• 10 Rekomendasi Selai Kacang Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Selai Kacang Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Selai Kacang Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Selai Kacang Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Selai Kacang Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Selai Kacang Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Lezatnya selai kacang saat dioles di atas roti bakar akan membangkitkan selera. Namun, saat ini selai kacang bukan hanya dinikmati karena rasa lezat saja, melainkan karena kandungan nutrisinya yang bermanfaat untuk tubuh. Selain itu, selai kacang yang mengandung sedikit gula juga cocok untuk Anda yang sedang berdiet.

Ada cukup banyak merek selai kacang di pasaran, seperti Skippy, Peanut Butter & Co., dan Jif. Manakah yang terbaik? Dalam artikel ini, kami merekomendasikan selai kacang terbaik untuk melengkapi kebutuhan sarapan atau program kebugaran Anda. Yuk, simak sampai selesai!
  • Pembaharuan terakhir: 08 Maret 2020
  • 35.036 Views
Daftar isi

Meningkatnya kepopuleran selai kacang!

Meskipun selai kacang sudah ada cukup lama, tetapi baru belakangan ini khasiat nutrisinya dikaji ulang. Saat ini, selai kacang sudah menjadi makanan yang populer di kalangan industri kebugaran dan kecantikan. Pertama-tama, mari kita pelajari apa saja manfaat hebat yang terdapat dalam satu stoples selai kacang!

Apa itu selai kacang?

Apa itu selai kacang?
Selai kacang diolah dari kacang tanah kering yang dipanggang, ditumbuk halus sampai berwujud pasta. Lembaga Makanan dan Obat di Amerika Serikat mendefinisikan selai kacang sebagai produk yang memiliki kandungan lebih dari 90% bahan baku kacang. Kandungan lemak susu tidak disertakan sama sekali.

Ada juga produk selai kacang yang sudah diberi pemanis atau dikenal dengan sebutan sweetened peanut butter. Produk ini merupakan selai kacang manis dengan kandungan sakarida, seperti gula, sirop, krim, minyak sayur, garam, dan lainnya yang sering dipakai sebagai topping kue atau roti. Selai kacang manis seperti ini memang lebih nikmat dan lebih akrab di lidah kita.

Selai kacang kaya akan nutrisi

Lemak yang terkandung dalam kacang adalah lemak nabati baik seperti yang terdapat di dalam minyak zaitun dan buah alpukat. Kandungan asam lemak tak jenuh berlimpah, seperti asam oleat, asam linoleat, dan asam α-linolenat sangat bermanfaat bagi kesehatan. Selain itu, selai kacang juga mengandung vitamin, mineral, lesitina, serat makanan, protein, dan sebagainya. Selai kacang yang terbuat dari bahan baku kacang tanah dinilai sangat tinggi nutrisi.

Kandungan gizi yang mampu menyehatkan badan

Kandungan gizi yang mampu menyehatkan badan
Selai kacang mengandung asam lemak tak jenuh yang berfungsi menurunkan kadar kolesterol. Kandungan lesitina dari selai kacang bekerja menyerap nutrisi dan oksigen yang diperlukan oleh sel, serta membuang zat beracun yang tidak diperlukan tubuh. Protein dari selai kacang juga berguna untuk pertumbuhan dan meregenerasi sel otot, organ, kulit, kuku, dan rambut. Karena itu, selai kacang dianjurkan bukan hanya untuk orang dewasa dan atlet, melainkan juga untuk anak-anak yang membutuhkan protein.

Selai kacang banyak mengandung vitamin. Beberapa di antaranya adalah vitamin B6 yang mencerna protein menjadi bentuk yang lebih sederhana untuk diserap tubuh dalam bentuk asam amino.


Selai kacang juga mengandung vitamin B1 yang efektif mencegah atau memulihkan kelelahan otot. Sementara itu, kandungan vitamin B3 atau niasin dari selai kacang bekerja sebagai koenzim bagi sekitar 500 jenis enzim di dalam tubuh. Nah, telah terbukti bahwa selai kacang mengandung nutrisi yang dapat menyehatkan tubuh Anda, bukan?

