10 Rekomendasi Selai Kacang Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Selai Kacang Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Lezatnya selai kacang saat dioles di atas roti bakar akan membangkitkan selera sarapan. Namun, saat ini selai kacang bukan hanya dinikmati karena rasa lezat saja, melainkan karena kandungan nutrisinya yang sangat baik dan bermanfaat untuk tubuh. Selain itu, selai kacang yang mengandung sedikit gula juga cocok untuk Anda yang sedang berdiet.

Ada cukup banyak merek selai kacang yang bisa Anda nikmati, seperti Skippy, Peanut Butter & Co., dan Jif. Manakah yang terbaik? Dalam artikel ini, kami merekomendasikan selai kacang terbaik yang dapat melengkapi kebutuhan sarapan atau program kebugaran Anda sehari-hari. Yuk, simak artikel ini sampai selesai!

Daftar isi

Meningkatnya kepopuleran selai kacang!

Meskipun selai kacang sudah ada cukup lama, tetapi baru belakangan ini khasiat nutrisinya dikaji ulang. Saat ini, selai kacang sudah menjadi makanan yang populer di kalangan industri kebugaran dan kecantikan. Pertama-tama, mari kita pelajari apa saja manfaat hebat yang terdapat dalam satu stoples selai kacang. Simak poin-poin di bawah ini!

Apa itu selai kacang?

Apa itu selai kacang?

Selai kacang diolah dari kacang tanah kering yang dipanggang, ditumbuk halus sampai menjadi pucat, kemudian diperas. Lembaga Makanan dan Obat di Amerika Serikat mendefinisikan selai kacang sebagai produk yang memiliki kandungan lebih dari 90% bahan baku kacang. Kandungan lemak susu tidak disertakan sama sekali.

Ada juga produk selai kacang yang sudah diberi pemanis atau dikenal dengan sebutan sweetened peanut butter. Produk ini merupakan selai kacang manis dengan kandungan sakarida, seperti gula, sirop, krim, minyak sayur, garam, dan lainnya yang sering dipakai sebagai topping kue atau roti. Selai kacang manis lebih lezat dan mudah dimakan, tetapi terkadang orang-orang tidak bisa membedakannya dengan selai kacang murni.

Selai kacang kaya akan nutrisi

Lemak yang terkandung dalam kacang adalah lemak nabati baik seperti yang terdapat di dalam minyak zaitun dan buah alpukat. Kandungan asam lemak tak jenuh berlimpah, seperti asam oleat, asam linoleat, dan asam α-linolenat sangat bermanfaat bagi kesehatan. Selain itu, selai kacang juga mengandung vitamin, mineral, lesitina, serat makanan, protein, dan sebagainya. Selai kacang yang terbuat dari bahan baku kacang tanah dinilai sangat tinggi nutrisi.

Selai kacang mampu menyehatkan badan Anda

Selai kacang mampu menyehatkan badan Anda

Selai kacang mengandung asam lemak tak jenuh yang berfungsi menurunkan kadar kolesterol. Kandungan lesitina dari selai kacang bekerja menyerap nutrisi dan oksigen yang diperlukan oleh sel, serta membuang zat beracun yang tidak diperlukan tubuh. Protein dari selai kacang juga berguna untuk pertumbuhan dan meregenerasi sel otot, organ, kulit, kuku, dan rambut. Oleh karena itu, selai kacang dianjurkan bukan hanya untuk orang dewasa dan atlet, melainkan juga untuk anak-anak yang membutuhkan protein.

Selai kacang banyak mengandung vitamin. Beberapa di antaranya adalah vitamin B6 yang mencerna protein menjadi bentuk yang lebih sederhana untuk diserap tubuh dalam bentuk asam amino.

Selai kacang juga mengandung vitamin B1 yang efektif mencegah atau memulihkan kelelahan otot, sangat cocok untuk atlet atau Anda yang sering berolahraga berat. Sementara itu, kandungan vitamin B3 atau niasin dari selai kacang bekerja sebagai koenzim dalam reaksi reduksi dan oksidasi. Manfaat lainnya adalah untuk memelihara fungsi otak, meningkatkan memori, membantu saluran pencernaan dalam menyerap gizi baik, serta mengurangi efek radang sendi.

Selai kacang sudah terbukti kaya manfaat dan nutrisi sehingga layak disertakan di dalam menu Anda sehari-hari!

Selai kacang dapat mendukung pertumbuhan dan berkhasiat bagi kecantikan

Selai kacang dapat mendukung pertumbuhan dan berkhasiat bagi kecantikan

Selai kacang bermanfaat bagi pertumbuhan sel dan sintesis DNA. Hal ini dikarenakan selai kacang mengandung asam folat yaitu berupa nutrisi yang diperlukan untuk ibu hamil dan anak-anak dalam masa pertumbuhan. Folat juga berperan penting dalam sintesis DNA serta pertumbuhan sel dan jaringan kulit. Selain itu, kalsium dan magnesium yang terkandung di dalamnya penting untuk pembentukan tulang dan gigi. Segala kandungan baik ini merupakan nutrisi untuk mendukung masa pertumbuhan.

Selai kacang juga mengandung vitamin E dengan efek antioksidan yang bagus untuk kecantikan. Zat ini bekerja menekan oksigen aktif yang menyebabkan penuaan. Selain itu, peremajaan vitamin E akan membantu meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh. Kandungan serat di dalam selai kacang juga mampu meredakan sembelit, memperbaiki lingkungan usus, mencegah tekanan darah tinggi, dan menurunkan kadar kolesterol. Selai kacang dapat Anda andalkan untuk kecantikan dan pertumbuhan.

Cara memilih selai kacang

Apa saja yang harus diperhatikan saat memilih selai kacang? Simak ulasan di bawah ini!

Sebaiknya memilih selai kacang yang manis atau asin?

Sebaiknya memilih selai kacang yang manis atau asin?

Dewasa ini, selai kacang dibuat sesuai selera pasar. Apabila Anda memakannya langsung dengan sendok, pilih selai kacang manis yang rasanya seperti gula atau sirop. Akan terasa lebih mudah dan lezat apabila memakannya bersama roti.

Di Jepang, yang disebut dengan krim kacang adalah selai kacang dengan rasa manis, sedangkan selai kacang asli di Amerika umumnya memiliki sedikit rasa manis bercampur asin. Orang yang peduli dengan kandungan kalori dan lemak harus memeriksa komposisinya terlebih dahulu. Pilihlah selai kacang yang hanya memiliki sedikit campuran bahan pemanis, sodium, dan lebih banyak mengandung kacang di dalamnya.

Apabila Anda ingin menggunakan selai kacang sebagai bahan memasak, pilih produk yang tidak mengandung banyak tambahan bumbu penyedap atau perasa.

Berapa banyak kandungan kacang di dalamnya? Periksa komposisi selai kacang Anda!

Berapa banyak kandungan kacang di dalamnya? Periksa komposisi selai kacang Anda!

Apabila selai kacang memiliki kandungan kacang tanah yang besar, teksturnya lebih kental dan kasar sehingga sulit dioleskan di atas permukaan roti panggang, panekuk, dan lainnya. Selain itu, selai kacang juga menjadi sulit dimakan. Sebelum membeli, ada baiknya Anda memeriksa seberapa besar kandungan kacang di dalamnya. Hal ini dikarenakan ada juga beberapa produk selai kacang yang hanya sedikit mengandung kacang, tetapi dicampur dengan banyak gula dan garam.

Selai kacang murni adalah selai kacang yang mengandung 100% kacang tanah. Untuk Anda yang ingin menggunakan selai kacang sebagai campuran masakan, atau memakannya secara langsung, sebaiknya Anda memilih selai kacang jenis ini.

Selai kacang yang terbuat dari 100% kacang tanah, biasanya mengandung banyak minyak. Produk demikian biasanya ditandai dengan terjadinya pemisahan antara kacang dengan minyak di dalam wadahnya. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena hal tersebut tidak akan mengubah kualitas selai kacang. Sebelum dikonsumsi, Anda bisa mengaduknya terlebih dahulu agar minyak dan kacangnya tercampur merata.

Perhatikan tekstur selai kacang

Perhatikan tekstur selai kacang

Selai kacang memiliki tekstur kasar dengan butiran kacang hancur yaitu chunk atau crunchy, serta selai kacang lembut berupa pasta halus disebut creamy. Anda bisa memilih selai kacang chunk atau creamy sesuai selera Anda.

Pilihlah tipe chunk atau crunchy apabila Anda menyukai tekstur kasar, kemudian pilihlah tipe creamy apabila Anda menyukai tekstur yang lembut kental. Tekstur creamy juga bisa Anda gunakan untuk bahan memasak, sedangkan chunk cocok untuk dimakan bersama roti.

Untuk dipakai memasak, pilih selai kacang berkapasitas besar

Untuk dipakai memasak, pilih selai kacang berkapasitas besar

Apabila untuk dimakan bersama roti, selai kacang bisa dioleskan sedikit saja. Namun, selai kacang juga bisa digunakan sebagai topping, saus, bumbu, mi sup, atau digunakan sebagai bahan pembuatan kue dan minuman.

Karena memiliki kandungan minyak yang tinggi, selai kacang dapat disimpan dalam waktu yang relatif lama. Apabila Anda berencana menggunakannya untuk memasak, Anda bisa memilih produk selai kacang yang dijual dalam kemasan besar untuk menghemat biaya.

10 Rekomendasi selai kacang terbaik

Di bawah ini adalah sepuluh rekomendasi selai kacang terbaik untuk Anda. Mari kita mulai dari urutan kesepuluh.

10. Hormel Foods Skippy Creamy Peanut Butter Twin Pack

5. Hormel Foods Skippy Creamy Peanut Butter Twin Pack

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 270.000

Penggemar Skippy? Selainya yang creamy lezat ideal dipakai memasak, lho!

Ingat selai kacang maka mungkin Anda paling mengingat merek yang satu ini. Skippy adalah merek selai kacang terpopuler di dunia, terutama di Indonesia. Varian rasanya dari creamy hingga crunchy sudah menjadi sahabat roti Anda sehari-hari. Lalu, bagaimana jika Anda mencari selai kacang lezat yang cocok digunakan memasak?

Skippy mengeluarkan produk dengan rasa lezat creamy terbaiknya dengan kemasan sebesar lebih dari 1000 gram! Twin pack ini ideal untuk Anda pakai memasak, memberikan rasa pada roti, dan membumbui kue Anda. Tekstur selainya tidak terlalu kental, tetapi memiliki rasa yang kaya seperti selai kacang murni. Anda pasti tidak akan bosan mencicipi rasa selai kacang creamy klasik dari Skippy ini.

9. The J.M. Smucker Jif Creamy Peanut Butter

9. The J.M. Smucker Jif Creamy Peanut Butter

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 50.900

Creamy-nya nampol! Menggelincir mulus di atas roti, sandwich, dan makanan favorit Anda

Sebagaimana merek Skippy, Jif terkenal dengan banyak varian selai kacangnya. Jif Creamy Peanut Butter menjadi salah yang difavoritkan banyak orang karena selain nikmat, selai ini terbuat dari kacang panggang segar. Teksturnya disebut sangat lembut dan gurih. Lezat dioleskan ke permukaan roti isi dan variasi kue buatan Anda di rumah, serta lezat juga dicampurkan dengan selain stroberi.

Selai kacang creamy ini bebas dari gluten, tanpa bahan pengawet buatan, dan hanya mengandung 2% atau kurang bahan tambahan garam dan minyak sayur. Dengan setiap dua sendok makan selai kacang Simply Jif, Anda mendapatkan 7 gram protein. Apabila Anda mencari alternatif selai kacang selain dari merek terkenal seperti Skippy, Anda bisa mencoba selai kacang dari Jif!

8. Kraft No Added Salt or Sugar Peanut Butter

8. Kraft No Added Salt or Sugar Peanut Butter

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 85.000

Tanpa gula dan garam, tetapi sangat gurih dan renyah

Kraft No Added Salt or Sugar Peanut Butter adalah selai kacang crunchy dan menyehatkan. Produk ini mengandung 91% kacang tanah alami dan minyak sayur dengan khasiat antioksidan. Selain itu, selai kacang ini juga mengandung Hi oleic peanuts dari Australia yang memiliki kombinasi asam lemak sehat yang mirip dengan minyak zaitun.

Butiran kacangnya memiliki tekstur crunchy yang terasa padat dan gurih saat dioleskan ke atas roti. Setiap satu sendok makan Kraft No Added Salt or Sugar Peanut Butter terdiri dari 18 gram kacang. Ini adalah salah satu selai kacang asin yang kami rekomendasikan untuk Anda yang sedang menjaga kebugaran!

7. Peanut Butter & Co. Dark Chocolate Dreams Peanut Butter

7. Peanut Butter & Co. Dark Chocolate Dreams Peanut Butter

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 135.000

Lebih enak dari selai cokelat Nutella. Boleh dicoba!

Apabila Anda menyukai selai cokelat dari Nutella dicampur dengan selai kacang, produk yang satu ini akan menjadi favorit Anda. Dark Chocolate Dreams Peanut Butter adalah selai kacang yang mengandung campuran dark chocolate. Selain lezat, selai kacang ini tidak mengandung minyak dan memiliki kandungan protein yang cukup.

Selai kacang manis ini sangat populer karena kaya akan rasa dan sangat cocok dijadikan teman sarapan bersama roti, es krim, atau buah. Anda bisa menikmatinya dengan sendok makan langsung yang dalam dua sendok makannya terdiri dari 170 kalori. Selain itu, produk ini juga tidak mengandung kolesterol, lemak jahat, gluten, serta telah bersertifikasi sebagai produk vegan.

6. Peanut Butter & Co. Smooth Operator Peanut Butter

6. Peanut Butter & Co. Smooth Operator Peanut Butter

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 112.500

Rasakan sensasi selai kacang asin yang halus dan lumer di mulut

Selanjutnya, kami merekomendasikan selai kacang yang menjadi best seller di Amerika. Smooth Operator Peanut Butter adalah selai bertekstur halus yang terbuat dari kacang organik dengan campuran sedikit garam dan sirop tebu. Selain itu, selai kacang ini hanya menggunakan sedikit minyak buah sawit sehingga tidak mengandung kolesterol dan lemak jahat.

Produk ini diklaim bebas kolesterol, lemak jahat, gluten, fruktosa, dan dapat dikonsumsi oleh Anda yang vegetarian. Dalam setiap dua sendok makannya mengandung 180 kalori, 2 gram serat makanan, 8 gram karbohidrat, dan 7 gram protein. Apabila Anda menyukai selai kacang dengan rasa asin dan meleleh lembut, Anda akan menyukai produk ini!

5. Sanitarium Original Crunchy Peanut Butter

5. Sanitarium Original Crunchy Peanut Butter

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 95.000

Crunchy menyehatkan dengan kalori yang pas

Sanitarium adalah merek asal Australia yang memproduksi selai kacang sehat. Rata-rata produk selai kacangnya mengandung kacang sebesar 90% hingga 100% dan tanpa bahan pengawet. Untuk Original Crunchy Peanut Butter memiliki rasa asin bercampur manis yang lezat. Tekstur chunk-nya konsisten saat dibaurkan ke roti Anda.

Selai kacang asin ini terdiri dari 90% kacang panggang segar, gula, minyak sayur, garam, mono, dan diglycerides. Selain itu, selai ini disebut sebagai sumber protein tinggi dengan kandungan lemak tak jenuh dan tanpa bahan pewarna. Setiap dua sendok makannya mengandung 122 kalori yang lebih rendah dibanding dengan produk selai kacang lainnya. Oleh sebab itu, selai kacang ini direkomendasikan untuk Anda yang sedang menjalani program diet!

4. Numi Center Sincere Organic Peanut Butter

4. Numi Center Sincere Organic Peanut Butter 

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 70.000

Satu-satunya selai kacang buatan Indonesia yang telah bersertifikasi organik!

Numi Center Sincere Organic Peanut Butter diklaim sebagai satu-satunya produk selai kacang lokal yang telah bersertifikasi organik. Bahan utamanya hanya terdiri dari 100% bahan alami yaitu kacang organik yang dipanggang dengan oven dan garam laut Bali. Apabila Anda vegetarian atau mencintai produk organik, selai kacang ini tepat untuk Anda.

Selai kacang asin ini sudah lolos uji pangan, terbukti tidak mengandung tambahan pemanis, minyak, bahan pengawet, dan bahan kimia yang tidak baik bagi kesehatan. Dalam setiap dua sendok makannya mengandung 190 kalori, 2 gram lemak tak jenuh, 8 gram protein, 7 gram karbohidrat, 2% kalsium, dan 4% zat besi. Anda bisa menikmati selai kacang ini dengan biskuit, buah, atau sebagai saus gado-gado yang menyehatkan!

3. Clearspring Bio Kitchen Organic Peanut Butter – Smooth

3. Clearspring Bio Kitchen Organic Peanut Butter - Smooth

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 115.000

Tinggi protein, + tinggi serat + rendah gula = kombinasi pas!

Bio Kitchen adalah merek premium yang mengusung produk makanan organik dan biodynamic di dalam stoples kaca untuk menjaga cita rasa makanan tetap kaya dan lezat. Selai kacang ini hanya berbahan kacang organik sebesar 99.4% dan garam laut. Bio Kitchen Organic Peanut Butter tidak mengandung emulsifying agents dan gluten yang menjadikannya sebagai salah satu produk yang aman dan menyehatkan.

Clearspring Organic Peanut Butter tidak mengandung minyak yang terhidrogenasi atau dicampur dengan minyak sayur. Anda bisa memakainya untuk bumbu masak, campuran protein shake, bumbu satai, dan es krim. Meski memiliki kadar gula yang rendah, selai kacang ini memiliki rasa yang lezat dan asin manis yang pas.

2. Kethobetic Crunchy Chunky Peanut Butter

2. Kethobetic Crunchy Chunky Peanut Butter

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 75.000

Diet bukan berarti tidak dapat menikmati selai kacang yang enak

Selai kacang yang dijual di pasaran memang memiliki kalori yang tinggi karena tambahan gula dan garam. Nah, bagaimana dengan selai kacang yang dibuat khusus untuk para keto dieter ini? Setiap olesan selai kacang bergizi dari merek Kethobetic ini diklaim tidak mengandung gula! Plus, Anda akan merasakan butiran kacang yang renyah dan aroma kacang panggang yang segar.

Setiap sajiannya mengandung 90 kalori. Selain itu, di dalam produk ini juga tidak terdapat kandungan gluten. Yang perlu dikhawatirkan selanjutnya adalah bagaimana Anda bisa memakan selai kacang ini tanpa efek ketagihan saking lezatnya! Tentunya, kami merekomendasikan selai kacang bertekstur super crunchy ini untuk Anda yang sedang menjalani program diet ketogenic.

1. ErwinDeepBlue Yan Peanut Selai Kacang Organik

1. ErwinDeepBlue Yanpeanut Selai Kacang Organik

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 37.500

Sehat maksimal dengan selai 100% kacang tanah organik. Bebas request tanpa gula dan garam

Anda mencari selai kacang berbahan 100% kacang tanah organik untuk kesehatan? Pilih Yan Peanut Butter dibuat tanpa bahan pengawet dan bahan kimia. Produk lokal ini telah melalui proses pembuatan yang murni, diuji laboratorium, dan dijamin bebas kolesterol. Mereka menggunakan minyak canola yang mengandung kadar lemak paling sedikit. Anda juga bisa request menggunakan minyak zaitun atau tanpa garam.

Untuk penderita diabetes, ada varian tanpa gula, sedangkan Anda yang menyukai manis dapat memilih varian gula yang lezat. Selain itu, Anda pasti terkejut mengetahui jumlah kalori tiap satu sajiannya sangatlah rendah! Hanya 9 kalori saja. Selai kacang ini akan mendukung kesehatan, menjaga kebugaran, dan mengoptimalkan program diet Anda! Untuk memasak? Beli saja selai kacang organik Yan Peanut yang berkemasan 1 kg!

Selai kacang untuk hidangan lainnya

Selai kacang untuk hidangan lainnya

Selai kacang bukan hanya sahabat terbaik bagi roti. Ada berbagai cara untuk menikmati selai kacang yang tinggi nutrisi.

Sebagai contoh, beberapa chef sering menggunakan selai kacang untuk bumbu masak sayuran seperti bayam dan asparagus. Selai kacang juga sangat lezat ketika dicampurkan dengan minyak dan saus untuk ayam. Selain itu, Anda juga bisa mencampurkannya dengan sup ayam, pasta, biskuit, mi kuah, dan hidangan selada yang lezat.

Akan tetapi, karena kalori selai kacang cukup tinggi, disarankan untuk mengonsumsi maksimal dua sendok makan selai kacang per hari. Untuk Anda yang sedang berdiet, jangan lupa memperhatikan jumlah kalori selai kacang yang Anda konsumsi. Bagi Anda yang memiliki alergi terhadap kacang juga sebaiknya menghindari selai kacang.

Baca juga rekomendasi selai terbaik lainnya di sini!

Dalam artikel ini, kami telah merekomendasikan selai kacang terbaik. Bagaimana dengan produk selai terbaik lainnya yang cocok untuk dimakan bersama roti favorit Anda? Simak rekomendasi aneka produk selai lainnya berikut ini!

Kesimpulan

Selai kacang bukan hanya untuk dinikmati bersama roti, tetapi juga dapat menjadi sumber protein dan asupan yang tinggi nutrisi. Produk ini sangat pantas dijadikan menu sarapan sehari-hari guna meningkatkan gaya hidup sehat Anda.

Selain itu, Anda bisa menggunakan selai kacang untuk memasak berbagai menu lezat dari sayuran hingga kue. Semoga artikel ini dapat membantu Anda menemukan selai kacang terbaik! Good luck!