10 Rekomendasi Air Purifier Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Air Purifier Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Air purifier adalah alat untuk membersihkan udara di ruangan, sehingga udara yang Anda hirup dapat lebih bersih dan bebas polusi. Saat ini air purifier tersedia dengan berbagai fungsi tambahan, seperti humidifikasi, aroma, dan menyaring serbuk sari bunga yang seringkali menyebabkan alergi.

Air purifier cenderung memiliki harga yang tidak murah sehingga Anda tidak bisa sembarangan memilihnya. Pada artikel ini, kami akan memberikan tips memilih dan merekomendasikan produk terbaik menurut kami. Sebelum itu, ayo simak fungsi air purifier untuk ruangan Anda!

Daftar isi

Fungsi air purifier

Fungsi air purifier

Di rumah terdapat berbagai macam bau yang tercampur, seperti bau makanan, keringat, dan hewan peliharaan. Selain itu, benda asing dari luar rumah, seperti debu, jamur, dan serbuk bunga juga menyebabkan udara menjadi tidak sehat. Di sinilah peran air purifier, yaitu mengubah udara yang kotor dan bau menjadi lebih sehat.

Selain itu, air purifier juga membantu mengurangi timbulnya alergi, terutama alergi pernapasan. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa air purifier adalah alat yang penting untuk menciptakan lingkungan sehat di rumah Anda.

Cara memilih air purifier

Berikut kami akan menjelaskan cara memilih air purifier agar Anda memperoleh produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Pilih berdasarkan tipe air purifier

Air purifier dapat dibagi menjadi 3 tipe, yaitu fan type air purifier, electric air cleaner, dan ion generator. Nah, mari lihat perbedaannya!

Fan style air purifier yang harganya terjangkau

Fan style air purifier yang harganya terjangkau

Tipe ini memiliki kipas di dalam mesin yang berfungsi menghisap udara di sekitarnya dan mendorong udara tersebut agar dapat disaring melalui filter. Dengan begitu, udara bersih yang bebas bakteri dan debu pun dapat dihasilkan dari air purifier tipe ini. Hanya saja, untuk mengubah udara menjadi bersih secara menyeluruh dibutuhkan waktu, selain itu suara dari kipas cukup bising sehingga dapat mengganggu.

Air purifier tipe ini memiliki harga yang relatif murah, jadi tidak akan memberatkan dompet Anda meskipun dipasang di seluruh ruangan. Anda cukup membersihkan mesin dan penyaring secara biasa saja.

Electric type air purifier yang tidak berisik

Electric type air purifier yang tidak berisik

Air purifier tipe ini mampu menghilangkan kotoran di udara menggunakan daya listrik statis. Filter di dalam mesinnya pun lebih jarang tersumbat. Selain itu, mesin tipe ini tidak menghasilkan suara. Karena tipe ini bekerja menggunakan teknologi plasmacluster, efek pembersihannya dapat bertahan lebih lama.

Namun dibandingkan fan style air purifier, electric type air purifier memiliki harga lebih mahal. Jadi, Anda harus memikirkan lokasi penempatan air purifier dan budget Anda dengan lebih cermat.

Ion generator yang bekerja hingga ke sudut ruangan

Ion generator yang bekerja hingga ke sudut ruangan

Air purifier tipe ini menghasilkan ion negatif untuk membersihkan udara. Karena ion negatif yang dihasilkan dapat mensterilisasi dan menetralkan bau di udara, mesin tipe ini dapat menciptakan udara yang menyegarkan.

Namun, jika ruangan terlalu besar efeknya akan berkurang. Jadi, kami sarankan agar Anda meletakkannya di tempat yang tidak terlalu luas, seperti toilet, lorong rumah, dan mobil.

Periksalah jangkauan dan luas ruangan Anda

Periksalah jangkauan dan luas ruangan Anda

Applicable floor space adalah istilah yang menunjukkan luas ruangan yang dapat dibersihkan dalam 30 menit apabila ruangan digunakan untuk merokok sebanyak 5 batang. Semakin besar kapasitas applicable floor space mesin air purifier, maka semakin cepat udara dibersihkan.

Sangat penting untuk menyesuaikan luas jangkauan mesin dengan luas ruangan Anda agar dapat diperoleh hasil yang terbaik.

Perhatikanlah fungsi tambahan lainnya

Selain membersihkan udara, beberapa air purifier memiliki fungsi tambahan. Berikut kami akan menjelaskan fungsi tambahan yang umumnya ada pada air purifier.

Odor sensor untuk mendeteksi bau tidak sedap

Odor sensor untuk mendeteksi bau tidak sedap

Odor sensor berfungsi untuk mendeteksi adanya bau pada ruangan. Ketika bau tidak sedap muncul, mesin akan secara otomatis bekerja untuk menghilangkan bau tersebut. Fungsi ini disarankan bagi Anda yang suka merokok dan memiliki hewan peliharaan di dalam rumah.

Dust sensor untuk mendeteksi debu dan serbuk bunga

Dust sensor untuk mendeteksi debu dan serbuk bunga

Dust sensor berfungsi mendeteksi debu dan menghilangkannya. Fungsi ini disarankan untuk Anda yang khawatir dengan polusi udara di sekitar rumah Anda. Selain debu, serbuk bunga juga dapat dideteksi sehingga dapat mengurangi kemungkinan timbulnya alergi.

Fungsi humidifikasi dan dehumidifikasi

Fungsi humidifikasi dan dehumidifikasi

Air purifier yang dilengkapi fungsi ini dapat menyesuaikan kadar air di udara, baik ketika udara terlalu lembap, maupun ketika udara terlalu kering. Air purifier yang dilengkapi fungsi ini memiliki harga yang lebih tinggi, namun harga ini sesuai dengan keuntungan yang diperoleh.

10 Rekomendasi air purifier terbaik

Di bawah ini adalah rekomendasi air purifier terbaik yang telah kami pilih dengan cermat. Semoga Anda dapat menemukan produk yang cocok untuk kesehatan rumah Anda!

10. Sharp FP-FM40Y-B Air Purifier with Mosquito Catcher

10. Sharp FP-FM40Y-B Air Purifier with Mosquito Catcher

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 3.099.000

Udara bersih dan bebas nyamuk

Air purifier ini bekerja dengan teknologi plasmacluster high density 7000 dan dilengkapi dengan high efficiency particulate air (HEPA) filter sehingga dapat menyaring dengan baik. Produk ini dapat membersihkan ruangan hingga seluas 30 meter persegi dan dilengkapi juga dengan deodorizer untuk menghilangkan bau.

Penggunaan air purifier ini juga dapat menghilangkan nyamuk, karena terdapat glue sheet mosquito catcher yang berfungsi sebagai perangkap nyamuk. Produk ini kami rekomendasikan untuk Anda yang menginginkan udara bersih dan bebas nyamuk.

9. Panasonic F-PBJ30A Air Purifier

9. Panasonic F-PBJ30A Air Purifier

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.600.000

Teknologi nano untuk menyaring virus dan bakteri

Air purifier dari Panasonic ini menggunakan teknologi nano sehingga dapat menyaring virus dan bakteri dengan lebih baik. Dengan udara yang sehat, tentunya Anda dan keluarga pun jadi tidak mudah sakit. Produk ini sesuai untuk Anda yang sangat memperhatikan kesehatan.

Udara bersih yang dihasilkan mesin ini akan menyebar ke seluruh ruangan dalam 5 menit, karena adanya 3D circulation airflow. Air purifier ini cocok untuk ruangan hingga seluas 20 meter persegi dan pemakaian daya listrik maksimal hanya 20 watt saja sehingga hemat energi.

8. Sharp IG-GC2Y-B Car Air Purifier

8. Sharp IG-GC2Y-B Car Air Purifier

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.189.000

Kesegaran yang tahan lama di mobil Anda

Air purifier ini memiliki bobot yang ringan, yaitu hanya 1 kg sehingga cocok juga untuk digunakan di mobil. Berkendara pun jadi semakin nyaman karena udara di sekitar Anda jadi bersih. Produk ini menggunakan tekonologi plasmacluster ion generator sehingga tidak berisik dan menghasilkan udara bersih yang lebih tahan lama.

Air purifier ini memiliki turbo mode untuk mempercepat pembersihan udara hingga 30%. Pada mesin, terdapat usb port sehingga Anda dapat mengisi daya di dalam mobil. Selain itu, desain mesin yang elegan membuatnya cocok digunakan juga sebagai pelengkap interior rumah Anda.

7. Daikin MC70MVM6 Air Purifier

7. Daikin MC70MVM6 Air Purifier

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 3.939.000

Teknologi pembersihan udara menggunakan 6 lapisan filter

Air purifier buatan Daikin ini menggunakan teknologi streamer discharge yang menghasilkan elektron berkecepatan tinggi dan mampu menonaktifkan bakteri dan jamur. Berkat teknologi tersebut, udara yang bersih dan segar dapat memenuhi ruangan Anda dengan cepat.

Air purifier ini menggunakan 6 lapisan filter untuk memberikan penyaringan maksimal. Anda pun tidak perlu mengganti filternya selama 10 tahun. Pada mesinnya terdapat 4 mode pengoperasian, yaitu quiet, low, normal, dan turbo. Semakin tinggi aktivitas mesin, maka konsumsi listrik dan suara yang dihasilkan akan semakin besar juga.

6. Duux Air Purifier

6. Duux Air Purifier

Lihat produk ini di Lazada 

Harga : Rp 1.060.000

Menemani waktu tidur Anda

Air purifier ini didesain agar kuat dinyalakan sepanjang hari, selain itu dilengkapi juga dengan lampu tidur sehingga cocok digunakan di malam hari. Desainnya yang bulat memiliki keunikan tersendiri dan cocok digunakan sebagai interior ruangan juga.

Air purifier ini bekerja dengan menghisap udara di ruangan sekitar dan menyaringnya dengan high efficiency particulate air (HEPA) filter dan carbon filter. Selain itu, produk ini dilengkapi juga dengan deodorizer yang dapat menghilangkan bau tidak sedap.

5. Blue Pure 211 Air purifier

5. Blue Pure 211 Air purifier

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 5.670.000

Penggunaan energi yang efisien

Air purifier ini menggunakan filtrasi elektrostatis dan mekanik untuk membersihkan udara dari kotoran, polusi, dan debu. Setiap 1 jam. air purifier ini akan menyaring  udara di ruangan Andasebanyak 5 kali. Udara di ruangan Anda pun selalu bersih dan segar setiap saat.

Produk ini hadir dengan desain yang modern sehingga sesuai dengan gaya saat ini. Selain itu, produk ini memiliki tingkat efisiensi energi hingga 40%. Karena hemat listrik, produk ini aman digunakan sehari-hari. Cocok untuk Anda yang menginginkan produk hemat energi.

4. Airvida Personal Air Purifier

4. Airvida Personal Air Purifier

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 2.500.000

Melindungi diri Anda dari udara tidak sehat

Airvida adalah air purifier yang diperuntukkan untuk pemakaian personal dengan diletakkan di leher. Produk ini menghasilkan 2.000.000 ion negatif per cc sehingga mampu membersihkan bakteri dan mendekomposisi kandungan formaldehida di udara.

Ion negatif yang dihasilkan juga mampu meningkatkan imunitas tubuh, mengurangi rasa lelah, dan meningkatkan daya konsentrasi Anda. Air purifier ini tentunya kami rekomendasikan untuk Anda yang menginginkan udara bersih dan sehat di manapun Anda berada.

3. Honeywell Air Touch Air Purifier

3. Honeywell Air Touch Air Purifier

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 5.800.000

Menciptakan udara sehat untuk keluarga Anda

Air purifier berukuran cukup besar ini cocok digunakan untuk menciptakan udara sehat bagi keluarga Anda. Air purifier ini dilengkapi dengan berlapis-lapis filter, termasuk juga high efficiency particulate air (HEPA) filter dan HiSiv filter.

Mesin ini bekerja dengan menghisap udara di sekitarnya dan mendorong udara agar melewati filter. Selain itu, konsumsi daya yang dibutuhkan juga rendah, jadi tidak boros listrik. Air purifier dari Honeywell ini mudah digunakan dan mudah dirawat sehingga cocok untuk Anda dan keluarga.

2. Xiaomi Mi Air Purifier 2

 2. Xiaomi Mi Air Purifier 2

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 2.299.999

Bisa diatur melalui smartphone

Air purifier keluaran Xiaomi ini memiliki 3 lapis penyaringan yang bekerja kesegala arah. Produk ini didesain dengan sederhana dan minimalis sehingga cocok di ruangan manapun. Selain itu, hampir tidak ada suara yang dihasilkan ketika mesin bekerja.

Kelebihan dari air purifier ini adalah dapat disambungkan dengan smartphone. Cukup dengan menggunakan aplikasi Mi Home App dan koneksi internet, Anda dapat mengatur air purifier mulai dari timer hingga memantau tingkat polusi secara real time.

1. Sharp FU-A80Y-N Air Purifier

1. Sharp FU-A80Y-N Air Purifier

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 2.590.000

Membersihkan udara di seluruh ruangan

Air purifier keluaran Sharp ini menggunakan teknologi plasmacluster yang menghasilkan ion negatif hingga 7.000 ion per cc. Pada produk ini tersedia 3 speed mode, yaitu max, high, low sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Ukuran mesin yang besar memungkinkan untuk membersihkan seluruh bagian ruangan dengan jarak pembersihan mencapai 62 meter persegi, disertai juga dengan fitur dust sensor. Produk ini cocok untuk Anda yang menginginkan air purifier dengan kemampuan membersihkan yang kuat.

Membersihkan filter pada air purifier

Membersihkan filter pada air purifier

Filter adalah bagian terpenting pada air purifier. Filter yang tersumbat karena debu dan kotoran harus dibersihkan. Untuk membersihkan filter, ikutilah panduan yang diberikan oleh masing-masing produsen, terutama perhatikan apakah filter bisa dibilas dengan air atau tidak.

Jika tidak bisa filter tidak bisa dibersihkan dengan air, maka gunakanlah vacuum cleaner. Filter memiliki masa pakai sehingga perlu diganti secara berkala. Filter yang bersih akan membuat performa air purifier selalu terjaga, jadi jagalah selalu filter air purifier Anda agar tetap bersih!

Kesimpulan

Jadi, apakah Anda sudah menemukan air purifier yang cocok untuk Anda dan keluarga? Air purifier tidak hanya berfungsi untuk menghilangkan debu saja, tetapi juga untuk menjaga kelembapan udara dan mengurangi sumber alergi. Untuk itulah, air purifier penting untuk menciptakan udara yang sehat.

Semoga artikel ini dapat membantu Anda menemukan produk yang sesuai. Nah, selamat memilih air purifier dan dapatkanlah udara sehat setiap saat!