• 10 Rekomendasi Deterjen Bebas Bahan Aditif Terbaik untuk Pakaian Bayi (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Deterjen Bebas Bahan Aditif Terbaik untuk Pakaian Bayi (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Deterjen Bebas Bahan Aditif Terbaik untuk Pakaian Bayi (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Deterjen Bebas Bahan Aditif Terbaik untuk Pakaian Bayi (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Deterjen Bebas Bahan Aditif Terbaik untuk Pakaian Bayi (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Deterjen Bebas Bahan Aditif Terbaik untuk Pakaian Bayi (Terbaru Tahun 2020)

Kulit bayi biasanya sangat lembut dan sensitif sehingga tidak sedikit para ibu yang memilih detergen khusus dengan tujuan menghindari risiko terjadinya alergi atau atopi pada kulit bayi. Akan tetapi, pernahkah Anda bertanya apakah detergen tanpa bahan aditif benar-benar bagus untuk kulit bayi? Apakah daya membersihkannya efektif? Apakah memang diperlukan?

Kali ini, kami akan membahas tentang detergen bebas bahan aditif untuk menjawab pertanyaan semacam itu. Selain aman untuk kulit bayi, detergen seperti ini juga ramah lingkungan dan dapat digunakan untuk cucian seluruh anggota keluarga. Silakan gunakan artikel ini sebagai referensi dalam memilih produk yang sesuai untuk bayi Anda!
  • Pembaharuan terakhir: 22 November 2019
  • 4.372 Views
Daftar isi

Pengetahuan dasar tentang detergen untuk pakaian bayi

Sebelum menjelaskan tentang cara memilih detergen untuk pakaian bayi, ada baiknya bila kita memulai dengan pengetahuan dasar mengenai detergen untuk pakaian bayi. Dengan mengetahui manfaat sekaligus kerugiannya, Anda dapat menggunakan informasi ini sebagai referensi dalam memilih detergen.

Apakah detergen khusus untuk pakaian bayi itu diperlukan?

Apakah detergen khusus untuk pakaian bayi itu diperlukan?
Apakah Anda pernah mendengar tentang kulit bayi yang ruam akibat detergen? Bayi memiliki kulit yang sangat sensitif dan metabolisme yang aktif. Oleh karena itu, penggunaan detergen biasa pada pakaian bayi dapat memicu timbulnya ruam. Parfum atau pelembut yang menempel pada baju setelah proses pencucian dapat memperburuk kondisi kulit bayi akibat rangsangan yang ditimbulkan sehingga dapat menstimulus terjadinya eczema.
Meskipun jika ruam yang muncul pada kulit bayi pada awalnya bukan disebabkan oleh detergen, akan lebih baik jika Anda menghindari efek rangsangan karena penggunaan detergen yang tidak sesuai. Begitu kulit bayi mengalami iritasi, penyembuhannya akan lebih sulit, terutama karena bayi tidak dapat mengonsumsi obat-obatan biasa mengingat usianya yang masih kecil. Oleh karena itu, akan lebih baik jika Anda mencegah terjadinya iritasi pada kulit bayi dengan memilih detergen yang tidak mengakibatkan rangsangan yang kuat.

Perbedaan sabun dan detergen sintetis

Perbedaan sabun dan detergen sintetis
Secara umum, detergen dibagi menjadi kategori sabun dan detergen sintetis. Sabun berasal dari minyak hewani dan nabati, seperti minyak kelapa sawit dan lemak sapi. Sementara detergen sintetis, kebanyakan menggunakan minyak bumi sebagai bahan dasarnya. Selain itu, ada pula jenis detergen yang merupakan gabungan antara detergen sintetis dan sabun. Sabun dan detergen sintetis tersedia di pasaran dalam tiga jenis tekstur, yaitu bubuk, cair dan padat.
Jika digunakan dengan benar, sabun memiliki khasiat lebih baik dalam menghilangkan kotoran dibandingkan detergen sintetis. Namun, sabun memiliki kekurangan sulit larut dalam air dingin dan tidak akan efektif jika tidak menghasilkan busa. Penggunaan sabun dengan cara yang salah dapat menyebabkan masalah, seperti baju menguning, berbau, kotoran tidak hilang, hingga buih sabun yang masih menempel di pakaian.
Sementara untuk detergen sintetis, cara pemakaian seperti apa pun tidak akan mempengaruhi kemampuannya dalam membersihkan pakaian. Selain itu, biayanya juga lebih murah. Setiap jenis detergen memiliki ciri khas, serta kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jadi, pahamilah poin-poin ini dalam memilih produk yang Anda inginkan.

‘Tidak ditambahkan bahan aditif’ bukan berarti ‘bebas bahan aditif’

‘Tidak ditambahkan bahan aditif’ bukan berarti ‘bebas bahan aditif’
Sebenarnya, definisi ‘no additive’ sangat samar dan berbeda tergantung pada masing-masing produk. Ada beberapa produk yang mengklaim ‘tidak menambahkan bahan aditif’ hanya karena produknya tidak mengandung satu jenis bahan aditif tertentu. Selain itu, jika kandungan bahan aditif dalam suatu produk kurang dari 1%, tidak ada kewajiban untuk menuliskannya di tabel komposisi bahan. Jadi, ada beberapa produk yang sulit untuk dinilai hanya berdasarkan keterangan kandungan bahannya saja.
Oleh karena itu, penting untuk memahami hal ini dengan baik agar Anda tidak merasa kaget saat mengetahui bahwa produk yang tadinya Anda kira bebas bahan aditif, ternyata mengandung banyak bahan tambahan di dalamnya. Jangan sampai terjebak begitu saja dengan iming-iming keterangan ‘tidak ditambahkan bahan aditif’ dari suatu produk.

Perhatikan bahan aditif yang terkandung dalam detergen

Perhatikan bahan aditif yang terkandung dalam detergen
Bahan baku detergen sintetis adalah surfaktan (yang bekerja untuk mencampur air dan minyak) yang dibuat melalui sintesis kimia minyak bumi dan sejenisnya. Selain itu, berbagai jenis bahan aditif juga ikut ditambahkan, misalnya pemutih (berperan untuk mencerahkan pakaian putih), edetic acid (untuk mencegah kerusakan dan sedimentasi produk), pewangi, pewarna, dan sebagainya.
Sebagian besar detergen untuk pakaian bayi tidak menambahkan bahan pencerah, pemutih, atau pewarna. Namun, ada juga di antaranya yang menggunakan surfaktan sintetis.
Akan tetapi, sebenarnya detergen sintetis juga memiliki manfaat. Jadi, tidak bisa juga ditentukan produk mana yang lebih baik atau lebih buruk tanpa kualifikasi tertentu. Namun, jika Anda ingin memilih yang lebih aman, sebaiknya pilihlah detergen yang kandungan utamanya adalah sabun.

Cara memilih detergen untuk pakaian bayi (tanpa bahan aditif)

Sekarang kami akan menjelaskan bagaimana cara memilih detergen untuk pakaian bayi berdasarkan pengetahuan dasar yang telah dijelaskan sebelumnya. Kami juga akan memperkenalkan cara mudah membedakan antara sabun dan detergen sintetis yang dapat Anda jadikan referensi saat akan berbelanja.

Tips membedakan jenis sabun dengan detergen sintetis

Tips membedakan jenis sabun dengan detergen sintetis
Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan detergen jenis sabun dan detergen sintetis, bagaimana caranya mengetahui jenis apa yang ingin Anda beli? Tentu tidak mudah untuk membandingkan kandungan bahan antara produk yang satu dengan lainnya ketika Anda berbelanja.
Anda tidak perlu khawatir karena ada tips untuk membedakannya dengan mudah! Cukup dengan melihat kolom bertuliskan ‘nama produk’ di atas tabel kompoisi bahan. Detergen jenis sabun biasanya diberi label ‘sabun cuci’. Sedangkan pada jenis detergen sintetis, label yang ditampilkan adalah ‘detergen sintetis’.
Ini adalah cara paling mudah yang disarankan untuk membedakan hanya berdasarkan nama produk. Jadi, silakan cek bagian ini sebelum Anda melakukan pembelian.

Pilih berdasarkan bentuk: bubuk atau cair

Pilih berdasarkan bentuk: bubuk atau cair
Jenis yang banyak tersedia untuk detergen tanpa bahan aditif adalah sabun detergen bubuk. Selain aman bagi kulit dan lingkungan, sabun memiliki kekuatan pembersih yang lebih tinggi daripada detergen sintetis sehingga direkomendasikan bagi Anda yang ingin menghilangkan noda membandel. Namun, perlu diingat bahwa Anda harus melarutkannya terlebih dahulu dengan air hangat dan mengaduknya untuk mendapatkan busa sebelum digunakan untuk mencuci. Jika Anda tidak melakukan hal tersebut, kemungkinan kotoran tidak akan hilang sempurna atau sabun tidak larut sepenuhnya dan menempel pada pakaian sehingga menyebabkan pakaian menguning atau berbau.
Sabun cair memang tidak memiliki kemampuan membersihkan kotoran sekuat sabun bubuk, tetapi penggunaannya lebih mudah karena tidak ada risiko sisa bubuk yang tidak larut. Bagi Anda yang tidak ingin terlalu repot, atau Anda yang ingin membersihkan kotoran yang tidak begitu membandel, akan lebih mudah jika Anda memilih menggunakan sabun cair. Namun, harga yang harus Anda keluarkan juga lebih besar dibandingkan sabun detergen bubuk.
Dalam memilih jenis detergen untuk pemakaian di rumah, Anda harus mempertimbangkan gaya hidup, kemampuan detergen untuk membersihkan, beban kerja cucian, budget, dan sebagainya.

Pilih berdasarkan wangi dan kelembutan pakaian setelah dicuci

Pilih berdasarkan wangi dan kelembutan pakaian setelah dicuci
Kebanyakan detergen untuk pakaian bayi tidak menggunakan wewangian sintetis. Namun, ada banyak orang yang merasa rileks saat mencium wangi baju setelah dicuci. Di antara produk detergen untuk pakaian bayi, ada yang menggunakan wangi dari bahan-bahan alami, misalnya ramuan herbal. Ini merupakan wangi yang populer karena aromanya terasa alami. Jadi, bagi Anda yang merasa ada yang kurang jika menggunakan detergen tanpa aroma, kami sarankan untuk memilih produk dengan wangi herbal seperti ini.
Selain itu, tambahan pelembut pakaian biasanya juga tidak ditambahkan ke dalam detergen untuk pakaian bayi karena bahan ini biasanya menempel pada pakaian dan tidak baik untuk kulit sensitif bayi. Namun, cucian yang kaku atau serat kain yang kasar juga bisa melukai kulit. Sabun detergen merupakan pembersih yang lembut untuk pakaian tanpa merusak serat-seratnya. Hal yang berbeda akan terjadi jika Anda mencuci dengan detergen sintetis. Untuk itu, penggunaan sabun detergen akan memberikan hasil akhir yang lebih lembut.
Preferensi aroma dan kelembutan pakaian bisa berbeda untuk masing-masing orang. Jadi, pilihlah produk yang sesuai dengan selera Anda.

10 Rekomendasi detergen bebas bahan aditif terbaik untuk pakaian bayi

Setelah mengetahui cara memilih detergen untuk pakaian bayi dengan tepat, selanjutnya kami akan merekomendasikan sepuluh produk detergen bebas bahan aditif terbaik untuk pakaian bayi. Anda dapat menggunakan referensi ini dalam memilih detergen yang paling tepat untuk kebutuhan bayi Anda.

4. Happyganics Baby All Natural Laundry Detergent

Rp 217.500,00

1. Attitude Baby Laundry Detergent – Fragrance Free

Rp 317.000,00

Hal yang perlu diperhatikan saat mencuci pakaian

Hal yang perlu diperhatikan saat mencuci pakaian
Ada banyak pendapat yang menyatakan bahwa detergen sabun bisa menyebabkan tumbuhnya jamur pada mesin cuci. Bahan alami pada detergen sabun tampaknya menjadi nutrisi bagi jamur, tetapi bukan berarti detergen sintetis tidak akan mengakibatkan tumbuhnya jamur. Jadi, penting untuk membersihkan mesin cuci secara berkala. Hal ini juga dapat mencegah perpindahan bakteri ke pakaian yang akan dicuci sehingga akan mencegah timbulnya masalah kulit.
Selain itu, jika menggunakan mesin cuci tipe drum, Anda harus lebih memperhatikan petunjuk cara pemakaian detergen yang Anda gunakan. Anda tentu tidak ingin pipa yang menghubungkan wadah tempat memasukkan detergen dengan drum pencuci pada mesin cuci tersumbat karena memasukkan detergen secara sembarangan ataupun berlebihan, bukan? Pastikan Anda telah membaca instruksi manual dari detergen maupun mesin cuci sebelum menggunakannya.

Kesimpulan

Kulit bayi yang sensitif membuatnya mudah memerah dan iritasi. Oleh karena itu, Anda harus memperhatikan benda-benda yang bersentuhan langsung dengan kulit bayi. Dalam memilih detergen yang tepat untuk pakaian bayi, Anda harus memperhatikan apakah suatu produk aman bagi kulit bayi.
Bagaimana menurut Anda mengenai rekomendasi detergen bebas bahan aditif untuk pakaian bayi kali ini? Semoga setelah membaca artikel ini, Anda segera menemukan detergen yang cocok untuk pakaian bayi Anda, ya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Susu Formula Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Susu Formula Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2020)
    Susu formula mengandung berbagai nutrisi esensial untuk bayi sehingga menjadikannya ideal sebagai pendamping atau pengganti ASI saat diperlukan. Ada banyak merek susu formula untuk bayi seperti Enfamil, Similac, dan Lactogen, tetapi bagaimana cara memilih susu formula yang paling sesuai untuk bayi Anda?Pada artikel kali ini kami akan membahas cara memilih susu formula terbaik untuk bayi, selain itu kami juga akan memberikan rekomendasi susu formula terbaik yang telah kami pilih dengan seksama. Semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang berguna bagi Anda!
    Ibu & anak
    65.492 Views
  • 10 Rekomendasi Test Pack Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Test Pack Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Ketika wanita mengalami tanda-tanda kehamilan seperti mual dan terlambat haid, memastikan kehamilan menggunakan test pack adalah salah satu langkah awal yang perlu dilakukan. Berbagai jenis dan merek produk test pack banyak dijual di pasaran, misalnya Akurat, Sensitif, dan ClearBlue. Akan tetapi, bagaimana cara memilihnya?Di artikel ini, kami akan membahas tentang cara memilih test pack yang mudah dipahami bahkan oleh Anda yang baru pertama kali memakainya. Kami juga akan membantu Anda dengan memberi sepuluh rekomendasi test pack terbaik. Jangan sampai ketinggalan juga ulasan mengenai cara pemakaian yang tepat pada akhir artikel!
    Ibu & anak
    29.833 Views
  • 10 Rekomendasi Popok Terbaik untuk Bayi Baru Lahir (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Popok Terbaik untuk Bayi Baru Lahir (Terbaru Tahun 2020)
    Setiap ibu yang baru melahirkan pasti ingin mencari popok terbaik untuk bayinya. Karena kulit bayi yang masih sangat rentan, pemilihan popok bayi tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Banyaknya populer, seperti MamyPoko, Sweety, dan Pampers, tidak sedikit ibu yang kebingungan memilih popok terbaik untuk si kecil.Untuk itu, kami akan menjelaskan poin-poin penting dalam memilih popok bayi sekaligus memperkenalkan produk popok bayi terbaik untuk buah hati Anda. Tidak hanya memilih popok dengan harga murah saja, keamanan dan kenyamanan untuk si kecil juga perlu diperhatikan. Yuk, simak penjelasannya!
    Ibu & anak
    26.129 Views
  • 10 Rekomendasi Krim Bayi / Baby Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Krim Bayi / Baby Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Kulit bayi yang halus dan lembut sangat sensitif dan rentan terhadap permasalahan kulit, seperti eczema, iritasi, kemerahan atau ruam, dan lainnya. Untuk mengatasi hal itu, berbagai pelembap khusus untuk bayi, seperti baby oil atau baby lotion memang banyak tersedia di pasaran. Akan tetapi, krim bayi disebut-sebut lebih mudah dan lebih aman untuk digunakan.Banyaknya produk krim bayi, seperti keluaran Cussons, Johnson’s, Zwitsal, hingga Bud’s Organic mungkin membuat Anda bingung dalam memilih. Jadi, kali ini kami akan menjelaskan beberapa poin untuk memilih krim bayi secara tepat. Mari baca secara saksama agar Anda bisa mendapatkan produk yang terbaik!
    Ibu & anak
    19.558 Views
  • 10 Rekomendasi Botol Susu Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Botol Susu Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2020)
    Botol susu bayi adalah salah satu perlengkapan yang penting untuk dipersiapkan sebelum kelahiran. Agar bisa memberikan susu dengan nyaman kepada bayi Anda, tentunya penting untuk memilih produk yang tepat di antara sekian banyak botol susu yang dijual.Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih botol susu bayi dengan pertimbangan material, bentuk, dan usia bayi. Setelahnya, Anda juga dapat menyimak rekomendasi produk-produk terbaik yang bisa dijadikan referensi, seperti Medela Calma, Comotomo, Tommee Tippee, dan Pigeon Wide Neck. Selamat membaca!
    Ibu & anak
    20.882 Views
  • 10 Rekomendasi Pompa ASI Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Pompa ASI Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Pompa ASI merupakan perlengkapan wajib bagi ibu menyusui yang tidak dapat memberikan ASI secara langsung kepada bayi. Biasanya, ketika bayi sudah tidur, Anda mulai memompa ASI. Selain bertujuan untuk menambah stok ASI yang dibutuhkan bayi, memompa ASI juga dapat mencegah munculnya mastitis di payudara.Sekarang ini tersedia pompa ASI dengan berbagai pilihan, ada yang manual dan elektrik. Merek yang dijual pun bermacam-macam, mulai dari Mooimom, Spectra, Pigeon, Medela, Philips Avent, dan sebagainya. Untuk memudahkan Anda, kami akan mengulas cara memilih pompa ASI dan memberikan rekomendasi produk terbaik. Selamat membaca!
    Ibu & anak
    20.274 Views
  • 10 Rekomendasi Sepatu Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sepatu Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Sepatu bayi dipakai si kecil untuk melindungi pertumbuhan tulang serta menjaga kaki dari kotoran saat berjalan atau berlari di luar rumah. Saat ini Adidas, Stride Rite atau produsen lain mengeluarkan berbagai macam sepatu bayi dengan berbagai model. Sulit tidak sih memilih sepatu bayi?Mari bergabung di artikel berikut agar Anda tidak salah saat memilih sepatu untuk buah hati Anda. Seperti biasa, kami akan memaparkan cara memilih sepatu bayi serta akan merekomendasikan 10 sepatu bayi terbaik. Selamat membaca dan jadikan artikel ini sebagai referensi untuk Anda dan kerabat.
    Ibu & anak
    1.758 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori