10 Tas Ransel Terbaik untuk Pergi ke Sekolah (Terbaru Tahun 2019)

10 Tas Ransel Terbaik untuk Pergi ke Sekolah (Terbaru Tahun 2019)

Tas ransel adalah barang yang penting bagi siswa SMP atau SMA, bahkan yang sudah mahasiswa. Bagi pelajar yang diharuskan membawa buku yang tidak sedikit jumlahnya, tentunya membutuhkan ransel berkualitas dan berbahan kuat.

Ada banyak tas ransel sekolah yang dijual dengan berbagai merek, seperti Adidas, Bodypack, dan lainnya. Kami akan menjelaskan poin-poin yang perlu kamu perhatikan dalam memilih tas terbaik untuk ke sekolah sekaligus merekomendasikan produk terbaik. Jadi, jangan lewatkan ulasan berikut ini!

Daftar isi

Cara memilih tas ransel untuk pergi ke sekolah

Tas ransel banyak dipilih pelajar sekolah ataupun mahasiswa karena lebih praktis dan juga bisa menunjang penampilan. Selain itu, tas ransel dianggap lebih kuat dan dapat menyimpan lebih banyak barang. Kami akan menjelaskan poin-poin penting dalam memilih tas ransel untuk sekolah.

Pilihlah yang mudah digunakan dengan kapasitas 20 liter atau lebih

Pilihlah yang mudah digunakan dengan kapasitas 20 liter atau lebih

Tas dengan kapasitas 20-35 liter adalah pilihan tepat untuk tas ransel sekolah. Meski tas berkapasitas 10-15 liter juga bisa digunakan untuk aktivitas sehari-hari, kamu memerlukan tas dengan kapasitas 20 liter atau lebih apabila ingin membawa banyak perlengkapan, seperti buku, laptop, baju olahraga, botol minum, dan lainnya.

Selain itu, akan lebih baik lagi apabila kamu menggunakan tas ransel berkapasitas 30 liter. Kapasitas tas yang besar ini akan memudahkan kamu untuk membawa bekal makan siang dan juga perlengkapan ekstrakurikuler di sekolah. Kami sarankan kamu untuk memilih tas ransel kapasitas sedang jika masih bingung memilih tas ransel besar atau kecil.

Pilihlah yang bisa memuat dokumen ukuran A4 dan juga laptop

Pilihlah yang bisa memuat dokumen ukuran A4 dan juga laptop

Ukuran buku A4 banyak digunakan sebagai buku pelajaran dari TK sampai SMA. Apabila kamu seorang mahasiswa, mungkin kamu perlu membawa laptop, tablet, dan perlengkapan wajib lainnya untuk dibawa ke mana saja. Oleh karena itu, kamu membutuhkan tas ransel dengan kantong khusus.

Apabila kamu membeli tas ransel untuk sekolah melalui online shop, pastikan apakah tas dapat memuat dokumen berukuran A4, laptop, atau tablet sesuai kebutuhan kamu. Jika tas mudah dibuka, tentu akan memudahkan kamu untuk mengeluarkan dan memasukkan barang.

Pilihlah dengan memeriksa jumlah kantong dan juga ketahanannya terhadap air

Jenis tas ransel akan berbeda tergantung dari desain dan fungsinya. Sebelum kamu membeli tas sekolah, periksa dahulu poin-poin di bawah ini, ya.

Supaya mudah mengatur barang, pilih tas dengan banyak kantong

Supaya mudah mengatur barang, pilih tas dengan banyak kantong

Tidak hanya buku pelajaran dan buku catatan saja, perlengkapan ekstrakurikuler setiap anak sekolah pasti berbeda. Akan lebih mudah mengatur barang-barang keperluan sekolah jika kamu memiliki tas ransel dengan banyak kantong.

Pastikan juga tas tersebut memiliki kantong untuk menyimpan smartphone, kantong botol minuman, kantong depan yang dilengkapi ritsleting, kantong laptop, dan lainnya. Pilihlah tas yang memiliki kantong sesuai dengan kebutuhanmu, ya.

Pilih yang tahan air agar nyaman digunakan ketika hari hujan

Pilih yang tahan air agar nyaman digunakan ketika hari hujan

Karena digunakan hampir setiap hari, akan lebih mudah apabila kamu memilih tas ransel yang tahan air. Tas ransel kamu bisa saja basah saat hari hujan karena payung tidak cukup besar untuk melindunginya. Pilihlah tas ransel antiair agar nyaman digunakan saat hari hujan dan kamu pun tak perlu menyeka sisa-sisa air hujan.

Jika membawa muatan yang berat, pilih tas dengan bantalan pada tali bahu

Jika membawa muatan yang berat, pilih tas dengan bantalan pada tali bahu

Banyaknya perlengkapan sekolah mulai dari buku pelajaran, buku catatan, kotak pensil, bahkan bekal makan siang tak jarang membuat tas ransel terasa berat. Belum lagi apabila kamu mengikuti kegiatan ekstrakurikuler di sekolah.

Karena kamu akan lebih sering menggunakan tas ransel, sebaiknya kamu memilih tas ransel dengan bantalan di bagian tali bahunya. Apabila tas ransel juga dilengkapi dengan chest strap atau sabuk yang dapat digunakan di dada, tas tersebut tidak akan terlepas dari bahu dan lebih nyaman digunakan.

Untuk kenyamanan di dalam transportasi umum, pilih ransel yang memiliki pegangan besar

Untuk kenyamanan di dalam transportasi umum, pilih ransel yang memiliki pegangan besar 

Sekarang ini, tak sedikit orang yang menggunakan transportasi umum seperti bus dan kereta api untuk pergi ke sekolah. Jika kamu termasuk salah satunya, pilih tas ransel yang memiliki tali pegangan di bagian atas.

Saat menaiki bus atau kereta, kamu bisa memutar ransel ke depan dan menurunkannya menggunakan tali pegangan ini. Kami sarankan pula untuk memilih tali yang lebih besar atau tas yang memiliki dua fungsi sebagai tas ransel dan tas selempang. Tipe tas ini akan memudahkan kamu bergerak di dalam transportasi umum.

Pilih tas dengan bahan yang ringan agar tidak terlalu membebani tubuh

Pilih tas dengan bahan yang ringan agar tidak terlalu membebani tubuh

Bahan tas ransel yang ringan juga ideal kamu gunakan sebagai tas ransel untuk pergi ke sekolah. Hal ini perlu diperhatikan khususnya untuk para wanita.

Kamu juga bisa membeli tas berkapasitas besar dengan bobot ringan sekitar 200 gram. Namun, tas dengan berat sekitar 500 gram mungkin bisa jadi pilihan apabila masih bingung memilih tas ransel yang tepat.

Sekarang ini, tas ransel berbahan ringan dan memiliki daya tahan yang cukup kuat berjenis sport dan outdoor juga sudah banyak bermunculan. Jadi, pertimbangkan dengan saksama sebelum kamu membeli tas ransel, ya.

Pilihlah ransel yang nyaman dipakai

Pilihlah ransel yang nyaman dipakai

Saat ingin membeli melalui online shop, foto produk tas ransel saja tentu belum cukup meski memiliki desain yang unik dan bisa digunakan oleh pria atau wanita. Saat membeli tas ransel, kamu juga perlu memeriksa ukuran seperti lebar, panjang, dan tingginya. Kekuatan suatu produk tas ransel juga tak boleh kamu lewatkan.

Apabila kamu menyukai bentuk dan warnanya, pastikan untuk selalu mengecek ukurannya agar tidak ada keluhan, seperti kekecilan, kurang pas, atau yang lainnya. Kami sarankan juga untuk melihat gambar tas saat dikenakan dan mengecek ulasan para konsumen sebagai referensimu.

10 Rekomendasi tas ransel terbaik untuk pergi ke sekolah

Selanjutnya, kami akan memberikan beberapa rekomendasi tas ransel sekolah terbaik untuk kamu. Jika sebelumnya kamu kesulitan dalam memilih tas ransel, bagian ini akan membantu kamu.

10. Urban Factor I Dont Like Monday Brown

10. Urban Factor I Dont Like Monday Brown

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 231.000

Ada bottom zipper, praktis simpan perlengkapan di bagian bawah

Tas ransel dari Urban Factor memiliki keunikan tersendiri yaitu terdapat kantong dengan ritsleting di bagian bawah. Space tambahan ini akan membantu kamu menyimpan peralatan sekolah seperti alat tulis atau peralatan kecil lainnya.

Tas ransel ini juga ideal untuk kamu yang aktif mengikuti kegiatan olahraga di sekolah, seperti berenang, futsal, dan yang lainnya. Kamu bisa menyimpan seluruh perlengkapan tersebut di kantong bagian bawah dan tidak akan tercampur lagi dengan buku pelajaran.

Kapasitas Sekitar 20 liter
Penyimpanan Laptop 14 inci
Jumlah kantong Kantong utama, 2 kantong depan, dan 1 kantong bawah
Bantalan tali bahu Ada
Pegangan Ada
Antiair Tidak disebutkan
Berat Tidak diketahui
Ukuran 44 cm × 30 cm × 20 cm

9. Bodypack Spoke 1.0

9. Bodypack Spoke 1.0

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 745.000

Tali kargo bisa dilepas-pasang, melengkapi kebutuhan pelajar aktif

Pelajar yang aktif dengan banyak kegiatan ekstrakurikuler, seperti sepak bola, base ball, dan lainnya cocok menggunakan produk dari Bodypack yang satu ini. Tas ransel roll-up ini dilengkapi dengan tali kargo berdesain unik, memungkinkan kamu untuk membawa barang berukuran besar seperti bola dan helm.

Selain itu, tas ransel ini memiliki adjuster buckle closure yang kokoh. Kamu tak perlu khawatir lagi barang bawaan terjatuh. Kantong tambahan dengan desain ritsleting beraksen webbing bomber juga memberikan nilai plus pada penampilan kamu.

Kapasitas 21 liter
Penyimpanan Laptop 14 inci dan botol
Jumlah kantong Kantong utama, kantong jala, kantong depan, 2 kantong samping
Bantalan tali bahu Ada
Pegangan Ada
Antiair Ada
Berat 1 kg
Ukuran 47 cm × 30 cm × 15 cm

8. Eiger 1989 Coaster Tote Bag – Black

8. Eiger 1989 Coaster Tote Bag - Black

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 250.000

Multifungsi! Bisa digunakan sebagai tas jinjing juga!

Jika kamu mencari daypack yang memiliki fungsi ganda sebagai tas ransel dan tas jinjing, tidak ada salahnya menjatuhkan pilihan pada produk dari Eiger ini. Tali pegangannya juga dapat disesuaikan sehingga memudahkan kamu untuk memakainya sebagai tote bag ataupun backpack.

Coaster Tote Bag juga hadir dengan warna dan desain sederhana yang bisa kamu gunakan saat traveling dan beraktivitas outdoor. Bahan tas ransel ini juga dilengkapi teknologi untuk mencegah air masuk ke dalam. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah membersihkannya saat terkena hujan.

Kapasitas 15 liter
Penyimpanan Buku berukuran A4
Jumlah kantong Kantong utama dan kantong depan
Bantalan tali bahu Tidak ada
Pegangan Ada
Antiair Ada (water repellent material)
Berat 400 gram
Ukuran 29 cm × 13 cm × 44 cm

7. Exsport Sienna Backpack

7. Exsport Sienna Backpack

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 296.000

Tampil minimalis di sekolah, tetapi tetap stylist? Pilih tas dengan desain modern ini!

Tas ransel ini dapat kamu gunakan saat ke kampus, ke sekolah, atau kegiatan bersepeda santai karena tampilannya yang simpel. Apabila kamu sudah bekerja, produk ini juga tepat menjadi pilihan berkat desainnya yang kekinian dan dapat digunakan bagi semua kalangan.

Produk dari Exsport ini dilengkapi kantong untuk menyimpan laptop dan gadget kesayangan kamu di bagian dalam kantong utama. Sementara itu, kantong depan dengan flap-nya bisa kamu gunakan untuk menyimpan alat tulis atau perlengkapan sekolah lainnya. Sangat praktis, bukan?

Kapasitas 19 liter
Penyimpanan Tablet 7 inci dan laptop
Jumlah kantong Kantong utama, media pocket (kantong dalam), kantong depan, kantong kanan, dan kantong kiri
Bantalan tali bahu Ada
Pegangan Ada
Antiair Tidak disebutkan
Berat sekitar 400 gram
Ukuran 42 cm × 32 cm × 14 cm

6. Taylor Fine Goods Backpack Rucksack 408 Blue

6. Taylor Fine Goods Backpack Rucksack 408 Blue

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 472.000

Desain vintage-nya membuat kamu jadi pusat perhatian di sekolah

Ransel ini menggunakan bahan kulit di beberapa bagian untuk mengedepankan kesan vintage. Taylor Fine Goods Backpack melengkapi produknya dengan kantong tambahan di salah satu sisi yang akan menambah kesan unik, membuat kamu semakin fashionable saat menggendongnya.

Tas berwarna navy dengan laptop sleeve di dalamnya sangat ideal untuk kamu yang sedang mengenyam pendidikan di universitas dan sedang mengerjakan tugas akhir. Bahannya pun kokoh sehingga kamu dapat menggunakan tas ransel ini dalam waktu lama.

Kapasitas Sekitar 20 liter
Penyimpanan Laptop 13-15 inci
Jumlah kantong Kantong utama, kantong depan, kantong samping
Bantalan tali bahu Ada
Pegangan Ada
Antiair Tidak disebutkan
Berat Sekitar 500 gram
Ukuran 40 cm × 30 cm × 12 cm

5. Adidas 3-Stripes Power Backpack Medium

5. Adidas 3-Stripes Power Backpack Medium

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 309.000

Punggungmu jadi bebas keringat berkat sirkulasi udara di bagian shoulder straps-nya, lho!

Jika kamu mencari tas serbaguna yang nyaman dengan ukuran tidak terlalu besar, produk dari Adidas ini bisa menjadi pilihan kamu. Produk berjenis daypack ini cocok digunakan untuk pergi ke sekolah atau berkegiatan lain seperti hiking dan traveling.

Produk ini juga sudah dilengkapi dengan ergonomic air mesh shoulder straps yang membuat punggung kamu tidak mudah berkeringat. Bahannya juga sudah dilapisi TPU-coating sehingga dijamin lebih tahan lama dan tahan terhadap tetesan hujan.

Kapasitas 19 liter
Penyimpanan Laptop
Jumlah kantong Kantong utama, kantong depan, kantong kanan, dan kantong kiri
Bantalan tali bahu Ada
Pegangan Ada
Antiair Ada
Berat 700 gram
Ukuran 16 cm × 32 cm × 44 cm

4. Consina Nauru

4. Consina Nauru

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 285.000

Santai saja hadapi hari hujan dengan rain cover

Merek Consina biasanya lebih banyak mengeluarkan produk untuk kegiatan outdoor. Namun, mereka juga menghadirkan Nauru sebagai pilihan tepat untuk pelajar dan mahasiswa. Ransel yang dilengkapi dengan rain cover ini membuatmu tidak waswas lagi saat menghadapi musim hujan.

Produk ini juga ideal untuk kamu yang ingin bergaya casual. Desainnya simpel dengan warna abu-abu, dapat dikombinasikan dengan gaya pakaian formal dan informal. Kamu juga tidak perlu khawatir jika produk ini kotor karena selain mudah dibersihkan, produk ini juga cepat kering.

Kapasitas 20 liter
Penyimpanan Laptop 13 inci
Jumlah kantong Kantong utama dan kantong depan
Bantalan tali bahu Ada
Pegangan Ada
Antiair Tidak disebutkan, tetapi memiliki rain cover
Berat 600 gram
Ukuran 26 cm × 15 cm × 42 cm

3. Bodypack Battle Town

3. Bodypack Battle Town

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 660.000

Fitur buckle magnet buat perlengkapan sekolahmu selalu aman

Jika kamu mencari tas ransel untuk ke sekolah dengan fungsi keamanan yang tinggi, produk dari Bodypack ini ideal untuk kamu. Tas ransel ini dilengkapi dengan beberapa pengunci tambahan, seperti ritsleting di kantong utama, buckle magnet, dan snap button yang menjaga perlengkapan sekolahmu tetap aman.

Tambahan lagi, tali backpack sebelah kanan dan kantong depannya terbuat dari bahan dixie. Dengan begitu, kamu bisa tampil lebih stylish dan akan mencuri perhatian setiap orang yang melihat. Tas ini pilihan tepat untuk kamu yang mencari ransel modis dan tak perlu insecure lagi.

Kapasitas 17 liter
Penyimpanan Laptop 14 inci
Jumlah kantong 1 kantong utama, 2 kantong depan, dan 2 kantong samping tambahan
Bantalan tali bahu Ada
Pegangan Ada
Antiair Ada (water repellent material)
Berat 950 gram
Ukuran 27 cm × 14 cm × 47 cm

2. Jansport Superbreak Ocean Ombre

2. Jansport Superbreak Ocean Ombre

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 479.200

Tas model simpel yang trendi untuk segala suasana!

Jatuhkan pilihan pada tas ransel merek Jansport ini apabila kamu menyukai desain tas sekolah sederhana, tetapi ingin terlihat fashionable. Tas dengan gradasi warna biru laut ini kami rekomendasikan untuk kamu yang ingin bergaya di sekolah atau saat beraktivitas di luar ruangan.

Kamu pun tak akan kesulitan memasukkan atau mengeluarkan buku pelajaran berkat kantong utamanya yang lebar dan mudah dibuka. Bahannya yang ringan tak akan membuat bahumu pegal saat membawa perlengkapan sekolah yang berat. Kini, tampil keren dan simpel bukan lagi sebuah halangan!

Kapasitas 25 liter
Penyimpanan Buku ukuran A4
Jumlah kantong Kantong utama, kantong depan, kantong kanan, dan kantong kiri
Bantalan tali bahu Ada
Pegangan Ada
Antiair Tidak disebutkan
Berat 300 gram
Ukuran 42 cm × 33 cm × 21 cm

1. The North Face Jester Backpack Urban Navy Lineland

1. The North Face Jester Backpack Urban Navy Lineland

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 765.000

Paket komplet untuk anak sekolah dan mahasiswa

Jika kamu ingin ransel yang dirancang khusus untuk mengatur perlengkapan sekolah, Jester Backpack wajib kamu miliki. Tak hanya dilengkapi dengan laptop sleeve yang empuk, tas dari The North Face ini cukup besar untuk memuat semua buku pelajaran kamu.

Kompartemen depannya memiliki banyak kantong yang bisa membantu kamu menyimpan alat tulis, smartphone, earphone, dan lainnya. Desainnya yang sporty juga nyaman digunakan saat jalan-jalan bersama teman dan keluarga. Pilihan yang lengkap untuk pelajar dan mahasiswa, bukan?

Kapasitas 28 liter
Penyimpanan Laptop 15 inci
Jumlah kantong Kantong utama (berisi 3 kantong dalam), kantong laptop, 2 kantong minum
Bantalan tali bahu Ada (dengan sabuk di dada)
Pegangan Ada
Antiair Tidak disebutkan
Berat 820 gram
Ukuran 50 cm × 34 cm × 19 cm

Baca juga rekomendasi produk daypack terbaik di sini!

Daypack yang pada umumnya digunakan saat hiking santai juga ideal kamu gunakan sebagai tas ransel untuk pergi ke sekolah. Sekarang ini, sudah banyak daypack dengan desain yang fashionable dan trendi dijual di pasaran. Apabila kamu sedang mencari produk daypack yang kokoh dan multifungsi, silakan baca ulasan lengkapnya pada artikel berikut ini.

Kesimpulan

Bagaimana pendapat kamu mengenai artikel di atas? Sebagai seorang siswa, tas ransel sangatlah penting untuk membawa perlengkapan belajar, seperti buku pelajaran, buku catatan, alat tulis. Tak hanya kokoh dan tahan lama, kamu juga perlu memperhatikan kapasitas, fungsi, serta desainnya.

Kami juga sudah merekomendasikan produk-produk terbaik yang bisa kamu gunakan sebagai referensi saat memilih tas ransel untuk sekolah. Semoga informasi yang kami berikan ini bisa berguna untuk kamu.