• 10 Rekomendasi Sepeda Terbaik untuk Anak Laki-laki (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Sepeda Terbaik untuk Anak Laki-laki (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Sepeda Terbaik untuk Anak Laki-laki (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Sepeda Terbaik untuk Anak Laki-laki (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Sepeda Terbaik untuk Anak Laki-laki (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Sepeda Terbaik untuk Anak Laki-laki (Terbaru Tahun 2022)

Apakah anak laki-laki Anda sangat aktif? Bersepeda bisa menjadi aktivitas yang seru untuk menyalurkan energinya. Tampilan sepeda yang menarik tentu membuat pengalaman bersepeda lebih menyenangkan. Terdapat produk dari banyak merek terkenal, seperti Polygon Bikes, United Bike, dan Wimcycle yang modelnya maskulin. Sesuai dengan kesukaan anak laki-laki Anda, bukan?


Selain desain, tentu Anda juga perlu memperhatikan segi keamanan sepeda. Agar memudahkan Anda memilih, kami akan memberikan tips memilih sepeda untuk anak laki-laki. Selain itu, kami juga akan memberikan rekomendasi produknya yang bagus. Jadi, simak artikel ini sampai habis dan selamat membaca!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Cara memilih sepeda untuk anak laki-laki

Pertama, kami akan menjelaskan cara memilih sepeda untuk anak laki-laki. Terdapat beberapa poin penting yang perlu diperhatikan. Anda bisa menjadikannya sebagai acuan dan memilih sepeda yang paling tepat untuk jagoan Anda.

Sesuaikan diameter roda dengan usia anak

Penting untuk memperhatikan ukuran diameter roda sepeda dengan usia anak demi keamanannya. Anda juga perlu mengecek kesesuaian tinggi sadel dan setang sepeda dengan tinggi badan si kecil. Baca penjelasan lebih lengkap di bawah ini!

Balance bike: Melatih keseimbangan untuk anak 18 bulan ke atas

Balance bike: Melatih keseimbangan untuk anak 18 bulan ke atas

Keseimbangan merupakan dasar untuk menguasai sepeda. Karena itu, Anda dapat memperkenalkan balance bike terlebih dulu kepada anak Anda. Umumnya, balance bike memiliki diameter roda 12 inci atau 14 inci.


Ukuran tersebut cocok untuk anak berusia mulai 18 bulan atau dengan tinggi badan 85–110 cm. Jadi, ketika nanti belajar sepeda roda dua, anak bisa lebih cepat mengayuh pedal karena sudah memiliki keseimbangan yang baik.


Bila Anda tertarik juga untuk mencari produk balance bike, Anda dapat menyimak artikel balance bike terbaik di bawah ini.

Diameter roda 12 inci: Nyaman digunakan untuk usia 2–4 tahun

Diameter roda 12 inci: Nyaman digunakan untuk usia 2–4 tahun

Sepeda berdiameter roda 12 inci didesain untuk anak dengan tinggi 85–100 cm atau berusia 2–4 tahun. Biasanya, Anda akan menemukan roda bantu tambahan yang sudah terpasang di rangkanya. Anda dapat memilih sepeda yang memiliki fitur paling simpel. Hal ini karena kenyamanan dan rasa percaya diri anak lebih diutamakan pada usia ini.

Diameter roda 16 inci: Pas untuk anak usia 4–6 tahun

Pada sepeda dengan roda berukuran 16 inci, fitur rem mulai diperkenalkan. Ukuran ini cocok digunakan oleh anak dengan tinggi 100–120 cm atau berusia antara 4–6 tahun. Beberapa merek juga memberikan alternatif ukuran 18 inci untuk target usia ini. Namun, pastikan rem tangan dapat dijangkau dengan mudah oleh tangan anak Anda.

Diameter roda 20 inci: Terdapat beragam jenis sepeda untuk anak berusia 7–9 tahun

Diameter roda 20 inci: Terdapat beragam jenis sepeda untuk anak berusia 7–9 tahun

Pada usia 7–9 tahun, biasanya anak sudah dapat mengendalikan sepeda roda dua. Sepeda dengan diameter roda 20 inci dirancang untuk anak dengan tinggi 115–135 cm. Pada usia ini, anak mulai ingin menjelajah sehingga ada berbagai jenis sepeda yang tersedia. Terdapat berbagai jenis sepeda, seperti sepeda gunung, BMX, maupun sepeda balap. Jadi, Anda bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan anak Anda.


Sementara itu, anak laki-laki yang sudah mulai menginjak usia 9–11 tahun sebaiknya memakai sepeda dengan roda berdiameter 24 inci. Sepeda dengan diameter ini sudah ada yang memiliki fitur gear. Dengan demikian, anak bisa bersepeda lebih cepat dan menjelajah lebih jauh. Ukuran ini biasanya tersedia pada jenis sepeda gunung.

Pilihlah berdasarkan ketersediaan rem

Pilihlah berdasarkan ketersediaan rem

Sepeda anak ada yang dilengkapi dengan rem dan ada juga yang tidak. Dari sudut pandang orang dewasa, tampak lebih baik jika sepeda memiliki rem. Akan tetapi, untuk menghentikan laju sepeda, anak hanya perlu menurunkan kakinya ke tanah. Karena itu, keberadaan rem sebetulnya tidak mutlak diperlukan.


Anak Anda juga perlu mengeluarkan tenaga untuk menekan pedal rem. Hal ini bisa terasa agak sulit untuk anak usia 2–4 tahun. Selain itu, absennya pedal rem juga akan makin memudahkan anak Anda saat memegang gagang sepeda. Untuk alasan tersebut, Anda dapat memilih sepeda yang tidak dilengkapi dengan rem.


Meski begitu, keunggulan sepeda dengan rem adalah memudahkan si kecil untuk bertransisi dari sepeda anak-anak ke sepeda roda dua. Anak Anda akan menjadi lebih terbiasa dan tidak membutuhkan waktu adaptasi yang lama. Tetaplah memperhatikan usia anak saat Anda akan memilih sepeda, baik yang dilengkapi rem atau tidak.

Periksalah bobot sepeda untuk keamanan dan kenyamanan berpindah

Periksalah bobot sepeda untuk keamanan dan kenyamanan berpindah

Anda tentu tidak akan membiarkan anak-anak bermain sepeda di jalan raya, bukan? Apabila terdapat taman di rumah, anak-anak memang bisa bermain di situ. Akan tetapi, bila tidak ada area lapang di rumah, anak bisa bermain sepeda di taman atau lapangan umum.


Di saat seperti itu, sepeda berbobot berat tentu akan lebih sulit dibawa. Karena itu, Anda bisa memilih sepeda yang berbobot ringan. Bila tersedia, Anda juga bisa memilih sepeda lipat atau menyediakan tas tambahan agar sepeda mudah dibawa.


Lalu, bobot yang ringan juga memudahkan anak Anda untuk mengendalikan sepeda. Sepeda jadi tidak terlalu berat untuk didorong maju. Selain itu, saat anak Anda terjatuh pun ia dapat dengan mudah mengangkat sepeda yang menimpanya dan bangun sendiri.


Hal tersebut juga baik untuk mengajarkan Anak anda berinisiatif membereskan sepedanya sendiri. Sayangnya, informasi mengenai bobot sepeda jarang dicantumkan. Akan lebih baik apabila Anda menanyakan dahulu mengenai informasi ini kepada penjual.

Cek ada tidaknya standar sepeda agar mudah disimpan

Cek ada tidaknya standar sepeda agar mudah disimpan
Sebelum membeli sepeda, hal yang perlu dipikirkan selanjutnya adalah tempat penyimpanannya. Jika sepeda tidak memiliki standar (kaki penahan), penyimpanannya akan sulit karena sepeda tidak dapat disimpan berdiri.

Tentu terasa praktis jika sepeda anak bisa dilipat dan disimpan dalam tas khusus, kemudian disimpan dalam garasi. Akan tetapi, jika tidak demikian, Anda perlu memilih sepeda yang dilengkapi standar. Anda juga bisa membeli standarnya secara terpisah.


Ada beberapa tipe standar untuk sepeda anak. Ada yang berupa stationary stand, ada juga yang berupa kickstand belakang seperti standar sepeda dewasa pada umumnya. Jika sepeda anak telah dilengkapi dengan standar, penyimpanannya pun akan menjadi lebih praktis.

Pilih berdasarkan ada tidaknya pedal

Pilih berdasarkan ada tidaknya pedal

Kebanyakan sepeda anak tidak dilengkapi pedal, tetapi ada juga sepeda yang dilengkapi opsi pedal agar bisa digunakan lebih lama. Si kecil bisa mulai bermain sepeda tanpa menggunakan pedal. Setelah anak makin terbiasa, Anda bisa memasang pedalnya sehingga sepeda tersebut bisa dipakai lebih lama.


Tidak hanya nyaman bagi anak karena sudah beradaptasi dengan sepeda tersebut, Anda sebagai orang tua pun diuntungkan. Hal ini karena Anda tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan lagi untuk membeli sepeda baru.


Meski begitu, seiring dengan bertambahnya tinggi dan bobot anak, ukuran sepeda yang sesuai pun akan berubah. Karena itu, ingatlah bahwa Anda tetap perlu memilih sepeda yang ukurannya sesuai dengan usia jagoan Anda.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

10 Rekomendasi sepeda terbaik untuk anak laki-laki

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk sepeda terbaik untuk anak laki-laki yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10

Pacific BikeVentura Transformers 3.0 (12")

Mulai dari Rp 1.450.000,00

Diameter roda12 inci
Rem✔︎
Standarx
Pedal✔︎
BobotTidak disebutkan
Varian warnaBumblebee Orange, Optimus Blue
9
Diameter roda18 inci
Rem✔︎
Standarx
Pedal✔︎
BobotTidak disebutkan
Varian warnaGreen, black
8
Diameter roda16 inci
Rem✔︎
Standarx
Pedal✔︎
BobotTidak disebutkan
Varian warnaRed-grey, Spongebob Squarepants (blue), Dora the Explorer (pink)
7
Diameter rodaTidak disebutkan
Remx
Standarx
Pedal✔︎
Bobot6,8 kg
Varian warnaEternity Red, Comfort Brown, Classic White
6
Diameter roda20 inci
Rem✔︎
Standar✔︎
Pedal✔︎
Bobot14,4 kg
Varian warnaSilver, red
5
Diameter roda24 inci
Rem✔︎
Standar✔︎
Pedal✔︎
Bobot10–15 kg
Varian warnaBlue, red
4
Diameter roda16 inci
Rem✔︎
Standarx
Pedal✔︎
BobotTidak disebutkan
Varian warnaBlue, red
3
Diameter roda12 inci
Remx
Standarx
Pedalx
Bobot3 kg
Varian warnaMatte gray, blue, green. orange, pink, red, yellow
2
Diameter roda20 inci
Rem✔︎
Standar✔︎
Pedal✔︎
BobotTidak disebutkan
Varian warnaBlack red, blue orange, red black, grey yellow
1

London Taxi BikeBalance Bike

Mulai dari Rp 1.280.000,00

Diameter roda12 inci
Remx
Standarx
Pedalx
Bobot2,9 kg
Varian warnaLight green, blue, red, white, orange, yellow, black, green

Tabel perbandingan produk sepeda terbaik untuk anak laki-laki

Gambar produk
1
London Taxi Bike Balance Bike 1

London Taxi Bike

2
Morison Sepeda BMX 20" 8125 GX 1

Morison

3
Strider 12 Sport 1

Strider

4
Genio Bike LOCO 16 1

Genio Bike

5
Polygon Bikes Relic24 1

Polygon Bikes

6
Wimcycle 20" BMX Bigfoot 1

Wimcycle

7
iimo Foldable Tricycle 1

iimo

8
Family Bicycle Touring 2.0 1

Family Bicycle

9
United Bike Tank 18" 1

United Bike

10
Pacific Bike Ventura Transformers 3.0 (12") 1

Pacific Bike

Nama produk

Balance Bike

Sepeda BMX 20" 8125 GX

12 Sport

LOCO 16

Relic24

20" BMX Bigfoot

Foldable Tricycle

Touring 2.0

Tank 18"

Ventura Transformers 3.0 (12")

Keunggulan

Bobotnya sangat ringan! Makin mudah dibawa dan dikendarai

Dapat dipakai mulai dari usia SD hingga remaja

Atur ketinggian gagang dan sadelnya sesuai pertumbuhan anak

BMX keren yang harganya ekonomis

Kayuh sepeda lebih cepat dengan gear dari Shimano

Desain Bigfoot si monster truck yang gagah

Ringkas dan dapat digunakan untuk belajar jalan

Dapat dilipat sehingga tidak memakan banyak tempat penyimpanan

Dukung cita-cita si kecil menjadi tentara dengan sepeda bermotif army

Bersepeda makin keren bersama Transformers!

Harga mulai dariRp 1.280.000,00Rp 760.000,00Rp 1.600.000,00Rp 715.000,00Rp 2.800.000,00Rp 1.675.000,00Rp 2.980.000,00Rp 1.480.000,00Rp 1.750.000,00Rp 1.450.000,00
Diameter roda12 inci20 inci12 inci16 inci24 inci20 inciTidak disebutkan16 inci18 inci12 inci
Remx✔︎x✔︎✔︎✔︎x✔︎✔︎✔︎
Standarx✔︎xx✔︎✔︎xxxx
Pedalx✔︎x✔︎✔︎✔︎✔︎✔︎✔︎✔︎
Bobot2,9 kgTidak disebutkan3 kgTidak disebutkan10–15 kg14,4 kg6,8 kgTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkan
Varian warnaLight green, blue, red, white, orange, yellow, black, greenBlack red, blue orange, red black, grey yellowMatte gray, blue, green. orange, pink, red, yellowBlue, redBlue, redSilver, red Eternity Red, Comfort Brown, Classic WhiteRed-grey, Spongebob Squarepants (blue), Dora the Explorer (pink)Green, blackBumblebee Orange, Optimus Blue
Tautan produk

Baca juga rekomendasi produk sepeda anak lainnya di sini

Kali ini kami telah merekomendasikan sepuluh sepeda yang cocok dipakai untuk anak-anak laki-laki. Selain itu, masih ada banyak artikel lain yang bisa memberikan informasi baru mengenai sepeda untuk anak-anak. Mari lihat artikel lainnya di sini.

Kesimpulan

Ketika hendak membeli sepeda untuk anak laki-laki, Anda perlu memilih produk sesuai dengan usia si kecil. Pastikan kaki anak Anda bisa menapak dengan sempurna di tanah saat mengendarai sepeda tersebut.


Anda bisa memilih sepeda yang dilengkapi rem maupun tidak. Selain itu, Anda juga perlu mengecek bobot serta ketersediaan standar dan pedal pada sepeda pilihan. Pilihlah sepeda yang paling sesuai dengan kebutuhan jagoan Anda, ya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Sepeda Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sepeda Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Sejak masa pandemi ini, tren bersepeda kian menjamur. Tak heran jika peminat sepeda makin tinggi, tak terkecuali dengan sepeda listrik. Di Indonesia sendiri ada banyak merek sepeda listrik buatan lokal ataupun luar negeri yang dijual di pasaran.Agar Anda tidak bingung memilih, kami akan memberikan tips memilih sepeda listrik yang bagus. Kami juga merekomendasikan sepuluh merek sepeda listrik terbaik, misalnya Uwinfly, Volta, dan Xiaomi, lengkap dengan harganya. Jadi, simak artikel ini sampai akhir, ya. Selamat memilih!
    Sepeda
  • 10 Rekomendasi Sepeda Lipat Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sepeda Lipat Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Sepeda lipat atau seli merupakan jenis sepeda yang cukup digemari karena desainnya yang menarik dan mudah dibawa bepergian. Di pasaran sendiri, Anda akan menemukan banyak merk sepeda lipat yang bagus, seperti Polygon, United Bike, hingga PACIFIC BIKE. Harga sepeda lipat sendiri bervariasi tergantung jenis bahan dan keunggulannya. Ada sepeda lipat dengan harga 2 jutaan, 3 jutaan, hingga puluhan juta. Nah, supaya Anda tidak kebingungan, kami akan mengulas tips memilih sepeda lipat yang bagus. Temukan rekomendasi produk sepeda lipat yang murah dan berkualitas dengan membaca artikel ini sampai tuntas.
    Sepeda
  • 10 Rekomendasi Sepeda Roda Tiga Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sepeda Roda Tiga Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Bermain sepeda merupakan salah satu cara untuk mengasah keterampilan motorik serta koordinasi beberapa kelompok otot anak. Sepeda roda tiga adalah alternatif yang bisa dipilih. Dari sekian banyak produk di pasaran, Anda mungkin bingung dalam memilih sepeda yang tepat untuk si kecil.Karena itu, kami akan membagikan tips memilih sepeda roda tiga terbaik untuk Anda. Kami juga akan merekomendasikan produk dari merek sepeda roda tiga yang bagus, seperti Family, Exotic, dan Pacific. Anda bisa menemukan sepeda untuk bayi, anak usia 1 tahun, dan sebagainya. Berikan produk yang pas untuk anak Anda!
    Sepeda
  • 10 Sepeda Gunung Terbaik untuk Pemula - Ditinjau oleh Cycling Vlogger (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sepeda Gunung Terbaik untuk Pemula - Ditinjau oleh Cycling Vlogger (Terbaru Tahun 2022)
    Sepeda gunung dapat digunakan untuk berbagai macam medan. Mulai dari jalanan kota yang mulus sampai jalanan pegunungan yang tidak rata bisa Anda tempuh. Ketika memilih sepeda gunung untuk pertama kali, Anda pasti bingung karena terdapat banyak jenis sepeda gunung di pasaran.Produsen ternama seperti Polygon, Pacific, United, Thrill, dan lainnya juga banyak mengeluarkan produk sepeda gunung. Oleh karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih, serta merekomendasikan sepuluh sepeda gunung terbaik dan murah untuk pemula. Artikel ini sudah ditinjau oleh cycling vlogger kami, Nasirullah Sitam. Langsung scroll down, yuk!
    Sepeda
  • 10 Rekomendasi Balance Bike Terbaik untuk Anak (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Balance Bike Terbaik untuk Anak (Terbaru Tahun 2022)
    Anda mungkin pernah melihat sepeda tanpa pedal yang banyak digunakan oleh anak-anak. Sepeda yang dikenal dengan istilah balance bike atau kick bite ini memang cukup populer dan banyak diminati. Jika Anda sedang mencari informasi tentang balance bike, Anda wajib membaca artikel ini! Kami akan membahas secara lengkap mengenai manfaat balance bike dan hal apa saja yang perlu Anda perhatikan sebelum membelinya. Kami juga akan merekomendasikan beberapa merek balance bike yang bagus, seperti London Taxi, Strider, atau Maynine. Langsung saja scroll ke bawah untuk informasi lebih lanjut! 
    Sepeda
  • 10 Rekomendasi Sepeda BMX Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sepeda BMX Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    BMX merupakan jenis sepeda yang cukup populer di kalangan anak muda. Selain digunakan untuk aktivitas harian, sepeda BMX juga digunakan dalam kegiatan olahraga. Bagi Anda yang belum pernah menggunakan sepeda BMX, tentu akan sulit mengetahui jenis-jenis sepeda BMX yang ada di pasaran.Melalui artikel ini, kami akan mengulas tips memilih sepeda BMX terbaik untuk dewasa dan anak-anak. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi sepeda BMX yang bagus untuk Anda. Sepeda BMX terbaik di Indonesia merek Polygon, Pacific, United, dan sebagainya akan kami ulas dalam artikel ini.
    Sepeda
  • 10 Rekomendasi Sepeda Fitness (Spinning Bike) Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sepeda Fitness (Spinning Bike) Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Sepeda fitness atau spinning bike adalah peralatan olahraga yang praktis digunakan di rumah. Alat ini sangat efektif untuk pembentukan otot atau diet. Baru-baru ini banyak pilihan sepeda fitness, seperti tipe yang minim suara atau tipe yang bisa mendeteksi detak jantung. Dengan banyaknya variasi, mungkin Anda kebingungan memilih sepeda fitness yang bagus. Karena itu, kali ini kami akan memberikan tips cara memilih sepeda fitness yang baik berikut rekomendasinya. Merek spinning bike terbaik seperti Bodimax, Speeds, dan iReborn akan Anda temukan. Untuk itu, simak terus hingga selesai, ya!
    Sepeda
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori