1. TOP
  2. >
  3. Peralatan dapur
  4. >
  5. Peralatan makan & minum
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Cutlery Set (Perlengkapan Makan) Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Cutlery Set (Perlengkapan Makan) Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Cutlery Set (Perlengkapan Makan) Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Cutlery Set (Perlengkapan Makan) Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Cutlery Set (Perlengkapan Makan) Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Cutlery Set (Perlengkapan Makan) Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Cutlery Set (Perlengkapan Makan) Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Set perlengkapan makan atau cutlery set adalah barang yang sering dipakai untuk keperluan sehari-hari. Selain untuk pribadi, cutlery set juga cocok untuk dijadikan hadiah. Dengan desain dan bahan yang beraneka ragam, mungkin Anda sedikit kebingungan saat hendak memilihnya.


Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih dan memberikan rekomendasi cutlery set terbaik. Anda akan menemukan beragam cutlery set berkualitas, seperti cutlery set INFORMA dan cutlery set Tupperware. Dengan set perlengkapan makan yang sesuai, acara makan pun akan jadi makin menyenangkan.

Diperbaharui 04-04-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Cara memilih cutlery set (perlengkapan makan)

Cutlery set bisa digunakan untuk menikmati hidangan secara lengkap, dari makanan pembuka sampai penutup. Berikut akan kami jelaskan terlebih dahulu cara memilihnya.

① Sesuaikan dengan tujuan penggunaannya

Ada banyak jenis cutlery set dengan ukuran dan nama yang bisa berbeda di setiap negara. Selain itu, ukuran cutlery set yang digunakan di Eropa atau Amerika biasanya berbeda dengan yang di Asia. Karena itu, terlepas dari namanya, Anda perlu memilih cutlery set sesuai tujuan penggunaan.

Dessert size, tepat untuk makan di rumah

Dessert size, tepat untuk makan di rumah

Untuk negara Asia seperti Indonesia, cutlery set yang pas adalah yang bertipe dessert size. Cutlery set yang terdiri dari dessert spoon, dessert fork, dan dessert knife sudah mencukupi untuk penggunaan di rumah.


Produk dessert size kebanyakan berukuran 18–22 cm. Orang Asia yang tangannya lebih kecil daripada orang Eropa atau Amerika pun tidak akan kesulitan saat menggunakannya. Meski ukurannya sedikit lebih kecil, Anda tetap bisa memakainya untuk menyantap makanan pembuka dan makanan utama. Bahkan, ada restoran yang menggunakan tipe ini saat menghidangkan course meals.


Selain itu, produk yang dilengkapi sendok teh dan garpu kue tentu akan makin fungsional ketika digunakan. Anda bisa menggunakannya untuk menyantap hidangan pembuka, hidangan penutup, dan acara minum teh.

Table size, partner terbaik untuk course meal

Table size, partner terbaik untuk course meal

Apakah Anda mencari cutlery set untuk course meal? Produk table size adalah pilihannya. Produk ini terdiri dari garpu ikan, pisau ikan, sendok sup, table spoon, table fork, dan table knife. Keenam item tersebut memungkinkan Anda memakan berbagai masakan daging, ikan, dan sup.


Produk table size kebanyakan berukuran 20–24 cm serta umum digunakan di Eropa dan Amerika. Ukurannya memang tergolong agak besar bagi kebanyakan orang Asia. Namun, produk table size masih cocok digunakan saat menikmati makan malam atau course meal. Toh, cutlery set khusus untuk makan malam juga hanya berukuran 25–27 cm.


Jika Anda sering menikmati makanan ala Barat atau course meal, cutlery set ini cocok untuk dipilih. Selain itu, produk ini juga tepat untuk Anda yang sering bepergian ke luar negeri. Tujuannya agar Anda terbiasa menggunakan alat makan dengan ukuran tersebut.

Mini size, pilihan pas untuk teatime

Mini size, pilihan pas untuk teatime

Untuk teatime, cutlery set berukuran mini adalah yang terbaik. Anda bisa memilih set yang isinya terdiri dari sendok kopi, sendok teh, dan garpu kue. Apabila Anda senang meminum kopi, pastikan cutlery set pilihan Anda dilengkapi sendok kopi. Sementara itu, bagi Anda penggemar teh, pilihlah cutlery set yang di dalamnya terdapat sendok teh.


Produk mini size umumnya berukuran ± 14 cm, cocok untuk menikmati kue, es krim, kopi, atau teh. Selain itu, ada juga produk yang berukuran 12 cm. Produk seperti ini pas digunakan bersama mangkuk kecil untuk memakan buah atau makanan manis lainnya.

② Pastikan isi setnya sesuai dengan jumlah pengguna

Pastikan isi setnya sesuai dengan jumlah pengguna

Penting untuk memilih cutlery set dengan isi sesuai jumlah pengguna. Untuk kegiatan makan harian, Anda bisa memilih produk yang jumlahnya sesuai dengan jumlah anggota keluarga atau penghuni rumah. 


Namun, jika Anda sering mengundang orang lain untuk makan bersama, tambahkan jumlahnya untuk 1–2 orang. Sementara itu, untuk teatime, Anda bisa memilih cutlery set yang jumlah setnya enam. Jumlah tersebut merupakan jumlah resmi cutlery set untuk teatime di seluruh dunia. 


Biasanya, ketika mengundang orang lain, pasangan orang tersebut pun akan datang. Jika orang tersebut mengajak orang tuanya juga, jumlah orang yang hadir pun pas menjadi enam orang. Atas dasar pemikiran tersebut, cutlery set untuk acara minum teh dibuat menjadi enam.

③ Cek karakteristik material yang digunakan

Bahan yang paling populer digunakan untuk set perlengkapan makan adalah perak, stainless steel, dan kayu. Mari perhatikan karakteristik masing-masing bahan sembari mempertimbangkan tujuan penggunaan dan hal yang ingin Anda utamakan.

Bahan stainless steel, tahan karat dan awet digunakan sehari-hari

Bahan stainless steel, tahan karat dan awet digunakan sehari-hari

Jika Anda mengutamakan kemudahan penggunaan dan perawatan, cutlery set berbahan stainless steel pantas dipertimbangkan. Stainless steel merupakan perpaduan antara logam kromium dan nikel yang dicampur dengan besi. Stainless steel bersifat antikarat dan memiliki ketahanan yang mumpuni terhadap korosi.


Dengan begitu, Anda tidak akan kesulitan untuk menjaga dan merawat tampilannya agar tetap cemerlang. Kebanyakan cutlery set yang dijual di Indonesia berbahan stainless steel dan memiliki harga relatif bersahabat.


Komposisi kromium dan nikel terkadang ditulis sebagai “18-8” atau “18-10”. Umumnya, makin tinggi angka ini, maka produk akan makin tahan karat dan makin baik ketahanannya terhadap korosi. Tentu saja produk dengan angka yang tinggi lebih terbatas jumlahnya dan lebih mahal. Namun, jika Anda berencana menggunakannya untuk kurun waktu lama, tidak ada salahnya memilih produk dengan angka tinggi.

Bahan perak, tampilannya sangat menawan dan mewah

Bahan perak, tampilannya sangat menawan dan mewah

Bagi Anda yang mengutamakan tampilan memukau dan kualitas bagus, produk berbahan perak (pure silver) pilihannya. Perak adalah bahan terbaik untuk peralatan makan cantik, yang dapat membuat nuansa meja makan makin mewah. Tidak hanya itu, nilai seninya pun tinggi dan terasa nyaman di lidah. Produk berbahan perak biasanya hanya digunakan di restoran atau hotel kelas atas.


Meski begitu, jika Anda jarang menggunakannya, warnanya akan menghitam. Jadi, peralatan berbahan perak disarankan untuk digunakan secara rutin. Jika Anda tidak sering menggunakannya, perawatan cutlery set berbahan perak bisa jadi terasa merepotkan. Selain itu, harga produk berbahan perak tergolong mahal sehingga lebih cocok dijadikan hadiah.


Namun, di dalam jajaran produk rekomendasi kali ini, kami tidak dapat mengulas produk cutlery set berbahan silver. Produk alat makan berbahan perak tergolong produk mewah sehingga masih sangat jarang dijual di EC sites.

Bahan kayu, nyaman digenggam dan menimbulkan kesan hangat

Bahan kayu, nyaman digenggam dan menimbulkan kesan hangat

Jika Anda mencari cutlery set yang nyaman digenggam, produk berbahan kayu adalah pilihan yang tepat. Berbeda dengan produk berbahan metal, cutlery set kayu tidak terasa dingin saat disentuh.


Daya hantar panas bahan kayu juga rendah sehingga Anda bisa menikmati makanan panas atau dingin dengan nyaman. Selain itu, cutlery set kayu pun akan menimbulkan nuansa hangat saat diletakkan di meja makan.


Sayangnya, kelemahan produk berbahan kayu adalah ketahanannya yang kurang baik. Apabila tidak dikeringkan sempurna setelah dicuci, jamur dan bau tak sedap bisa saja timbul. Jadi, setelah digunakan, pastikan Anda selalu mencuci dan mengeringkannya dengan baik.

④ Pertimbangkan merek terkenal bila hendak dijadikan hadiah

Pertimbangkan merek terkenal bila hendak dijadikan hadiah

Jika hendak dijadikan hadiah, misalnya hadiah pernikahan, pilihlah produk dengan mempertimbangkan mereknya. Sebagai contoh, salah satu merek dinner set yang bagus untuk dihadiahkan, yaitu IKEA atau Tanica. 


Selain itu, ada cutlery set Oxone yang juga dikenal sebagai merek alat makan yang bagus dan berkualitas baik. Apabila Anda menghadiahkan cutlery set berkualitas tinggi seperti ini, penerimanya pun tentu akan merasa senang.

10 Rekomendasi cutlery set (perlengkapan makan) terbaik

Sekarang, kami akan segera memberikan rekomendasi cutlery set atau set perlengkapan makan terbaik. Kebanyakan rekomendasi yang kami berikan merupakan tipe dessert size agar sesuai dengan ukuran tangan orang Indonesia. Mari pilih produk yang paling Anda sukai!
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

INFORMA

Appetite Hugo Set Alat Makan

INFORMA Appetite Hugo Set Alat Makan 1枚目

Rak dan tutupnya menjaga peralatan makan tetap bersih

2

IKEA

KALAS Cutlery Set

IKEA KALAS Cutlery Set 1枚目

Pinggiran membulat, lebih aman digunakan oleh balita Anda

3

Tupperware

Portable Chopstick Set

Tupperware Portable Chopstick Set 1枚目

Bahannya plastik, mudah dibawa ke mana-mana karena ringan

4

MINISO

Cactus Travel Cutlery Set

MINISO Cactus Travel Cutlery Set 1枚目

Compact, siap menemani aktivitas traveling Anda

5

Tanica

Deli Sendok Garpu

Tanica Deli Sendok Garpu 1枚目

Super awet, bahkan tahan hingga sepuluh tahun!

6

IKEA

TILLAGD Cutlery Set

IKEA TILLAGD Cutlery Set 1枚目

Bebas repot, cutlery set tidak perlu dipoles meski digunakan untuk waktu lama

7

Joseph Joseph

GoEat On-the-go Cutlery Set

Joseph Joseph GoEat On-the-go Cutlery Set 1枚目

Alat makan tidak berceceran berkat magnetic handle dan silicone case

8

Oxone Indonesia

Cube Set Sendok Garpu

Oxone Indonesia Cube Set Sendok Garpu  1枚目

Sepaket dengan rak cantik yang fungsional, mudah dibawa pula!

9

Nanauniquestore

Tabee Gading Spoon Large

Nanauniquestore Tabee Gading Spoon Large 1枚目

Tampil unik dengan cutlery set berbentuk ikan

10

Mendekor

Set Alat Makan Kayu

Mendekor Set Alat Makan Kayu 1枚目

Kuatkan nuansa oriental dalam ruangan

Perincian produk
Close
No.1

INFORMAAppetite Hugo Set Alat Makan

Mulai dari Rp300.000,00

Rak dan tutupnya menjaga peralatan makan tetap bersih

Tak perlu ragu memilih produk ini bila Anda ingin setiap peralatan makan senantiasa bersih. Ketika membeli produk ini, Anda akan memperoleh peralatan makan sekaligus rak dengan handle dan penutup. Dengan begitu, peralatan makan yang disimpan pun terlindungi dari debu, cipratan air, dan sebagainya. Peralatan makan tetap bersih, makan pun makin tenang!

No.2

IKEAKALAS Cutlery Set003.786.72

Mulai dari Rp24.900,00

Pinggiran membulat, lebih aman digunakan oleh balita Anda

Apabila Anda memiliki balita yang sedang belajar untuk makan sendiri, produk ini wajib masuk dalam daftar belanja Anda. Cutlery set IKEA ini aman digunakan oleh balita Anda karena terbuat dari bahan plastik. Pinggiranya berbentuk membulat dan tidak tajam sehingga mengurangi risiko produk melukai kulit anak.


Untuk satu set produk ini, Anda akan mendapatkan enam pasang sendok, garpu, dan pisau dalam berbagai warna. Dengan isi sebanyak itu, Anda tidak perlu merogoh kocek yang dalam untuk membeli cutlery set ini.

No.3

TupperwarePortable Chopstick Set

Mulai dari Rp99.000,00

Bahannya plastik, mudah dibawa ke mana-mana karena ringan

Cutlery set Tupperware ini sangat pas Anda pilih untuk mendampingi bekal anak saat hendak ke sekolah. Selain ringan karena bahannya terbuat dari plastik, produk ini juga mudah digunakan. Anak Anda cukup menggabungkan kedua bagiannya saat hendak memakainya untuk menyantap bekal makan siang. Menariknya lagi, produk ini juga dilengkapi dengan tempat penyimpanan sehingga dapat tersusun rapi.

No.4

MINISOCactus Travel Cutlery Set

Mulai dari Rp49.900,00

Compact, siap menemani aktivitas traveling Anda

Jika Anda senang melakukan traveling, produk yang satu ini tidak boleh Anda lewatkan. Cutlery set MINISO ini sangat pas untuk menemani aktivitas traveling Anda karena ukurannya yang compact. Terlebih lagi, dimensinya hanya sebesar 16 cm x 7 cm x 2,5 cm. 


Pada saat Anda membawanya, produk ini tidak akan tercecer karena sudah dilengkapi dengan tempat serta penutupnya. Jadi, cutlery set Anda tetap akan higienis. Produk ini boleh dibersihkan dengan mesin pencuci piring. Di sisi lain, ia tidak boleh dimasukkan ke microwave karena bagian pegangannya terbuat dari plastik yang bisa meleleh.

No.5

TanicaDeli Sendok Garpu

Mulai dari Rp168.000,00

Super awet, bahkan tahan hingga sepuluh tahun!

Karena dibuat menggunakan material prime grade, produk ini memiliki ketahanan dan kualitas yang tidak perlu diragukan lagi. Tidak hanya aman dicuci menggunakan dishwasher, produk ini juga digaransi akan tetap kuat bahkan hingga sepuluh tahun! Untuk Anda yang mengutamakan durability, tentu cutlery set stainless steel ini adalah salah satu pilihan yang tepat.
No.6

IKEATILLAGD Cutlery Set103.501.06

Mulai dari Rp799.000,00

Bebas repot, cutlery set tidak perlu dipoles meski digunakan untuk waktu lama

Cutlery set yang berwarna perak perlu mendapatkan perawatan secara rutin seperti dipoles agar tetap terlihat cantik. Namun, dengan memilih produk ini, Anda tidak perlu repot untuk memolesnya walaupun sudah digunakan untuk waktu lama. 


Hal ini karena bahan stainless steel yang digunakan sudah mengalami proses metallized. Sebagai tambahan, menurut penelitian sendok hitam dapat meningkatkan kelezatan saat Anda menikmati yoghurt berwarna pink.

No.7

Joseph JosephGoEat On-the-go Cutlery Set

Mulai dari Rp406.000,00

Alat makan tidak berceceran berkat magnetic handle dan silicone case

Adanya silicone case membuat cutlery set travel ini tetap higienis ke mana pun Anda bawa. Dilengkapi magnetic handle, seluruh peralatan makannya akan menempel erat satu sama lain sehingga tidak menyita tempat saat disimpan. 

Selain itu, karena saling menempel alat makan pun menjadi tidak berceceran. Anda senang bepergian atau mencari cutlery set yang mudah dibawa lebih praktis saat hendak digunakan? Produk inilah pilihan terbaik!

No.8

Oxone IndonesiaCube Set Sendok Garpu OX5100

Mulai dari Rp311.200,00

Sepaket dengan rak cantik yang fungsional, mudah dibawa pula!

Adanya rak membuat seluruh peralatan makan bisa Anda simpan secara terpisah berdasarkan kategori dengan rapi. Tidak hanya itu, desain raknya pun menarik dan senada dengan peralatan makan sehingga mampu mempercantik meja makan. Apabila Anda mencari cutlery set fungsional yang dapat membuat meja makan terlihat lebih atraktif, produk ini pilihan tepat.
No.9

NanauniquestoreTabee Gading Spoon LargeNQ1527

Mulai dari Rp55.000,00

Tampil unik dengan cutlery set berbentuk ikan

Kombinasi material kayu plus warna cokelat membuat produk ini mampu menimbulkan kesan warm saat diletakkan di meja makan. Tidak hanya itu, bentuknya yang menyerupai ikan pun membuat produk ini makin unik dan pantas dikoleksi. Bagi Anda penggemar barang-barang bermanfaat dengan desain istimewa, segera miliki produk ini!
No.10

MendekorSet Alat Makan Kayu

Mulai dari Rp39.900,00

Kuatkan nuansa oriental dalam ruangan

Warna cokelat gelap plus hiasan di gagang membuat produk ini mampu menghadirkan atmosfer ruang makan khas Asia Timur. Hadir dengan kain pembungkus berpola geometris, Anda pun tidak akan kesulitan memadukannya tampilannya dengan alat makan lain. Tentu produk ini patut diperhitungkan jika Anda ingin menikmati suasana oriental yang cozy saat makan.

Baca juga rekomendasi berbagai peralatan makan lainnya di sini

Di samping cutlery set, banyak juga peralatan makan lainnya yang juga fungsional. Sebagai contoh adalah mangkuk tahan panas, pisau set, dan sendok kopi. Anda bisa membaca lebih jauh pada artikel kami di bawah ini. Pssst, kami juga sertakan artikel tempat makan untuk bayi, lho. Mari simak selengkapnya!

Kesimpulan

Bagaimana pendapat Anda setelah membaca rekomendasi kami? Set perlengkapan makan memang digunakan untuk makan. Namun, dengan set perlengkapan makan yang menarik, suasana makan pun akan terasa lebih berwarna.


Jadi, mari cek terlebih dahulu material, ukuran, dan jumlah isi set perlengkapan makan pilihan Anda. Temukan produk yang tepat dan nikmatilah suasana makan yang menyenangkan bersama orang terkasih!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer