10 Rekomendasi Deterjen Bebas Bahan Aditif Terbaik untuk Pakaian Bayi (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Deterjen Bebas Bahan Aditif Terbaik untuk Pakaian Bayi (Terbaru Tahun 2018)

Kulit bayi biasanya sangat sensitif, tipis, dan lembut. Sebagai seorang Ibu, pasti Anda ingin menjaga kulit bayi Anda agar tetap lembut, bebas iritasi, dan eczema, bukan? Namun, tahukah Anda jika penggunaan deterjen biasa dapat memicu timbulnya eczema pada kulit bayi?

Pada artikel kali ini, kami akan memperkenalkan deterjen bebas bahan aditif yang aman digunakan untuk pakaian bayi dan dapat menjadi solusi untuk kekhawatiran Anda! Selain aman untuk kulit bayi, deterjen ini juga dapat digunakan pada cucian seluruh anggota keluarga serta ramah lingkungan.

Daftar isi

Pengetahuan dasar tentang deterjen untuk pakaian bayi

Sebelum menjelaskan tentang cara memilih deterjen untuk pakaian bayi, ada baiknya bila kita memulai dengan pengetahuan dasar tentang deterjen untuk pakaian bayi. Dengan mengetahui manfaat dan kerugian dari penggunaan deterjen biasa, Anda dapat menggunakan info ini sebagai referensi dalam memilih deterjen.

Apakah deterjen khusus untuk pakaian bayi itu diperlukan?

Apakah deterjen khusus untuk pakaian bayi itu diperlukan?

Apakah Anda pernah mendengar tentang kulit bayi yang ruam akibat deterjen? Penggunaan deterjen untuk pakaian dewasa pada pakaian bayi dapat memicu timbulnya ruam pada kulit bayi karena bayi memiliki kulit yang sangat halus dan sensitif. Parfum dan pelembut yang menempel pada baju bayi setelah proses pencucian dapat memperburuk keadaan karena menstimulus pertumbuhan eczema.

Meskipun pada awalnya bukan merupakan ruam akibat deterjen, rangsangan yang timbul karena penggunaan deterjen yang tidak sesuai dapat memperburuk kondisi kulit bayi Anda. Saat terjadi iritasi pada kulit bayi, hal ini akan sulit disembuhkan karena bayi tidak dapat mengonsumsi obat-obatan biasa, mengingat usianya yang masih kecil. Oleh karena itu, akan lebih baik jika Anda mencegah terjadinya iritasi pada kulit bayi Anda.

Sabun dan deterjen sintetis

Sabun dan deterjen sintetis

Secara umum, deterjen dibagi menjadi sabun dan deterjen sintetis. Sabun berasal dari minyak hewani dan nabati seperti minyak kelapa sawit dan lemak sapi. Sementara deterjen sintetis kebanyakan berasal dari minyak bumi. Ada pula jenis deterjen yang merupakan gabungan antara deterjen sintetis dan sabun. Sabun dan deterjen sintetis memiliki tiga jenis tekstur, yaitu bubuk, cair dan padat.

Jika digunakan dengan benar, sabun memiliki khasiat lebih baik dalam menghilangkan kotoran dibandingkan deterjen sintetis. Namun, sabun memiliki kekurangan sulit larut dalam air dingin dan tidak akan efektif jika tidak menghasilkan busa. Penggunaan sabun dengan cara yang salah dapat menyebabkan masalah seperti baju menguning, berbau, kotoran tidak hilang, hingga buih sabun yang masih menempel di pakaian.

Dalam hal ini, deterjen sintetis memiliki kemampuan untuk tetap membersihkan dalam kondisi apa pun dan tidak menghabiskan banyak biaya. Anda harus memahami karakter setiap jenis deterjen sebelum memutuskan pilihan, karena masing-masing deterjen memiliki kelebihan dan kekurangan.

‘Tidak diberi bahan tambahan’ bukan berarti tidak mengandung bahan aditif

'Tidak diberi bahan tambahan' bukan berarti tidak mengandung bahan aditif

Sebenarnya, definisi ‘no additive’ sangat samar dan tergantung pada produknya. Ada beberapa produk yang mengklaim tidak menambahkan satu pun jenis bahan aditif. Selain itu, jika kandungan bahan aditif kurang dari 1%, tidak ada kewajiban untuk menuliskannya di tabel bahan. Jadi ada beberapa produk yang sulit untuk dinilai hanya berdasarkan tabel bahan saja.

Oleh karena itu, penting untuk memahami hal ini dengan baik agar Anda tidak merasa kaget saat tahu bahwa produk yang tadinya Anda kira bebas bahan aditif, ternyata mengandung banyak bahan tambahan di dalamnya. Jadi jangan sampai terjebak begitu saja dengan iming-iming ‘tidak diberi bahan tambahan’ dari suatu produk.

Bahan aditif yang terkandung dalam deterjen

Bahan aditif yang terkandung dalam deterjen

Bahan baku deterjen sintetis adalah surfaktan yang dibuat dengan mensintesiskan minyak bumi dan sejenisnya (yang bekerja untuk mencampur air dan minyak). Selain itu, berbagai jenis bahan aditif ikut disertakan seperti pemutih (berperan untuk mencerahkan pakaian putih), edetic acid (untuk mencegah kerusakan dan sedimentasi produk), pewangi, pewarna, dan sebagainya.

Sebagian besar deterjen untuk pakaian bayi tidak menambahkan bahan pemutih dan pewarna. Akan tetapi, bahkan jika bahan-bahan tersebut tidak ditambahkan, masih terdapat kandungan surfaktan sintetis.

Namun, sebenarnya deterjen sintetis juga memiliki manfaat. Jadi tidak bisa juga ditentukan produk mana yang lebih baik atau lebih buruk tanpa kualifikasi tertentu. Namun, jika Anda ingin memilih yang lebih aman, senbaiknya pilihlah deterjen yang kandungan utamanya adalah sabun.

Cara memilih deterjen untuk pakaian bayi (tanpa bahan aditif)

Sekarang kami akan menjelaskan bagaimana cara memilih deterjen untuk pakaian bayi berdasarkan pengetahuan dasar yang telah dijelaskan sebelumnya. Kami juga akan memperkenalkan cara mudah membedakan antara sabun dan deterjen sintetis yang dapat Anda jadikan referensi saat Anda akan berbelanja.

Tips untuk membedakan

Tips untuk membedakan

Setelah Anda mengetahui kelebihan dan kekurangan pada sabun dan deterjen sintetis, bagaimana Anda mengetahui jenis apa yang ingin Anda beli? Bahkan saat berbelanja, tidak mudah membandingkan kandungan bahan dengan seksama, bukan?

Ada tips untuk membedakannya dengan mudah. Anda hanya perlu melihat kolom bertuliskan ‘nama produk’ di atas tabel bahan. Jenis sabun biasanya diberi label ‘sabun cuci’. Sedangkan pada deterjen sintetis, label yang ditampilkan adalah ‘deterjen sintetis ‘.

Ini adalah cara paling mudah yang disarankan untuk membedakan hanya berdasarkan nama produk.

Mana yang lebih baik untuk sabun deterjen? Bubuk atau cair?

Mana yang lebih baik untuk sabun deterjen? Bubuk atau cair?

Sabun deterjen berbentuk bubuk, banyak termasuk dalam kategori deterjen tanpa bahan aditif. Selain aman bagi kulit dan lingkungan, sabun dapat digunakan dengan kekuatan pembersih yang lebih tinggi daripada deterjen sintetis.

Jenis sabun deterjen bubuk direkomendasikan bagi Anda yang ingin menghilangkan noda membandel dengan bersih. Namun, perlu diingat untuk melarutkannya dengan air hangat dan aduk untuk mendapatkan banyak busa sebelum digunakan untuk mencuci. Jika Anda tidak melakukan hal tersebut, kemungkinan kotoran tidak hilang sempurna atau sabun deterjen tidak meleleh sepenuhnya dan menempel pada pakaian sehingga menyebabkan pakaian menguning atau berbau.

Sabun cair memang tidak memiliki kemampuan membersihkan kotoran sekuat sabun deterjen. Akan tetapi penggunaannya lebih mudah dibandingkan sabun deterjen. Bagi Anda yang tidak suka terlalu repot atau pakaian Anda tidak memiliki kotoran yang membandel, akan lebih mudah jika Anda memilih menggunakan sabun cair. Namun, harga yang harus Anda keluarkan juga lebih besar dibandingkan sabun deterjen bubuk.

Dalam memilih jenis deterjen, Anda harus memperhatikan gaya hidup di rumah mulai dari daya pencucian, beban kerja cucian, budget dan lainnya.

Wangi dan kelembutan pakaian setelah dicuci

Wangi dan kelembutan pakaian setelah dicuci

Kebanyakan deterjen untuk pakaian bayi tidak menggunakan wewangian sintetis. Namun, ada banyak orang yang merasa rileks saat mencium wangi baju setelah dicuci. Pada deterjen untuk pakaian bayi, ada produk yang menggunakan wangi dari bahan-bahan alami seperti ramuan herbal. Ini merupakan wangi yang populer karena aromanya terasa alami. Jadi bagi Anda yang merasa ada yang kurang jika menggunakan deterjen tanpa aroma, kami sarankan untuk memilih produk dengan wangi herbal seperti ini.

Selain itu, bahan tambahan pelembut pakaian biasanya juga dihilangkan dari kandungan deterjen karena tidak cocok untuk kulit sensitif bayi. Namun, cucian yang kaku atau serat kain yang kasar juga bisa melukai kulit. Sabun deterjen merupakan pembersih yang lembut untuk pakaian. Jadi Anda dapat mencuci tanpa merusak serat pakaian. Hal yang berbeda akan terjadi jika Anda mencuci dengan deterjen sintetis karena dapat merusak serat pakaian.

Wangi dan kelembutan pakaian adalah poin yang memudahkan Anda untuk membedakan setiap jenis deterjen. Saat tidak dapat memilih, Anda dapat menggunakan referensi dari mulut ke mulut juga.

10 Rekomendasi deterjen bebas bahan aditif terbaik untuk pakaian bayi

Setelah mengetahui cara memilih deterjen untuk pakaian bayi dengan tepat, kini kami akan merekomendasikan 10 produk deterjen bebas bahan aditif untuk pakaian bayi. Anda dapat menggunakan referensi ini dalam memilih deterjen yang paling tepat bagi kebutuhan bayi Anda.

10. My Baby Liquid Detergent

10. My Baby Liquid Detergent

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 18.100

Deterjen yang menjaga pakaian tetap segar dan tidak apek

My Baby Liquid Detergent merupakan deterjen untuk pakaian bayi yang diperkaya dengan formula stain-fighting enzyme yang mampu membersihkan kotoran membandel pada pakaian bayi Anda. Ekstrak chamomille yang digunakan dalam deterjen ini menjadi anti-irritant yang mencegah terjadinya iritasi pada kulit.

Formula antibakteri dan antikuman yang terkandung di dalam produk My Baby ini menjaga pakaian agar tetap higienis dan tidak bau apek. Selain itu, pakaian tetap cerah, lembut dan terawat. Anda bisa mendapatkan deterjen ini hanya dengan harga kurang dari 20 ribu untuk kemasan isi ulang 450 ml.

9. Pigeon Laundry Detergent Powder

9. Pigeon Laundry Detergent Powder

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 109.000

Mampu membunuh 99,9% bakteri yang menempel pada pakaian!

Deterjen bubuk dari Pigeon yang satu ini 100% phospharte-free dan fluorescent-free. Produk ini tidak  mengandung neon dan fosfat sehingga tidak akan membuat baju kesayangan bayi Anda luntur. Selain aman, deterjen ini juga efektif menghilangkan kotoran dan noda membandel pada pakaian.

Anda dapat menggunakan deterjen ini untuk merendam dan mencuci, baik menggunakan tangan maupun mesin cuci. Deterjen Pigeon ini mengandung antibakteri yang efektif membunuh bakteri yang menempel pada pakaian hingga 99,9%! Produk ini juga ramah lingkungan dan bisa digunakan untuk mencuci pakaian seluruh anggota keluarga.

8. Cussons Baby Liquid Detergent

8. Cussons Baby Liquid Detergent

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 36.700

Deterjen dengan wangi khas bayi

Bagi Anda yang menyukai wangi khas bayi, Cussons Baby Liquid Detergent bisa menjadi pilihan yang tepat bagi Anda! Deterjen dengan pH seimbang ini tidak mengandung pemutih sehingga ramah bagi lingkungan. Selain untuk digunakan pada pakaian bayi, produk ini juga dapat Anda gunakan jika Anda memiliki kulit yang sensitif.

Deterjen dari Cussons ini menggunakan ramuan ekstrak citrus alami yang mampu menghilangkan noda tanpa menyebabkan iritasi pada kulit, dan chamomile yang menjaga pakaian agar tetap lembut. Deterjen bayi dari Cussons juga diperkaya dengan formula antibakteri yang menjaga pakaian si kecil tetap higienis dan bebas kuman.

7. Precious Bee Gentle Laundry Liquid

7. Precious Bee Gentle Laundry Liquid

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 37.000

Deterjen cair hemat penggunaan

Precious Bee Gentle Laundry Liquid adalah deterjen yang tidak mengandung pewarna, pencerah, pemutih, maupun bahan berbahaya lainnya. Deterjen ini lembut dan aman bagi bayi dan anak-anak karena tidak mengandung residu dan ramah bagi lingkungan.

Teknologi Ecobee yang digunakan dalam deterjen ini mampu menghilangkan noda membandel dan menjaga pakaian bayi Anda tetap bersih dan segar. Karena kandungan konsentratnya, deterjen cair produksi Precious Bee juga irit dalam penggunaan, baik saat mencuci dengan mesin cuci maupun menggunakan tangan.

6. Babymax Babysafe Detergent

6. Babymax Babysafe Detergent

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 69.000

Kebaikan alam dalam satu botol deterjen

Babymax Babysafe Detergent memiliki kemasan dengan kepala pump yang praktis untuk mencegah keluarnya deterjen secara berlebihan. Hal ini tentu akan menghemat pengeluaran Anda, bukan? Deterjen ini memiliki label emas bertuliskan “homefree” yang menjamin bahwa produk ini hanya menggunakan bahan premium dari alam.

Deterjen dari Babymax ini ampuh menghilangkan noda pada pakaian bayi dan mengandung antibakteri yang dapat menjaga pakaian tetap segar dan bersih. Selain itu, deterjen ini diperkaya dengan teknologi color-defender yang dapat menjaga warna baju bayi Anda.

5. Cycles Mild Laundry Detergent

5. Cycles Mild Laundry Detergent

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 72.000

Deterjen dengan kemurnian seperti air

Cycles Mild Laundry Detergent bebas dari kandungan bahan kimia seperti pemutih, pelembut, dan pencerah pakaian. Formula yang ada dalam deterjen ini ringan dan aman digunakan karena memang khusus diperuntukkan bagi kulit bayi yang sensitif.

Hasil pengujian menunjukkan bahwa deterjen dari Cycles ini tidak meninggalkan residu pada pakaian. Bahkan deterjen ini menunjukkan kemurnian yang hampir setara dengan air! Produk deterjen yang dijual dengan harga 70 ribuan ini cocok digunakan untuk bayi mulai usia 0 hingga 3 tahun.

4. Happyganics Baby All Natural Laundry Soda

4. Happyganics Baby All Natural Laundry Soda

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 217.500

Deterjen bayi untuk semua kebutuhan mencuci Anda

Berasal dari Amerika, Happyganics Baby All Natural Laundry Detergent merupakan deterjen yang menggunakan bahan-bahan alami yang berasal dari tumbuhan. Deterjen ini tidak mengandung bahan berbahaya seperti fosfat, sodium lauryl sulfate (SLS), pewarna maupun pewangi sintetis sehingga aman untuk bayi sekaligus mampu mencegah terjadinya iritasi.

Kekuatan membersihkan dari deterjen ini efektif menghilangkan noda tanpa penggunaan bahan kimia keras di dalamnya. Anda dapat menggunakan deterjen ini untuk mencuci popok kain, baju bayi, boneka, dan bahkan untuk pakaian orang dewasa sekali pun.

3. Little Tree Laundry Detergent

3. Little Tree Laundry Detergent

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 189.000

Deterjen cair yang mudah dibilas

Kandungan ekstrak lavender dan tea tree yang terkandung di dalam Little Tree Laundry Detergent berguna untuk mencegah iritasi dan sangat memanjakan kulit bayi yang lembut. Deterjen ini tidak mengandung bahan yang berbahaya bagi kulit sensitif bayi seperti fosfat, pewarna buatan, dan pencerah pakaian.

Little Tree adalah brand yang diciptakan di London pada tahun 2011 dan telah mengeluarkan berbagai produk yang khusus ditujukan untuk perawatan bayi. Produk laundry detergent-nya yang satu ini diformulasikan khusus untuk bayi dan dapat digunakan oleh seluruh anggota keluarga. Deterjen ini mampu membersihkan kotoran dan mengangkat noda yang menempel pada pakaian.

2. Buds Baby Safe Laundry Detergent

2. Buds Baby Safe Laundry Detergent

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 250.000

Deterjen dengan wangi yang menenangkan

Buds Baby Safe Laundry Detergent dirancang agar tangguh saat menghilangkan noda membandel, namun tetap lembut bagi kulit bayi. Bahan-bahan yang digunakan dalam deterjen ini 99,9% berasal dari alam, di mana 5,2%-nya merupakan hasil pertanian organik. Jadi dapat Anda bayangkan betapa aman dan ramah lingkungannya deterjen ini, bukan?

Deterjen dari Buds Baby memiliki wangi minyak esensial alami yang menenangkan. Selain itu, deterjen ini juga diperkaya dengan aloe vera organik, serta mengandung surfaktan sabun dan gula alami. Anda juga tidak perlu khawatir karena deterjen produksi Buds Baby tidak mengandung pewarna dan pewangi sintetis maupun bahan berbahaya lainnya.

1. Attitude Little Ones Laundry Detergent

1. Attitude Little Ones Laundry Detergent

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 255.000

Produk vegan yang ramah lingkungan

Jika bayi Anda tidak terlalu suka dengan aroma yang menempel pada pakaian yang telah dicuci, Attitude Little Ones Laundry Detergent bisa menjadi pilihan Anda! Tanpa tambahan pewangi, deterjen ini aman dan efektif dalam membersihkan pakaian bayi Anda karena juga bebas dari bahan karsinogen, 1,4-dioxane dan ethylene oxide, di mana semuanya telah diuji di laboratorium independen.

Deterjen yang dibuat di Kanada ini merupakan produk vegan yang bahkan tidak diujikan pada binatang. Selain itu, deterjen ini juga telah memiliki EcoLogo yang merupakan sertifikasi ramah lingkungan yang paling terkenal di Amerika Utara. Anda tidak perlu khawatir dengan penggunaan deterjen ini pada pakaian bayi Anda!

Hal yang perlu diperhatikan saat mencuci pakaian

Hal yang perlu diperhatikan saat mencuci pakaian

Ada banyak pendapat yang menyatakan bahwa deterjen sabun menyebabkan tumbuhnya jamur pada mesin cuci. Tampaknya bahan alami pada deterjen sabun menjadi nutrisi bagi jamur. Tetapi bukan berarti deterjen sintetis tidak menumbuhkan jamur. Jadi Anda tetap harus membersihkan mesin cuci secara berkala. Hal ini juga dapat mencegah perpindahan bakteri ke pakaian yang akan dicuci, sehingga akan mencegah timbulnya masalah kulit juga.

Selain itu, jika Anda menggunakan mesin cuci tipe drum, Anda harus lebih memperhatikan bagaimana cara penggunaan deterjennya. Anda tentunya tidak ingin pipa yang menghubungkan wadah tempat memasukkan deterjen dengan drum pencuci pada mesin cuci tersumbat karena memasukkan deterjen secara sembarangan ataupun berlebihan, bukan? Pastikan Anda telah membaca instruksi manual dari deterjen maupun mesin cuci sebelum menggunakannya.

Kesimpulan

Kulit bayi yang sensitif membuatnya mudah memerah dan iritasi. Karena itu Anda harus memperhatikan benda-benda yang sering menempel atau bergesekan dengan kulit bayi Anda. Dalam memilih deterjen yang tepat untuk pakaian bayi, Anda harus memperhatikan apakah suatu produk cocok dan aman bagi kulit bayi Anda.

Nah, bagaimana rekomendasi deterjen bebas bahan aditif untuk pakaian bayi kali ini? Apakah ada yang sesuai dengan kebutuhan Anda? Semoga setelah membaca artikel ini, Anda segera menemukan deterjen yang cocok untuk pakaian bayi Anda ya!