10 Rekomendasi Bor Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Bor Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Bor listrik saat ini bukanlah merupakan perkakas khusus untuk tukang saja. Mesin bor merupakan alat yang sangat berguna untuk memasang lukisan, pigura, atau dekorasi lain di rumah Anda. Alat ini juga penting bagi Anda yang suka mengerjakan kerajinan tangan atau proyek Do It Yourself  (DIY).

Ada berbagai merek bor listrik di pasaran: Bosch, Makita, Black & Decker, dan banyak lainnya. Ada bor listrik untuk profesional dan ada juga untuk pemula. Artikel ini akan sangat berguna bagi Anda untuk memilih bor listrik. Selain itu, kami juga memberi 10 rekomendasi bor listrik terbaik untuk Anda. Mari disimak!

Daftar isi

Cara memilih bor listrik

Mesin bor listrik ada banyak macamnya, kadang ini membuat bingung orang-orang yang sedang memerlukan bor listrik. Untuk pemakaian rumah tangga, kerajinan tangan dan proyek DIY, Anda butuh alat yang sesuai. Jangan khawatir, silahkan simak cara memilih bor listrik di bawah ini dan pilih sesuai preferensi dan kebutuhan Anda.

Kekuatan bor

Kekuatan bor

Bor listrik yang bagus adalah bor dengan kekuatan yang stabil saat digunakan, sejak awal hingga akhir pekerjaan. Ada dua jenis bor berdasarkan sumber dayanya, yaitu bor listrik dengan kabel maupun nirkabel. Kedua jenis bor ini bisa digunakan untuk bermacam-macam media. Tiap media yang akan dibor membutuhkan bor dengan kekuatan tertentu untuk menembusnya.

Kekuatan pada keduanya ditunjukkan dengan satuan yang berbeda. Pada bor listrik dengan kabel, kekuatan ditunjukkan dengan besarnya watt. Sedangkan pada bor listrik nirkabel kekuatan ditunjukkan dengan besarnya volt. Semakin besar watt dan volt pada kedua jenis bor tersebut, semakin kuat tenaga yang bisa dikeluarkan bor.

Umur baterai

Umur baterai

Bor listrik nirkabel menggunakan baterai sebagai sumber tenaganya. Kekuatan baterai ditunjukkan dengan besarnya milliampere hour (mAh) yang tertera. Semakin besar mAh, maka semakin lama baterai bisa mengoperasikan bor listrik.

Lama pengisian ulang baterai

Lama pengisian ulang baterai

Bor listrik nirkabel lama-lama akan kehabisan baterainya setelah dipakai. Ini membutuhkan pengisian ulang. Jika waktu pengisian ulang baterai hanya memakan waktu selama beberapa puluh menit hingga satu jam, tentu baterai tidak berumur panjang pada waktu dipakai.

Jenis baterai yang berumur panjang akan membutuhkan waktu pengisian ulang yang relatif lama. Untuk bor listrik nirkabel yang bagus, pilihlah bor dengan waktu pengisian ulang baterainya sekitar 3 hingga 4 jam. Jenis baterai juga mempengaruhi kualitas, seperti baterai lithium-ion akan lebih tahan lama daripada nickel-cadmium.

Mudah digunakan, nyaman digenggam

Mudah digunakan, nyaman digenggam

Bor listrik yang bagus haruslah mudah digunakan dengan bentuk yang ergonomis. Bentuk bor sebenarnya tidak banyak berbeda, namun penggunaan tombol on/off biasanya berbeda pada setiap mereknya. Bor yang nyaman digenggam dan memiliki tombol on/off yang mudah dioperasikan akan baik untuk Anda.

Salah satu fitur bor listrik yang lain adalah adanya lampu. Tidak semua bor listrik disertai dengan lampu. Jika ada maka hal ini akan memudahkan Anda yang harus menggunakan bor di tempat gelap atau pada malam hari.

Mata bor yang diperlukan

Mesin bor biasanya dijual sebagai mesin saja atau bersama set mata bornya. Jenis mata bor tergantung dari fungsinya, dan sangat disarankan bagi Anda yang ingin memiliki bor listrik untuk memiliki lebih dari satu mata bor. Di bawah ini, kami akan menjelaskan tentang beberapa mata bor yang biasanya diperlukan.

Untuk obeng

Untuk obeng

Ada bor listrik yang bisa digunakan sebagai bor dan obeng. Mata bor yang digunakan sebagai obeng untuk mengencangkan baut disebut mata baut. Ada yang ujungnya berbentuk plus dan ada yang berbentuk minus. Baut, tergantung dari kegunaannya, memiliki berbagai ukuran. Maka sebaiknya Anda membeli set mata baut dengan berbagai ukuran.

Untuk bor

Untuk bor

Untuk melubangi media, mesin bor membutuhkan mata bor. Umumnya mesin bor memiliki mata bor berukuran 10 sampai 13 mm. Ukuran mata bor yang Anda perlukan akan tergantung dari jenis media apa yang akan Anda lubangi. Mesin bor biasanya mampu melubangi kayu, tembok, plastik, batu, bahkan baja.

Sanding drum

Sanding drum

Ada mesin bor yang menyediakan sanding drum atau mata bor ampelas. Sanding drum ini berfungsi untuk menghaluskan kayu. Anda akan memerlukan mata bor ampelas ini jika Anda sering mengerjakan proyek DIY atau proyek berbahan dasar kayu.

10 Rekomendasi bor listrik terbaik

Anda sedang memerlukan bor listrik dan ingin membelinya? Di bawah ini adalah 10 rekomendasi kami untuk bor listrik terbaik yang bisa digunakan untuk keperluan rumah tangga, kerajinan tangan, maupun proyek DIY. Anda bisa menjadikan daftar di bawah ini sebagai referensi.

10. Kenmaster Cordless Drill KM-48

10. Kenmaster Cordless Drill KM-48

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 167.500

Membantu Anda mengerjakan sudut-sudut yang sulit dijangkau

Kenmaster KM-48 merupakan bor listrik tanpa kabel dan berukuran kecil, yang mudah dibawa kemana saja. Anda tidak akan repot dengan gulungan kabel pada bor ini. Model ini sederhana namun ergonomis, bisa digunakan dalam bentuk lurus seperti die grinder. Alat ini sangat berguna pada pengerjaan pengeboran maupun pemasangan/pengencangan sekrup di tempat-tempat yang sulit dijangkau.

Bor listrik ini memiliki daya 4,8 V dan memiliki perputaran mata bor yang tidak terlalu kencang, yaitu 180 rpm. Alat ini sangat sesuai untuk penggunaan di rumah tangga maupun pengerjaan hobi. Kenmaster KM-48 dijual bersama adaptor pengisian ulang baterai dan 5 macam mata bor. Anda yang sering kesulitan melubangi sudut-sudut furnitur akan menyukai bor listrik ini.

9. Modern Cordless Drill M-12V

9. Modern Cordless Drill M-12V

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 475.000

Buatlah berbagai perabotan dengan bantuan bor ini!

Mesin bor Modern M-12V merupakan bor listrik tanpa kabel yang cukup terjangkau harganya. Bor ini memiliki daya sebesar 12 V, bisa menembus permukaan media kayu dan besi. Mesin ini memiliki fitur perputaran bolak-balik, sehingga sangat cocok jika Anda gunakan untuk keperluan rumah dan proyek DIY.

Bor listrik ini membutuhkan waktu 3 sampai 5 jam untuk pengisian ulang baterai lithium-ion-nya. Alat ini juga dilengkapi dengan senter LED yang memudahkan Anda bekerja dalam cahaya minim. Selain itu, juga dilengkapi dengan waterpass yang sangat berguna untuk menentukan posisi suatu garis rata atau tidak. Jika Anda memiliki hobi bertukang dan membuat furnitur, maka bor listrik ini akan sangat sesuai dengan Anda.

8. Fisch Cordless Tools TS 601200

8. Fisch Cordless Tools TS 601200

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp 155.000

Akan sangat berguna untuk berbagai keperluan di rumah Anda

Bor listrik tanpa kabel dari Fisch ini memiliki bentuk yang kecil, ringan, dan praktis. Alat ini akan sesuai untuk keperluan mengebor dan memasang sekrup Anda dalam pengerjaan hobi dan keperluan rumah tangga. Mesin bor ini memiliki fitur berputar bolak-balik sehingga bisa digunakan juga untuk membuka baut atau sekrup.

Baterai Fisch TS 601200 memiliki daya 3,6 V dengan baterai nickel-cadmium 600 mAh. Anda bisa menggunakannya dengan mudah di dalam gelap karena bor ini dilengkapi dengan lampu LED. Anda juga bisa dengan mudah mengecek baterai karena bor ini memiliki indikator baterai. Sehingga Anda tak perlu khawatir kehabisan baterai saat menggunakannya.

7. Ikea Screwdriver/Drill Fixa

7. Ikea Screwdriver/Drill Fixa

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp 419.900

Model yang minimalis, mungil dan berguna

Ikea bukanlah produsen alat listrik, namun Ikea mengeluarkan obeng dan bor listrik sederhana yang sangat berguna. Bor listrik tanpa kabel Fixa ini tidak bisa menembus beton, tetapi akan sangat berguna saat Anda membutuhkannya dalam pemasangan rak, tempat tidur, pigura, bahkan proyek DIY Anda. Ikea Fixa memiliki 15 pengaturan torsi fungsi obeng, disertai 2 mata bor (3 mm dan 5 mm) dan 10 mata baut.

Baterai lithium-ion pada bor ini bisa diisi sampai 500 kali, sehingga bor Ikea Fixa siap digunakan kapan saja. Dilindungi dengan sistem Electronic Cell Protection (ECP), baterai pada bor ini akan aman dari panas yang timbul dari pengisian ulang berlebih. Ini membuat bor listrik tanpa kabel dari Ikea ini tahan lama.

6. Maktec Cordless Drill & Driver MT 066

6. Maktec Cordless Drill & Driver MT 066

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 1.455.000

Semakin seru dengan hobi Anda, berkat bantuan bor listrik ini

Jika Anda memerlukan bor listrik untuk hobi Anda, maka Maktec MT 066 adalah jawabannya. Bor listrik tanpa kabel ini sangat sesuai untuk pengerjaan pada proyek die cast, Tamiya, DIY, hingga untuk perbengkelan. Bor ini mudah digunakan, nyaman digenggam, dan cukup ringan.

Bor listrik tanpa kabel Maktec Mt 066 memiliki daya 7,2 V dan 1300 mAh dengan baterai nickel-cadmium. Dengan diameter bor maksimal 10 mm, bor ini bisa menembus besi dan kayu. Desainnya ramping sehingga tidak menyulitkan saat dipakai di daerah sudut atau sempit. Anda juga akan mudah menggunakannya untuk permukaan-permukaan kecil.

5. Bosch Cordless Drill IXO3 3.6 V

5. Bosch Cordless Drill IXO3 3.6 V

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 582.000

Bor terkecil di dunia yang awet dan serbaguna

Menurut produsennya, Bosch, bor ini adalah mesin bor terkecil di dunia. Dengan mudah alat ini dapat menjangkau tempat yang sempit dan sulit dicapai. Apalagi bor ini dilengkapi dengan lampu LED yang memudahkan Anda menggunakannya saat cahaya minim. Perputarannya bisa diatur bolak-balik, bor ini bisa digunakan untuk melubangi media atau memasang sekrup. Bor mini ini memiliki kekuatan 3,6 V dan baterai 1300 mAh.

Penggunaan baterai lithium-ion pada bor Bosch IXO3 ini membuat baterai tahan lama dan tidak mudah drop kinerjanya. Anda yang sedang mencari bor listrik tanpa kabel yang praktis dan mudah dibawa-bawa akan menyukai bor mini ini. Set bor ini disertai dengan alat pembuka botol anggur yang bisa disambungkan ke mesin bor. Jadi, Anda bisa menikmati segelas anggur setelah bekerja dengan bor mungil ini.

4. Black & Decker Impact Drill TB555

4. Black & Decker Impact Drill TB555

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 410.000

Tidak panas dan tetap aman walau dipakai terus menerus

Black & Decker TB555 merupakan bor listrik dengan kabel yang memiliki daya 550 watt. Sasis mesin bor ini terbuat dari bahan yang kuat dan tidak mudah pecah. Selain itu, kumparan tembaganya tidak mudah panas. Bor ini kuat digunakan dengan mudah dan aman selama 5 jam secara terus menerus. Cocok untuk Anda yang banyak bekerja menggunakan bor.

Perputaran mata bor yang kuat membuat bor ini memiliki kemampuan untuk menembus media kayu, batu, dan besi. Bor Black & Decker ini dilengkapi dengan fitur Depth Stop untuk mengontrol kedalaman bor dan juga memiliki beberapa variabel kecepatan. Anda akan menemukan bahwa bor listrik ini sangat menyenangkan untuk digunakan.

3. Dewalt Rotary Drill DWD014

3. Dewalt Rotary Drill DWD014

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 750.000

Anda bisa dengan mudah menembus baja dengan bor ini

Bor Dewalt DWD014 adalah bor listrik dengan kabel berdaya 550 watt. Mesin bor ini mampu untuk menembus permukaan baja, alumunium, besi, kayu, plastik, batuan, dan lain-lain. Bisa digunakan untuk pengeboran dan pemasangan sekrup, bor ini memiliki pengaturan bolak-balik.

Tombol pada bor ini dilapisi dengan bahan yang bertekstur sehingga tidak licin saat digunakan dan mudah ditekan pada waktu lama. Bor Dewalt ini cukup ringan, Anda tidak akan keberatan saat menggunakannya. Juga memiliki desain yang kompak dan seimbang untuk digunakan dengan satu tangan. Mantap, bukan?

2. Makita Cordless Driver Drill DF331

2. Makita Cordless Driver Drill DF331

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 899.000

Lelah saat mengebor? Tidak dengan bor listrik ini

Bor Makita DF331 adalah bor yang ideal bagi para penggunanya. Alat ini bisa digunakan untuk bor dan obeng, dengan kekuatan 10,8 sampai 12 V. Mata bornya bisa menembus kayu dan baja, juga memiliki dua variabel kecepatan cepat dan lambat. DF331 dilengkapi dengan fitur reduces shock damage sehingga mengurangi kerusakan pada kepala baut.

Bor listrik tanpa kabel ini memiliki desain ergonomis dan dilapisi karet khusus pada pegangannya. Ini akan membantu Anda dengan mengurangi getaran akibat perputaran mesin pada tangan Anda. Tangan tidak akan mudah lelah karenanya. Bor Makita DF331 juga dilengkapi dengan lampu LED untuk penggunaan di tempat gelap. Ingin mengebor dengan nyaman? Cobalah produk ini!

1. Bosch Cordless Impact Drill GSB 120

1. Bosch Cordless Impact Drill GSB 120

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 1.450.000

Bor listrik untuk profesional, yang mudah digunakan para pemula

Bor listrik Bosch GSB 120 merupakan bor listrik tanpa kabel. Penggunaannya pun mudah. Bentuknya compact, Anda bisa memakai bor listrik ini sebagai bor dan obeng. Dengan kekuatan 12 V, bor ini dapat melubangi berbagai media seperti kayu, baja, bebatuan, dan tembok.

Bosch menggunakan teknologi ECP atau Electronic Cell Protection untuk baterai peralatannya, sehingga baterainya tidak mudah rusak dan tahan lama. Lama pengisian baterainya sekitar 94 menit, sebesar 1500 mAh. Jika Anda mencari bor listrik yang siap digunakan setiap saat dalam waktu lama, maka Bosch GSB 120 adalah pilihan yang cocok.

Kesimpulan

Memilih bor listrik bukan hal yang menyulitkan Anda jika Anda telah mengetahui apa-apa saja yang perlu diperhatikan. Namun, perlu diingat bahwa akan lebih baik jika Anda bisa menggenggam bor listrik dengan nyaman. Untuk mendapatkan yang paling sesuai dengan Anda, Anda bisa pergi ke toko peralatan dan mencari bor listrik sesuai saran kami di artikel ini, sekaligus mencobanya.

Selamat berkarya dengan bor listrik!