10 Rekomendasi Sepeda Anak Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Sepeda Anak Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

Anak-anak sangat menyukai sepeda, tetapi untuk mengendarainya mereka butuh belajar keseimbangan terlebih dahulu. Itulah sebabnya sepeda anak muncul dengan tambahan roda di belakangnya, bisa dengan satu atau dua roda. Bahkan, saat ini juga ada sepeda tanpa pedal atau lebih dikenal dengan nama “strider”.

Meski begitu, banyaknya sepeda anak keluaran Thrill, Polygon, United Bike, atau Strider bisa saja membuat Anda bingung untuk memilih. Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan rekomendasi sepeda anak terbaik. Dengan begitu, Anda pun akan semakin mudah menemukan produk yang paling tepat. Selamat membaca!

Daftar isi

Cara memilih sepeda anak

Pertama, kami akan menjelaskan cara memilih sepeda anak. Terdapat beberapa poin penting yang perlu Anda perhatikan. Anda bisa menjadikannya sebagai acuan dan memilih sepeda yang paling tepat untuk anak Anda.

Pilih yang sesuai dengan usia anak Anda

Pilih yang sesuai dengan usia anak Anda

Anda perlu memilih sepeda dengan target usia sesuai usia anak Anda. Umumnya sepeda anak dibuat untuk anak berusia mulai dari 2 atau 2,5 tahun. Selain itu, Anda juga perlu menyesuaikannya dengan tinggi badan anak Anda. Meski usianya sudah mencukupi, bila tinggi badannya tidak memadai tentu membuat sepeda tersebut menjadi sulit digunakan. Penting untuk memilih sepeda yang memungkinkan kaki anak Anda menapak di tanah dengan sempurna ketika diturunkan. Apalagi, banyak sepeda yang tidak dilengkapi dengan rem. Bila kaki anak Anda bisa menapak dengan sempurna, sepeda tetap bisa dihentikan ketika kaki anak Anda diturunkan. Tentu lebih aman, bukan?

Lalu, Anda juga perlu mengecek kesesuaian tinggi sadel dan gagang sepeda dengan tinggi anak Anda. Bila Anda mau, Anda bisa memilih produk yang ketinggian sadel dan gagangnya bisa disesuaikan. Hal ini bisa Anda pastikan kepada seller terlebih dahulu karena informasi mengenai tinggi sepeda ini cukup jarang ditemukan pada spesifikasi produk.

Pilih berdasarkan ada tidaknya rem

Pilih berdasarkan ada tidaknya rem

Sepeda anak ada yang dilengkapi dengan rem dan ada juga yang tidak. Dari sudut pandang orang dewasa, nampak lebih baik jika sepeda memiliki rem. Akan tetapi, pada dasarnya untuk menghentikan laju sepeda anak Anda hanya perlu menurunkan kakinya ke tanah sehingga keberadaan rem pun tidak mutlak diperlukan.

Anak Anda juga perlu mengeluarkan tenaga untuk menekan pedal rem. Hal ini bisa terasa agak sulit untuk anak usia 2 hingga 4 tahun. Selain itu, absennya pedal rem juga akan semakin memudahkan anak Anda saat memegang gagang sepeda. Untuk alasan tersebut, Anda dapat memilih sepeda yang tidak dilengkapi dengan rem.

Meski begitu, keunggulan memilih sepeda dengan rem adalah memudahkan anak Anda untuk bertransisi dari sepeda anak-anak ke sepeda roda dua. Anak Anda akan menjadi lebih terbiasa dan tidak membutuhkan waktu adaptasi yang lama. Tetaplah memperhatikan usia anak saat Anda akan memilih sepeda, baik yang dilengkapi rem atau tidak.

Pilih berdasarkan bobot sepeda

Pilih berdasarkan bobot sepeda

Anda tentu tidak akan membiarkan anak Anda bermain sepeda di jalan raya, bukan? Bila terdapat taman besar di rumah Anda, anak Anda memang bisa bermain di situ. Akan tetapi, bila tidak ada area sebesar itu di rumah, anak Anda bisa bermain sepeda dengan Anda di taman atau lapangan. Sepeda berbobot berat tentu akan lebih sulit dibawa. Karena itu, Anda bisa memilih sepeda berbobot ringan. Bila Anda mau, Anda juga bisa memilih sepeda anak yang bisa dilipat atau menyediakan tas tambahan agar sepeda tersebut menjadi lebih mudah dibawa.

Lalu, bobot yang ringan juga  memudahkan anak Anda untuk mengendalikannya. Sepeda pun jadi tidak terlalu berat untuk didorong maju. Selain itu, saat anak Anda terjatuh dia dapat dengan mudah menyingkirkan sepeda yang menimpanya dan bangun sendiri. Namun, info mengenai bobot sepeda ini juga jarang dicantumkan, lebih baik bila Anda tanyakan dahulu mengenai informasi ini kepada penjualnya.

Pilih berdasarkan ada tidaknya standar sepeda agar mudah disimpan

Pilih berdasarkan ada tidaknya standar sepeda agar mudah disimpan

Sebelum membeli sepeda, hal yang perlu dipikirkan selanjutnya adalah tempat penyimpanannya. Jika sepeda tidak memiliki standar (kaki penahan), tentu penyimpanannya akan sulit karena sepeda tidak dapat disimpan berdiri.

Tentu akan terasa praktis bila sepeda pilihan Anda bisa dilipat dan disimpan dalam tas khusus, kemudian bisa ditaruh di garasi atau depan rumah. Akan tetapi, jika tidak demikian tentu Anda perlu memilih sepeda yang dilengkapi standar. Anda juga bisa saja membeli standarnya sesuai terpisah.

Ada beberapa tipe standar untuk sepeda anak, ada yang berupa stand stationer dan ada juga yang berupa kickstand belakang seperti standar sepeda dewasa pada umumnya. Jika sepeda anak Anda sudah dilengkapi dengan standar, penyimpanannya pun akan lebih mudah karena sepeda dapat disimpan berdiri di lokasi mana pun.

Pilih berdasarkan ada tidaknya pedal

Pilih berdasarkan ada tidaknya pedal

Kebanyakan sepeda anak tidak dilengkapi pedal, tetapi ada juga produk yang bisa digunakan untuk jangka waktu cukup lama karena dilengkapi dengan pedal opsional dan bisa digunakan mengikuti perkembangan fisik anak Anda. Anak Anda bisa mulai bermain sepeda tanpa menggunakan pedal. Setelah anak Anda semakin terbiasa, Anda bisa memasang pedalnya sehingga sepeda tersebut pun bisa digunakan lebih lama. Tidak hanya nyaman untuk anak karena bisa digunakan terus-menerus tanpa perlu adaptasi lagi, Anda sebagai orang tua pun diuntungkan karena tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membeli sepeda lagi.

Meski begitu, seiring dengan bertambahnya tinggi dan bobot anak Anda, ukuran sepeda yang sesuai pun akan berubah. Karena itu, Anda tetap perlu memilih sepeda yang ukurannya sesuai dengan usia anak Anda.

10 Rekomendasi sepeda anak terbaik

Sekarang, kami akan memberikan rekomendasi sepeda anak terbaik yang dapat Anda gunakan sebagai referensi dalam memilih sepeda untuk buah hati Anda. Selamat membaca!

10. Element MTB RMB Venice 12″

10. Element MTB RMB Venice 12"

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 820.000

Sepeda dengan rangka besi berdesain unik

Sepeda ini memiliki desain yang unik plus warna eyecatching, pastinya disukai anak-anak. Sepeda ini dilengkapi keranjang yang dapat memuat banyak barang. Di belakang, terdapat kursi tambahan yang empuk sehingga bila Anda memiliki 2 anak yang masih kecil, mereka dapat saling membonceng satu sama lain, mengasyikkan!

Sepeda berbobot 8,9 kg ini terbuat dari rangka besi sehingga menjadi lebih kuat dan tidak mudah patah. Selain itu, sepeda ini juga dilengkapi dengan roda bantu kanan kiri yang bisa dilepas-pasang. Bila Anda mencari sepeda yang tahan lama dan memiliki tampilan menarik, produk ini adalah salah satu pilihannya!

Varian warna Pink dan ungu
Target usia Tidak disebutkan
Rem Ada
Standar Tidak ada
Pedal Ada

9. Yoe Yoe Sepeda Anak Roda Tiga BMX

9. Yoe Yoe Sepeda Anak Roda Tiga BMX

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 247.500

Harganya sangat terjangkau, dilengkapi sandaran pula!

Dengan harga yang sangat ramah di kantong, sepeda yang ditujukan bagi anak-anak usia 2 tahun ke atas ini memiliki kualitas yang tak perlu diragukan. Sepeda dengan tinggi 65,5 cm ini memiliki pedal yang menempel pada roda bagian depan sehingga anak Anda dapat mengayuh sepedanya sendiri dan bersenang-senang dengan aman.

Lalu, bila Anda ingin anak Anda bermain sepeda tanpa takut terjatuh atau terlempar ke belakang, ini jawabannya! Satu roda di depan dan dua roda di belakang membuat sepeda ini kokoh berdiri dan tak mudah jatuh. Sadelnya juga dilengkapi dengan sandaran sehingga anak Anda bisa bersandar dan tak akan terjatuh ke belakang.

Varian warna Silver, orange, merah, biru, dan ungu
Target usia 2-5 tahun
Rem Tidak ada
Standar Tidak ada
Pedal Ada

8. Thrill Push Bike

8. Thrill Push Bike

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 890.000

Latih keseimbangan dengan push bike yang harganya bersahabat

Push bike dikenal sebagai salah satu alat yang tepat untuk melatih keseimbangan anak sejak usia dini. Bila Anda memiliki dana terbatas, tetapi membutuhkan push bike berkualitas untuk digunakan oleh buah hati Anda, sepeda anak yang satu ini tentu tidak boleh Anda lewatkan.

Dibuat menggunakan material alloy pilihan, sepeda anak ini menjadi semakin kuat dan ringan. Absennya pedal rem plus gagang yang berukuran cukup tebal juga memudahkan anak Anda untuk memegang gagangnya dengan sempurna. Tersedia dalam 5 varian warna, Anda pun makin bebas memilih warna yang paling disukai.

Varian warna Hitam, hijau, kuning, orange, dan pink
Target usia 1,5-5 tahun
Rem Tidak ada
Standar Tidak ada
Pedal Tidak ada

7. Jefferys London Taxi Kickbike

7. Jefferys London Taxi Kickbike

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 939.000

Bobotnya hanya 2,9 kg! Makin mudah dibawa dan dikendarai

Sepeda yang didesain khusus untuk melatih keseimbangan anak ini memiliki bobot hanya 2,9 kg saja, sangat cocok dimiliki bila Anda mencari sepeda anak dengan bobot yang sangat ringan! Bobot ringannya membuat sepeda ini menjadi sangat mudah untuk dikendarai dan dibawa ke mana pun Anda mau.

Hal menarik lain dari sepeda ini yang tidak boleh Anda lewatkan adalah keberadaan sadel yang dapat diatur ketinggiannya. Tentu hal ini akan membuat sepeda ini semakin nyaman untuk digunakan si kecil. Selain itu, sepeda ini juga memiliki sadel dan gagang berwarna coklat, membuatnya terlihat elegan dan klasik saat digunakan.

Varian warna Navy, merah, hijau, kuning, putih, dan pink
Target usia 2-5 tahun
Rem Tidak ada
Standar Tidak ada
Pedal Tidak ada

6. United Bike Aero

6. United Bike Aero

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 1.100.000

Dilengkapi botol minum, anak pun bebas dehidrasi

Sepeda dari United Bike ini terbuat dari bahan magnesium alloy yang membuat produk ini menjadi ringan, kuat, dan lebih tahan lama. Adanya penutup rantai dan serta kabel rem yang dimasukkan ke dalam rangka membuat sepeda ini semakin aman dan nyaman untuk digunakan buah hati Anda.

Selain itu, bila Anda ingin anak Anda bebas bermain sepeda tanpa mengalami kehausan, produk ini layak dipertimbangkan. Sepeda ini sudah satu paket dengan aksesori tambahan berupa botol minum yang bisa disimpan di bawah sadel sehingga anak Anda dapat pergi bermain bersama teman-teman tanpa takut dehidrasi.

Varian warna Biru dan merah
Target usia Tidak disebutkan
Rem Ada
Standar Tidak ada
Pedal Ada

5. Strider 12 Sport Balance Bike

5. Strider 12 Sport Balance Bike

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 1.000.000

Atur ketinggian gagang dan sadelnya sesuai pertumbuhan anak Anda

Rangka sepeda anak ini dibuat dengan patented steel sehingga menjadi semakin durable dan kuat untuk dinaiki anak Anda selama bertahun-tahun. Selain bobotnya hanya 3,04 kg, bannya juga antikempes, Anda pun tak perlu repot melakukan perawatan khusus agar bannya tetap awet.

Dirancang untuk anak berusia 1,5 hingga 5 tahun, produk ini memiliki sadel dan gagang yang dapat diatur ketinggiannya sesuai dengan pertumbuhan fisik anak Anda, lho! Bila Anda mencari sepeda anak dengan sadel dan gagang yang dapat diatur ketinggiannya sesuai kebutuhan, produk ini pilihannya.

Varian warna Biru, hijau, merah, kuning, orange, dan pink
Target usia 1,5-5 tahun
Rem Tidak ada
Standar Tidak ada
Pedal Tidak ada

4. Polygon ALICE12

4. Polygon ALICE12

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 1.050.000

Ingin yang tampilannya imut? Pilih ini saja!

Bila Anda mencari sepeda anak dengan desain yang imut dan girly, produk ini adalah pilihan tepat. Warna pink putih yang soft plus hiasan bertemakan Alice membuat sepeda ini terlihat cute. Orang tua pun akan menyukai sepeda ini karena rangkanya yang terbuat dari baja membuat sepeda ini tahan lama dan antikarat.

Sepeda ini juga dilengkapi dengan tambahan roda di bagian belakang agar anak Anda bisa mengendarainya dengan mudah saat baru pertama belajar. Dilengkapi keranjang barang di bagian depan plus kursi tambahan untuk boncengan dengan temannya, anak Anda pun akan semakin senang bermain dengan sepeda ini.

Varian warna Pink
Target usia Tidak disebutkan
Rem Tidak ada
Standar Tidak ada
Pedal Ada

3. PMB 919 Safari

3. PMB 919 Safari

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 399.900

Sepeda roda tiga yang dilengkapi dengan musik

Sepeda dengan tinggi 66 cm ini tersedia dalam beragam pilihan warna menarik, Anda tidak akan kesulitan memilih warna yang paling cocok untuk anak Anda. Adanya boneka monyet di keranjang depannya juga membuat produk ini terlihat semakin menarik dan disukai anak-anak.

Tidak hanya dilengkapi lampu, sepeda ini juga mampu menghasilkan alunan musik yang akan membuat waktu bersepeda anak Anda terasa semakin menyenangkan. Jika anak Anda menyukai musik atau Anda sedang mencari sepeda anak yang dapat membuat suasana bermain semakin seru, produk ini layak dimiliki.

Varian warna Merah, hijau, kuning, pink, dan nickel
Target usia 1-3 tahun
Rem Tidak ada
Standar Tidak ada
Pedal Ada

2. Nachita Sepeda Anak 12″

2. Nachita Sepeda Anak 12"

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 500.000

Dilengkapi berbagai aksesori fungsional

Sepeda yang ditujukan untuk anak usia 3 tahun ke atas ini dilengkapi dengan banyak tambahan aksesori. Aksesori yang ditambahkan pun cukup berbeda dari sepeda lain, seperti kursi penumpang yang juga dapat menjadi tempat meletakkan boks belakang. Boks belakang ini berguna untuk menjaga barang sehingga aman jika turun hujan.

Selain itu, sepeda ini juga dilengkapi dengan bel, roda tambahan di kiri kanan roda belakang, pedal, keranjang barang di bagian depan, sandaran pada sadel, pedal, dan rem. Sepeda ini sangat tepat untuk Anda yang mencari sepeda yang memiliki berbagai aksesori fungsional.

Varian warna Pink, ungu, dan biru
Target usia Di atas 3 tahun
Rem Ada
Standar Tidak ada
Pedal Ada

1. Kouan Sepeda Lipat Anak 12″ LKF-121

1. Kouan Sepeda Lipat Anak 12" LKF-121

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga :Rp 805.000

Sepeda lipat yang praktis disimpan dan dibawa

Anda sering mengajak anak Anda berkunjung ke rumah kakek neneknya atau berbagai tempat lain? Bila iya, sepeda anak yang bisa dilipat ini cocok untuk Anda yang sering mengajak anak Anda bepergian. Bisa Anda lipat dengan mudah, produk ini sangat praktis untuk Anda simpan di mana pun atau bawa ke mana pun Anda mau.

Desain menarik plus adanya berbagai pilihan warna juga memudahkan anak Anda untuk memilih warna favoritnya. Dilengkapi dengan keranjang pada bagian depan plus kursi penumpang di bagian belakang yang telah dilengkapi dengan sandaran pun membuat sepeda ini terasa semakin fungsional.

Varian warna Pink, ungu, dan merah
Target usia Tidak disebutkan
Rem Ada
Standar Tidak ada
Pedal Ada

Baca juga rekomendasi helm sepeda untuk anak di sini

Ketika baru belajar mengendarai sepeda, besar kemungkinan anak Anda akan sering terjatuh. Setelah anak Anda terbiasa pun tetap saja anak Anda bisa terjatuh ketika bermain sepeda. Karena itu, penting untuk menggunakan helm agar anak Anda bisa bermain sepeda dengan lebih aman. Ingin tahu lebih lanjut? Simak artikel berikut ini!

Kesimpulan

Ketika Anda hendak membeli sepeda anak, Anda perlu memilih produk sesuai dengan usia anak Anda. Pastikan kaki anak Anda bisa menapak dengan sempurna di tanah saat mengendarai sepeda tersebut. Anda juga bisa memilih baik sepeda yang dilengkapi rem maupun tidak.

Anda juga perlu mengecek bobot serta ada tidaknya standar dan pedal pada sepeda pilihan Anda. Pilihlah sepeda yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda, ya!