• 10 Rekomendasi Sepeda Anak Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Sepeda Anak Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Sepeda Anak Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Sepeda Anak Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Sepeda Anak Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Sepeda Anak Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Anak-anak sangat menyukai sepeda, tetapi untuk mengendarainya mereka butuh belajar keseimbangan terlebih dahulu. Itulah sebabnya sepeda anak muncul dengan tambahan roda di belakangnya, bisa dengan satu atau dua roda. Bahkan, saat ini juga ada sepeda tanpa pedal atau lebih dikenal dengan nama “strider”.

Meski begitu, banyaknya sepeda anak keluaran Thrill, Polygon, United Bike, atau Strider bisa saja membuat Anda bingung untuk memilih. Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan rekomendasi sepeda anak terbaik. Dengan begitu, Anda pun akan semakin mudah menemukan produk yang paling tepat. Selamat membaca!
  • Pembaharuan terakhir: 17 Februari 2020
  • 25.702 Views
Daftar isi

Cara memilih sepeda anak

Pertama, kami akan menjelaskan cara memilih sepeda anak. Terdapat beberapa poin penting yang perlu Anda perhatikan. Anda bisa menjadikannya sebagai acuan dan memilih sepeda yang paling tepat untuk anak Anda.

Pilih yang sesuai dengan usia anak Anda

Pilih yang sesuai dengan usia anak Anda
Anda perlu memilih sepeda dengan target usia sesuai usia anak Anda. Umumnya sepeda anak dibuat untuk anak berusia mulai dari 2 atau 2,5 tahun. Selain itu, Anda juga perlu menyesuaikannya dengan tinggi badan anak Anda. Meski usianya sudah mencukupi, bila tinggi badannya tidak memadai tentu membuat sepeda tersebut menjadi sulit digunakan. Penting untuk memilih sepeda yang memungkinkan kaki anak Anda menapak di tanah dengan sempurna ketika diturunkan. Apalagi, banyak sepeda yang tidak dilengkapi dengan rem. Bila kaki anak Anda bisa menapak dengan sempurna, sepeda tetap bisa dihentikan ketika kaki anak Anda diturunkan. Tentu lebih aman, bukan?
Lalu, Anda juga perlu mengecek kesesuaian tinggi sadel dan gagang sepeda dengan tinggi anak Anda. Bila Anda mau, Anda bisa memilih produk yang ketinggian sadel dan gagangnya bisa disesuaikan. Hal ini bisa Anda pastikan kepada seller terlebih dahulu karena informasi mengenai tinggi sepeda ini cukup jarang ditemukan pada spesifikasi produk.

Pilih berdasarkan ada tidaknya rem

Pilih berdasarkan ada tidaknya rem
Sepeda anak ada yang dilengkapi dengan rem dan ada juga yang tidak. Dari sudut pandang orang dewasa, nampak lebih baik jika sepeda memiliki rem. Akan tetapi, pada dasarnya untuk menghentikan laju sepeda anak Anda hanya perlu menurunkan kakinya ke tanah sehingga keberadaan rem pun tidak mutlak diperlukan.
Anak Anda juga perlu mengeluarkan tenaga untuk menekan pedal rem. Hal ini bisa terasa agak sulit untuk anak usia 2 hingga 4 tahun. Selain itu, absennya pedal rem juga akan semakin memudahkan anak Anda saat memegang gagang sepeda. Untuk alasan tersebut, Anda dapat memilih sepeda yang tidak dilengkapi dengan rem.
Meski begitu, keunggulan memilih sepeda dengan rem adalah memudahkan anak Anda untuk bertransisi dari sepeda anak-anak ke sepeda roda dua. Anak Anda akan menjadi lebih terbiasa dan tidak membutuhkan waktu adaptasi yang lama. Tetaplah memperhatikan usia anak saat Anda akan memilih sepeda, baik yang dilengkapi rem atau tidak.

Pilih berdasarkan bobot sepeda

Pilih berdasarkan bobot sepeda
Anda tentu tidak akan membiarkan anak Anda bermain sepeda di jalan raya, bukan? Bila terdapat taman besar di rumah Anda, anak Anda memang bisa bermain di situ. Akan tetapi, bila tidak ada area sebesar itu di rumah, anak Anda bisa bermain sepeda dengan Anda di taman atau lapangan. Sepeda berbobot berat tentu akan lebih sulit dibawa. Karena itu, Anda bisa memilih sepeda berbobot ringan. Bila Anda mau, Anda juga bisa memilih sepeda anak yang bisa dilipat atau menyediakan tas tambahan agar sepeda tersebut menjadi lebih mudah dibawa.
Lalu, bobot yang ringan juga memudahkan anak Anda untuk mengendalikannya. Sepeda pun jadi tidak terlalu berat untuk didorong maju. Selain itu, saat anak Anda terjatuh dia dapat dengan mudah menyingkirkan sepeda yang menimpanya dan bangun sendiri. Namun, info mengenai bobot sepeda ini juga jarang dicantumkan, lebih baik bila Anda tanyakan dahulu mengenai informasi ini kepada penjualnya.

Pilih berdasarkan ada tidaknya standar sepeda agar mudah disimpan

Pilih berdasarkan ada tidaknya standar sepeda agar mudah disimpan
Sebelum membeli sepeda, hal yang perlu dipikirkan selanjutnya adalah tempat penyimpanannya. Jika sepeda tidak memiliki standar (kaki penahan), tentu penyimpanannya akan sulit karena sepeda tidak dapat disimpan berdiri.
Tentu akan terasa praktis bila sepeda pilihan Anda bisa dilipat dan disimpan dalam tas khusus, kemudian bisa ditaruh di garasi atau depan rumah. Akan tetapi, jika tidak demikian tentu Anda perlu memilih sepeda yang dilengkapi standar. Anda juga bisa saja membeli standarnya sesuai terpisah.
Ada beberapa tipe standar untuk sepeda anak, ada yang berupa stand stationer dan ada juga yang berupa kickstand belakang seperti standar sepeda dewasa pada umumnya. Jika sepeda anak Anda sudah dilengkapi dengan standar, penyimpanannya pun akan lebih mudah karena sepeda dapat disimpan berdiri di lokasi mana pun.

Pilih berdasarkan ada tidaknya pedal

Pilih berdasarkan ada tidaknya pedal
Kebanyakan sepeda anak tidak dilengkapi pedal, tetapi ada juga produk yang bisa digunakan untuk jangka waktu cukup lama karena dilengkapi dengan pedal opsional dan bisa digunakan mengikuti perkembangan fisik anak Anda. Anak Anda bisa mulai bermain sepeda tanpa menggunakan pedal. Setelah anak Anda semakin terbiasa, Anda bisa memasang pedalnya sehingga sepeda tersebut pun bisa digunakan lebih lama. Tidak hanya nyaman untuk anak karena bisa digunakan terus-menerus tanpa perlu adaptasi lagi, Anda sebagai orang tua pun diuntungkan karena tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membeli sepeda lagi.
Meski begitu, seiring dengan bertambahnya tinggi dan bobot anak Anda, ukuran sepeda yang sesuai pun akan berubah. Karena itu, Anda tetap perlu memilih sepeda yang ukurannya sesuai dengan usia anak Anda.

10 Rekomendasi sepeda anak terbaik

Sekarang, kami akan memberikan rekomendasi sepeda anak terbaik yang dapat Anda gunakan sebagai referensi dalam memilih sepeda untuk buah hati Anda. Selamat membaca!
10
Varian warnaPink dan ungu
Target usiaTidak disebutkan
RemAda
StandarTidak ada
PedalAda
9
Varian warnaSilver, orange, merah, biru, dan ungu
Target usia2-5 tahun
RemTidak ada
StandarTidak ada
PedalAda
8
Varian warnaHitam, hijau, kuning, orange, dan pink
Target usia1,5-5 tahun
RemTidak ada
StandarTidak ada
PedalTidak ada
7
Varian warnaNavy, merah, hijau, kuning, putih, dan pink
Target usia2-5 tahun
RemTidak ada
StandarTidak ada
PedalTidak ada
6
Varian warnaBiru dan merah
Target usiaTidak disebutkan
RemAda
StandarTidak ada
PedalAda
5
Varian warnaBiru, hijau, merah, kuning, orange, dan pink
Target usia1,5-5 tahun
RemTidak ada
StandarTidak ada
PedalTidak ada
4
Varian warnaPink
Target usiaTidak disebutkan
RemTidak ada
StandarTidak ada
PedalAda
3
Varian warnaMerah, hijau, kuning, pink, dan nickel
Target usia1-3 tahun
RemTidak ada
StandarTidak ada
PedalAda
2
Varian warnaPink, ungu, dan biru
Target usiaDi atas 3 tahun
RemAda
StandarTidak ada
PedalAda
1
Varian warnaPink, ungu, dan merah
Target usiaTidak disebutkan
RemAda
StandarTidak ada
PedalAda

Tabel perbandingan produk sepeda anak terbaik

Gambar produk
1
Kouan  Sepeda Lipat Anak 12″  1

Kouan

2
Nachita Sepeda Anak 12″ 1

Nachita

3
PMB 919 Safari 1

PMB

4
Polygon  ALICE 12 1

Polygon

5
Strider 12 Sport Balance Bike 1

Strider

6
United Bike Aero 1

United

7
Jefferys London Taxi Kickbike 1

Jefferys London

8
Thrill Push Bike 1

9
Yoe Yoe Sepeda Anak Roda Tiga BMX 1

Yoe Yoe

10
Element MTB RMB Venice 12″ 1

Element

Nama produk

Sepeda Lipat Anak 12″

Sepeda Anak 12″

919 Safari

ALICE 12

12 Sport Balance Bike

Bike Aero

Taxi Kickbike

Thrill Push Bike

Sepeda Anak Roda Tiga BMX

MTB RMB Venice 12″

KeunggulanSepeda lipat yang praktis d...Dilengkapi berbagai aksesor...Sepeda roda tiga yang dilen...Ingin yang tampilannya imut...Atur ketinggian gagang dan ...Dilengkapi botol minum, ana...Bobotnya hanya 2,9 kg! Maki...Latih keseimbangan dengan p...Harganya sangat terjangkau,...Sepeda dengan rangka besi b...
HargaRp 805.000,00Rp 500.000,00Rp 399.900,00Rp 1.050.000,00Rp 1.000.000,00Rp 1.100.000,00Rp 939.000,00Rp 890.000,00Rp 247.500,00Rp 820.000,00
Varian warnaPink, ungu, dan merahPink, ungu, dan biruMerah, hijau, kuning, pink, dan nickelPinkBiru, hijau, merah, kuning, orange, dan pinkBiru dan merahNavy, merah, hijau, kuning, putih, dan pinkHitam, hijau, kuning, orange, dan pinkSilver, orange, merah, biru, dan unguPink dan ungu
Target usiaTidak disebutkanDi atas 3 tahun1-3 tahunTidak disebutkan1,5-5 tahunTidak disebutkan2-5 tahun1,5-5 tahun2-5 tahunTidak disebutkan
RemAdaAdaTidak adaTidak adaTidak adaAdaTidak adaTidak adaTidak adaAda
StandarTidak adaTidak adaTidak adaTidak adaTidak adaTidak adaTidak adaTidak adaTidak adaTidak ada
PedalAdaAdaAdaAdaTidak adaAdaTidak adaTidak adaAdaAda
Tautan produk

Baca juga rekomendasi helm sepeda untuk anak di sini

Ketika baru belajar mengendarai sepeda, besar kemungkinan anak Anda akan sering terjatuh. Setelah anak Anda terbiasa pun tetap saja anak Anda bisa terjatuh ketika bermain sepeda. Karena itu, penting untuk menggunakan helm agar anak Anda bisa bermain sepeda dengan lebih aman. Ingin tahu lebih lanjut? Simak artikel berikut ini!

Kesimpulan

Ketika Anda hendak membeli sepeda anak, Anda perlu memilih produk sesuai dengan usia anak Anda. Pastikan kaki anak Anda bisa menapak dengan sempurna di tanah saat mengendarai sepeda tersebut. Anda juga bisa memilih baik sepeda yang dilengkapi rem maupun tidak.
Anda juga perlu mengecek bobot serta ada tidaknya standar dan pedal pada sepeda pilihan Anda. Pilihlah sepeda yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda, ya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Susu Formula Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Susu Formula Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2020)
    Susu formula mengandung berbagai nutrisi esensial untuk bayi sehingga menjadikannya ideal sebagai pendamping atau pengganti ASI saat diperlukan. Ada banyak merek susu formula untuk bayi seperti Enfamil, Similac, dan Lactogen, tetapi bagaimana cara memilih susu formula yang paling sesuai untuk bayi Anda?Pada artikel kali ini kami akan membahas cara memilih susu formula terbaik untuk bayi, selain itu kami juga akan memberikan rekomendasi susu formula terbaik yang telah kami pilih dengan seksama. Semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang berguna bagi Anda!
    Ibu & anak
    258.674 Views
  • 10 Rekomendasi Popok Terbaik untuk Bayi Baru Lahir (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Popok Terbaik untuk Bayi Baru Lahir (Terbaru Tahun 2020)
    Setiap ibu yang baru melahirkan pasti ingin mencari popok terbaik untuk bayinya. Karena kulit bayi yang masih sangat rentan, pemilihan popok bayi tidak boleh dilakukan sembarangan. Banyaknya merek populer, seperti MamyPoko, Sweety, dan Pampers, tidak sedikit membuat ibu kebingungan memilih popok terbaik untuk si kecil.Untuk itu, kami akan menjelaskan poin-poin penting dalam memilih popok bayi sekaligus memperkenalkan produk terbaik untuk buah hati Anda. Tidak hanya memilih popok dengan harga murah saja, keamanan dan kenyamanan si kecil juga perlu diperhatikan. Yuk, simak penjelasannya!
    Ibu & anak
    115.979 Views
  • 10 Rekomendasi Test Pack Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Test Pack Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Ketika wanita mengalami tanda-tanda kehamilan seperti mual dan terlambat haid, memastikan kehamilan menggunakan test pack adalah salah satu langkah awal yang perlu dilakukan. Berbagai jenis dan merek produk test pack banyak dijual di pasaran, misalnya Akurat, Sensitif, dan ClearBlue. Akan tetapi, bagaimana cara memilihnya?Di artikel ini, kami akan membahas tentang cara memilih test pack yang mudah dipahami bahkan oleh Anda yang baru pertama kali memakainya. Kami juga akan membantu Anda dengan memberi sepuluh rekomendasi test pack terbaik. Jangan sampai ketinggalan juga ulasan mengenai cara pemakaian yang tepat pada akhir artikel!
    Ibu & anak
    138.626 Views
  • 10 Rekomendasi Botol Susu Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Botol Susu Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2020)
    Botol susu bayi adalah salah satu perlengkapan yang penting untuk dipersiapkan sebelum kelahiran bayi. Di antara sekian banyak botol susu yang dijual, Anda harus memilih produk yang tepat. Hal ini dilakukan demi memberikan kenyamanan pada bayi Anda nantinya.Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih botol susu bayi dengan pertimbangan material, bentuk, dan usia bayi. Kami juga akan memberikan rekomendasi produk-produk terbaik, seperti Comotomo, Putti Atti, Medela, Sweety, BABY HUKI, dan PIGEON. Baca sampai selesai, ya!
    Ibu & anak
    83.687 Views
  • 10 Rekomendasi Krim Bayi / Baby Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Krim Bayi / Baby Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Meskipun kulit bayi halus dan lembut, bukan berarti tidak membutuhkan perhatian dan perawatan khusus. Sebaliknya, kulit bayi sangat sensitif dan rentan terkena permasalahan kulit, seperti eczema, iritasi, kemerahan atau ruam. Untuk mengatasinya, Anda dapat menggunakan baby cream pada kulit bayi Anda. Ada berbagai merek baby cream yang seringkali membuat Anda bingung dalam memilih produk yang tepat. Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih baby cream terbaik untuk bayi Anda. Kami juga akan memberikan rekomendasi produknya, mulai dari Zwitsal, Cussons, hingga Mustela. Simak ulasan dari kami dan dapatkan produk yang terbaik!
    Ibu & anak
    86.509 Views
  • 10 Rekomendasi Pompa ASI Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Pompa ASI Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Pompa ASI merupakan alat perlengkapan wajib bagi ibu menyusui. Anda memerlukannya ketika tidak dapat memberikan ASI secara langsung. Misalnya, ketika si kecil belum sempat menyusu tetapi sudah tertidur. Selain itu, memompa ASI juga dapat mencegah munculnya mastitis di payudara.Pompa ASI tersedia dalam dua jenis, manual dan elektrik. Kali ini, kami akan menjelaskan poin-poin penting dalam memilih pompa ASI. Tidak ketinggalan rekomendasi produk seperti Spectra, Medela, Pigeon, dan Philips juga akan kami berikan. Jadi, baca sampai habis, ya!
    Ibu & anak
    75.569 Views
  • 10 Rekomendasi LEGO Terbaik untuk Anak (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi LEGO Terbaik untuk Anak (Terbaru Tahun 2020)
    Siapa tidak kenal LEGO? Permainan menyusun bricks yang satu ini sudah sangat terkenal di segala kalangan. Karena bermanfaat untuk meningkatkan kreativitas dan imajinasi, LEGO cocok dimainkan oleh anak-anak. Namun, LEGO seperti apa yang cocok untuk anak Anda?Jika Anda berniat membelikan LEGO untuk si kecil, bacalah artikel kali ini. Kami akan memberikan tips cara memilih LEGO terbaik untuk anak. Selain itu, simak juga rekomendasi berbagai produk LEGO yang sesuai dengan usia anak, mulai dari seri DUPLO hingga CREATOR. Jangan sampai ada yang terlewatkan dan selamat membaca!
    Ibu & anak
    3.607 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori