10 Rekomendasi Serum Wajah Terbaik untuk Usia 30-an (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Serum Wajah Terbaik untuk Usia 30-an (Terbaru Tahun 2018)

Tidak seperti saat berusia 20-an, kondisi kulit akan mengalami berbagai masalah saat Anda memasuki usia 30-an. Untuk itu, penggunaan serum sangat disarankan guna mengatasi masalah kulit yang dihadapi. Berbagai produk keluaran Lancome, Estee Lauder, Dr. Jart+, dan lainnya, tentu membuat Anda sulit menentukan pilihan.

Oleh karena itu, pada kesempatan ini kami akan menjelaskan cara memilih serum bagi Anda yang berusia 30-an dan merekomendasikan produk terbaik untuk dijadikan referensi. Mari temukan serum terbaik yang sesuai dengan kondisi kulit Anda, agar kulit tetap cantik dan bebas masalah saat memasuki usia 30!

Daftar isi

Cara memilih serum wajah untuk usia 30-an

Pertama-tama, kami akan menjelaskan cara memilih serum kecantikan untuk Anda yang berusia 30-an. Jadi, silakan baca secara saksama!

Pilih kandungan bahan yang sesuai dengan masalah kulit

Memasuki usia 30-an, kulit wajah akan mengalami berbagai macam masalah, seperti kulit kering, munculnya bintik hitam, atau kekencangan kulit yang mulai terasa menurun. Tidak hanya terbatas pada usia tertentu, tiga poin standar saat memilih produk perawatan kulit adalah yang mampu mengatasi masalah kekeringan pada kulit, menghilangkan bintik hitam, dan menyamarkan tanda penuaan. Jadi, pilihlah serum dengan kandungan bahan-bahan yang mampu mengatasi permasalahan kulit yang Anda alami.

Untuk kulit kering, pilih yang mengandung bahan pelembap tinggi seperti ceramide

Untuk kulit kering, pilih yang mengandung bahan pelembap tinggi seperti ceramide

Jika Anda memiliki permasalahan kulit kering, pilihlah serum yang banyak mengandung bahan pelembap. Bahan-bahan seperti ceramide, hyaluronic acid, collagen, elastin, natural moisturizing factor (NMF), dan lainnya termasuk di antara kandungan yang direkomendasikan karena mampu merawat kelembapan kulit.

Ceramide khususnya merupakan komponen yang ada pada sel epidermis manusia sehingga sangat berpengaruh pada kemampuan kelembapan alami kulit. Meskipun produk kosmetik seperti cream dan serum biasanya sudah banyak mengandung bahan pelembap, sebaiknya periksa jenis bahan yang terkandung di dalamnya pada tabel yang tertera di kemasan.

Ceramide yang mampu menjaga kelembapan kulit biasanya menurun setelah melewati usia 30 sehingga mengakibatkan kulit mudah kering. Jadi, ada baiknya memberikan pelembap dalam porsi lebih banyak pada kulit saat memasuki usia 30-an.

Sebagai tambahan, penggunaan serum atau cream dengan kandungan pelembap yang tinggi lebih cocok digunakan untuk perawatan kelembapan kulit dibandingkan produk perawatan kecantikan lain yang lebih halus, seperti essence atau moisturizer. Hal ini disebabkan karena produk yang halus dan ringan akan lebih cepat menguap dan berisiko menyebabkan kelembapan alami kulit ikut terbawa secara bersamaan. Untuk itu, bagi Anda yang memiliki kulit kering, sebaiknya kurangi penggunaan produk kecantikan semacam itu.

Untuk mengatasi noda hitam, pilih yang mengandung vitamin C derivatif

Untuk mengatasi noda hitam, pilih yang mengandung vitamin C derivatif

Untuk perawatan kerusakan kulit akibat sinar ultraviolet seperti noda hitam di wajah, lebih direkomendasikan untuk menggunakan serum dengan kandungan bahan-bahan, seperti ekstrak plasenta, tranexamid acidchamomilla ET, rucinol, niacinamide, dan lainnya. Selain bahan-bahan tersebut, vitamin C derivatif akhir-akhir ini khususnya menarik perhatian dalam perawatan masalah kulit akibat sinar ultraviolet.

Meskipun bermanfaat baik bagi kulit, vitamin C memiliki kelemahan kurang stabil dan sulit menembus hingga ke lapisan stratum corneum. Untuk itu, pilihlah produk yang masuk dalam kategori obat kuasi dengan kandungan vitamin C derivatif yang telah ditingkatkan kemampuannya yang mampu menekan produksi melanin, serta dapat mencegah munculnya bintik dan noda hitam akibat terbakar sinar matahari.

Namun, Anda juga harus berhati-hati terhadap berbagai macam vitamin C derivatif karena beberapa ada yang tidak memiliki sertifikasi sebagai obat kuasi.

Di antaranya yang bisa Anda jadikan referensi adalah ascorbyl phosphate Mg yang ditulis pada obat kuasi sebagai L-ascorbyl phosphate magnesium phosphateascorbyl phosphate Na ditulis sebagai L-ascorbyl phosphate, atau asam 3-O-ethylascorbine yang memiliki nama obat kuasi yang sama. Jadi, silakan periksa nama-nama tersebut pada tabel kandungan produk yang ingin Anda beli.

Noda dan bintik hitam pada wajah bukan berarti bertambah hanya karena memasuki usia 30-an. Rangsangan atau kerusakan pada kulit, atau akumulasi dari paparan radiasi ultraviolet sejak lahir juga dapat mengakibatkan meningkatnya bintik atau noda hitam pada kulit. Jadi, mari tingkatkan kesadaran terhadap bahaya sinar ultraviolet sejak dini dalam kehidupan sehari-hari.

Untuk melawan dampak penuaan, pilih yang mengandung bahan perawatan anti-aging seperti retinyl palmitate

Untuk melawan dampak penuaan, pilih yang mengandung bahan perawatan anti-aging seperti retinyl palmitate

Untuk perawatan anti-aging, direkomendasikan untuk menggunakan serum yang memiliki kandungan bahan seperti retinol palmitateretinoic acid tocopheryl, dan vitamin C derivatif. Di antara bahan tersebut, retinol palmitate merupakan yang utama karena memiliki keterkaitan dekat dengan kolagen sehingga dapat membantu menjadikan kulit lebih sehat.

Namun, kandungan retinol palmitate dalam jumlah banyak bisa memberikan stimulus yang kuat pada kulit. Jadi, batas konsentrasi yang disarankan adalah sekitar 0,03%. Anggaplah perawatan anti-aging yang dilakukan lebih ditujukan sebagai tindakan pencegahan agar kulit tidak semakin rusak.

Di usia 30-an, tidak hanya kadar air yang berkurang pada kulit, tetapi jumlah sebum serta kolagen pada tubuh juga mengalami penurunan. Hal ini membuat kulit Anda tidak terlindungi sehingga mudah muncul noda hitam, mengakibatkan kulit kehilangan kekencangannya, serta pori-pori yang terbuka.

Meski mungkin saat ini Anda tidak memiliki masalah kulit, ada sebagian wanita yang mengalami kerusakan kulit langsung dalam sekaligus karena kehamilan dan melahirkan. Jadi, sebaiknya Anda tetap menjaga kesehatan kulit tanpa menyepelekannya.

Pilih berdasarkan sensasi pemakaian sesuai kondisi kulit atau cuaca

Pilih berdasarkan sensasi pemakaian sesuai kondisi kulit atau cuaca

Kondisi kulit wanita bisa berubah sesuai cuaca atau keseimbangan hormon. Oleh karena itu, penting juga untuk memilih serum berdasarkan sensasi pemakaian yang dirasakan sesuai perubahan cuaca dan kondisi kulit.

Sensasi kenyamanan pemakaian serum bisa berbeda-beda, mulai dari tipe yang teksturnya lebih berair seperti essence, tipe yang lembap, jenis creamy atau yang mendekati creamy. Jadi, mari gunakan serum yang sesuai cuaca dan kondisi kulit.

Dapat dikatakan bahwa ketika cuaca panas pada kondisi kulit yang sehat, akan lebih tepat jika menggunakan serum yang ringan dan halus. Sementara tipe serum yang lembap lebih cocok untuk cuaca yang agak kering dan ketika kondisi kulit kering. Sedangkan jenis serum yang lebih berat dengan tekstur creamy, lebih tepat untuk cuaca dingin dengan kondisi kulit yang sensitif.

Bagi yang memiliki kulit sensitif, mungkin Anda cenderung memilih produk yang berair dengan tekstur yang halus dan ringan. Namun, justru dianjurkan memilih serum dengan tekstur lebih creamy dengan kandungan minyak lebih banyak karena tidak terlalu meresap dan lebih lembut bagi kulit.

Hindari penggunaan produk all-in-one

Hindari penggunaan produk all-in-one

Sebaiknya hindari penggunaan produk berjenis all-in-one dan pilihlah produk dengan kandungan bahan yang sesuai dengan permasalahan kulit. Kandungan bahan pada produk all-in-one cenderung telah diencerkan dengan kadar kandungan lebih rendah.

Selain itu, komposisi dari bahan kosmetik dengan kadar lebih rendah dari 1% biasanya dicantumkan secara acak sehingga sulit untuk mengetahui sebanyak apa bahan tertentu terkandung di dalam suatu produk. Harap dicatat bahwa dengan adanya kandungan berbagai jenis bahan kecantikan, bukan berarti suatu produk pasti produk yang bagus.

Jika ingin merawat kulit Anda secara menyeluruh, Anda bisa memilih produk yang mengandung bahan kesehatan seperti niacinamide dibandingkan memilih produk all-in-one. Belakangan ini, niacinamide menarik perhatian di industri kecantikan karena mampu memberikan perawatan pelembap sebagai langkah pencegahan terjadinya kekeringan pada kulit, mengatasi noda hitam (terbatas pada kategori obat kuasi dengan nama nicotinic acid amide), dan mampu membantu melawan penuaan. Karena mampu memenuhi tiga poin standar dalam pemilihan produk kecantikan, bahan ini termasuk yang terbaik.

Namun, tentu saja jika Anda memilih produk dengan kandungan bahan kecantikan yang cocok untuk permasalahan kulit Anda satu per satu, hasilnya akan lebih efektif. Jadi, jika Anda sudah mengetahui dengan jelas masalah kulit yang dihadapi, pilihlah serum yang mengandung konsentrasi tinggi dari bahan yang sesuai untuk mengatasi masalah kulit Anda.

10 Rekomendasi serum wajah terbaik untuk usia 30-an

Berikut rekomendasi serum wajah yang telah kami susun untuk Anda yang berusia 30-an. Pilihlah yang paling sesuai dengan kondisi kulit Anda!

10. Pond’s Age Miracle Intensive Cell ReGen Serum

10. Pond's Age Miracle Intensive Cell ReGen Serum

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 150.000

Dengan 20x konsentrat anti-aging untuk mempercepat regenerasi kulit!

Dengan 20x konsentrat anti-aging dan kandungan retinol booster, Pond’s Age Miracle Intensive Cell ReGen Serum mampu membantu proses regenerasi sel kulit dan menstimulasinya dari dalam sehingga kulit akan tampak lebih muda. Penggunaan produk ini secara rutin juga dapat membantu menyamarkan flek hitam, garis halus, dan kerutan yang ada pada kulit.

Selain itu, stimulus dari kandungan intellegent pro-cell complex yang merupakan kombinasi enam bahan bio-aktif pada produk ini juga mampu mempercepat proses regenerasi kulit hingga 3x lebih cepat! Jadi, bagi Anda yang ingin memiliki kulit terlihat 10 tahun lebih muda, serum yang satu ini bisa menjadi jawabannya.

9. Murad Retinol Youth Renewal Serum

9. Murad Retinol Youth Renewal Serum

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 160.000

Hasilkan kulit yang tampak muda dengan lebih cepat

Formula retinol tri-active technology pada Murad Retinol Youth Renewal Serum menjadikan produk ini mampu bekerja cepat meminimalkan keriput dan garis halus pada wajah. Jadi, bagi Anda yang ingin melawan tanda penuaan dengan hasil yang lebih cepat terlihat, produk ini bisa menjadi pilihan yang tepat!

Selain itu, produk ini juga ampuh untuk meningkatkan elastisitas kulit agar terlihat lebih kenyal, serta bercahaya dengan warna kulit yang lebih merata. Serum yang tidak mengandung bahan hewani dan dapat digunakan untuk semua jenis kulit ini juga aman digunakan setiap hari karena bebas dari kandungan paraben, gluten, sulfat, maupun pthalates.

8. Erha21 DF Age Corrector Serum

8. Erha21 DF Age Corrector Serum

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 183.500

Memperbaiki sel-sel kulit yang rusak hingga lapisan terdalam

Erha21 DF Age Corrector Serum diperkaya dengan anti-wrinkle dan antioksidan yang mampu menghidrasi kulit dan menstimulasi terbentuknya kolagen sehingga efektif untuk mengurangi kerutan dan mengembalikan elastisitas kulit. Selain itu, produk ini juga mengandung betawhite dan moisturizer yang berfungsi menjaga kelembapan, melembutkan kulit, serta mencerahkannya.

Produk ini juga mampu memperbaiki sel-sel kulit yang rusak hingga ke lapisan terdalam kulit yang diakibatkan oleh paparan sinar ultraviolet. Jadi, bagi Anda yang sering melakukan kegiatan outdoor, pemilihan serum yang satu ini sangat pas untuk perawatan kulit usia 30-an Anda!

7. Kiehl’s Hydro-Plumping Re-Texturizing Serum Concentrate

7. Kiehl's Hydro-Plumping Re-Texturizing Serum Concentrate

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 585.000

Penggunaan glycerin dengan kadar tinggi untuk kulit lebih lembut dan lembap

Kiehl’s Hydro-Plumping Re-Texturizing Serum Concentrate diperkaya dengan 15% glycerin yang berasal dari tumbuhan yang mampu menghidrasi kulit secara intensif agar lebih lembut dan terjaga kelembapannya. Produk ini juga mengandung ekstrak daun shiso untuk mengembalikan tampilan kulit yang sehat, segar, dan halus.

Penggunaan serum ini akan membantu memperbaiki kondisi kulit Anda yang mengalami dehidrasi, tampak lelah, dan kusam akibat bertambahnya usia. Selain itu, produk yang ditujukan untuk semua jenis kulit ini juga dapat membantu menyamarkan garis halus pada wajah dan memperbaiki tekstur kulit yang tidak merata.

6. Klairs Midnight Blue Youth Activating Drops

6. Klairs Midnight Blue Youth Activating Drops

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 410.000

Serum dengan warna biru yang unik dan mampu menjaga elastisitas kulit

Klairs Midnight Blue Youth Activating Drop merupakan serum yang mengandung formula peptida ganda, yaitu EGF (sh-Oligopeptida-1) dan bFGF (sh-Polypeptida-1) yang menjadikannya mampu melawan berbagai penyebab penuaan kulit. Kandungan produk ini efektif untuk menjaga kulit agar tidak kehilangan keelastisitasannya.

Penggunaan serum berwarna biru yang unik ini akan membantu menghilangkan keriput dan garis halus pada wajah akibat usia dan paparan sinar ultraviolet. Dengan berbagai manfaatnya dalam melawan penuaan, produk yang dapat diaplikasikan pada semua jenis kulit ini cocok digunakan oleh Anda yang baru memasuki usia 30-an guna mencegah terjadinya penuaan pada kulit sejak dini.

5. Clinique Fresh Pressed Daily Booster with Pure Vitamin C 10%

5. Clinique Fresh Pressed Daily Booster with Pure Vitamin C 10%

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 342.000

Cerahkan kulit sejak pertama kali pemakaian!

Bagi Anda yang memiliki permasalahan kulit kusam, noda hitam, atau warna kulit tidak merata, serum dari Clinique ini bisa menjadi solusinya! Kekuatan vitamin C murni dengan konsentrasi yang tinggi dan kemasan yang dirancang sedemikian rupa guna menjamin kesegarannya, menjadikan produk mampu mencerahkan kulit bahkan sejak pemakaian pertama.

Serum ini juga diformulasikan untuk meremajakan kulit dari luar dan menyegarkannya sehingga dapat mengurangi tampilan garis halus dan keriput hanya dalam waktu satu minggu. Produk ini juga tidak mengandung paraben, phtalates, maupun pewangi sehingga tidak berisiko menimbulkan iritasi pada kulit.

4. Estee Lauder Advanced Night Repair Synchronized Recovery Complex II

4. Estee Lauder Advanced Night Repair Synchronized Recovery Complex II

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 899.100

Lawan tanda-tanda penuaan dengan memaksimalkan kemampuan regenerasi alami kulit

Serum dari Estee Lauder ini memanfaatkan hyaluronic acid untuk mengunci kelembapan agar terhindar dari kulit kering. Produk ini juga diperkaya dengan ChronoluxCB Technology yang mampu memaksimalkan proses regenerasi kulit secara alami pada malam hari untuk mengurangi tanda penuaan kulit saat Anda tertidur.

Serum yang cocok untuk semua jenis kulit ini efektif untuk menghilangkan kerutan, menghidrasi, mencerahkan, mengencangkan, dan melembutkan kulit hanya dalam 4 minggu! Selain itu, produk ini diformulasikan tanpa pewangi, bebas minyak, dan tidak akan menyumbat pori-pori sehingga mengurangi risiko tumbuhnya jerawat.

3. Dr. Jart+ Ceramidin Liquid

3. Dr. Jart+ Ceramidin Liquid

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 615.000

Dapatkan kulit lembap dan bercahaya, serta terlindung dari dehidrasi

Dr. Jart+ Ceramidin Liquid merupakan produk vegan yang diproduksi tanpa paraben, sulfat, maupun phtalates sehingga aman untuk dimasukkan dalam rangkaian perawatan kulit harian Anda. Produk ini diformulasikan untuk menjaga kelembapan kulit dengan memperkuat fungsi pelindung kulit untuk mencegah terjadinya dehidrasi atau penguapan air yang berlebihan dari kulit.

Selain itu, serum ini juga diperkaya dengan ceramide 3 yang mampu memberikan kelembapan yang tinggi pada kulit, ekstrak akar licorice untuk menenangkan kulit dan meredakan iritasi, serta panthenol yang berfungsi melembutkan kulit. Produk ini juga telah melalui uji dermatologis sehingga aman untuk digunakan pada semua jenis kulit, termasuk kulit sensitif.

2. Menard Colax Serum

2. Menard Colax Serum

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 2.293.500

Serum kolagen untuk merawat kulit kering secara optimal

Bagi Anda yang memiliki masalah kulit sangat kering atau keriput di wajah, Menard Colax Serum bisa menjadi solusinya! Adanya formula energy-up collagen, yang merupakan kolagen khusus yang mampu meningkatkan fungsi fibroblast dengan menembus dermis, menjadikan produk ini efektif untuk memperbaiki kondisi kulit hingga bagian terdalam.

Serum yang satu ini juga diperkaya dengan hyaluronic acid yang dapat mengembalikan kekenyalan dan kelembapan pada kulit wajah sehingga terlihat lebih segar, tampak muda, dan halus. Meskipun teksturnya yang milky, produk ini mudah diratakan dan cepat diserap oleh kulit, serta tidak meninggalkan rasa lengket sehingga nyaman dipakai.

1. Lancome Advanced Genifique Youth Activating Serum

1. Lancome Advanced Genifique Youth Activating Serum

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 865.000

Bekerja cepat mengembalikan keremajaan kulit dalam 7 hari!

Serum populer dari Lancome ini dilengkapi dengan ekstrak Bifidus yang dapat membantu memperkuat dan menjaga pelindung kelembapan alami kulit. Dengan mengaplikasikan serum ini, kulit wajah Anda akan tampak lebih bercahaya, dan rasakan perubahan tekstur kulit yang lebih lembut dan halus hanya dalam waktu 7 hari!

Selain itu, produk yang cocok untuk semua jenis kulit ini juga diperkaya dengan glycerin yang efektif untuk memberi kelembapan secara intensif pada kulit. Penggunaan serum ini secara teratur dapat memberikan berbagai manfaat, di antaranya mengembalikan elastisitas dan kekencangan kulit, meratakan warna kulit, mengatasi masalah kerutan atau garis halus di wajah, dan sebagainya.

Baca juga rekomendasi skincare lainnya untuk usia 30-an di sini!

Tidak hanya berhenti pada penggunaan serum khusus untuk usia 30-an, ada berbagai produk skincare lain yang ditujukan bagi Anda yang memasuki usia 30-an. Silakan cek artikel di bawah ini untuk penjelasan lebih lanjut tentang perawatan kulit wajah secara menyeluruh bagi usia 30-an.

Kesimpulan

Memasuki usia 30-an, masalah kulit kerap bermunculan. Untuk itu, pemilihan serum yang sesuai dengan kondisi kulit sangat diperlukan. Jika Anda menggunakannya secara rutin, kondisi kulit akan membaik dan Anda bisa mendapatkan tampilan wajah yang lebih cerah serta awet muda.

Selain memberikan efek yang lebih baik terhadap kulit, serum juga dapat melindungi kulit Anda. Semoga artikel kali ini dapat membantu Anda menemukan serum wajah yang tepat untuk mencegah penuaan sejak dini!