10 Rekomendasi Kuas Eyeshadow Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Kuas Eyeshadow Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Rahasia mata cantik bukan hanya dari penggunaan kosmetik eyeliner, maskara, maupun eyeshadow saja! Ada alat berupa kuas khusus eyeshadow yang bisa menjadi pelengkap senjata rahasia Anda membuat riasan mata tercantik!

Berbagai jenis kuas eyeshadow dari merek terkenal seperti MAC, Sigma Beauty, Make Up For Ever, Urban Decay, hingga Tenwa sangat direkomendasikan untuk Anda. Bagaimana cara memilih kuas eyeshadow yang bagus untuk membuat riasan mata yang memikat? Yuk, simak artikel ini sampai selesai!

Daftar isi

Kuas eyeshadow untuk riasan mata yang atraktif

Kuas eyeshadow untuk riasan mata yang atraktif

Hal pertama yang harus dilakukan saat memilih kuas eyeshadow adalah, pilihlah produk yang tepat dan mudah digunakan. Pahami dulu bahwa setiap kuas mempunyai ciri dan fungsinya masing-masing. Misalnya, apabila Anda ingin membubuhkan warna dasar pada kelopak mata, maka gunakanlah kuas eyeshadow berbentuk pipih. Apabila Anda ingin menyapukan warna yang halus dan membuatnya menyatu, maka gunakanlah kuas eyeshadow dengan fungsi membaurkan, atau sering disebut blending brush.

Kuas eyeshadow yang kami bahas dalam artikel ini memiliki fungsi dasar untuk membubuhkan dan membaurkan warna. Tidak hanya berguna untuk menyapukan warna dasar secara serasi di seluruh kelopak mata dan lubang mata, tetapi Anda juga bisa membuat gradasi warna seperti lukisan. Selain itu, ada banyak teknik dalam menggunakan kuas eyeshadow untuk membuat highlight dan menonjolkan warna netral.

Tidak seperti aplikator eyeshadow yang berbentuk spons mungil (eyeshadow chip) yang mudah rusak setelah dicuci, kuas eyeshadow lebih awet dan bisa dicuci berulang kali setiap selesai pemakaian. Mulai saat ini, Anda bisa mengoleksi kuas eyeshadow dengan berbagai ukuran dan material. Bubuhkan eyeshadow dengan kuas pilihan Anda untuk riasan mata yang indah.

Cara memilih kuas eyeshadow

Bagaimana cara memilih kuas eyeshadow dan mengaplikasikannya? Bentuk, jenis bulu kuas, bahan, serta ukurannya adalah poin-poin yang harus diperhatikan.

Pilihlah ukuran kuas sesuai fungsinya masing-masing

Kuas eyeshadow memiliki fungsi yang berbeda tergantung dari ukuran. Bagaimana Anda menerapkan eyeshadow di kelopak mata, dan hasil seperti apa yang diinginkan? Pilihlah kuas eyeshadow yang tepat berdasarkan riasan mata yang dibutuhkan.

Ukuran besar, untuk menyapukan warna dasar pada seluruh area mata

Ukuran besar, untuk menyapukan warna dasar pada seluruh area mata

Yang pertama adalah kuas eyeshadow berukuran besar. Kuas ini efisien untuk membubuhkan eyehadow berwarna dasar, misalnya warna highlight putih, pada seluruh bagian kelopak mata dan lubang mata. Sangat mudah digunakan apabila Anda menggunakan jenis kuas yang berbulu lembut, dengan bubuk eyeshadow berbentuk bedak halus.

Ukuran sedang, untuk membubuhkan warna pada bagian lubang mata

Ukuran Sedang, untuk membubuhkan warna pada bagian lubang mata

Yang kedua adalah kuas eyeshadow ukuran sedang. Kuas digunakan untuk membubuhkan warna di garis lubang mata, dan menciptakan gradasi yang indah pada kelopak mata. Pilihlah ukuran ini untuk membaur dan meratakan garis eyeshadow secara sempurna.

Ukuran kecil, untuk mengaplikasikan warna utama pada kelopak mata yang keriput

Ukuran kecil, untuk mengaplikasikan warna utama pada kelopak mata yang keriput

Yang terakhir adalah kuas eyeshadow berukuran kecil untuk membubuhkan warna utama di seluruh kelopak mata, atau pada bagian kelopak mata yang diinginkan. Kesan kelopak mata akan berubah tergantung cara Anda membubuhkan warnanya. Apakah dibuat memenuhi seluruh kelopak mata, atau hanya pada bagian tertentu seperti aksen bayangan di ujung mata, untuk menghasilkan riasan mata tiga dimensi.

Karena sering digunakan untuk kelopak mata yang berkerut, pilihlah kuas eyeshadow kecil dengan tipe flat, atau kuas berbentuk pensil dengan ujung yang tipis. Anda bisa membentuk detail eyeshadow secara presisi.

Lengkapi juga koleksi Anda dengan blending brush

Lengkapi juga koleksi Anda dengan blending brush

Blending brush adalah kuas untuk membaur dan meratakan warna. Dengan mencampur warna eyeshadow pada kelopak mata dan garis lubang mata, Anda bisa membuat padu gradasi warna yang indah. Selain memberi gradasi, Anda juga bisa membuat efek bayangan mata tiga dimensi atau mengaburkan warna eyeshadow yang terlalu tajam. Kuas ini multiguna untuk membenarkan riasan mata Anda. Bisa dipakai juga untuk highlighting dan contouring yang mendetail.

Pilihlah menurut jenis bulu kuas

Kualitas bulu kuas juga sangat penting. Jenis bulu yang digunakan dapat memengaruhi hasil pengaplikasian bubuk atau krim eyeshadow, serta bagaimana perubahan warna yang terjadi saat disapukan ke kulit. Bulu kuas terbagi dua, yaitu bulu alami dari bulu binatang dan bulu artifisial dari serat sintetis. Pilihlah salah satu yang mudah digunakan dengan mempelajari keunggulan dan kekurangannya.

Bulu alami yang ramah di kulit

Bulu alami yang ramah di kulit

Yang paling populer adalah kuas berbulu alami yang terbuat dari rambut kuda. Elastisitasnya sedang, pewarnaanya bagus, juga harganya relatif murah. Selain itu, bulu kuas dari bulu tupai dan kambing juga banyak digunakan, terasa lembut saat ditepukkan ke kulit Anda. Ramah di kulit, cocok untuk Anda yang memiliki kulit sensitif dan alergi.

Kelemahannya adalah, bulu alami tidak tahan lama apalagi jika dicuci berulang kali. Dibutuhkan perawatan khusus dan perlakuan yang lembut untuk bulu jenis ini.

Bulu artifisial untuk daya tahan yang kuat

Bulu artifisial untuk daya tahan yang kuat

Bulu kuas artifisial terbuat dari serat poliester, nilon, dan lainnya yang tahan lama meski dicuci dan digunakan berkali-kali. Namun, bulu jenis ini kurang cocok untuk kulit sensitif. Selain itu, kuas sintetis cenderung tidak efektif dalam mengangkut bubuk eyeshadow, sehingga dalam pengaplikasiannya butuh dikombinasi dengan kuas bulu alami.

Meskipun begitu, saat ini teknologi berkembang pesat. Kuas sintetis telah mengalami banyak inovasi, menjadikan bulu kuasnya sangat lembut, antialergi, dan tidak kalah dari kuas bulu alami. Kuas sintetis inovatif dari merek MAC dan Sigma Beauty misalnya, memiliki kelembutan serat yang sama dengan bulu alami sekaligus daya tahan yang sangat kuat.

10 Rekomendasi kuas eyeshadow terbaik

Untuk Anda yang ingin membuat makeup mata yang indah. Di bawah ini adalah sepuluh rekomendasi kuas eyeshadow terbaik untuk Anda. Mari pilih yang terbaik!

10. MAC 219S Pencil Brush

10. MAC 219S Pencil Brush

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 360.000

Buat riasan smoky eyes sempurna!

Kuas eyeshadow dari MAC ini berukuran kecil, sangat bagus untuk shading, membaurkan warna, dan memberikan presisi yang mendetail pada mata. Kuas ini dapat disapukan dengan mudah di bagian lipatan mata atau sepanjang garis bulu mata.

Kuas sintetis ini dirancang dengan serabut halus yang terkenal tahan lama. Dengan bentuk pensilnya yang ideal, Anda bisa memadukan eyeliner dan eyeshadow untuk membuat gradasi warna yang lembut. Kuas ini sangat cocok untuk Anda yang menginginkan gaya riasan smoky eyes!

9. Sigma Beauty E55 Eye Shading Brush

9. Sigma Beauty E55 Eye Shading Brush

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 195.000

Kuas eyeshadow dengan bulu halus antialergi

Sigma Beauty E55 Eye Shading Brush mematahkan pendapat bahwa kuas berharga mahal adalah yang terbaik. Selain berharga cukup terjangkau di kelasnya, kuas ini juga cocok untuk Anda yang memiliki kulit alergi, sebab terbuat dari serat sintetis antibakteri dan hypoallergenic.

Fungsi utama kuas ini adalah pengaplikasian warna dasar ke seluruh kelopak mata dan meratakan warna pigmen dengan lebih intens. Ujung kuasnya berbentuk pipih, dengan kerapatan bulu yang lembut. Kuas ini mampu mengangkut dan membubuhkan bubuk eyeshadow ke kelopak mata Anda secara sempurna.

8. MAC 252S Large Shader Brush

8. MAC 252S Large Shader Brush

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 380.000

Kuas besar untuk shading yang lembut

MAC mengeluarkan kuas berukuran besar dan berbulu halus yang ideal melapisi kelopak mata Anda dengan eyeshadow berpigmen tinggi. Kuas ini bekerja membaurkan eyeshadow dalam sekali usap untuk gaya riasan yang lembut, atau beberapa kali usap untuk riasan yang lebih dramatis.

MAC 252 Large Shader Brush dirakit dengan tangan, menggunakan material kualitas terbaik. Inovasi serat sintetis superior dari MAC membuat Anda tidak perlu khawatir kuas ini rusak meski dicuci setiap hari. Kuas ini cocok untuk Anda aplikasikan bersama bubuk eyeshadow atau kosmetik berbahan emolien.

7. Urban Decay 24/7 Shadow Pencil Blending Brush

7. Urban Decay 24/7 Shadow Pencil Blending Brush

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 250.000

Kuas vegan yang terbuat dari rambut sintetis yang lembut

Blending brush dari merek mahal Urban Decay dirancang khusus memiliki bulu yang fleksibel. Teksturnya tidak terlalu lembut, tidak juga terlalu kaku. Kuas ini bisa diatur mengikuti bentuk kelopak mata dan membaurkan kuas pensil eyeshadow. Bentuknya yang modern dengan pegangan aluminium,  tampak indah saat dijejerkan di atas meja rias Anda.

Materialnya kelas tinggi, dibuat dari bahan sintetis superlembut dari material PET (recycled plastic bottles), yang dinilai lebih higienis ketimbang bulu binatang. Dirakit secara profesional, kuas vegan ini cocok untuk Anda yang mengutamakan kebersihan dalam peralatan makeup.

6. Sigma Beauty E52 Soft Focus Shader

6. Sigma Beauty E52 Soft Focus Shader

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 254.000

Kuas besar untuk shading yang sangat tahan lama

Ini adalah salah satu kuas eyeshadow yang berdaya tahan tinggi, tetap awet meski telah digunakan selama bertahun-tahun. E52 Soft Focus Shader adalah jenis kuas eyeshadow berukuran besar, dengan bentuk permukaan yang flat, dan efektif menjangkau keseluruhan kelopak mata tanpa membuat bubuk eyeshadow tersangkut.

Bulu kuasnya halus, mampu mengangkut bubuk eyeshadow, memupuk, dan membaurkan ke seluruh kelopak mata dengan mudah. Kuas ini cocok dipakai untuk eyeshadow berbentuk krim dan bubuk berwarna natural. Hasil riasan lembut bisa Anda dapatkan dengan mudah. Untuk Anda yang menginginkan kuas shading berukuran besar dan awet, kuas dari Sigma Beauty ini patut Anda koleksi.

5. MAC 239S Eye Shader Brush

5. MAC 239S Eye Shader Brush

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 204.000

Shading brush terbaik untuk kelopak mata

Di urutan kelima, kita kembali bersama MAC. Banyak penata rias terkenal seperti Soleimani yang lebih suka menggunakan jari ketika membubuhkan eyeshadow. Namun, sebagian besar mengaku tidak bisa membuat detail riasan mata tanpa menggunakan MAC 239 Eye Shader Brush!

Bentuk kuasnya datar dan bulat, sehingga Anda bisa menekan bubuk eyeshadow tepat pada kelopak mata, atau menggunakan ujung kuasnya untuk menggaris warna di sepanjang bulu mata. Berbulu halus dan rapat, kuas ini cocok untuk Anda yang ingin membuat shading berwarna intens di kelopak mata.

4. Make Up For Ever Precision Blender Brush 216

4. Make Up For Ever Precision Blender Brush 216

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 400.000

Kuas eyeshadow medium untuk riasan mata berefek smudge

Make Up For Ever adalah merek kosmetik andalan para penata rias ternama. Namun, tidak banyak yang tahu bahwa merek ini juga memiliki kuas-kuas andal untuk kesempurnaan riasan. Precision Blender Brush 216 berukuran medium dengan ujung bulat yang sempurna untuk membaurkan eyeshadow dan eyeliner pada garis bulu mata dan kelopak mata.

Dengan kepadatan bulu kuas dan ukurannya, kuas ini sering dipakai untuk menghasilkan riasan mata berefek smugde yang kontras. Bulu kuasnya lembut dan mampu menampung eyeshadow berbentuk bedak tabur, padat, maupun krim secukupnya, sehingga tidak mubazir. Meski harganya cukup tinggi, kuas ini cocok untuk Anda yang ingin menghemat pemakaian eyeshadow, atau menginginkan riasan mata berefek smudge.

3. Tenwa T203 Eye Shadow Brush (Round & Angled)

3. Tenwa T203 Eye Shadow Brush (Round & Angled)

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 800.000

Kuas eyeshadow dengan kemiringan untuk kulit sensitif

Tenwa adalah merek asal Jepang yang beberapa waktu lalu launching bersama sederet penata rias terkenal di Indonesia. Setiap kuas Tenwa diproduksi 100% handmade dengan ketelitian dan bahan berkualitas premium. Kuas ini menggunakan bulu tupai Kanada yang lembut, aman dipakai oleh Anda yang berkulit wajah sensitif dan bermasalah.

T203 Eye Shadow Brush memiliki ujung bulat dengan kemiringan, digunakan untuk membuat kontur eyeshadow, highlight, dan mampu menghasilkan riasan smoky eyes menawan. Gagang kuasnya terbuat dari kayu dan berdesain nikel, serta memiliki ukuran panjang 15.7 cm yang ideal. Kami merekomendasikannya untuk para penata rias profesional maupun pribadi.

2. Sigma Beauty E30 Pencil Brush

2. Sigma Beauty E30 Pencil Brush

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 200.000

Eyeshadow pencil brush yang memenangkan penghargaan!

Kuas yang satu ini memiliki ujung bulu yang menunjuk halus, cocok dipakai untuk membaur garis tajam oleh pencil liner, serta membaur warna pada garis bulu mata atas dan bawah secara mendetail. Keunggulannya dalam membuat presisi membuat Sigma Beauty E30 Pencil Brush mendapat penghargaan Nylon di tahun 2015.

Terbuat dari bulu eksklusif dengan inovasi serat SigmaTech, kuas ini membantu Anda mendapatkan riasan mata berdefinisi flawless dengan eyeshadow berpigmen tinggi. Selain itu, bentuknya yang pensil juga bisa digunakan untuk melukis eyeshadow sepanjang garis bulu mata, atau membubuhkan highlight yang cantik di ujung mata. Untuk Anda yang mencari kuas eyeshadow berbentuk pensil terbaik, produk ini adalah pilihan yang tepat!

1. Sigma Beauty E25 Blending Brush

1. Sigma Beauty E25 Blending Brush

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 213.000

Pemenang penghargaan sebagai blending brush terbaik!

Di urutan pertama, kami merekomendasikan Sigma Beauty kembali! Sigma Beauty E25 Blending Brush juga mendapatkan penghargaan dari majalah Nylon sebagai pemenang Beauty Hit List. Dirancang dengan kepala kuas yang bulat tegas, kuas ini memiliki fungsi utama sebagai pembaur eyeshadow.

Blending brush ini melembutkan garis riasan tajam, dan sangat bagus dalam membaurkan warna di kelopak mata. Selain itu, kuas ini bisa juga digunakan untuk menyamarkan garis contour yang tajam di daerah hidung, pipi, dan rahang. Untuk Anda yang menginginkan efek riasan mata natural dan flawless, maka wajib mengoleksi blending brush terbaik dari Sigma Beauty ini!

Kesimpulan

Riasan mata cenderung memengaruhi penampilan wajah kita secara keseluruhan. Alat makeup seperti apa yang sebaiknya dikoleksi untuk membuat riasan mata profesional? Mulailah dengan membeli kuas eyeshadow. Sebuah kuas bisa menciptakan riasan mata yang lembut dan dramatis, tergantung selera Anda. Dalam artikel ini, kami telah memberikan rekomendasi sepuluh kuas eyeshadow terbaik untuk dikoleksi. Selamat memilih!