• 10 Rekomendasi Bor Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Bor Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Bor Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Bor Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Bor Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Bor Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Bor listrik saat ini bukanlah merupakan perkakas khusus untuk tukang saja. Mesin bor merupakan alat yang sangat berguna untuk memasang lukisan, pigura, atau dekorasi lain di rumah Anda. Alat ini juga penting bagi Anda yang suka mengerjakan kerajinan tangan atau proyek Do It Yourself (DIY).

Ada berbagai merek bor listrik di pasaran: Bosch, Makita, Black & Decker, dan banyak lainnya. Ada bor listrik untuk profesional dan ada juga untuk pemula. Artikel ini akan sangat berguna bagi Anda untuk memilih bor listrik. Selain itu, kami juga memberi 10 rekomendasi bor listrik terbaik untuk Anda. Mari disimak!
  • Pembaharuan terakhir: 18 Desember 2019
  • 74.804 Views
Daftar isi

Cara memilih bor listrik

Mesin bor listrik ada banyak macamnya, kadang ini membuat bingung orang-orang yang sedang memerlukan bor listrik. Untuk pemakaian rumah tangga, kerajinan tangan dan proyek DIY, Anda butuh alat yang sesuai. Jangan khawatir, silahkan simak cara memilih bor listrik di bawah ini dan pilih sesuai preferensi dan kebutuhan Anda.

Kekuatan bor

Kekuatan bor
Bor listrik yang bagus adalah bor dengan kekuatan yang stabil saat digunakan, sejak awal hingga akhir pekerjaan. Ada dua jenis bor berdasarkan sumber dayanya, yaitu bor listrik dengan kabel maupun nirkabel. Kedua jenis bor ini bisa digunakan untuk bermacam-macam media. Tiap media yang akan dibor membutuhkan bor dengan kekuatan tertentu untuk menembusnya.
Kekuatan pada keduanya ditunjukkan dengan satuan yang berbeda. Pada bor listrik dengan kabel, kekuatan ditunjukkan dengan besarnya watt. Sedangkan pada bor listrik nirkabel kekuatan ditunjukkan dengan besarnya volt. Semakin besar watt dan volt pada kedua jenis bor tersebut, semakin kuat tenaga yang bisa dikeluarkan bor.

Umur baterai

Umur baterai
Bor listrik nirkabel menggunakan baterai sebagai sumber tenaganya. Kekuatan baterai ditunjukkan dengan besarnya milliampere hour (mAh) yang tertera. Semakin besar mAh, maka semakin lama baterai bisa mengoperasikan bor listrik.

Lama pengisian ulang baterai

Lama pengisian ulang baterai
Bor listrik nirkabel lama-lama akan kehabisan baterainya setelah dipakai. Ini membutuhkan pengisian ulang. Jika waktu pengisian ulang baterai hanya memakan waktu selama beberapa puluh menit hingga satu jam, tentu baterai tidak berumur panjang pada waktu dipakai.
Jenis baterai yang berumur panjang akan membutuhkan waktu pengisian ulang yang relatif lama. Untuk bor listrik nirkabel yang bagus, pilihlah bor dengan waktu pengisian ulang baterainya sekitar 3 hingga 4 jam. Jenis baterai juga mempengaruhi kualitas, seperti baterai lithium-ion akan lebih tahan lama daripada nickel-cadmium.

Mudah digunakan, nyaman digenggam

Mudah digunakan, nyaman digenggam
Bor listrik yang bagus haruslah mudah digunakan dengan bentuk yang ergonomis. Bentuk bor sebenarnya tidak banyak berbeda, namun penggunaan tombol on/off biasanya berbeda pada setiap mereknya. Bor yang nyaman digenggam dan memiliki tombol on/off yang mudah dioperasikan akan baik untuk Anda.
Salah satu fitur bor listrik yang lain adalah adanya lampu. Tidak semua bor listrik disertai dengan lampu. Jika ada maka hal ini akan memudahkan Anda yang harus menggunakan bor di tempat gelap atau pada malam hari.

Mata bor yang diperlukan

Mesin bor biasanya dijual sebagai mesin saja atau bersama set mata bornya. Jenis mata bor tergantung dari fungsinya, dan sangat disarankan bagi Anda yang ingin memiliki bor listrik untuk memiliki lebih dari satu mata bor. Di bawah ini, kami akan menjelaskan tentang beberapa mata bor yang biasanya diperlukan.

Untuk obeng

Untuk obeng
Ada bor listrik yang bisa digunakan sebagai bor dan obeng. Mata bor yang digunakan sebagai obeng untuk mengencangkan baut disebut mata baut. Ada yang ujungnya berbentuk plus dan ada yang berbentuk minus. Baut, tergantung dari kegunaannya, memiliki berbagai ukuran. Maka sebaiknya Anda membeli set mata baut dengan berbagai ukuran.

Untuk bor

Untuk bor
Untuk melubangi media, mesin bor membutuhkan mata bor. Umumnya mesin bor memiliki mata bor berukuran 10 sampai 13 mm. Ukuran mata bor yang Anda perlukan akan tergantung dari jenis media apa yang akan Anda lubangi. Mesin bor biasanya mampu melubangi kayu, tembok, plastik, batu, bahkan baja.

Sanding drum

Sanding drum
Ada mesin bor yang menyediakan sanding drum atau mata bor ampelas. Sanding drum ini berfungsi untuk menghaluskan kayu. Anda akan memerlukan mata bor ampelas ini jika Anda sering mengerjakan proyek DIY atau proyek berbahan dasar kayu.

10 Rekomendasi bor listrik terbaik

Anda sedang memerlukan bor listrik dan ingin membelinya? Di bawah ini adalah 10 rekomendasi kami untuk bor listrik terbaik yang bisa digunakan untuk keperluan rumah tangga, kerajinan tangan, maupun proyek DIY. Anda bisa menjadikan daftar di bawah ini sebagai referensi.
10
9
8
7
6
5
4
3
2
1

Tabel perbandingan produk bor listrik terbaik

Gambar produk
1
Bosch  Cordless Impact Drill GSB 120 1

Bosch

2
Makita  Cordless Driver Drill DF331 1

Makita

3
Dewalt  Rotary Drill DWD014 1

Dewalt

4
Black & Decker Impact Drill TB555 1

Black & Decker

5
Bosch  Cordless Drill IXO3 3.6 V 1

Bosch

6
Maktec  Cordless Drill & Driver MT 066 1

Maktec

7
Ikea  Screwdriver/Drill Fixa 1

Ikea

8
Fisch  Cordless Tools TS 601200 1

Fisch

9
Modern  Cordless Drill M-12V 1

Modern

10
Kenmaster  Cordless Drill KM-48 1

Kenmaster

Nama produk

Cordless Impact Drill GSB 120

Cordless Driver Drill DF331

Rotary Drill DWD014

Impact Drill TB555

Cordless Drill IXO3 3.6 V

Cordless Drill & Driver MT 066

Screwdriver/Drill Fixa

Cordless Tools TS 601200

Cordless Drill M-12V

Cordless Drill KM-48

KeunggulanBor listrik untuk profesion...Lelah saat mengebor? Tidak ...Anda bisa dengan mudah mene...Tidak panas dan tetap aman ...Bor terkecil di dunia yang ...Semakin seru dengan hobi An...Model yang minimalis, mungi...Akan sangat berguna untuk b...Buatlah berbagai perabotan ...Membantu Anda mengerjakan s...
HargaRp 1.450.000,00Rp 899.000,00Rp 750.000,00Rp 410.000,00Rp 582.000,00Rp 1.455.000,00Rp 419.900,00Rp 155.000,00Rp 475.000,00Rp 167.500,00
Tautan produk

Kesimpulan

Memilih bor listrik bukan hal yang menyulitkan Anda jika Anda telah mengetahui apa-apa saja yang perlu diperhatikan. Namun, perlu diingat bahwa akan lebih baik jika Anda bisa menggenggam bor listrik dengan nyaman. Untuk mendapatkan yang paling sesuai dengan Anda, Anda bisa pergi ke toko peralatan dan mencari bor listrik sesuai saran kami di artikel ini, sekaligus mencobanya.
Selamat berkarya dengan bor listrik!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Lem Terbaik untuk Logam (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Lem Terbaik untuk Logam (Terbaru Tahun 2020)
    Lem untuk logam digunakan untuk merekatkan benda yang terbuat dari logam. Bila Anda menggunakan lem lain, logam mungkin dapat melekat, tetapi mungkin kurang kuat dibanding memakai lem logam. Pada saat membeli, Anda mungkin bingung memilih di antara banyaknya merek. Masing-masing produk memiliki karakteristik tersendiri, misalnya tahan panas, tahan air, dan tahan guncangan.Melalui artikel ini, kami akan membahas mengenai cara memilih lem untuk logam dan juga memberikan rekomendasi produk terbaik yang telah kami pilih. Merek yang sudah populer seperti Aica-Aibon, UHU, Loctite, dan Dextone pun ada, lho. Selamat membaca!
    DIY & tools
    57.925 Views
  • 10 Rekomendasi Lem Kuat Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Lem Kuat Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Lem kuat atau lem super dapat melekatkan berbagai permukaan benda dengan erat. Lem ini adalah sahabat bagi Anda yang gemar membuat kerajinan tangan DIY (do-it-yourself) atau sekadar untuk memperbaiki bagian barang. Namun, terdapat banyak merek dan tipe lem kuat di pasaran. Tahukah Anda produk seperti apa yang berkualitas?Kami telah mengumpulkan informasi mengenai lem kuat dengan performa baik dan ramah di kantong. Kami juga akan memaparkan tips menggunakannya. Terdapat berbagai merek, seperti UHU dan Aica-Aibon. Temukan produk yang paling pas dengan tujuan penggunaan Anda!
    DIY & tools
    6.815 Views
  • 10 Rekomendasi Mesin Bor Beton (Impact Drill) Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Mesin Bor Beton (Impact Drill) Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Ketika Anda menyekrup bagian yang tebal saat merangkai produk furnitur, Anda akan kesulitan melakukannya bila hanya menggunakan obeng. Pada saat itulah sebaiknya Anda gunakan mesin bor beton atau biasa disebut impact drill. Banyaknya merek impact drill seperti Makita, Bosch, Hitachi, atau DeWALT di pasaran bisa saja membuat Anda bingung memilih.Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan rekomendasi mesin bor beton terbaik. Terdapat berbagai jenis produk dengan spesifikasi, fitur, dan harga yang berbeda satu sama lain. Kami harap Anda dapat menemukan mesin bor beton yang akan membantu pekerjaan Anda melalui artikel ini. Selamat membaca!
    DIY & tools
    31.894 Views
  • 10 Rekomendasi Mesin Gergaji Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Mesin Gergaji Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Mesin gergaji atau saw machine adalah gergaji yang bekerja secara otomatis sehingga lebih praktis dibandingkan dengan gergaji manual. Mesin gergaji tersedia dalam berbagai merek, seperti Bosch, Hitachi, dan Stanley Steel yang masing-masing punya karakteristik tersendiri sehingga seringkali membuat bingung saat ingin membelinya.Pada artikel kali ini kami akan membantu Anda dengan memberi tips mengenai hal-hal yang perlu diketahui saat memilih mesin gergaji. Kami juga akan memberikan rekomendasi produk terbaik yang telah kami pilih dengan seksama. Semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang berguna bagi Anda!
    DIY & tools
    21.146 Views
  • 10 Rekomendasi Lem Akrilik Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Lem Akrilik Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Akrilik merupakan jenis plastik transparan yang mirip seperti kaca. Sifatnya yang kuat dan ringan menjadikan akrilik banyak digunakan sebagai bahan peralatan rumah tangga, seperti tempat kosmetik, meja, dan pajangan. Akrilik tidak bisa dilekatkan begitu saja. Anda membutuhkan lem khusus yang mampu menyatukannya.Terdapat berbagai macam lem untuk akrilik, di antaranya tipe khusus untuk akrilik saja dan tipe dual-purpose. Mereknya pun beragam, contohnya Dextone dan Gorilla. Kali ini kami akan membahas ciri-ciri lem akrilik yang paling pas untuk Anda. Dengan lem yang tepat, buatlah kreasi akrilik orisinal Anda!
    DIY & tools
    7.091 Views
  • 10 Rekomendasi Alat untuk Mengukur Kecepatan Angin/Anemometer Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Alat untuk Mengukur Kecepatan Angin/Anemometer Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Anemometer digunakan untuk mengukur angin. Mengingat belakangan makin banyak orang yang menggunakan drone atau memainkan helikopter radio kontrol, kebutuhan akan anemometer pun meningkat. Anemometer sendiri tersedia dalam beberapa tipe yang masing-masing memiliki keunggulan tersendiri.Untuk memudahkan Anda dalam memilih, kami akan menjelaskan cara memilihnya Kami juga akan memberikan rekomendasi anemometer terbaik keluaran Lutron, Extech, Benetech, dan sebagainya dalam artikel ini. Kenali kebutuhan Anda dan pilihlah produk yang paling tepat!
    DIY & tools
    1.888 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori