• 10 Rekomendasi Lensa Tambahan Terbaik untuk Smartphone (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Lensa Tambahan Terbaik untuk Smartphone (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Lensa Tambahan Terbaik untuk Smartphone (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Lensa Tambahan Terbaik untuk Smartphone (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Lensa Tambahan Terbaik untuk Smartphone (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Lensa Tambahan Terbaik untuk Smartphone (Terbaru Tahun 2022)

Fitur kamera pada HP atau smartphone terus berkembang hingga sekarang. Meskipun begitu, Anda masih bisa meningkatkan kualitas foto menggunakan lensa tambahan. Ada banyak jenis lensa tambahan HP, mulai dari lensa wide angle, lensa telescope, hingga lensa makro. Setiap jenis tentu memiliki keistimewaan tersendiri.

Kali ini, kami akan memberikan sepuluh rekomendasi lensa HP terbaik dengan membandingkan performa, harga, serta ulasan produknya. Anda akan menemukan lensa kamera HP terbaik merek Apexel, Sony, Ulanzi, dan sebagainya. Menarik bukan, jika bisa menikmati fotografi menggunakan lensa kamera HP yang bagus dan berkualitas pada smartphone Anda?

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 27 Juni 2022
Daftar isi

Tabel perbandingan produk lensa tambahan terbaik untuk smartphone

Gambar produk
1
Lensbong Macro Prosummer 25mm 1

Lensbong

2
Miniso 3 in 1 Cellphone Lens 1

Miniso

3
Sony DSC-QX10 Lens-Style 1

Sony

4
Nikula 10-300x40mm Telescope Portable Night Vision 1

Nikula

5
Pickogen Universal 36x Zoom Telescopic Lens 1

Pickogen

6
Zomei Filter Kit Gradual ND M4 1

Zomei

7
Smartphone Lens 10 in 1 with Telescope Kit 1

8
Suncore Monocular Outdoor Magnification 1

Suncore

9
Ulanzi 1.33X Anamorphic Lens 1

Ulanzi

10
Apexel HD Smartphone Lens 1

Apexel

Nama produk

Macro Prosummer 25mm

3 in 1 Cellphone Lens

DSC-QX10 Lens-Style

10-300x40mm Telescope Portable Night Vision

Universal 36x Zoom Telescopic Lens

Filter Kit Gradual ND M4

Smartphone Lens 10 in 1 with Telescope Kit

Monocular Outdoor Magnification

1.33X Anamorphic Lens

HD Smartphone Lens

Keunggulan

Menangkap objek kecil dengan lebih detail dan tajam

Bidik lebih banyak momen dengan lensa 3 in 1

Memotret dengan cahaya rendah tak lagi masalah

Modal ponsel dan lensa ini, dapatkan foto berkualitas

Kemampuan zoom hingga 36 kali, memotret jarak jauh jadi lebih mudah

Hasilkan efek warna yang lebih dramatis tanpa diedit

Paket lengkap dengan harga bersahabat

Bebas berfoto outdoor meski terkena cipratan air

Gambar lebih sinematik dengan lensa anamorphic

Sudut lensa lebar 170° dengan efek cembung untuk foto antimainstream

Harga mulai dariRp 182.000,00Rp 52.000,00Rp 1.519.000,00Rp 205.000,00Rp 445.000,00Rp 210.000,00Rp 119.000,00Rp 65.400,00Rp 468.000,00Rp 154.628,00
Tipe lensaMakroFisheye, wide angle, makroStandarTelescopeTelescopeFilter warnaMakro, telescope, fisheyeTelescopeAnamorphicWide angle
KompatibilitasUniversalUniversalUniversalUniversalUniversalUniversalUniversalUniversalUniversalUniversal
Tipe penyematClip onClip onBracketClip onClip onClip onClip onClip onClip onClip on
Isi setLensa, clip on, pouchLensa, clip onLensaLensa monocular, holder, tripod mini, tali lanyardLensa, tripod mini, wireless remote shutter, pouchLensa filter warna (gradual blue, orange, grey, dan red), clip onMacro lens, telephoto lens, fisheye lens, tongkat selfie, bluetooth remote shutter, mini tripod, holder, clip on, pouchLensa, kain pembersih, pouchLensa, clip on, cleaning cloth, metal caseLensa, clip on, kain pembersih, silicone case
Tautan produk

Cara memilih lensa tambahan untuk smartphone

Pertama, kami akan menjelaskan terlebih dahulu poin penting yang perlu diperhatikan saat memilih lensa tambahan untuk smartphone. Silakan disimak agar Anda dapat menemukan produk terbaik!

Sesuaikan jenis lensa dengan hasil foto yang Anda inginkan

Anda bisa menggunakan lensa tambahan pada smartphone untuk memperoleh berbagai hasil foto. Berikut ini akan kami jelaskan secara mendetail jenis-jenis lensanya. Simak setiap poinnya dengan saksama, ya!

Lensa wide angle, untuk foto grup atau selfie

Lensa wide angle, untuk foto grup atau selfie

Lensa wide angle disarankan jika Anda senang mengambil gambar selfie atau groupfie. Lensa ini mampu mengambil gambar dengan area yang lebih luas. Karena itu, lensa ini juga cocok digunakan untuk memotret lanskap yang luas seperti laut maupun pegunungan. 


Saat memilih lensa wide angle, perhatikan kemampuan pembesarannya. Umumnya, lensa wide angle mampu mengambil gambar hingga ukuran 0,4–0,6 kali lipat lebih lebar. Makin rendah angkanya, makin luas area jangkauannya. Untuk Anda yang ingin mengambil gambar dengan sudut lebih luas, pilihlah kemampuan pembesaran yang rendah, ya! 

Lensa telescope, membidik objek jarak jauh jadi mudah

Lensa telescope, membidik objek jarak jauh jadi mudah

Lensa telescope direkomendasikan bagi Anda yang menyukai telefoto, yaitu memotret subjek dari jarak jauh. Tergantung dengan jenis lensanya, Anda dapat melakukan zoom pada suatu objek sekitar delapan hingga delapan belas kali. Karena itu, lensa ini sangat berguna untuk memotret pemandangan, live show, dan binatang seperti ikan maupun burung. 


Lensa ini membantu Anda memotret di saat Anda tidak dapat membidik dekat dengan subjeknya. Kamera smartphone sekarang ini memang dilengkapi dengan kemampuan zoom yang tak kalah hebat. Namun, resolusinya sering kali pecah jika terlalu di-zoom. Hasil foto pun jadi buram dan tidak menarik. 


Hal ini tak akan terjadi jika Anda menggunakan lensa telescope! Anda dapat mengambil gambar dengan zoom tanpa harus mengorbankan kualitasnya. Lensa ini berguna untuk memotret di acara khusus seperti pernikahan.

Lensa makro, untuk memotret detail gambar

Lensa makro, untuk memotret detail gambar

Lensa makro direkomendasikan bagi Anda yang ingin menangkap detail subjek dengan baik. Anda dapat membidik objek dengan fokus yang mengagumkan, bahkan dari jarak hanya beberapa sentimeter saja! Contohnya, Anda bisa mengambil foto bunga dengan detail yang mengagumkan. Anda dapat melihat putik hingga pola pada kelopak dengan sangat jelas.


Lensa makro juga cocok untuk memotret makanan. Berkat lensa ini, foto Anda dapat memuat tekstur makanan dengan detail yang menggugah selera. Para foodie sejati yang hobi mengunggah foto ke socmed wajib memiliki lensa yang satu ini!

Lensa fisheye, berikan efek unik yang menarik

Lensa fisheye, berikan efek unik yang menarik

Untuk Anda yang menginginkan hasil foto yang unik, pilihlah lensa fisheye. Sudut pandang 180 derajat akan diproyeksikan dalam satu potret foto dengan perspektif setengah lingkaran. Hasilnya adalah gambar dengan efek menarik!


Lensa ini juga pas jika Anda ingin mengambil gambar close-up hewan peliharaan Anda. Lensa fisheye membuat gambar yang melingkari wajah subjek sehingga objek foto akan tampak lebih imut.

Pilih yang tidak menghasilkan efek blur dan vignette

Pilih yang tidak menghasilkan efek blur dan vignette

Penting sekali memilih lensa yang mampu menghasilkan gambar dengan jelas, tanpa efek blur maupun vignette. Efek vignette adalah bayangan gelap yang muncul di bagian sudut gambar akibat pantulan lensa smartphone. Sementara itu, efek blur adalah kondisi ketika latar maupun tepi foto tampak buram maupun berubah bentuk secara radial. 


Kedua efek ini sering terjadi ketika menggunakan lensa yang menangkap banyak objek, seperti wide angle dan fisheye. Meskipun begitu, efek ini bisa dikurangi jika lensa memiliki diameter bukaan yang lebar.

Pastikan lensa nyaman digunakan

Pastikan lensa nyaman digunakan

Pastikan Anda mengecek kemampuan lensa untuk dipasangkan ke smartphone dengan kuat. Kami menyarankan lensa jenis clip-on dengan tatakan rubber pad. Dengan begitu, lensa dapat menempel dengan kuat pada smartphone Anda. Coba bayangkan jika penyematnya longgar, posisi lensa dapat bergeser karena bobotnya sendiri. Ketika lensa bergeser, hasil foto yang didapatkan tentunya menjadi kurang baik. 


Selain itu, penting sekali memilih lensa telescope jenis clip-on yang memiliki stopper. Karena lensa jenis ini lebih berat dari produk lainnya, lensa mudah bergeser jika tidak sengaja tersentuh. Dengan keberadaan stopper, lebar bukaan clip-on akan lebih terkontrol sehingga lensa tidak akan mudah bergeser.

Pilih set yang sesuai dengan kondisi dan tujuan penggunaan Anda

Sebaiknya, Anda memilih set dengan produk tambahan yang sesuai dengan kondisi dan tujuan penggunaan Anda. Kami akan membahas berbagai aksesori tambahan yang direkomendasikan untuk membantu Anda mengambil foto dengan lebih baik. 

Lampu LED, untuk selfie yang lebih baik

Lampu LED, untuk selfie yang lebih baik

Untuk selfie yang lebih indah, kami menyarankan paket lensa yang dilengkapi dengan lampu LED. Lampu ini berfungsi untuk mencerahkan seluruh wajah dan menambah highlight pada area mata. Anda bisa menggunakan lampu LED dan ber-selfie dengan aplikasi khusus di smartphone untuk hasil lebih sempurna. Produk ini pas digunakan bagi Anda yang suka dengan selfie!


Bila Anda mencari ring light ponsel untuk selfie ataupun merekam video, kami juga sudah membuat ulasannya, lho! Yuk, cek langsung artikelnya pada tautan di bawah ini.

Remote control dan tripod, nyaman untuk groupfie

Remote control dan tripod, nyaman untuk groupfie

Jika Anda ingin berfoto grup dengan banyak orang, akan lebih mudah untuk mengambil gambar dengan seperangkat tripod. Apalagi, jika tripod tersebut memiliki remote shutter yang dapat dihubungkan dengan smartphone melalui Bluetooth. 


Saat sedang berwisata, Anda dapat dengan mudah melakukan groupfie bersama seluruh anggota grup. Dengan tripod dan remote shutter, tidak akan ada orang yang tertinggal dari foto karena harus mengambil gambar.


Nah, pada artikel di bawah ini, kami sudah mengulas rekomendasi remote shutter yang bisa digunakan untuk smartphone. Cek juga, yuk! Siapa tahu produk ini sedang Anda butuhkan.

10 Rekomendasi lensa tambahan terbaik untuk smartphone

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk lensa tambahan terbaik untuk smartphone yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10

ApexelHD Smartphone Lens

APL-HB170

Mulai dari Rp 154.628,00

Tipe lensaWide angle
KompatibilitasUniversal
Tipe penyematClip on
Isi setLensa, clip on, kain pembersih, silicone case
9
Tipe lensaAnamorphic
KompatibilitasUniversal
Tipe penyematClip on
Isi setLensa, clip on, cleaning cloth, metal case
8

SuncoreMonocular Outdoor Magnification

Mulai dari Rp 65.400,00

Tipe lensaTelescope
KompatibilitasUniversal
Tipe penyematClip on
Isi setLensa, kain pembersih, pouch
7

Smartphone Lens 10 in 1 with Telescope Kit

Mulai dari Rp 119.000,00

Tipe lensaMakro, telescope, fisheye
KompatibilitasUniversal
Tipe penyematClip on
Isi setMacro lens, telephoto lens, fisheye lens, tongkat selfie, bluetooth remote shutter, mini tripod, holder, clip on, pouch
6
Tipe lensaFilter warna
KompatibilitasUniversal
Tipe penyematClip on
Isi setLensa filter warna (gradual blue, orange, grey, dan red), clip on
5

PickogenUniversal 36x Zoom Telescopic Lens

Mulai dari Rp 445.000,00

Tipe lensaTelescope
KompatibilitasUniversal
Tipe penyematClip on
Isi setLensa, tripod mini, wireless remote shutter, pouch
4

Nikula10-300x40mm Telescope Portable Night Vision

Mulai dari Rp 205.000,00

Tipe lensaTelescope
KompatibilitasUniversal
Tipe penyematClip on
Isi setLensa monocular, holder, tripod mini, tali lanyard
3
Tipe lensaStandar
KompatibilitasUniversal
Tipe penyematBracket
Isi setLensa
2

Miniso3 in 1 Cellphone Lens

Mulai dari Rp 52.000,00

Tipe lensaFisheye, wide angle, makro
KompatibilitasUniversal
Tipe penyematClip on
Isi setLensa, clip on
1
Tipe lensaMakro
KompatibilitasUniversal
Tipe penyematClip on
Isi setLensa, clip on, pouch

Baca juga rekomendasi produk aksesori smartphone lainnya di sini!

Selain lensa tambahan, masih banyak lagi aksesori lainnya yang dapat membantu Anda mengoptimalkan fungsi smartphone. Banyaknya tipe dan model aksesori yang ada mungkin membuat Anda kesulitan memilih produk yang sesuai. Untuk memudahkan Anda memilih, kami telah merangkumnya dalam artikel-artikel berikut ini. Silahkan klik link di bawah ini untuk membaca artikel selanjutnya!

Kesimpulan

Kami sudah memberikan penjelasan dalam memilih lensa tambahan untuk smartphone. Apakah ada yang menarik hati Anda? Terkadang, lensa single memiliki kualitas yang lebih baik ketimbang lens kit.


Namun, jika Anda menyukai kepraktisan, pilihlah lens kit. Intinya adalah memilih lensa tambahan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Lensa yang baik dapat meningkatkan hasil foto dan membuat Anda semakin menikmati fotografi. Karena itu, pilihlah yang paling sesuai, ya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Power Bank Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Power Bank Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Power bank merupakan baterai portabel yang berfungsi mengisi daya smartphone tanpa memerlukan stopkontak. Dengan menggunakan power bank, Anda dapat menonton video dan bermain game saat bepergian. Power bank merk Xiaomi, Samsung, Anker, dan lainnya menawarkan spesifikasi yang berbeda-beda. Hal tersebut membuat harga power bank menjadi variatif.Kali ini, kami akan membahas cara memilih power bank. Kami juga akan memberikan rekomendasi power bank yang bagus, berkualitas terbaik, dan dijual secara online. Power bank MOFIT, BASIKE, power bank 10.000 mAh, bahkan 50.000 mAh bisa Anda temukan. Selamat membaca!
    Aksesori handphone & tablet
  • 10 Rekomendasi In-Ear Headphone Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi In-Ear Headphone Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    In-ear headphone atau earphone adalah perangkat audio yang praktis Anda bawa ke mana saja. Ada beragam model dan spesifikasi in-ear headphone yang tersedia di pasaran. Anda bisa memilih wired earphone, earphone Bluetooth, sampai TWS. Harganya pun beragam, mulai dari yang 50 ribu-an sampai jutaan rupiah.Kami akan merekomendasikan beragam produk in-ear headphone terbaik untuk Anda. JBL, Audio Technica, dbE, dan Sennheiser adalah beberapa merek earphone yang bagus. Agar Anda tidak bingung memilih produknya, simak dahulu tips dari kami kali ini. Langsung saja simak artikel ini sampai habis, ya!
    Aksesori handphone & tablet
  • 10 Rekomendasi Wireless Earbuds Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Wireless Earbuds Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Setelah headphones dan earphones, sekarang muncul wireless earbuds atau TWS. Wireless earbuds adalah perangkat audio tanpa kabel yang memungkinkan Anda untuk bergerak leluasa saat memakainya. Berbagai merek, seperti Bose, Sony, JBL, Samsung, Rexus, Jabra, Apple, sampai Xiaomi, berlomba-lomba meluncurkan wireless earbuds terbaiknya.Banyaknya merek yang bersaing mungkin membuat Anda kesulitan memilih produk yang cocok untuk digunakan. Tak perlu bingung karena kami akan memberikan tips memilih wireless earbuds yang bagus. Temukan beragam wireless earbuds no delay terbaik yang dijual dengan harga murah, tetapi tetap bagus kualitasnya. Selamat membaca!
    Aksesori handphone & tablet
  • 10 Earphone Bluetooth Terbaik - Ditinjau oleh Audio Enthusiast (Terbaru Tahun 2022)
    10 Earphone Bluetooth Terbaik - Ditinjau oleh Audio Enthusiast (Terbaru Tahun 2022)
    Earphone Bluetooth membuat Anda bisa mendengarkan musik secara nyaman dan lebih bebas tanpa adanya kabel yang mengganggu. Earphone Bluetooth ada yang berupa TWS dan ada yang masih menggunakan kabel penghubung ear piece. Banyaknya produk earphone Bluetooth di pasaran mungkin membuat Anda bingung.Kali ini kami akan mengulas cara memilih earphone Bluetooth yang bagus. Kami juga akan merekomendasikan sepuluh produk terbaik, mulai dari merek Apple, Samsung, JBL, hingga SoundPEATS. Artikel ini sudah ditinjau oleh audio enthusiast kami, Joshua Pandu. Simak artikel ini hingga tuntas!
    Aksesori handphone & tablet
  • 10 Rekomendasi External Memory Terbaik untuk iPhone (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi External Memory Terbaik untuk iPhone (Terbaru Tahun 2022)
    Sama seperti Android, iPhone merupakan jenis smartphone yang populer. Namun, berbeda dengan Android, iPhone tidak memiliki slot microSD untuk menambah kapasitas penyimpanan. Dengan begitu, Anda membutuhkan perangkat tambahan seperti external memory jika ingin menyimpan banyak file. Ada berbagai merek external memory untuk iPhone yang bisa Anda temukan di pasaran dengan karakteristik dan keunggulannya masing-masing. Jadi, kami akan mengulas hal-hal yang harus diperhatikan sebelum memilih external memory yang bagus untuk iPhone Anda. Kami juga memberikan beberapa rekomendasi produk misalnya merek SanDisk, iKlips, dan lainnya. Selamat membaca!
    Aksesori handphone & tablet
  • 10 Rekomendasi Tempered Glass (Kaca Anti Gores) Terbaik untuk iPhone (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Tempered Glass (Kaca Anti Gores) Terbaik untuk iPhone (Terbaru Tahun 2022)
    Tempered glass atau kaca antigores merupakan pelindung layar handphone yang terbuat dari kaca. Fungsinya untuk melindungi layar handphone agar tidak tergores ataupun pecah. Saat handphone tidak sengaja terjatuh, biasanya bagian yang retak adalah tempered glass yang menempel di layar handphone.Kami kali ini akan membahas tentang tempered glass khusus iPhone. Ada beberapa jenis tempered glass yang bagus dari merek Spigen, Otterbox, Nillkin, dan Mocolo. Kami akan memberikan tips memilih tempered glass terbaik agar Anda tidak salah pilih. Yuk, langsung saja simak artikel ini!
    Aksesori handphone & tablet
  • 10 Speaker Portable Terbaik - Ditinjau oleh Audio Enthusiast (Terbaru Tahun 2022)
    10 Speaker Portable Terbaik - Ditinjau oleh Audio Enthusiast (Terbaru Tahun 2022)
    Portable speaker adalah aksesori wajib bagi penikmat musik yang nyaman dibawa ke mana pun. Ketika mencari speaker portable, Anda akan dibanjiri banyak pilihan produk dengan berbagai merek dan tipe. Anda dapat menjumpai Bluetooth speaker dengan banyak fitur tambahan ataupun sound system portable yang dilengkapi microphone.Kali ini kami hadir untuk membantu Anda memilih speaker portable yang bagus. Di sini, kami telah merangkum beragam tips memilih speaker. Kami juga mengulas beragam merek speaker, seperti SONY, JBL, dan Bose. Artikel ini sudah ditinjau oleh audio enthusiast kami, Joshua Pandu. Simaklah sampai akhir!
    Aksesori handphone & tablet
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori