• 10 Rekomendasi Air Purifier Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Air Purifier Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Air Purifier Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Air Purifier Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Air Purifier Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Air Purifier Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Air purifier adalah alat untuk menjernihkan udara di ruangan. Setelah disaring, udara sekitar akan lebih bersih dan bebas polusi. Anda juga dapat menemukan fungsi humidifikasi, penyaring serbuk sari dan partikel polutan, hingga dijadikan sebagai diffuser. Namun, Anda harus cermat memilih karena harganya yang tidak murah.

Kali ini, kami akan merekomendasikan beberapa produk terbaik dari berbagai produsen, seperti Sharp, Panasonic, Daikin, dan lainnya. Sebelumnya, simaklah penjelasan kami berikut sebelum menentukan pilihan Anda. Selamat menyimak dan memilih produk yang paling tepat untuk kebutuhan Anda!

  • Pembaharuan terakhir: 14 April 2020
  • 41.858 Views
Daftar isi

Cara memilih air purifier

Berikut kami akan menjelaskan cara memilih air purifier agar Anda memperoleh produk yang sesuai dengan kebutuhan. Mari simak poin-poinnya lebih jelas di bawah ini.

Pilih tipe air purifier yang sesuai dengan lokasi pemasangan

Air purifier dibagi menjadi tiga tipe, yaitu tipe fan air purifier, electric air purifier, dan ion generator. Untuk itu, periksalah tipe air purifier yang sesuai dengan ruangan Anda!

Tipe fan air purifier, produk klasik yang harganya terjangkau

Tipe fan air purifier, produk klasik yang harganya terjangkau

Air purifier yang paling umum adalah fan air purifier. Mesin ini akan menyaring udara menggunakan kipas yang ada di dalam mesin. Proses penyaringan tersebut dilakukan dengan mendorong udara ke dalam filter sehingga udara di dalam ruangan bebas bau dan debu. Modelnya yang bermacam-macam memudahkan Anda memilih produk sesuai dengan ukuran ruangan Anda. 


Tipe ini juga cenderung memiliki harga relatif terjangkau sehingga Anda dapat memasangnya di beberapa kamar sekaligus. Namun, Anda perlu mengganti filter secara berkala supaya selalu dapat digunakan secara optimal. Selain itu, suara kipasnya cukup bising. Jika Anda merasa terganggu dengan suaranya, pilihlah produk yang dilengkapi silent mode.

Tipe electric air purifier, tidak berisik dan cocok dipasang di kamar buah hati Anda

Electric air purifier dapat menjernihkan udara secara optimal dengan suara yang tenang. Keunggulan alat ini adalah bekerja dengan daya listrik statis dan filter di dalam mesin jarang tersumbat. Hal itulah yang membuat tipe ini dapat bekerja dengan suara yang tenang. Lebih lanjut, kinerja plasma pada tipe ini dapat mempertahankan kejernihan udara dalam waktu lama.


Meski demikian, tipe ini lebih jarang ditemukan di Indonesia dan dijual dengan harga lebih mahal ketimbang tipe fan. Tentu Anda harus menyiapkan dana lebih apabila ingin memasang beberapa alat di dalam rumah. Namun, dengan cara kerjanya yang tenang, alat ini sangat cocok apabila dipasang di dalam kamar buah hati Anda.

Tipe ion generator, cocok untuk penggunaan di area kecil seperti kamar mandi atau mobil

Apakah Anda ingin memasang air purifier di tempat yang tidak terlalu luas, seperti toilet, lorong rumah, atau di mobil? Jika ya, kami merekomendasikan tipe ion generator. Jenis air purifier ini bekerja dengan menghasilkan ion negatif untuk membersihkan udara. Setelah itu, ion negatif akan menjernihkan dan menetralkan bau di udara sehingga udara menjadi lebih segar. 


Kelemahannya tentu saja efek yang dihasilkan minim karena ukurannya yang kecil. Namun, kini tipe fan dan tipe electric ada juga yang sudah memiliki fungsi tambahan sebagai ion generator. Anda bisa menggunakan produk demikian bila ingin memakainya di ruangan yang lebih luas.

Periksalah jangkauan air purifier dan luas ruangan Anda

Periksalah jangkauan air purifier dan luas ruangan Anda
Applicable floor space adalah istilah yang menunjukkan luas ruangan yang dapat dibersihkan dalam 30 menit. Waktu tersebut dihitung apabila ruangan digunakan untuk merokok sebanyak 5 batang. Semakin luas applicable floor space pada mesin air purifier, semakin cepat pula udara dapat dibersihkan. Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk menyesuaikan luas jangkauan mesin dengan luas ruangan agar mendapatkan hasil yang terbaik.

Pilih volume udara besar untuk sirkulasi udara lebih cepat

Pilih volume udara besar untuk sirkulasi udara lebih cepat

Sama seperti cara kerja applicable floor space, kapasitas volume udara yang besar membuat Anda dapat menjernihkan udara lebih cepat. Tentunya semakin besar volume udara yang dikeluarkan, semakin cepat juga udara dalam ruangan dapat disirkulasikan. Hal ini akan memudahkan Anda saat ingin menyegarkan udara sesegera mungkin.


Apabila Anda terbiasa membuka jendela dalam waktu lama, debu dari luar mudah masuk ke dalam rumah. Namun, produk bervolume udara besar mampu membersihkan debu dalam rumah lebih cepat segera setelah jendela Anda tutup.


Perlu diingat bahwa semakin cepat dan bersih kemampuan produk dalam menjernihkan udara, semakin besar juga dayanya. Untuk mengatasinya, Anda bisa memilih produk yang dilengkapi fungsi timer agar penggunaannya lebih efisien. Sayangnya, tidak semua produsen menginformasikan dengan detail mengenai hal ini. Untuk itu, Anda bisa mencoba mencari informasi tambahan dari review pengguna.

Pilih produk yang memiliki HEPA filter

Pilih produk yang memiliki HEPA filter

Jika Anda ingin membersihkan debu berukuran kecil yang melayang di udara, pilihlah produk yang dilengkapi filter HEPA (High Efficiency Particulate Air). Filter ini membuat air purifier bekerja lebih maksimal dengan menghilangkan 99,97% atau lebih partikel yang berukuran hingga 0,3 mikrometer. Tentu hal ini dapat membuat Anda lebih nyaman karena biasanya partikel yang berukuran 0,3 mikrometer ini sulit disaring.


Bagi Anda yang memiliki alergi, Anda juga tidak perlu khawatir. Serbuk sari (30-40 mikrometer), debu rumah (10-40 mikrometer), atau PM2.5 (<25 mikrometer) dapat disaring dengan baik. Dengan cara kerjanya yang akurat, tipe ini cocok untuk orang yang sensitif dengan debu atau memiliki alergi.


Selain filter HEPA, di beberapa negara menjual produk air purifier ini yang dilengkapi dengan filter ULPA (ultra-low particulate air). Keunggulannya, filter ini benar-benar efisien untuk menyaring partikel kecil berukuran 0,12 mikrometer atau lebih. Namun, masih sedikit produsen yang menjual air purifier dengan filter ini di Indonesia.

Pertimbangkan fungsi tambahan lainnya

Selain membersihkan udara, beberapa air purifier memiliki fungsi tambahan. Berikut kami akan menjelaskan fungsi tambahan yang umumnya ada pada air purifier.

Odor sensor, mendeteksi bau tidak sedap akibat rokok atau hewan peliharaan

Odor sensor, mendeteksi bau tidak sedap akibat rokok atau hewan peliharaan

Fitur odor sensor dapat digunakan untuk mendeteksi adanya bau pada ruangan. Secara otomatis, fitur ini dapat mendeteksi adanya bau tidak sedap, seperti bau hewan peliharaan, bawang putih, atau rokok. Kemudian, air purifier akan segera membersihkan udara sebelum bau terlanjur menetap di ruangan tersebut. Produk ini sangat cocok bagi Anda yang merokok atau memelihara hewan peliharaan di dalam rumah.

Dust sensor, efektif untuk membersihkan polutan pemicu alergi

Dust sensor, efektif untuk membersihkan polutan pemicu alergi

Apabila Anda memiliki alergi terhadap polusi udara, kami menyarankan untuk memilih produk yang dilengkapi dengan fitur dust sensor. Sensor ini menyaring debu yang ada di dalam rumah maupun debu yang berasal dari luar, terutama saat jendela terbuka. Sensor ini sangat efektif untuk menyaring debu, serbuk sari, hingga partikel PM2.5.

Fungsi humidifikasi dan dehumidifikasi, menjaga tingkat kelembapan udara

Fungsi humidifikasi dan dehumidifikasi, menjaga tingkat kelembapan udara

Fungsi humidifikasi dan dehumidifikasi mampu mencegah udara terlalu lembap atau terlalu kering. Fungsi ini bekerja dengan menyesuaikan kadar air di udara. Harganya sendiri tentu lebih mahal daripada air purifier tanpa fungsi ini. Namun, tidak ada salahnya memilih produk demikian bila Anda ingin selalu menjaga kelembapan udara secara optimal.

Bingung memilih? Pilih saja berdasarkan karakteristik produsennya

Beberapa merek air purifier yang terkenal adalah Daikin, Panasonic, Sharp, Hitachi, dan sebagainya. Apabila Anda bingung memilih produk yang terbaik, coba bandingkanlah karakteristik masing-masing produsennya. Karakteristik Daikin adalah membuat produk yang dilengkapi dengan Streamer Active Plasma Ion yang menjaga kelembapan kulit Anda. Fitur tersebut juga dapat membasmi zat berbahaya yang mungkin terdapat di udara.


Produk Sharp dilengkapi dengan teknologi plasmacluster sehingga lebih efektif untuk membasmi jamur dan virus di udara. Selanjutnya, Panasonic mempunyai kemampuan mumpuni untuk membersihkan udara. Produknya dilengkapi dengan ion nano yang dapat menyerap debu yang berada di lantai sekalipun. Udara pun semakin ideal untuk buah hati Anda!


Selanjutnya, apabila Anda tidak ingin repot membersihkan air purifier, gunakan produk Hitachi yang dilengkapi dengan fungsi pembersihan otomatis. Tentu Anda jadi tidak repot, bukan? Anda juga hanya perlu membersihkannya setahun sekali saja.

10 Rekomendasi air purifier terbaik

Di bawah ini adalah rekomendasi air purifier terbaik yang telah kami pilih dengan cermat. Hampir seluruhnya adalah tipe fan yang lebih umum ditemui dan sudah memiliki spesifikasi tinggi. Semoga Anda dapat menemukan produk yang cocok untuk kesehatan rumah Anda!
10
TipeFan air purifier
Luas jangkauan21,5 m²
Timerx
Filter HEPA
Sensor baux
Sensor debux
Humidifikasix
9
TipeFan air purifier
Luas jangkauan15 m²
Timerx
Filter HEPATidak disebutkan
Sensor baux
Sensor debux
Humidifikasix
8
TipeFan air purifier
Luas jangkauan42 m²
Timerx
Filter HEPA
Sensor bau
Sensor debux
Humidifikasix
7
TipeFan air purifier
Luas jangkauan10 m²
Timerx
Filter HEPA
Sensor bau
Sensor debux
Humidifikasix
6
TipeIon generator
Luas jangkauan0,8 m²
Timerx
Filter HEPAx
Sensor baux
Sensor debux
Humidifikasi
5

SHARPAir Purifier with Mosquito Catcher

FP-GM50Y-B

Rp 3.299.000,00

TipeFan air purifier
Luas jangkauan40 m²
Timerx
Filter HEPA
Sensor bau
Sensor debu
Humidifikasix
4
TipeFan air purifier
Luas jangkauan21-37 m²
Timer
Filter HEPA
Sensor baux
Sensor debu
Humidifikasix
3
TipeFan air purifier
Luas jangkauan33 m²
Timer
Filter HEPA
Sensor bau
Sensor debux
Humidifikasi
2

SHARPPlasmacluster Air Purifier with Pattern

FU-A80Y-N/W

Rp 2.550.000,00

TipeFan air purifier
Luas jangkauan62 m²
TimerTidak disebutkan
Filter HEPA
Sensor bau
Sensor debu
Humidifikasix
1

SAMSUNGAX60R Air Purifier with 3 Way Airflow

AX60R5080WD/SE

Rp 3.079.000,00

TipeFan air purifier
Luas jangkauan60 m²
Timer
Filter HEPA
Sensor bau
Sensor debu
Humidifikasix

