• 10 Rekomendasi Air Purifier Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Air Purifier Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Air Purifier Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Air Purifier Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Air Purifier Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Air Purifier Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Saat ini, air purifier menjadi pembersih udara ruangan yang sering dicari di pasaran. Jenis yang dicari pun beragam. Ada yang mencari air purifier kecil untuk mobil dan ada yang menginginkan air purifier besar untuk diletakkan di ruangan. Produk air purifier terbaik 2021 ini dilengkapi berbagai fitur, salah satunya filter HEPA.

Anda akan menemukan banyak merek air purifier terbaik yang bagus, seperti Samsung, Xiaomi, hingga Phillips. Ada pula merek lain, seperti Daikin, Panasonic, Sharp yang khas karakteristiknya. Kami telah mengulas semuanya itu di sini untuk Anda. Selamat membaca!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Yuanita Permana
Rasyena Hikmayudi
Franzeska Edelyn
  • Pembaharuan terakhir: 02 Desember 2021
  • 164.369 Views
Daftar isi

Apa itu air purifier?

Air purifier merupakan alat yang memiliki kemampuan menjernihkan atau membersihkan udara di dalam suatu ruangan. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan udara yang bersih dan bebas dari bakteri jahat. Beberapa produk air purifier juga mampu menghilangkan bau tak sedap, seperti bau rokok, hewan peliharaan, dan lainnya.


Dilihat dari sisi kesehatan, air purifier mampu mengurangi kemungkinan tertularnya penyakit yang menular dari udara. Selain itu, alat ini juga dapat meredakan gejala asma dan meningkatkan kesehatan jantung. Kemudian, air purifier juga mampu menurunkan tekanan darah. Setelah mengetahui banyaknya manfaat dari air purifier, apakah Anda tertarik membeli air purifier?

Cara memilih air purifier

Berikut ini kami akan menjelaskan cara memilih air purifier terbaik. Pahamilah setiap poinnya dengan saksama agar Anda memperoleh produk yang sesuai dengan kebutuhan. Selamat membaca!

Sesuaikan tipe air purifier dengan kebutuhan Anda

Berdasarkan daya jangkaunya, air purifier dibagi menjadi dua tipe yaitu tipe fan air purifier dan ion generator. Karena itu, periksalah tipe air purifier yang sesuai dengan ruangan Anda!

Tipe fan air purifier, produk klasik yang harganya terjangkau

Tipe fan air purifier, produk klasik yang harganya terjangkau

Air purifier yang paling umum adalah fan air purifier. Air purifier ini akan menyaring udara menggunakan kipas yang ada di dalam mesin. Proses penyaringan tersebut dilakukan dengan mendorong udara ke dalam filter. Dengan begitu, udara di dalam ruangan bebas bau dan debu. Tipe ini memiliki model dan ukuran yang bervariasi sehingga memudahkan Anda memilih produk sesuai dengan ukuran ruangan.


Tipe ini juga cenderung memiliki harga relatif terjangkau sehingga Anda dapat memasangnya di beberapa kamar sekaligus. Namun, Anda perlu mengganti filter secara berkala supaya selalu dapat digunakan secara optimal. Selain itu, suara kipasnya cukup bising. Jika Anda merasa terganggu dengan suaranya, pilihlah produk yang dilengkapi silent mode.

Tipe ion generator, cocok untuk penggunaan di area kecil seperti kamar mandi atau mobil

Apakah Anda ingin memasang air purifier di tempat yang tidak terlalu luas, seperti toilet atau di mobil? Jika iya, kami merekomendasikan tipe ion generator. Jenis air purifier ini bekerja dengan menghasilkan ion negatif untuk membersihkan udara. Setelah itu, ion negatif akan menjernihkan dan menetralkan bau di udara sehingga udara menjadi lebih segar. 


Kelemahan tipe ini tentu saja pada minimnya efek yang dihasilkan karena ukuran produk yang kecil. Meskipun demikian, jenis ini memiliki portabilitas yang tinggi sehingga mudah untuk dibawa ke mana-mana. 

Ketahui area jangkauan produk dalam membersihkan udara

Ketahui area jangkauan produk dalam membersihkan udara

Anda juga perlu memeriksa nilai applicable floor space dari air purifier yang Anda pilih. Applicable floor space adalah istilah yang menunjukkan luas ruangan yang dapat dibersihkan oleh air purifier dalam 30 menit. Waktu tersebut dihitung apabila ruangan digunakan untuk merokok sebanyak 5 batang.


Makin luas applicable floor space pada mesin air purifier, maka makin cepat pula udara dapat dibersihkan. Karena itu, sangat dianjurkan untuk menyesuaikan luas jangkauan mesin dengan luas ruangan. Dengan begitu, kerja air purifier dapat optimal dan Anda akan mendapatkan hasil yang terbaik.

Pertimbangkan produk dengan volume udara besar agar sirkulasi udara lebih cepat

Pertimbangkan produk dengan volume udara besar agar sirkulasi udara lebih cepat

Sama seperti cara kerja applicable floor space, kapasitas volume udara yang besar membuat udara bersih lebih cepat. Tentunya makin besar volume udara yang dikeluarkan, maka makin cepat juga udara dalam ruangan dapat disirkulasikan. Hal ini akan memudahkan Anda saat ingin menyegarkan udara sesegera mungkin.


Apabila Anda terbiasa membuka jendela dalam waktu lama, debu dari luar mudah masuk ke dalam rumah. Namun, produk bervolume udara besar mampu membersihkan debu dalam rumah lebih cepat segera setelah jendela Anda tutup.


Perlu diingat bahwa makin cepat dan bersih kemampuan produk dalam menjernihkan udara, maka makin besar juga dayanya. Anda bisa memilih produk yang dilengkapi fungsi timer agar penggunaannya lebih efisien. Sayangnya, tidak semua produsen menginformasikan dengan detail mengenai hal ini. Untuk itu, Anda bisa mencoba mencari informasi tambahan dari review air purifier oleh pengguna.

Sebaiknya, gunakan produk yang memiliki HEPA filter

Sebaiknya, gunakan produk yang memiliki HEPA filter

Jika Anda ingin membersihkan debu berukuran kecil di udara, pilihlah produk dengan filter HEPA. Filter HEPA (high efficiency particulate air) akan memaksimalkan kerja air purifier. Filter ini mampu menghilangkan 99,97% atau lebih partikel yang berukuran hingga 0,3 mikrometer. Kemampuan itu membuat Anda lebih nyaman karena partikel yang berukuran 0,3 mikrometer sulit disaring.


Bagi Anda yang memiliki alergi, Anda juga tidak perlu khawatir. Serbuk sari (30–40 mikrometer), debu rumah (10–40 mikrometer), atau PM2.5 (<25 mikrometer) dapat disaring dengan baik. Karena akurasinya, tipe ini cocok untuk orang yang sensitif dengan debu atau memiliki alergi. Saat ini, sudah banyak air purifier yang menggunakan filter HEPA, seperti Panasonic Personal Air Purifier, Xiaomi Mi Air Purifier 3H, dan lainnya.


Selain filter HEPA, di beberapa negara menjual produk air purifier yang dilengkapi dengan filter ULPA (ultra-low particulate air). Keunggulannya, filter ini benar-benar efisien untuk menyaring partikel kecil berukuran 0,12 mikrometer atau lebih. Namun, masih sedikit produsen yang menjual air purifier dengan filter ini di Indonesia.

Periksa juga fitur tambahan lain yang tersedia pada air purifier

Selain membersihkan udara, beberapa air purifier memiliki fitur tambahan, seperti odor sensor, dust sensor, dan humidifikasi. Pilihlah air purifier dengan fitur yang mendukung kebutuhan Anda.

Odor sensor, mendeteksi bau tidak sedap dan membersihkannya

Odor sensor, mendeteksi bau tidak sedap dan membersihkannya

Fitur odor sensor berguna untuk mendeteksi adanya bau pada ruangan. Secara otomatis, fitur ini mendeteksi adanya bau tidak sedap, seperti bau hewan peliharaan, bawang putih, atau rokok. Kemudian, air purifier akan segera membersihkan udara sebelum bau terlanjur menetap di ruangan tersebut. Produk seperti ini cocok bagi Anda yang merokok atau memelihara hewan peliharaan di dalam rumah.

Dust sensor, efektif untuk membersihkan polutan pemicu alergi

Dust sensor, efektif untuk membersihkan polutan pemicu alergi

Apabila Anda memiliki alergi polusi udara, kami menyarankan untuk memilih produk yang dilengkapi dengan fitur dust sensor. Sensor ini menyaring debu, baik debu yang ada di dalam rumah maupun debu yang berasal dari luar. Terutama saat jendela terbuka dan debu dari luar masuk ke dalam ruangan. Sensor ini sangat efektif untuk menyaring mulai dari debu, serbuk sari, hingga partikel PM2.5.

Fungsi humidifikasi, menjaga tingkat kelembapan udara

Fungsi humidifikasi, menjaga tingkat kelembapan udara

Fitur humidifikasi dan dehumidifikasi berfungsi untuk mencegah udara terlalu lembap atau terlalu kering. Fungsi ini bekerja dengan menyesuaikan kadar air di udara. Air purifier dengan fitur ini memiliki harga yang lebih mahal daripada air purifier tanpa fitur ini. Namun, tidak ada salahnya memilih produk demikian bila Anda ingin selalu menjaga kelembapan udara dalam ruangan secara optimal.

Bingung memilih? Pilih saja berdasarkan karakteristik produsennya

Beberapa merek air purifier yang terkenal adalah Daikin, Panasonic, Sharp, Hitachi, dan sebagainya. Apabila Anda bingung memilih produk yang terbaik, bandingkanlah karakteristik masing-masing produsennya. 


Karakteristik Daikin adalah membuat produk yang dilengkapi dengan Streamer Active Plasma Ion yang menjaga kelembapan kulit Anda. Fitur tersebut juga dapat membasmi zat berbahaya yang mungkin terdapat di udara.


Produk Sharp dilengkapi dengan teknologi plasmacluster sehingga lebih efektif untuk membasmi jamur dan virus di udara. Selanjutnya, Panasonic mempunyai kemampuan mumpuni untuk membersihkan udara. Produknya dilengkapi dengan ion nano yang dapat menyerap debu yang berada di lantai sekalipun. Udara pun semakin ideal untuk buah hati Anda!


Selanjutnya, apabila Anda tidak ingin repot membersihkan air purifier, gunakan produk Hitachi. Beberapa air purifier merek Hitachi ini biasanya dilengkapi dengan fungsi pembersihan otomatis. Tentu Anda jadi tidak repot, bukan? Anda juga hanya perlu membersihkannya setahun sekali saja.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest
Spesialis
mybest
Spesialis
mybest

Crane4IN1 TRUE HEPA Cool & Warm Mist Humidifier, UV Air Purifier & Aroma Diffuser

Mulai dari Rp 2.490.000,00

10 Rekomendasi air purifier terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk air purifier terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10
TipeTidak disebutkan
Luas jangkauanTidak disebutkan
Filter HEPAx
Sensor baux
Sensor debux
Humidifikasi
Konsumsi daya (W)Tidak disebutkan
FiturTidak disebutkan
Ukuran15,5 cm x 15,5 cm x 4,2 cm
9

Sunxin Air Purifier Penjernih Udara Ruangan Rumah

Mulai dari Rp 399.000,00

TipeIon generator
Luas jangkauan35–50 m²
Filter HEPA
Sensor baux
Sensor debux
Humidifikasix
Konsumsi daya (W)40 W
FiturTimer, sleep mode
Ukuran33 cm x 19 cm x 55 cm
8

PanasonicPersonal Air Purifier

F-PXF35A

Mulai dari Rp 3.228.750,00

TipeFan air purifier
Luas jangkauan42 m²
Filter HEPA
Sensor bau
Sensor debux
Humidifikasix
Konsumsi daya (W)20 W (high), 9 W (medium), 6 W (low)
FiturSleep mode, silent mode
Ukuran30 cm x 18,9 cm X 52 cm
7
TipeFan air purifier
Luas jangkauan68 m²
Filter HEPA
Sensor bau
Sensor debu
Humidifikasi
Konsumsi daya (W)85 W (max), 16 W (high), 10 W (medium), 7 W (silent)
FiturTimer, low noise operation
Ukuran36 cm x 25,4 cm x 66,9 cm
6

SHARPAir Purifier with Mosquito Catcher

FP-JM30Y-B

Mulai dari Rp 2.599.000,00

TipeFan air purifier
Luas jangkauan40 m²
Filter HEPA
Sensor bau
Sensor debu
Humidifikasix
Konsumsi daya (W)53 W (max), 32 W (med), 19 W (low)
FiturTimer
Ukuran43,8 cm x 25,3 cm x 44,4 cm
5

SAMSUNGAX40R DLX Air Purifier with Air Sensing Light

AX40R3030WM/SE

Mulai dari Rp 3.079.000,00

TipeFan air purifier
Luas jangkauan40 m²
Filter HEPA
Sensor bau
Sensor debu
Humidifikasi
Konsumsi daya (W)40 W
FiturTimer, sleep mode, child lock
Ukuran35 cm x 35 cm x 64 cm
4
TipeFan air purifier
Luas jangkauan21,5 m²
Filter HEPA
Sensor baux
Sensor debux
Humidifikasix
Konsumsi daya (W)5,5 W, 6 W, 11 W, 16 W
FiturTidak disebutkan
Ukuran28 cm x 18,9 cm x 45,5 cm
3

PHILLIPS1000i Series Pembersih Udara

AC1215/20

Mulai dari Rp 2.819.200,00

TipeFan air purifier
Luas jangkauan 63 m²
Filter HEPA
Sensor baux
Sensor debu
Humidifikasi
Konsumsi daya (W)50 W (max)
FiturTimer, sleep mode
Ukuran32,5 cm x 21 cm x 54,3 cm
2
TipeFan air purifier
Luas jangkauan26 m²–45 m²
Filter HEPA
Sensor bau
Sensor debu
Humidifikasi
Konsumsi daya (W)38 W
FiturTimer, sleep mode
Ukuran24 cm x 24 cm x 52 cm
1
TipeIon generator
Luas jangkauan10 m²
Filter HEPA
Sensor baux
Sensor debux
Humidifikasix
Konsumsi daya (W)0,8 W
FiturTidak disebutkan
Ukuran6 cm x 6 cm x 13,1 cm

Tabel perbandingan produk air purifier terbaik

Gambar produk
1
OPUNK Ionizer Purifier 1

OPUNK

2
Xiaomi Mi Air Purifier 3H 1

Xiaomi

3
PHILLIPS 1000i Series Pembersih Udara 1

PHILLIPS

4
Daikin Air Purifier 1

Daikin

5
SAMSUNG AX40R DLX Air Purifier with Air Sensing Light 1

SAMSUNG

6
SHARP Air Purifier with Mosquito Catcher 1

SHARP

7
HITACHI EP-A9000 1

HITACHI

8
Panasonic Personal Air Purifier 1

Panasonic

9
Sunxin  Air Purifier Penjernih Udara Ruangan Rumah 1

Sunxin

10
Baseus  Car Air Purifier  1

Baseus

Nama produk

Ionizer Purifier

Mi Air Purifier 3H

1000i Series Pembersih Udara

Air Purifier

AX40R DLX Air Purifier with Air Sensing Light

Air Purifier with Mosquito Catcher

EP-A9000

Personal Air Purifier

Air Purifier Penjernih Udara Ruangan Rumah

Car Air Purifier

Keunggulan

Kecil dan compact, mudah dibawa dan diletakkan di mana saja

Dilengkapi AI pintar! Kendalikan air purifier di genggaman Anda

Tampilkan keadaan udara di ruangan secara real-time

Jaga tingkat kelembapan ruangan secara otomatis

Perindah ruangan Anda dengan air purifier yang stylish

Lindungi kesayangan Anda dari gigitan nyamuk

Air purifier berkualitas premium dengan beragam fitur canggih

Jaga kebersihan udara ruangan dan kelembapan kulit sekaligus

Air purifier dengan panel touchscreen yang terlihat jelas dan mudah operasikan

Atasi sumpek dan pengap mobil Anda dengan mudah

Harga mulai dariRp 349.000,00Rp 2.099.000,00Rp 2.819.200,00Rp 1.820.000,00Rp 3.079.000,00Rp 2.599.000,00Rp 10.990.000,00Rp 3.228.750,00Rp 399.000,00Rp 299.000,00
TipeIon generatorFan air purifierFan air purifierFan air purifierFan air purifierFan air purifierFan air purifierFan air purifierIon generatorTidak disebutkan
Luas jangkauan10 m²26 m²–45 m² 63 m²21,5 m²40 m²40 m²68 m²42 m²35–50 m²Tidak disebutkan
Filter HEPAx
Sensor bauxxxxx
Sensor debuxxxxx
Humidifikasixxxxx
Konsumsi daya (W)0,8 W38 W50 W (max)5,5 W, 6 W, 11 W, 16 W40 W53 W (max), 32 W (med), 19 W (low)85 W (max), 16 W (high), 10 W (medium), 7 W (silent)20 W (high), 9 W (medium), 6 W (low)40 WTidak disebutkan
FiturTidak disebutkanTimer, sleep modeTimer, sleep modeTidak disebutkanTimer, sleep mode, child lockTimerTimer, low noise operationSleep mode, silent modeTimer, sleep modeTidak disebutkan
Ukuran6 cm x 6 cm x 13,1 cm24 cm x 24 cm x 52 cm32,5 cm x 21 cm x 54,3 cm28 cm x 18,9 cm x 45,5 cm35 cm x 35 cm x 64 cm43,8 cm x 25,3 cm x 44,4 cm36 cm x 25,4 cm x 66,9 cm30 cm x 18,9 cm X 52 cm33 cm x 19 cm x 55 cm15,5 cm x 15,5 cm x 4,2 cm
Tautan produk

Membersihkan filter pada air purifier

Membersihkan filter pada air purifier

Perawatan filter penting untuk menjaga performa kinerja air purifier. Debu dan kotoran akan menumpuk pada filter sehingga alat ini membutuhkan pembersihan berkala. Agar Anda tidak repot, pilihlah filter yang mudah dibersihkan, misalnya dengan memilih filter yang tidak perlu dicuci.


Filter juga memiliki jangka waktu pemakaian. Sebagus apa pun filternya, jika hanya bisa dipakai dalam waktu singkat, tentu akan membebani kantong Anda. Untuk itu, pilihlah produk dengan jangka waktu pemakaian filter yang panjang. Jika Anda menggunakan filter yang masa pakainya sudah lewat, air purifier tidak akan bekerja efektif dalam membersihkan udara.


Anda perlu mengganti filter yang sudah terlalu kotor atau lewat masa pakainya agar kebersihan udara tetap terjaga. Jadi, periksalah cara perawatan dan jangka waktu pemakaian filter dari produk pilihan Anda. Dengan begitu, biaya yang Anda keluarkan bisa ditekan seefisien mungkin.

Baca juga rekomendasi pembersih dan penyejuk udara lainnya di sini

Saat ini, ada beragam alat yang berfungsi sebagai pembersih dan penyejuk udara. Alat-alat tersebut, seperti air cooler, humidifier, diffuser, dan lainnya. Apakah Anda juga sedang mencari produk-produk tersebut? Apabila Anda tertarik, cobalah cek artikel berikut ini.

Kesimpulan

Apakah Anda sudah bisa menentukan air purifier yang sesuai dengan kebutuhan Anda? Air purifier memiliki banyak fungsi, salah satunya adalah untuk menghilangkan debu. Keberadaan alat ini juga dapat menekan partikel penyebab alergi, serbuk sari, dan bau.


Tentu saja, akan lebih nyaman apabila Anda memilih produk dengan fitur lengkap. Akan tetapi, hal yang lebih penting adalah memilih fungsi yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pastikan Anda memilih produk yang cocok, ya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi AC (Pendingin Ruangan) Terbaik Seharga 2-3 Jutaan (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi AC (Pendingin Ruangan) Terbaik Seharga 2-3 Jutaan (Terbaru Tahun 2021)
    Ada banyak merk AC yang bagus, seperti SHARP, LG, Panasonic, dan lainnya. Produk-produk tersebut tentunya memiliki spesifikasi yang beragam, ada yang 1/2 PK, ada juga yang 1 PK. Harga yang ditawarkan pun bervariasi, mulai dari 2 jutaan hingga 3 jutaan. AC seperti apa yang tepat untuk Anda?Agar tidak bingung, kami akan menjelaskan hal yang perlu Anda ketahui sebelum membeli AC. Kami juga akan memberikan rekomendasi produk yang bisa Anda jadikan referensi. Jika Anda sedang mencari AC untuk rumah Anda, silakan baca artikel ini. Selamat menemukan AC yang cocok!
    Penyejuk & pembersih udara
    242.283 Views
  • 10 Rekomendasi Dehumidifier Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Dehumidifier Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Dehumidifier merupakan alat elektronik yang dapat menurunkan kelembapan udara dengan mengubah udara lembap menjadi air. Alat ini biasanya ditempatkan pada ruangan yang tidak memiliki sirkulasi udara yang baik. Jika tidak terkontrol, udara lembap dapat menyebabkan tumbuhnya lumut, jamur, serta bakteri. Udara lembap merupakan masalah umum di hunian penduduk beriklim tropis seperti Indonesia.Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan lebih jauh mengenai dehumidifier dan merekemondasikan produk terbaik untuk Anda. Ada banyak brand ternama yang bisa Anda jumpai di pasaran, seperti Deerma, Notale, dan Invitop. Jadi, silakan baca ulasan lengkapnya berikut ini!
    Penyejuk & pembersih udara
    29.856 Views
  • 10 Rekomendasi Kipas Angin Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kipas Angin Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Tinggal di negara tropis membuat Anda harus bersahabat dengan cuaca panas sepanjang hari. AC tentu bisa menyejukkan rumah Anda, tetapi bagaimana jika listrik rumah Anda terbatas? Kipas angin adalah alternatif yang bisa Anda coba.Harga yang terjangkau dan hemat listrik menjadi kelebihan dari kipas angin. Anda bisa memilih merek lokal, seperti Cosmos, Maspion, atau bahkan merek luar negeri. Kini, kami akan membantu Anda memilih kipas angin terbaik. Baca sampai habis dan temukan rekomendasi produk terbaik dari kami!
    Penyejuk & pembersih udara
    123.449 Views
  • 10 Rekomendasi Kipas Angin Dinding Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kipas Angin Dinding Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Kipas angin dinding sering dipasang di ruangan kelas, kamar tidur, atau warung makan. Seperti namanya, kipas ini untuk dipasang di dinding sehingga ideal untuk ruangan kecil. Selain hemat tempat, daya tarik kipas ini adalah harganya yang terjangkau. Kipas ini identik dengan tali yang menjulur ke bawah untuk menyalakannya. Namun, kini ada kipas dinding tipe remote juga, lho.Kali ini, kami akan mengulas keunggulan, tips memilih, hingga rekomendasi kipas angin dinding yang bagus. Merek kipas ternama, seperti Cosmos, Panasonic, Maspion, Miyako, dan Sanex juga ada dalam rekomendasi kami. Yuk, simak pembahasannya!
    Penyejuk & pembersih udara
    6.014 Views
  • 10 Rekomendasi Air Cooler Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Air Cooler Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Air cooler adalah penyejuk ruangan yang fleksibel dan bisa melembapkan udara. Dibandingkan dengan AC, air cooler lebih ramah lingkungan. Selain itu, udara yang dihasilkan juga lebih sejuk daripada kipas angin. Beberapa merk seperti Sharp, Midea, dan Krisbow telah memproduksi air cooler yang bagus dan dilengkapi fitur-fitur canggih.Dengan banyaknya produk yang dijual, Anda mungkin jadi bingung dalam memilih. Kali ini kami akan memberikan tips cara memilih air cooler yang mungkin sesuai dengan kebutuhan Anda. Selain itu, kami juga akan memberikan rekomendasi produk-produk terbaiknya untuk Anda. Selamat membaca!
    Penyejuk & pembersih udara
    80.663 Views
  • 10 Rekomendasi Kipas Angin Maspion Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kipas Angin Maspion Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Kipas angin menjadi alternatif penyejuk ruangan yang hemat energi, baik di rumah maupun di kantor. Konsumsi dayanya jauh lebih rendah dari AC (air conditioner) sehingga Anda bisa makin menghemat tagihan listrik. Nah, selain memiliki konsumsi daya yang rendah, kipas angin Maspion juga dilengkapi teknologi yang membuatnya unggul. Hanya saja, ragam produknya tidak sedikit. Ada kipas angin Maspion tipe dinding, berdiri, duduk, maupun kotak. Anda juga bisa memilih desk fan yang ukurannya relatif kecil hingga power fan yang relatif besar. Silakan simak artikel ini dan temukan produk terbaik bagi Anda!
    Penyejuk & pembersih udara
    1.032 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori