• 10 Rekomendasi Bor Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Bor Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Bor Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Bor Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Bor Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Bor Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Bor listrik saat ini bukanlah perkakas khusus untuk tukang bangunan saja. Mesin bor akan sangat berguna untuk memasang lukisan, pigura, atau dekorasi lain di rumah Anda. Alat ini juga penting bagi Anda yang suka mengerjakan kerajinan tangan atau proyek DIY (do-it-yourself).

Ada berbagai merek bor listrik di pasaran, seperti Bosch, Makita, dan Black & Decker. Jenisnya pun beragam, mulai dari bor listrik untuk profesional hingga produk yang ramah bagi pemula. Kali ini kami akan membahas tips memilih bor listrik yang tepat dan merekomendasikan sepuluh produk terbaiknya untuk Anda. Mari disimak!
  • Pembaharuan terakhir: 10 November 2020
  • 131.526 Views
Daftar isi

Cara memilih bor listrik

Mesin bor listrik tersedia dalam beragam jenis sehingga terkadang membuat bingung orang-orang yang ingin menggunakannya. Untuk pemakaian rumah tangga, kerajinan tangan, atau proyek DIY, Anda memerlukan produk dengan spesifikasi yang sesuai. Simak pembahasan cara memilihnya di bawah ini.

Pilih berdasarkan jenis bor listrik

Sebelum menggunakan atau membeli bor listrik, mari simak pembahasan jenis-jenisnya terlebih dahulu. Memahami jenis bor listrik akan membantu Anda memilih produk yang tepat sesuai dengan pekerjaan dan benda yang akan dikerjakan.

Bor tangan, serbaguna dengan mata bor yang beragam

Bor tangan, serbaguna dengan mata bor yang beragam

Bor tangan, yang juga biasa disebut drill atau driver, merupakan jenis bor listrik yang paling umum digunakan banyak orang. Kegunaannya tidak hanya melubangi, mengencangkan, atau melepas baut, tetapi juga dapat memotong dan mengasah dengan mata bor yang sesuai.


Biasanya bor jenis ini dijual satu set dengan beberapa macam mata bor. Jadi, bagi Anda yang ingin menggunakan bor listrik untuk berbagai keperluan, pilihlah jenis bor tangan ini. Pada beberapa produk bor listrik, terdapat kopling (clutch) yang dapat diatur untuk mencegah kerusakan pada baut maupun material yang digunakan. Makin banyak tingkat clutch yang tersedia, makin bervariasi kedalaman lubang yang dapat dibuat berdasarkan jenis material yang dikerjakan.


Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan kekuatan bor. Ada kalanya kekuatan bor tangan tidak memadai untuk jenis material kayu tertentu. Untuk pekerjaan yang membutuhkan tenaga besar, akan lebih baik jika Anda menggunakan impact drill. Hindari menggunakan bor dengan paksa agar tidak memperpendek umur bor listrik Anda.

Bor tangan ukuran kecil, cocok untuk pemula dan wanita

Bor tangan ukuran kecil, cocok untuk pemula dan wanita

Bor tangan berukuran kecil mempunyai beberapa kelebihan. Jenis ini memiliki bobot yang ringan, berbentuk compact, dan mudah digenggam sehingga cocok untuk pengguna pemula atau wanita. Saat ini, telah bermunculan juga obeng tangan biasa yang dilengkapi fungsi listrik. Dengan satu tombol saja, pengguna bisa mudah mengencangkan baut dalam waktu lebih singkat.


Bor listrik ukuran kecil juga cocok digunakan pada ruang sempit yang sulit dijangkau dengan bor listrik pada umumnya. Walaupun tidak mempunyai kekuatan besar, bor ini mampu mengencangkan baut pada furnitur rakitan. Karena tidak menguras kantong, jenis bor ini merupakan pilihan tepat bagi pemula yang baru menyelami kerajinan DIY.

Bor beton (impact drill), ideal untuk pekerjaan berat

Bor beton (impact drill), ideal untuk pekerjaan berat

Mesin bor beton, atau impact drill, mempunyai tenaga yang lebih besar dari bor tangan. Bor ini bekerja dengan memberikan hentakan sambil memutar baut sehingga memudahkan Anda memasang sekrup berukuran panjang. Bor ini sesuai untuk pekerjaan berat seperti proyek pertukangan, bongkar pasang, atau menanam sekrup.


Beberapa impact drill juga mempunyai fungsi hammer drill yang akan memberikan hentakan lebih kuat ketika memasang baut. Jenis bor ini juga cocok untuk mengebor beton. Berhati-hatilah untuk tidak menggunakan jenis bor impact drill dan vibration drill dengan tenaga berlebih karena akan merusak ulir baut.

Pilih berdasarkan sumber daya listriknya

Terdapat dua jenis sumber daya atau power supply untuk bor listrik, yaitu daya listrik AC dengan kabel dan baterai yang dapat diisi ulang. Keduanya mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jadi, pilihlah sesuai dengan kebutuhan dan kemudahan penggunaannya.

Bor listrik bertenaga baterai mudah digunakan, baik indoor maupun outdoor

Bor listrik bertenaga baterai mudah digunakan, baik indoor maupun outdoor

Keutamaan dari bor listrik bertenaga baterai adalah dapat digunakan di berbagai tempat, baik di dalam maupun luar ruangan. Bor listrik ini nirkabel sehingga lebih mudah dioperasikan dan dibawa ke mana-mana. Namun, kekurangannya adalah Anda perlu mengisi penuh dayanya terlebih dahulu dan mengetahui batas maksimal lama penggunaanya.


Bor listrik dengan waktu pengisian ulang daya yang singkat menandakan bahwa lama penggunaannya juga singkat. Ada baiknya Anda memilih bor yang bisa diisi penuh selama 3 sampai 4 jam. Selain itu, jenis baterai juga memengaruhi kualitas. Baterai lithium-ion diklaim lebih tahan lama daripada nickel-cadmium.


Tenaga baterai pada bor listrik juga dapat bervariasi. Jadi, kami menyarankan untuk memeriksa besar voltasenya. Voltase yang digunakan pada bor listrik biasanya berkisar antara 3,6 V sampai 18 V. Namun, Anda dapat memilih 10,8 V untuk pekerjaan ringan seperti DIY. Pilihlah besar voltase yang sesuai kebutuhan Anda.

Bor listrik dengan kabel untuk pemakaian dalam jangka waktu lama

Bor listrik dengan kabel untuk pemakaian dalam jangka waktu lama

Bor listrik dengan kabel mampu dioperasikan dengan tenaga yang konstan sehingga cocok untuk pemakaian dalam waktu lama. Kelebihan lainnya adalah bor listrik model ini juga cenderung lebih terjangkau harganya dibandingkan bor listrik bertenaga baterai. Anda juga tidak perlu mengganti atau mengisi ulang baterainya.


Namun, panjang kabelnya umumnya terbatas sehingga tidak sesuai digunakan di luar ruangan. Jika Anda akan menggunakan bor listrik untuk pekerjaan di dalam ruangan, jenis ini bisa dijadikan pilihan.

Pilih kisaran torsi yang tepat agar pekerjaan makin nyaman

Pilih kisaran torsi yang tepat agar pekerjaan makin nyaman

Salah satu kriteria dalam membandingkan performa bor listrik adalah torsi. Torsi merujuk pada kemampuan bor untuk mengencangkan baut dan diukur dengan satuan newton per meter (N/m). Makin besar nilainya, makin kuat bor tersebut mengencangkan baut.


Bor listrik untuk keperluan rumah tangga biasanya mempunyai kisaran antara 2049 N/m. Bor listrik dengan kisaran torsi ini sudah mencukupi untuk merakit mebel atau membuat kerajinan DIY. Sedangkan untuk mengencangkan baut ukuran besar atau membuat lubang berdiameter besar, pilihlah produk dengan torsi 50 N/m atau lebih. Anda juga dapat mempertimbangkan bor listrik untuk profesional yang besar torsinya tersedia dari  sekitar 70 N/m.

Pilih kecepatan putaran sesuai material yang akan dikerjakan

Pilih kecepatan putaran sesuai material yang akan dikerjakan

Agar bor listrik dapat bekerja optimal pada material yang akan Anda kerjakan, pastikan kecepatan putarannya terlebih dahulu. Saat melubangi kayu, Anda cukup menggunakan bor listrik dengan kecepatan putaran 2.000 rpm. Namun, apabila Anda akan menggunakannya pada logam, pilihlah bor listrik dengan kecepatan putaran lebih dari 2.000 rpm.


Selain itu, Anda juga bisa mempertimbangkan bor listrik yang dilengkapi fungsi CVT (continuously variable transmission) untuk mengatur kecepatan putaran. Bor seperti ini dapat disesuaikan penggunaannya untuk melubangi kayu ataupun logam sehingga ideal digunakan untuk berbagai keperluan.

Periksa kapasitas penjepit (chuck) apabila akan memasang mata bor untuk drilling

Periksa kapasitas penjepit (chuck) apabila akan memasang mata bor untuk drilling

Kapasitas pengeboran pada bor listrik bervariasi menyesuaikan diameter mata bor. Oleh karena itu, Anda perlu memastikan kapasitas penjepit mata bor atau chuck. Kapasitas chuck diindikasikan dalam satuan milimeter yang juga menunjukkan kemampuan mata bor dalam melubangi.


Berhati-hatilah agar tidak memasang mata bor yang lebih besar dari kapasitas chuck. Secara umum, terdapat 3 tipe mata bor, yaitu 6,5, 10, dan 13 mm. Namun, mata bor yang lebih rampinglah yang dapat dipasang.

Pertimbangkan juga fitur tambahan yang dapat membantu pemula

Pertimbangkan juga fitur tambahan yang dapat membantu pemula
Terdapat beberapa produk yang dilengkapi fitur tambahan yang membuatnya makin nyaman digunakan. Ini bukanlah fitur utama, tetapi berguna, terutama untuk pemula yang belum terbiasa menggunakan bor listrik. Di antara fitur-fitur tambahan tersebut adalah sebagai berikut:

  • Continuously Variable Transmission (CVT): Fitur yang memungkinkan Anda untuk mengubah kecepatan putaran
  • Tombol pengatur kecepatan tinggi/rendah: Pengaturan kecepatan dari tinggi ke rendah, dan sebaliknya
  • Lampu LED: Fitur yang akan menerangi area sekitar tangan Anda dalam gelap
  • Indikator baterai: Menunjukkan level baterai yang tersisa
  • Chuck tanpa kunci: Memungkinkan Anda memasang dan melepas mata bor tanpa kunci chuck

10 Rekomendasi bor listrik terbaik

Berikut ini kami rekomendasikan sepuluh produk terbaik untuk keperluan rumah tangga, kerajinan tangan, atau proyek DIY. Jadikanlah rekomendasi di bawah ini sebagai referensi Anda dalam memilih.

10
UkuranTidak ada keterangan
BobotTidak ada keterangan
Sumber listrikBaterai
Voltase・Daya4,8 V・Tidak ada keterangan
Kecepatan putaran150 rpm
Waktu pengisian daya3–5 jam
Kapasitas chuck6,35 mm
Fitur tambahanChuck magnetik
9
UkuranTidak ada keterangan
Bobot0,32 kg
Sumber listrikBaterai (Ni-cd)
Voltase・Daya3,6 V・Tidak ada keterangan
Kecepatan putaran180 rpm
Waktu pengisian daya3–5 jam
Kapasitas chuck6,35 mm
Fitur tambahanReversible (putaran bolak-balik)
8
Ukuran28 cm x 19 cm x 8 cm
Bobot0,7 kg
Sumber listrikBaterai (Li-ion)
Voltase・Daya7,2 V・Tidak ada keterangan
Kecepatan putaran400 rpm
Waktu pengisian daya3–8 jam
Kapasitas chuck10 mm
Fitur tambahanChuck tanpa kunci, sistem Electronic Cell Protection
7
Ukuran40 cm x 30 cm x 10 cm
Bobot2 kg
Sumber listrikBaterai (Li-ion)
Voltase・Daya12 V・Tidak ada keterangan
Kecepatan putaran700 rpm
Waktu pengisian dayaTidak ada keterangan
Kapasitas chuck10 mm
Fitur tambahanLampu indikator baterai, lampu LED, reversible (putaran bolak-balik), waterpass
6
Ukuran23,8 cm (P)
Bobot1,3 kg
Sumber listrikDaya listrik AC
Voltase・DayaTidak ada keterangan・460 W
Kecepatan putaran2.300 rpm
Waktu pengisian daya-
Kapasitas chuck0.8-10 mm
Fitur tambahanChuck tanpa kunci, variasi kecepatan, kait untuk sabuk
5
Ukuran20,7 cm x 18,1 cm (P x T)
Bobot± 1,5 kg
Sumber listrikDaya listrik AC
Voltase・Daya220–240 V・550 W
Kecepatan putaran2.800 rpm
Waktu pengisian daya-
Kapasitas chuck10 mm
Fitur tambahanVariasi kecepatan, reversible (putaran bolak-balik)
4
Ukuran30 cm x 15 cm x 8 cm
Bobot2 kg
Sumber listrikDaya listrik AC
Voltase・Daya220 V・550 W
Kecepatan putaran2.900 rpm
Waktu pengisian daya-
Kapasitas chuck10 mm
Fitur tambahanVariasi kecepatan, reversible (putaran bolak-balik)
3
Ukuran20,9 cm x 18,9 cm x 6,6 cm
Bobot1,1 kg
Sumber listrikBaterai (Li-ion)
Voltase・Daya12 V・Tidak ada keterangan
Kecepatan putaran1.700 rpm
Waktu pengisian dayaTidak ada keterangan
Kapasitas chuck0,8–10 mm
Fitur tambahanLampu LED, chuck tanpa kunci, pengaturan kecepatan tinggi/rendah, variasi kecepatan, reversible (putaran bolak-balik), kait untuk sabuk
2
Ukuran20,3 cm x 17,3 cm x 6,7 cm
Bobot1,5 kg
Sumber listrikBaterai (Li-ion)
Voltase・Daya18 V・Tidak ada keterangan
Kecepatan putaran2,000 rpm
Waktu pengisian dayaTidak ada keterangan
Kapasitas chuck1,5–13 mm
Fitur tambahanKait untuk sabuk, chuck magnetik
1
Ukuran19,5 cm x 18,8 cm x 4,6 cm
Bobot1,1 kg
Sumber listrikBaterai (Li-ion)
Voltase・Daya12 V・Tidak ada keterangan
Kecepatan putaran1.300 rpm
Waktu pengisian daya~ 94 menit
Kapasitas chuck0,3–10 mm
Fitur tambahanChuck autolock, chuck tanpa kunci, variasi kecepatan, reversible (putaran bolak-balik), lampu LED

Tabel perbandingan produk bor listrik terbaik

Gambar produk
1
Bosch  Cordless Impact Drill  1

Bosch

2
Dewalt Drill Driver 1

Dewalt

3
Makita  Cordless Driver Drill  1

Makita

4
Black & Decker 10mm 500W Hammer Drill 1

Black & Decker

5
Dewalt  Rotary Drill  1

Dewalt

6
Hitachi D10VC2 1

Hitachi

7
Modern  Cordless Drill  1

Modern

8
IKEA FIXA Screwdriver/Drill 1

IKEA

9
Fisch  Cordless Screwdriver 1

Fisch

10
Kenmaster Cordless Screwdriver 1

Kenmaster

Nama produk

Cordless Impact Drill

Drill Driver

Cordless Driver Drill

10mm 500W Hammer Drill

Rotary Drill

D10VC2

Cordless Drill

FIXA Screwdriver/Drill

Cordless Screwdriver

Cordless Screwdriver

Keunggulan

Bor listrik untuk profesional yang mudah digunakan pemula

Powerful, tetapi tidak terlalu berisik

Lelah saat mengebor? Tidak dengan bor listrik ini!

Tidak panas dan tetap aman walau dipakai terus-menerus

Mampu menembus baja dengan mudah

Pilihat terbaik untuk menghemat listrik!

Harga terjangkau untuk berbagai pekerjaan rumah tangga

Model minimalis, mungil, dan praktis digunakan

Bor ringan dengan pilihan mata obeng dan bor yang beragam

Membantu Anda mengerjakan sudut-sudut yang sulit dijangkau

HargaRp 1.187.000,00Rp 2.873.000,00Rp 899.000,00Rp 410.000,00Rp 829.000,00Rp 850.000,00Rp 322.000,00Rp 499.000,00Rp 155.000,00Rp 129.000,00
Ukuran19,5 cm x 18,8 cm x 4,6 cm20,3 cm x 17,3 cm x 6,7 cm20,9 cm x 18,9 cm x 6,6 cm30 cm x 15 cm x 8 cm20,7 cm x 18,1 cm (P x T)23,8 cm (P)40 cm x 30 cm x 10 cm28 cm x 19 cm x 8 cmTidak ada keteranganTidak ada keterangan
Bobot1,1 kg1,5 kg1,1 kg2 kg± 1,5 kg1,3 kg2 kg0,7 kg0,32 kgTidak ada keterangan
Sumber listrikBaterai (Li-ion)Baterai (Li-ion)Baterai (Li-ion)Daya listrik ACDaya listrik ACDaya listrik ACBaterai (Li-ion)Baterai (Li-ion)Baterai (Ni-cd)Baterai
Voltase・Daya12 V・Tidak ada keterangan18 V・Tidak ada keterangan12 V・Tidak ada keterangan220 V・550 W220–240 V・550 WTidak ada keterangan・460 W12 V・Tidak ada keterangan7,2 V・Tidak ada keterangan3,6 V・Tidak ada keterangan4,8 V・Tidak ada keterangan
Kecepatan putaran1.300 rpm2,000 rpm1.700 rpm2.900 rpm2.800 rpm2.300 rpm700 rpm400 rpm180 rpm150 rpm
Waktu pengisian daya~ 94 menitTidak ada keteranganTidak ada keterangan---Tidak ada keterangan3–8 jam3–5 jam3–5 jam
Kapasitas chuck0,3–10 mm1,5–13 mm0,8–10 mm10 mm10 mm0.8-10 mm10 mm10 mm6,35 mm6,35 mm
Fitur tambahanChuck autolock, chuck tanpa kunci, variasi kecepatan, reversible (putaran bolak-balik), lampu LEDKait untuk sabuk, chuck magnetikLampu LED, chuck tanpa kunci, pengaturan kecepatan tinggi/rendah, variasi kecepatan, reversible (putaran bolak-balik), kait untuk sabukVariasi kecepatan, reversible (putaran bolak-balik)Variasi kecepatan, reversible (putaran bolak-balik)Chuck tanpa kunci, variasi kecepatan, kait untuk sabukLampu indikator baterai, lampu LED, reversible (putaran bolak-balik), waterpassChuck tanpa kunci, sistem Electronic Cell ProtectionReversible (putaran bolak-balik)Chuck magnetik
Tautan produk

Baca juga rekomendasi produk bor listrik lainnya di sini

Bor listrik yang beredar di pasaran tidak hanya terbatas pada bor dengan kabel atau bor tanpa kabel saja. Makin bervariasi proyek atau pekerjaan yang dikerjakan, makin bervariasi juga bor yang diperlukan. Ingin referensi lainnya terkait mesin bor? Baca artikel di bawah ini, ya!

Kesimpulan

Memilih bor listrik bukanlah hal yang menyulitkan jika Anda telah mengetahui apa-apa saja yang perlu diperhatikan. Misalnya untuk pemula dan wanita, utamakan faktor ukuran dan kenyamanan saat menggenggam dan mengoperasikan bor yang akan Anda pilih.


Anda juga bisa mencoba bor listrik di toko peralatan dengan mempertimbangkan poin-poin yang sudah kami bahas pada artikel ini. Selamat mencari bor listrik yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Impact Wrench (Pembuka Baut) Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Impact Wrench (Pembuka Baut) Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Impact wrench atau pembuka baut digunakan untuk mengencangkan mur dan baut serta untuk mengganti roda. Anda akan menemukan impact wrench keluaran Bosch, Hitachi, Stanley, dan sebagainya yang berbeda spesifikasi dan harga. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan 10 rekomendasi impact wrench terbaik.Sebenarnya ada juga impact wrench yang dapat Anda hubungkan dengan kompresor. Namun, kali ini kami akan membatasi hanya pada tipe pembuka baut elektrik saja. Tidak ada salahnya Anda membeli impact wrench karena alat ini akan sangat memudahkan pekerjaan Anda, lho!
    Power tools
    40.856 Views
  • 10 Rekomendasi Mesin Bor Beton (Impact Drill) Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Mesin Bor Beton (Impact Drill) Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Ketika Anda menyekrup bagian yang tebal saat merangkai produk furnitur, Anda akan kesulitan melakukannya bila hanya menggunakan obeng. Pada saat itulah sebaiknya Anda gunakan mesin bor beton atau biasa disebut impact drill. Banyaknya merek impact drill seperti Makita, Bosch, Hitachi, atau DeWALT di pasaran bisa saja membuat Anda bingung memilih.Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan rekomendasi mesin bor beton terbaik. Terdapat berbagai jenis produk dengan spesifikasi, fitur, dan harga yang berbeda satu sama lain. Kami harap Anda dapat menemukan mesin bor beton yang akan membantu pekerjaan Anda melalui artikel ini. Selamat membaca!
    Power tools
    59.540 Views
  • 10 Rekomendasi Mesin Serut Kayu Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Mesin Serut Kayu Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Mesin serut kayu yang biasa disebut juga mesin ketam atau planer berguna untuk menghaluskan permukaan kayu yang tidak rata. Dengan begitu, proses finishing kayu pun menjadi lebih mudah. Meski begitu, banyaknya mesin serut kayu yang berbeda spesifikasi satu sama lain mungkin bisa membuat Anda bingung memilih.Pada kesempatan ini, kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan sepuluh rekomendasi mesin serut kayu terbaik. Anda akan menemukan berbagai produk keluaran Bosch, AEG, Makita, dan sebagainya di sini. Pilihlah produk yang paling sesuai kebutuhan agar pekerjaan Anda semakin cepat selesai!
    Power tools
    34.495 Views
  • 10 Rekomendasi Mesin Gergaji Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Mesin Gergaji Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Mesin gergaji atau saw machine adalah gergaji yang bekerja secara otomatis sehingga lebih praktis dibandingkan dengan gergaji manual. Mesin gergaji tersedia dalam berbagai merek, seperti Bosch, Hitachi, dan Stanley Steel yang masing-masing punya karakteristik tersendiri sehingga seringkali membuat bingung saat ingin membelinya.Pada artikel kali ini kami akan membantu Anda dengan memberi tips mengenai hal-hal yang perlu diketahui saat memilih mesin gergaji. Kami juga akan memberikan rekomendasi produk terbaik yang telah kami pilih dengan seksama. Semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang berguna bagi Anda!
    Power tools
    37.307 Views
  • 10 Rekomendasi Gergaji Tangan Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Gergaji Tangan Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Pepohonan yang terlalu rindang dengan banyak cabang akan membuat pekarangan rumah Anda terlihat tidak terawat. Karena itu, Anda perlu memotong dahannya menggunakan gergaji agar tetap rapi. Dewasa ini, terdapat gergaji tangan yang lebih ringan dan mudah digunakan. Namun, beragamnya tipe pisau dan harga gergaji tangan mungkin membuat Anda bingung dalam memilih.Kali ini, kami akan membahas cara memilih produk gergaji tangan yang berkualitas. Tidak ketinggalan, sepuluh produknya juga akan kami rekomendasikan untuk Anda. Terdapat berbagai merek, seperti IRWIN dan Krisbow. Baca terus sampai bawah, yuk!
    Power tools
    20.612 Views
  • 10 Rekomendasi Mesin Amplas Elektrik Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Mesin Amplas Elektrik Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Mesin amplas elektrik dapat Anda gunakan untuk menghaluskan kayu dan berbagai jenis logam. Bila Anda suka memperbaiki sendiri furnitur yang dimiliki, tentu Anda harus memiliki alat ini. Namun, banyaknya merek mesin amplas elektrik seperti Maktec, Makita, dan Bosch mungkin membuat Anda bingung memilih produk yang tepat.Oleh karena itu, kami akan menjelaskan cara memilihnya terlebih dahulu. Kemudian, kami juga akan memberikan daftar sepuluh rekomendasi mesin amplas elektrik terbaik untuk Anda. Dengan amplas elektrik, Anda dapat menyelesaikan pekerjaan 20-30 menit lebih cepat dibanding menggunakan kertas amplas biasa. Yuk, baca terus untuk mengetahui lebih jauh!
    Power tools
    19.902 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori