1. TOP
  2. >
  3. Kesehatan
  4. >
  5. Alat medis
  6. >
  7. 10 Korset Punggung Terbaik - Ditinjau oleh Physiotherapist (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Korset Punggung Terbaik - Ditinjau oleh Physiotherapist (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Korset Punggung Terbaik - Ditinjau oleh Physiotherapist (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Korset Punggung Terbaik - Ditinjau oleh Physiotherapist (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Korset Punggung Terbaik - Ditinjau oleh Physiotherapist (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Korset Punggung Terbaik - Ditinjau oleh Physiotherapist (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Korset Punggung Terbaik - Ditinjau oleh Physiotherapist (Terbaru Tahun 2023)

Apakah Anda sering menggunakan komputer atau smartphone berjam-jam setiap hari? Jika ya, berhati-hatilah karena Anda bisa mengalami sakit punggung dan badan bungkuk akibat postur tubuh yang salah. Namun, tidak perlu panik, korset atau penyangga punggung hadir untuk mengatasi permasalahan tersebut!


Merek korset punggung yang umum dijumpai adalah Oppo, Dr Med, dan Jeido. Kami akan membandingkan beberapa korset punggung dan menjelaskan tips memilih produk korset punggung yang bagus. Ada juga komentar dari ahli injury and rehabilitation kami, Dr. Andy Widjaja, DPT. Dapatkan postur tubuh yang benar dengan korset punggung terbaik!

Diperbaharui 01-31-2023
Pakar
Injury and rehabilitation specialist
Dr. Andy Widjaja

Physiotherapist ini mendapatkan gelar Doctor of Physiotherapy (DPT) di Australia. Sebagai injury and rehabilitation specialist, dr. Andy menangani segala macam kondisi dan masalah yang berhubungan dengan pergerakan manusia. Strength and performance coach ini juga aktif melatih orang-orang yang ingin bertambah kuat dan ingin meningkatkan kapasitas gerak mereka. Di waktu luangnya, ia aktif memberikan informasi dan mengedukasi masyarakat tentang exercise, injury, dan rehabilitasi melalui akun Instagram-nya yaitu @theindophysio.

Profil Dr. Andy Widjaja
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Cara memilih dalam artikel ini sudah ditinjau oleh pakar.
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan popularitasnya di marketplace pada 13 Januari 2023 dan bukan dari pakar.

Manfaat penggunaan korset punggung

Manfaat penggunaan korset punggung

Korset punggung adalah produk yang dirancang sebagai alat pendukung kesehatan. Oleh karena itu, penggunaannya tidak dimaksudkan untuk mengobati penyakit tertentu. Akan tetapi, korset punggung dapat digunakan untuk mempertahankan postur punggung dan bahu yang tegap. Hal ini sangat bermanfaat bagi Anda yang ingin memperbaiki postur dan yang sering pegal-pegal punggungnya ketika duduk.


Ketahui bahwa postur tubuh yang bungkuk bukan hanya memengaruhi penampilan, tetapi juga memengaruhi fungsi dan kerja tubuh. Postur yang bungkuk akan meningkatkan risiko cedera dan pegal-pegal pada bahu, punggung, dan bahkan leher Anda.


Untuk diperhatikan, gunakan korset yang tidak terlalu ketat agar nyaman dipakai. Alih-alih memperbaiki postur tubuh, korset yang terlalu ketat justru dapat menghambat peredaran darah. Sebaiknya pilih ukuran yang pas dengan tubuh, lalu sesuaikan secara bertahap tingkat kekuatan topangan dengan kebutuhan Anda.

Dr. Andy Widjaja
Injury and rehabilitation specialist
Dr. Andy Widjaja

Postur yang bungkuk biasanya disebabkan oleh dua hal utama. 

  1. Adanya ketidakseimbangan pada otot-otot di punggung atau bahu Anda
  2. Kebiasaan dan lifestyle Anda dalam sehari-hari

Untuk mengubah postur, Anda harus menargetkan kedua hal tersebut. Anda harus melatih otot-otot yang menarik punggung dan bahu ke posisi yang tegap (otot rhomboid dan rotator cuff). Selain itu, Anda harus mengubah kebiasaan duduk dan bergerak dalam kehidupan sehari-hari.


Korset punggung bermanfaat untuk mengubah kebiasaan duduk dan bergerak sehingga Anda bisa menjaga postur yang tegap dalam aktivitas sehari-hari. Selain untuk menjaga postur tubuh, korset juga bertujuan sebagai "pengingat". Ketika posisi Anda mulai bungkuk, korset akan tertarik dan akan mengingatkan Anda untuk tetap tegap.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih korset punggung

Setidaknya ada empat hal yang perlu diperhatikan sebelum Anda memutuskan untuk membeli korset punggung. Simak penjelasannya di bawah ini! 

① Pastikan produk sesuai dengan postur tubuh

Pastikan produk sesuai dengan postur tubuh

Postur tubuh Anda mungkin belum terbiasa dengan posisi tubuh yang semestinya saat baru mulai memakai korset punggung. Untuk kondisi ini sebaiknya gunakan korset yang daya koreksinya tidak terlalu kuat.


Hal ini penting karena memperbaiki postur tubuh dengan korset punggung tidak bisa dilakukan dalam waktu singkat. Apabila Anda memilih korset yang terlalu kuat, Anda bisa saja menyerah akibat rasa sakit dan stres. Jadi, untuk permulaan, pilihlah korset yang tidak terlalu kuat atau mudah diatur daya koreksinya.


Namun, jika menginginkan postur tubuh lebih indah untuk meningkatkan penampilan, korset berdaya koreksi kuat lebih disarankan. Anda juga dapat menggunakan korset punggung yang dibuat khusus untuk mendukung postur tubuh saat berolahraga. Silakan pilih yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Dr. Andy Widjaja
Injury and rehabilitation specialist
Dr. Andy Widjaja

Ketika Anda baru mulai memakai korset punggung, janganlah langsung mengenakan korset dengan daya koreksi yang sangat kencang. Jika terlalu kencang dan terlalu "mengoreksi", terkadang badan Anda bisa kaget dan malah menyebabkan pegal-pegal dan rasa tidak nyaman. Tingkatkan kekencangan atau daya koreksi dari korsetnya pelan-pelan hingga Anda mencapai postur yang diinginkan.

② Cari produk dengan rentang penggunaan yang luas

Cari produk dengan rentang penggunaan yang luas

Bentuk korset punggung bisa berbeda-beda antara satu produk dengan produk lainnya. Beberapa produk dibuat spesifik untuk menopang bagian tubuh tertentu. Misalnya, korset dengan bentuk terbuka di bagian dada untuk menopang bahu dan korset untuk memperbaiki otot bagian belakang.


Penting untuk diketahui, bentuk postur tidak hanya dipengaruhi oleh satu bagian tubuh saja. Jika tidak ada tujuan spesifik, sebaiknya pilih korset yang mendukung beberapa bagian tubuh sekaligus. Anda bisa mencoba korset yang menopang panggul dengan baik sebagai permulaan karena panggul adalah penopang tubuh.

③ Pilih yang mudah dikenakan dan memiliki sabuk lebar

Pilih yang mudah dikenakan dan memiliki sabuk lebar

Agar bersemangat menggunakan korset punggung setiap hari, tentunya Anda perlu memilih produk yang tidak repot untuk dipakai.


Ada beberapa produk yang harus disesuaikan lebih dulu ukurannya sebelum dipasang ke badan. Jika setelah dipasang ternyata ukurannya belum pas, Anda perlu melepasnya lagi untuk menyesuaikan ukuran. Hal ini tentu saja merepotkan. Beberapa produk lain cukup sulit dikenakan sehingga akan menyita waktu dan tenaga saat hendak dipakai. Produk semacam ini juga tidak disarankan.


Selain produk yang mudah dipakai, kami juga merekomendasikan produk dengan sabuk berukuran lebar. Hindari produk dengan sabuk terlalu kecil karena dapat membuat Anda kesakitan ketika sabuk dikencangkan.

Dr. Andy Widjaja
Injury and rehabilitation specialist
Dr. Andy Widjaja

Selain menaikan intensitas tarikannya dengan perlahan, kita juga harus pelan-pelan dalam meningkatkan waktu pemakaian korset. Jika Anda pertama kali memakai korset punggung, janganlah langsung memakainya seharian full. Pakai dulu selama 1–2 jam dan tambahkan waktu pemakaiannya hari demi hari.

④ Sesuaikan dengan ukuran badan

Sesuaikan dengan ukuran badan

Anda dapat memilih korset punggung sesuai dengan tinggi badan atau lingkar pinggang. Namun, sebagian besar produk lebih disarankan untuk dipilih berdasarkan ukuran lingkar pinggang.


Memakai produk dengan ukuran yang salah akan membuat Anda kurang nyaman serta tidak mendapatkan manfaat optimal. Oleh karena itu, Anda perlu mengukur tinggi dan lingkar pinggang dengan benar agar dapat menentukan produk yang sesuai.


Akan lebih baik lagi bila Anda memilih produk dengan sabuk yang bisa disesuaikan panjangnya. Dengan demikian, Anda bisa mengatur panjang sabuk sesuai dengan ukuran lingkar pinggang dan kebutuhan Anda.

10 Rekomendasi korset punggung terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk korset punggung terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Andy Widjaja.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Dr Xie

Alat Terapi Penegak Punggung / Penyangga Tulang Belakang

Dr Xie  Alat Terapi Penegak Punggung / Penyangga Tulang Belakang 1枚目

Berbahan mesh fabric, bebas gatal

2

Oppo Medical

Sacro Lumbar Support

 Oppo Medical Sacro Lumbar Support 1枚目

Berbahan dasar nilon yang mudah dicuci

3

Babaka

U9

Babaka U9 1枚目

Terbuat dari bahan yang lentur dan kuat

4

Oppo Medical

Spinal Brace

Oppo Medical Spinal Brace 1枚目

Membantu menegakkan tubuh yang bungkuk

5

SFIDN Fits

Fits Premium Back Support Posture Corrector

SFIDN Fits Fits Premium Back Support Posture Corrector 1枚目

Mengurangi rasa nyeri akibat saraf terjepit

6

Dr Med

Rigid Lumbar Sacral Orthosis

Dr Med Rigid Lumbar Sacral Orthosis 1枚目

Kombinasi poliester dan poliuretan, nyaman dan ringan

7

Variteks

Posturex (Clavicle) Corset

Variteks Posturex (Clavicle) Corset 1枚目

Ada ukuran XS, sejuk pula di kulit

8

Jeido

Power Back

Jeido  Power Back 1枚目

Katrolnya membuat pinggang enam kali lebih kuat

9

STELA

TLSO Korset Tulang Belakang

STELA TLSO Korset Tulang Belakang 1枚目

Efektif membantu penderita skoliosis ringan

10

NeoMed

Neo Back Smile 6″

NeoMed Neo Back Smile 6″  1枚目

Terdapat bio-ceramic ball, peredaran darah pun lancar, deh!

Perincian produk
Close
No.1

Dr Xie Alat Terapi Penegak Punggung / Penyangga Tulang Belakang

Mulai dari Rp299.000,00

Berbahan mesh fabric, bebas gatal

Kelebihan:

  • Tersedia dalam ukuran XXL

Kekurangan:

  • Hanya tersedia varian warna hitam

Anda yang memiliki kulit sensitif atau mudah gatal bisa mempertimbangkan penyangga punggung terbaru ini. Dibuat menggunakan bahan mesh fabric, produk ini diklaim memiliki sirkulasi udara yang baik serta tidak menimbulkan rasa gatal. Strap-nya bebas diatur sesuai kebutuhan, Anda tidak perlu khawatir korset punggung ini terasa sesak di tubuh.

No.2

Oppo MedicalSacro Lumbar Support2068

Mulai dari Rp420.000,00

Berbahan dasar nilon yang mudah dicuci

Kelebihan:
  • Sudah dilengkapi empat penyangga

Kekurangan:

  • Warnanya terang, lebih mudah terlihat kotor

Korset ini tersedia dalam berbagai ukuran yang bisa disesuaikan dengan tinggi badan dan lingkar pinggang Anda. Walaupun lebih banyak dipakai oleh wanita, korset ini bisa dipakai juga oleh pria. Anda bisa menggunakannya untuk kegiatan sehari-hari tanpa khawatir akan mengganggu penampilan karena korset ini berwarna krem.


Korset ini terbuat dari nilon yang mudah dicuci dan awet walaupun sering digunakan. Jadi, sangat pas untuk Anda yang sering memakainya di berbagai aktivitas sehingga harus dicuci berkala. Alhasil, tulang belakang Anda pun akan lebih  stabil. Selain itu, produk ini juga membantu meluruskan tulang punggung dan bahu, serta memperbaiki postur tubuh Anda.
No.3

Terbuat dari bahan yang lentur dan kuat

Kelebihan:
  • Harganya sangat ekonomis

Kekurangan:

  • Sistem pengunci pinggang masih menggunakan velcro, bukan buckle

Korset punggung ini tersedia dalam berbagai ukuran dan bisa digunakan oleh pria maupun wanita. Produk dengan kualitas premium ini memiliki jangkauan yang luas. Areanya meliputi pundak, punggung, sampai pinggang sehingga mampu memberikan support yang maksimal untuk memperbaiki postur tubuh Anda.


Korset ini berfungsi membetulkan posisi tubuh yang salah dengan menjaga fisiologi kurva ruas tulang belakang agar tetap normal. Selain itu, produk ini juga terbuat dari bahan spandeks plus polyamide dengan teknologi material yang memiliki daya lentur kuat. Cocok untuk Anda yang ingin menggunakannya dalam kegiatan sehari-hari dengan nyaman.
No.4

Oppo MedicalSpinal Brace2166

Mulai dari Rp1.049.000,00

Membantu menegakkan tubuh yang bungkuk

Kelebihan:
  • Sudah dilengkapi enam penyangga

Kekurangan:

  • Dibandingkan produk sejenis, harganya agak tinggi

Produk ini hadir untuk membantu menyangga tulang punggung sampai tulang ekor Anda. Korset ini juga dilengkapi dengan strap tebal hingga ke bahu untuk membantu memosisikan tubuh Anda yang bungkuk kembali normal.


Dengan produk ini, keluhan tubuh bungkuk yang Anda alami pun akan teratasi. Selain itu, produk ini juga dilengkapi dua penyangga logam di bagian belakang untuk menopang punggung Anda dengan optimal. 

No.5

SFIDN FitsFits Premium Back Support Posture Corrector

Mulai dari Rp248.000,00

Mengurangi rasa nyeri akibat saraf terjepit

Kelebihan:
  • Ada lima magnet medis untuk membantu melancarkan sirkulasi darah

Kekurangan:

  • Hanya tersedia dalam ukuran M dan L

Korset ini merupakan salah satu produk dalam negeri yang banyak direkomendasi oleh dokter rehabilitasi medik. Adapun fungsinya untuk mengurangi rasa sakit atau nyeri pada pinggang, lower back pain, atau karena saraf terjepit. Korset ini cukup mudah digunakan dan bahannya pun elastis. Selain itu, desainnya dirancang berdasarkan anatomi tulang manusia sehingga akan terasa nyaman saat digunakan.

No.6

Dr MedRigid Lumbar Sacral OrthosisDR-B033

Mulai dari Rp955.000,00

Kombinasi poliester dan poliuretan, nyaman dan ringan

Kelebihan:

  • Tersedia hingga ukuran 3XL

Kekurangan:

  • Belum dilengkapi strap bahu

Anda mengalami keluhan pada tulang punggung dan ingin mencari korset yang nyaman serta cukup ringan? Inilah produk paling pas untuk Anda. Kombinasi bahan poliester dan poliuretan menjadikan korset punggung ini terasa enak dipakai. Produk ini juga dilengkapi dua sabuk samping dengan dua tali pengikat sehingga mengurangi beban pada tulang belakang.

No.7

VariteksPosturex (Clavicle) CorsetREF 138

Mulai dari Rp605.000,00

Ada ukuran XS, sejuk pula di kulit

Kelebihan:

  • Ekstrak lidah buaya memberikan efek sejuk di kulit

Kekurangan:

  • Hanya tersedia dalam satu varian warna

Bila Anda mencari korset punggung yang tersedia dalam ukuran superkecil hingga ekstra besar, pilihlah produk ini. Menyediakan ukuran XS, korset ini bahkan bisa dipakai anak-anak. Selain itu, ukuran XXL-nya bisa digunakan untuk orang bertubuh besar. Dipadukan dengan ekstrak lidah buaya untuk kesejukan tambahan di kulit, produk ini pun makin nyaman digunakan.

No.8

Katrolnya membuat pinggang enam kali lebih kuat

Kelebihan:
  • Dilengkapi katrol untuk memperkuat pinggang

Kekurangan:

  • Dibandingkan produk rekomendasi sejenis, harganya tergolong tinggi

Korset punggung ini membantu pinggang Anda menjadi lebih kuat serta berfungsi sebagai alat terapi tulang belakang. Di dalam horizontal pressure technology-nya terdapat dua belas katrol pada korset ini. Teknologi ini diklaim mampu membuat pinggang menjadi enam kali lebih kuat. 


Selain itu, produk ini juga sudah dilengkapi dengan bio magnetic yang dapat membantu memperbaiki posisi cincin tulang belakang. Dengan begitu, risiko terjadinya saraf terjepit pun dapat diminimalkan.

No.9

STELATLSO Korset Tulang Belakang

Mulai dari Rp400.000,00

Efektif membantu penderita skoliosis ringan

Kelebihan:

  • Rentang ukuran sangat luas, mencapai 7XL

Kekurangan:

  • Hanya tersedia dalam warna cokelat

Bila Anda atau kerabat mengalami skoliosis ringan, produk ini dapat membantu Anda mengatasi masalah tersebut. Korset ini dilengkapi dengan perekat dan dibuat dengan bahan yang elastis. Desainnya pun telah disesuaikan dengan anatomi tulang belakang manusia.


Selain itu, korset ini juga dapat mengatasi gangguan tulang belakang lainnya seperti nyeri punggung dan cedera tulang punggung. Dengan demikian, korset ini dapat mengembalikan posisi tulang belakang ke bentuk normalnya.

No.10

NeoMedNeo Back Smile 6″ JC-7481

Mulai dari Rp240.000,00

Terdapat bio-ceramic ball, peredaran darah pun lancar, deh!

Kelebihan:
  • Ringan dan dapat membantu memperlancar peredaran darah

Kekurangan:

  • Hanya menopang sebatas area pinggang dan punggung bawah

Produk ini terbuat dari bahan khusus NEO SPAN yang ringan, tetapi kuat. Hal ini memungkinkan terjadinya aliran udara yang baik sehingga nyaman digunakan. Produk ini dilengkapi sabuk ganda dan didesain khusus untuk memberikan support yang maksimal ke segala bentuk tubuh.


Korset ini juga dilengkapi dengan bio-ceramic ball dengan sistem kerja inframerah. Fungsinya adalah untuk memperlancar peredaran darah dan membantu mengurangi rasa nyeri. Ingin mendapatkan punggung tegak dan sehat disertai peredaran darah yang lancar? Segera dapatkan produk ini di online shop langganan Anda.

Tips dari injury and rehabilitation specialist kami, Dr. Andy Widjaja, DPT

Tips dari injury and rehabilitation specialist kami, Dr. Andy Widjaja, DPT

Tentunya, kita tidak ingin bergantung selamanya dengan korset punggung untuk mendukung postur tubuh. Kurangi support atau tarikan dari korset punggung tersebut pelan-pelan ketika Anda sudah terbiasa dan nyaman dengan postur yang tegap. Lakukan hal tersebut hingga lama-kelamaan Anda tidak membutuhkan korset ini lagi.


Di awal pemakaian, perlahan-lahan tingkatkan kekencangan atau daya koreksi korsetnya sampai Anda mendapatkan postur tegap yang diinginkan. Setelah Anda nyaman dan terbiasa dengan postur tegap tersebut (misalnya setelah 1–6 bulan), secara perlahan kurangi kekencangan atau daya koreksinya. Lakukan hal tersebut secara berkala sampai Anda tidak memerlukan korset lagi.

Baca juga rekomendasi korset lainnya di sini

Setelah membaca rekomendasi kami tentang korset punggung, kami harap Anda menemukan produk yang sesuai. Selain korset punggung, Anda juga dapat menyimak rekomendasi kami yang lain, yakni korset pinggang, korset pelangsing, dan korset celana. Silakan membaca rekomendasi kami melalui link di bawah ini.

Kesimpulan

Kami telah menjelaskan cara memilih korset punggung dan memberikan sepuluh rekomendasi produk terbaik. Bagaimana menurut Anda? Korset punggung berperan penting untuk menjaga postur tubuh yang ideal.


Produk korset punggung yang tepat akan memberikan manfaat sesuai dengan harapan. Jadikan artikel ini sebagai referensi dan temukan korset punggung yang terbaik bagi Anda atau orang-orang tersayang. Selamat memilih!


Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer