• 10 Rekomendasi Detergen Bebas Bahan Aditif Terbaik untuk Pakaian Bayi (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Detergen Bebas Bahan Aditif Terbaik untuk Pakaian Bayi (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Detergen Bebas Bahan Aditif Terbaik untuk Pakaian Bayi (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Detergen Bebas Bahan Aditif Terbaik untuk Pakaian Bayi (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Detergen Bebas Bahan Aditif Terbaik untuk Pakaian Bayi (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Detergen Bebas Bahan Aditif Terbaik untuk Pakaian Bayi (Terbaru Tahun 2022)

Detergen khusus pakaian bayi adalah pilihan terbaik untuk membersihkan pakaian dan kain yang menempel pada kulit bayi Anda. Selain itu, formulanya juga cocok untuk ibu yang baru melahirkan dan orang dewasa yang berkulit sensitif. Namun, takaran penggunaan dan komposisi detergen bayi bervariasi pada setiap produsen.


Untuk memudahkan Anda, kami akan memberikan informasi cara memilih detergen pakaian bayi yang bagus. Setelah itu, kami juga telah menyiapkan sepuluh rekomendasi produk terbaiknya dari merek terkenal, seperti Pigeon, Sleek, Buds Organics, Cussons, dan sebagainya. Jadi, simak ulasan kami sampai akhir ya!

  • Pembaharuan terakhir: 14 Mei 2022
Daftar isi

Perlukah detergen khusus untuk mencuci pakaian bayi?

Perlukah detergen khusus untuk mencuci pakaian bayi?

Apakah Anda mencuci baju bayi, handuk bayi, atau pakaian dalam dengan detergen biasa? Jika iya, pertimbangkanlah kembali. Bayi memiliki kulit yang setengah kali lebih tipis daripada kulit orang dewasa sehingga mudah kering. Lapisan pelindung kulit bayi juga lebih lemah dibandingkan dengan kulit orang dewasa. Karena itu, kulit bayi lebih mudah mengalami iritasi dan menjadi kasar bila pakaiannya dicuci dengan detergen biasa.


Selain itu, keringat, sebum, sisa susu yang menempel, dan kotoran lainnya dapat memicu timbulnya masalah kulit pada bayi. Pada dasarnya, tidak ada aturan khusus mengenai penggunaan detergen khusus pakaian bayi. Namun, kami menyarankan Anda menggunakannya sejak bayi Anda lahir hingga berusia satu tahun.


Setelah itu, bila bayi Anda tidak memiliki masalah kulit, Anda dapat mencoba mencuci dengan detergen biasa. Tentu saja Anda tetap harus memperhatikan kondisi kulit bayi. Jika Anda khawatir, Anda bisa memperpanjang jangka waktu penggunaan detergen pakaian bayi. Untuk melindungi kulit bayi Anda yang berharga, mulailah mencuci pakaian bayi dengan detergen khusus yang bebas zat aditif.

Cara memilih detergen bebas bahan aditif untuk pakaian bayi

Berikutnya, kami akan memberi tips memilih detergen bebas bahan aditif yang cocok untuk bayi Anda. Gunakanlah beberapa poin di bawah ini sebagai panduan dalam memilih. Selamat menyimak!

Gunakan jenis detergen berdasarkan fungsinya

Ada dua jenis detergen bebas bahan aditif untuk pakaian bayi, yaitu detergen bubuk dan detergen cair. Anda bisa memilihnya dengan mempertimbangkan hal-hal berikut ini.

Detergen cair, minim residu sehingga mengurangi risiko iritasi

Detergen cair, minim residu sehingga mengurangi risiko iritasi

Kami lebih merekomendasikan detergen cair karena cocok untuk mesin cuci tipe satu tabung. Detergen jenis cair meninggalkan sisa residu yang lebih sedikit sehingga dapat mengurangi risiko iritasi pada kulit bayi. Selain itu, detergen cair lebih praktis karena Anda lebih mudah menentukan takarannya. Jadi, Anda bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan sehingga akan meringankan pekerjaan.

Detergen bubuk, efektif membersihkan sebum dan kotoran berbau menyengat

Detergen bubuk, efektif membersihkan sebum dan kotoran berbau menyengat

Apabila Anda ingin produk yang memiliki kekuatan pembersih lebih tinggi, detergen bubuk bisa Anda pertimbangkan. Detergen bubuk umumnya memiliki formula basa yang lemah sehingga lebih efektif membersihkan sebum dan kotoran berbau menyengat. Karena itu, jenis ini ideal bagi Anda yang memiliki bayi aktif dan mulai mengonsumsi makanan pendamping.


Detergen bubuk juga memiliki harga yang relatif lebih murah dibandingkan dengan detergen cair sehingga Anda bisa lebih hemat. Namun, apabila Anda khawatir dengan sisa residu, Anda dapat melarutkan detergen bubuk terlebih dahulu dengan air hangat. Alternatif lainnya adalah dengan mengurangi kuantitas detergen bubuk yang digunakan dan lebih banyak membilasnya.

Perhatikan komposisi bahan detergen

Ada beberapa produk yang diklaim tidak menggunakan bahan aditif. Namun, bisa saja detergen terebut masih mengandung bahan aditif dengan kandungan kurang dari 1%. Dengan kandungan sekecil itu, produsen tidak wajib menuliskannya di tabel komposisi bahan. Jadi, pastikan Anda memeriksa bahan-bahan di tabel komposisi.

Detergen bebas surfaktan pas untuk Anda yang mengutamakan keamanan

Detergen bebas surfaktan pas untuk Anda yang mengutamakan keamanan

Sebagian detergen terbuat dari bahan-bahan alami seperti fatty acid sodium atau fatty acid potassium. Selain itu, ada juga detergen sintetis yang terbuat dari petroleum, minyak bumi, dan lemak. Kami merekomendasikan Anda untuk menggunakan detergen yang terbuat dari bahan-bahan alami. Detergen ini tidak mengandung surfaktan sehingga lebih aman.


Pada dasarnya, surfaktan dapat membantu menambah volume busa dan menghilangkan kotoran. Namun, bahan-bahan tersebut berisiko menimbulkan iritasi pada kulit bayi. Bergantung pada jenis kulit, surfaktan bisa saja menyebabkan masalah kulit.


Apabila detergen alami tidak efektif menghilangkan kotoran, pilihlah detergen sintetis yang surfaktannya terbuat dari lemak nabati, misalnya minyak kelapa. Meskipun demikian, kami menyarankan Anda tetap memilih produk yang memiliki hanya sedikit kandungan surfaktan.

Detergen tanpa pemutih dan pewangi adalah pilihan terbaik

Detergen tanpa pemutih dan pewangi adalah pilihan terbaik

Salah satu yang harus Anda perhatikan dalam memilih detergen adalah sisa residu yang tertinggal dalam pakaian. Residu muncul karena ada beberapa produk yang menambahkan bahan pencerah, pemutih, dan pewangi sintetis.


Pada beberapa kasus, pemutih pakaian (fluorescent) menjadi salah satu penyebab munculnya alergi dan masalah kulit pada bayi. Kandungan ini sebenarnya dapat menyerap sinar ultraviolet, serta dapat membuat pakaian terlihat lebih putih dan bersih. Namun, sisa residu bahan ini cukup sulit dihilangkan meskipun telah dibilas beberapa kali. Jadi, pastikan detergen pilihan Anda juga bebas dari bahan ini.


Begitu juga dengan pewangi sintetis. Pewangi sintetis tidak mudah hilang saat dibilas sehingga berisiko menyebabkan kerusakan pada kulit. Selain itu, bayi biasanya tidak cocok dengan aromanya yang terlalu kuat. Dalam memilih detergen untuk pakaian bayi, aspek terpenting adalah keamanan. Karena itu, sebaiknya Anda tidak memilih produk yang mengandung bahan sintetis.

Detergen pakaian bayi tidak membutuhkan pengawet berkualitas

Detergen pakaian bayi tidak membutuhkan pengawet berkualitas

Beberapa produk detergen diberi tambahan bahan aditif yang dikenal aman bagi tubuh, antara lain zat pewarna dan sizing agents. Selain itu, ada juga komponen yang menjaga kualitas kain seperti zat penstabil dan pengawet. Namun, sebaiknya Anda memilih produk dengan sedikit bahan yang berpotensi menimbulkan masalah pada bayi. Jadi, pilihlah produk yang mengandung bahan sesederhana mungkin.

Pilihlah produk yang telah teruji bebas iritasi

Pilihlah produk yang telah teruji bebas iritasi

Apabila bayi Anda memiliki masalah kulit seperti eksem (eczema) atau ruam, kami menyarankan untuk melakukan tes alergi. Hal tersebut membantu Anda memilih produk yang lebih aman untuk bayi.


Pengujian ini sangat penting dilakukan pada bayi berkulit sensitif. Mulailah dengan menggunakan hanya sedikit detergen yang kuat. Setelah itu, periksalah kulit bayi Anda. Apabila terjadi perubahan yang tidak biasa, segera kunjungi dokter anak Anda untuk memeriksakannya.

10 Rekomendasi detergen bebas bahan aditif terbaik untuk pakaian bayi

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk detergen bebas bahan aditif terbaik untuk pakaian bayi yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10

PigeonBaby Laundry Detergent Powder

Mulai dari Rp 65.000,00

JenisBubuk
KomposisiNonionic surfactant, sodium sulfate, enzyme, antibacterial agent
Isi1 kg
9

CyclesBaby Mild Laundry Detergent

Mulai dari Rp 65.000,00

JenisCair
KomposisiTidak diketahui
Isi800 ml
8

BIO HarvestBuds Organics BHE Baby Safe Laundry Detergent

Mulai dari Rp 289.900,00

JenisCair
KomposisiPotassium soap, Aloe barbadensis leaf juice, nonionic surfactant, xanthan gum, carboxy methyl cellulose, parfum, sweet orange peel oil, sodium gluconate, tocopherol, sunflower oil
Isi1.000 ml
7

BabybeePrecious Bee Gentle Laundry Liquid

Mulai dari Rp 41.000,00

JenisCair
KomposisiTidak disebutkan
Isi1.000 ml
6

Ivly NatureBaby Laundry Detergent

Mulai dari Rp 66.000,00

JenisCair
KomposisiLauryl glucoside, coco-glucoside, cocamidopropyl betaine, sodium lauryl ether sulfate, sodium bicarbonate, citric acid monohydrate, sodium chloride, coconut oil, apple mint extract, phytoncide extract, dll
Isi1.200 ml, 1.800 ml
5
JenisCair
KomposisiSodium laureth sulfate, alkyl polyglycoside, chamomile extract, lime extract, dll
Isi700 ml
4
JenisCair
KomposisiSurfactant (SLES, APG), propylene glycol, protease, chamomile extract
Isi450 ml
3
JenisCair
KomposisiAnionic surfactant, nonionic surfactant, 2-hydroxy 4-4, dichloro diphenyl ether, thiabendazole
Isi400 ml, 900 ml, 4.000 ml
2
JenisCair
KomposisiTidak disebutkan
Isi700 ml
1

UnileverZwitsal Deterjen Pakaian Bayi

Mulai dari Rp 28.900,00

JenisCair
KomposisiTidak disebutkan
Isi750 ml

Tabel perbandingan produk detergen bebas bahan aditif terbaik untuk pakaian bayi

Gambar produk
1
Unilever Zwitsal Deterjen Pakaian Bayi 1

Unilever

2
Unilever Rinso Gentle Deterjen Cair 1

Unilever

3
Kino Sleek Baby Laundry Detergent 1

Kino

4
Barclay Products My Baby Liquid Detergent 1

Barclay Products

5
Cussons Baby Liquid Detergent 1

Cussons Baby

6
Ivly Nature Baby Laundry Detergent 1

Ivly Nature

7
Babybee Precious Bee Gentle Laundry Liquid 1

Babybee

8
BIO Harvest Buds Organics BHE Baby Safe Laundry Detergent 1

BIO Harvest

9
Cycles Baby Mild Laundry Detergent 1

Cycles

10
Pigeon Baby Laundry Detergent Powder 1

Pigeon

Nama produk

Zwitsal Deterjen Pakaian Bayi

Rinso Gentle Deterjen Cair

Sleek Baby Laundry Detergent

My Baby Liquid Detergent

Liquid Detergent

Baby Laundry Detergent

Precious Bee Gentle Laundry Liquid

Buds Organics BHE Baby Safe Laundry Detergent

Baby Mild Laundry Detergent

Baby Laundry Detergent Powder

Keunggulan

Kandungan green tea dan Aloe vera hilangkan noda organik secara maksimal

Hanya butuh sedikit air untuk pakaian bebas noda!

Brand tepercaya yang telah mendapat penghargaan

Meski harganya terjangkau, produk ini tetap bisa melindungi kulit bayi dari iritasi

Memiliki aroma lembut khas bayi

Pilihan aromanya bisa memanjakan seluruh anggota keluarga

Tak perlu memakai banyak detergen untuk mengusir noda membandel!

Wangi essential oil alami yang menenangkan

Tidak meninggalkan residu yang berbahaya bagi kulit bayi

Diformulasikan dengan teknologi untuk membersihkan tanpa merusak pakaian si kecil

Harga mulai dariRp 28.900,00Rp 24.700,00Rp 20.500,00Rp 16.000,00Rp 33.850,00Rp 66.000,00Rp 41.000,00Rp 289.900,00Rp 65.000,00Rp 65.000,00
JenisCairCairCairCairCairCairCairCairCairBubuk
KomposisiTidak disebutkanTidak disebutkanAnionic surfactant, nonionic surfactant, 2-hydroxy 4-4, dichloro diphenyl ether, thiabendazoleSurfactant (SLES, APG), propylene glycol, protease, chamomile extractSodium laureth sulfate, alkyl polyglycoside, chamomile extract, lime extract, dllLauryl glucoside, coco-glucoside, cocamidopropyl betaine, sodium lauryl ether sulfate, sodium bicarbonate, citric acid monohydrate, sodium chloride, coconut oil, apple mint extract, phytoncide extract, dllTidak disebutkanPotassium soap, Aloe barbadensis leaf juice, nonionic surfactant, xanthan gum, carboxy methyl cellulose, parfum, sweet orange peel oil, sodium gluconate, tocopherol, sunflower oilTidak diketahuiNonionic surfactant, sodium sulfate, enzyme, antibacterial agent
Isi750 ml700 ml400 ml, 900 ml, 4.000 ml450 ml700 ml1.200 ml, 1.800 ml1.000 ml1.000 ml800 ml1 kg
Tautan produk

Pertanyaan umum seputar mencuci pakaian bayi

Selain mengulas cara memilih dan rekomendasi produknya, kami sudah mengumpulkan pertanyaan-pertanyaan yang populer seputar mencuci pakaian bayi. Jika Anda masih penasaran, simak jawabannya di bawah ini!

Bolehkah mencuci baju bayi dengan detergen biasa?

Bolehkah mencuci baju bayi dengan detergen biasa?

Sebenarnya, Anda boleh saja mencuci baju bayi dengan detergen biasa. Namun, Anda perlu memastikan kulit bayi tidak sensitif dan tidak memiliki alergi. Apabila Anda ingin memakai detergen biasa, sebaiknya Anda memilih detergen cair karena lebih mudah dibilas.


Anda juga perlu mengulang beberapa kali proses pembilasan sampai pakaian bayi benar-benar bersih. Selain itu, pilihlah detergen yang tidak berwarna dan tidak mengandung zat pewangi berlebihan.


Untuk memastikan sensitivitas kulit si kecil, Anda bisa mencoba mencuci satu atau dua pakaiannya terlebih dahulu. Apabila kulit bayi tidak mengalami masalah, maka Anda bisa melanjutkan mencuci pakaian bayi menggunakan detergen biasa. Umumnya, gejala iritasi pada kulit bayi ditandai dengan bercak kemerahan atau gatal-gatal.

Bolehkah mencuci baju bayi dengan pewangi pakaian?

Bolehkah mencuci baju bayi dengan pewangi pakaian?

Mencuci baju bayi idealnya menggunakan detergen yang tidak mengandung pewarna dan pewangi berlebihan. Hal ini karena bayi yang baru lahir hingga berusia tiga bulan memiliki kulit yang sangat sensitif.


Jika Anda tetap ingin mencuci baju bayi dengan pewangi pakaian (softener), pastikan Anda memilih pewangi khusus untuk kulit sensitif. Anda juga bisa memilih produk pewangi yang telah teruji secara dermatologi. Dengan begitu, kulit bayi tetap sehat dan halus.

Baca juga rekomendasi perlengkapan bayi lainnya di sini

Selain menggunakan detergen yang aman untuk kulit bayi, sebaiknya Anda juga memberikan krim bayi untuk merawat kulitnya. Anda bisa mengetahui lebih detail mengenai krim bayi, skincare bayi, dan lotion Calamine pada link di bawah ini.

Kesimpulan

Bagaimana menurut Anda mengenai artikel rekomendasi ini? Tentunya Anda ingin mencuci pakaian bayi dengan detergen yang paling dapat Anda andalkan, baik kekuatannya maupun keamanannya. Jadi, perhatikanlah kandungannya saat memilih.

Agar lebih praktis, Anda juga dapat memilih produk yang bisa digunakan untuk mencuci pakaian seluruh keluarga. Semoga setelah membaca artikel ini, Anda segera menemukan detergen yang cocok untuk pakaian bayi Anda, ya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Botol Susu Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Botol Susu Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2022)
    Botol susu bayi adalah salah satu perlengkapan yang penting untuk dipersiapkan sebelum kelahiran bayi dan setelah bayi lahir. Di antara sekian banyak botol susu yang dijual, Anda harus memilih produk yang tepat. Hal ini dilakukan demi memberikan kenyamanan pada bayi Anda nantinya.Kali ini kami akan menjelaskan cara memilih botol susu bayi yang bagus dengan pertimbangan material botol, bentuk botol, dan usia bayi. Kami juga akan memberikan rekomendasi merk terbaik, seperti Comotomo, Putti Atti, Medela, Sweety, BABY HUKI, dan PIGEON. Baca sampai selesai, ya!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Rekomendasi Popok Terbaik untuk Bayi Baru Lahir (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Popok Terbaik untuk Bayi Baru Lahir (Terbaru Tahun 2022)
    Setiap ibu yang baru melahirkan pasti ingin mencari popok terbaik untuk bayinya. Popok bayi sendiri sangat beragam, ada popok kain, diapers, dan cloth diapers (clodi). Namun, kali ini kami hanya akan membahas popok sekali pakai. Banyaknya merek populer, seperti MamyPoko, Sweety, dan Pampers, membuat banyak ibu jadi kebingungan memilih popok terbaik.Untuk itu, kami akan membagikan tips memilih sekaligus memperkenalkan pampers newborn terbaik untuk buah hati Anda. Tidak hanya memilih popok dengan harga murah saja, keamanan dan kenyamanan si kecil juga perlu diperhatikan. Yuk, simak penjelasannya berikut ini!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Rekomendasi Baby Lotion Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Baby Lotion Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Baby lotion adalah salah satu produk skincare bayi yang berperan sebagai moisturizer. Baby lotion bisa digunakan untuk melembapkan kulit wajah dan tubuh bayi. Di pasaran, Anda dapat menemukan berbagai merk baby lotion yang bagus, seperti Zwitsal, Cussons, Johnson's, Pigeon, dan Cetaphil.Bagi Anda yang masih bingung ketika memilih produk, silakan cermati artikel yang akan mengupas tuntas tentang baby lotion ini. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi produk yang bisa Anda jadikan pilihan. Simak sampai akhir dan temukan lotion yang tepat untuk bayi Anda!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Rekomendasi Krim Bayi / Baby Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Krim Bayi / Baby Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Meskipun kulit bayi halus dan lembut, bukan berarti tidak membutuhkan perhatian dan perawatan khusus. Sebaliknya, kulit bayi sangat sensitif dan rentan terkena permasalahan kulit, seperti eksem, iritasi, dan ruam. Untuk mengatasinya, Anda dapat menggunakan baby cream atau krim bayi. Kami akan mengulas tips memilih krim bayi yang bagus untuk mengatasi ruam popok, biang keringat, dan lainnya. Kami juga akan memberikan rekomendasi krim bayi/baby cream terbaik dari berbagai merek, seperti Johnson's, Zwitsal, dan Cussons Baby. Simak ulasan dari kami dan dapatkan produk baby cream untuk bayi Anda tercinta!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Sabun Bayi Terbaik yang Aman dan Tepercaya - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Bayi Terbaik yang Aman dan Tepercaya - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2022)
    Mandi merupakan hal yang sangat penting bagi bayi yang baru lahir hingga yang sudah mulai belajar bermain di luar ruangan. Berhubung sabun bersentuhan langsung dengan kulit bayi, Anda tentu ingin memilih produk yang berkualitas dan aman bagi kulitnya.Pada artikel kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih sabun bayi yang bagus, aman, dan tepercaya. Kami juga akan merekomendasikan sepuluh produk terbaik dari berbagai merek populer, seperti Pigeon, Zwitsal, Johnson’s, dan lainnya. Ada juga komentar dari bidan Ony Christy untuk menambah wawasan Anda. Simak pembahasannya sampai akhir, ya!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Rekomendasi Stroller Ringan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Stroller Ringan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Saat ini, banyak stroller atau kereta dorong bayi yang memiliki bobot ringan. Stroller berbobot ringan ini memudahkan para ibu dan ayah saat bepergian dengan bayi. Dengan bobotnya yang ringan, stroller jenis ini juga mudah dan nyaman untuk didorong, dilipat, bahkan dimasukkan ke dalam kabin pesawat terbang.Ada berbagai merek stroller berbobot ringan yang dapat Anda temukan di pasaran, seperti Aprica, Pliko, Joie, dan sebagainya. Setiap produk memiliki keunggulan dan daya tarik masing-masing. Kami akan membantu Anda dalam menemukan stroller terbaik dengan memberikan rekomendasi produk beserta cara memilihnya. Selamat membaca!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Rekomendasi Box Tempat tidur Bayi Terbaik - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Box Tempat tidur Bayi Terbaik - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu perlengkapan bayi yang penting adalah box bayi. Terdapat berbagai model, baik yang berukuran kecil maupun besar, portabel, dan multifungsi. Anda juga akan menemukan box tempat tidur bayi berkualitas dari merek IKEA, Graco, Nuna, Joie, dan sebagainya di pasaran.Agar Anda tidak salah pilih, kami akan menjelaskan cara memilih produk yang tepat. Kami juga akan memberikan daftar rekomendasi box tempat tidur bayi yang bagus dalam artikel ini. Pastikan Anda tidak melewatkan komentar dari bidan kami, Ony Christy, ya. Nah, selamat membaca hingga akhir!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori