10 Rekomendasi Lensa Tambahan Terbaik untuk Smartphone (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Lensa Tambahan Terbaik untuk Smartphone (Terbaru Tahun 2018)

Fitur kamera pada smartphone terus berkembang hingga sekarang. Meski begitu, Anda masih dapat meningkatkan kualitas foto Anda menggunakan lensa tambahan. Ada banyak jenis lensa tambahan, mulai dari lensa wide angle, lensa telescope, hingga lensa close up. Masing-masing memiliki keistimewaan tersendiri pada foto yang dihasilkannya.

Kali ini, kami akan memberikan 10 rekomendasi lensa tambahan dengan membandingkan performa, harga, serta ulasan produknya. Menarik bukan, jika bisa menikmati fotografi  menggunakan lensa tambahan berkualitas pada smartphone Anda?

Daftar isi

Jenis lensa tambahan

Terdapat beberapa jenis lensa tambahan. Agar tidak membuat Anda bingung, kami akan mengulas kegunaan dari masing-masing lensa tambahan tersebut.

Lensa wide angle

Lensa jenis ini cocok untuk pengambilan gambar selfie, karena itu sering juga disebut sebagai lensa selfie. Menggunakan lensa jenis ini saat melakukan selfie memungkinkan Anda untuk mengambil gambar dengan sudut yang lebih luas. Sehingga lensa ini sangat berguna ketika Anda ingin mengambil foto selfie dengan jumlah orang yang banyak atau wefie.

Bila digunakan saat mengambil foto pemandangan alam yang indah seperti gunung atau laut, Anda dapat mengambil foto secara panoramik dan memperoleh gambaran yang lebih luas dibanding biasanya.

Lensa wide angle fokus pada pembesaran

Lensa wide angle fokus pada pembesaran

Ketika Anda memilih lensa wide angle, perhatikan kemampuan pembesarannya. Umumnya lensa wide angle mampu mengambil gambar hingga ukuran 0,4-0,6 kali lipat lebih lebar. Bila kemampuan pembesarannya rendah maka Anda dapat mengambil gambar dengan sudut yang lebih luas.

Bagi Anda yang ingin melakukan selfie dengan banyak orang dan latar belakang seluas mungkin, sebaiknya Anda memilih lensa wide angle dengan kemampuan pembesaran yang rendah.

Selain itu, ada juga lensa tambahan yang terdapat lampu di sekelilingnya. Ketika lampu di sekeliling lensa tersebut menyala, hasil foto akan menjadi semakin cerah!

Lensa telescope

Lensa telescope

Lensa ini digunakan saat Anda ingin mengambil foto jarak jauh. Memang biasanya fitur zoom sudah disematkan pada setiap smartphone. Akan tetapi, fitur zoom dari smartphone Anda akan membuat kualitas foto berkurang drastis.

Karena itu bila Anda ingin mendapatkan foto berkualitas baik, sebaiknya Anda tidak melakukan zoom in secara berlebihan di smartphone Anda. Namun, bagaimana bila objek foto yang ingin Anda abadikan berada di tempat yang cukup jauh? Di sinilah pentingnya Anda memiliki lensa telescope untuk membantu Anda mendapatkan foto berkualitas dari objek jauh tadi.

Tergantung dari tipe lensanya, kemampuan zoom lensa ini bisa mencapai 8-12 kali lebih jauh tanpa mengurangi kualitas dari foto yang dihasilkan. Dengan lensa ini, Anda bisa memotret objek yang jauh tanpa mengurangi kualitas gambar yang dihasilkan.

Lensa fisheye

Lensa fisheye

Lensa ini disebut fisheye karena foto yang dihasilkan tampak seperti cara ikan memandang lingkungan sekelilingnya dari bawah air. Jika Anda menggunakan lensa ini, semakin ke pinggir gambar fotonya akan semakin terdistorsi, sehingga Anda akan mendapatkan hasil foto berbentuk lingkaran.

Lensa ini sangat cocok digunakan bila Anda ingin memotret secara lebih artistik atau ingin menghasilkan foto pemandangan yang lain dari biasanya.

Lensa close up

Lensa close up

Lensa jenis ini memungkinkan Anda untuk memotret close up atau foto makro. Kadang lensa ini disebut juga sebagai lensa mikroskop, hal ini disebabkan hasil fotonya sangat detail sehingga terlihat seolah Anda melihat objek menggunakan mikroskop.

Kamera pada smartphone Anda akan sulit untuk memotret dengan detail dan fokus pada satu objek. Dengan menggunakan lensa ini, bagian belakang objek akan dibuat blur sehingga memungkinkan Anda mendapat foto objek yang fokus.

Cara memilih lensa tambahan untuk smartphone

Sekarang kami akan menjelaskan 3 hal yang harus Anda perhatikan ketika hendak memilih lensa tambahan untuk smartphone Anda. Pastikan Anda benar-benar mengerti fungsi masing-masing lensa agar tidak membeli lensa yang tidak Anda butuhkan.

1. Pilih dari cara memasang lensa

1. Pilih dari cara memasang lensa

Kebanyakan lensa tambahan untuk smartphone berjenis clip on. Jenis ini sangat nyaman digunakan karena dapat langsung Anda tempelkan ke smartphone tanpa perlu melepas cover-nya, kecuali bila cover terlalu tebal sehingga tidak muat.Tentu akan mengganggu bila Anda harus melepas cover smartphone setiap kali mau menggunakan lensa tambahan, bukan?

Ada juga jenis yang ditempelkan menggunakan suction cup dan jenis yang menempel langsung pada cover smartphone, namun jumlahnya tidak banyak di pasaran.

Untuk jenis clip on, ada tipe clip yang sudah menempel pada satu lensa dan tidak bisa diganti lensa lain. Hal ini tentu membuat Anda lebih nyaman saat mengunakannya. Kelemahannya adalah cukup merepotkan saat Anda harus membawa berbagai jenis lensa saat bepergian. Memang, ada juga jenis clip yang cocok digunakan untuk semua lensa, namun akan cukup mengganggu saat harus menukar lensa berulang kali saat menggunakannya.

2. Aksesori tambahan yang diberikan

2. Aksesori tambahan yang diberikan

Cek juga aksesori tambahan lain apa yang akan Anda dapatkan saat membeli lensa tambahan. Akan sangat membantu bila terdapat aksesori tambahan seperti kain pembersih lensa, kantong lensa, dan penutup lensa agar keamanan lensa Anda terjaga.

3. Pertimbangkan dari segi harga

3. Pertimbangkan dari segi harga

Rentang harga lensa tambahan ini sangat bervariasi, mulai dari puluhan ribu sampai ratusan ribu. Namun, ada juga lensa 3 in 1 yang sudah memiliki lensa wide angle, close up, dan fisheye yang dijual seharga lensa single.

Walaupun kemampuan lensa berharga mahal sangat bagus, pastikan dahulu lensa tersebut mudah untuk Anda gunakan. Lensa yang harganya terlalu murah juga patut Anda ragukan kualitasnya dalam menangkap gambar.

Biasanya harga untuk lensa single mulai dari puluhan ribu, sedangkan lensa set 3 in 1 mulai dari ratusan ribu. Walaupun harga murah memang lebih menarik, perhatikan juga kualitas foto yang dihasilkan agar Anda tidak salah membeli, ya!

10 Rekomendasi lensa tambahan terbaik untuk smartphone

Nah, sekarang saatnya kami memberikan rekomendasi lensa tambahan terbaik untuk Anda. Pilihlah berdasarkan kebutuhan fotografi Anda dan kemudahan pemakaiannya!

10. Pickogen Telephoto Lens

10. Pickogen Telephoto Lens

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 219.900

Tingkat pembesaran hingga 12 kali

Untuk Anda yang menyukai memotret objek dari jauh, produk ini bisa menjadi pertimbangan. Pickogen Telephoto Lens ini memungkinkan Anda untuk memotret objek yang jaraknya jauh hingga 12 kali pembesaran tanpa mengurangi kualitas gambar sehingga hasil fotonya tetap tajam dan jernih.

Produk ini juga sudah menyediakan penutup lensa, kantong lensa, dan clip dalam paket penjualannya. Kualitas lensa ini juga tidak perlu diragukan karena bahannya terbuat dari aluminium, bukan plastik biasa. Anda pasti bisa merasakannya saat memegang lensa berbobot 300 gr ini.

9. Polaroid Super Fisheye Lens CF238

9. Polaroid Super Fisheye Lens CF238

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 121.250

Pengambilan sudut hingga 238 derajat!

Lensa fisheye keluaran Polaroid ini mengusung desain dan warna yang menarik. Selain itu, bahannya terbuat dari baja aluminium sehingga tidak mudah rusak, serta diberikan lapisan khusus lagi yang membuat body lensa ini tahan gores. Aksesori yang diberikan juga sudah cukup lengkap untuk menjaga keawetan lensa ini.

Dibanderol dengan harga yang terjangkau, lensa ini mampu mengambil foto hingga 238 derajat di saat lensa fisheye lainnya hanya bisa memotret 180 derajat. Terlebih lagi lensa optiknya yang terbuat dari kaca berkualitas. Sungguh suatu pilihan tepat bagi Anda yang ingin mengabadikan foto dengan cara berbeda!

8. Aukey Wide Angle Lens PL-WD01

8. Aukey Wide Angle Lens PL-WD01

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 293.000

Lensa tahan air yang mumpuni untuk memotret lebih luas

Wide angle lens dari Aukey ini sangat cocok untuk Anda gunakan untuk memotret panorama, city landscape, group selfies, dan sebagainya yang membutuhkan ruang lebar. Hal ini memungkinkan karena lensa ini mampu memotret hingga lebar sudut 110 derajat.

Bagian lensanya juga terbuat dari lapisan kaca berkualitas, sehingga hasil foto Anda akan semakin mengagumkan. Lensa ini juga tahan air, lho, walau bukan berarti dapat digunakan di dalam air. Paling tidak, Anda akan merasa lebih aman saat lensa Anda tidak sengaja terkena air atau saat Anda gunakan di cuaca hujan.

7. Apexel Super Macro Lens

7. Apexel Super Macro Lens

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 180.000

Nikmati detail foto makro dengan lensa 15 kali pembesaran

Anda suka memotret benda-benda kecil seperti bunga dan serangga serta sangat menikmati setiap detailnya? Jika ya, Anda harus memiliki produk yang satu ini. Dengan kemampuan 15 kali pembesaran, hasil foto makro Anda akan terlihat sangat jernih dan detail.

Disarankan Anda mengambil jarak 1,5-3 cm antara lensa dengan objek yang hendak difoto agar hasilnya maksimal. Selain itu, Anda tidak perlu takut smartphone Anda tergores saat melepas pasang lensa ini karena sudah ada karet penahan pada bagian clip-nya. Jangan khawatir, aksesori yang diberikan juga sudah cukup lengkap untuk menjaga lensa tetap aman.

6. Lieqi 2 in 1 Lens Kit LQ-035

6. Lieqi 2-in-1 Lens Kit LQ-035

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 219.000

Dapatkan pencahayaan cukup kapan saja!

Dengan adanya lampu LED pada lensa ini, sekarang Anda tidak perlu khawatir lagi untuk memotret dalam kondisi kurang cahaya. Sangat cocok untuk Anda yang ingin mendapatkan foto selfie cantik setiap waktu. Anda juga dapat mengatur terang yang diinginkan sampai 3 level, mulai dari biasa, terang, hingga sangat terang.

Lensa yang disematkan ada 2, yakni lensa makro hingga 15 kali pembesaran dan lensa wide angle dengan kemampuan 0,4 kali lebih lebar. Selain itu, lensa ini dilengkapi lapisan anti reflection untuk mencegah pantulan cahaya berlebihan. Yang pasti, kedua lensa ini akan menambah kesenangan Anda saat mengambil foto-foto cantik nan menarik.

5. Polaroid 3 in 1 Camera Lens CL3

5. Polaroid 3-in-1 Camera Lens CL3

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 99.500

Lensa dengan pelindung cahaya untuk hasil foto lebih baik

Satu lagi produk berkualitas dari brand Polaroid. Lensa fisheye pada Polaroid CL3 ini memiliki sudut hingga 180 derajat dengan tingkat pembesaran mencapai 0,33 kali. Kemudian lensa makro berkemampuan magnification hingga 10 kali akan Anda dapatkan saat Anda melepas lensa wide dari pangkalnya.

Hal menarik lainnya, lensa optik yang terbuat dari kaca ini sudah diberi lapisan pelindung cahaya, lho! Hasil foto Anda akan terlihat nyata seperti objek aslinya. Warna abu-abu kebiruannya juga membuat produk ini terlihat semakin menarik dan cocok untuk Anda yang menginginkan produk berkualitas baik namun tetap gaya.

4. Zuncle Macro Lens

4. Zuncle Macro Lens

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 340.470

Tambahan filter Neutral Density untuk hasil foto lebih halus

Lensa makro satu ini sangat cocok untuk Anda yang suka memotret landscape seperti air terjun, pantai, sunrise di pegunungan, dan lain sebagainya. Hal itu bisa didapat karena lensa ini menyematkan efek ND (neutral density) yang bisa Anda atur sesuka hati mulai dari ND2 hingga ND400 hanya dengan memutar ring lensanya.

Dengan universal clip yang dimiliki lensa ini, Anda bisa memakainya untuk jenis smartphone apapun. Material lensa ini juga dibuat menggunakan aluminium dan lensa optik yang terbuat dari kaca berkualitas. Namun kelemahannya, lensa ini tidak memberikan kain pembersih lensa, penutup, dan kantong lensa sehingga Anda harus ekstra hati-hati saat membawanya.

3. Apexel Professional Wide Angle Lens

3. Apexel Professional Wide Angle Lens

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 455.000

Hilangkan pantulan cahaya berlebih pada objek

Satu lagi lensa untuk Anda sang fotografer alam! Anda pasti menyadari refleksi cahaya berlebih pada permukaan objek foto bisa sangat mengganggu dan merubah warna asli objek foto, bukan? Nah, lensa ini akan menyelesaikan permasalahan Anda terkait hal tersebut dengan filter CPL (circular polarizer)-nya.

Filter pada lensa ini akan mengurangi refleksi cahaya pada permukaan objek foto, membantu meningkatkan saturasi warna, serta membantu mengatur kontras pada foto. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan aksesori lengkap ditambah buku panduannya. Sangat menarik, bukan?

2. Vakind Telescope Camera Lens

2. Vakind Telescope Camera Lens

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 287.000

Lensa dengan pembesaran hingga 18 kali, berdesain modern dan menarik

Bila lensa lain biasanya memiliki model yang standar dan kebanyakan warna hitam, lain halnya dengan lensa satu ini. Lensa berdesain modern ini dijual dengan 5 pilihan warna menarik, yakni rose gold, silvergold, black, dan red. Anda bisa memilihnya sesuai selera atau warna smartphone Anda.

Lensa ini juga mampu untuk memperbesar gambar hingga 18 kali, sehingga Anda dapat mengambil gambar dengan jelas bahkan dari jarak cukup jauh sekalipun. Paket pembelian sudah termasuk tripod agar foto yang dihasilkan lebih stabil dan tidak blur. Lensa ini cocok untuk Anda yang suka memotret serangga atau objek lain dari jarak jauh.

1. Aukey 3-in-1 Lens Kit PL-A1

1. Aukey 3-in-1 Lens Kit PL-A1

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 183.330

Premium quality lens yang compact dan stylish

Produk ini diklaim akan memberikan kualitas terbaik, dimana kacanya memiliki grade HD, body berbahan aluminium dan clip yang mudah digunakan. Cocok untuk semua jenis smartphone yang memiliki diameter lensa kamera tidak lebih dari 13 mm.

Dengan lensa fisheye yang mampu mengambil sudut hingga 180 derajat, lensa makro hingga 10 kali pembesaran, serta lensa wide angle yang tersemat, Anda pun tidak repot membeli banyak lensa. Produk ini juga akan memberikan Anda rasa aman ekstra berkat garansi 2 tahun yang diberikannya. Namun sayangnya, produk ini tidak cocok untuk smartphone dengan letak kamera di tengah.

Kesimpulan

Kami sudah memberikan penjelasan dan rekomendasi kami dalam memilih lensa tambahan untuk smartphone, bagaimana menurut Anda?

Ketika Anda memilih lensa single, biasanya Anda akan mendapatkan kualitas yang jauh lebih bagus daripada saat Anda memilih lensa kit dengan kualitas standar.

Namun jika Anda ingin lensa yang praktis, maka pilihlah lensa kit. Sebaliknya, bila Anda menginginkan hasil foto lebih berkualitas layaknya seorang profesional, belilah jenis single lens. Yang pasti, pilihlah lensa yang dapat membuat Anda menikmati fotografi lebih lagi!