• 10 Rekomendasi Detergen Bebas Bahan Aditif Terbaik untuk Pakaian Bayi (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Detergen Bebas Bahan Aditif Terbaik untuk Pakaian Bayi (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Detergen Bebas Bahan Aditif Terbaik untuk Pakaian Bayi (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Detergen Bebas Bahan Aditif Terbaik untuk Pakaian Bayi (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Detergen Bebas Bahan Aditif Terbaik untuk Pakaian Bayi (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Detergen Bebas Bahan Aditif Terbaik untuk Pakaian Bayi (Terbaru Tahun 2020)

Detergen khusus pakaian bayi adalah pilihan terbaik untuk membersihkan pakaian dan kain yang menempel pada kulit bayi Anda. Selain itu, formulanya cocok untuk ibu yang baru melahirkan, serta orang dewasa yang berkulit sensitif. Namun, takaran penggunaan dan komposisi detergen bayi bervariasi pada setiap produsen. Anda mungkin jadi bingung dalam memilih.


Untuk memudahkan Anda, kami akan memberikan informasi cara memilih detergen pakaian bayi. Setelah itu, kami juga telah menyiapkan sepuluh rekomendasi produk terbaik dari merek terkenal, seperti Pigeon, Sleek, Buds Organics, Cussons, dan sebagainya. Jadi, simak ulasan kami sampai akhir ya!

  • Pembaharuan terakhir: 15 April 2020
  • 18.564 Views
Daftar isi

Apakah Anda memerlukan detergen untuk pakaian bayi?

Apakah Anda memerlukan detergen untuk pakaian bayi?

Apakah Anda mencuci baju bayi, handuk bayi, atau pakaian dalam dengan detergen biasa? Jika iya, pertimbangkanlah kembali. Bayi memiliki kulit yang setengah kali lebih tipis dibandingkan kulit orang dewasa sehingga mudah kering. Lapisan pelindung kulit bayi juga lebih lemah daripada kulit orang dewasa. Karena itu, kulit bayi akan lebih mudah mengalami iritasi dan menjadi kasar bila pakaiannya dicuci dengan detergen biasa. Selain itu, keringat, sebum, sisa susu yang menempel, dan kotoran lainnya dapat memicu timbulnya masalah kulit pada bayi.


Pada dasarnya, tidak ada aturan khusus mengenai penggunaan detergen khusus pakaian bayi. Namun, kami menyarankan Anda menggunakannya sejak bayi Anda lahir hingga berusia satu tahun. Setelah itu, bila bayi Anda tidak memiliki masalah kulit, Anda dapat mencoba mencuci dengan detergen biasa. Tentu saja Anda tetap harus memperhatikan kondisi kulit bayi. Jika Anda khawatir, Anda bisa memperpanjang jangka waktu penggunaan detergen pakaian bayi.


Untuk melindungi kulit bayi Anda yang berharga, mulailah mencuci pakaian bayi dengan detergen khusus yang bebas zat aditif.

Cara memilih detergen bebas bahan aditif untuk pakaian bayi

Berikutnya, kami akan memberi tips memilih detergen bebas bahan aditif yang cocok untuk bayi Anda. Gunakanlah beberapa poin di bawah ini sebagai panduan dalam memilih. Selamat menyimak!

Pilih jenis detergen berdasarkan fungsinya

Pilih jenis detergen berdasarkan fungsinya

Ada dua jenis detergen bebas bahan aditif untuk pakaian bayi yaitu detergen bubuk dan detergen cair. Namun, kami lebih merekomendasikan detergen cair karena cocok untuk mesin cuci tipe satu tabung. Selain itu, detergen jenis cair memiliki sisa residu yang lebih sedikit sehingga dapat mengurangi risiko iritasi pada kulit bayi. 


Selain itu, detergen cair lebih praktis karena Anda lebih mudah menentukan takarannya. Jadi, Anda bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan sehingga akan meringankan pekerjaan. Detergen cair akan cocok untuk ibu-ibu yang baru melahirkan atau yang bayinya kerap menangis saat malam hari.


Namun, pilihlah detergen bubuk apabila Anda ingin produk yang memiliki kekuatan pembersih lebih tinggi. Detergen bubuk umumnya memiliki formula basa yang lemah sehingga lebih efektif membersihkan sebum dan kotoran berbau menyengat. Oleh karena itu, ideal bagi Anda yang memiliki bayi aktif dan mulai mengonsumsi makanan pendamping. 


Sebenarnya, detergen bubuk memiliki harga yang relatif lebih murah dibandingkan detergen cair sehingga Anda dapat lebih hemat. Namun, apabila Anda khawatir dengan sisa residu, Anda dapat melarutkan detergen bubuk terlebih dahulu dengan air hangat. Alternatif lainnya adalah dengan mengurangi kuantitas detergen bubuk yang digunakan, serta lebih banyak membilasnya. 

Perhatikan komposisi bahan detergen pilihan Anda

Ada beberapa produk yang diklaim tidak menggunakan bahan aditif. Namun, sebaiknya Anda tidak langsung mempercayainya karena bisa saja detergen tersebut masih mengandung bahan aditif dengan kandungan kurang dari 1%. Dengan kandungan sekecil itu, produsen tidak memiliki kewajiban untuk menuliskannya di tabel komposisi bahan.


Ada juga produk yang diklaim bebas aditif karena tidak mengandung bahan aditif tertentu, tetapi bahan lainnya kurang aman. Jadi, pastikan Anda memeriksa bahan-bahan tersebut pada tabel komposisi bahan.

Untuk keamanan, pilih detergen bebas surfaktan

Untuk keamanan, pilih detergen bebas surfaktan

Sebagian detergen terbuat dari bahan-bahan alami seperti fatty acid sodium atau fatty acid potassium. Selain itu, ada juga detergen sintetis yang terbuat dari petroleum, minyak bumi, dan lemak. Kami merekomendasikan Anda untuk menggunakan detergen yang terbuat dari bahan-bahan alami. Detergen ini tidak mengandung surfaktan sehingga lebih aman.


Pada dasarnya, surfaktan dapat membantu menambah volume busa dan menghilangkan kotoran. Namun, bahan-bahan tersebut berisiko menimbulkan iritasi pada kulit bayi. Bergantung pada jenis kulit, surfaktan bisa saja menyebabkan masalah kulit. 


Apabila detergen alami tidak efektif menghilangkan kotoran, pilihlah detergen sintesis yang surfaktannya terbuat dari lemak nabati, misalnya minyak kelapa. Meskipun demikian, kami menyarankan Anda tetap memilih produk yang memiliki hanya sedikit kandungan surfaktan.

Detergen tanpa pemutih dan pewangi adalah pilihan terbaik

Detergen tanpa pemutih dan pewangi adalah pilihan terbaik

Salah satu yang harus Anda perhatikan dalam memilih detergen adalah sisa residu yang tertinggal dalam pakaian. Hal itu terjadi karena ada beberapa produk yang menambahkan bahan pencerah, pemutih, dan pewangi sintetis.


Pada beberapa kasus, fluorescent, yakni pemutih pakaian, menjadi salah satu penyebab munculnya alergi dan masalah kulit pada bayi. Kandungan ini sebenarnya dapat menyerap sinar ultraviolet, serta dapat membuat pakaian terlihat lebih putih dan bersih. Namun, sisa residu bahan ini cukup sulit dihilangkan meskipun telah dibilas beberapa kali. Jadi, pastikan detergen pilihan Anda juga bebas dari bahan ini.


Begitu juga dengan pewangi sintetis. Pewangi sintetis tidak mudah hilang saat dibilas sehingga berisiko menyebabkan kerusakan pada kulit. Selain itu, bayi biasanya tidak cocok dengan aromanya yang terlalu kuat. Dalam memilih detergen untuk pakaian bayi, aspek terpenting adalah keamanan. Karena itu, Anda sebaiknya tidak memilih produk yang mengandung bahan sintetis.

Detergen pakaian bayi tidak membutuhkan pengawet berkualitas

Detergen pakaian bayi tidak membutuhkan pengawet berkualitas

Beberapa produk diberi tambahan bahan aditif yang dikenal aman bagi tubuh, antara lain zat pewarna dan sizing agents. Selain itu, ada juga komponen yang menjaga kualitas kain seperti zat penstabil dan pengawet. 


Akan tetapi, Anda sebaiknya memilih produk yang mengandung hanya sedikit bahan yang berpotensi menimbulkan masalah pada bayi. Jadi, pilihlah produk yang mengandung bahan sesederhana mungkin. 

Pilihlah produk yang telah teruji bebas iritasi

Pilihlah produk yang telah teruji bebas iritasi

Apabila bayi Anda memiliki masalah kulit seperti eksem (eczema) atau ruam, kami menyarankan untuk melakukan uji iritasi kulit atau tes alergi. Hal tersebut membantu Anda memilih produk yang lebih aman untuk bayi.


Pengujian ini sangat penting dilakukan pada bayi berkulit sensitif. Mulailah dengan menggunakan hanya sedikit detergen yang kuat. Setelah itu, periksalah kulit bayi Anda. Apabila terjadi perubahan yang tidak biasa, segera kunjungi dokter anak Anda untuk memeriksakannya.

10 Rekomendasi detergen bebas bahan aditif terbaik untuk pakaian bayi

Setelah memberi tips memilih detergen bebas bahan aditif untuk pakaian bayi, kami telah menyiapkan rekomendasi produk dari berbagai merek. Semoga rekomendasi produk dari kami ini dapat menjadi referensi yang tepat untuk kebutuhan bayi Anda. 

10
JenisDetergen cair konsentrat
Bahan aktifTotal surfaktan 16%
9
JenisDetergen cair
Bahan aktifNatural citrus extract, chamomile
8
JenisDetergen cair konsentrat
Bahan aktifAnionic surfactant 17%
7
JenisDetergen bubuk
Bahan aktifSurface active agents dan pewangi
6
JenisDetergen cair konsentrat
Bahan aktifSodium laureth sulfate, cocamidopropy betaine, fragrance
5
JenisDetergen cair
Bahan aktifTidak diketahui
4
JenisDetergen cair
Bahan aktifSodium laureth sulfate, melaleuca alternifolia (tea tree) leaf oil
3
JenisPembersih cair natural
Bahan aktifAqua, disodium laureth sulfosuccinate, cocamidopropyl betaine, natural betaine (from sugar beet), citrus limonum (lemon) oil, lavandula angustifolia (lavender) oil, melaleuca alternifolia (tea tree) leaf oil, potassium sorbate (from fruits)
2
JenisDetergen cair 8x konsentrat
Bahan aktifSurfaktan nabati premium
1
JenisDetergen cair
Bahan aktifNatural soap and sugar surfactants, aloe vera, citrus oil, tocopherol

Tabel perbandingan produk detergen bebas bahan aditif terbaik untuk pakaian bayi

Gambar produk
1
Buds Organics Baby Safe Laundry Detergent 1

Buds Organics

2
Babymax Baby-safe Detergent 1

Babymax

3
Beauty Barn Home Dirt-O 1

Beauty Barn Home

4
Little Tree  Baby Laundry Detergent 1

Little Tree

5
Cycles Mild Laundry Detergent 1

Cycles

6
Beecorp Precious Bee Gentle Laundry Liquid 1

Beecorp

7
Pigeon Baby Laundry Detergent Powder 1

Pigeon

8
Kino Sleek Baby Laundry Detergent 1

Kino

9
Cussons Baby Liquid Detergent 1

Cussons Baby

10
Unilever Rinso Gentle Deterjen Cair 1

Unilever

Nama produk

Baby Safe Laundry Detergent

Baby-safe Detergent

Dirt-O

Baby Laundry Detergent

Mild Laundry Detergent

Precious Bee Gentle Laundry Liquid

Baby Laundry Detergent Powder

Sleek Baby Laundry Detergent

Liquid Detergent

Rinso Gentle Deterjen Cair

KeunggulanWangi essential oil alami y...Teknologi canggih yang efek...Pembersih serbaguna dengan ...Pilihan aroma yang bisa mem...Tidak meninggalkan residu y...Hanya sedikit detergen untu...Detergen bisa merusak lingk...Brand terpercaya yang telah...Memiliki aroma lembut khas ...Hanya butuh sedikit air unt...
HargaRp 289.900,00Rp 88.500,00Rp 250.000,00Rp 189.000,00Rp 50.000,00Rp 31.900,00Rp 115.000,00Rp 16.000,00Rp 20.500,00Rp 18.900,00
JenisDetergen cairDetergen cair 8x konsentrat Pembersih cair naturalDetergen cairDetergen cairDetergen cair konsentratDetergen bubuk Detergen cair konsentratDetergen cair Detergen cair konsentrat
Bahan aktifNatural soap and sugar surfactants, aloe vera, citrus oil, tocopherolSurfaktan nabati premiumAqua, disodium laureth sulfosuccinate, cocamidopropyl betaine, natural betaine (from sugar beet), citrus limonum (lemon) oil, lavandula angustifolia (lavender) oil, melaleuca alternifolia (tea tree) leaf oil, potassium sorbate (from fruits)Sodium laureth sulfate, melaleuca alternifolia (tea tree) leaf oilTidak diketahuiSodium laureth sulfate, cocamidopropy betaine, fragranceSurface active agents dan pewangiAnionic surfactant 17%Natural citrus extract, chamomileTotal surfaktan 16%
Tautan produk

Baca juga rekomendasi krim bayi di sini

Selain menggunakan detergen yang aman untuk kulit bayi, sebaiknya Anda juga memberikan krim bayi untuk merawat kulitnya. Bila Anda ingin mengetahui lebih detail mengenai krim bayi, Anda bisa membacanya pada link di bawah ini.

Kesimpulan

Bagaimana menurut Anda mengenai artikel rekomendasi ini? Tentunya Anda ingin mencuci pakaian bayi dengan menggunakan detergen yang paling dapat Anda andalkan, baik kekuatannya maupun keamanannya. Jadi, dalam memilih, perhatikanlah bahan kandungannya.

Agar lebih praktis, Anda juga dapat memilih produk yang bisa digunakan untuk mencuci pakaian seluruh keluarga, lho! Semoga setelah membaca artikel ini, Anda segera menemukan detergen yang cocok untuk pakaian bayi Anda, ya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Susu Formula Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Susu Formula Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2020)
    Susu formula mengandung berbagai nutrisi esensial untuk bayi sehingga menjadikannya ideal sebagai pendamping atau pengganti ASI saat diperlukan. Ada banyak merek susu formula untuk bayi seperti Enfamil, Similac, dan Lactogen, tetapi bagaimana cara memilih susu formula yang paling sesuai untuk bayi Anda?Pada artikel kali ini kami akan membahas cara memilih susu formula terbaik untuk bayi, selain itu kami juga akan memberikan rekomendasi susu formula terbaik yang telah kami pilih dengan seksama. Semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang berguna bagi Anda!
    Ibu & anak
    248.265 Views
  • 10 Rekomendasi Popok Terbaik untuk Bayi Baru Lahir (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Popok Terbaik untuk Bayi Baru Lahir (Terbaru Tahun 2020)
    Setiap ibu yang baru melahirkan pasti ingin mencari popok terbaik untuk bayinya. Karena kulit bayi yang masih sangat rentan, pemilihan popok bayi tidak boleh dilakukan sembarangan. Banyaknya merek populer, seperti MamyPoko, Sweety, dan Pampers, tidak sedikit membuat ibu kebingungan memilih popok terbaik untuk si kecil.Untuk itu, kami akan menjelaskan poin-poin penting dalam memilih popok bayi sekaligus memperkenalkan produk terbaik untuk buah hati Anda. Tidak hanya memilih popok dengan harga murah saja, keamanan dan kenyamanan si kecil juga perlu diperhatikan. Yuk, simak penjelasannya!
    Ibu & anak
    109.969 Views
  • 10 Rekomendasi Test Pack Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Test Pack Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Ketika wanita mengalami tanda-tanda kehamilan seperti mual dan terlambat haid, memastikan kehamilan menggunakan test pack adalah salah satu langkah awal yang perlu dilakukan. Berbagai jenis dan merek produk test pack banyak dijual di pasaran, misalnya Akurat, Sensitif, dan ClearBlue. Akan tetapi, bagaimana cara memilihnya?Di artikel ini, kami akan membahas tentang cara memilih test pack yang mudah dipahami bahkan oleh Anda yang baru pertama kali memakainya. Kami juga akan membantu Anda dengan memberi sepuluh rekomendasi test pack terbaik. Jangan sampai ketinggalan juga ulasan mengenai cara pemakaian yang tepat pada akhir artikel!
    Ibu & anak
    133.860 Views
  • 10 Rekomendasi Krim Bayi / Baby Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Krim Bayi / Baby Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Meskipun kulit bayi halus dan lembut, bukan berarti tidak membutuhkan perhatian dan perawatan khusus. Sebaliknya, kulit bayi sangat sensitif dan rentan terkena permasalahan kulit, seperti eczema, iritasi, kemerahan atau ruam. Untuk mengatasinya, Anda dapat menggunakan baby cream pada kulit bayi Anda. Ada berbagai merek baby cream yang seringkali membuat Anda bingung dalam memilih produk yang tepat. Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih baby cream terbaik untuk bayi Anda. Kami juga akan memberikan rekomendasi produknya, mulai dari Zwitsal, Cussons, hingga Mustela. Simak ulasan dari kami dan dapatkan produk yang terbaik!
    Ibu & anak
    81.775 Views
  • 10 Rekomendasi Botol Susu Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Botol Susu Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2020)
    Botol susu bayi adalah salah satu perlengkapan yang penting untuk dipersiapkan sebelum kelahiran bayi. Di antara sekian banyak botol susu yang dijual, Anda harus memilih produk yang tepat. Hal ini dilakukan demi memberikan kenyamanan pada bayi Anda nantinya.Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih botol susu bayi dengan pertimbangan material, bentuk, dan usia bayi. Kami juga akan memberikan rekomendasi produk-produk terbaik, seperti Comotomo, Putti Atti, Medela, Sweety, BABY HUKI, dan PIGEON. Baca sampai selesai, ya!
    Ibu & anak
    79.616 Views
  • 10 Rekomendasi Bubur Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Bubur Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Ketika makin besar, bayi Anda akan membutuhkan MPASI (Makanan Pendamping Air Susu Ibu). Bubur bayi merupakan salah satu MPASI yang banyak digunakan karena memiliki berbagai rasa, kandungan vitamin dan mineral, dan lain sebagainya. Namun, banyaknya produk yang beredar mungkin membuat Anda bingung untuk memilihnya.Karena itu, kali ini kami akan mengulas cara memilih bubur bayi yang enak dan sehat, serta memberikan sepuluh rekomendasi bubur bayi terbaik untuk bayi Anda. Produk-produk ternama dari Milna, Promina, SUN, dan sebagainya pun tak ketinggalan untuk kami ulas. Yuk, simak ulasan kami!
    Ibu & anak
    69.292 Views
  • 10 Rekomendasi Kikir Kuku Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Kikir Kuku Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Perawatan kuku bayi adalah hal yang harus segera dilakukan setelah bayi lahir. Namun, banyak ibu khawatir menggunakan gunting kuku karena kuku jari bayi masih begitu kecil. Itulah sebabnya Anda memerlukan kikir kuku yang bisa merapikan dan menghaluskan ujung kuku bayi. Ada dua jenis kikir kuku bayi yang bisa Anda gunakan yaitu kikir kuku elektrik dan kikir kuku manual. Berikut ini kami akan membahas sepuluh urutan kikir kuku terbaik, seperti Oonew, Chicco, Baby Safe, dan Zo-li. Pilihlah kikir kuku yang sesuai dan ramah untuk bayi demi memperlancar perawatan Anda.
    Ibu & anak
    710 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori