• 10 Rekomendasi Pelindung Layar iPhone Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Pelindung Layar iPhone Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Pelindung Layar iPhone Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Pelindung Layar iPhone Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Pelindung Layar iPhone Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Pelindung Layar iPhone Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Saat ini, pelindung layar iPhone telah banyak dijual, baik yang berbahan plastik, hidrogel, maupun tempered glass. Merek-merek, seperti ZIFRIEND, RhinoShield, atau Nillkin pun berlomba-lomba mengeluarkan produk yang menarik perhatian pembeli. Namun, dari sekian banyak produk di pasaran, manakah yang terbaik?


Untuk dapat menjawab pertanyaan di atas, Anda perlu menyimak tips memilih antigores yang bagus untuk iPhone. Jangan lewatkan juga berbagai produk untuk iPhone 6 sampai 13 yang akan kami rekomendasikan di sini. Baca selengkapnya dan temukan produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda, ya!

  • Pembaharuan terakhir: 16 Januari 2022
Daftar isi

Cara memilih pelindung layar iPhone

Dilihat dari bahan dan fungsinya, terdapat berbagai macam pelindung layar untuk iPhone yang dijual di pasaran. Agar tidak salah pilih, berikut ini kami bagikan informasi cara memilih pelindung layar iPhone yang tepat.

Pilih berdasarkan tampilan layarnya

Pelindung layar iPhone dapat dibagi dua berdasarkan tampilannya, yaitu glossy dan anti-glare. Yuk, langsung scroll ke untuk membaca penjelasan lengkap dari masing-masing tampilan.

Tipe glossy: Cocok untuk menikmati gambar dan video

Tipe glossy memiliki tampilan layar yang cenderung bening, bertransparansi tinggi, dan mengilap. Oleh karena itu, tipe ini cocok digunakan untuk melindungi sekaligus memelihara kejernihan layar ponsel Anda. 


Jika Anda menginginkan gambar, video, atau animasi dalam games terlihat lebih jelas, tipe ini memang pas dipilih. Namun, Anda harus berhati-hati karena tipe glossy dapat membuat layar menjadi gelap saat berada di bawah cahaya.

Tipe anti-glare: Cocok untuk pemakaian di luar ruangan

Tipe anti-glare: Cocok untuk pemakaian di luar ruangan

Berkebalikan dengan tipe sebelumnya, anti-glare memiliki tingkat transparansi rendah sehingga membuat layar iPhone terlihat buram. Namun, hal itu justru dapat menekan pantulan cahaya. Dengan begitu, tipe ini sangat cocok untuk Anda yang sering berada di luar ruangan pada siang hari. 


Sebagai tambahan, tipe anti-glare ini lebih mudah pengoperasiannya karena terasa halus saat digeser menggunakan jari. Bagi Anda pencinta games yang membutuhkan kecepatan jari, tipe ini adalah pilihan tepat.

Ketahui karakteristik bahan pelindung layar

Terdapat tiga jenis bahan untuk pelindung layar iPhone, yaitu plastik, tempered glass, dan hidrogel. Tentunya ketiga bahan tersebut memiliki karakteristik yang berbeda. Agar Anda tidak kebingungan, bacalah penjelasan berikut ini.

Plastik: Tipis dan bisa dipadukan dengan casing

Plastik: Tipis dan bisa dipadukan dengan casing

Pelindung plastik yang dijual di pasaran kebanyakan menggunakan material PET atau polyethylene terephthalate. Dilihat dari ketebalan dan teksturnya, pelindung dari plastik lebih tipis dan lentur daripada tempered glass. Karena tipis, pelindung ini cocok dipadukan dengan casing untuk melindungi ponsel.


Untuk kerusakan kecil yang disebabkan oleh pemakaian sehari-hari, pelindung berbahan plastik masih terbilang cukup mumpuni. Namun, pelindung ini lemah terhadap guncangan dan gesekan yang keras


Jika Anda termasuk sering menjatuhkan ponsel secara tidak sengaja, pelindung seperti ini tidak kami rekomendasikan. Begitu pula dengan Anda yang sering berada di luar ruangan. Hal ini karena pelindung berbahan plastik dapat berkurang daya rekatnya apabila terlalu sering terpapar sinar matahari.

Tempered glass: Bisa diandalkan untuk mencegah layar retak akibat benturan

Tempered glass: Bisa diandalkan untuk mencegah layar retak akibat benturan

Tempered glass atau kaca antigores terbuat dari bahan kaca yang sangat tipis. Meskipun tipis, kaca ini sudah melalui proses khusus yang membuatnya lebih kuat dari kaca pada umumnya. Itu sebabnya, tempered glass tahan terhadap goresan dan dapat mencegah keretakan akibat benturan biasa atau keras sekalipun.


Tempered glass memang umumnya dijual dengan harga lebih tinggi daripada pelindung plastik. Namun, karena bahannya kuat, tempered glass menjadi bahan pelindung layar yang paling mendominasi pasaran saat ini. Sebaliknya, pelindung layar dari bahan lainnya lebih jarang ditemukan.

Anda juga dapat menyimak rekomendasi tempered glass untuk iPhone secara lebih mendalam melalui link berikut ini. 

Hidrogel: Lentur dan cocok untuk ponsel bertepi melengkung

Hidrogel: Lentur dan cocok untuk ponsel bertepi melengkung

Hidrogel adalah bahan pelindung yang terbuat dari campuran plastik dan karet gel. Bahan hidrogel paling lentur di antara bahan-bahan lainnya sehingga cocok dipasang di layar ponsel yang tepinya melengkung. Selain itu, saat permukaan hidrogel tergores, layar dapat menjadi mulus kembali setelah beberapa waktu


Fungsi utama hidrogel adalah untuk menahan goresan akibat penggunaan sehari-hari. Namun, bahan ini tidak cukup keras sehingga tidak dapat bekerja maksimal untuk melindungi layar dari keretakan. Meskipun begitu, pelindung hidrogel membuat iPhone lebih sensitif terhadap sentuhan karena bahannya tipis.

Periksa daya tahan dan kekuatan pelindung layar

Selanjutnya, Anda juga perlu memeriksa daya tahan serta kekuatan dari pelindung layar yang akan dipilih. Cara mengetahui daya tahan dari layar pelindung adalah dengan mengecek kode yang ada pada kemasan. 3H, 5H, dan 9H merupakan beberapa contoh tingkatan untuk kekuatan pelindung layar. 


9H merupakan kode yang digunakan untuk menunjukkan tingkat ketahanan yang paling tinggi. Sementara itu, sebagai perbandingan, kekerasan kuku manusia adalah sekitar 2H. Jadi, screen guard dengan tingkat ketahanan lebih dari 2H cukup tangguh mencegah lecet akibat tergores kuku saat scrolling.

Perhatikan kelebihan lainnya

Beberapa pelindung layar iPhone memiliki berbagai macam kelebihan tambahan, seperti dustproof, anti-spyanti-blue light, ataupun anti-fingerprint. Tiap-tiap kelebihan tersebut tentu saja memiliki manfaat tersendiri. Apa saja itu? Yuk, cari tahu jawabannya di bawah ini.

Dustproof atau anti-fingerprint: Untuk Anda yang memprioritaskan kebersihan

Dustproof atau anti-fingerprint: Untuk Anda yang memprioritaskan kebersihan

Nah, untuk Anda yang menyukai kebersihan, kami menyarankan untuk menggunakan pelindung layar yang dustproof atau anti-fingerprint. Dengan fungsi tersebut, layar ponsel Anda dapat terlindungi dari kotoran, seperti debu, minyak, ataupun sidik jari. 


Jika layar terlihat bernoda, Anda tinggal usap bagian yang kotor dan layar pun langsung bersih seketika! Bukan hanya itu, fungsi ini juga dapat membuat tampilan layar menjadi lebih mengilap.

Anti-spy: Untuk privasi yang lebih terjaga

Anti-spy: Untuk privasi yang lebih terjaga

Selanjutnya, apabila Anda sering berada di tempat umum dan ramai, fitur anti-spy tentu akan berguna. Kelebihan ini akan membuat layar sulit dilihat dari arah samping meskipun hanya sekilas. Alhasil, Anda dapat mengakses iPhone dengan tenang tanpa perlu khawatir orang lain mengintip isi layar ponsel Anda.

Anti-blue light: Untuk mata yang lebih sehat

Anti-blue light: Untuk mata yang lebih sehat

Jika Anda mengutamakan kesehatan mata, pilihlah produk yang dilengkapi anti-blue light ini. Pasalnya, keberadaan anti-blue light akan mengurangi sinar biru yang dipancarkan oleh gadget. Apabila memungkinkan, pilihlah yang perlindungannya mencapai 80% atau lebih. Dengan begitu, mata Anda akan lebih terlindungi dan tidak mudah merasa lelah.

10 Rekomendasi pelindung layar iPhone terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk pelindung layar iPhone terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10

RhinoShield9H Tempered Glass Protector

Mulai dari Rp 375.000,00

Tipe tampilanGlossy
BahanTempered glass
Ketebalan0,65 mm
Daya tahan 9H
Dustproof/anti-fingerprint
Anti-spy×
Anti-blue light×
Seri iPhone yang didukung6 series, 7/7+, 8, 8+, X, XS, XR, XS Max, 11 series, 12 series, 13 series
9

NillkinAmazing 3D AP+ Max Privacy Tempered Glass Screen Protector

Mulai dari Rp 336.674,00

Tipe tampilanAnti-glare
BahanTempered glass
Ketebalan0,33 mm
Daya tahan 9H
Dustproof/anti-fingerprint
Anti-spy
Anti-blue light×
Seri iPhone yang didukung7/8, 7+/8+, X, XS, XR, XS Max, 11 series
8

ZIFRIENDPremium 3D Full Cover Glass with Easy Applicator

Mulai dari Rp 85.000,00

Tipe tampilanGlossy
BahanTempered Glass
KetebalanTidak disebutkan
Daya tahan 9H
Dustproof/anti-fingerprint
Anti-spy×
Anti-blue light×
Seri iPhone yang didukungX, XS, XS Max, XR, 6 series, 7/8, 7/8+, 11 series, 12 series, 13 series
7

LPHD Hydrogel Screen Guard iPhone

Mulai dari Rp 75.000,00

Tipe tampilanGlossy
BahanHidrogel
KetebalanTidak disebutkan
Daya tahan Tidak disebutkan
Dustproof/anti-fingerprint
Anti-spy×
Anti-blue light×
Seri iPhone yang didukung5/5s/SE, 7/8, 7/8+, X, XS, XR, 11 series, 12 series, 13 series
6

iscreen Super Clear with Hydrophobic Coating

Mulai dari Rp 15.000,00

Tipe tampilanGlossy
BahanPlastik
KetebalanTidak disebutkan
Daya tahan 3H
Dustproof/anti-fingerprint×
Anti-spy×
Anti-blue light×
Seri iPhone yang didukung5, 6 series, 7/7+, 8/8+, SE, X/XS, XR, XS Max, 11 series, 12 series
5

RingkeScreen Protector | Dual Easy Film

Mulai dari Rp 199.000,00

Tipe tampilanGlossy, anti-glare
BahanPlastik
KetebalanTidak disebutkan
Daya tahan 9H
Dustproof/anti-fingerprint
Anti-spy×
Anti-blue light×
Seri iPhone yang didukungXS, XR, XS Max, 11 series, 13 series
4

IndoscreenAnti Break with Hydrophobic Coating Screen Protector Film

Mulai dari Rp 45.000,00

Tipe tampilanGlossy
BahanHidrogel
KetebalanTidak disebutkan
Daya tahan 5H
Dustproof/anti-fingerprint
Anti-spy×
Anti-blue light×
Seri iPhone yang didukung5/5s, 6 series, 7/8, 7/8+, SE, X/XS, XR, XS Max, 11 series, 12 series, 13 series
3

Mocolo3D Full Screen Cover Tempered Glass Ultrathin

Mulai dari Rp 60.000,00

Tipe tampilanGlossy
BahanTempered glass
Ketebalan0,26 mm
Daya tahan 9H
Dustproof/anti-fingerprint
Anti-spy×
Anti-blue light×
Seri iPhone yang didukungX/XS, XR, XS Max, 11 series
2

COPPERTempered Glass Full Glue

Mulai dari Rp 100.000,00

Tipe tampilanAnti-glare
BahanTempered glass
Ketebalan0,3 mm
Daya tahan 9H
Dustproof/anti-fingerprint
Anti-spy
Anti-blue light×
Seri iPhone yang didukung6+/6s+, 7+, 8+, X, XS, XR, XS Max, 11series, 12 series, 13 series
1

CAFELEMax 4D Tempered Glass Full Cover

Mulai dari Rp 70.000,00

Tipe tampilanGlossy
BahanTempered glass
Ketebalan0,2 mm
Daya tahan 9H
Dustproof/anti-fingerprint
Anti-spy×
Anti-blue light
Seri iPhone yang didukungX, XS, XR, XS Max, 11 series, 12 series, 13 series

Tabel perbandingan produk pelindung layar iPhone terbaik

Gambar produk
1
CAFELE Max 4D Tempered Glass Full Cover 1

CAFELE

2
COPPER Tempered Glass Full Glue 1

COPPER

3
Mocolo 3D Full Screen Cover Tempered Glass Ultrathin 1

Mocolo

4
Indoscreen Anti Break with Hydrophobic Coating Screen Protector Film 1

Indoscreen

5
Ringke Screen Protector | Dual Easy Film 1

Ringke

6
iscreen  Super Clear with Hydrophobic Coating 1

iscreen

7
LP HD Hydrogel Screen Guard iPhone 1

LP

8
ZIFRIEND Premium 3D Full Cover Glass with Easy Applicator 1

ZIFRIEND

9
Nillkin Amazing 3D AP+ Max Privacy Tempered Glass Screen Protector 1

Nillkin

10
RhinoShield 9H Tempered Glass Protector 1

RhinoShield

Nama produk

Max 4D Tempered Glass Full Cover

Tempered Glass Full Glue

3D Full Screen Cover Tempered Glass Ultrathin

Anti Break with Hydrophobic Coating Screen Protector Film

Screen Protector | Dual Easy Film

Super Clear with Hydrophobic Coating

HD Hydrogel Screen Guard iPhone

Premium 3D Full Cover Glass with Easy Applicator

Amazing 3D AP+ Max Privacy Tempered Glass Screen Protector

9H Tempered Glass Protector

Keunggulan

Dilengkapi Dustproof Tight Protection, selamat tinggal debu

Kemampuan anti-shattered untuk perlindungan ekstra

Tampilan layar tetap jernih dengan teknologi high transparency

Tidak perlu takut terciprat karena dilapisi bahan hydrophobic

Teknologi Auto Dust Removal lenyapkan kotoran saat pemasangan

Harganya terjangkau, cocok dipadukan dengan casing handphone

Goresan akan hilang dalam 48 jam berkat bahan hidrogelnya

Ekspres, cukup 5 detik saja dan ponsel Anda pun sudah terlindungi!

Layar terlindungi, privasi pun terjaga!

Layar ponsel tetap aman dalam tas meski tergores kunci atau benda tajam

Harga mulai dariRp 70.000,00Rp 100.000,00Rp 60.000,00Rp 45.000,00Rp 199.000,00Rp 15.000,00Rp 75.000,00Rp 85.000,00Rp 336.674,00Rp 375.000,00
Tipe tampilanGlossyAnti-glareGlossyGlossyGlossy, anti-glareGlossyGlossyGlossyAnti-glareGlossy
BahanTempered glassTempered glassTempered glassHidrogel PlastikPlastik HidrogelTempered GlassTempered glassTempered glass
Ketebalan0,2 mm0,3 mm0,26 mmTidak disebutkanTidak disebutkan Tidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkan0,33 mm0,65 mm
Daya tahan 9H9H9H5H9H3HTidak disebutkan9H9H9H
Dustproof/anti-fingerprint×
Anti-spy××××××××
Anti-blue light×××××××××
Seri iPhone yang didukungX, XS, XR, XS Max, 11 series, 12 series, 13 series6+/6s+, 7+, 8+, X, XS, XR, XS Max, 11series, 12 series, 13 seriesX/XS, XR, XS Max, 11 series5/5s, 6 series, 7/8, 7/8+, SE, X/XS, XR, XS Max, 11 series, 12 series, 13 seriesXS, XR, XS Max, 11 series, 13 series5, 6 series, 7/7+, 8/8+, SE, X/XS, XR, XS Max, 11 series, 12 series5/5s/SE, 7/8, 7/8+, X, XS, XR, 11 series, 12 series, 13 seriesX, XS, XS Max, XR, 6 series, 7/8, 7/8+, 11 series, 12 series, 13 series7/8, 7+/8+, X, XS, XR, XS Max, 11 series6 series, 7/7+, 8, 8+, X, XS, XR, XS Max, 11 series, 12 series, 13 series
Tautan produk

Baca juga rekomendasi aksesori iPhone lainnya di sini

Setelah memilih pelindung layar untuk iPhone Anda, kini saatnya memilih aksesori pelengkap lainnya. Jika Anda sedang mencari aksesori iPhone yang lain, baca juga rekomendasi kami di bawah ini, ya. Temukan yang sesuai dengan kebutuhan agar iPhone Anda makin nyaman digunakan!

Kesimpulan

Kami sudah membagikan informasi mengenai pelindung layar iPhone. Bagaimana menurut Anda? Apakah produk ini layak dimiliki? Jika layar iPhone rusak, Anda mungkin akan membayar mahal untuk memperbaikinya. Namun, dengan adanya pelindung layar, kini Anda tidak perlu khawatir lagi. 


Meskipun begitu, Anda tetap harus menjaga ponsel dengan baik, ya. Bila perlu, pilih pelindung layar dengan fungsi tambahan untuk meningkatkan kenyamanan saat menggunakan iPhone. Nah, selamat memilih!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Power Bank Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Power Bank Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Power bank merupakan baterai portabel yang berfungsi mengisi daya smartphone tanpa memerlukan stopkontak. Dengan menggunakan power bank, Anda dapat menonton video dan bermain game saat bepergian. Power bank merk Xiaomi, Samsung, Anker, dan lainnya menawarkan spesifikasi yang berbeda-beda. Hal tersebut membuat harga power bank menjadi variatif.Kali ini, kami akan membahas cara memilih power bank. Kami juga akan memberikan rekomendasi power bank yang bagus, berkualitas terbaik, dan dijual secara online. Power bank MOFIT, BASIKE, power bank 10.000 mAh, bahkan 50.000 mAh bisa Anda temukan. Selamat membaca!
    Aksesori handphone & tablet
  • 10 Rekomendasi In-Ear Headphone Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi In-Ear Headphone Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Bagi banyak orang, mendengarkan musik adalah opsi menarik untuk mengisi waktu luang. Salah satunya dengan menggunakan smartphone yang disambungkan ke in-ear headphone atau disebut juga earphone. Oleh sebab itu, in-ear headphone menjadi produk penting bagi mereka yang hobi mendengarkan musik melalui smartphone.Berbagai produk in-ear headphone dari brand ternama seperti Sony, Philips, dan JBL berlomba menarik konsumen dengan fitur yang diberikan. Namun, seperti apa kriteria memilih produk yang tepat? Untuk membantu Anda, kami akan memberi tips dalam memilih in-ear headphone yang tepat beserta rekomendasi produk terbaik.
    Aksesori handphone & tablet
  • 10 Rekomendasi Wireless Earbuds Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Wireless Earbuds Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Setelah headphones dan earphones, sekarang muncul wireless earbuds. Wireless earbuds adalah perangkat audio tanpa kabel yang memungkinkan Anda untuk bergerak leluasa saat memakainya. Berbagai merek, seperti Bose, Sony, JBL, Samsung, Rexus, Jabra, Apple, sampai Xiaomi, berlomba-lomba meluncurkan wireless earbuds terbaiknya.Berbagai produk yang ditawarkan mungkin membuat Anda cukup kesulitan memilih produk yang cocok untuk digunakan. Tak perlu bingung karena kami akan memberikan tips memilih wireless earbuds. Temukan juga beragam wireless earbuds no delay terbaik serta dijual dengan harga murah, tetapi tetap bagus kualitasnya. Selamat membaca!
    Aksesori handphone & tablet
  • 10 Earphone Bluetooth Terbaik - Ditinjau oleh Audio Enthusiast (Terbaru Tahun 2021)
    10 Earphone Bluetooth Terbaik - Ditinjau oleh Audio Enthusiast (Terbaru Tahun 2021)
    Earphone Bluetooth membuat Anda bisa mendengarkan musik secara nyaman dan lebih bebas tanpa adanya kabel yang mengganggu. Meski begitu, terdapat beberapa kekhawatiran yang muncul, misalnya kualitas suara yang buruk, koneksi tidak stabil, dan tidak cocok dengan bentuk telinga. Ada beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan sebelum membeli earphone Bluetooth. Dalam artikel ini, kami akan mengulas cara memilih earphone Bluetooth yang bagus. Kami juga akan merekomendasikan sepuluh produk terbaik, mulai dari merek Apple, JBL, hingga SoundPEATS. Artikel ini sudah ditinjau oleh audio enthusiast kami, Joshua Pandu. Simak artikel ini hingga tuntas!
    Aksesori handphone & tablet
  • 10 Rekomendasi Tempered Glass (Kaca Anti Gores) Terbaik untuk iPhone (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Tempered Glass (Kaca Anti Gores) Terbaik untuk iPhone (Terbaru Tahun 2022)
    Tempered glass atau kaca antigores merupakan pelindung layar handphone yang terbuat dari kaca. Fungsinya untuk melindungi layar handphone agar tidak tergores ataupun pecah. Saat handphone tidak sengaja terjatuh, biasanya bagian yang retak adalah tempered glass yang menempel di layar handphone.Kami kali ini akan membahas tentang tempered glass khusus iPhone. Ada beberapa jenis tempered glass yang bagus dari merek Spigen, Otterbox, Nillkin, dan Mocolo. Kami akan memberikan tips memilih tempered glass terbaik agar Anda tidak salah pilih. Yuk, langsung saja simak artikel ini!
    Aksesori handphone & tablet
  • 10 Rekomendasi Speaker Pasif Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Speaker Pasif Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Speaker pasif menjadi perangkat yang Anda perlukan untuk melengkapi sound system agar mendapatkan kualitas audio lebih optimal. Dengan demikian, Anda dapat mendengarkan musik atau menonton film seperti halnya saat Anda berada di bioskop. Di pasaran, Anda akan menemukan berbagai merek terkenal, seperti speaker pasif Polytron, Edifier, harman/kardon, dan sebagainya. Untuk mendapatkan produk yang bagus, Anda perlu mengetahui cara memilih speaker pasif, bukan? Di sini, kami juga akan merekomendasikan sepuluh speaker pasif terbaik untuk Anda. Dengan begitu, Anda dapat menikmati kualitas audio yang mantap dari produk pilihan Anda.
    Aksesori handphone & tablet
  • 10 Rekomendasi USB Type C Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi USB Type C Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Saat ini, USB Type-C menjadi salah satu konektor populer dan digunakan pada perangkat elektronik. Hal ini karena banyak smartphone yang mengganti port-nya dari micro USB menjadi USB Type-C. Perangkat yang kompatibel dengan smartphone, seperti PC dan laptop pun kemudian dilengkapi dengan port USB Type-C.Ada banyak perusahaan elektronik yang memproduksi USB Type-C, seperti AUKEY, Anker, Xiaomi, dan lainnya. Kali ini, kami akan mengulas hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli USB Type-C. Kami juga akan memberikan rekomendasi produk yang bisa menjadi pertimbangan Anda. Selamat membaca!
    Aksesori handphone & tablet
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori