• 10 Rekomendasi Cutlery Set (Perlengkapan Makan) Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Cutlery Set (Perlengkapan Makan) Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Cutlery Set (Perlengkapan Makan) Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Cutlery Set (Perlengkapan Makan) Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Cutlery Set (Perlengkapan Makan) Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Cutlery Set (Perlengkapan Makan) Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Set perlengkapan makan atau cutlery set adalah barang yang sering dipakai untuk keperluan sehari-hari. Selain untuk pribadi, cutlery set juga cocok untuk dijadikan hadiah. Dengan desain dan bahan yang beraneka ragam, mungkin Anda sedikit kebingungan saat hendak memilihnya.


Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih dan memberikan rekomendasi cutlery set terbaik. Anda akan menemukan beragam cutlery set berkualitas, seperti cutlery set INFORMA dan cutlery set Tupperware. Dengan set perlengkapan makan yang sesuai, acara makan pun akan jadi makin menyenangkan.

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Halim Santoso
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Cara memilih cutlery set (perlengkapan makan)

Cutlery set bisa digunakan untuk menikmati hidangan secara lengkap, dari makanan pembuka sampai penutup. Berikut akan kami jelaskan terlebih dahulu cara memilihnya.

Sesuaikan dengan tujuan penggunaannya

Ada banyak jenis cutlery set dengan ukuran dan nama yang bisa berbeda di setiap negara. Selain itu, ukuran cutlery set yang digunakan di Eropa atau Amerika biasanya berbeda dengan yang di Asia. Karena itu, terlepas dari namanya, Anda perlu memilih cutlery set sesuai tujuan penggunaan.

Dessert size, tepat untuk makan di rumah

Dessert size, tepat untuk makan di rumah

Untuk negara Asia seperti Indonesia, cutlery set yang pas adalah yang bertipe dessert size. Cutlery set yang terdiri dari dessert spoon, dessert fork, dan dessert knife sudah mencukupi untuk penggunaan di rumah.


Produk dessert size kebanyakan berukuran 18–22 cm. Orang Asia yang tangannya lebih kecil daripada orang Eropa atau Amerika pun tidak akan kesulitan saat menggunakannya. Meski ukurannya sedikit lebih kecil, Anda tetap bisa memakainya untuk menyantap makanan pembuka dan makanan utama. Bahkan, ada restoran yang menggunakan tipe ini saat menghidangkan course meals.


Selain itu, produk yang dilengkapi sendok teh dan garpu kue tentu akan makin fungsional ketika digunakan. Anda bisa menggunakannya untuk menyantap hidangan pembuka, hidangan penutup, dan acara minum teh.

Table size, partner terbaik untuk course meal

Table size, partner terbaik untuk course meal

Apakah Anda mencari cutlery set untuk course meal? Produk table size adalah pilihannya. Produk ini terdiri dari garpu ikan, pisau ikan, sendok sup, table spoon, table fork, dan table knife. Keenam item tersebut memungkinkan Anda memakan berbagai masakan daging, ikan, dan sup.


Produk table size kebanyakan berukuran 20–24 cm serta umum digunakan di Eropa dan Amerika. Ukurannya memang tergolong agak besar bagi kebanyakan orang Asia. Namun, produk table size masih cocok digunakan saat menikmati makan malam atau course meal. Toh, cutlery set khusus untuk makan malam juga hanya berukuran 25–27 cm.


Jika Anda sering menikmati makanan ala Barat atau course meal, cutlery set ini cocok untuk dipilih. Selain itu, produk ini juga tepat untuk Anda yang sering bepergian ke luar negeri. Tujuannya agar Anda terbiasa menggunakan alat makan dengan ukuran tersebut.

Mini size, pilihan pas untuk teatime

Mini size, pilihan pas untuk teatime

Untuk teatime, cutlery set berukuran mini adalah yang terbaik. Anda bisa memilih set yang isinya terdiri dari sendok kopi, sendok teh, dan garpu kue. Apabila Anda senang meminum kopi, pastikan cutlery set pilihan Anda dilengkapi sendok kopi. Sementara itu, bagi Anda penggemar teh, pilihlah cutlery set yang di dalamnya terdapat sendok teh.


Produk mini size umumnya berukuran ± 14 cm, cocok untuk menikmati kue, es krim, kopi, atau teh. Selain itu, ada juga produk yang berukuran 12 cm. Produk seperti ini pas digunakan bersama mangkuk kecil untuk memakan buah atau makanan manis lainnya.

Pastikan isi setnya sesuai dengan jumlah pengguna

Pastikan isi setnya sesuai dengan jumlah pengguna

Penting untuk memilih cutlery set dengan isi sesuai jumlah pengguna. Untuk kegiatan makan harian, Anda bisa memilih produk yang jumlahnya sesuai dengan jumlah anggota keluarga atau penghuni rumah. 


Namun, jika Anda sering mengundang orang lain untuk makan bersama, tambahkan jumlahnya untuk 1–2 orang. Sementara itu, untuk teatime, Anda bisa memilih cutlery set yang jumlah setnya enam. Jumlah tersebut merupakan jumlah resmi cutlery set untuk teatime di seluruh dunia. 


Biasanya, ketika mengundang orang lain, pasangan orang tersebut pun akan datang. Jika orang tersebut mengajak orang tuanya juga, jumlah orang yang hadir pun pas menjadi enam orang. Atas dasar pemikiran tersebut, cutlery set untuk acara minum teh dibuat menjadi enam.

Cek karakteristik material yang digunakan

Bahan yang paling populer digunakan untuk set perlengkapan makan adalah perak, stainless steel, dan kayu. Mari perhatikan karakteristik masing-masing bahan sembari mempertimbangkan tujuan penggunaan dan hal yang ingin Anda utamakan.

Bahan stainless steel, tahan karat dan awet digunakan sehari-hari

Bahan stainless steel, tahan karat dan awet digunakan sehari-hari

Jika Anda mengutamakan kemudahan penggunaan dan perawatan, cutlery set berbahan stainless steel pantas dipertimbangkan. Stainless steel merupakan perpaduan antara logam kromium dan nikel yang dicampur dengan besi. Stainless steel bersifat antikarat dan memiliki ketahanan yang mumpuni terhadap korosi.


Dengan begitu, Anda tidak akan kesulitan untuk menjaga dan merawat tampilannya agar tetap cemerlang. Kebanyakan cutlery set yang dijual di Indonesia berbahan stainless steel dan memiliki harga relatif bersahabat.


Komposisi kromium dan nikel terkadang ditulis sebagai “18-8” atau “18-10”. Umumnya, makin tinggi angka ini, maka produk akan makin tahan karat dan makin baik ketahanannya terhadap korosi. Tentu saja produk dengan angka yang tinggi lebih terbatas jumlahnya dan lebih mahal. Namun, jika Anda berencana menggunakannya untuk kurun waktu lama, tidak ada salahnya memilih produk dengan angka tinggi.

Bahan perak, tampilannya sangat menawan dan mewah

Bahan perak, tampilannya sangat menawan dan mewah

Bagi Anda yang mengutamakan tampilan memukau dan kualitas bagus, produk berbahan perak (pure silver) pilihannya. Perak adalah bahan terbaik untuk peralatan makan cantik, yang dapat membuat nuansa meja makan makin mewah. Tidak hanya itu, nilai seninya pun tinggi dan terasa nyaman di lidah. Produk berbahan perak biasanya hanya digunakan di restoran atau hotel kelas atas.


Meski begitu, jika Anda jarang menggunakannya, warnanya akan menghitam. Jadi, peralatan berbahan perak disarankan untuk digunakan secara rutin. Jika Anda tidak sering menggunakannya, perawatan cutlery set berbahan perak bisa jadi terasa merepotkan. Selain itu, harga produk berbahan perak tergolong mahal sehingga lebih cocok dijadikan hadiah.


Namun, di dalam jajaran produk rekomendasi kali ini, kami tidak dapat mengulas produk cutlery set berbahan silver. Produk alat makan berbahan perak tergolong produk mewah sehingga masih sangat jarang dijual di EC sites.

Bahan kayu, nyaman digenggam dan menimbulkan kesan hangat

Bahan kayu, nyaman digenggam dan menimbulkan kesan hangat

Jika Anda mencari cutlery set yang nyaman digenggam, produk berbahan kayu adalah pilihan yang tepat. Berbeda dengan produk berbahan metal, cutlery set kayu tidak terasa dingin saat disentuh.


Daya hantar panas bahan kayu juga rendah sehingga Anda bisa menikmati makanan panas atau dingin dengan nyaman. Selain itu, cutlery set kayu pun akan menimbulkan nuansa hangat saat diletakkan di meja makan.


Sayangnya, kelemahan produk berbahan kayu adalah ketahanannya yang kurang baik. Apabila tidak dikeringkan sempurna setelah dicuci, jamur dan bau tak sedap bisa saja timbul. Jadi, setelah digunakan, pastikan Anda selalu mencuci dan mengeringkannya dengan baik.

Pertimbangkan merek terkenal bila hendak dijadikan hadiah

Pertimbangkan merek terkenal bila hendak dijadikan hadiah

Jika hendak dijadikan hadiah, misalnya hadiah pernikahan, pilihlah produk dengan mempertimbangkan mereknya. Sebagai contoh, salah satu merek dinner set yang bagus untuk dihadiahkan, yaitu IKEA atau Tanica. 


Selain itu, ada cutlery set Oxone yang juga dikenal sebagai merek alat makan yang bagus dan berkualitas baik. Apabila Anda menghadiahkan cutlery set berkualitas tinggi seperti ini, penerimanya pun tentu akan merasa senang.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

Sedotan Stainless & Korean Cutlery Set Box

Mulai dari Rp 67.900,00

10 Rekomendasi cutlery set (perlengkapan makan) terbaik

Sekarang, kami akan segera memberikan rekomendasi cutlery set atau set perlengkapan makan terbaik. Kebanyakan rekomendasi yang kami berikan merupakan tipe dessert size agar sesuai dengan ukuran tangan orang Indonesia. Mari pilih produk yang paling Anda sukai!
10
Tujuan penggunaanMakan di rumah
Tipe / Isi setDessert size / 3 buah
Jumlah set1 pasang
MaterialKayu
9

NanauniquestoreTabee Gading Spoon Large

NQ1527

Mulai dari Rp 55.000,00

Tujuan penggunaanMakan di rumah
Tipe / Isi setDessert size / 10 buah
Jumlah set5 pasang
MaterialKayu sawo
8

Oxone IndonesiaCube Set Sendok Garpu

OX5100

Mulai dari Rp 311.200,00

Tujuan penggunaanMakan di rumah dan teatime
Tipe / Isi setDessert size / 24 buah
Jumlah set6 pasang
MaterialStainless steel
7

Joseph JosephGoEat On-the-go Cutlery Set

Mulai dari Rp 406.000,00

Tujuan penggunaanMakan di rumah dan makan saat bepergian
Tipe / Isi setTidak disebutkan / 3 buah
Jumlah set1 pasang
MaterialStainless steel
6

IKEATILLAGD Cutlery Set

103.501.06

Mulai dari Rp 799.000,00

Tujuan penggunaanMakan di rumah, course meal, dan teatime
Tipe / Isi setTable size / 24 buah
Jumlah set6 pasang
MaterialStainless steel
5
Tujuan penggunaanMakan di rumah dan teatime
Tipe / Isi setDessert size / 20 buah
Jumlah set5 pasang
MaterialStainless steel
4
Tujuan penggunaanMakan saat bepergian atau dijadikan hadiah
Tipe / Isi setDessert size / 2 buah
Jumlah set1 pasang
MaterialStainless steel 304, PP (polypropylene)
3
Tujuan penggunaanMakan saat bepergian
Tipe / Isi setDessert size / 3 buah
Jumlah set1 pasang
MaterialPlastik
2
Tujuan penggunaanMakan di rumah
Tipe / Isi setMini size / 18 buah
Jumlah set6 pasang
MaterialPolypropylene plastic
1

INFORMAAppetite Hugo Set Alat Makan

Mulai dari Rp 300.000,00

Tujuan penggunaanMakan di rumah dan teatime
Tipe / Isi setDessert size / 16 buah
Jumlah set8 pasang
MaterialStainless steel

Tabel perbandingan produk cutlery set (perlengkapan makan) terbaik

Gambar produk
1
INFORMA Appetite Hugo Set Alat Makan 1

INFORMA

2
IKEA KALAS Cutlery Set 1

IKEA

3
Tupperware Portable Chopstick Set 1

Tupperware

4
MINISO Cactus Travel Cutlery Set 1

MINISO

5
Tanica Deli Sendok Garpu 1

Tanica

6
IKEA TILLAGD Cutlery Set 1

IKEA

7
Joseph Joseph GoEat On-the-go Cutlery Set 1

Joseph Joseph

8
Oxone Indonesia Cube Set Sendok Garpu  1

Oxone Indonesia

9
Nanauniquestore Tabee Gading Spoon Large 2

Nanauniquestore

10
Mendekor Set Alat Makan Kayu 1

Mendekor

Nama produk

Appetite Hugo Set Alat Makan

KALAS Cutlery Set

Portable Chopstick Set

Cactus Travel Cutlery Set

Deli Sendok Garpu

TILLAGD Cutlery Set

GoEat On-the-go Cutlery Set

Cube Set Sendok Garpu

Tabee Gading Spoon Large

Set Alat Makan Kayu

Keunggulan

Rak dan tutupnya menjaga peralatan makan tetap bersih

Pinggiran membulat, lebih aman digunakan oleh balita Anda

Bahannya plastik, mudah dibawa ke mana-mana karena ringan

Compact, siap menemani aktivitas traveling Anda

Super awet, bahkan tahan hingga sepuluh tahun!

Bebas repot, cutlery set tidak perlu dipoles meski digunakan untuk waktu lama

Alat makan tidak berceceran berkat magnetic handle dan silicone case

Sepaket dengan rak cantik yang fungsional, mudah dibawa pula!

Tampil unik dengan cutlery set berbentuk ikan

Kuatkan nuansa oriental dalam ruangan

Harga mulai dariRp 300.000,00Rp 24.900,00Rp 99.000,00Rp 49.900,00Rp 168.000,00Rp 799.000,00Rp 406.000,00Rp 311.200,00Rp 55.000,00Rp 39.900,00
Tujuan penggunaanMakan di rumah dan teatimeMakan di rumahMakan saat bepergianMakan saat bepergian atau dijadikan hadiahMakan di rumah dan teatimeMakan di rumah, course meal, dan teatimeMakan di rumah dan makan saat bepergianMakan di rumah dan teatimeMakan di rumahMakan di rumah
Tipe / Isi setDessert size / 16 buahMini size / 18 buahDessert size / 3 buahDessert size / 2 buahDessert size / 20 buahTable size / 24 buahTidak disebutkan / 3 buahDessert size / 24 buahDessert size / 10 buahDessert size / 3 buah
Jumlah set8 pasang6 pasang1 pasang1 pasang5 pasang6 pasang1 pasang6 pasang5 pasang1 pasang
MaterialStainless steelPolypropylene plasticPlastikStainless steel 304, PP (polypropylene)Stainless steelStainless steelStainless steelStainless steelKayu sawoKayu
Tautan produk

Baca juga rekomendasi berbagai peralatan makan lainnya di sini

Di samping cutlery set, banyak juga peralatan makan lainnya yang juga fungsional. Sebagai contoh adalah mangkuk tahan panas, pisau set, dan sendok kopi. Anda bisa membaca lebih jauh pada artikel kami di bawah ini. Pssst, kami juga sertakan artikel tempat makan untuk bayi, lho. Mari simak selengkapnya!

Kesimpulan

Bagaimana pendapat Anda setelah membaca rekomendasi kami? Set perlengkapan makan memang digunakan untuk makan. Namun, dengan set perlengkapan makan yang menarik, suasana makan pun akan terasa lebih berwarna.


Jadi, mari cek terlebih dahulu material, ukuran, dan jumlah isi set perlengkapan makan pilihan Anda. Temukan produk yang tepat dan nikmatilah suasana makan yang menyenangkan bersama orang terkasih!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Stainless Tumbler Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Stainless Tumbler Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Anda punya minuman favorit dari coffee shop langganan? Tentu menyenangkan jika minuman tersebut dapat dibawa pulang dan dinikmati dengan suhu yang sama ketika dibuat. Untuk itu, Anda memerlukan sebuah stainless tumbler untuk menjaga suhu minuman. Ada banyak variasi model dan ukuran stainless tumbler yang dapat Anda jumpai di pasaran. Namun, manakah yang cocok untuk Anda?Sebelum membeli, mari simak tips memilih stainless tumbler yang tepat. Setelah itu, Anda dapat membaca rekomendasi stainless tumbler dari berbagai merek, seperti IKEA dan Kinto. Selamat membaca dan temukan produk favorit Anda di sini!
    Peralatan makan & minum
  • 10 Rekomendasi Botol Minum Stainless Steel Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Botol Minum Stainless Steel Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Botol minum stainless steel merupakan produk yang sering digunakan oleh orang dewasa maupun anak-anak ketika bepergian. Tersedia beragam bentuk dan tipe botol stainless dari berbagai merek, seperti Thermos, Zojirushi, atau Shuma. Tentunya hal ini dapat membingungkan Anda saat akan memilih produk.Tidak perlu khawatir, pada kesempatan ini kami akan menjelaskan poin-poin dalam memilih botol minum stainless steel. Anda juga dapat membandingkan spesifikasi beberapa produk dari daftar rekomendasi yang telah kami siapkan. Simak informasinya dan pilihlah produk yang menjadi favorit Anda!
    Peralatan makan & minum
  • 10 Mangkuk Tahan Panas Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    10 Mangkuk Tahan Panas Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    Mangkuk bukanlah perlengkapan masak yang asing. Namun, tidak semua mangkuk bisa digunakan untuk makanan panas. Untuk memasak menggunakan pemanas, seperti microwave atau oven, Anda memerlukan mangkuk tahan panas. Untungnya, kini mangkuk tahan panas sudah tersedia di pasaran. Mangkuk tahan panas merek Pyrex atau Luminarc umumnya terbuat dari kaca yang stabil. Namun, ada juga yang berbahan dasar plastik dengan bobot ringan seperti produk milik IKEA. Kali ini kami akan memperkenalkan produk mangkuk tahan panas yang bagus beserta cara memilihnya. Artikel ini sudah ditinjau oleh pastry instructor kami, Stella Permata. Selamat membaca!
    Peralatan makan & minum
  • 10 Rekomendasi Tumbler Starbucks Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Tumbler Starbucks Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Siapa yang tidak mengenal merk Starbucks? Starbucks merupakan kedai kopi ternama asal Amerika Serikat yang telah berdiri sejak tahun 1971. Pada tahun 2002, Starbucks membuka gerai pertamanya di Indonesia. Sekarang, Starbucks sudah memiliki gerai hampir di setiap kota di Indonesia.Tidak hanya kopinya saja yang enak, Starbucks memiliki koleksi tumbler yang bagus dan tidak boleh dilewatkan. Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih tumbler dari Starbucks. Kami juga sudah menyiapkan rekomendasi tumbler terbaiknya, seperti Stojo Collapsible Cup, Tumbler Folk, dan berbagai tumbler lainnya. Selamat membaca!
    Peralatan makan & minum
  • 10 Rekomendasi Sendok Makan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sendok Makan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Siapa sih yang tak pernah menggunakan sendok saat makan? Dengan menggunakan sendok, makan pun lebih nyaman dan praktis. Material dan desain dari sendok makan ada banyak ragamnya. Mulai dari sendok berbahan stainless steel yang minimalis hingga sendok berbahan wheat straw dengan pilihan warna yang manis. Ada juga produsen yang menawarkan sendok dengan perlengkapan makan lainya. Karena sudah berbentuk set, tentu saja harganya lebih affordable. Nah, kami akan berikan tips cara memilih dan rekomendasi produk terbaik untuk Anda. Ada sendok dari Claris, Vicenza, dan Jakemy yang bisa dijadikan pilihan.
    Peralatan makan & minum
  • 10 Rekomendasi Sendok Teh Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sendok Teh Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Sendok teh adalah peralatan makan yang umumnya disimpan bersama sendok makan dan garpu di rumah. Beragam bentuk sendok teh terkadang menjadikannya sedap dipandang, apalagi bila disandingkan dengan cangkir kesayangan. Meski terkesan barang yang sederhana, kehadiran sendok teh cukup penting untuk melengkapi dapur Anda.Ragam sendok teh yang bagus dengan variasi bahan, bentuk, dan ukuran, barangkali membuat Anda bingung dalam memilihnya. Maka dari itu, kami akan membagi tips cara memilih sendok teh terbaik. Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh sendok teh pilihan keluaran merk IKEA, Atona Craft, Oxone, dan sebagainya untuk Anda.
    Peralatan makan & minum
  • 10 Teko Teh Terbaik - Ditinjau oleh Tea Specialist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Teko Teh Terbaik - Ditinjau oleh Tea Specialist (Terbaru Tahun 2022)
    Teko teh sangat penting untuk menyeduh daun teh secara fresh. Saat ini banyak produk yang lucu dengan berbagai inovasi, mulai dari bentuk pegangannya hingga bahan pembuatannya. Produk teko yang populer saat ini umumnya menggunakan bahan resin dan kaca tahan panas.Kali ini kami akan membagikan rekomendasi teko teh terbaik dari berbagai merek, seperti Miniso, SANGO, SUJI, dan lainnya. Kami juga akan menjelaskan cara memilih teko teh yang bagus. Agar informasi untuk Anda makin lengkap, baca juga tips dari tea specialist, Bambang Laresolo.
    Peralatan makan & minum
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori