• 10 Rekomendasi Bor Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Bor Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Bor Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Bor Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Bor Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Bor Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Tak hanya tukang bangunan, bor listrik juga sering digunakan oleh orang-orang yang senang melakukan aktivitas DIY (do-it-yourself). Mesin bor akan sangat berguna untuk memasang lukisan, pigura, atau dekorasi lain di rumah Anda. Alat ini tersedia dalam beberapa jenis, seperti bor cordless, impact drill, hingga bor listrik portable.

Ada berbagai merek bor listrik yang bagus, seperti Bosch, Makita, RYU, J.LD, dan Black & Decker. Kali ini, kami akan membahas tips memilih bor listrik dan rekomendasi sepuluh produk terbaiknya untuk Anda. Jika Anda berminat memiliki bor listrik, simak artikelnya sampai akhir, ya!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 13 Juli 2022
Daftar isi

Apa kelebihan bor listrik?

Apa kelebihan bor listrik?

Saat pertama kali muncul, bor mengandalkan tenaga manusia untuk dapat melubangi suatu benda. Namun, kini telah tersedia electrical drill yang memakai tenaga listrik (menggunakan kabel) dan baterai. Dengan begitu, Anda tak perlu terlalu banyak menghabiskan tenaga saat hendak melakukan pengeboran. Karena itu, bor listrik adalah power tools yang wajib dimiliki oleh tukang profesional.


Alat ini juga akan membantu mempermudah pekerjaan rumah tangga Anda, seperti merakit rak susun, ranjang, dan lain sebagainya. Anda mungkin bertanya-tanya, bor listrik dapat digunakan untuk apa saja? Bor listrik dapat digunakan untuk melubangi berbagai material, mulai dari plastik, kayu, besi, baja, hingga beton. Di samping itu, alat ini juga bisa difungsikan sebagai obeng listrik untuk memasang atau melepas baut.

Cara memilih bor listrik

Mesin bor listrik tersedia dalam beragam jenis sehingga terkadang membuat bingung orang-orang yang ingin menggunakannya. Untuk pemakaian rumah tangga, kerajinan tangan, atau proyek DIY, Anda memerlukan produk dengan spesifikasi yang sesuai. Simak pembahasan cara memilihnya di bawah ini.

Ketahui jenis-jenis bor listrik

Sebelum menggunakan atau membeli mesin bor, mari simak pembahasan jenis-jenisnya terlebih dahulu. Memahami jenis bor listrik akan membantu Anda memilih produk yang tepat sesuai pekerjaan dan benda yang akan dikerjakan.

Bor tangan, serbaguna dengan mata bor yang beragam

Bor tangan, serbaguna dengan mata bor yang beragam

Bor tangan, dikenal juga dengan sebutan drill driver, merupakan jenis bor listrik yang paling umum digunakan. Selain melubangi, mengencangkan, dan melepas baut, bor ini juga dapat memotong, bahkan mengasah benda tajam. Biasanya, mesin bor ini dijual satu set dengan beberapa macam mata bor. Bagi Anda yang ingin menggunakan bor listrik untuk berbagai keperluan, pilihlah jenis bor tangan ini. 


Pada beberapa produk bor listrik, terdapat kopling (clutch) yang dapat diatur untuk mencegah kerusakan pada baut maupun material yang digunakan. Makin banyak tingkat clutch yang tersedia, makin bervariasi kedalaman lubang yang dapat dibuat berdasarkan jenis material yang dikerjakan.


Selain itu, Anda juga perlu memerhatikan kekuatan bor. Ada kalanya kekuatan bor tangan tidak memadai untuk jenis material kayu tertentu. Untuk pekerjaan yang membutuhkan tenaga besar, akan lebih baik jika Anda menggunakan impact drill. Hindari menggunakan bor dengan paksa agar tidak memperpendek umur bor listrik Anda.

Bor listrik portable, cocok untuk pemula dan wanita

Bor listrik portable, cocok untuk pemula dan wanita

Bor listrik berukuran kecil (portable) mempunyai beberapa kelebihan. Jenis ini memiliki bobot yang ringan, compact, dan mudah digenggam sehingga cocok untuk pengguna pemula atau wanita. Bor listrik ukuran kecil juga cocok digunakan pada ruang sempit yang sulit dijangkau dengan mesin bor pada umumnya.


Meski tidak mempunyai kekuatan besar, bor ini mampu mengencangkan baut pada furnitur rakitan. Karena tidak menguras kantong, jenis bor ini merupakan pilihan tepat bagi pemula yang baru menyelami kerajinan DIY. Ukurannya yang compact juga membuat bor listrik ini praktis dibawa ke mana pun Anda pergi.

Impact drill, ideal untuk pekerjaan berat

Impact drill, ideal untuk pekerjaan berat

Mesin bor beton atau impact drill, mempunyai tenaga yang lebih besar dari bor tangan. Bor ini bekerja dengan memberikan hentakan sambil memutar baut sehingga memudahkan Anda memasang sekrup berukuran panjang. Bor ini ideal untuk pekerjaan berat, seperti proyek pertukangan, bongkar pasang, atau menanam sekrup.


Beberapa impact drill juga mempunyai fungsi hammer drill yang akan memberikan hentakan lebih kuat ketika memasang baut. Jenis bor ini juga cocok untuk mengebor beton. Berhati-hatilah untuk tidak menggunakan jenis bor impact drill dan vibration drill dengan tenaga berlebih karena akan merusak ulir baut.

Pilih berdasarkan sumber daya listriknya

Berdasarkan sumber daya listriknya, bor listrik terbagi menjadi dua, yaitu bor dengan kabel dan bor baterai. Keduanya mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jadi, pilihlah sesuai dengan kebutuhan dan kemudahan penggunaannya.

Bor listrik bertenaga baterai: Mudah digunakan, baik indoor maupun outdoor

Bor listrik bertenaga baterai: Mudah digunakan, baik indoor maupun outdoor

Keutamaan dari bor listrik bertenaga baterai atau bor cordless adalah dapat digunakan di area indoor ataupun outdoor. Mesin bor ini tak perlu tersambung ke soket listrik sehingga bisa digunakan di berbagai tempat dan dibawa bepergian. Namun, alat ini memiliki batas maksimal penggunaan dan perlu diisi ulang saat dayanya habis terpakai.


Bor listrik dengan waktu pengisian ulang daya yang singkat menandakan bahwa durasi penggunaannya juga singkat. Ada baiknya Anda memilih bor yang bisa diisi penuh selama 3 sampai 4 jam. Selain itu, jenis baterai juga memengaruhi kualitas. Baterai lithium-ion diklaim lebih tahan lama daripada nickel-cadmium.


Tenaga baterai pada bor listrik juga dapat bervariasi. Jadi, kami menyarankan untuk memeriksa besar tegangan atau voltasenya. Tegangan yang digunakan pada bor listrik biasanya berkisar antara 3,6 V sampai 36 V. Namun, Anda dapat memilih 10,8 V untuk pekerjaan ringan, seperti DIY. Pilihlah besar voltase yang sesuai kebutuhan Anda.

Bor listrik dengan kabel: Untuk pemakaian dalam jangka waktu lama

Bor listrik dengan kabel: Untuk pemakaian dalam jangka waktu lama

Bor listrik dengan kabel mampu dioperasikan dengan tenaga yang konstan sehingga cocok untuk pemakaian dalam waktu lama. Kelebihan lainnya, bor listrik model ini cenderung lebih terjangkau harganya dibandingkan bor bertenaga baterai. Anda juga tidak perlu mengganti atau mengisi ulang baterainya.


Namun, panjang kabelnya relatif terbatas sehingga kurang cocok digunakan di luar ruangan. Jika Anda akan menggunakan bor listrik untuk pekerjaan di dalam ruangan, jenis ini bisa dijadikan pilihan.

Cari kisaran torsi yang tepat agar pekerjaan makin nyaman

Cari kisaran torsi yang tepat agar pekerjaan makin nyaman

Salah satu kriteria dalam membandingkan performa bor listrik adalah torsi. Torsi merujuk pada kemampuan bor untuk mengencangkan baut dan diukur dengan satuan newton per meter (N/m). Makin besar nilainya, makin kuat bor tersebut mengencangkan baut.


Bor listrik untuk keperluan rumah tangga biasanya berkisar antara 2049 N/m. Bor listrik dengan kisaran torsi ini sudah mencukupi untuk merakit mebel atau membuat kerajinan DIY. Sementara itu, pilihlah produk dengan torsi 50 N/m atau lebih untuk mengencangkan baut berukuran besar. Anda juga dapat mempertimbangkan bor listrik untuk profesional yang besar torsinya tersedia dari sekitar 70 N/m.

Sesuaikan kecepatan putaran dengan material yang akan dikerjakan

Sesuaikan kecepatan putaran dengan material yang akan dikerjakan

Agar bor listrik dapat bekerja optimal pada material yang akan Anda kerjakan, pastikan kecepatan putarannya terlebih dahulu. Saat melubangi kayu, Anda cukup menggunakan bor listrik dengan kecepatan putaran 2.000 rpm. Namun, apabila Anda akan menggunakannya pada logam, pilihlah bor listrik dengan kecepatan putaran lebih dari 2.000 rpm.


Anda juga bisa mempertimbangkan bor listrik yang dilengkapi fungsi CVT (continuously variable transmission) untuk mengatur kecepatan putaran. Mesin bor ini dapat disesuaikan penggunaannya untuk melubangi kayu ataupun logam sehingga ideal digunakan untuk berbagai keperluan.

Periksa kapasitas penjepit (chuck) apabila akan memasang mata bor untuk drilling

Periksa kapasitas penjepit (chuck) apabila akan memasang mata bor untuk drilling

Kapasitas pengeboran pada bor listrik bervariasi menyesuaikan diameter mata bor. Oleh karena itu, Anda perlu memastikan kapasitas penjepit mata bor atau chuck. Kapasitas chuck diindikasikan dalam satuan milimeter yang juga menunjukkan kemampuan mata bor dalam melubangi.


Berhati-hatilah agar tidak memasang mata bor yang lebih besar dari kapasitas chuck. Secara umum, terdapat 3 tipe mata bor, yaitu 6,5, 10, dan 13 mm. Sebagai acuan, bor 13 mm bisa untuk memasang mata bor berukuran lebih kecil, seperti 6,5 mm dan 10 mm.

Pertimbangkan juga fitur tambahan yang dapat membantu pemula

Pertimbangkan juga fitur tambahan yang dapat membantu pemula
Terdapat beberapa produk yang dilengkapi fitur tambahan yang membuatnya makin nyaman digunakan. Fitur tambahan tersebut akan sangat berguna terutama untuk pemula yang belum terbiasa menggunakan bor listrik. Berikut adalah beberapa fitur tambahan yang ada pada bor listrik:

  • Reversible: Fitur yang memungkinkan mata bor berputar ke arah sebaliknya sehingga bisa digunakan untuk memasang atau melepas baut.
  • Tombol variasi kecepatan: Pengaturan kecepatan dari tinggi ke rendah, dan sebaliknya.
  • Lampu LED: Fitur yang akan menerangi area di depan mesin bor dalam gelap.
  • Indikator baterai: Menunjukkan level baterai yang tersisa.
  • Chuck tanpa kunci: Memungkinkan Anda memasang dan melepas mata bor tanpa kunci chuck.

10 Rekomendasi bor listrik terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk bor listrik terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10

Stanley10.8V Cordless Drill Driver

SCD121S1

Mulai dari Rp 1.291.000,00

JenisBor baterai
Kapasitas chuck10 mm
Kecepatan maksimal1.500 rpm
Torsi26 Nm
Tegangan10,8 V
Daya listrikTidak disebutkan
Fitur tambahanReversible, variasi kecepatan, eyless chuck, sistem perlindungan elektronik
9

Dewalt18V XR Li-ion Brushless Compact Drill Driver

DCD791D2

Mulai dari Rp 4.000.000,00

JenisBor baterai
Kapasitas chuck13 mm
Kecepatan maksimal2.000 rpm
Torsi50 Nm
Tegangan18 V
Daya listrikTidak disebutkan
Fitur tambahanKait untuk sabuk, chuck magnetik, variasi kecepatan, reversible
8

MakitaLight & Easy Mesin Reversible Drill

6412

Mulai dari Rp 660.000,00

JenisBor listrik berkabel
Kapasitas chuck10 mm
Kecepatan maksimal3.000 rpm
TorsiTidak disebutkan
TeganganTidak disebutkan
Daya listrik450 W
Fitur tambahanReversible
7

NankaiCordless Screwdriver

082 - 03

Mulai dari Rp 120.000,00

JenisBor baterai
Kapasitas chuck6,35 mm
Kecepatan maksimal180 rpm
Torsi2,5 Nm
Tegangan4,8 V
Daya listrikTidak disebutkan
Fitur tambahanLampu LED, indikator baterai, reversible
6

RYUCordless Impact Drill 20V

RCI20V

Mulai dari Rp 1.800.000,00

JenisBor baterai
Kapasitas chuck10 mm
Kecepatan maksimalTidak disebutkan
Torsi32 Nm
Tegangan20 V
Daya listrikTidak disebutkan
Fitur tambahanReversible, quick charging, lampu LED, variasi kecepatan
5

Black & Decker4.8V Screwdriver

KC4815-B1

Mulai dari Rp 436.000,00

JenisBor baterai
Kapasitas chuckTidak disebutkan
Kecepatan maksimalTidak disebutkan
TorsiTidak disebutkan
Tegangan4,8 V
Daya listrikTidak disebutkan
Fitur tambahanLampu LED, indikator baterai,
4
JenisBor listrik berkabel
Kapasitas chuck6,5 mm
Kecepatan maksimal2.600 rpm
TorsiTidak disebutkan
Tegangan3,6 V
Daya listrik480 W
Fitur tambahanReversible, chuck otomatis
3
JenisBor listrik berkabel
Kapasitas chuck10 mm
Kecepatan maksimal2.600 rpm
TorsiTidak disebutkan
TeganganTidak disebutkan
Daya listrik500 W
Fitur tambahanVariasi kecepatan, reversible
2

KenmasterBor Listrik 10MM & Mata Bor Fisher

C3001

Mulai dari Rp 290.375,00

JenisBor listrik berkabel
Kapasitas chuck10 mm
Kecepatan maksimal2.600 rpm
TorsiTidak disebutkan
TeganganTidak disebutkan
Daya listrik350 W
Fitur tambahanTidak disebutkan
1

J.LD ToolCordless Hand Drill

J36V-2

Mulai dari Rp 580.000,00

JenisBor baterai
Kapasitas chuck10 mm
Kecepatan maksimal1.750 rpm
TorsiTidak disebutkan
Tegangan36 V
Daya listrikTidak disebutkan
Fitur tambahanReversible, lampu LED, variasi kecepatan

Tabel perbandingan produk bor listrik terbaik

Gambar produk
1
J.LD Tool Cordless Hand Drill 1

J.LD Tool

2
Kenmaster Bor Listrik 10MM & Mata Bor Fisher  1

Kenmaster

3
Bosch GSB 500 RE 1

Bosch

4
MAILTank Electric Drill 1

MAILTank

5
Black & Decker 4.8V Screwdriver  1

Black & Decker

6
RYU Cordless Impact Drill 20V 1

RYU

7
Nankai Cordless Screwdriver 1

Nankai

8
Makita Light & Easy Mesin Reversible Drill 1

Makita

9
Dewalt 18V XR Li-ion Brushless Compact Drill Driver 1

Dewalt

10
Stanley 10.8V Cordless Drill Driver 1

Stanley

Nama produk

Cordless Hand Drill

Bor Listrik 10MM & Mata Bor Fisher

GSB 500 RE

Electric Drill

4.8V Screwdriver

Cordless Impact Drill 20V

Cordless Screwdriver

Light & Easy Mesin Reversible Drill

18V XR Li-ion Brushless Compact Drill Driver

10.8V Cordless Drill Driver

Keunggulan

Dilengkapi dua buah baterai, tak perlu khawatir saat dayanya habis

Dengan watt kecil, pilihan terbaik untuk menghemat listrik!

Set hand tools lengkap yang cocok untuk pemula ataupun profesional

Makin aman dengan handle yang nyaman dan tidak licin

Sangat praktis dengan pegangan yang bisa diputar memanjang

Quick charging, bisa mengisi daya hanya dalam waktu satu jam

Harga terjangkau untuk mendukung kegiatan DIY

Mesin bor portable yang bisa melubangi kayu dan baja

Powerful, tetapi tidak terlalu berisik

Dengan sistem perlindungan elektronik, tetap aman walau dipakai terus-menerus

Harga mulai dariRp 580.000,00Rp 290.375,00Rp 1.130.000,00Rp 180.000,00Rp 436.000,00Rp 1.800.000,00Rp 120.000,00Rp 660.000,00Rp 4.000.000,00Rp 1.291.000,00
JenisBor baterai Bor listrik berkabelBor listrik berkabelBor listrik berkabelBor bateraiBor bateraiBor bateraiBor listrik berkabelBor bateraiBor baterai
Kapasitas chuck10 mm10 mm10 mm6,5 mmTidak disebutkan10 mm6,35 mm10 mm13 mm10 mm
Kecepatan maksimal1.750 rpm2.600 rpm2.600 rpm2.600 rpmTidak disebutkanTidak disebutkan180 rpm3.000 rpm2.000 rpm1.500 rpm
TorsiTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkan32 Nm2,5 NmTidak disebutkan50 Nm26 Nm
Tegangan36 VTidak disebutkanTidak disebutkan3,6 V4,8 V20 V4,8 VTidak disebutkan18 V10,8 V
Daya listrikTidak disebutkan350 W500 W480 WTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkan450 WTidak disebutkanTidak disebutkan
Fitur tambahanReversible, lampu LED, variasi kecepatanTidak disebutkanVariasi kecepatan, reversibleReversible, chuck otomatisLampu LED, indikator baterai, Reversible, quick charging, lampu LED, variasi kecepatanLampu LED, indikator baterai, reversibleReversibleKait untuk sabuk, chuck magnetik, variasi kecepatan, reversibleReversible, variasi kecepatan, eyless chuck, sistem perlindungan elektronik
Tautan produk

Pertanyaan umum seputar bor listrik

Pertanyaan umum seputar bor listrik

Setelah membahas tips memilih dan rekomendasi produknya, kami akan menjawab pertanyaan populer seputar bor listrik untuk Anda. Simaklah uraian di bawah ini untuk mengetahui jawaban dari tiap pertanyaannya.

Apakah bor 10 mm bisa untuk tembok?

Bor listrik dengan chuck berukuran 10 mm idealnya digunakan untuk kayu, besi, dan plastik. Pasalnya, bor ini tidak memiliki hammer drill atau pendorong sehingga kurang cocok untuk tembok. Jika Anda ingin mengebor tembok, beton, dan baja, gunakanlah mesin bor 13 mm yang impact-nya lebih kuat.

Apa perbedaan bor listrik dan impact drill?

Impact drill merupakan salah satu jenis bor listrik. Impact drill memiliki daya hantam yang kuat sehingga bisa menembus beton yang sangat keras sekalipun.

Baca juga rekomendasi produk bor listrik lainnya di sini

Bor listrik yang beredar di pasaran tidak hanya terbatas pada bor dengan kabel dan bor cordless saja. Makin bervariasi proyek atau pekerjaan yang dikerjakan, makin bervariasi juga bor yang diperlukan. Ingin referensi lainnya terkait mesin bor? Baca artikel di bawah ini, ya!

Kesimpulan

Memilih bor listrik bukanlah hal yang menyulitkan jika Anda telah mengetahui hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan. Sebagai contoh, untuk pemula dan wanita, utamakan faktor ukuran dan kenyamanan dari bor yang akan Anda pilih.


Anda juga bisa mencoba bor listrik di toko peralatan dengan mempertimbangkan poin-poin yang sudah kami bahas pada artikel ini. Selamat mencari bor listrik yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Baterai AA Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Baterai AA Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Baterai adalah pengisi daya yang penting untuk berbagai perangkat elektronik, mulai dari jam dinding, remote, sampai mainan. Baterai AA umumnya memiliki besar tegangan 1,5 Volt. ABC Alkaline, Energizer, dan Eveready adalah beberapa merek baterai AA yang mudah Anda temui di pasaran.Selain baterai AA sekali pakai, ada juga baterai AA rechargeable. Smartoools adalah salah satu merek baterai AA rechargeable. Namun, simak dahulu tips kami dalam memilih baterai AA yang bagus untuk berbagai alat elektronik. Di samping segi harga, masih ada hal-hal lainnya yang bisa Anda pertimbangkan. Selamat membaca!
    Power tools
  • 10 Rekomendasi Impact Wrench (Pembuka Baut) Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Impact Wrench (Pembuka Baut) Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Impact wrench atau pembuka baut digunakan untuk mengencangkan mur dan baut serta untuk mengganti roda. Anda akan menemukan impact wrench keluaran Bosch, DeWalt, Mailtank, dan lainnya dengan spesifikasi dan harga yang berbeda. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan beberapa rekomendasi merek impact wrench yang bagus!Sebenarnya, ada juga impact wrench yang dapat Anda hubungkan dengan kompresor. Namun, kali ini kami akan membatasi hanya pada tipe pembuka baut elektrik saja. Tidak ada salahnya jika Anda membeli impact wrench karena alat ini akan sangat memudahkan pekerjaan Anda!
    Power tools
  • 10 Rekomendasi Mesin Bor Beton (Impact Drill) Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Mesin Bor Beton (Impact Drill) Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Ketika ingin menyekrup bagian yang tebal saat merangkai furnitur, Anda akan kesulitan jika hanya menggunakan obeng. Untuk itu, Anda membutuhkan mesin bor beton atau impact drill. Namun, banyaknya merek impact drill, seperti Makita, Bosch, dan Mailtank, mungkin membuat Anda kebingungan. Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan rekomendasi mesin bor beton yang bagus. Terdapat berbagai jenis produk dengan spesifikasi, fitur, dan harga yang berbeda. Baik bor cordless (bor baterai) maupun bor berkabel, semua akan kami sajikan. Semoga Anda dapat menemukan impact drill yang sesuai dengan kebutuhan. Selamat membaca!
    Power tools
  • 10 Rekomendasi Baterai Rechargeable Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Baterai Rechargeable Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Baterai rechargeable adalah salah satu solusi untuk menekan timbunan sampah yang dihasilkan oleh rumah tangga. Berbeda dengan baterai biasa, sumber daya listrik yang satu ini dapat diisi ulang dan dipakai hingga ratusan kali. Berbagai tipe dan ukuran baterai rechargeable pun bisa dengan mudah ditemukan di pasaran, mulai dari 18650, AA, hingga AAA.Nah, kali ini kami akan membahas cara memilih baterai rechargeable yang bagus sekaligus memberikan rekomendasi produknya. Anda bisa menemukan berbagai merek terbaik, misalnya Panasonic dan Energizer. Baterai rechargeable yang bagus untuk tamiya juga ada, lho. Jadi, mari disimak!
    Power tools
  • 10 Rekomendasi Gergaji Tangan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Gergaji Tangan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Pepohonan yang terlalu rindang dengan banyak cabang akan membuat pekarangan rumah Anda terlihat tidak terawat. Karena itu, Anda perlu memotong dahannya menggunakan gergaji agar tetap rapi. Dewasa ini, terdapat gergaji tangan yang ringan dan mudah digunakan. Namun, banyaknya produk yang beredar di pasaran barangkali membuat Anda bingung dalam memilihnya.Kali ini, kami akan membahas cara memilih gergaji tangan yang bagus. Berbagai merek gergaji tangan terbaik, seperti Tekiro Tools dan Carl Schlieper atau Cap Mata ada dalam rekomendasi kami. Simak artikel ini sampai habis jika Anda ingin mendapatkan gergaji tangan terbaik.
    Power tools
  • 10 Rekomendasi Stop Kontak Inbow Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Stop Kontak Inbow Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Stopkontak inbow adalah penghubung alat elektronik dengan sumber arus listrik. Stopkontak inbow biasanya dipasan di dinding, lantai, atau meja. Mengingat saat ini listrik berpengaruh besar terhadap aktivitas manusia, keberadaan stopkontak inbow menjadi sangat penting. Kini stopkontak inbow tidak hanya menyediakan colokan, tetapi juga dilengkapi penutup dan fitur lainnya.Di artikel ini kami akan membahas cara memilih stopkontak inbow terbaik. Anda akan menemukan merek-merek yang bagus seperti Broco, Panasonic, hingga Schneider. Silakan baca artikel ini sampai tuntas dan temukan stopkontak inbow dengan beragam harga dan fitur.
    Power tools
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori