10 Rekomendasi Sepeda Anak Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Sepeda Anak Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Anak-anak sangat menyukai sepeda, namun untuk mengendarainya mereka butuh belajar keseimbangan terlebih dahulu. Itulah sebabnya sepeda anak muncul dengan tambahan roda di belakangnya, ada tambahan satu roda atau dua roda. Bahkan saat ini sudah ada model baru di pasaran, yaitu sepeda tanpa pedal, atau lebih dikenal dengan nama “strider“.

Lalu sepeda seperti apakah yang paling bagus untuk anak Anda? Pada kesempatan ini kami akan mengulas beberapa poin yang perlu diperhatikan dalam memilih sepeda anak dan juga 10 rekomendasi sepeda anak terbaik yang dapat Anda gunakan sebagai acuan dalam membeli sepeda untuk anak.

Daftar isi

Cara memilih sepeda anak

Usia anak dalam bersepeda merupakan poin penting dalam memilih sepeda anak. Selain itu, keamanan dan harga juga merupakan hal yang perlu dipertimbangkan. Berikut ulasan lengkap hal-hal yang perlu Anda perhatikan dalam memilih sepeda untuk anak Anda.

Usia anak merupakan poin yang utama

Usia anak merupakan poin yang utama

Pada umumnya sepeda anak baru dapat digunakan ketika anak mulai berusia 2 atau 2,5 tahun. Hal ini dikarenakan pada usia tersebut kaki anak sudah kuat dan juga telah memiliki tinggi badan yang sesuai untuk dapat mencapai tanah ketika menaiki sepeda. Hal ini penting, terutama untuk sepeda tanpa pedal karena membutuhkan dorongan kaki yang kuat ke tanah untuk membuat sepeda melaju. Kaki anak Anda juga diperlukan untuk membantu mengerem laju sepeda.

Tinggi badan setiap anak tentu berbeda-beda, oleh karena itu Anda dapat memilih sepeda yang sesuai dengan tinggi anak Anda. Pilihlah juga sepeda yang pegangan dan sadelnya dapat dengan mudah disesuaikan dengan tinggi anak.

Apakah rem pada sepeda anak diperlukan?

Apakah rem pada sepeda anak diperlukan?

Sepeda anak ada yang dilengkapi dengan rem dan ada juga yang tidak. Dari sudut pandang orang dewasa, nampak lebih baik jika sepeda memiliki rem, namun pada dasarnya saat anak-anak ingin menghentikan laju sepeda, kaki mereka harus menempel di tanah, sehingga keberadaan rem tidak mutlak diperlukan.

Pegangan sepeda yang sederhana tanpa tambahan rem akan lebih mudah dipahami oleh anak-anak yang baru belajar menggunakan sepeda. Penggunaan rem juga membutuhkan tenaga dimana hal ini agak sulit untuk anak usia 2 hingga 4 tahun. Untuk alasan tersebut, Anda dapat memilih sepeda yang tidak dilengkapi dengan rem.

Namun jika Anda memilih sepeda dengan rem, ini akan lebih memudahkan ketika anak Anda akan bertransisi dari sepeda anak-anak ke sepeda biasa, anak Anda menjadi lebih terbiasa dan tidak membutuhkan waktu adaptasi yang lama. Tetaplah memperhatikan usia anak saat Anda akan memilih sepeda, baik yang dilengkapi rem atau tidak.

Perhatikan berat sepeda untuk keamanan

Perhatikan berat sepeda untuk keamanan

Anak tentu akan merasa senang jika Anda mengajaknya bersama-sama bersepeda keluar rumah. Sepeda yang ringan tentu akan sangat memudahkan untuk dibawa ketika bepergian. Bahkan Anda dapat juga mencari sepeda yang dapat dilipat sehingga tidak memakan banyak tempat ketika dibawa bepergian.

Sepeda yang ringan juga berguna untuk meningkatkan kenyamanan anak ketika menggunakannya. Sepeda jadi tidak terlalu berat untuk didorong maju. Selain itu, saat anak Anda terjatuh, dia dapat menyingkirkan sepeda yang menimpanya dan bangun sendiri.

Ada tidaknya standar sepeda

Ada tidaknya standar sepeda

Setelah membeli sepeda, yang perlu dipikirkan selanjutnya adalah tempat penyimpanannya. Jika sepeda tidak memiliki standar (kaki penahan), tentu penyimpanannya akan sulit karena sepeda tidak dapat disimpan berdiri.

Sepeda yang dapat dilipat tentu akan memberi nilai lebih tersendiri karena lebih mudah dalam penyimpanan dan tidak menghabiskan banyak ruang. Namun tidak perlu khawatir jika sepeda anak yang Anda pilih tidak dilengkapi dengan standar, kini sudah banyak stand sepeda dijual terpisah.

Ada beberapa tipe standar untuk sepeda anak, ada yang berupa stand stationer, ada juga yang berupa kickstand belakang, seperti standar sepeda dewasa pada umumnya. Jika sepeda anak Anda sudah dilengkapi dengan standar, maka penyimpanannya akan lebih mudah karena sepeda dapat disimpan berdiri dimanapun ditempatkan.

Sepeda yang dilengkapi dengan pedal

Sepeda yang dilengkapi dengan pedal

Sepeda anak saat ini ada yang tidak memiliki pedal dan ada yang dilengkapi dengan pedal. Sepeda yang tidak memiliki pedal bagus untuk melatih keseimbangan anak, sehingga pada waktunya, anak dapat dengan mudah bertransisi menggunakan sepeda roda dua biasa. Sedangkan sepeda yang memiliki pedal biasanya dilengkapi dengan tambahan satu atau dua roda bantu. Namun ketika anak sudah mulai dapat seimbang, roda tambahan tersebut biasanya dapat dilepas.

Sepeda yang memiliki pedal dapat digunakan untuk waktu yang lebih lama dibanding sepeda tanpa pedal. Namun, seiring dengan pertumbuhan anak yang akan mengalami perubahan pada tinggi dan berat badannya, maka suatu saat Anda akan tetap perlu membeli sepeda lainnya yang sesuai dengan usia anak.

10 Rekomendasi sepeda anak terbaik

Sepeda anak yang baik adalah yang mudah digunakan, mudah dalam penyimpanan, dan bahannya kuat. Berikut rekomendasi sepeda anak terbaik yang dapat Anda gunakan sebagai referensi dalam memilih sepeda untuk buah hati Anda.

10. RMB Sepeda Anak 12″ Venice

10. RMB Sepeda Anak 12" Venice

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 825.000

Sepeda dengan rangka besi yang memiliki desain unik

Sepeda ini memiliki desain yang unik, yang pasti disukai anak-anak. Di bagian depan, sepeda dilengkapi dengan keranjang yang dapat memuat banyak barang. Pada bagian belakang, terdapat kursi tambahan yang empuk untuk penumpang. Jika Anda memiliki 2 orang anak yang masih kecil-kecil, mereka dapat saling membonceng satu sama lain, sungguh menyenangkan.

Sepeda anak ini terbuat dari rangka besi, sehingga lebih kuat dan tidak mudah patah, meskipun menjadi sedikit lebih berat. Sepeda yang ditujukan untuk anak usia 3-4 tahun ini dilengkapi dengan roda bantu kanan kiri. Untuk merangsang anak lebih cepat seimbang, roda bantu dapat dilepas satu persatu.

9. Yoe Yoe Sepeda Anak Roda Tiga

9. Yoe Yoe Sepeda Anak Roda Tiga

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 267.000

Sepeda roda tiga yang dilengkapi dengan sandaran

Sepeda roda tiga ini ditujukan bagi anak-anak usia 2 tahun ke atas yang baru pertama kali belajar mengendarai sepeda. Satu roda di bagian depan dan dua roda di bagian belakang membuat sepeda ini kokoh berdiri dan tidak mudah jatuh sehingga aman digunakan oleh buah hati Anda. Sadelnya yang dilengkapi dengan sandaran, menambah kenyamanan anak ketika mengendarai sepeda.

Sepeda ini memiliki pedal yang menempel pada roda bagian depan sehingga anak Anda dapat mengayuh sepedanya sendiri dan bersenang-senang dengan aman. Harganya yang murah membuat sepeda ini menjadi incaran para orang tua.

8. Thrill Pushbike Balance Kids

8. Thrill Pushbike Balance Kids

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 855.000

Sepeda tanpa pedal dengan material alloy

Jenis sepeda yang satu ini mungkin saat ini belum terlalu populer di Indonesia, namun di negara lain sudah menjadi pilihan utama untuk sepeda anak. Berdasarkan hasil penelitian, sepeda tanpa pedal cukup baik untuk melatih keseimbangan anak. Cocok untuk Anda yang ingin si kecil tampil beda dari anak lainnya !

Sepeda ini terbuat dari material alloy sehingga sepeda lebih ringan dan juga anti karat. Material alloy ini bisa bertahan 5-10 tahun. Namun sepeda ini tidak dilengkapi dengan standar, sehingga sepeda tidak dapat disimpan berdiri jika anak Anda membawanya keluar dan sedang tidak menggunakannya.

7. London Taxi Kickbike

7. London Taxi Kickbike

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 979.000

Sepeda dengan tampilan klasik dan sangat ringan

Sepeda yang didesain khusus untuk melatih keseimbangan anak ini dibuat dari bahan high carbon steel yang membuat sepeda ini  menjadi sangat ringan, hanya sekitar 3 kg. Untuk Anda yang menyukai tampilan yang klasik, sepeda ini cocok untuk Anda. Dengan warna coklat pada pegangan dan sadelnya, selain membuat tidak mudah kotor, sepeda juga terlihat klasik dan elegan.

Sepeda tanpa pedal ini dapat digunakan untuk anak usia 2-5 tahun. Dilengkapi dengan sadel yang dapat diatur ketinggiannya, mempermudah anak Anda ketika menggunakannya. Mereka dapat berlari atau berjalan mendorong sepeda sambil tetap duduk menempel pada sadel. Cocok untuk si kecil, bukan?

6. United Aero Bike

6. United Aero Bike

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 899.900

Sepeda anak yang dilengkapi dengan botol minum

Sepeda dari United Bike ini terbuat dari bahan magnesium alloy yang membuat produk ini menjadi ringan, kuat, dan lebih tahan lama. Dengan desain kerangka yang stylish dan warnanya yang sangat menarik, sepeda ini cocok untuk anak laki-laki Anda yang berusia 3-4 tahun. Pada bagian belakang sadel, terdapat aksesoris tambahan botol minum, sehingga anak Anda dapat pergi bermain bersama teman-teman tanpa perlu kehausan.

Tambahan penutup rantai, spakbor di depan dan belakang, serta kabel rem yang dimasukkan ke dalam stang membuat sepeda ini semakin aman dan nyaman untuk digunakan buah hati Anda. Produk yang sungguh mengedepankan kenyamanan dan keamanan anak !

5. Strider Balance Bike

5. Strider Balance Bike

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.865.000

Strider untuk balita belajar keseimbangan tubuh

Strider ini dibuat dengan rangka baja dan rodanya yang sangat tebal membuat sepeda ini sangat awet. Sadelnya pun didesain nyaman untuk diduduki dalam waktu lama serta dapat diatur ketinggiannya dengan mudah tanpa bantuan alat. Cocok untuk balita Anda belajar menyeimbangkan tubuh.

Tempat untuk meletakkan kaki nya pun didesain sedemikian rupa sehingga buah hati Anda dapat nyaman meletakkan kakinya ketika sepeda sudah melaju. Sepeda roda dua ini diklaim dapat digunakan oleh anak dari usia 18 bulan hinga 5 tahun. Meskipun harga Strider Balance Bike yang cukup mahal, tetapi kualitasnya sepadan!

4. Polygon Alice 12″

4. Polygon Alice 12"

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.050.000

Sepeda pink dengan tema Alice

Sepeda dengan warna pink ini pasti akan menjadi kesayangan anak perempuan Anda. Dengan tema Alice yang digunakan pada hampir seluruh bagian sepeda membuat semua anak perempuan jatuh cinta. Orang tua pun akan menyukai sepeda ini karena rangkanya yang terbuat dari baja membuat sepeda ini tahan lama dan anti karat.

Sepeda yang ditujukan untuk anak 3-4 tahun ini dilengkapi dengan tambahan roda bantu di kiri dan kanan. Desainnya yang dilengkapi dengan keranjang di bagian depan dan kursi penumpang dengan sandaran membuat sepeda ini semakin menarik. Dengan mengendarai sepeda ini, anak Anda dapat bersenang-senang dengan gaya.

3. PMB BMX 919 Safari CP

3. PMB BMX 919 Safari CP

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 588.000

Sepeda roda tiga yang dilengkapi dengan musik

Sepeda yang rangkanya terbuat dari bahan chrome ini memiliki desain yang unik dan warna dominan hitam putih yang elegan. Rangkanya yang tebal dan kokoh membuat sepeda ini dapat digunakan untuk waktu yang lama. Sadel sepeda ini dilengkapi juga dengan sandaran, sehingga anak lebih nyaman ketika bersepeda.

Keunggulan lain dari sepeda ini adalah pada keranjang depannya terdapat kotak musik yang dilengkapi dengan 3 melodi yang berbeda. Dengan diiringi alunan musik, waktu bersepeda anak Anda akan lebih menyenangkan. Jika anak Anda menyukai musik atau Anda sedang mencari sepeda yang dapat dijadikan hadiah, sepeda PMB BMX ini dapat menjadi pilihan.

2. Nachita Sepeda Anak 12″

2. Nachita Sepeda Anak 12"

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 500.000

Sepeda dengan aksesoris yang lengkap

Sepeda yang ditujukan untuk anak usia 3 tahun ke atas ini dilengkapi dengan banyak tambahan aksesoris. Aksesoris yang ditambahkan pun cukup berbeda dari sepeda lain, seperti kursi penumpang yang juga dapat menjadi tempat meletakkan boks belakang. Boks belakang ini berguna untuk menjaga barang sehingga aman jika turun hujan.

Berbeda dengan yang lain, sepeda ini dilengkapi dengan bel. Adanya bel membuat anak balita Anda belajar mengenali suara di sekitarnya. Sepeda ini sangat tepat untuk Anda yang mencari sepeda harga ekonomis namun memiliki aksesoris yang lengkap.

1. Kouan Sepeda Lipat Anak 12″ LKF-121

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga :Rp 595.000

Sepeda lipat yang praktis dibawa bepergian

Anda sering mengajak anak Anda berkunjung ke rumah kakek neneknya? Terkadang ketika si kecil sedang senang-senangnya dengan satu mainan, Ia cenderung tidak ingin lepas dari mainan tersebut. Oleh karena itu, sepeda lipat ini cocok untuk Anda yang sering mengajak anak Anda bepergia.

Dengan desain yang cantik dan pilihan warna yang menarik, anak Anda akan lebih percaya diri ketika mengendarai sepeda ini. Sepeda ini juga dilengkapi dengan keranjang pada bagian depan, dan di belakang ada kursi penumpang yang dilengkapi dengan sandaran. Dengan harga yang terjangkau, sepeda ini layak menjadi favorit.

Kesimpulan

Seluruh sepeda anak saat ini sudah pasti mengutamakan keamanan dan kenyamanan bagi pengendaranya. Mulai dari bahan yang tidak mudah berkarat dan tahan lama; sadel yang nyaman dan beberapa dilengkapi dengan sandaran; serta tambahan roda sehingga sepeda tidak mudah terjatuh.

Anda juga dapat memilih apakah anak Anda akan belajar keseimbangan sedari dini dengan membeli sepeda tanpa pedal atau menundanya hingga anak sedikit lebih besar. Harga yang bervariasi pun tentu menjadi pertimbangan tersendiri. Jadi, sepeda anak manakah yang menjadi pilihan Anda?