Tabel perbandingan produk air purifier terbaik

Gambar produk
1
SAMSUNG AX60R Air Purifier with 3 Way Airflow 1

SAMSUNG

2
SHARP Plasmacluster Air Purifier with Pattern 1

SHARP

3
HITACHI Air Purifier 1

HITACHI

4
Xiaomi Mi Air Purifier 2 1

Xiaomi

5
SHARP Air Purifier with Mosquito Catcher 1

SHARP

6
Sharp Plasmacluster Ion Generator 1

Sharp

7
Duux Sphere Air purifier 1

Duux

8
Panasonic Personal Air Purifier 1

Panasonic

9
Blueair Blue Pure 411 1

Blueair

10
Daikin Air Purifier 1

Daikin

Nama produk

AX60R Air Purifier with 3 Way Airflow

Plasmacluster Air Purifier with Pattern

Air Purifier

Mi Air Purifier 2

Air Purifier with Mosquito Catcher

Plasmacluster Ion Generator

Sphere Air purifier

Personal Air Purifier

Blue Pure 411

Air Purifier

KeunggulanSangat praktis dan lengkap ...Bersihkan udara di ruangan ...Alergi menjauh, beraktivita...Menyaring partikel dari seg...Perlindungan maksimal dari ...Sangat compact! Bawa ke man...Memiliki fungsi ganda dan d...Efektif membersihkan dan me...Konsumsi energi yang efisie...Nonaktifkan bakteri dan jam...
HargaRp 3.079.000,00Rp 2.550.000,00Rp 4.100.000,00Rp 1.999.000,00Rp 3.299.000,00Rp 897.000,00Rp 1.150.000,00Rp 2.300.000,00Rp 2.990.000,00Rp 1.820.000,00
TipeFan air purifierFan air purifierFan air purifierFan air purifierFan air purifierIon generatorFan air purifierFan air purifierFan air purifierFan air purifier
Luas jangkauan60 m²62 m²33 m²21-37 m²40 m²0,8 m²10 m²42 m²15 m²21,5 m²
TimerTidak disebutkanxxxxxx
Filter HEPAxTidak disebutkan
Sensor bauxxxx
Sensor debuxxxxxx
Humidifikasixxxxxxxx
Tautan produk

Membersihkan filter pada air purifier

Membersihkan filter pada air purifier

Perawatan filter penting untuk menjaga performa kinerja air purifier. Debu dan kotoran akan menumpuk pada filter sehingga membutuhkan pembersihan berkala. Agar Anda tidak repot, pilihlah filter yang mudah dibersihkan, misalnya dengan memilih filter yang tidak perlu dicuci.


Filter juga memiliki jangka waktu pemakaian. Sebagus apa pun filternya, jika hanya bisa dipakai dalam waktu singkat, tentu akan membebani kantong Anda. Untuk itu, pilihlah produk dengan jangka waktu pemakaian filter yang panjang.  Selain itu, jika Anda tetap menggunakan filter yang masa pakainya sudah lewat, udara yang dibersihkan juga tidak akan efektif lagi.


Anda perlu mengganti filter yang sudah terlalu kotor atau lewat masa pakainya bila ingin menjaga kebersihan udara senantiasa. Jadi, periksalah cara perawatan dan jangka waktu pemakaian filter dari produk pilihan Anda. Dengan begitu, biaya yang Anda keluarkan bisa ditekan seefisien mungkin.

Baca juga rekomendasi air purifier lainnya di sini

Tidak semua air purifier berukuran besar, tetapi ada juga air purifier yang dapat Anda letakkan di meja. Selain itu, ada juga air purifier yang dapat ditaruh di dalam mobil sehingga udara di sekitar Anda dapat benar-benar terjaga. Apabila Anda tertarik, cobalah cek artikel berikut ini.

Kesimpulan

Apakah Anda sudah bisa menentukan air purifier yang sesuai dengan kebutuhan Anda? Air purifier memiliki banyak fungsi, salah satunya adalah untuk menghilangkan debu. Keberadaan mesin ini juga dapat menekan partikel penyebab alergi, serbuk sari, dan bau. 


Tentu saja, akan lebih nyaman apabila Anda memilih produk dengan fitur lengkap. Akan tetapi, yang lebih penting adalah memilih fungsi yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pastikan Anda memilih produk yang cocok, ya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Mesin Cuci Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Mesin Cuci Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Dewasa ini, teknologi mesin cuci berkembang semakin pesat. Di pasaran, terdapat tiga jenis mesin cuci, yaitu mesin cuci top loading, front loading, dan dua tabung. Dari sisi penggunaan, kini ada pula mesin cuci yang dapat dioperasikan melalui smartphone!Kali ini, kami akan mengulas rekomendasi produk-produk mesin cuci pilihan, seperti Samsung, Panasonic, Sharp, dan lainnya. Sebelum itu, simaklah cara memilih mesin cuci yang tepat agar Anda dapat menemukan mesin cuci idaman.
    Elektronik rumah tangga
    158.770 Views
  • 10 Rekomendasi Rice Cooker Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Rice Cooker Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Sebagai orang Indonesia yang sumber karbohidratnya adalah nasi, tentu rice cooker adalah item yang wajib dimiliki. Tidak hanya untuk memasak nasi, rice cooker juga bisa digunakan untuk memasak bubur, mengukus, dan memasak berbagai jenis makanan lainnya.. Pada artikel ini, kami akan memperkenalkan rekomendasi produk rice cooker, seperti Cosmos, Panasonic, dan Philips. Sebelum itu, kami juga akan memberitahukan cara memilih rice cooker yang tepat untuk kebutuhan Anda. Silakan jadikan artikel ini sebagai referensi Anda, ya!
    Elektronik rumah tangga
    102.479 Views
  • 10 Rekomendasi Alat Cukur Rambut Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Alat Cukur Rambut Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Jika Anda ingin memotong rambut sendiri di rumah, tentunya diperlukan alat cukur khusus. Saat ini, di pasaran telah tersedia berbagai jenis alat cukur yang dilengkapi bermacam fungsi, mulai dari yang bisa dicuci hingga yang bisa di-charge dalam waktu cepat. Ada juga produk yang bisa diganti-ganti mata cukurnya sesuai kebutuhan pemakaian. Sangat praktis, bukan?Nah, kali ini kami akan menjelaskan bagaimana cara memilih alat cukur berdasarkan jenis dan fungsinya. Alat cukur dari berbagai merek, seperti Philips, Panasonic, Kemei, HTC, dan sebagainya akan kami rekomendasikan di sini. Selamat membaca!
    Elektronik rumah tangga
    81.396 Views
  • 10 Rekomendasi AC (Pendingin Ruangan) Terbaik Seharga 2-3 Jutaan (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi AC (Pendingin Ruangan) Terbaik Seharga 2-3 Jutaan (Terbaru Tahun 2020)
    Ada banyak merek AC atau pendingin ruangan terkenal, seperti Sharp, Samsung, Polytron, Panasonic, dan sebagainya yang dijual di pasaran. Harga dan fitur-fitur yang dimiliki setiap AC pun sangat bervariasi satu sama lain. Hal tersebut mungkin membuat Anda bingung untuk menentukan pilihan, bukan?Kali ini, kami akan merekomendasikan beberapa produk AC terbaik seharga 2-3 jutaan. Kami juga akan menjelaskan cara membersihkan AC yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah. Jadikan artikel ini sebagai referensi dan temukan AC yang sesuai untuk ruangan Anda!
    Elektronik rumah tangga
    83.770 Views
  • 10 Rekomendasi In-Ear Headphone (Earphone) Gaming Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi In-Ear Headphone (Earphone) Gaming Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Permainan game seperti PS4, online game, dan sebagainya adalah hiburan yang banyak diminati saat ini. Saat sedang memainkan game kesukaan Anda, tentunya Anda ingin bisa fokus merasakan dunia game tanpa gangguan. Selain visual, suara juga merupakan faktor yang membuat Anda dapat merasakan dunia game dengan optimal.Agar dunia game terasa semakin nyata, Anda harus menggunakan earphone gaming yang berkualitas, misalnya keluaran Shure, SoundPEATS, Marshall, atau Razer. Kali ini, kami akan membahas cara memilih earphone gaming dan rekomendasi produk terbaik yang paling diminati. Pilihlah yang sesuai dengan gaya bermain Anda!
    Elektronik rumah tangga
    62.774 Views
  • 10 Rekomendasi In-Ear Headphone Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi In-Ear Headphone Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Bagi banyak orang, mendengarkan musik adalah opsi menarik untuk mengisi waktu luang. Salah satunya dengan menggunakan smartphone yang disambungkan ke in-ear headphone atau disebut juga earphone. Oleh sebab itu, in-ear headphone menjadi produk penting bagi mereka yang hobi mendengarkan musik melalui smartphone.Berbagai produk in-ear headphone dari brand ternama seperti Sony, Philips, dan JBL berlomba menarik konsumen dengan fitur yang diberikan. Namun, seperti apa kriteria memilih produk yang tepat? Untuk membantu Anda, kami akan memberi tips dalam memilih in-ear headphone yang tepat beserta rekomendasi produk terbaik.
    Elektronik rumah tangga
    83.719 Views
  • 10 Rekomendasi Setrika Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Setrika Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Setrika digunakan untuk merapikan pakaian. Banyak perusahaan elektronik seperti Panasonic, Philips, Maspion, terus membuat produk-produk unik seperti setrika uap dan setrika yang dapat digunakan di luar negeri.Karena itu, kali ini kami akan memperkenalkan berbagai macam setrika populer dengan membandingkan harga, fitur, dan kemudahan penggunaannya dalam bentuk rekomendasi. Mari disimak!
    Elektronik rumah tangga
    26.208 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori