10 Rekomendasi Lensa Tambahan Terbaik untuk Smartphone (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Lensa Tambahan Terbaik untuk Smartphone (Terbaru Tahun 2019)

Fitur kamera pada smartphone terus berkembang hingga sekarang. Meski begitu, Anda masih dapat meningkatkan kualitas foto menggunakan lensa tambahan. Ada banyak jenis lensa tambahan, mulai dari lensa wide angle, lensa telescope, hingga lensa makro. Masing-masing jenis tentu memiliki keistimewaan tersendiri.

Kali ini, kami akan memberikan sepuluh rekomendasi lensa tambahan dengan membandingkan performa, harga, serta ulasan produknya. Anda akan menemukan lensa berkualitas keluaran Aukey, Polaroid, Lieqi, dan sebagainya. Menarik bukan, jika bisa menikmati fotografi menggunakan lensa tambahan berkualitas pada smartphone Anda?

Daftar isi

Cara memilih lensa tambahan untuk smartphone

Pertama, kami akan menjelaskan terlebih dahulu poin penting yang perlu Anda perhatikan saat memilih lensa tambahan untuk smartphone. Silakan disimak agar Anda semakin mudah menemukan produk terbaik!

Pilih berdasarkan hasil foto yang Anda inginkan

Anda bisa menggunakan lensa tambahan pada smartphone untuk memperoleh berbagai hasil foto. Berikut akan kami jelaskan secara mendetail jenis-jenis lensanya.

Lensa wide angle untuk foto grup atau selfie

Lensa wide angle untuk foto grup atau selfie

Bila Anda ingin mengambil selfie, lensa yang cocok adalah jenis lensa wide angle. Berhubung jenis lensa ini sering digunakan saat selfie, lensa ini sering juga disebut lensa selfie. Lensa ini memungkinkan Anda untuk mengambil gambar dengan sudut yang lebih luas sehingga sangat berguna ketika Anda ingin mengambil foto selfie diri sendiri atau selfie dengan jumlah orang yang banyak atau biasa disebut juga wefie.

Bila digunakan saat mengambil foto pemandangan alam yang indah seperti gunung atau laut, Anda dapat mengambil foto secara panoramik dan memperoleh gambaran yang lebih luas dibanding biasanya.

Ketika Anda memilih lensa wide angle, perhatikan kemampuan pembesarannya. Umumnya lensa wide angle mampu mengambil gambar hingga ukuran 0,4-0,6 kali lipat lebih lebar. Bila kemampuan pembesarannya rendah, Anda dapat mengambil gambar dengan sudut yang lebih luas. Bagi Anda yang ingin melakukan selfie dengan banyak orang dan latar belakang seluas mungkin, sebaiknya Anda memilih lensa wide angle dengan kemampuan pembesaran yang rendah.

Lensa telescope untuk telefoto

Lensa telescope untuk telefoto

Lensa ini digunakan saat Anda ingin mengambil foto jarak jauh. Memang biasanya fitur zoom sudah disematkan pada setiap smartphone. Akan tetapi, fitur zoom dari smartphone Anda akan membuat kualitas foto berkurang drastis.

Karena itu, bila Anda ingin mendapatkan foto berkualitas baik, sebaiknya Anda tidak melakukan zoom in secara berlebihan di smartphone Anda. Namun, bagaimana bila objek foto yang ingin Anda abadikan berada di tempat yang cukup jauh? Di sinilah pentingnya Anda memiliki lensa telescope untuk membantu Anda mendapatkan foto berkualitas dari objek jauh tadi. Tergantung dari tipe lensanya, kemampuan zoom lensa ini bisa mencapai 8-12 kali lebih jauh tanpa mengurangi kualitas dari foto yang dihasilkan. Dengan lensa ini, Anda bisa memotret objek yang jauh tanpa mengurangi kualitas gambar.

Bila Anda menggunakan lensa telescope, Anda bisa menggunakan smartphone untuk mengamati atau memotret burung. Tidak hanya itu, dengan perlengkapan tambahan Anda juga bisa menggunakan lensa tersebut sebagai lensa monocular, lho!

Lensa fisheye untuk mengambil foto lucu hewan peliharaan

Lensa fisheye untuk mengambil foto lucu hewan peliharaan

Lensa ini disebut fisheye karena foto yang dihasilkan tampak seperti cara ikan memandang lingkungan sekelilingnya dari bawah air. Jika Anda menggunakan lensa ini, semakin ke pinggir gambar fotonya akan semakin terdistorsi sehingga Anda akan mendapatkan hasil foto unik dengan perspektif berbeda.

Lensa ini sangat cocok digunakan bila Anda ingin memotret pemandangan secara lebih artistik dan berbeda karena efek yang dihasilkan lensa ini tidak dimiliki oleh jenis lensa lainnya. Tidak hanya itu, lensa ini juga sangat tepat Anda gunakan untuk mengambil foto hewan peliharaan Anda. Dengan bentuknya yang membulat mengelilingi wajah hewan peliharaan Anda, tentu Anda akan memperoleh hasil foto yang unik dan lucu.

Ada lensa fisheye yang sudah satu set dengan lensa wide angle, sementara lensa makro biasanya dijual secara terpisah. Dalam daftar rekomendasi ini, Anda juga akan menemukan lensa fisheye pilihan kami.

Lensa makro untuk mengambil foto makanan

Lensa makro untuk mengambil foto makanan

Lensa jenis ini memungkinkan Anda untuk memotret secara close up. Kadang lensa ini disebut juga sebagai lensa mikroskop karena hasil fotonya sangat detail sehingga terlihat seolah Anda melihat objek menggunakan mikroskop.

Anda bisa menggunakan lensa ini untuk fokus pada objek foto bahkan pada jarak sedekat beberapa sentimeter sehingga akan terlihat semakin dinamis. Anda juga bisa menggunakan lensa ini untuk memotret makanan. Lensa ini akan memberi Anda tampilan objek foto yang sangat mendetail, terlihat lebih cantik, dan membuat hasil foto makanan tersebut terlihat semakin enak.

Pilih berdasarkan cara pemasangan lensa

Pilih berdasarkan cara pemasangan lensa

Kebanyakan lensa tambahan untuk smartphone berjenis clip on. Jenis ini sangat nyaman digunakan karena dapat langsung Anda tempelkan ke smartphone tanpa perlu melepas cover smartphone Anda, kecuali bila cover terlalu tebal sehingga tidak muat.

Ada juga jenis yang ditempelkan menggunakan suction cup dan jenis yang menempel langsung pada cover smartphone, tetapi jumlahnya tidak banyak di pasaran.

Untuk jenis clip on, ada tipe clip yang sudah menempel pada satu lensa dan tidak bisa diganti lensa lain. Hal ini tentu membuat Anda lebih nyaman saat mengunakannya. Kelemahannya adalah cukup merepotkan saat Anda harus membawa berbagai jenis lensa saat bepergian. Memang, ada juga jenis clip yang cocok digunakan untuk semua lensa, tetapi tentu akan cukup mengganggu saat Anda harus menukar lensa berulang kali saat ingin memakainya.

Perhatikan ada tidaknya efek vignetting yang ditimbulkan

Perhatikan ada tidaknya efek vignetting yang ditimbulkan

Vignetting adalah kondisi munculnya area hitam di sudut foto yang muncul akibat pantulan lensa itu sendiri atau penutupnya. Vignetting mudah muncul terutama pada lensa yang memiliki sudut pengambilan foto luas, misalnya lensa wide angle dan fisheye.

Belakangan ini, banyak smartphone yang mampu memotret dengan wide angle dan tetap memunculkan vignetting. Ketahui penempatan lensa yang tepat dan jangan melakukan zoom terlalu banyak karena diameter lensa akan membesar dan vignetting pun bisa saja tampak semakin jelas.

Meski begitu, munculnya gejala vignetting tetap tergantung pada masing-masing smartphone. Anda juga bisa mengecek review-nya terlebih dahulu.

Perhatikan juga isi set dan bandingkan harganya

Perhatikan juga isi set dan bandingkan harganya

Ketika memilih lensa tambahan untuk smartphone, Anda juga perlu mengecek adanya aksesori atau item tambahan lain yang mungkin Anda peroleh. Bisa saja produk yang Anda pilih dilengkapi dengan kain pembersih lensa, tas penyimpanan lensa, penutup lensa, atau berbagai benda lainnya. Tentu akan semakin ekonomis bila produk pilihan Anda sudah satu paket dengan barang-barang tersebut.

Selain itu, luasnya rentang harga berbagai produk lensa tambahan untuk smartphone bisa saja membuat Anda bingung. Produk dengan harga mahal tentu mampu memberi Anda performa yang memuaskan, tetapi bisa saja harganya terasa sulit dijangkau. Di satu sisi, bila Anda memilih produk dengan harga terlalu murah, bisa saja kualitasnya tidak memuaskan.

Seandainya Anda berencana menggunakan smartphone dalam jangka waktu cukup lama, Anda bisa membeli set lensa. Dalam set tersebut, Anda akan menemukan berbagai jenis lensa yang bisa Anda gunakan untuk berbagai kebutuhan.

10 Rekomendasi lensa tambahan terbaik untuk smartphone 

Nah, sekarang saatnya kami memberikan rekomendasi lensa tambahan terbaik untuk Anda. Pilihlah berdasarkan kebutuhan fotografi Anda dan kemudahan pemakaiannya!

10. Telezoom Telescope Mobile Phone

10. Telezoom Telescope Mobile Phone

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 80.000

Harganya ekonomis, sudah termasuk tripod mini pula!

Mampu memperbesar hingga 8x pembesaran, lensa telescope yang satu ini akan sangat membantu Anda untuk memotret objek foto dari jarak jauh. Hal tersebut membuatnya tidak hanya cocok Anda gunakan untuk memotret pemandangan, tetapi juga untuk memotret berbagai momen dalam pertandingan olahraga, konser, dan lain-lain.

Tidak hanya itu, Anda juga akan langsung memperoleh tripod mini ketika membeli produk ini sehingga Anda bisa memotret lebih stabil kapan pun dibutuhkan. Dengan harga yang sangat bersahabat, produk ini adalah pilihan terbaik bila Anda tidak ingin mengeluarkan dana tambahan untuk membeli tripod secara terpisah.

Tipe lensa Telescope
Kompatibilitas Tidak disebutkan
Cara pemasangan Clip on
Aksesori Tripod mini, smartphone holder

9. Pickogen Telephoto Lens

9. Pickogen Telephoto Lens

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 180.000

Zoom 12x bikin foto tetap tajam meski dipotret dari jauh

Untuk Anda yang menyukai memotret objek dari jauh tanpa mengorbankan ketajaman gambar, produk ini bisa menjadi pertimbangan. Pickogen Telephoto Lens ini memungkinkan Anda untuk memotret objek yang jaraknya jauh hingga 12 kali pembesaran tanpa mengurangi kualitas gambar sehingga hasil fotonya tetap tajam dan jernih.

Produk ini juga sudah menyediakan penutup lensa, kantong lensa, dan clip dalam paket penjualannya. Lensa ini juga lebih tahan banting karena casing-nya terbuat dari aluminium, bukan plastik biasa. Memiliki bobot 300 gr, tangan Anda juga tak akan cepat lelah saat menggunakan lensa ini.

Tipe lensa Telescope
Kompatibilitas Universal
Cara pemasangan Clip on
Aksesori Penutup lensa, kantong lensa

8. Polaroid Super Fisheye Lens CF238

8. Polaroid Super Fisheye Lens CF238

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 94.000

Pengambilan sudut luas hingga 238 derajat!

Lensa fisheye keluaran Polaroid ini tersedia dalam beberapa opsi warna yang menarik. Selain itu, bahannya terbuat dari baja aluminium sehingga tidak mudah rusak serta diberikan lapisan khusus lagi yang membuat body lensa ini tahan gores. Aksesori yang diberikan juga sudah cukup lengkap untuk menjaga keawetan lensa ini.

Dibanderol dengan harga yang terjangkau, lensa ini mampu mengambil foto hingga 238 derajat di saat lensa fisheye lainnya hanya bisa memotret 180 derajat. Terlebih lagi lensa optiknya yang terbuat dari kaca berkualitas. Sungguh suatu pilihan tepat bagi Anda yang ingin mengabadikan momen dengan hasil foto yang unik dan berbeda!

Tipe lensa Fisheye
Kompatibilitas Universal
Cara pemasangan Clip on
Aksesori Cleaning cloth, penutup lensa, kantong lensa

7. Aukey Optic Pro Wide Angle Lens PL-WD01

7. Aukey Optic Pro Wide Angle Lens PL-WD01

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 390.000

Ingin yang wide angle sekaligus waterproof ? Ini jawabannya!

Wide angle lens dari Aukey ini sangat cocok dimiliki bila Anda ingin memotret panorama, city landscape, group selfies, dan sebagainya yang membutuhkan ruang lebar tanpa takut lensa Anda rusak karena air. Hal ini memungkinkan karena lensa ini mampu memotret hingga lebar sudut 110 derajat.

Bagian lensanya juga terbuat dari lapisan kaca berkualitas sehingga hasil foto Anda akan semakin mengagumkan. Lensa ini juga tahan air, tentu Anda akan merasa lebih aman saat lensa Anda tidak sengaja terkena air atau saat Anda gunakan untuk memotret di luar ruangan saat cuaca hujan.

Tipe lensa Wide angle
Kompatibilitas Universal
Cara pemasangan Clip on
Aksesori Cleaning cloth, kantong lensa

6. Apexel Super Macro Lens

6. Apexel Super Macro Lens

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 169.000

Nikmati detail foto makro dengan lensa 15 kali pembesaran

Anda suka memotret benda-benda kecil seperti bunga dan serangga serta sangat menikmati setiap detailnya? Jika ya, Anda harus memiliki produk yang satu ini. Dengan kemampuan 15 kali pembesaran, hasil foto makro Anda akan terlihat sangat jernih dan detail ketika Anda potret secara close-up.

Disarankan Anda mengambil jarak 1,5-3 cm antara lensa dengan objek yang hendak difoto agar hasilnya maksimal. Selain itu, Anda tidak perlu takut smartphone Anda tergores saat melepas-pasang lensa ini karena sudah ada karet penahan pada bagian clipnya. Aksesori yang diberikan juga sudah tergolong memadai untuk mengamankan lensa.

Tipe lensa Makro
Kompatibilitas Universal
Cara pemasangan Clip on
Aksesori Lens hood, cleaning cloth, pouch

5. Lieqi 3 IN 1 Universal Clip Lens with EVA Bag LQ-035

5. Lieqi 3 IN 1 Universal Clip Lens with EVA Bag LQ-035

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 199.000

Dapatkan pencahayaan memadai kapan pun dibutuhkan

Dengan adanya lampu LED pada lensa ini, sekarang Anda tidak perlu khawatir lagi untuk memotret dalam kondisi kurang cahaya. Sangat cocok untuk Anda yang ingin mendapatkan foto selfie cantik setiap waktu. Anda juga dapat mengatur terang yang diinginkan sampai 3 level, mulai dari biasa, terang, hingga sangat terang.

Lensa yang disematkan ada 2, yakni lensa makro hingga 15 kali pembesaran dan lensa wide angle dengan kemampuan 0,4 kali lebih lebar. Tenang saja, jika dibutuhkan Anda tetap bisa memisahkan kedua lensa tersebut, kok! Tersedia dalam beberapa varian warna, Anda bisa memilih warna yang paling cocok dengan smartphone Anda.

Tipe lensa Makro dan wide angle
Kompatibilitas Universal
Cara pemasangan Clip on
Aksesori LED flashlight, USB cable, microfiber bag, cleaning cloth

4. Polaroid 3 in 1 Camera Lens CL3

4. Polaroid 3 in 1 Camera Lens CL3

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 74.000

Lensa dengan pelindung cahaya untuk hasil foto lebih baik

Satu lagi produk berkualitas dari brand Polaroid. Lensa fisheye pada Polaroid CL3 ini memiliki sudut hingga 180 derajat dengan tingkat pembesaran mencapai 0,33 kali. Kemudian lensa makro berkemampuan magnification hingga 10 kali akan Anda dapatkan saat Anda melepas lensa wide dari pangkalnya.

Hal menarik lainnya, lensa optik yang terbuat dari kaca ini sudah diberi lapisan pelindung cahaya, lho! Dengan begitu, Anda tak akan kesulitan memperoleh hasil foto yang clear. Tentu produk ini sangat layak dimiliki bila Anda menginginkan hasil foto Anda terlihat nyata seperti objek aslinya.

Tipe lensa Makro, fisheye, dan wide angle
Kompatibilitas Universal
Cara pemasangan Clip on
Aksesori Tutup lensa, cleaning cloth, kantong lensa

3. Zuncle Macro Lens

3. Zuncle Macro Lens

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 232.000

Tambahan filter Neutral Density untuk hasil foto lebih halus

Lensa makro ini sangat cocok untuk Anda yang menginginkan hasil foto flawless dengan tampilan sehalus mungkin. Hal itu bisa didapat karena lensa ini menyematkan efek ND (neutral density) yang bisa Anda atur sesuka hati mulai dari ND2 hingga ND400 hanya dengan memutar ring lensanya.

Lalu, lensa ini juga cocok untuk jenis smartphone apa pun. Material lensa ini juga dibuat menggunakan aluminium dan lensa optik yang terbuat dari kaca berkualitas. Namun, lensa ini tidak memberikan kain pembersih lensa, penutup, dan kantong lensa sehingga Anda harus ekstra hati-hati saat membawanya.

Tipe lensa Makro
Kompatibilitas Universal
Cara pemasangan Clip on
Aksesori X

2. Apexel Wide Angle & CPL Lens Kit APL-16MMH

2. Apexel Wide Angle & CPL Lens Kit APL-16MMH

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 355.000

Hilangkan pantulan cahaya berlebih pada objek

Satu lagi lensa untuk Anda sang fotografer alam! Anda pasti menyadari refleksi cahaya berlebih pada permukaan objek foto bisa sangat mengganggu dan merubah warna asli objek foto, bukan? Nah, lensa ini akan menyelesaikan permasalahan Anda terkait hal tersebut dengan lensa CPL (circular polarizer)-nya.

Filter pada lensa ini akan mengurangi refleksi cahaya pada permukaan objek foto, membantu meningkatkan saturasi warna, serta membantu mengatur kontras pada foto. Lensa ini juga diklaim bebas vignetting sehingga hasil foto pun semakin memukau. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan aksesori lengkap ditambah buku panduannya.

Tipe lensa Wide angle
Kompatibilitas Universal
Cara pemasangan Clip on
Aksesori Lens cap, cleaning cloth, user manual, CPL lens

1. Aukey Optic 3-in-1 Smartphone Lens Set PL-A1

1. Aukey Optic 3-in-1 Smartphone Lens Set PL-A1

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 179.000

Tiga lensanya hasilkan foto berkualitas premium

Produk ini diklaim mampu memberi Anda foto berkualitas premium dengan kaca lensa grade HD. Anda bisa menggunakan lensa ini untuk semua jenis smartphone yang memiliki diameter lensa kamera tidak lebih dari 13 mm. Produk ini juga akan memberikan Anda rasa aman ekstra berkat garansi 2 tahun yang diberikannya.

Dengan lensa fisheye yang mampu mengambil sudut hingga 180 derajat, lensa makro hingga 10 kali pembesaran, serta lensa wide angle yang tersemat, Anda pun tidak repot membeli banyak lensa. Bila Anda mencari produk all in one dengan hasil foto sangat menawan, produk ini tak boleh Anda lewatkan.

Tipe lensa Wide angle, fisheye, makro
Kompatibilitas Universal
Cara pemasangan Clip on
Aksesori Pouch, cleaning clothmanual user

Kesimpulan

Kami sudah memberikan penjelasan kami dalam memilih lensa tambahan untuk smartphone, bagaimana menurut Anda? Ketika memilih lensa single, biasanya Anda akan mendapatkan kualitas yang lebih bagus daripada saat memilih lensa kit berkualitas standar.

Namun, jika Anda menyukai kepraktisan, pilihlah lensa kit. Sebaliknya, bila Anda menginginkan hasil foto lebih berkualitas layaknya seorang profesional, belilah jenis single lens. Hal terpenting adalah memilih lensa yang dapat membuat Anda semakin menikmati fotografi.