• 10 Rekomendasi Empeng (Dot) Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Empeng (Dot) Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Empeng (Dot) Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Empeng (Dot) Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Empeng (Dot) Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Empeng (Dot) Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2020)

Empeng atau pacifier merupakan produk bayi yang banyak dicari oleh para orang tua. Selain mencegah bayi agar tidak mengisap jarinya sendiri, empeng juga dipakai untuk menidurkan bayi. Tidak hanya itu, empeng juga mempunyai berbagai fungsi lainnya.

Berbagai jenis empeng dari berbagai merek, seperti Pigeon, Dodo, Dr. Brown’s, dan lain-lain, banyak dijual di pasaran. Bingung memilih empeng yang cocok untuk bayi Anda? Simak cara memilih empeng dan ulasan produk-produk pilihannya di bawah ini!
  • Pembaharuan terakhir: 10 Februari 2020
  • 37.823 Views
Daftar isi

Cara memilih empeng (dot)

Kali ini, kami akan menjelaskan secara detail mengenai cara memilih empeng. Anda dapat menjadikan poin-poin berikut sebagai referensi untuk memilih empeng yang barangkali akan disukai oleh bayi Anda.

Periksa dan pilihlah empeng yang sesuai dengan usia bayi

Periksa dan pilihlah empeng yang sesuai dengan usia bayi
Hal paling penting yang harus diperhatikan sewaktu memilih empeng adalah menyesuaikannya dengan usia bayi. Terdapat empeng berukuran kecil yang dirancang khusus untuk newborn. Selain itu, ada pula empeng yang memang dibuat khusus untuk bayi berusia 3-6 bulan yang telah mempunyai kemampuan mengisap lebih baik. Empeng yang diproduksi khusus untuk bayi 6-18 bulan pun tersedia di pasaran. Tentu saja ukurannya lebih besar dan memiliki tekstur yang lebih keras. Karena karakteristiknya yang berbeda-beda, pilihlah empeng yang sesuai dengan usia bayi Anda.

Pilihlah bahan yang cocok dengan kebutuhan dan karakteristik mulut bayi

Pilihlah bahan yang cocok dengan kebutuhan dan karakteristik mulut bayi
Empeng yang terbuat dari bahan karet alami lebih lembut dan mudah beradaptasi dengan bentuk mulut bayi. Meskipun demikian, empeng dari karet alami lebih cepat berubah bentuk apabila dibandingkan dengan empeng dari silikon. Untuk itu, pilihlah bahan yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Perhatikan juga fungsi tambahan berguna lainnya

Perhatikan juga fungsi tambahan berguna lainnya
Sebagian produk empeng mempunyai fungsi yang mendukung pertumbuhan bayi, seperti melatih bayi agar lebih pandai bernafas melalui hidung dan mencegah pertumbuhan gigi yang tidak rata. Meski begitu, terkadang timbul kesalahpahaman mengenai hal ini. Sebagian ibu beranggapan, bayi tidak bisa belajar bernafas melalui hidung bila tidak menggunakan empeng. Hal tersebut tidaklah benar. Pada dasarnya, bayi belajar bernafas melalui hidung secara alami ketika diberi ASI secara langsung (direct breast feeding) oleh ibu.
Selain itu, terdapat pula empeng yang mempunyai fungsi untuk memudahkan orang tua. Misalnya saja empeng glow in the dark yang akan memudahkan Anda mencari empeng saat lampu kamar sudah dimatikan. Kemudian, empeng berpengait akan mencegah empeng jatuh sehingga sangat berguna, terutama saat mengajak si kecil bepergian.
Sebagai tambahan, terdapat produk empeng yang diklaim memiliki fungsi untuk mencegah pertumbuhan gigi agar tidak maju atau tonggos dan membantu perkembangan gigi bayi. Meski begitu, sebagin produk tidak memiliki verifikasi yang jelas mengenai fungsi tambahan tersebut. Karena itu, nilailah produk setelah membaca deskripsi produknya.

Pilihlah empeng yang mudah untuk dibersihkan

Pilihlah empeng yang mudah untuk dibersihkan
Karena empeng merupakan salah satu benda yang bersentuhan langsung dengan mulut bayi, sangatlah penting untuk memperhatikan kebersihan empeng. Apalagi, bayi belum memiliki sistem imun yang kuat. Untuk itu, pilihlah empeng yang mudah dibersihkan atau yang mudah disterilkan.
Terdapat tiga metode untuk mensterilkan empeng, yaitu direbus, dimasukkan ke dalam microwave, dan dicuci. Kemudian, beberapa jenis empeng barangkali memiliki cara khusus untuk membersihkannya. Berikan perhatian lebih untuk pembersihan empeng yang digunakan oleh bayi berusia 0-4 bulan, agar lebih steril. Setelah melewati usia tersebut, mencuci empeng seperti biasa pun tidak masalah.
Perlu diperhatikan, bayi cenderung melempar atau menjatuhkan empengnya bila telah merasa bosan. Pastinya empeng yang sudah terjatuh di lantai menjadi tidak steril dan tidak baik untuk digunakan lagi. Untuk itu, jangan lupa untuk membersihkan dengan baik empeng yang telah terjatuh ke lantai.

Pilihlah merek yang sama dengan botol susu yang biasa digunakan bayi

Pilihlah merek yang sama dengan botol susu yang biasa digunakan bayi
Tergantung dari merek dan produsennya, bentuk dan tekstur dari empeng berbeda-beda. Bentuk dan tekstur yang berbeda kadang membuat bayi merasa bingung dan malah menolak empeng tersebut. Memilih merek empeng yang sama dengan botol susu bayi bisa memperkecil kemungkinan empeng ditolak si kecil. Cobalah cara ini bila sekiranya Anda kesulitan dalam memilih empeng yang disukai bayi.

10 Rekomendasi empeng (dot) terbaik untuk bayi

Berikut adalah ulasan sepuluh rekomendasi empeng (dot) terbaik untuk bayi yang telah kami rangkum untuk Anda. Pilihlah berdasarkan poin-poin cara memilih yang telah dipaparkan di atas agar si kecil mendapatkan empeng yang tepat. Semoga bermanfaat!
10
Target usia0-6 bulan
Negara produsenInggris
MaterialTidak disebutkan
9
Target usia8 bulan ke atas
Negara produsenJepang
MaterialSilikon
8
Target usiaTidak disebutkan
Negara produsenIndonesia
MaterialSilikon
7
Target usia5 bulan ke atas
Negara produsenJepang
MaterialKaret alami
6
Target usia0-6 bulan
Negara produsenAustria
MaterialSilikon
5
Target usia6-18 bulan
Negara produsenInggris
MaterialSilikon
4
Target usia0-6 bulan
Negara produsenInggris
MaterialSilikon
3
Target usia3-36 bulan
Negara produsenDenmark
MaterialKaret alami
2
Target usia0+ bulan
Negara produsenIndonesia
MaterialSilikon
1
Target usia0 bulan ke atas
Negara produsenInggris
MaterialSilikon

Tabel perbandingan produk empeng (dot) terbaik untuk bayi

Gambar produk
1
Dr. Brown’s HappyPaci™ Silicone Pacifiers 1

Dr. Brown’s

2
Baby Huki Orthodontic Soother 1

Baby Huki

3
Hevea Planet Crown Round Pacifier 1

Hevea

4
Philips Avent Freeflow Pacifier 1

Philips

5
NUK Night & Day Silicone Soother Size 2 1

NUK

6
MAM Night Pacifier 1

MAM

7
Pigeon Rubber Pacifier Olive Flower 1

Pigeon

8
Dodo Soother SO51-Glow 1

Dodo

9
Pigeon Pacifier Step 3 1

Pigeon

10
Tommee Tippee Night Time Soother 1

Tommee Tippee

Nama produk

HappyPaci™ Silicone Pacifiers

Orthodontic Soother

Planet Crown Round Pacifier

Avent Freeflow Pacifier

Night & Day Silicone Soother Size 2

Night Pacifier

Rubber Pacifier Olive Flower

Soother SO51-Glow

Pacifier Step 3

Night Time Soother

KeunggulanSangat ringan berkat bahan ...Empeng dengan sertifikasi h...Hidung dan dagu bayi lebih ...Menjaga kulit bayi agar tet...Bentuk dot yang flat menceg...Lubang udaranya dan silk te...Mendukung latihan bayi yang...Lebih terjangkau dengan kua...Perkembangan dan pertumbuha...Glow in the dark! Lebih mud...
HargaRp 47.000,00Rp 27.900,00Rp 139.000,00Rp 110.000,00Rp 113.900,00Rp 74.700,00Rp 57.000,00Rp 19.500,00Rp 29.000,00Rp 60.000,00
Target usia0 bulan ke atas0+ bulan3-36 bulan0-6 bulan6-18 bulan0-6 bulan5 bulan ke atasTidak disebutkan8 bulan ke atas0-6 bulan
Negara produsenInggrisIndonesiaDenmarkInggrisInggrisAustriaJepangIndonesiaJepangInggris
MaterialSilikonSilikonKaret alamiSilikonSilikonSilikonKaret alamiSilikonSilikonTidak disebutkan
Tautan produk

Pro dan kontra mengenai penggunaan empeng

Pro dan kontra mengenai penggunaan empeng
Apakah empeng cukup baik digunakan oleh si kecil? Sebenarnya, terdapat pro dan kontra mengenai penggunaan empeng itu sendiri. Namun, perlu diingat, empeng hanya merupakan salah satu alat bantu dalam merawat bayi. Pemakaian empeng sepanjang hari tidaklah dianjurkan.
Jika bayi dibiasakan untuk menggunakan empeng sepanjang hari, bayi dapat menjadi lebih rewel dan sulit tertidur ketika tidak menggunakan empeng. Selain itu, penggunaan empeng seharian dapat menyebabkan struktur gusi menjadi lebih maju.
Waktu yang paling baik untuk menggunakan empeng adalah pada saat menenangkan bayi ketika tidak mau berhenti menangis, tidak bisa ditidurkan, atau saat bayi tiba-tiba menangis di area publik. Berikan juga bayi Anda perhatian serta respon dan gunakan empeng pada saat dibutuhkan saja, ya!

Baca juga rekomendasi alat pembersih empeng (dot)!

Seperti yang sudah kami jelaskan di atas, mencuci empeng adalah salah satu cara dalam menjaga kehigienisannya. Anda bisa mengecek artikel rekomendasi berikut untuk mencari tahu sikat dan sabun pencuci yang berkualitas!

Kesimpulan

Kali ini, kami telah memaparkan cara memilih empeng (dot) serta merekomendasikan sepuluh produk empeng terbaik. Dengan banyaknya pilihan tersebut, sudahkan Anda menemukan produk yang sekiranya tepat untuk si kecil?
Pilihlah empeng yang sesuai dengan usia bayi dan cocok untuk bayi Anda. Ada baiknya memilih merek empeng yang sama dengan merek botol minum yang digunakan agar si kecil cepat beradaptasi. Apabila si kecil merasa senang, Anda dan keluarga tentu lebih tenang!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Susu Formula Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Susu Formula Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2020)
    Susu formula mengandung berbagai nutrisi esensial untuk bayi sehingga menjadikannya ideal sebagai pendamping atau pengganti ASI saat diperlukan. Ada banyak merek susu formula untuk bayi seperti Enfamil, Similac, dan Lactogen, tetapi bagaimana cara memilih susu formula yang paling sesuai untuk bayi Anda?Pada artikel kali ini kami akan membahas cara memilih susu formula terbaik untuk bayi, selain itu kami juga akan memberikan rekomendasi susu formula terbaik yang telah kami pilih dengan seksama. Semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang berguna bagi Anda!
    Ibu & anak
    257.852 Views
  • 10 Rekomendasi Popok Terbaik untuk Bayi Baru Lahir (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Popok Terbaik untuk Bayi Baru Lahir (Terbaru Tahun 2020)
    Setiap ibu yang baru melahirkan pasti ingin mencari popok terbaik untuk bayinya. Karena kulit bayi yang masih sangat rentan, pemilihan popok bayi tidak boleh dilakukan sembarangan. Banyaknya merek populer, seperti MamyPoko, Sweety, dan Pampers, tidak sedikit membuat ibu kebingungan memilih popok terbaik untuk si kecil.Untuk itu, kami akan menjelaskan poin-poin penting dalam memilih popok bayi sekaligus memperkenalkan produk terbaik untuk buah hati Anda. Tidak hanya memilih popok dengan harga murah saja, keamanan dan kenyamanan si kecil juga perlu diperhatikan. Yuk, simak penjelasannya!
    Ibu & anak
    115.536 Views
  • 10 Rekomendasi Test Pack Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Test Pack Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Ketika wanita mengalami tanda-tanda kehamilan seperti mual dan terlambat haid, memastikan kehamilan menggunakan test pack adalah salah satu langkah awal yang perlu dilakukan. Berbagai jenis dan merek produk test pack banyak dijual di pasaran, misalnya Akurat, Sensitif, dan ClearBlue. Akan tetapi, bagaimana cara memilihnya?Di artikel ini, kami akan membahas tentang cara memilih test pack yang mudah dipahami bahkan oleh Anda yang baru pertama kali memakainya. Kami juga akan membantu Anda dengan memberi sepuluh rekomendasi test pack terbaik. Jangan sampai ketinggalan juga ulasan mengenai cara pemakaian yang tepat pada akhir artikel!
    Ibu & anak
    138.293 Views
  • 10 Rekomendasi Botol Susu Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Botol Susu Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2020)
    Botol susu bayi adalah salah satu perlengkapan yang penting untuk dipersiapkan sebelum kelahiran bayi. Di antara sekian banyak botol susu yang dijual, Anda harus memilih produk yang tepat. Hal ini dilakukan demi memberikan kenyamanan pada bayi Anda nantinya.Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih botol susu bayi dengan pertimbangan material, bentuk, dan usia bayi. Kami juga akan memberikan rekomendasi produk-produk terbaik, seperti Comotomo, Putti Atti, Medela, Sweety, BABY HUKI, dan PIGEON. Baca sampai selesai, ya!
    Ibu & anak
    83.395 Views
  • 10 Rekomendasi Krim Bayi / Baby Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Krim Bayi / Baby Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Meskipun kulit bayi halus dan lembut, bukan berarti tidak membutuhkan perhatian dan perawatan khusus. Sebaliknya, kulit bayi sangat sensitif dan rentan terkena permasalahan kulit, seperti eczema, iritasi, kemerahan atau ruam. Untuk mengatasinya, Anda dapat menggunakan baby cream pada kulit bayi Anda. Ada berbagai merek baby cream yang seringkali membuat Anda bingung dalam memilih produk yang tepat. Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih baby cream terbaik untuk bayi Anda. Kami juga akan memberikan rekomendasi produknya, mulai dari Zwitsal, Cussons, hingga Mustela. Simak ulasan dari kami dan dapatkan produk yang terbaik!
    Ibu & anak
    86.132 Views
  • 10 Rekomendasi Pompa ASI Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Pompa ASI Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Pompa ASI merupakan alat perlengkapan wajib bagi ibu menyusui. Anda memerlukannya ketika tidak dapat memberikan ASI secara langsung. Misalnya, ketika si kecil belum sempat menyusu tetapi sudah tertidur. Selain itu, memompa ASI juga dapat mencegah munculnya mastitis di payudara.Pompa ASI tersedia dalam dua jenis, manual dan elektrik. Kali ini, kami akan menjelaskan poin-poin penting dalam memilih pompa ASI. Tidak ketinggalan rekomendasi produk seperti Spectra, Medela, Pigeon, dan Philips juga akan kami berikan. Jadi, baca sampai habis, ya!
    Ibu & anak
    75.349 Views
  • 10 Rekomendasi Stroller Pad Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Stroller Pad Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Stroller pad membuat bayi lebih nyaman saat berada di dalam kereta dorong bayi (stroller) dan menjaganya agar tidak mudah kotor. Saat ini, terdapat pad kekinian berbahan inovatif yang melancarkan sirkulasi udara agar bayi tetap merasa sejuk saat cuaca panas!Artikel ini membantu Anda dalam memilih stroller pad terbaik. Anda dapat memilih produk dengan merek terbaik dari Aprica, Mamaway, dan lainnya. Mari menemukan stroller pad yang fungsional dan berkualitas sehingga bayi Anda nyaman dan ceria!
    Ibu & anak
    5.029 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori