• 10 Rekomendasi Serum Wajah Terbaik untuk Usia 30-an (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Serum Wajah Terbaik untuk Usia 30-an (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Serum Wajah Terbaik untuk Usia 30-an (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Serum Wajah Terbaik untuk Usia 30-an (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Serum Wajah Terbaik untuk Usia 30-an (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Serum Wajah Terbaik untuk Usia 30-an (Terbaru Tahun 2020)

Tidak seperti saat berusia 20-an, kondisi kulit akan mengalami berbagai masalah saat Anda memasuki usia 30-an. Untuk itu, penggunaan serum sangat disarankan guna mengatasi masalah kulit yang dihadapi. Berbagai produk keluaran Lancome, Estee Lauder, Dr. Jart+, dan lainnya, tentu membuat Anda sulit menentukan pilihan.

Karena itu, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih serum bagi Anda yang berusia 30-an. Kami juga akan merekomendasikan produk terbaik untuk dijadikan referensi. Temukan serum terbaik untuk kulit Anda, agar kulit tetap cantik dan bebas masalah saat memasuki usia 30!

Blogger/influencer yang ada di artikel ini

Dewie Aprillia
Tuty Queen
  • Pembaharuan terakhir: 14 November 2020
  • 53.806 Views
Daftar isi

Cara memilih serum wajah untuk usia 30-an

Pertama, kami akan menjelaskan cara memilih serum kecantikan untuk Anda yang berusia 30-an. Jadi, silakan baca secara saksama!

Pilih kandungan bahan yang sesuai dengan masalah kulit

Memasuki usia 30-an, kulit wajah akan mengalami berbagai macam masalah. Ada masalah kulit kering, munculnya bintik hitam, atau kekencangan kulit yang mulai terasa menurun. Secara keseluruhan, saat memilih produk perawatan kulit, ada tiga poin standar yang perlu dipenuhi. Ketiga poin tersebut adalah mampu mengatasi masalah kekeringan pada kulit, menghilangkan bintik hitam, dan menyamarkan tanda penuaan. Jadi, pilihlah serum dengan kandungan bahan-bahan yang mampu mengatasi permasalahan kulit yang Anda alami.

Untuk kulit kering, pilih yang mengandung bahan pelembap tinggi seperti ceramide

Untuk kulit kering, pilih yang mengandung bahan pelembap tinggi seperti ceramide
Jika Anda memiliki permasalahan kulit kering, pilihlah serum yang banyak mengandung bahan pelembap. Ada beberapa bahan yang direkomendasikan untuk merawat kelembapan kulit. Bahan-bahan tersebut adalah ceramide, hyaluronic acid, collagen, elastin, natural moisturizing factor (NMF), dan lainnya.
Ceramide merupakan komponen yang ada pada sel epidermis manusia sehingga sangat berpengaruh pada kemampuan kelembapan alami kulit. Produk kosmetik seperti cream dan serum biasanya sudah banyak mengandung bahan pelembap. Namun, Anda sebaiknya memeriksa jenis bahan yang terkandung di dalamnya pada tabel yang tertera di kemasan.
Ceramide yang mampu menjaga kelembapan kulit biasanya menurun setelah melewati usia 30 sehingga mengakibatkan kulit mudah kering. Jadi, ada baiknya memberikan pelembap dalam porsi lebih banyak pada kulit saat memasuki usia 30-an.
Sebagai tambahan, perawatan kelembapan kulit sebaiknya dilakukan dengan penggunaan serum atau cream dengan kandungan pelembap yang tinggi. Serum atau cream ini lebih baik dibandingkan produk perawatan kecantikan lain yang lebih halus, seperti essence atau moisturizer. Hal ini disebabkan karena produk yang halus dan ringan akan lebih cepat menguap. Hal ini berisiko menyebabkan kelembapan alami kulit ikut terbawa secara bersamaan. Untuk itu, bagi Anda yang memiliki kulit kering, sebaiknya kurangi penggunaan produk kecantikan semacam itu.

Untuk mengatasi noda hitam, pilih yang mengandung vitamin C derivatif

Untuk mengatasi noda hitam, pilih yang mengandung vitamin C derivatif
Noda hitam di wajah umumnya disebabkan oleh sinar ultraviolet. Untuk mengatasinya, gunakan serum dengan kandungan bahan-bahan, seperti ekstrak plasenta, tranexamid acid, chamomilla ET, rucinol, niacinamide, dan lainnya. Selain bahan-bahan tersebut, vitamin C derivatif menarik perhatian akhir-akhir ini dalam perawatan masalah kulit akibat sinar ultraviolet.
Meskipun bermanfaat baik bagi kulit, vitamin C kurang stabil dan sulit menembus hingga ke lapisan stratum corneum. Untuk itu, dibuatlah vitamin C derivatif yang memiliki kemampuan lebih tinggi daripada vitamin C biasa. Bahan yang masuk dalam kategori obat kuasi ini mampu menekan produksi melanin. Vitamin C derivatif juga dapat mencegah munculnya bintik dan noda hitam akibat terbakar sinar matahari.

Namun, ada beberapa macam vitamin C derivatif yang tidak memiliki sertifikasi sebagai obat kuasi. Karena itu, Anda tetap harus berhati-hati.

Ada beberapa bahan yang bisa Anda jadikan pilihan. Pertama adalah ascorbyl phosphate Mg yang ditulis pada obat kuasi sebagai L-ascorbyl phosphate magnesium phosphate. Ada pula ascorbyl phosphate Na ditulis sebagai L-ascorbyl phosphate. Anda juga bisa memilih asam 3-O-ethylascorbine yang memiliki nama obat kuasi yang sama. Jadi, silakan periksa nama-nama tersebut pada tabel kandungan produk yang ingin Anda beli.

Noda dan bintik hitam pada wajah bukan berarti bertambah hanya karena memasuki usia 30-an. Noda dan bintik hitam ini terutama disebabkan oleh rangsangan atau kerusakan pada kulit. Akumulasi dari paparan radiasi ultraviolet sejak lahir juga dapat mengakibatkan meningkatnya bintik atau noda hitam pada kulit. Jadi, mari tingkatkan kesadaran terhadap bahaya sinar ultraviolet sejak dini dalam kehidupan sehari-hari.

Untuk melawan dampak penuaan, pilih yang mengandung bahan perawatan anti-aging seperti retinyl palmitate

Untuk melawan dampak penuaan, pilih yang mengandung bahan perawatan anti-aging seperti retinyl palmitate
Perawatan anti-aging bisa dilakukan dengan serum yang mengandung bahan seperti retinyl palmitate, retinoic acid tocopheryl, dan vitamin C derivatif. Di antara bahan tersebut, retinyl palmitate merupakan yang utama karena memiliki keterkaitan dekat dengan kolagen. Alhasil, bahan ini dapat membantu menjadikan kulit lebih sehat.
Namun, kandungan retinyl palmitate dalam jumlah banyak bisa memberikan stimulus yang kuat pada kulit. Jadi, batas konsentrasi yang disarankan adalah sekitar 0,03%. Anggaplah perawatan anti-aging yang dilakukan lebih ditujukan sebagai tindakan pencegahan agar kulit tidak semakin rusak.
Di usia 30-an, tidak hanya kadar air yang berkurang pada kulit, tetapi jumlah sebum serta kolagen pada tubuh juga mengalami penurunan. Hal ini membuat kulit Anda tidak terlindungi sehingga mudah muncul noda hitam, mengakibatkan kulit kehilangan kekencangannya, serta pori-pori yang terbuka.

Mungkin saat ini Anda tidak memiliki masalah kulit. Namun, ada sebagian wanita yang mengalami kerusakan kulit langsung dalam sekaligus karena kehamilan dan melahirkan. Jadi, sebaiknya Anda tetap menjaga kesehatan kulit tanpa menyepelekannya.

Pilih serum berdasarkan sensasi pemakaian sesuai kondisi kulit atau cuaca

Pilih serum berdasarkan sensasi pemakaian sesuai kondisi kulit atau cuaca

Kondisi kulit wanita bisa berubah sesuai cuaca atau keseimbangan hormon. Karena itu, penting untuk memilih serum berdasarkan sensasi pemakaian yang dirasakan sesuai perubahan cuaca dan kondisi kulit.

Sensasi kenyamanan pemakaian serum bisa berbeda-beda. Ada tipe yang teksturnya lebih berair seperti essence, tipe yang lembap, jenis creamy, atau yang mendekati creamy.
Saat cuaca panas dan kondisi kulit normal, akan lebih tepat jika menggunakan serum yang ringan dan halus. Sementara tipe serum yang lembap lebih cocok untuk cuaca yang agak kering dan kondisi kulit kering. Sementara itu, jenis serum yang lebih berat dengan tekstur creamy lebih tepat untuk cuaca dingin dan kulit yang sensitif.
Anda yang memiliki kulit sensitif mungkin cenderung memilih produk yang berair dengan tekstur yang halus dan ringan. Namun, serum dengan tekstur lebih creamy dengan kandungan minyak lebih banyak tidak terlalu meresap dan lebih lembut bagi kulit. Alhasil, serum tipe ini lebih cocok untuk kulit Anda.

Hindari penggunaan produk all-in-one

Hindari penggunaan produk all-in-one
Daripada produk berjenis all-in-one, pilihlah produk dengan kandungan bahan yang sesuai dengan permasalahan kulit. Kandungan bahan pada produk all-in-one cenderung telah diencerkan dengan kadar kandungan lebih rendah.

Selain itu, komposisi dari bahan kosmetik dengan kadar lebih rendah dari 1% biasanya dicantumkan secara acak. Jadi, sulit untuk mengetahui sebanyak apa bahan tertentu terkandung di dalam suatu produk. Harap dicatat bahwa adanya kandungan berbagai jenis bahan kecantikan tidak menjamin suatu produk pasti produk yang bagus.

Jika ingin merawat kulit Anda secara menyeluruh, Anda bisa memilih produk yang mengandung bahan kesehatan seperti niacinamide. Niacinamide mampu memberikan perawatan pelembap sebagai langkah pencegahan terjadinya kekeringan pada kulit dan mampu membantu melawan penuaan. Niacinamide yang termasuk kategori obat kuasi dengan nama nicotinic acid amide pun mengatasi noda hitam. Karena mampu memenuhi tiga poin standar dalam pemilihan produk kecantikan, bahan ini termasuk yang terbaik.

Namun, produk berbahan kecantikan yang cocok untuk masing-masing permasalahan kulit Anda akan memberikan hasil yang lebih efektif. Jadi, ketahuilah dengan jelas masalah kulit yang  Anda hadapi terlebih dahulu. Setelah itu, pilihlah serum yang mengandung konsentrasi tinggi dari bahan yang sesuai untuk mengatasi masalah kulit Anda.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

Nacific (Natural Pacific)Fresh Herb Origin Serum

Rp 151.000,00

Spesialis
mybest

Lanore Intelbeads Serum Whitening & Antiaging Serum

Rp 412.500,00

10 Rekomendasi serum wajah terbaik untuk usia 30-an

Berikut rekomendasi serum wajah yang telah kami susun untuk Anda yang berusia 30-an. Pilihlah yang paling sesuai dengan kondisi kulit Anda!
10
Kandungan bahanGlycerin, retinol, dll
Karakteristik serumAnti-aging
Isi30 ml
9
Kandungan bahanRetinol, ekstrak bunga swertia, hyaluronic acid, dll
Karakteristik serumAnti-aging dan mencerahkan kulit
Isi30 ml
8
Kandungan bahanBio sodium hyaluronate, L-Mucin, prodizia, dll
Karakteristik serumAnti-aging dan memutihkan kulit
Isi20 ml
7

Kiehl’sHydro-Plumping Re-Texturizing Serum Concentrate

Rp 850.000,00

Kandungan bahanGlycerin, ekstrak daun perilla, dll
Karakteristik serumAnti-aging dan menghidrasi kulit
Isi50 ml
6

KlairsMidnight Blue Youth Activating Drop

Rp 430.000,00

Kandungan bahanSh-Oligopeptide-1, sh-Polypeptide-1, ekstrak buah blueberry, dll
Karakteristik serumAnti-aging
Isi20 ml
5

CliniqueFresh Pressed Daily Booster with Pure Vitamin C 10%

Rp 395.000,00

Kandungan bahanGlycerin, squalane, ekstrak buah mentimun, dll
Karakteristik serumAnti-aging dan mencerahkan kulit
Isi8,5 ml
4

Estee LauderAdvanced Night Repair Synchronized Recovery Complex II

Rp 1.150.000,00

Kandungan bahanBifida ferment lysate, sodium hyaluronate, dll
Karakteristik serumAnti-aging dan menghidrasi kulit
Isi30 ml
3
Kandungan bahanGlycerin, esktrak buah fig, esktrak biji theobroma cocoa, dll
Karakteristik serumMelembapkan kulit
Isi150 ml
2

MenardColax Serum

Rp 2.293.500,00

Kandungan bahanSqualane, minyak biji macadamia, sodium hyaluronate, dll
Karakteristik serumMelembapkan kulit
Isi65 ml
1

LancomeAdvanced Genifique Youth Activating Serum

Rp 1.150.000,00

Kandungan bahanBifida ferment lysate, glycerin, sodium hyaluronate, dll
Karakteristik serumAnti-aging dan menghidrasi kulit
Isi30 ml

Tabel perbandingan produk serum wajah terbaik untuk usia 30-an

Gambar produk
1
Lancome Advanced Genifique Youth Activating Serum 1

Lancome

2
Menard Colax Serum 1

Menard

3
Dr. Jart+ Ceramidin Liquid 1

Dr. Jart+

4
Estee Lauder Advanced Night Repair Synchronized Recovery Complex II 1

Estee Lauder

5
Clinique Fresh Pressed Daily Booster with Pure Vitamin C 10% 1

Clinique

6
Klairs Midnight Blue Youth Activating Drop 1

Klairs

7
Kiehl’s Hydro-Plumping Re-Texturizing Serum Concentrate 1

Kiehl’s

8
Erha21 Age Corrector Serum 1

Erha21

9
Murad Retinol Youth Renewal Serum 1

Murad

10
Pond’s Age Miracle Intensive Cell ReGen Serum 1

Pond’s

Nama produk

Advanced Genifique Youth Activating Serum

Colax Serum

Ceramidin Liquid

Advanced Night Repair Synchronized Recovery Complex II

Fresh Pressed Daily Booster with Pure Vitamin C 10%

Midnight Blue Youth Activating Drop

Hydro-Plumping Re-Texturizing Serum Concentrate

Age Corrector Serum

Retinol Youth Renewal Serum

Age Miracle Intensive Cell ReGen Serum

Keunggulan

Bekerja cepat mengembalikan keremajaan kulit dalam 7 hari!

Serum kolagen untuk merawat kulit kering secara optimal

Dapatkan kulit lembap dan bercahaya, serta terlindung dari dehidrasi

Lawan tanda-tanda penuaan dengan memaksimalkan kemampuan regenerasi alami kulit

Cerahkan kulit sejak pertama kali pemakaian!

Serum dengan warna biru yang unik dan mampu menjaga elastisitas kulit

Penggunaan glycerin dengan kadar tinggi untuk kulit lebih lembut dan lembap

Memperbaiki sel-sel kulit yang rusak hingga lapisan terdalam

Hasilkan kulit yang tampak muda dengan lebih cepat

Mempercepat regenerasi kulit dengan 20x konsentrat anti-aging!

HargaRp 1.150.000,00Rp 2.293.500,00Rp 550.000,00Rp 1.150.000,00Rp 395.000,00Rp 430.000,00Rp 850.000,00Rp 175.000,00Rp 749.000,00Rp 200.000,00
Kandungan bahanBifida ferment lysate, glycerin, sodium hyaluronate, dllSqualane, minyak biji macadamia, sodium hyaluronate, dllGlycerin, esktrak buah fig, esktrak biji theobroma cocoa, dllBifida ferment lysate, sodium hyaluronate, dllGlycerin, squalane, ekstrak buah mentimun, dllSh-Oligopeptide-1, sh-Polypeptide-1, ekstrak buah blueberry, dll Glycerin, ekstrak daun perilla, dll Bio sodium hyaluronate, L-Mucin, prodizia, dll Retinol, ekstrak bunga swertia, hyaluronic acid, dll Glycerin, retinol, dll
Karakteristik serumAnti-aging dan menghidrasi kulitMelembapkan kulit Melembapkan kulitAnti-aging dan menghidrasi kulitAnti-aging dan mencerahkan kulitAnti-agingAnti-aging dan menghidrasi kulitAnti-aging dan memutihkan kulitAnti-aging dan mencerahkan kulitAnti-aging
Isi30 ml65 ml150 ml30 ml8,5 ml20 ml50 ml20 ml30 ml30 ml
Tautan produk

Baca juga rekomendasi skincare lainnya untuk usia 30-an di sini!

Tidak hanya serum, ada berbagai produk skincare lain yang ditujukan bagi Anda yang memasuki usia 30-an. Cek artikel di bawah ini untuk penjelasan lebih lanjut tentang perawatan kulit wajah menyeluruh bagi usia 30-an.

Kesimpulan

Memasuki usia 30-an, masalah kulit kerap bermunculan. Untuk itu, pemilihan serum yang sesuai dengan kondisi kulit dan pemakaian rutin sangat diperlukan. Dengan begitu, kondisi kulit akan membaik dan Anda bisa mendapatkan tampilan wajah yang lebih cerah serta awet muda.

Selain memberikan efek yang lebih baik terhadap kulit, serum juga dapat melindungi kulit Anda. Semoga artikel kali ini dapat membantu Anda menemukan serum wajah yang tepat untuk mencegah penuaan sejak dini!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2020)
    Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang pernah dialami semua orang tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Mencuci muka menjadi aktivitas penting agar Anda selalu terhindar dari jerawat. Cara mengatasi jerawat pun berbeda tergantung pada jenis jerawat dan kondisi kulit setiap orang. Karena itu, pemilihan sabun muka tak boleh sembarangan!Kali ini, kami akan memberikan tips memilih dan merekomendasikan produk-produk sabun muka bermutu untuk menghilangkan jerawat. Selain Pond’s dan Acnes, masih banyak produk yang dapat Anda pilih sesuai dengan jenis kulit. Simak terus informasinya!
    Perawatan wajah
    630.796 Views
  • 10 Rekomendasi Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau (Terbaru Tahun 2020)
    Eye cream digunakan untuk merawat kulit di sekitar mata yang mulai menunjukkan tanda-tanda penuaan, menghitam, kendur, dan kering. Karena memiliki manfaat yang luar biasa, tidak heran produk ini dijual dengan harga yang relatif mahal. Namun, beberapa merek, seperti Pond's, SAFI, dan L'Oreal meluncurkan produk dengan harga yang terjangkau. Kali ini, kami akan mengulas cara memilih eye cream yang harganya terjangkau, tetapi memiliki formula yang ampuh mengatasi permasalahan Anda. Kami juga memberikan rekomendasi produk sehingga Anda dapat menjadikannya sebagai bahan referensi. Yuk, temukan eye cream yang ideal untuk kulit Anda!
    Perawatan wajah
    484.328 Views
  • 10 Rekomendasi Masker Organik Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Masker Organik Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Masker organik adalah masker wajah yang menggunakan 100% bahan alami. Berbeda dengan masker biasa, masker organik tidak menggunakan tambahan bahan kimia. Semua bahannya berasal dari alam sehingga tidak menjadi racun pada tubuh dan tidak merusak lingkungan bila digunakan dalam jangka waktu lama.Ada banyak produk masker organik yang dijual di pasaran, seperti dari The Bath Shop, Sensatia Botanicals, dan Skin Dewi. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan tentang cara memilih masker organik yang tepat serta beberapa rekomendasi produknya. Dengan masker organik, Anda bisa cantik tanpa efek samping!
    Perawatan wajah
    174.613 Views
  • 10 Rekomendasi Krim Penghilang Bekas Jerawat Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Krim Penghilang Bekas Jerawat Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Noda hitam bekas jerawat memang sangat mengganggu penampilan Anda. Jangan biarkan noda tersebut terlalu lama di wajah Anda karena akan sulit untuk menghilangkannya di kemudian hari. Untuk menghilangkannya, Anda bisa menggunakan krim khusus penghilang noda bekas jerawat agar kulit wajah bersih dan cantik Anda kembali lagi.Di antara banyaknya produk penghilang bekas jerawat, kami akan memberikan tips memilih krim yang tepat untuk Anda. Simak juga berbagai rekomendasi produk dari kami, mulai dari Verile, Kiehl's, Neutrogena, sampai Mineral Botanica. Temukan yang paling pas untuk Anda, ya. Selamat membaca!
    Perawatan wajah
    404.247 Views
  • 10 Rekomendasi Masker Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Masker Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2020)
    Wajah yang berjerawat bisa jadi menyebabkan Anda kurang percaya diri. Berbagai produk dapat digunakan untuk menghilangkan jerawat, salah satunya adalah masker. Ada berbagai merek masker untuk kulit berjerawat, seperti Innisfree, Aztec, Himalaya Herbal, dan Lush.Jika Anda sedang mencari masker untuk kulit berjerawat, artikel kali ini tidak boleh Anda lewatkan. Kami akan membahas tentang memilih masker untuk kulit berjerawat serta memberikan rekomendasinya untuk Anda. Jangan kelewatan juga tips cara membuat masker di rumah, ya!
    Perawatan wajah
    245.727 Views
  • 10 Rekomendasi Pelembap Wajah Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Pelembap Wajah Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2020)
    Jika jerawat sulit disembuhkan, cobalah menggunakan pelembap wajah untuk kulit berjerawat. Saat ini, tersedia banyak pelembap wajah yang memiliki kandungan antiseptik dan anti-inflamasi untuk melawan jerawat. Namun, setiap jenis jerawat membutuhkan perawatan yang berbeda-beda.Untuk itu, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih pelembap wajah khususnya untuk kulit berjerawat. Tak ketinggalan, kami pun akan memberikan rekomendasi produk yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan kulit. Produk-produk ternama dari merek The Body Shop, Wardah, Shiseido, dan lainnya pun akan kami ulas. Mari simak terus artikel ini!
    Perawatan wajah
    468.287 Views
  • 10 Rekomendasi Sabun Muka Batangan Terbaik untuk Kulit Kombinasi (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sabun Muka Batangan Terbaik untuk Kulit Kombinasi (Terbaru Tahun 2020)
    Apakah kulit di sekitar dahi dan hidung Anda mudah mengilap padahal kulit pipi terasa kering? Jika iya, berarti Anda memiliki kulit kombinasi. Kondisi kulit yang tidak stabil membuat Anda membutuhkan produk skin care yang dibuat khusus untuk jenis kulit kombinasi. Anda bisa mencoba sabun muka batangan sebagai salah satu solusi.Kali ini kami akan memperkenalkan cara memilih sabun batangan yang sesuai untuk kulit kombinasi Anda. Kami juga akan memberikan rekomendasi produk terbaik dari berbagai merek terkenal, seperti Sebamed, RDL, dan L’Occitane. Mari simak artikelnya sampai habis dan temukan produk yang paling tepat untuk Anda!
    Perawatan wajah
    20.503 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori