivitas.

No.5

Dazzle MeOur Secret Cover Concealer

Mulai dari Rp74.800,00

Menyamarkan jerawat sekaligus melembapkan kulit

Kelebihan:

  • Mengandung bahan pelembap, seperti ekstrak bunga French Immortelle, Centella asiatica, dan madu
  • Formulanya transferproof, smudgeproof, dan maskproof
  • Harganya terjangkau

Kekurangan:

  • Shade yang tersedia hanya ada dua saja

Anda mencari concealer dengan harga terjangkau? Yuk, coba concealer Dazzle Me. Dengan harga kurang dari 75 ribu, concealer ini menawarkan formula yang awet, transferproof, smudgeproof, dan maskproof. Selain tahan lama, concealer ini juga blendable dan buildable. Coverage yang diberikan pun cukup mumpuni.


Menariknya lagi, concealer ini mengandung tiga macam pelembap, termasuk Centella asiatica yang bisa membantu menenangkan jerawat Anda. Dengan finish yang semi-matte, makeup Anda akan tampak lebih natural dan tidak dempul. Tunggu apalagi, yuk, coba concealer untuk wajah berjerawat ini!

No.6

Our Rebel BeautyMad For Makeup Spotless Second Skin Serum Concealer

Mulai dari Rp129.000,00

Concealer yang mengandung serum khusus untuk kulit berjerawat

Kelebihan:

  • Concealer hybrid dengan kandungan Centella asiatica, niacinamide, dan hyaluronic acid
  • Formula ringan dengan teknologi water permeable (tembus air)
  • Pilihan shade-nya paling beragam

Kekurangan:

  • Beberapa pengguna merasa coverage-nya cukup medium saja

Ucapkan selamat tinggal pada concealer biasa. Mad For Makeup Spotless Second Skin Serum Concealer ini adalah solusi untuk pemilik kulit acne prone. Concealer ini berperan ganda sebagai makeup dan serum untuk mengatasi kulit berjerawat. Tekstur produk ini dirancang ultra light, tidak dempul, pigmented, dan tahan lama.


Meski begitu, coverage-nya terbilang cukup tinggi. Selain berfungsi menutupi jerawat dan noda, concealer noncomedogenic ini juga membantu melembapkan wajah dan dijamin aman untuk kulit berjerawat. Menariknya, concealer ini ada dalam sembilan shade yang bersahabat dengan kulit Indonesia.

No.7

Lizzie Parra KreasiBLP Face Concealer

Mulai dari Rp139.000,00

Membantu menenangkan jerawat dengan chamomile extract

Kelebihan:

  • Mengandung chamomile extract yang membantu menenangkan jerawat
  • Dilengkapi dengan UV protection

Kekurangan:

  • Aplikator doe foot-nya dinilai terlalu besar sehingga kurang presisi

Jerawat yang meradang memerlukan bahan yang dapat menenangkan kulit. Concealer dari BLP ini mengandung chamomile extract yang bersifat anti-inflamasi, antibakteri, anti-iritasi, dan dapat menenangkan kulit. Face Concealer ini dapat menutup noda, menyamarkan pori-pori, garis halus, serta melembapkan wajah.


Teksturnya creamy, thick, tetapi mudah dibaurkan. Sementara coverage-nya tergolong tinggi. Anda hanya perlu memakainya sedikit saja karena pigmentasi dan coverage-nya sangat bagus. Penggunaan satu layer sudah bisa memberikan hasil medium coverage. Penggunaan dua layer sudah bisa memberikan full coverage tanpa memberikan efek dempul.

No.8

Rosé All DayThe Realest Lightweight Concealer

Mulai dari Rp139.000,00

Concealer high coverage yang superringan

Kelebihan:

  • Mengandung Marine Blue Vital C, hyaluronic acid, multivitamin, dan UV filter
  • Membantu melembapkan kulit, tetapi tidak membuat kulit berminyak
  • Pilihan shade-nya beragam

Kekurangan:

  • Pengguna dengan jenis kulit oily mengeluhkan ketahanan concealer yang kurang lama

Concealer biasanya memiliki tekstur yang tebal dan sulit di-blend. Namun, hal itu tidak akan terjadi jika Anda memilih concealer Rosé All Day. Concealer ini punya coverage medium to high, tetapi teksturnya superringan. Formulanya diklaim water-resistant, creaseless, noncracking, dan buildable. Hasilnya memberi efek pore-blurring sehingga makeup lebih flawless.


Concealer ini dilengkapi dengan kandungan Marine Blue Vital C, hyaluronic acid, multivitamin (B, C, E), dan UV filter. Selain menyamarkan jerawat, concealer ini juga membantu menghidrasi dan melembabkan, tetapi tidak berminyak.

No.9

SADA Toya Conceal & Contour

Mulai dari Rp119.000,00

Hasil conceal lebih natural dan tahan seharian

Kelebihan:

  • Bentuknya presisi untuk diaplikasikan ke wajah
  • Teksturnya creamy dan halus
  • Dapat difungsikan sebagai contour

Kekurangan:

  • Pilihan warnanya terbatas hanya tiga shade saja

Untuk menutupi jerawat dan tampil flawless, Anda bisa mengandalkan Toya Conceal and Contour. Produk ini punya fungsi ganda sebagai concealer dan contour sekaligus. Formulanya ringan dan diklaim mampu bertahan hingga 10 jam. Hasilnya matte yang cocok digunakan pada no-makeup makeup look.


Teksturnya yang creamy memberikan Anda waktu untuk blending dan build coverage. Namun, perlu Anda ketahui bahwa coverage-nya hanya sheer to medium. SADA concealer termasuk ke dalam produk hybrid atau makeup yang memiliki kandungan skincare. Hanya saja, sayangnya SADA tidak merinci kandungan skincare apa yang dimaksud.

No.10

BarenblissStart-Over Concealer

Mulai dari Rp89.000,00

Menyamarkan noda dan menutrisi kulit untuk hasilkan riasan ala wanita Korea

Kelebihan:

  • Mengandung Korean Miracle Bloom™ yang menutrisi kulit
  • Teksturnya halus, tidak lengket, tidak kering di kulit, transferproof, dan waterproof

Kekurangan:

  • Pilihan warnanya masih sebatas tiga shade saja


Korean look makeup menjadi makin populer akhir-akhir ini. Apabila Anda berniat mencobanya, gunakanlah produk dari brand Korea, Barenbliss. Concealer ini dibekali antibacterial brush tip yang aman untuk kulit berjerawat. Selain itu, Start-Over Concealer berperan sebagai makeup sekaligus skincare untuk kulit Anda.


Produk ini mampu menyamarkan noda dan kemerahan sembari menutrisi kulit wajah. Jika Anda mendambakan kulit yang flawless, sehat, dan ternutrisi seperti artis Korea, pilih saja produk ini!

Tips pengaplikasian concealer yang tepat dari makeup artist kami, Luella Artistry

Tips pengaplikasian concealer yang tepat dari makeup artist kami, Luella Artistry

Agar mendapatkan hasil yang maksimal, Anda perlu menerapkan cara yang tepat untuk mengaplikasikan concealer. Jika Anda menggunakan foundation, aplikasikan foundation sebelum concealer.


Baurkan concealer dengan aplikator khusus, seperti concealer brush atau beauty blender. Jika menggunakan beauty blender, tap-tap concealer dengan lembut agar menempel dengan baik. Ini akan menghasilkan makeup yang lebih halus tanpa kerut atau retakan.

Baca juga rekomendasi produk complexion lainnya di sini

Kesimpulan

Concealer menjadi penolong saat Anda ingin merias wajah yang terlihat flawless tanpa noda. Concealer yang tepat akan membuat makeup Anda makin paripurna. Terlebih, jika Anda ingin memakai concealer untuk menutupi jerawat, temukanlah concealer dengan coverage yang baik. 


Mari temukan beragam produk concealer terbaik bersama kami. Gunakanlah tips memilih concealer di atas sebagai acuan Anda. Semoga artikel kami membantu, ya. Selamat berbelanja dan menemukan produk concealer terbaik!

5 Rekomendasi Concealer untuk Menutupi Jerawat terbaik

No. 1MaybellineFit Me! Liquid Concealer

No. 2Wardah Lightening Liquid Concealer

No. 3Make OverPowerstay Total Cover Liquid Concealer

No. 4SomethincWAKE ME UP HD Blur Full Coverage Concealer

No. 5Dazzle MeOur Secret Cover Concealer

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer