10 Rekomendasi Empeng (Dot) Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Empeng (Dot) Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2018)

Empeng merupakan produk bayi yang banyak dicari oleh orang tua. Selain bisa mencegah agar bayi tidak mengisap jarinya sendiri, empeng juga bisa dipakai untuk menidurkan bayi yang susah tidur. Tidak hanya itu, empeng juga dipercaya mempunyai fungsi bermanfaat lainnya.

Berbagai jenis empeng dijual di pasaran dengan kualitas dan harga yang bervariasi. Bingung harus memilih empeng yang cocok untuk bayi Anda? Ayo simak penjelasan berikut.

Mengapa empeng itu bermanfaat?

Ada yang berpendapat bahwa pemakaian empeng pada bayi bisa mengakibatkan susunan gigi bayi tidak rata dan bisa membuat ketergantungan. Namun demikian, sebenarnya empeng mempunyai banyak manfaat yang baik untuk bayi.

Seiring dengan perkembangan zaman, bentuk dan variasi empeng pun menjadi lebih banyak. Sekarang ini, banyak empeng yang didesain supaya bisa mempertahankan agar susunan gigi bayi tetap rata. Berikut kami uraikan mengapa empeng itu bermanfaat untuk bayi.

Membuat bayi lebih cepat tidur

Membuat bayi lebih cepat tidur
Sejak di dalam kandungan Ibu, bayi mempunyai naluri alami untuk mengisap. Hal ini yang membuat bayi baru lahir langsung siap untuk disusui oleh Ibu. Mengisap juga mempunyai efek psikologis yang bisa membuat bayi merasa lebih tenang dan aman.

Apabila Anda susah menidurkan bayi meski setelah menyusui, penggunaan empeng bisa membantu bayi Anda untuk merasa lebih tenang dan aman, layaknya sedang disusui. Dengan demikian, bayi juga secara natural akan lebih cepat tertidur.

Mencegah terjadinya SIDS

Mencegah terjadinya SIDS
Sudden Infant Death Syndrome (SIDS) merupakan kematian mendadak pada bayi yang berusia kurang dari 1 tahun. Meskipun secara medis belum diketahui jelas penyebabnya, beberapa hipotesa menyebutkan adanya hubungan keterlambatan otak dan refleks bayi yang bisa mengakibatkan terjadinya SIDS.

Sebelum memasuki usia 1 tahun, bayi dianjurkan untuk tidur telentang untuk menghindari terjadinya SIDS. Penggunaan empeng bisa membantu supaya bayi tetap tidur dalam posisi telentang. Oleh karena itu dipercaya bisa mencegah terjadinya SIDS.

Akan tetapi, perlu diingat bahwa empeng hanya bisa mencegah dan tidak menjamin bahwa SIDS tidak akan terjadi. Alangkah baiknya orang tua selalu mengawasi bayinya untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Membantu bayi untuk belajar bernafas dari hidung

Membantu bayi untuk belajar bernafas dari hidung
Bernafas dari mulut bisa mengakibatkan risiko terkenanya infeksi dan penyakit, sehingga tidak dianjurkan untuk dilakukan. Selain bisa membuat tenggorokan kering, bernafas dari mulut juga bisa mengakibatkan komplikasi penyakit lainnya.

Sewaktu mengisap empeng, bayi bisa belajar untuk bernafas dari hidung. Namun, perlu diketahui juga bahwa penghentian penggunaan empeng secara paksa juga dapat mengakibatkan bayi bernafas melalui mulut. Oleh karena itu, sebaiknya orang tua menghentikan penggunaan empeng secara step by step dan menyesuaikan dengan kondisi bayi masing-masing.

Cara memilih empeng

Sebelumnya, kami telah jelaskan mengapa empeng itu bermanfaat. Sekarang, kami akan menguraikan cara memilih empeng yang cocok untuk bayi Anda. Semoga bermanfaat.

Pilih yang sesuai dengan usia bayi

Pilihlah yang sesuai dengan usia bayi
Hal paling penting yang harus diperhatikan sewaktu pemilihan empeng adalah menyesuaikan dengan usia bayi. Terdapat empeng kecil yang diproduksi khusus untuk bayi yang baru lahir. Terdapat juga empeng yang diproduksi khusus untuk bayi 3-6 bulan yang telah mempunyai kemampuan mengisap lebih baik.

Selain itu, terdapat juga empeng yang diproduksi khusus untuk bayi 6-18 bulan. Ukuran dan bentuknya pun lebih besar. Pilihlah yang sesuai dengan usia bayi.

Pilih bahan yang cocok

Pilih bahan yang cocok
Secara umum, empeng terbuat dari 2 jenis bahan, yaitu bahan silikon atau karet alami. Empeng yang terbuat dari bahan silikon lebih mudah dibersihkan dan lebih tahan lama. Akan tetapi, dikarenakan bahan silikon tidak mudah berubah bentuk, empeng dari silikon pun lebih sulit beradaptasi dengan mulut bayi.

Empeng yang terbuat dari bahan karet alami lebih lembut dan mudah beradaptasi dengan bentuk mulut bayi. Namun demikian, apabila dibandingkan dengan empeng dari silikon, empeng dari karet alami lebih cepat berubah bentuk. Pilihlah bahan yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Pilih merek yang sama dengan botol susu

Pilih merek yang sama dengan botol susu
Tergantung dari merek dan produsennya, bentuk dan tekstur dari empeng berbeda-beda. Memilih merek empeng yang sama dengan botol susu bayi bisa memperkecil kemungkinan bayi menolak empeng tersebut.

Meskipun tidak semua bayi bisa memilih atau menolak empeng, alangkah baiknya Anda memilih merek yang Anda rasa cocok dan menyerupai botol susu bayi Anda.

Pilih desain yang cocok

Pilih desain yang cocok

Sekarang ini, terdapat banyak desain menarik yang ditawarkan produsen empeng. Selain karakter dan warnanya yang lucu, ternyata beberapa empeng juga dilengkapi dengan desain unik yang fungsional, lho!

Ada empeng yang bisa bercahaya di dalam kegelapan. Ada juga empeng yang dilengkapi dengan klip supaya tidak mudah tercecer. Pilihlah desain yang tidak hanya lucu, tetapi juga mudah dipakai.

10 Rekomendasi empeng (dot) terbaik untuk bayi

Berikut adalah 10 rekomendasi empeng (dot) terbaik untuk bayi dari kami. Pilihlah yang menurut Anda cocok untuk bayi Anda. Semoga bermanfaat.

10. Tommee Tippee Night Time Soother 0-6m

10. Tommee Tippee Night Time Soother 0-6m
Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 65.000

Empeng glow in the dark dengan dot simetris dan panjang

Empeng bayi Anda sering jatuh atau hilang entah ke mana? Atasi menggunakan produk ini. Bagian perisai dari empeng ini glow in the dark dan bisa membantu Anda dalam pencarian apabila terjatuh di dalam kegelapan. Jadi, Anda tidak perlu mencari empeng yang jatuh dengan menghidupkan lampu dan membuat si kecil terbangun lagi.

Bentuk dot yang simetris dan panjang membuat mulut bayi bisa dengan lebih stabil menopang berat empeng, sekaligus menjaga pertumbuhan gigi bayi secara alami. Dibuat dengan bahan bebas BPA, bayi bisa dengan aman menggunakan produk ini. Anda juga bisa membeli tali pengait empeng Tommee Tippee secara terpisah, lho!

9. Pigeon Pacifier Step 3

9. Pigeon Pacifier Step 3
Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 42.000

Empeng untuk bayi yang sedang tumbuh gigi

Bentuk empeng ini didesain khusus untuk bayi di atas 8 bulan yang sedang tumbuh gigi. Mempunyai bentuk dot yang lebih tebal pada bagian atas dan lebih lembut pada bagian bawahnya, bayi yang sedang tumbuh gigi pun bisa mengisap dengan nyaman dan tenang.

Bagian dari perisai empeng ini juga terdiri dari lubang nafas untuk menambah keamanan bayi Anda saat sedang menggunakan empeng. Selain itu, empeng ini lengkap dengan tudung pelindung, yang bisa menjaga agar empeng tetap dalam keadaan bersih dan tertutup sewaktu tidak digunakan. Pilihan tepat untuk si kecil yang sedang tumbuh gigi.

8. Dodo Soother SO51

8. Dodo Soother SO51

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 19.500

Empeng made in Indonesia yang tidak kalah dengan empeng impor

Dodo merupakan perusahaan produk Ibu dan bayi yang berdiri sejak tahun 1997 di Indonesia. Bersertifikasi ISO 9002, produk Indonesia ini tidak kalah dengan produk impor, lho! Empeng Dodo terbuat dari bahan silikon yang lembut dan bebas BPA, sehingga nyaman dan aman digunakan oleh bayi.

Desain pada empeng ini juga membantu agar pertumbuhan gigi bayi tetap rata. Selain itu, empeng ini juga glow in the dark, sehingga bisa mempermudah pencarian apabila tercecer dalam kegelapan. Produk Indonesia ini harganya juga terjangkau. Pilihan tepat untuk Ibu Indonesia yang cermat, nih!

7. Pigeon Rubber Pacifier Step 2

7. Pigeon Rubber Pacifier Step 2

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 60.000

Empeng yang cocok untuk bayi yang sedang dalam proses menyapih

Terbuat dari bahan karet alami, Pigeon Rubber Pacifier Step 2 cocok untuk bayi yang berumur di atas 5 bulan. Selain bahannya yang lembut, bentuk empeng ini didesain supaya bayi bisa menggerakkan dan menutup mulut dengan benar. Empeng ini juga bisa membantu bayi yang sedang dalam proses menyapih (menghentikan bayi menyusu langsung dari payudara Ibu).

Selain terdapat lubang nafas, bagian perisai pada empeng ini bisa menempel dengan pas pada mulut bayi. Ditambah dengan dot yang cukup panjang, si kecil pun bisa merasa lebih nyaman sewaktu penggunaan. Produk ini cocok untuk Anda yang ingin melatih anak Anda untuk minum susu dari botol.

6. MAM Night Pacifier 0 months+

6. MAM Night Pacifier 0 months+
Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 65.600

Silk teat yang membuat kulit bayi tetap nyaman

MAM merupakan perusahaan produk bayi yang telah berdiri sejak tahun 1976 di Vienna, Austria. Dengan pengalaman selama lebih dari 40 tahun, empeng MAM didesain supaya bisa nyaman dipakai oleh semua bayi, termasuk bayi baru lahir dan bayi dengan kulit sensitif. Dibuat dengan bahan silikon yang selembut sutera (silk teat), si kecil akan tetap nyaman meski menggunakan empeng dalam jangka waktu yang panjang.

Selain empeng MAM bisa menjaga agar pertumbuhan gigi bayi tetap rata, terdapat juga lubang udara yang besar pada bagian perisai, sehingga kulit bayi tetap dalam keadaan kering selama pemakaian. Empeng ini cocok untuk bayi yang memiliki kulit sensitif.

5. NUK Trendline Soother 6-18 months

5. NUK Trendline Soother 6-18 months

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 113.900

Membuat bayi serasa disusui langsung oleh Ibu

Keunggulan utama dari empeng ini adalah model dot-nya yang menyerupai puting Ibu. Selain bayi bisa merasa disusui langsung oleh Ibu, bentuk dot yang tipis dan relatif kecil membuat bayi tidak perlu mengeluarkan energi terlalu besar sewaktu mengisap.

Selain itu, bagian perisai yang lembut juga membuat bayi nyaman sewaktu pemakaian. Terdiri dari berbagai pilihan warna dan desain yang menarik, empeng buatan Amerika ini juga bebas BPA, sehingga aman digunakan oleh si kecil. Pilihan tepat untuk melatih bayi berhenti menyusui langsung dari payudara Ibu.

4. Philip Avent Free Flow Pacifier

4. Philip Avent Freeflow Pacifier

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 110.000

Empeng dengan 6 lubang nafas untuk kulit bayi yang sensitif

Takut kulit bayi Anda iritasi apabila memakai empeng? Philip Avent Free Flow adalah pilihan yang tepat untuk Anda. Empeng ini dilengkapi dengan 6 lubang nafas, sehingga kulit bayi bisa tetap dalam keadaan kering sewaktu pemakaian. Kulit bayi pun menjadi tidak mudah iritasi meskipun si kecil memakai empeng dalam jangka waktu yang lama.

Terbuat dari bahan silikon yang lembut, bentuk dot empeng ini bisa menjaga agar pertumbuhan gigi bayi tetap rata. Empeng ini juga bebas BPA, sehingga aman digunakan oleh si kecil. Lengkap dengan tudung pelindung, empeng buatan Inggris ini cocok untuk bayi yang mempunyai kulit sensitif.

3. Hevea Natural Rubber Crown Pacifier 3-36 months

3. Hevea Natural Rubber Crown Pacifier 3-36 months
Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 139.000

Empeng dari karet alami yang aman untuk bayi

Anda sedang mencari empeng yang terbuat dari karet alami? Produk ini bisa menjadi pilihan Anda. Nama “Hevea” berasal dari bahasa Latin-nya genus tanaman karet Hevea brasiliensis. Terbuat dari 100 % karet alami, produk ini sangat ramah lingkungan. Empeng ini tidak mengandung PVC, BPA, Phthalate, dan pewarna sintetis, sehingga aman digunakan oleh si kecil.

Selain bahannya yang lembut, desain perisai empeng yang berbentuk kupu-kupu ini juga ergonomis dan memberi lebih banyak ruang kepada hidung dan pipi. Lengkap dengan lubang udara, Anda tidak perlu takut bagian mulut bayi menjadi lembap. Produk ini cocok untuk Anda yang mencari dot dari bahan karet alami.

2.  Chu Chu Baby Dentistar 2

2.  Chu Chu Baby Dentistar 2

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 79.000

Empeng yang bisa menjaga formasi gigi

Produk Chuchu Baby mempunyai sejarah selama 45 tahun di Jepang dan telah terbukti kualitasnya. Empeng Dentistar diluncurkan pada tahun 2008 dan telah direkomendasikan oleh dokter gigi di Jerman. Dentistar bisa mencegah agar pertumbuhan gigi bayi tidak condong ke depan atau tidak rata.

Selain bisa menjaga formasi gigi, bentuk dot yang tipis membuat bayi tidak perlu menghabiskan terlalu banyak energi sewaktu mengisap. Si kecil pun bisa merasa lebih nyaman sewaktu penggunaan. Terbuat dari bahan silikon yang lembut, empeng made in Germany ini cocok untuk Anda yang ingin menjaga agar gigi bayi Anda tumbuh dengan rata.

1. Dr. Brown’s Silicone Pacifier

1. Dr. Brown’s Silicone Pacifier
Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 49.000

Empeng 100% silikon yang terpercaya

Botol susu Dr. Brown telah dipercaya oleh banyak kalangan, termasuk di kalangan medis. Dengan angka penjualan botol susu nomor 1 di Amerika, Dr. Brown kini hadir dengan empeng silikon yang lembut. Empeng Dr. Brown terbuat dari 100 % silikon, bahkan pada bagian perisainya, sehingga bayi bisa tetap merasa nyaman meski menggunakan dalam jangka waktu yang lama.

Dengan bagian dot yang menyerupai dot botol susu khas Dr. Brown, si kecil bisa mengisap empeng layaknya pada botol susu. Lubang udara dan bentuk perisai pada empeng ini bisa membuat kulit sekitar mulut bayi tetap bisa bernafas sewaktu pemakaian. Terbuat dari bahan bebas BPA, empeng all silicone ini juga mudah dibersihkan, lho! Pilihan tepat dan praktis untuk para Ibu, nih!

Kesimpulan

Kali ini, kami telah merekomendasikan 10 empeng (dot) terbaik untuk Anda. Ternyata banyak juga ya variasi empeng yang tersedia sekarang ini. Bagaimana menurut Anda?

Pilihlah empeng yang menurut Anda cocok untuk bayi Anda. Apabila si kecil merasa senang, seluruh keluarga pun tentunya ikut menjadi senang!