• 10 Rekomendasi Cutlery Set (Perlengkapan Makan) Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Cutlery Set (Perlengkapan Makan) Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Cutlery Set (Perlengkapan Makan) Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Cutlery Set (Perlengkapan Makan) Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Cutlery Set (Perlengkapan Makan) Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Cutlery Set (Perlengkapan Makan) Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Cutlery set atau set perlengkapan makan merupakan barang yang sering dipakai sehari-hari. Selain untuk keperluan pribadi, cutlery set juga cocok untuk dijadikan hadiah. Dengan desain dan bahan yang beraneka ragam, mungkin Anda bisa kebingungan saat hendak memilihnya.

Oleh karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih dan memberikan rekomendasi cutlery set terbaik. Anda akan menemukan beragam cutlery set berkualitas keluaran IKEA, Vicenza, Tanica Natur, dan sebagainya dalam artikel ini. Dengan set perlengkapan makan yang sesuai, acara makan pun akan menjadi semakin menyenangkan.
  • Pembaharuan terakhir: 16 November 2020
  • 11.281 Views
Daftar isi

Cara memilih cutlery set (perlengkapan makan)

Cutlery set bisa digunakan untuk menikmati hidangan secara lengkap, dari makanan pembuka sampai penutup. Berikut akan kami jelaskan terlebih dahulu cara memilihnya.

Pilih produk sesuai dengan tujuan penggunaannya

Ada banyak jenis cutlery set dengan ukuran dan nama yang bisa berbeda di setiap negara. Ukuran cutlery set yang digunakan di Eropa atau Amerika biasanya berbeda dengan yang di Asia. Oleh karena itu, terlepas dari namanya, Anda perlu memilih cutlery set sesuai tujuan penggunaannya.

Dessert size, tepat untuk makan di rumah

Dessert size, tepat untuk makan di rumah
Untuk di negara Asia seperti Indonesia, cutlery set yang pas adalah yang bertipe dessert size. Cutlery set yang terdiri dari dessert spoon, dessert fork, dan dessert knife sudah mencukupi untuk penggunaan di rumah.
Produk dessert size kebanyakan berukuran 18-22 cm. Orang Asia yang tangannya lebih kecil daripada orang Eropa atau Amerika pun tidak akan kesulitan saat menggunakannya. Meski ukurannya sedikit lebih kecil, Anda tetap bisa memakainya untuk menyantap makanan pembuka dan makanan utama. Bahkan, ada restoran yang menggunakan tipe ini sebagai alat makan saat menghidangkan course meals.
Selain itu, produk yang dilengkapi sendok teh dan garpu kue tentu akan semakin fungsional untuk digunakan. Anda bisa menggunakannya untuk menyantap mulai dari hidangan pembuka, hidangan penutup, hingga acara minum teh.

Table size, partner terbaik untuk course meal

Table size, partner terbaik untuk course meal
Apakah Anda mencari cutlery set untuk course meal? Produk table size adalah pilihannya. Anda bisa memilih yang isinya garpu ikan, pisau ikan, sendok sup, table spoon, table fork, dan table knife. Adanya keenam item tersebut memungkinkan Anda untuk memakan berbagai masakan daging, ikan, dan bahkan sup.
Produk table size kebanyakan berukuran 20-24 cm serta umum digunakan di Eropa dan Amerika. Ukurannya memang tergolong agak besar bagi kebanyakan orang Asia. Namun, produk table size masih cocok digunakan saat menikmati makan malam atau course meal. Toh, cutlery set khusus untuk makan malam juga hanya berukuran 25-27 cm.
Jika Anda sering menikmati makanan ala Barat atau course meal, tidak salah untuk memilih cutlery set tipe ini. Selain itu, Anda yang sering bepergian ke luar negeri juga tepat menggunakan produk ini.

Mini size, pilihan pas untuk teatime

Mini size, pilihan pas untuk teatime
Untuk teatime, cutlery set berukuran mini adalah yang terbaik. Anda bisa memilih set yang isinya terdiri dari sendok kopi, sendok teh, dan garpu kue. Bila Anda senang meminum kopi, pastikan cutlery set pilihan Anda dilengkapi sendok kopi. Sementara itu, bagi Anda penggemar teh, pilihlah cutlery set yang di dalamnya terdapat sendok teh.
Produk berukuran mini umumnya berukuran ± 14 cm, cocok untuk menikmati kue, es krim, kopi, atau teh. Selain itu, ada juga produk yang berukuran 12 cm. Produk seperti ini pas digunakan bersama mangkuk kecil untuk memakan buah atau makanan manis lainnya.

Pilih produk dengan jumlah isi set sesuai penggunanya

Pilih produk dengan jumlah isi set sesuai penggunanya
Penting untuk memilih cutlery set deingan isi sesuai jumlah penggunanya. Untuk makan-makan secara rutin, Anda bisa memilih yang jumlahnya sesuai dengan jumlah anggota keluarga. Namun, jika Anda sering mengundang orang lain, tambahkan jumlahnya untuk 1-2 orang.
Bila Anda membeli cutlery set untuk teatime, Anda bisa memilih produk yang jumlah isi setnya sesuai untuk enam orang. Jumlah tersebut merupakan jumlah resmi cutlery set untuk teatime di seluruh dunia. Di berbagai negara, biasanya ketika mengundang orang lain maka pasangan orang tersebut pun akan datang. Bila orang tersebut mengajak orang tuanya juga, jumlah orang yang hadir pun pas menjadi enam orang. Atas dasar pemikiran tersebutlah untuk teatime disarankan mempersiapkan set dengan jumlah untuk enam orang.

Pilih produk berdasarkan karakteristik materialnya

Bahan yang paling populer digunakan untuk set perlengkapan makan adalah perak, stainless steel, dan kayu. Mari perhatikan karakteristik setiap bahan sembari mempertimbangkan tujuan penggunaannya dan hal yang ingin Anda utamakan.

Bahan stainless steel, awet dan antikarat untuk penggunaan sehari-hari

Bahan stainless steel, awet dan antikarat untuk penggunaan sehari-hari
Bila Anda mengutamakan kemudahan penggunaan dan perawatan, produk berbahan stainless steel pantas dipertimbangkan. Stainless steel merupakan perpaduan antara kromium dan nikel yang dicampur dengan besi. Stainless steel bersifat antikarat dan memiliki ketahanan akan korosi yang mumpuni. Anda pun tidak akan kesulitan untuk menjaga dan merawat agar tampilannya tetap cemerlang. Kebanyakan cutlery set yang dijual di Indonesia berbahan stainless steel dan memiliki harga relatif bersahabat.
Komposisi kromium dan nikel terkadang ditulis sebagai “18-8” atau “18-10”. Umumnya, semakin tinggi angka ini maka semakin sulit untuk berkarat dan semakin baik ketahanan akan korosinya. Tentu saja produk dengan angka yang tinggi lebih langka dan lebih mahal. Namun, jika Anda berencana menggunakannya untuk kurun waktu sangat lama, tidak ada salahnya mengecek angka tersebut.

Bahan perak, tampilannya sangat menawan dan tampak mewah

Bahan perak, tampilannya sangat menawan dan tampak mewah
Bagi Anda yang mengutamakan tampilan memukau dan kualitas ciamik, produk berbahan perak (pure silver) pilihannya. Perak adalah bahan terbaik untuk peralatan makan yang sangat cantik dan akan membuat nuansa meja makan semakin mewah. Tidak hanya itu, nilai seninya pun tinggi dan terasa nyaman di lidah. Produk berbahan perak biasanya hanya digunakan di restoran atau hotel kelas atas.
Meski begitu, jika Anda jarang menggunakannya, warnanya akan menghitam. Akan lebih baik bila Anda menggunakannya secara rutin. Jika Anda tidak selalu menggunakannya, perawatan cutlery set berbahan perak mungkin bisa terasa merepotkan. Selain itu, harga produk berbahan perak tergolong mahal sehingga lebih cocok dijadikan hadiah.

Bahan kayu, nyaman digenggam dan menimbulkan kesan hangat

Bahan kayu, nyaman digenggam dan menimbulkan kesan hangat
Jika Anda mencari cutlery set yang nyaman digenggam, produk berbahan kayu adalah salah satu opsi tepat. Berbeda dengan produk berbahan metal, cutlery set kayu tidak terasa dingin saat disentuh. Selain itu, daya hantar panasnya juga rendah sehingga Anda bisa merasakan baik makanan panas atau dingin dengan lebih nyaman. Cutlery set kayu pun akan menimbulkan nuansa warm saat diletakkan di meja makan.
Kelemahan produk berbahan kayu adalah ketahanannya yang kurang baik. Bila tidak dikeringkan sempurna setelah dicuci, jamur dan bau tak sedap bisa saja timbul. Setelah menggunakannya, pastikan untuk selalu mencuci dan mengeringkannya dengan baik.

Pilih merek terkenal bila hendak dijadikan hadiah

Pilih merek terkenal bila hendak dijadikan hadiah
Jika cutlery set-nya hendak dijadikan hadiah misalnya hadiah pernikahan, Anda bisa memilih produk dengan mempertimbangkan mereknya. Anda bisa menghadiahkan produk keluaran IKEA, Vicenza, dan sebagainya yang sudah dikenal memiliki kualitas baik. Bila Anda menghadiahkan cutlery set berkualitas tinggi, tentu penerimanya pun akan semakin senang.

10 Rekomendasi cutlery set (perlengkapan makan) terbaik

Sekarang, kami akan segera memberikan rekomendasi cutlery set atau set perlengkapan makan terbaik. Kebanyakan yang kami berikan merupakan tipe dessert size agar sesuai dengan ukuran tangan orang Indonesia. Mari pilih produk yang paling Anda sukai!
10
Tujuan penggunaanMakan di rumah dan teatime
Tipe/isi setDessert size/4 jenis
Jumlah set6 pasang
MaterialStainless steel
9
Tujuan penggunaanMakan di rumah
Tipe/isi setDessert size/3 jenis
Jumlah set1 pasang
MaterialKayu
8
Tujuan penggunaanMakan di rumah dan teatime
Tipe/isi setDessert size/4 jenis
Jumlah set6 pasang
MaterialStainless steel
7

NanauniquestoreTabee Gading Spoon Large

NQ1527

Rp 45.000,00

Tujuan penggunaanMakan di rumah
Tipe/isi setDessert size/2 jenis
Jumlah set5 pasang
MaterialKayu sawo
6
Tujuan penggunaanMakan di rumah dan teatime
Tipe/isi setTidak disebutkan/4 jenis
Jumlah set6 pasang
MaterialStainless steel dan plastik ABS
5
Tujuan penggunaanMakan di rumah dan teatime
Tipe/isi setTidak disebutkan/4 jenis
Jumlah set6 pasang
MaterialStainless steel
4
Tujuan penggunaanMakan di rumah
Tipe/isi setDessert size/3 jenis
Jumlah set1 pasang
MaterialStainless steel
3
Tujuan penggunaanMakan di rumah dan makan saat bepergian
Tipe/isi setTidak disebutkan/3 jenis
Jumlah set1 pasang
MaterialStainless steel
2
Tujuan penggunaanMakan di rumah, course meal, dan teatime
Tipe/isi setTable size/4 jenis
Jumlah set6 pasang
MaterialStainless steel
1

Carl Schlieper Solingen Silver Cutlery Set

Rp 400.000,00

Tujuan penggunaanMakan di rumah atau dijadikan hadiah
Tipe/isi setTergantung pilihan
Jumlah setTergantung pilihan
MaterialPerak

Tabel perbandingan produk cutlery set (perlengkapan makan) terbaik

Gambar produk
1
Carl Schlieper Solingen Silver Cutlery Set 1

2
IKEA TILLAGD 24-Piece Cutlery Set, Brass 1

IKEA

3
Joseph Joseph GoEat Cutlery Set 1

Joseph Joseph

4
UCHII Smiley Adults Cutlery Set 1

UCHII

5
Tanica Natur Sendok Garpu Set 20 1

Tanica

6
IKEA DITO Peralatan Makan 1

IKEA

7
Nanauniquestore Tabee Gading Spoon Large 1

Nanauniquestore

8
Vicenza Stainless Steel Cutlery Set V241C 1

Vicenza

9
Wooden Japanese Cutlery Set 1

10
Vicenza Stainless Steel Cutlery Set 1

Vicenza

Nama produk

Carl Schlieper Solingen Silver Cutlery Set

TILLAGD 24-Piece Cutlery Set, Brass

GoEat Cutlery Set

Smiley Adults Cutlery Set

Natur Sendok Garpu Set 20

DITO Peralatan Makan

Tabee Gading Spoon Large

Stainless Steel Cutlery Set V241C

Wooden Japanese Cutlery Set

Stainless Steel Cutlery Set

Keunggulan

Tonjolkan kesan mewan dan eksklusif dengan peralatan makan berbahan perak

Hadirkan kemewahan di meja makan dengan warna kuningan

Makin mudah dibawa dengan magnetic handle dan silicone case

Smiley-nya jadikan suasana makan lebih ceria!

Super awet, bahkan tahan hingga sepuluh tahun!

Gagang transparannya kuatkan aura modern di meja makan Anda

Tampil unik dengan cutlery set berbentuk ikan

Rak dan tutupnya menjaga peralatan makan tetap bersih

Kuatkan nuansa oriental dalam ruangan

Sepaket dengan rak cantik yang fungsional

HargaRp 400.000,00Rp 1.119.900,00Rp 334.000,00Rp 99.000,00Rp 150.000,00Rp 194.226,00Rp 45.000,00Rp 147.000,00Rp 42.000,00Rp 160.000,00
Tujuan penggunaanMakan di rumah atau dijadikan hadiahMakan di rumah, course meal, dan teatimeMakan di rumah dan makan saat bepergianMakan di rumahMakan di rumah dan teatimeMakan di rumah dan teatimeMakan di rumahMakan di rumah dan teatimeMakan di rumahMakan di rumah dan teatime
Tipe/isi setTergantung pilihanTable size/4 jenisTidak disebutkan/3 jenisDessert size/3 jenisTidak disebutkan/4 jenisTidak disebutkan/4 jenisDessert size/2 jenisDessert size/4 jenisDessert size/3 jenisDessert size/4 jenis
Jumlah setTergantung pilihan 6 pasang1 pasang1 pasang6 pasang6 pasang5 pasang6 pasang1 pasang6 pasang
MaterialPerakStainless steelStainless steelStainless steelStainless steelStainless steel dan plastik ABSKayu sawoStainless steelKayuStainless steel
Tautan produk

Baca juga rekomendasi berbagai peralatan makan lainnya di sini

Di samping cutlery set, banyak juga peralatan makan lainnya yang juga fungsional. Contohnya adalah kotak makan dan talenan yang biasa disebut juga cutting board. Anda bisa membaca lebih jauh pada artikel kami di bawah ini. Pssst, kami juga sertakan artikel tempat makan untuk bayi, lho. Mari simak selengkapnya!

Kesimpulan

Bagaimana pendapat Anda setelah membaca rekomendasi dari kami ini? Set perlengkapan makan memang digunakan untuk makan. Akan tetapi, dengan set perlengkapan makan yang menarik, suasana makan pun akan terasa lebih berwarna.
Jadi, mari cek terlebih dahulu material, ukuran, dan jumlah isi set perlengkapan makan pilihan Anda. Temukan produk yang tepat dan nikmatilah suasana makan yang menyenangkan bersama orang terkasih!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Mangkuk Tahan Panas Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Mangkuk Tahan Panas Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Mangkuk mungkin bukanlah perlengkapan masak yang asing. Namun, tidak semua mangkuk bisa digunakan untuk makanan panas. Untuk memasak menggunakan pemanas seperti microwave atau oven, Anda memerlukan mangkuk tahan panas. Untungnya kini sudah tidak asing lagi menemukan mangkuk tahan panas di pasaran. Mangkuk tahan panas yang dijual oleh Pyrex atau Luminarc umumnya terbuat dari kaca yang stabil. Namun, ada juga yang berbahan dasar plastik dengan bobot ringan seperti produk milik IKEA. Kali ini kami akan memperkenalkan produk mangkuk tahan panas terbaik beserta cara memilihnya. Jadikan artikel ini referensi pilihan Anda, ya!
    Peralatan makan & minum
    23.904 Views
  • 10 Rekomendasi Botol Minum Stainless Steel Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Botol Minum Stainless Steel Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Botol minum stainless steel merupakan produk yang sering digunakan oleh orang dewasa maupun anak-anak ketika bepergian. Tersedia beragam bentuk dan tipe botol stainless dari berbagai merek, seperti Thermos, Zojirushi, atau Shuma. Tentunya hal ini dapat membingungkan Anda saat akan memilih produk.Tidak perlu khawatir, pada kesempatan ini kami akan menjelaskan poin-poin dalam memilih botol minum stainless steel. Anda juga dapat membandingkan spesifikasi beberapa produk dari daftar rekomendasi yang telah kami siapkan. Simak informasinya dan pilihlah produk yang menjadi favorit Anda!
    Peralatan makan & minum
    32.620 Views
  • 10 Rekomendasi Stainless Tumbler Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Stainless Tumbler Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Anda punya minuman favorit dari coffee shop langganan? Tentu menyenangkan jika minuman tersebut dapat dibawa pulang dan dinikmati dengan suhu yang sama ketika dibuat. Untuk itu, Anda memerlukan sebuah stainless tumbler untuk menjaga suhu minuman. Ada banyak variasi model dan ukuran stainless tumbler yang dapat Anda jumpai di pasaran. Namun, manakah yang cocok untuk Anda?Sebelum membeli, mari simak tips memilih stainless tumbler yang tepat. Setelah itu, Anda dapat membaca rekomendasi stainless tumbler dari berbagai merek, seperti IKEA dan Kinto. Selamat membaca dan temukan produk favorit Anda di sini!
    Peralatan makan & minum
    18.086 Views
  • 10 Rekomendasi Tempat Minum Lock & Lock Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Tempat Minum Lock & Lock Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Membawa tempat minum sendiri kini menjadi sangat penting karena lebih higienis dan ramah lingkungan. Salah satu brand tempat minum yang banyak disukai adalah Lock & Lock. Berbagai ukuran tempat minum, mulai dari 300 ml, 1 L, hingga lebih dari 2 L, telah diproduksi oleh brand ini.Kali ini, kami akan membahas tentang tempat minum Lock & Lock. Anda bisa membaca tips memilih tempat minum Lock & Lock, serta rekomendasi produk terbaiknya. Eco Double Wall Mug, Kids Water Bottle, dan Big Size Water Bottle ada dalam rekomendasi kami. Mari kita mulai!
    Peralatan makan & minum
    31 Views
  • 10 Rekomendasi Mug Terbaik yang Awet Menyimpan Panas (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Mug Terbaik yang Awet Menyimpan Panas (Terbaru Tahun 2020)
    Heat preserving mug merupakan wadah minuman yang dapat menjaga suhu dengan baik. Mug ini dijual di pasaran dari berbagai produsen, seperti LocknLock, IKEA, dan SHUMA. Banyaknya produk yang ditawarkan dengan berbagai desain yang menarik pastilah membuat Anda bingung harus memilih yang mana.Dalam artikel ini, kami akan memperkenalkan kepada Anda beberapa produk mug yang mampu menjaga suhu minuman tetap panas. Sebelum itu, tips cara memilih mug yang awet menyimpan panas pun akan kami bagikan. Jadi, bagi Anda pencinta minuman panas, baca ulasan berikut ini ya!
    Peralatan makan & minum
    6.993 Views
  • 10 Rekomendasi Sendok Makan Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sendok Makan Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Siapa sih yang tak pernah menggunakan sendok saat makan? Dengan menggunakan sendok, makan pun lebih nyaman dan praktis. Material dan desain dari sendok makan ada banyak ragamnya. Mulai dari sendok berbahan stainless steel yang minimalis hingga sendok berbahan wheat straw dengan pilihan warna yang manis. Ada juga produsen yang menawarkan sendok dengan perlengkapan makan lainya. Karena sudah berbentuk set, tentu saja harganya lebih affordable. Nah, kami akan berikan tips cara memilih dan rekomendasi produk terbaik untuk Anda. Ada sendok dari Claris, Vicenza, dan Jakemy yang bisa dijadikan pilihan.
    Peralatan makan & minum
    724 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori