1. TOP
  2. >
  3. Ibu & anak
  4. >
  5. Mainan & aktivitas bayi
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Empeng Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Empeng Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Empeng Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Empeng Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Empeng Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Empeng Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Empeng Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2023)

Bagi banyak orang tua, empeng atau pacifier (soother) merupakan penyelamat saat bayi rewel. Selain dipakai untuk menenangkan bayi, empeng juga membantu mencegah buah hati agar tidak mengisap jarinya sendiri. Ada banyak produk empeng bayi yang bagus di pasaran. Empeng seperti apa yang sebaiknya dibeli?

Pada artikel ini, kami akan membeberkan cara memilih empeng bayi yang bagus. Produk dari berbagai merek, seperti Pigeon, Dodo, hingga Dr. Brown’s, juga akan kami review di sini. Mari simak artikel ini agar Anda tak salah membeli empeng untuk bayi!
Diperbaharui 04-04-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Cara memilih empeng untuk bayi

Langsung saja, kami akan menjelaskan secara detail mengenai cara memilih empeng bayi. Anda dapat mengacu pada poin-poin berikut sebagai referensi sebelum membeli produk yang bagus. Mari, Ayah dan Bunda, ketahui selengkapnya!

① Pilih berdasarkan bahan nipple empeng

Empeng bayi tersusun atas beberapa bagian, yakni puting (nipple), perisai (shield), dan ring. Dari tiga komponen tersebut, puting merupakan bagian yang diisap oleh bayi. Bahan untuk membuat puting atau nipple utamanya adalah silikon dan lateks. Apa saja perbedaan kedua bahan ini?

Silikon: Tahan lama serta mudah dibersihkan

Silikon: Tahan lama serta mudah dibersihkan
Sumber: dodo.co.id

Silikon menjadi bahan yang paling sering digunakan sebagai nipple empeng bayi. Saat berselancar membeli empeng bayi, produk berbahan silikon akan kerap Anda temukan. Tak seperti lateks yang terbuat dari karet alami, silikon merupakan bahan sintetis. Namun, bahan ini aman diisap oleh si kecil.


Kelebihan nipple silikon:

  • Lebih tahan lama
  • Netral terhadap bau
  • Mudah dibersihkan (bisa direbus atau dikukus)

Kekurangan nipple silikon

  • Nipple silikon tidak selembut dan sefleksibel nipple empeng lateks

Lateks karet alami: Lembut, tetapi lebih cepat melebar


Empeng jenis ini memiliki daya tarik tersendiri bagi orang tua yang menyukai produk berbahan alami. Sesuai namanya, bahan yang digunakan untuk nipple empeng jenis ini adalah getah (lateks) alami dari pohon karet.


Kelebihan nipple lateks:

  • Cenderung lebih lembut dan fleksibel
  • Bentuknya menyerupai puting susu ibu
 

Kekurangan nipple lateks:

  • Lebih mudah melar seiring penggunaan
  • Tidak cocok untuk bayi yang memiliki alergi lateks

② Sesuaikan ukuran empeng dengan usia bayi

Sesuaikan ukuran empeng dengan usia bayi
Hal penting lain yang harus diperhatikan dalam memilih empeng yaitu menyesuaikannya dengan usia bayi. Terdapat empeng berukuran kecil yang dirancang khusus untuk bayi baru lahir. Selain itu, ada pula empeng yang memang dibuat khusus untuk bayi berusia di atas 6 bulan.

Secara umum, berikut tiga ukuran empeng untuk bayi berdasarkan usia:

  • Ukuran kecil (S), biasanya untuk bayi berusia 0–6 bulan
  • Ukuran sedang (M), biasanya untuk bayi berusia 6–18 bulan
  • Ukuran besar (L), biasanya untuk bayi berusia di atas 18 bulan

Peruntukan usia dan ukuran empeng umumnya tercantum dengan jelas pada kemasan produk. Jika membeli secara online, Anda juga bisa menanyakan terlebih dahulu kepada penjual mengenai ukuran dan peruntukan usia produk.

③ Periksa lubang ventilasi pada perisai empeng

Periksa lubang ventilasi pada perisai empeng

Di bawah nipple atau puting empeng, terdapat bagian lebar yang disebut perisai atau shield. Pilihlah produk empeng yang memiliki lubang ventilasi pada bagian perisainya. Menurut Consumer Reports, Anda sebaiknya memilih empeng dengan perisai yang memiliki lubang minimal dua buah


Lubang ventilasi pada perisai empeng memiliki fungsi untuk melancarkan sirkulasi udara. Tanpa adanya lubang tersebut, air liur bayi akan menumpuk pada empeng dan menimbulkan ruam kulit atau iritasi.

④ Kenali ragam empeng bayi berdasarkan fiturnya

Saat ini, Anda bisa menemukan beragam empeng bayi yang memiliki fitur tertentu. Ketahui apa saja empeng dengan fitur atau fungsi khusus yang bisa Anda pertimbangkan.

Empeng glow in the dark, dapat bercahaya dalam gelap

Fitur glow in the dark sudah lumrah ditemukan pada banyak produk empeng bayi. Sesuai namanya, empeng ini dapat berpendar atau bercahaya dalam gelap. Fungsi ini banyak disukai orang tua mengingat bayi sering menjatuhkan atau melempar empengnya. Karena berpendar dalam gelap, Anda tak perlu pusing mencari benda kecil ini di malam hari.


Ada cukup banyak merek yang menawarkan empeng glow in the dark. Pertimbangkan Night Time Soother dari Tommee Tippee yang menggunakan silikon untuk nipple-nya. Untuk nipple berbahan getah karet, Glow Pacifier dari BIBS bisa dicoba.

Empeng orthodontic, menyokong pertumbuhan gigi bayi agar tetap sejajar

Empeng orthodontic, menyokong pertumbuhan gigi bayi agar tetap sejajar
Sumber: drbrowns.id

Banyak orang tua khawatir dengan pemakaian empeng yang memicu gigi bayi tidak sejajar atau tonggos. Kondisi ini sebenarnya disebabkan oleh banyak faktor. Namun, Anda bisa menurunkan risiko gigi tak sejajar ini dengan mempertimbangkan empeng orthodontic


Empeng orthodontic adalah empeng yang dirancang untuk mencegah pertumbuhan gigi bayi yang tidak sejajar. Dilihat dari bentuknya, nipple empeng jenis ini didesain menyerupai bentuk puting payudara ibu. Bagian bawah nipple memiliki bentuk yang datar dengan bagian atas yang melingkar.


Bentuk nipple tersebut dikatakan dapat mengurangi tekanan pada gusi dan gigi bayi yang sedang berkembang. Selain itu, bayi yang mengisap empeng orthodontic diyakini mendapatkan kenyamanan yang mirip dengan menyusu. PreVent® Contoured Glow-in-the-Dark dari Dr. Brown's dan Soother SO51-Glow dari Dodo merupakan dua empeng orthodontic yang bisa dipertimbangkan.

Feeding pacifier atau empeng buah, cocok untuk bayi yang mulai MPASI

Feeding pacifier atau empeng buah juga menawarkan fitur yang menarik. Sesuai namanya, empeng jenis ini dirancang untuk mendampingi bayi yang mulai mengonsumsi makanan pendamping ASI (MPASI).


Bagian ujung nipple empeng jenis ini memiliki lubang-lubang kecil. Kemudian, Anda bisa memasukkan potongan buah dari pangkal nipple tersebut. Bayi lalu bisa mengisap bagian ujung nipple sembari mendapatkan nutrisi dan air dari buah.


Empeng buah juga sangat mudah dicari. Salah satu produk rekomendasi kami yaitu Food Feeder Empeng Buah dari Lusty Bunny. 

⑤ Pertimbangkan empeng dari merek yang sama dengan botol susu bayi

Pertimbangkan empeng dari merek yang sama dengan botol susu bayi

Tergantung dari merek dan produsennya, bentuk dan tekstur dari empeng berbeda-beda. Bentuk dan tekstur yang berbeda terkadang membuat bayi merasa bingung dan malah menolak empeng tersebut. Memilih merek empeng yang sama dengan botol susu bayi bisa memperkecil kemungkinan empeng ditolak si kecil. Cobalah cara ini bila Anda sulit menemukan empeng yang disukai bayi.

10 Rekomendasi empeng terbaik untuk bayi

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk empeng terbaik untuk bayi yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Baby Huki

Empeng Silicone

Baby Huki Empeng Silicone 1枚目

Fiturnya yang simpel bikin bayi jadi nempel!

2

Pigeon

Minilight Pacifier

Pigeon Minilight Pacifier 1枚目

Mengiringi pertumbuhan si kecil dengan variasi ukurannya

3

MAM

Pacifier Night

MAM Pacifier Night 1枚目

Empeng antikolik dengan silikon paten yang selembut sutra

4

Lusty Bunny

Food Feeder Empeng Buah DP 2012

Lusty Bunny Food Feeder Empeng Buah DP 2012 1枚目

Ceriakan pengalaman periode MPASI bayi dengan empeng buah ini!

5

Dr. Brown's

PreVent® Contoured Glow in the Dark

Dr. Brown's PreVent® Contoured Glow in the Dark 1枚目

Lebih tepercaya berkat empeng orthodontic yang dirancang oleh dokter gigi anak!

6

Dodo

Soother SO51-Glow

Dodo Soother SO51-Glow 1枚目

Dilengkapi dengan penutup, kuman pun tak menyusup!

7

Frigg

Daisy Latex

Frigg Daisy Latex 1枚目

Permukaan yang sangat lembut bagi si kecil

8

Mayborn

Tommee Tippee Night Time Soother

Mayborn  Tommee Tippee Night Time Soother 1枚目

Pas di mulut bayi berkat desain orthodontic yang simetris

9

BIBS

Colour Blush GLOW

BIBS Colour Blush GLOW 1枚目

Berpendar dalam gelap hingga 8 jam, tak pusing mencarinya saat malam

10

Philips

Avent Empeng Aliran Bebas

Philips Avent Empeng Aliran Bebas 1枚目

Terdapat enam lubang ventilasi pada perisainya agar kulit si kecil bisa bernapas

Perincian produk
Close
No.1

Baby HukiEmpeng Silicone

Mulai dari Rp20.400,00

Fiturnya yang simpel bikin bayi jadi nempel!

Kelebihan:

  • Tipe empeng dengan tutup, empeng jadi lebih bersih

Kekurangan:

  • Ukuran empeng universal, kurang cocok untuk kebutuhan spesifik

Simple at its best, begitulah gambaran mengenai empeng dari Baby Huki ini. Selain desain nipple yang orthodontic, fitur produk ini memang simpel dan tak begitu 'ramai'. Namun, itulah yang mungkin membuat produk ini populer dan banyak dibeli oleh orang tua di Indonesia.


Bagian nipple-nya dibuat dari silikon berwarna transparan yang mudah dibersihkan serta tidak menyerap bau. Produk ini juga dilengkapi dengan penutup agar lebih aman dari kuman. Tentunya, produk ini akan cocok untuk Anda yang menyukai produk yang sederhana tetapi efisien.

No.2

PigeonMinilight Pacifier

Mulai dari Rp36.700,00

Mengiringi pertumbuhan si kecil dengan variasi ukurannya

Kelebihan:

  • Pilihan ukuran bervariasi, sesuai dengan kebutuhan usia bayi secara spesifik

Kekurangan:

  • Desain klasik, tidak memiliki fitur atau fungsi tambahan

Fitur produk ini memang mirip dengan banyak empeng dari merek lain. Namun, kualitas Pigeon sebagai brand mendunia dari Jepang tentu sudah terjamin. Jika Anda mencari empeng berfitur dasar dan berkualitas, produk ini layak dipertimbangkan.


Salah satu empeng silikon terbaik ini memiliki beragam pilihan ukuran, yakni ukuran S, M, dan L. Seiring dengan pertumbuhan si kecil, produk ini dapat menemani hari-harinya, mulai dari newborn hingga 12 bulan ke atas. Harganya yang ramah di kantong juga cocok untuk Anda yang sedang on budget.

No.3

Empeng antikolik dengan silikon paten yang selembut sutra

Seperti banyak empeng bayi lain, produk dari MAM ini juga menggunakan silikon sebagai bahan nipple-nya. Namun, silikon yang digunakan bukanlah silikon sembarangan. 


Silikon pada produk ini sudah dipatenkan dan memiliki tekstur yang selembut sutra. Berkat tekstur yang lembut tersebut, si kecil akan mendapatkan kenyamanan luar biasa saat mengisapnya. Produk ini menjadi pilihan pas jika Anda mencari empeng antikolik.

No.4

Lusty BunnyFood Feeder Empeng Buah DP 2012

Mulai dari Rp35.700,00

Ceriakan pengalaman periode MPASI bayi dengan empeng buah ini!

Apakah si kecil sudah mulai dikenalkan dengan makanan pendamping ASI (MPASI)? Jika iya, Anda bisa mempertimbangkan penggunaan feeder pacifier atau empeng buah. Satu produk empeng buah yang cukup laris di pasaran adalah produk dari Lusty Bunny. 


Seperti empeng buah lainnya, ujung nipple produk ini memiliki lubang-lubang kecil. Kehadiran lubang tersebut membantu mengalirkan cairan buah ke dalam mulut si kecil. Bahan nipple-nya juga terbuat dari silikon sehingga dipastikan aman untuk diisap anak. Selain itu, produk ini dilengkapi dengan penutup yang membuatnya tetap bersih setelah dicuci. 

No.5

Dr. Brown'sPreVent® Contoured Glow in the Dark

Mulai dari Rp161.200,00

Lebih tepercaya berkat empeng orthodontic yang dirancang oleh dokter gigi anak!

Produk Dr. Brown’s sudah dipercaya oleh banyak orang tua, termasuk untuk kategori empeng bayi. Salah satu seri empeng dari Dr. Brown's yang unggul adalah PreVent® Contoured Glow in the Dark. Sesuai namanya, empeng yang berpendar dalam gelap ini membantu mencegah masalah gigi anak yang diberikan empeng (orthodontic).


Klaim orthodontic tersebut tak sekadar isapan jempol, lho, Bun. Produk ini dirancang oleh dokter gigi anak yang tentu sudah memahami perkembangan gigi dan mulut bayi. Harga produk ini memang relatif mahal. Namun, dengan kualitas Dr. Brown's yang terjamin, Anda tentu tetap ingin memberikannya pada si kecil.

No.6

Dilengkapi dengan penutup, kuman pun tak menyusup!

Saat tak dipakai, empeng bayi perlu disimpan dengan hati-hati agar tak terpapar kuman. Kini, Anda tak perlu pusing mencari tempat untuk menyimpan empeng. Gunakan saja empeng Dodo yang memiliki penutup! Dengan adanya penutup ini, risiko terpapar kuman akan lebih terhindarkan.

Harga produk ini juga lebih murah dibandingkan banyak produk empeng bayi lain. Meski terjangkau, kualitasnya sama sekali tak murahan. Kualitas yang diberikan Dodo sudah terjamin karena memegang sertifikasi ISO 9002. Jika Anda mencari empeng terjangkau dan berkualitas, empeng ini harus segera Anda check out!

No.7

Permukaan yang sangat lembut bagi si kecil

Kelebihan:

  • Bahan nipple sangat lembut dan bebas BPA, PVC, serta phthalates sehingga lebih nyaman dan aman untuk bayi

Kekurangan:

  • Jika dibandingkan dengan empeng silikon, daya tahan empeng kurang lama

Jika Anda fokus pada kelembutan nipple, bahan lateks adalah pilihan terbaik. Salah satu merek lateks yang bisa Anda andalkan ialah Frigg. Selain kelembutan, merek ini menawarkan bahan yang aman untuk bayi. Bahan lateks yang digunakan bebas dari BPA, PVC, dan phthalates. Oleh karena itu, empeng ini cocok untuk Anda yang memiliki bayi sensitif.

No.8

Mayborn Tommee Tippee Night Time Soother

Mulai dari Rp79.900,00

Pas di mulut bayi berkat desain orthodontic yang simetris

Kelebihan:

  • Glow in the dark, mudah dicari ketika terselip

Kekurangan:

  • Hanya tersedia untuk satu rentang usia

Bila Anda mencari empeng orthodontic yang bagus, produk ini dapat dipertimbangkan. Desainnya dirancang untuk mengurangi tekanan pada gusi bayi. Dengan begitu, risiko buruk yang mungkin terjadi pada perkembangan giginya dapat diminimalisasi. Bentuk nipple-nya yang simetris juga pas untuk mulut bayi.


Sesuai dengan nama produknya, Night Time Soother, empeng ini dapat berpendar dalam gelap. Produk ini juga memiliki keunggulan lain, termasuk perisai yang berventilasi serta mudah dibersihkan.

No.9

Berpendar dalam gelap hingga 8 jam, tak pusing mencarinya saat malam

Ukuran empeng yang kecil membuatnya kerap sulit dicari. Namun, hal itu tak akan terjadi dengan produk ini. Memiliki lapisan glow in the dark, empeng ini mudah ditemukan di tempat gelap. Durasi berpendarnya juga cukup lama, yakni hingga delapan jam!


Selain glow in the dark, bahan nipple empeng dari BIBS ini terbuat dari lateks karet alami. Untuk Anda yang mencari empeng non-silikon, produk ini tentu menjadi pilihan. Namun, pastikan si kecil tidak memiliki alergi lateks, ya.

No.10

PhilipsAvent Empeng Aliran Bebas

Mulai dari Rp104.000,00

Terdapat enam lubang ventilasi pada perisainya agar kulit si kecil bisa bernapas

Kelebihan produk ini memang sesuai dengan nama produknya, yakni Empeng Aliran Bebas (freeflow pacifier). Pada perisainya, Anda bisa menemukan enam lubang ventilasi. Jumlah lubang yang ekstra ini memudahkan kulit bayi bernapas. Dengan begitu, risiko iritasi pun akan makin kecil.


Selain perisai yang ciamik, bagian nipple-nya juga memiliki desain orthodontic. Desain orthodontic dirancang dapat menyokong pertumbuhan gigi bayi. Teksturnya yang lentur juga nyaman dipakai oleh bayi agar ia bisa tenang.

Pertanyaan umum seputar empeng bayi

Pertanyaan umum seputar empeng bayi

Empeng sudah menjadi barang andalan orang tua untuk menenangkan bayi. Meski begitu, Anda mungkin masih memiliki beberapa pertanyaan seputar empeng untuk bayi. Kami sudah merangkum beberapa pertanyaan populer sekaligus menyediakan jawabannya. Mari simak pembahasannya!

Apakah empeng baik untuk bayi?

Empeng menawarkan sejumlah manfaat untuk si kecil dan orang tua. Meski begitu, jika tak hati-hati, penggunaan empeng untuk bayi juga menimbulkan dampak negatif.


Manfaat empeng untuk bayi:

  • Menenangkan bayi yang rewel karena beberapa bayi sangat senang mengisap sesuatu
  • Membantu menidurkan bayi
  • Menurunkan risiko sindrom kematian bayi mendadak (SIDS)
  • Menjadi distraksi pada kondisi tertentu, seperti saat bayi menjalani imunisasi dan prosedur medis lain
  • Memberikan kenyamanan untuk bayi saat dalam perjalanan

Potensi dampak buruk empeng:

  • Bayi menjadi ketergantungan terhadap empeng jika terlalu sering digunakan
  • Penggunaan jangka panjang berisiko menimbulkan masalah gigi, termasuk tonggos atau gigi tidak sejajar
  • Mengganggu proses menyusui pada beberapa bayi jika empeng diberikan terlalu cepat setelah lahir (nipple confusion)
  • Meningkatkan risiko infeksi telinga bagian tengah

Bolehkah bayi 0 bulan memakai empeng?

Bayi 0 bulan (newborn) boleh saja diberikan empeng. Namun, bagi ibu yang menyusui, ada hal yang perlu Anda perhatikan untuk mencegah nipple confusion


American Academy of Pediatrics (AAP) menyarankan orang tua untuk terlebih dahulu membiasakan bayi untuk menyusu. Jika si kecil sudah terbiasa menyusu, barulah empeng diberikan. Pertimbangkan untuk memberikan empeng setelah bayi berusia 3 minggu atau 4 minggu.

Baca juga rekomendasi produk lainnya untuk bayi di sini

Kesimpulan

Kami telah memaparkan cara memilih empeng untuk bayi. Sepuluh produk yang bagus dari berbagai merek juga telah kami review. Dari sepuluh produk di atas, sudahkan Anda menemukan produk yang sekiranya cocok untuk si kecil?

Empeng bayi tetap memiliki dampak negatif jika tak bijak digunakan. Untuk itu, kami sarankan agar Anda tak bergantung pada empeng untuk menenangkan si kecil. Semoga ulasan kami bermanfaat untuk Anda dan buah hati, ya!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer