• 10 Rekomendasi Lensa Tambahan Terbaik untuk Smartphone (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Lensa Tambahan Terbaik untuk Smartphone (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Lensa Tambahan Terbaik untuk Smartphone (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Lensa Tambahan Terbaik untuk Smartphone (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Lensa Tambahan Terbaik untuk Smartphone (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Lensa Tambahan Terbaik untuk Smartphone (Terbaru Tahun 2020)

Fitur kamera pada smartphone terus berkembang hingga sekarang. Meski begitu, Anda masih dapat meningkatkan kualitas foto menggunakan lensa tambahan. Ada banyak jenis lensa tambahan, mulai dari lensa wide angle, lensa telescope, hingga lensa makro. Masing-masing jenis tentu memiliki keistimewaan tersendiri.

Kali ini, kami akan memberikan sepuluh rekomendasi lensa tambahan dengan membandingkan performa, harga, serta ulasan produknya. Anda akan menemukan lensa berkualitas keluaran Aukey, Polaroid, Lieqi, dan sebagainya. Menarik bukan, jika bisa menikmati fotografi menggunakan lensa tambahan berkualitas pada smartphone Anda?
  • Pembaharuan terakhir: 22 November 2019
  • 7.740 Views
Daftar isi

Cara memilih lensa tambahan untuk smartphone

Pertama, kami akan menjelaskan terlebih dahulu poin penting yang perlu Anda perhatikan saat memilih lensa tambahan untuk smartphone. Silakan disimak agar Anda semakin mudah menemukan produk terbaik!

Pilih berdasarkan hasil foto yang Anda inginkan

Anda bisa menggunakan lensa tambahan pada smartphone untuk memperoleh berbagai hasil foto. Berikut akan kami jelaskan secara mendetail jenis-jenis lensanya.

Lensa wide angle untuk foto grup atau selfie

Lensa wide angle untuk foto grup atau selfie
Bila Anda ingin mengambil selfie, lensa yang cocok adalah jenis lensa wide angle. Berhubung jenis lensa ini sering digunakan saat selfie, lensa ini sering juga disebut lensa selfie. Lensa ini memungkinkan Anda untuk mengambil gambar dengan sudut yang lebih luas sehingga sangat berguna ketika Anda ingin mengambil foto selfie diri sendiri atau selfie dengan jumlah orang yang banyak atau biasa disebut juga wefie.
Bila digunakan saat mengambil foto pemandangan alam yang indah seperti gunung atau laut, Anda dapat mengambil foto secara panoramik dan memperoleh gambaran yang lebih luas dibanding biasanya.
Ketika Anda memilih lensa wide angle, perhatikan kemampuan pembesarannya. Umumnya lensa wide angle mampu mengambil gambar hingga ukuran 0,4-0,6 kali lipat lebih lebar. Bila kemampuan pembesarannya rendah, Anda dapat mengambil gambar dengan sudut yang lebih luas. Bagi Anda yang ingin melakukan selfie dengan banyak orang dan latar belakang seluas mungkin, sebaiknya Anda memilih lensa wide angle dengan kemampuan pembesaran yang rendah.

Lensa telescope untuk telefoto

Lensa telescope untuk telefoto
Lensa ini digunakan saat Anda ingin mengambil foto jarak jauh. Memang biasanya fitur zoom sudah disematkan pada setiap smartphone. Akan tetapi, fitur zoom dari smartphone Anda akan membuat kualitas foto berkurang drastis.
Karena itu, bila Anda ingin mendapatkan foto berkualitas baik, sebaiknya Anda tidak melakukan zoom in secara berlebihan di smartphone Anda. Namun, bagaimana bila objek foto yang ingin Anda abadikan berada di tempat yang cukup jauh? Di sinilah pentingnya Anda memiliki lensa telescope untuk membantu Anda mendapatkan foto berkualitas dari objek jauh tadi. Tergantung dari tipe lensanya, kemampuan zoom lensa ini bisa mencapai 8-12 kali lebih jauh tanpa mengurangi kualitas dari foto yang dihasilkan. Dengan lensa ini, Anda bisa memotret objek yang jauh tanpa mengurangi kualitas gambar.
Bila Anda menggunakan lensa telescope, Anda bisa menggunakan smartphone untuk mengamati atau memotret burung. Tidak hanya itu, dengan perlengkapan tambahan Anda juga bisa menggunakan lensa tersebut sebagai lensa monocular, lho!

Lensa fisheye untuk mengambil foto lucu hewan peliharaan

Lensa fisheye untuk mengambil foto lucu hewan peliharaan
Lensa ini disebut fisheye karena foto yang dihasilkan tampak seperti cara ikan memandang lingkungan sekelilingnya dari bawah air. Jika Anda menggunakan lensa ini, semakin ke pinggir gambar fotonya akan semakin terdistorsi sehingga Anda akan mendapatkan hasil foto unik dengan perspektif berbeda.
Lensa ini sangat cocok digunakan bila Anda ingin memotret pemandangan secara lebih artistik dan berbeda karena efek yang dihasilkan lensa ini tidak dimiliki oleh jenis lensa lainnya. Tidak hanya itu, lensa ini juga sangat tepat Anda gunakan untuk mengambil foto hewan peliharaan Anda. Dengan bentuknya yang membulat mengelilingi wajah hewan peliharaan Anda, tentu Anda akan memperoleh hasil foto yang unik dan lucu.
Ada lensa fisheye yang sudah satu set dengan lensa wide angle, sementara lensa makro biasanya dijual secara terpisah. Dalam daftar rekomendasi ini, Anda juga akan menemukan lensa fisheye pilihan kami.

Lensa makro untuk mengambil foto makanan

Lensa makro untuk mengambil foto makanan
Lensa jenis ini memungkinkan Anda untuk memotret secara close up. Kadang lensa ini disebut juga sebagai lensa mikroskop karena hasil fotonya sangat detail sehingga terlihat seolah Anda melihat objek menggunakan mikroskop.
Anda bisa menggunakan lensa ini untuk fokus pada objek foto bahkan pada jarak sedekat beberapa sentimeter sehingga akan terlihat semakin dinamis. Anda juga bisa menggunakan lensa ini untuk memotret makanan. Lensa ini akan memberi Anda tampilan objek foto yang sangat mendetail, terlihat lebih cantik, dan membuat hasil foto makanan tersebut terlihat semakin enak.

Pilih berdasarkan cara pemasangan lensa

Pilih berdasarkan cara pemasangan lensa
Kebanyakan lensa tambahan untuk smartphone berjenis clip on. Jenis ini sangat nyaman digunakan karena dapat langsung Anda tempelkan ke smartphone tanpa perlu melepas cover smartphone Anda, kecuali bila cover terlalu tebal sehingga tidak muat.
Ada juga jenis yang ditempelkan menggunakan suction cup dan jenis yang menempel langsung pada cover smartphone, tetapi jumlahnya tidak banyak di pasaran.
Untuk jenis clip on, ada tipe clip yang sudah menempel pada satu lensa dan tidak bisa diganti lensa lain. Hal ini tentu membuat Anda lebih nyaman saat mengunakannya. Kelemahannya adalah cukup merepotkan saat Anda harus membawa berbagai jenis lensa saat bepergian. Memang, ada juga jenis clip yang cocok digunakan untuk semua lensa, tetapi tentu akan cukup mengganggu saat Anda harus menukar lensa berulang kali saat ingin memakainya.

Perhatikan ada tidaknya efek vignetting yang ditimbulkan

Perhatikan ada tidaknya efek vignetting yang ditimbulkan
Vignetting adalah kondisi munculnya area hitam di sudut foto yang muncul akibat pantulan lensa itu sendiri atau penutupnya. Vignetting mudah muncul terutama pada lensa yang memiliki sudut pengambilan foto luas, misalnya lensa wide angle dan fisheye.
Belakangan ini, banyak smartphone yang mampu memotret dengan wide angle dan tetap memunculkan vignetting. Ketahui penempatan lensa yang tepat dan jangan melakukan zoom terlalu banyak karena diameter lensa akan membesar dan vignetting pun bisa saja tampak semakin jelas.
Meski begitu, munculnya gejala vignetting tetap tergantung pada masing-masing smartphone. Anda juga bisa mengecek review-nya terlebih dahulu.

Perhatikan juga isi set dan bandingkan harganya

Perhatikan juga isi set dan bandingkan harganya
Ketika memilih lensa tambahan untuk smartphone, Anda juga perlu mengecek adanya aksesori atau item tambahan lain yang mungkin Anda peroleh. Bisa saja produk yang Anda pilih dilengkapi dengan kain pembersih lensa, tas penyimpanan lensa, penutup lensa, atau berbagai benda lainnya. Tentu akan semakin ekonomis bila produk pilihan Anda sudah satu paket dengan barang-barang tersebut.
Selain itu, luasnya rentang harga berbagai produk lensa tambahan untuk smartphone bisa saja membuat Anda bingung. Produk dengan harga mahal tentu mampu memberi Anda performa yang memuaskan, tetapi bisa saja harganya terasa sulit dijangkau. Di satu sisi, bila Anda memilih produk dengan harga terlalu murah, bisa saja kualitasnya tidak memuaskan.
Seandainya Anda berencana menggunakan smartphone dalam jangka waktu cukup lama, Anda bisa membeli set lensa. Dalam set tersebut, Anda akan menemukan berbagai jenis lensa yang bisa Anda gunakan untuk berbagai kebutuhan.

10 Rekomendasi lensa tambahan terbaik untuk smartphone

Nah, sekarang saatnya kami memberikan rekomendasi lensa tambahan terbaik untuk Anda. Pilihlah berdasarkan kebutuhan fotografi Anda dan kemudahan pemakaiannya!

10. Telezoom Telescope Mobile Phone

Rp 85.000,00

Tipe lensaTelescope
KompatibilitasTidak disebutkan
Cara pemasanganClip on
AksesoriTripod mini, smartphone holder

9. Pickogen Telephoto Lens

Rp 183.400,00

Tipe lensaTelescope
KompatibilitasUniversal
Cara pemasanganClip on
AksesoriPenutup lensa, kantong lensa

8. Polaroid Super Fisheye Lens CF238

Rp 135.000,00

Tipe lensaFisheye
KompatibilitasUniversal
Cara pemasanganClip on
AksesoriCleaning cloth, penutup lensa, kantong lensa

7. Aukey Optic Pro Wide Angle Lens PL-WD01

Rp 344.000,00

Tipe lensaWide angle
KompatibilitasUniversal
Cara pemasanganClip on
AksesoriCleaning cloth, kantong lensa

6. Apexel Super Macro Lens

Rp 365.000,00

Tipe lensaMakro
KompatibilitasUniversal
Cara pemasanganClip on
AksesoriLens hood, cleaning cloth, pouch

5. Lieqi 3 IN 1 Universal Clip Lens with EVA Bag LQ-035

Rp 177.000,00

Tipe lensaMakro dan wide angle
KompatibilitasUniversal
Cara pemasanganClip on
AksesoriLED flashlight, USB cable, microfiber bag, cleaning cloth

4. Polaroid 3 in 1 Camera Lens CL3

Rp 74.000,00

Tipe lensaMakro, fisheye, dan wide angle
KompatibilitasUniversal
Cara pemasanganClip on
AksesoriTutup lensa, cleaning cloth, kantong lensa

3. Zuncle Macro Lens

Rp 232.000,00

Tipe lensaMakro
KompatibilitasUniversal
Cara pemasanganClip on
AksesoriX

2. Apexel Wide Angle & CPL Lens Kit APL-16MMH

Rp 553.000,00

Tipe lensaWide angle
KompatibilitasUniversal
Cara pemasanganClip on
AksesoriLens cap, cleaning cloth, user manual, CPL lens

1. Aukey Optic 3-in-1 Smartphone Lens Set PL-A1

Rp 189.000,00

Tipe lensaWide angle, fisheye, makro
KompatibilitasUniversal
Cara pemasanganClip on
AksesoriPouch, cleaning cloth, manual user

Kesimpulan

Kami sudah memberikan penjelasan kami dalam memilih lensa tambahan untuk smartphone, bagaimana menurut Anda? Ketika memilih lensa single, biasanya Anda akan mendapatkan kualitas yang lebih bagus daripada saat memilih lensa kit berkualitas standar.
Namun, jika Anda menyukai kepraktisan, pilihlah lensa kit. Sebaliknya, bila Anda menginginkan hasil foto lebih berkualitas layaknya seorang profesional, belilah jenis single lens. Hal terpenting adalah memilih lensa yang dapat membuat Anda semakin menikmati fotografi.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Pen Tablet Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Pen Tablet Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Pen tablet yang biasa digunakan untuk menggambar ilustrasi di komputer, kini hadir dengan berbagai merek, seperti Wacom, XP-PEN, dan HUION. Dengan harga dan fungsi yang bervariasi, barangkali akan membuat Anda kebingungan dalam memilih produk yang sesuai.Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih pen tablet serta merekomendasikan produk terbaik, mulai dari untuk pemula hingga profesional. Seperti apakah pen tablet idaman Anda? Barangkali salah satunya ada dalam ulasan di bawah ini.
    Smartphones & handphones
    22.892 Views
  • 10 Rekomendasi Tablet Android Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Tablet Android Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Ukuran tablet Android yang lebih besar daripada smartphone memberikan kenyamanan saat Anda menonton atau membaca e-book. Namun, Anda perlu mempertimbangkan pemilihan tablet Android berdasarkan CPU, memori, frekuensi clock, dan lain sebagainya. Hal ini bisa menyulitkan bagi sebagian pengguna.Agar tidak bingung saat memilih tablet Android, Anda dapat membaca artikel ini. Kami akan menjabarkan poin penting cara memilih tablet Android. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi tablet Android yang bagus dari berbagai produsen, seperti Lenovo, Samsung, Teclast, HUAWEI, dan Chuwi. Selamat membaca!
    Smartphones & handphones
    19.895 Views
  • 10 Rekomendasi Stylus Pen Terbaik untuk Tablet dan Smartphone (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Stylus Pen Terbaik untuk Tablet dan Smartphone (Terbaru Tahun 2020)
    Rutinitas di zaman sekarang yang sebagian besar menggunakan smartphone atau tablet, terkadang menuntut kecepatan dan ketepatan. Untuk meminimalkan terjadinya kesalahan, maka model smartphone dengan layar lebar yang dilengkapi dengan stylus pen akan memudahkan penggunanya dalam menjalankan beragam aplikasi.Saat ini sudah banyak beredar produk stylus pen dalam berbagai model, kegunaan, dan harga. Ada yang kompatibel dengan iPhone, iPod, Android, dan lainnya, atau bahkan ada juga stylus pen yang dibuat khusus untuk menggambar. Kali ini kami akan membahas poin-poin penting yang perlu diperhatikan dalam memilih stylus pen yang sesuai dengan kebutuhan Anda kemudian merekomendasikan beberapa stylus pen terbaik. Semoga bermanfaat!
    Smartphones & handphones
    18.511 Views
  • 10 Rekomendasi Kabel Data Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Kabel Data Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Kabel data biasanya digunakan untuk mengisi baterai dan memindahkan data dari iPhone atau iPad ke perangkat lain. Selain kabel data asli keluaran Apple, banyak pula produk yang diluncurkan oleh produsen seperti Anchor, Logitech, Amazon Basic, yang memiliki desain, ukuran, dan harga yang bervariasi.Kali ini kami akan memberikan poin penting yang perlu diperhatikan dalam memilih kabel data yang baik. Selain itu kami juga akan memberikan 10 rekomendasi kabel data terbaik yang mudah dipesan secara online!
    Smartphones & handphones
    25.383 Views
  • 10 Rekomendasi Tablet Windows Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Tablet Windows Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Tablet Windows memiliki ukuran yang lebih besar dari smartphone dan dapat dioperasikan dengan touch panel. Sistem operasinya menggunakan Windows, dengan berbagai macam fitur seperti keyboard yang dapat dilepas, fitur anti air, memiliki berbagai macam aplikasi Office dan touch pen.Karena itu kali ini, kami akan merekomendasikan produk terbaru tablet Windows, termasuk yang sudah menggunakan sistem operasi Windows 10. Temukan tablet Windows yang cocok untuk Anda!
    Smartphones & handphones
    16.808 Views
  • 10 Rekomendasi Smartphone Terbaik dengan Harga 3 Jutaan Rupiah (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Smartphone Terbaik dengan Harga 3 Jutaan Rupiah (Terbaru Tahun 2020)
    Smartphone bukan lagi barang yang sangat mewah karena sudah hampir setiap orang memilikinya. Para produsen pun mulai merambah produksi smartphone dengan harga yang lebih ramah di kantong. Jika Anda tertarik, smartphone dengan kisaran harga 3 jutaan rupiah dapat Anda pilih.Agar tidak salah memilih smartphone dengan harga 3 jutaan, simaklah tips dari kami dalam artikel ini. Kami juga akan memberikan berbagai rekomendasi smartphone terbaik yang harganya 3 jutaan, seperti Realme, Xiaomi, sampai Samsung. Tunggu apa lagi? Lanjutkan terus membaca artikel ini, ya!
    Smartphones & handphones
    60 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori