10 Rekomendasi Cutlery Set (Perlengkapan Makan) Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Cutlery Set (Perlengkapan Makan) Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Perlengkapan makan merupakan barang yang sering dipakai sehari-hari. Selain untuk keperluan pribadi, perlengkapan makan juga cocok untuk dijadikan hadiah. Dengan desain dan bahan yang beraneka ragam, mungkin Anda bingung, mana yang cocok untuk Anda dan mana yang bagus untuk dijadikan hadiah.

Kali ini, kami akan memperkenalkan sepuluh set perlengkapan makan terbaik untuk Anda. Dengan set perlengkapan makan yang sesuai, acara makan pun akan menjadi menyenangkan. Disimak yuk!

Daftar isi

Cara memilih set perlengkapan makan

Set perlengkapan makan biasanya dibuat untuk menikmati hidangan secara lengkap, dari makanan pembuka sampai penutup. Dari yang modelnya sederhana sampai mewah, harga yang murah sampai mahal, tentunya akan sulit untuk memilih yang Anda suka. Maka dari itu, kami akan memberikan beberapa poin penting yang harus Anda ketahui untuk memilih set perlengkapan makan yang tepat.

Pilihlah berdasarkan karakteristik masing-masing bahan

Bahan yang paling populer digunakan untuk set perlengkapan makan adalah perak, stainless steel dan kayu. Setiap bahan memiliki karakter masing-masing, dengan cara penggunaan dan perawatan yang berbeda. Jadi, penting untuk memperhatikan bahan ketika memilih set perlengkapan makan.

Bahan perak, sebagai bentuk karya seni

Bahan perak, sebagai bentuk karya seni

Perlengkapan makan dari bahan perak,  biasanya terbuat dari  perak sterling yang memiliki sifat antibakteri yang sangat baik. Banyak digunakan di restoran kelas atas dan juga hotel bintang lima. Perlengkapan makan dari  perak ini memiliki tekstur yang lembut, yang bisa dirasakan saat Anda memasukkan makanan ke dalam mulut.

Banyak juga orang yang mengoleksi set perlengkapan makan dari perak sebagai karya seni. Di Eropa, perlengkapan makan yang terbuat dari perak sterling ini biasanya ditandai dengan stempel dari produsennya, yang menunjukkan kemurnian perak serta tahun produksinya.

Walaupun tidak sesuai untuk digunakan sehari-hari karena harganya yang cenderung mahal, banyak yang memilih set perlengkapan makan perak ini untuk dijadikan hadiah.

Bahan stainless steel, paling mudah digunakan

Bahan stainless steel, paling mudah digunakan

Bahan stainless steel ini anti karat dan memiliki ketahanan korosi yang baik, karena sifatnya yang tahan air. Banyak jenis yang tersedia, dari yang murah sampai yang mahal. Bahan ini merupakan bahan yang cocok digunakan sebagai perlengkapan makan.

Stainless steel merupakan perpaduan antara kromium dan nikel yang dicampur dengan besi. Komposisi kromium dan nikel terkadang ditulis sebagai “18-8” atau “18-10”. Umumnya, semakin tinggi angka ini, maka semakin sulit untuk berkarat, semakin baik ketahanan korosinya, sehingga semakin tinggi nilai kelangkaannya dan harganya juga cenderung mahal.

Bahan kayu, yang menghangatkan suasana

Bahan kayu, yang menghangatkan suasana

Bahan kayu populer karena memberikan kesan yang alami. Memberikan sentuhan hangat yang tidak bisa Anda rasakan ketika memegang peralatan makan dari perak atau stainless steel. Meskipun ada lapisan anti air di permukaan, pada umumnya bahan kayu ini lemah terhadap kelembapan, sehingga bisa timbul jamur di permukaan perlengkapan makan kayu.

Perlengkapan makan yang terbuat dari bahan kayu tidak bisa digunakan untuk jangka panjang, karena daya tahannya lebih rendah dibanding bahan yang lain. Namun, untuk Anda yang menyukai nuansa kayu yang hangat, Anda bisa memilih perlengkapan makan dari kayu.

Sesuaikan dengan tujuan penggunaannya

Sesuaikan dengan tujuan penggunaannya

Apakah Anda sering bingung untuk menentukan perlengkapan makan yang akan digunakan untuk hidangan utama atau untuk hidangan penutup ?

Biasanya untuk hidangan utama, akan digunakan perlengkapan makan yang berukuran lebih besar. Namun, ada pengecualian untuk Anda yang memiliki tangan serta mulut yang kecil. Dalam hal ini, Anda bisa memilih perlengkapan makan yang berukuran lebih kecil dari yang seharusnya.

Sebaiknya Anda juga memiliki pengetahuan mengenai table manner, agar Anda bisa menggunakan perlengkapan makan dengan tepat. Seperti saat makan salad, Anda perlu menggunakan garpu yang berukuran lebih kecil. Hal ini bisa berguna saat Anda mengikuti jamuan makan yang resmi, supaya Anda tidak salah menggunakan perlengkapan makan yang tersedia.

Lebih praktis jika memilih dalam bentuk set

Lebih praktis jika memilih dalam bentuk set

Set perlengkapan makan biasanya memiliki seperangkat sendok, garpu dan pisau, dengan kapasitas yang bisa dipakai oleh lebih dari satu orang. Untuk Anda yang tinggal sendiri, memang cukup jika hanya memiliki satu sendok, garpu serta pisau saja. Namun, lebih baik jika Anda memiliki persediaan yang lebih bila sewaktu-waktu ada yang berkunjung ke tempat Anda.

Lebih baik juga bila Anda memilih set perlengkapan makan yang memiliki beberapa sendok teh dan sendok kue, yang akan bermanfaat bila Anda kedatangan tamu.

10 Rekomendasi cutlery set (perlengkapan makan) terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan 10 perlengkapan makan yang populer. Meskipun fungsinya sama, dengan desain yang beragam, dapat membuat sesi makan-makan Anda dengan keluarga atau teman menjadi lebih menyenangkan. Semoga dengan rekomendasi kami ini, Anda juga mendapat ide untuk memberikan hadiah cutlery set kepada keluarga ataupun teman Anda.

10. Vicenza Stainless Steel Sendok dan Garpu Set V245C (24 pcs)

10. Vicenza Stainless Steel Sendok dan Garpu Set V245C (24 pcs)

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 463.400

Adanya rak khusus untuk masing-masing perlengkapan makan

Khusus untuk set perlengkapan makan ini, Vicenza membuat rak untuk masing-masing perlengkapan makan. Dengan ini, maka perlengkapan makan akan terlihat lebih rapi dan tertata. Gagangnya terbuat dari plastik, dengan desain polkadot dan berwarna cerah, membuat produk ini cocok jika Anda jadikan sebagai hadiah.

Terdapat juga pegangan di atas raknya, yang membuat set perlengkapan makan ini mudah Anda bawa kemana-mana, tanpa membuat isinya berantakan. Set perlengkapan makan ini juga memiliki beberapa warna lain, selain oranye. Jadi, bisa disesuaikan dengan selera Anda.

9. Minring Silver Spoon

9. Minring Silver Spoon

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.026.500

Karya seni yang patut dikoleksi, dengan ukiran bunga yang cantik

Sendok ini terbuat dari perak dengan kualitas yang sangat bagus. Untuk meyakinkan Anda, produk ini juga memiliki sertifikat untuk kualitas peraknya. Desainnya sangat mewah dengan gagang yang dilapis emas, dan terdapat ukiran bunga yang cantik.

Untuk Anda yang senang mengoleksi benda seni, sendok ini bisa menjadi pilihan Anda. Selain itu, sendok ini juga cocok untuk Anda jadikan hadiah ke orang tersayang. Memang harga sendok ini termasuk mahal, tapi Anda akan mendapatkan kualitas yang terbaik. Sayangnya, sendok ini tidak hadir dalam bentuk set.

8. Vicenza Stainless Steel Sendok dan Garpu Set V241C (24 pcs)

8. Vicenza Stainless Steel Sendok dan Garpu Set V241C (24 pcs)

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 221.650

Dengan rak dan tutup, supaya rapi dan terhindar dari debu

Set dari Vicenza ini bisa mempermanis tampilan meja makan Anda. Dengan adanya rak, akan membuat perlengkapan makan ini tertata rapi di meja. Jangan khawatir, perlengkapan makan Anda takkan terkena debu, karena set dari Vicenza ini juga dilengkapi dengan tutup, yang dapat melindungi perlengkapan makan Anda.

Selain warna ungu, set ini juga tersedia dalam pilihan warna hitam, biru, serta jingga. Anda tinggal memilih sesuai dengan warna favorit Anda, dan tentunya disesuaikan juga dengan tema warna meja makan, serta dapur Anda.

7. Tabee Gading Spoon Set (10 pcs)

7. Tabee Gading Spoon Set (10 pcs)

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 72.900

Terbuat dari kayu sawo, dengan desain yang menarik

Set sendok dan garpu ini terbuat dari kayu sawo yang berkualitas tinggi. Desainnya yang berbentuk ikan menambah sentuhan yang menarik di meja makan Anda. Selain bisa Anda gunakan sendiri, set sendok garpu ini juga bisa Anda jadikan sebagai souvenir.

Perawatan perlengkapan makan yang terbuat dari kayu memang sedikit rumit, tetapi, dengan menambah perlengkapan makan dari kayu, akan membuat suasana meja makan Anda lebih terasa hangat dibanding biasanya. Selain itu, set perlengkapan makan dari kayu ini juga bisa Anda gunakan sebagai properti foto, untuk Anda yang hobi foto makanan.

 6. Ikea Dito (24 pcs)

 6. Ikea Dito (24 pcs)

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 219.000

Warna hijau yang menyegarkan suasana meja makan Anda

Set perlengkapan makan dari Ikea ini terdiri dari sendok, garpu, pisau, serta sendok teh/kue, yang masing-masing terdiri dari 6 buah. Dengan bahan stainless steel, set perlengkapan makan ini tentunya anti karat dan lebih enaknya lagi, bisa juga dicuci dengan menggunakan mesin cuci piring.

Dengan warna hijau lumut yang menyegarkan, membuat suasana meja makan Anda tidak akan monoton. Mengingat harganya yang cukup terjangkau,  set perlengkapan makan ini cocok untuk pasangan yang baru menikah dan menempati rumah baru.

5. Tanica Natur Set (18 pcs)

5. Tanica Natur Set (18 pcs)

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 118.000

Adanya garansi 10 tahun, akan menguntungkan Anda

Tanica telah memproduksi perlengkapan dapur dan makan selama 40 tahun. Karena itu, kualitas produknya tentu tidak diragukan lagi. Menggunakan stainless steel berkualitas tinggi, produk ini bisa Anda pakai dalam jangka waktu yang lama. Bahkan ada garansi selama 10 tahun!

Dengan harga yang terjangkau, Anda akan mendapatkan 18 buah perlengkapan makan, yang terdiri dari 6 sendok makan, 6 garpu, dan 6 sendok teh. Cocok untuk Anda yang memiliki keluarga kecil.

4. Atria Zeston (24 pcs)

4. Atria Zeston (24 pcs)

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 219.900

Motif garis-garis di setiap gagangnya, menambahkan kesan mewah

Set perlengkapan makan ini terbuat dari stainless steel dengan desain yang elegan. Di setiap gagangnya terdapat motif garis-garis yang memberikan kesan mewah. Cocok digunakan bila Anda mengadakan jamuan makan malam yang resmi bersama keluarga ataupun kolega Anda.

Selain bisa dipakai untuk diri sendiri, set perlengkapan makan Atria ini bisa juga dijadikan sebagai hadiah untuk keluarga atau teman Anda. Bahannya yang anti karat, membuat perlengkapan makan ini bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama. Set yang cantik dan awet, jangan dilewatkan!

3. Glinde Kochsysteme Cutlery Set Mirror (30 pcs)

3. Glinde Kochsysteme Cutlery Set Mirror (30 pcs)

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.800.000

Membuat suasana meja makan seperti di hotel bintang lima

Set perlengkapan makan dari Glinde ini didesain secara khusus untuk membuat tampilan meja Anda terlihat mewah dan elegan. Teksturnya yang juga lembut, akan terasa saat Anda menggunakannya. Suasana meja makan Anda pun bisa berubah, seperti saat Anda makan di hotel bintang lima.

Dengan perbandingan kromium dan nikel 18/10, tidak heran kalau kualitasnya termasuk kelas atas. Set ini bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama. Memang harganya cukup mahal, tapi untuk investasi jangka panjang, kenapa tidak ?

2. Ikea Tillagd (24 pcs)

2. Ikea Tillagd (24 pcs)

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.069.900

Warna rose gold-nya, menambah aksen mewah ke meja makan Anda

Set perlengkapan makan Ikea yang terdiri dari 24 buah ini, terbuat dari stainless steel dengan lapisan warna rose gold, akan menambah kesan mewah ke meja makan Anda. Dengan warna yang elegan, set ini juga cocok untuk Anda berikan sebagai hadiah.

Supaya lapisannya tetap berkilau, segera cuci dan bilas setelah Anda pakai, dan langsung dikeringkan dengan baik. Sayangnya, set perlengkapan makan ini tidak bisa Anda cuci dengan mesin pencuci piring.

1. Pintinox Stainless Steel with ABS Handle (24 pcs)

1. Pintinox Stainless Steel with ABS Handle (24 pcs)

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 950.000

Buatan Italia, dengan bentuk yang kokoh dan ringan

Set perlengkapan makan yang dibuat dari Italia ini, kualitasnya tidak perlu diragukan lagi. Dengan komposisi kromium dan nikel 18/10, akan tahan terhadap karat dan juga bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama. Sekilas bentuknya terlihat kokoh, namun saat dipegang, akan terasa ringan.

Desainnya minimalis, namun tetap terlihat mewah. Jika Anda memiliki rumah dengan desain yang minimalis, maka set perlengkapan makan ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk melengkapi isi rumah, sesuai dengan tema rumah Anda.

Kesimpulan

Bagaimana pendapat Anda setelah membaca rekomendasi kami ini ?

Set perlengkapan makan memang digunakan untuk  makan, tetapi dengan set perlengkapan makan yang menarik, maka suasana meja makan Anda menjadi lebih hidup serta berwarna. Semoga Anda bisa menemukan set perlengkapan makan yang cocok ya, supaya sesi makan-makan Anda akan terasa menyenangkan.