Mendukung pertumbuhan anak dan berkhasiat bagi kecantikan

Mendukung pertumbuhan anak dan berkhasiat bagi kecantikan
Selai kacang bermanfaat bagi pertumbuhan sel dan sintesis DNA. Hal ini dikarenakan selai kacang mengandung asam folat yaitu berupa nutrisi yang diperlukan untuk ibu hamil dan anak-anak dalam masa pertumbuhan. Selain itu, kalsium dan magnesium yang terkandung di dalamnya penting untuk pembentukan tulang dan gigi. Segala kandungan baik ini merupakan nutrisi untuk mendukung masa pertumbuhan.

Selai kacang juga mengandung vitamin E dengan efek antioksidan yang bagus untuk kecantikan. Zat ini bekerja menekan oksigen aktif penyebab penuaan. Selain itu, peremajaan vitamin E akan membantu meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh. Kandungan serat di dalam selai kacang juga mampu meredakan sembelit, memelihara kondisi usus, mencegah tekanan darah tinggi, dan menurunkan kadar kolesterol. Selai kacang dapat Anda andalkan untuk kecantikan dan pertumbuhan.

Cara memilih selai kacang

Wah, ternyata selai kacang tidak hanya lezat saja, tetapi juga berlimpah kandungan nutrisinya. Nah, selanjutnya, apa saja yang harus diperhatikan saat memilih selai kacang? Simak ulasan di bawah ini!

Pilih yang memiliki rasa manis atau asin

Pilih yang memiliki rasa manis atau asin
Dewasa ini, selai kacang dibuat sesuai selera pasar. Ada produk yang sebaiknya diolah dahulu sebelum dinikmati, ada pula produk yang bisa langsung dikonsumsi. Apabila Anda ingin menggunakan selai kacang sebagai bahan memasak, pilih produk yang tidak mengandung banyak tambahan bumbu penyedap atau perasa. Sebaliknya, bila hendak dikonsumsi sebagai pelengkap roti, sweetened peanut butter adalah pilihan tepat.

Di Indonesia, produk selai kacang yang manis lebih umum ditemukan. Padahal di negara asalnya, yaitu Amerika, selai kacang dijual tanpa perasa manis atau dengan rasa asin. Bila Anda sangat memperhatikan asupan kalori dan kandungan lemak dalam selai kacang, perhatikanlah komposisi produk. Pilihlah selai kacang yang hanya memiliki sedikit campuran bahan pemanis, sodium, dan lebih banyak mengandung kacang di dalamnya.

Periksa persentase kandungan kacang dan komposisi lainnya

Periksa persentase kandungan kacang dan komposisi lainnya
Semakin banyak kandungan kacang tanah pada selai kacang, teksturnya akan semakin kental dan kasar. Akibatnya, selai menjadi sulit dioleskan pada permukaan roti panggang, panekuk, dan lainnya. Hal tersebut juga mengurangi kenikmatan rasanya. Itulah yang membuat selai kacang dibuat dengan campuran gula, garam, dan bahan-bahan lainnya. Sebelum membeli, ada baiknya Anda memeriksa persentase kandungan kacang di dalamnya.

Bila tak menginginkan rasa tambahan pada selai kacang, Anda bisa memilih selai kacang murni. Selai kacang murni adalah selai kacang yang mengandung 100% kacang tanah. Untuk Anda yang ingin menggunakan selai kacang sebagai campuran masakan, sebaiknya pilihlah jenis ini.


Selai kacang yang terbuat dari 100% kacang tanah, biasanya mengandung banyak minyak. Produk demikian biasanya ditandai dengan terjadinya pemisahan antara kacang dengan minyak di dalam wadahnya. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena hal tersebut tidak akan mengubah kualitas selai kacang. Sebelum dikonsumsi, Anda bisa mengaduknya terlebih dahulu agar minyak dan kacangnya tercampur merata.

Perhatikan tekstur selai kacang

Perhatikan tekstur selai kacang

Dilihat dari teksturnya, terdapat dua tipe selai kacang. Pertama, tipe chunk atau crunchy yang bertekstur kasar dengan butiran remah kacang. Berikutnya adalah tipe creamy yang lembut atau serupa pasta halus.

Pilihlah tipe chunk atau crunchy apabila Anda menyukai tekstur kasar, kemudian pilihlah tipe creamy apabila Anda menyukai tekstur yang lembut kental. Tekstur creamy juga bisa Anda gunakan untuk bahan memasak, sedangkan chunk cocok untuk dimakan bersama roti. Tinggal pilih sesuai selera!

Pilih ukuran kemasan sesuai kebutuhan

Pilih ukuran kemasan sesuai kebutuhan
Apabila untuk dimakan bersama roti, selai kacang bisa dioleskan sedikit saja. Namun, selai kacang juga bisa digunakan sebagai topping, saus, bumbu, sup mi, atau digunakan sebagai bahan pembuatan kue dan minuman.

Karena memiliki kandungan minyak yang tinggi, selai kacang dapat disimpan dalam waktu yang relatif lama. Apabila Anda berencana menggunakannya untuk memasak, Anda bisa memilih produk selai kacang yang dijual dalam kemasan besar untuk menghemat biaya.

10 Rekomendasi selai kacang terbaik

Nah, ingin selai kacang yang manis atau asin? Yang bertekstur kasar atau halus? Di bawah ini adalah sepuluh rekomendasi selai kacang terbaik untuk Anda. Yuk, langsung disimak!

10
JenisSweetened peanut butter
TipeCreamy
Neto300 gram
9
JenisSweetened peanut butter
TipeCreamy
Neto500 gram
8
JenisSweetened peanut butter
TipeCreamy
Neto454 gram
7

KraftNo Added Salt or Sugar Peanut Butter

Rp 85.000,00

JenisPeanut butter
TipeChunk / crunchy
Neto325 gram
6

Peanut Butter & Co.Dark Chocolate Dreams Peanut Butter

Rp 135.000,00

JenisSweetened peanut butter
TipeCreamy
Neto454 gram
5
JenisPeanut butter
TipeChunk / crunchy
Neto500 gram
4
JenisPeanut butter
TipeCreamy
Neto225 gram
3
JenisPeanut butter
TipeCreamy
Neto350 gram
2
JenisPeanut butter
TipeChunk / crunchy
Neto300 gram
1
JenisPeanut butter / sweetened peanut butter
TipeChunk / crunchy
Neto250 gram

Tabel perbandingan produk selai kacang terbaik

Gambar produk
1
ErwinDeepBlue Yan Peanut Selai Kacang Organik 1

ErwinDeepBlue

2
Kethobetic Crunchy Chunky Peanut Butter 1

Kethobetic

3
Clearspring Bio Kitchen Organic Peanut Butter Smooth 1

Clearspring Bio Kitchen

4
Numi Center Sincere Organic Peanut Butter 1

Numi Center

5
Sanitarium Original Crunchy Peanut Butter 1

Sanitarium

6
Peanut Butter & Co. Dark Chocolate Dreams Peanut Butter 1

Peanut Butter & Co.

7
Kraft No Added Salt or Sugar Peanut Butter 1

Kraft

8
The J.M. Smucker Jif Creamy Peanut Butter 1

The J.M. Smucker

9
Hormel Foods SKIPPY® Creamy Peanut Butter 1

Hormel Foods

10
Morin Creamy Peanut Butter 1

Morin

Nama produk

Yan Peanut Selai Kacang Organik

Crunchy Chunky Peanut Butter

Organic Peanut Butter Smooth

Sincere Organic Peanut Butter

Original Crunchy Peanut Butter

Dark Chocolate Dreams Peanut Butter

No Added Salt or Sugar Peanut Butter

Jif Creamy Peanut Butter

SKIPPY® Creamy Peanut Butter

Creamy Peanut Butter

Keunggulan

100% kacang tanah organik, bebas request tanpa gula dan garam

Tetap bisa nikmati selai kacang enak meski sedang diet!

Persentase terbanyak kandungan kacang organik, hingga 99,6%

Produk lokal yang bersertifikasi organik!

Tekstur crunchy lezat, bebas kalori berlebihan!

Gurihnya kacang dan lezatnya cokelat dalam satu jar!

Renyah dan gurih alami, tanpa gula maupun garam

Creamy-nya nampol, menggelincir mulus di atas makanan favorit Anda

Creamy lezat, tekstur ideal dipakai memasak!

Lezat dan ekonomis, pelengkap sarapan Anda!

HargaRp 37.500,00Rp 75.000,00Rp 115.000,00Rp 70.000,00Rp 95.000,00Rp 135.000,00Rp 85.000,00Rp 50.900,00Rp 99.000,00Rp 65.000,00
JenisPeanut butter / sweetened peanut butterPeanut butterPeanut butterPeanut butterPeanut butterSweetened peanut butterPeanut butterSweetened peanut butterSweetened peanut butterSweetened peanut butter
TipeChunk / crunchyChunk / crunchyCreamyCreamyChunk / crunchyCreamyChunk / crunchyCreamyCreamyCreamy
Neto250 gram300 gram350 gram225 gram500 gram454 gram325 gram454 gram500 gram300 gram
Tautan produk

Selai kacang untuk hidangan lainnya

Selai kacang untuk hidangan lainnya
Selai kacang bukan hanya sahabat terbaik bagi roti. Ada berbagai cara lain untuk menikmati selai kacang yang tinggi nutrisi.

Sebagai contoh, beberapa chef sering menggunakan selai kacang untuk bumbu masak sayuran seperti bayam dan asparagus. Selai kacang juga sangat lezat ketika dicampurkan dengan minyak dan saus untuk ayam. Selain itu, Anda juga bisa mencampurkannya dengan sup ayam, pasta, biskuit, mi kuah, dan hidangan selada yang lezat.


Akan tetapi, karena kalori selai kacang cukup tinggi, disarankan untuk mengonsumsi maksimal dua sendok makan selai kacang per hari. Untuk Anda yang sedang berdiet, jangan lupa memperhatikan jumlah kalori selai kacang yang Anda konsumsi. Bagi Anda yang memiliki alergi terhadap kacang juga sebaiknya menghindari selai kacang.

Baca juga rekomendasi selai terbaik lainnya di sini!

Dalam artikel ini, kami telah merekomendasikan selai kacang terbaik. Bagaimana dengan produk selai terbaik lainnya yang cocok untuk dimakan bersama roti favorit Anda? Simak rekomendasi aneka produk selai lainnya berikut ini!

Kesimpulan

Selai kacang bukan hanya untuk dinikmati bersama roti, tetapi juga dapat menjadi sumber protein dan asupan yang tinggi nutrisi. Produk ini sangat pantas dijadikan menu sarapan sehari-hari guna meningkatkan gaya hidup sehat Anda. 


Selain itu, Anda bisa menggunakan selai kacang untuk memasak berbagai menu lezat dari sayuran hingga kue. Semoga artikel ini dapat membantu Anda menemukan selai kacang terbaik! Good luck!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Susu Penambah Berat Badan Anak Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Susu Penambah Berat Badan Anak Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Anak sehat dan berbadan kuat adalah dambaan setiap orang tua. Itu sebabnya saat melihat anaknya kurus dan berat badannya di bawah rata-rata, orang tua akan berusaha menaikkan berat badan anak. Salah satu cara yang dilakukan adalah memberikan susu penambah berat badan.Ada banyak susu penambah berat badan anak yang beredar di pasaran seperti Dancow, Pediasure, atau Curcuma Plus. Pada artikel ini kami akan membagikan tips cara memilih susu penambah berat badan untuk anak serta memberikan rekomendasi produk terbaik. Selamat membaca!
    Makanan & minuman
    73.385 Views
  • 10 Rekomendasi Biskuit Terbaik untuk Diet (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Biskuit Terbaik untuk Diet (Terbaru Tahun 2020)
    Menjalankan program diet bukan berarti Anda tidak boleh ngemil. Anda bisa ngemil kok, hanya saja tidak boleh sembarangan. Jika ingin menikmati camilan, konsumsilah biskuit khusus diet. Biskuit diet memiliki kadar kalori serta kandungan gula yang rendah sehingga tidak akan menambah berat badan.Ada banyak produk biskuit khusus diet yang mudah dijumpai seperti WRP, Tropicana Slim, atau Slim & Fit. Pada artikel ini, kami akan mengupas tentang biskuit untuk diet, cara memilihnya, hingga memberikan rekomendasi produk favorit. Simak artikel ini dan temukan biskuit diet terenak yang bisa Anda coba.
    Makanan & minuman
    49.193 Views
  • 10 Rekomendasi Mineral Water Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Mineral Water Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Mineral water atau air mineral sudah menjadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari. Tahukah Anda, air dengan kandungan mineral yang tinggi sangat bermanfaat untuk kesehatan? Ya, selain dapat menghidrasi tubuh, mineral water dapat membantu menjaga kesehatan tulang. Jika dilihat dari kandungannya, mineral water dapat ditemui dalam berbagai jenis.Agar Anda tidak bingung, kali ini kami akan mengulas cara memilih mineral water yang tepat. Merek mineral water, seperti Aqua, Le Minerale, hingga Eternal Plus juga akan dibahas di rekomendasi produknya. Simak selengkapnya dan temukan mineral water untuk melengkapi aktivitas Anda!
    Makanan & minuman
    128.838 Views
  • 10 Rekomendasi Yoghurt Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Yoghurt Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Yoghurt merupakan makanan yang memiliki dampak baik bagi kesehatan, seperti membantu program diet, meringankan sembelit, bahkan ada juga yang bisa digunakan sebagai masker. Saat ini bermacam-macam produk yoghurt dengan berbagai rasa dijual di pasaran. Anda juga perlu mengetahui efek baik yang ditimbulkan oleh bakteri asam laktat bagi tubuh Anda.Kali ini, kami akan membagi tips tentang apa saja yang perlu diperhatikan ketika Anda akan memilih yoghurt. Kami juga merekomendasikan merek terbaik dari Elle & Vire, Heavenly Blush, Yummy, Cimory, dan lainnya. Dalam artikel ini juga terdapat tips mengonsumsi yoghurt agar Anda mendapatkan manfaat maksimal. Mari memilih yoghurt terbaik untuk mendukung gaya hidup sehat Anda!
    Makanan & minuman
    118.713 Views
  • 10 Rekomendasi Susu UHT Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Susu UHT Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Susu UHT (Ultra High Temperature) merupakan susu yang cukup populer dan mudah dijumpai, baik di toko online maupun offline. Kemasannya yang praktis mudah untuk dibawa ke mana-mana dan diminum kapan saja. Susu jenis ini juga tersedia dalam beragam rasa sehingga banyak disukai anak-anak.Banyaknya susu UHT yang beredar di pasaran kerap membuat bingung, produk mana yang paling baik? Melalui artikel ini kami akan memberikan rekomendasi susu UHT terbaik seperti Ultra Milk, Frisian Flag, hingga Greenfield. Selain itu, kami akan menginformasikan cara memilih susu UHT yang sesuai. Selamat membaca!
    Makanan & minuman
    59.955 Views
  • 10 Rekomendasi Susu Berkalsium Tinggi Terbaik untuk Kesehatan Tulang (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Susu Berkalsium Tinggi Terbaik untuk Kesehatan Tulang (Terbaru Tahun 2020)
    Tubuh membutuhkan kalsium untuk menjaga kepadatan tulang. Bisa dibilang kalsium dibutuhkan oleh segala kalangan usia. Anak yang sedang dalam masa pertumbuhan membutuhkan kalsium tinggi untuk tumbuh tinggi. Sementara, semakin tua tentunya kepadatan tulang akan menurun sehingga Anda butuh asupan kalsium tambahan untuk menjaga tulang tetap sehat. Dalam artikel ini kami akan membahas tentang cara memilih susu berkalsium tinggi. Kami juga akan memberikan berbagai rekomendasi dari beberapa merek terkenal, seperti Anlene, Entrasol, Tropicana Slim, dan merek lainnya. Baca terus artikel kali ini untuk mendapatkan informasi seputar susu berkalsium tinggi.
    Makanan & minuman
    69.658 Views
  • 10 Rekomendasi Beras Organik Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Beras Organik Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Kesehatan datang dari apa yang kita konsumsi sehari-hari. Beras tentu masuk ke dalam daftar teratas karena merupakan makanan pokok bagi kita yang hidup di Indonesia. Karena tren kesehatan, saat ini kehadiran beras organik yang kaya akan manfaat dan bebas dari pestisida menjadi primadona di kalangan masyarakat.Pada artikel berikut ini, kami akan memberikan penjelasan mengenai beras organik dan perbedaannya dengan jenis beras biasa. Kami juga akan menerangkan cara memilih beras organik yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Maka dari itu, silakan simak artikel ini sampai selesai.
    Makanan & minuman
    17.538 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori