10 Rekomendasi Action Camera Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Action Camera Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

Dengan menggunakan action camera atau kamera aksi, Anda bisa mendapatkan “first person view” untuk merasakan sensasi nyata dari gambar yang dihasilkan. Kamera semacam ini sering digunakan untuk merekam olahraga ekstrem, lanskap saat berkendara, hingga atlet yang sedang bertanding. GoPro, Olympus, Ricoh, dan Sony merupakan beberapa perusahaan yang terdepan dalam memproduksi action camera.

Setiap produsen memiliki keunggulan masing-masing, seperti kualitas gambar 4K, fitur wide angle, hingga penahan guncangan. Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih kamera aksi, serta merekomendasikan beberapa produk terbaiknya. Silakan merujuk artikel ini guna menemukan kamera yang Anda idamkan!

Daftar isi

Cara memilih action camera

Sebelum memberikan rekomendasi produk, pertama-tama kami akan menjelaskan cara memilih action camera. Ada poin-poin penting yang harus diperhatikan sebelum Anda membelinya.

Pilih kualitas gambar berdasarkan kebutuhan, mau full HD atau 4K?

Pilih kualitas gambar berdasarkan kebutuhan, mau full HD atau 4K?

Resolusi action camera yang sekarang menjamur adalah 4K. Umumnya, semakin bagus kualitas gambar yang dihasilkan, harga kameranya pun semakin tinggi. Untuk itu sangatlah penting memilih kamera dengan resolusi sesuai kebutuhan Anda.

Jika Anda langsung menikmati hasil tangkapan kamera dan tidak mengeditnya, kualitas full HD sudah cukup. Namun, jika Anda ingin mendapatkan gambar video dengan resolusi terbaik, kami menyarankan untuk memilih action camera 4K. Dengan kamera tersebut, Anda bisa mengedit gambar atau videonya tanpa terjadi penurunan kualitas gambar.

Ada satu hal yang perlu Anda ingat. Saat kualitas gambar meningkat, jumlah pemotretan per detik bisa menurun. Jadi, pastikan untuk memeriksa frame rate kamera dengan saksama.

Pilih kamera yang memiliki high frame rate untuk pengambilan gambar sports

Pilih kamera yang memiliki high frame rate untuk pengambilan gambar sports

Jika Anda mencari action camera untuk mengabadikan olahraga ekstrem dengan pergerakan cepat, fokuslah pada frame rate-nya. Frame rate adalah jumlah frame yang bisa direkam per detik. Semakin besar angkanya, gambar yang dihasilkan akan semakin halus meski gerakan yang ditangkap berlangsung intens.

Frame rate yang umum digunakan adalah 30 fps (pada beberapa perusahaan menuliskan 30p). Akan tetapi, ada juga produk dengan frame rate tinggi seperti 120 fps dan 240 fps. Produk tersebut sangat sempurna untuk mengambil gambar sports.

Pada kamera dengan kualitas gambar 4K, biasanya frame rate berkurang hingga separuh dibandingkan dengan kamera full HD. Saat frame rate berkurang, Anda tidak akan mendapatkan gambar dengan gerakan yang halus dan berkualitas. Guna mendapatkan gambar terbaik, pilihlah frame rate yang tinggi!

Perhatikan angle of view kamera dengan menentukan fokus objeknya

Perhatikan angle of view kamera dengan menentukan fokus objeknya

Sudut pandang atau angle of view adalah indikator sejauh mana pemandangan dapat ditampilkan dalam gambar. Manusia mampu menangkap sekitar 180-200 derajat dengan kedua matanya. Semakin dekat dengan angka tersebut, hasil yang ditampilkan semakin mirip dengan yang dilihat oleh mata.

Pada umumnya, action camera memiliki sudut pandang 130 hingga 150 derajat. Belakangan ada produk yang memiliki sudut pandang 200 derajat sehingga dapat mengambil gambar pemandangan secara dinamis. Namun, semakin lebar sudut pandangnya, kemungkinan gambar buram juga semakin tinggi. Sudut pandang juga akan menyempit saat berada dalam mode pengoreksi guncangan kamera.

Jika Anda mementingkan kestabilan terhadap guncangan dan ingin mengambil gambar dengan pergerakan yang halus, pilihlah kamera dengan sudut pandang yang sempit. Namun, jika ingin mengambil sudut pandang luas agar terasa lebih nyata, gunakan kamera dengan wide angle. Anda juga bisa mempertimbangkan kamera yang dilengkapi fungsi zoom agar dapat mengatur sudut pandang untuk rentang pemotretan yang lebih luas.

Pilih produk yang memiliki fitur peredam getaran (image stabilizer)

Pilih produk yang memiliki fitur peredam getaran (image stabilizer)

Ada dua jenis fitur pengoreksi guncangan pada kamera, yakni optical dan electronic. Jika Anda mengutamakan kualitas gambar, pilihlah optical stabilizer. Namun, jika Anda tidak melakukan banyak gerakan serta butuh alat yang compact, pilihlah tipe electronic.

Meskipun teknologi optical dapat merekam gambar indah tanpa harus melalui proses editing, tetapi strukturnya cukup kompleks. Hal ini menyebabkan body camera berukuran besar. Kualitas gambar tipe electronic memang lebih rendah, tetapi modelnya ringkas dan biasanya lebih murah.

Cek kemampuan waterproof dan dustproof-nya

Cek kemampuan waterproof dan dustproof-nya

Saat hendak syuting di dalam air, cek fitur waterproof pada kamera. Untuk syuting di pantai, kamera dengan kemampuan waterproof 3 m sudah cukup. Namun, untuk pengambilan gambar di dalam air seperti saat diving, gunakan kamera dengan kemampuan waterproof antara 20-60 m.

Selain kamera dengan body yang kedap air, ada juga kamera yang dilengkapi dengan wadah tertutup atau casing. Anda bisa membeli casing-nya secara terpisah. Namun, Anda harus memastikan casing tersebut cocok dengan kamera Anda.

Fitur dustproof tidak kalah pentingnya dengan fitur waterproof. Fitur ini wajib jika Anda menggunakan action camera untuk trail run atau motorcross. Untuk medan yang penuh dengan debu, gunakanlah action camera dengan fitur dustrpoof yang tinggi.

Kami sarankan Anda menggunakan produk dengan grade IP 6X atau IP 5X. Pada grade IP 6X, debu tidak dapat masuk ke dalam kamera sama sekali. Di sisi lain, dengan grade IP 5X debu tidak masuk sampai ke dalam interior sehingga tidak akan merusak fungsi kamera.

Perhitungkan daya tahan baterainya dan siapkan cadangannya

Perhitungkan daya tahan baterainya dan siapkan cadangannya

Periksalah jumlah foto yang dapat dihasilkan atau daya tahan baterai kamera untuk merekam dalam sekali cas. Jika Anda merekam event olahraga atau jalanan saat mengendarai sepeda motor, jangan sampai baterainya mendadak habis.

Untuk itu, memeriksa kapasitas baterai yang terpasang sangatlah penting. Pastikan juga menyiapkan baterai cadangan. Akan lebih baik jika bisa dicas ulang menggunakan baterai ponsel. Ini akan sangat berguna dalam kondisi darurat.

Pilih kamera dengan ukuran dan berat yang mudah digunakan

Pilih kamera dengan ukuran dan berat yang mudah digunakan

Action camera berbeda dengan kamera biasa yang harus dipegang menggunakan tangan. Action camera didesain untuk bisa dipasang di helm, baju, setang sepeda, dan lain-lain. Kamera dengan ukuran yang besar dan berat tentu saja akan menyulitkan. Akan lebih baik jika Anda memilih kamera yang compact dan memiliki bobot seringan mungkin.

Terlebih jika Anda berencana untuk merekam dalam durasi yang lama. Sebaiknya Anda mengecek ukuran dan bobotnya dengan mencoba memegangnya langsung di toko.

Pilih kamera yang bisa menggunakan beragam mount

Pilih kamera yang bisa menggunakan beragam mount

Oleh karena action camera digunakan pada tempat dan situasi yang beragam, biasanya mount digunakan untuk memastikannya tidak terjatuh. Ada berbagai jenis mount yang dikeluarkan oleh produsen asli maupun pihak ketiga guna memudahkan pemakaiannya.

Saat bersepeda misalnya, Anda bisa memasang action camera di setang, roda depan, helm, atau topi. Jadi, Anda harus memilih produk yang bisa dipasang beragam jenis mount.

Pilih action camera yang dilengkapi fitur Wi-Fi

Pilih action camera yang dilengkapi fitur Wi-Fi

Untuk Anda yang gemar berbagi video, kami sarankan agar memilih produk yang memiliki fitur Wi-Fi. Adanya Wi-Fi akan memudahkan Anda untuk mentransfer video atau foto. Anda cukup mentransfer video dan foto yang Anda ambil ke smartphone dan mengunggahnya ke media sosial.

Beberapa tipe kamera bahkan bisa di-preview dari tablet atau smartphone dan dikendalikan dari jarak jauh. Bukankah ini sebuah pilihan yang menarik?

Action camera dengan layar built-in akan lebih nyaman digunakan

Action camera dengan layar built-in akan lebih nyaman digunakan

Jika Anda ingin merekam lanskap dan berbagai event, pilihlah kamera yang memiliki display atau layar built-in. Kamera dengan display memang ukurannya sedikit lebih besar, tetapi Anda bisa mengambil gambar sambil mengatur komposisinya.

Tidak semua action camera dilengkapi dengan display. Saat merekam olahraga, display memang tidak terlalu penting sebab subjek gambar bergerak dinamis. Namun, kamera aksi dengan display menjadi penting saat mengabadikan lanskap, pagelaran seni, atau event tertentu.

Untuk merekam di tempat gelap, pilih kamera yang iluminasi objeknya di bawah 5 lux

Untuk merekam di tempat gelap, pilih kamera yang iluminasi objeknya di bawah 5 lux

Sebagian besar action camera memiliki objek iluminasi sekitar 6 lux supaya bisa merekam di dalam gelap. Semakin kecil angkanya, semakin jelas gambar yang terekam di kegelapan. Jika Anda sering mengambil gambar di tempat yang gelap, seperti di dalam gua atau pada malam hari, pilih kamera yang iluminasinya lebih rendah dari 5 lux.

10 Rekomendasi action camera terbaik

Sekarang kami akan memberikan 10 rekomendasi action camera terbaik. Anda dapat menggunakan rekomendasi ini dalam memilih action camera yang paling cocok untuk Anda!

10. YI Action Camera Basic Edition

10. YI Action Camera Basic Edition

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 790.000

Compact dan ramping, mudah dibawa ke mana-mana

Kamera mungil ini memiliki fitur image sensor Sony Exmor R CMOS backside-illuminated. Berkat fitur tersebut, Anda bisa mendapatkan gambar yang jernih dalam kondisi minim cahaya sekalipun. Lensa ultra-wide 155 derajat yang dimilikinya juga memungkinkan Anda menangkap gambar dari hampir semua pemandangan yang tersaji di depan mata.

Ukurannya yang compact dan ramping juga tidak akan merepotkan Anda saat membawanya. Tanpa dilengkapi terlalu banyak tombol, kamera ini mudah dioperasikan, bahkan oleh pemula. Cocok untuk Anda yang baru belajar menggunakan action camera.

Image quality Full HD
Angle of view 155 derajat
Waterproof 40 m dengan housing
Wi-Fi
Frame rate 60 fps
Image stabilization Tidak ada keterangan
Continuous shooting time 95 menit
Display ×

9. Panasonic Wearable Camera HX-A1M

9. Panasonic Wearable Camera HX-A1M

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 1.349.000

Si mungil yang mampu merekam kegelapan malam

Panasonic membekali produk action camera-nya ini dengan mode night vision. Berkat adanya fitur 0 Lux Night Mode yang dilengkapi dengan infrared dan glasscover, Anda bisa merekam gambar dengan baik meskipun pada malam hari atau di tempat-tempat gelap.

Ukurannya yang sangat compact dan bobotnya yang hanya 45 gram, membuat kamera ini sangat mudah dibawa bepergian. Selain itu, kamera ini juga tahan guncangan saat jatuh dari ketinggian 1,5 m. Dengan spesifikasinya, kamera ini cocok untuk videografi wildlife di malam hari, misalnya untuk merekam gambar hewan-hewan nocturnal.

Image quality Full HD
Angle of view 150 derajat
Waterproof 1,5 m
Wi-Fi
Frame rate 30 fps
Image stabilization ×
Continuous shooting time Tidak ada keterangan
Display ×

8. Brica B-PRO5 Alpha Edition 4K Mark IIs

8. Brica B-PRO5 Alpha Edition 4K Mark IIs

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 875.000

Kamera dual LCD dengan harga terjangkau

Ingin memiliki action camera, tetapi budget Anda terbatas? Tak usah khawatir! Masih ada Brica B-PRO5 Alpha Edition 4K Mark IIs. Dengan harga yang relatif ekonomis, kamera dual LCD ini sudah dilengkapi prosesor teknologi terbaru sehingga warna yang dihasilkan tidak terdistorsi.

Kamera ini juga memiliki port 2,5 mm untuk external microphone untuk memastikan suara yang jernih saat merekam video. Kekurangannya adalah kamera ini tidak memiliki fitur peredam getaran. Namun, mengingat harganya yang terjangkau, hal tersebut bisa dimaklumi.

Image quality 4K
Angle of view 170 derajat
Waterproof 40 m dengan housing
Wi-Fi
Frame rate 30 fps
Image stabilization ×
Continuous shooting time 100 menit pada pengoperasian normal
65 menit live stream dan pengoperasian normal
Display

7. GoPro Hero 5 Black

7. GoPro Hero 5 Black

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 3.400.000

GoPro entry level dengan kualitas bersaing

Anda pemula yang ingin memiliki kamera aksi dengan harga serta kualitas bersaing? Maka GoPro Hero 5 Black adalah jawabannya. Cukup tekan satu tombol untuk menyalakan dan memulai merekam video. Resolusi foto yang dihasilkan kamera aksi ini sebesar 12 MP, sedangkan untuk video sudah mencapai kualitas 4K dengan 30 fps.

GoPro Hero 5 Black dilengkapi dengan fitur voice control dalam tujuh bahasa. Hal ini memungkinkan Anda untuk mulai merekam momen yang diinginkan cukup dengan instruksi suara sederhana. Benar-benar simpel, bukan?

Image quality 4K
Angle of view Tidak ada keterangan
Waterproof 10 m
Wi-Fi
Frame rate 4K/30 fps, 1440 P/80 fps, 1080 P/120 fps
Image stabilization Digital
Continuous shooting time 95 menit
Display

6. Ricoh WG M1

6. Ricoh WG M1

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 1.499.000

Tangguh menghadapi segala medan!

Kamera ini mampu bertahan di kedalaman air hingga 10 m tanpa housing, cuaca dingin hingga -10 derajat, dan tahan banting hingga ketinggian 2 m. Cocok digunakan untuk menenami Anda traveling ke gunung, pantai, atau motorsports. Tombol pengoperasiannya pun cukup besar sehingga mudah dipencet meski Anda memakai sarung tangan.

Image quality Full HD
Angle of view 160 derajat
Waterproof 10 m tanpa housing
Wi-Fi
Frame rate 30 fps
Image stabilization Electronic (movie only)
Continuous shooting time 150 menit
Display

5. Sony DSC-RXO

5. Sony DSC-RXO

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 7.999.000

Kamera ultra compact dengan teknologi canggih dan tahan guncangan

Mengintegrasikan lensa ZEISS® Tessar, sensor CMOS Exmor RS, dan prosesor BIONZ X, kamera ini mampu menghasilkan kualitas gambar yang sempurna. Body-nya pun dibuat sangat ringkas dan tangguh. Produk ini tahan guncangan dan bisa menyelam hingga kedalaman 100 m.

Action camera ini memiliki rentang ISO yang luas sehingga mampu mengambil gambar dengan baik dalam berbagai kondisi, termasuk dalam keadaan gelap. Jika Anda ingin mengabadikan gambar di bawah laut dengan cahaya redup yang ekstrem, kamera ini bisa Anda pilih.

Image quality 4K
Angle of view 84 derajat
Waterproof 10 m tanpa housing, 100 m dengan housing
Wi-Fi
Frame rate 16 fps (pengambilan continue tanpa blackout)
960 fps (slow motion)
Image stabilization Digital
Continuous shooting time 60 menit
Display

4. Olympus Stylus Tough TG Tracker

4. Olympus Stylus Tough TG Tracker

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 5.090.000

Kamera 4K yang tahan banting, teman petualangan di segala kondisi!

Inilah kamera yang dibutuhkan para petualang sejati! Selain tahan banting dan mampu digunakan di segela kondisi, kamera ini juga dilengkapi beberapa fitur yang menunjang petualangan, seperti GPS, kompas, barometer, dan termometer. Dalam kondisi minim cahaya, terdapat built-in headlight yang mempermudah proses perekaman gambar.

Kamera ini dilengkapi field sensor system dan lensa ultra wide yang mampu menangkap gambar dengan sempurna. Selain itu, keberadaan 5-axis digital image stabilization membuat Anda bisa fokus memotret tanpa harus memikirkan soal gambar yang berisiko kabur.

Image quality UHD 4K
Angle of view 204 derajat
Waterproof 30 m
Wi-Fi
Frame rate 30 fps
Image stabilization Digital
Continuous shooting time 95 menit
Display

3. GoPro Hero 6 Black

3. GoPro Hero 6 Black

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 5.968.000

Fitur QuikStories untuk mengedit video dengan mudah

Dibandingkan produk sebelumnya, GoPro Hero Black 5, kamera aksi ini memiliki kinerja yang lebih baik saat kondisi kurang cahaya. Hal ini dikarenakan produk ini memiliki image stabilization yang semakin baik. Selain itu, kamera ini juga dilengkapi dengan mesin terbaru GP1 yang mampu merekam gambar dengan resolusi 4K pada 60 fps.

Dalam action camera ini ditanam program QuikStories yang dapat digunakan untuk mentransfer dan mengedit video dengan mudah. Proses transfer datanya pun semakin cepat karena kinerja Wi-Fi-nya sangat baik. Kamera mungil ini cocok untuk Anda senang mengunggah gambar ke media sosial saat sedang traveling.

Image quality 4K
Angle of view Tidak ada keterangan
Waterproof 30 m
Wi-Fi
Frame rate 60 fps
Image stabilization Digital
Continuous shooting time Tidak ada keterangan
Display

2. Sony Action Cam 4K FDR-X3000

2. Sony Action Cam 4K FDR-X3000

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 5.699.000

Dilengkapi peredam guncangan mutakhir yang memastikan gambar tidak blur

Sony FDR X3000 mengusung teknologi Balanced Optical SteadyShot (B.O.SS) yang bekerja pada semua mode rekaman. Teknologi ini memberikan hasil gambar yang mulus dan tidak blur. Hal tersebut menjadikan produk dari Sony yang satu ini sangat cocok bagi Anda yang ingin merekam aksi-aksi menantang atau situasi aktif lainnya.

Lensa Zeiss ultra-wide yang dipasang pada action camera ini mampu menghasilkan foto dengan resolusi yang sudah cukup mumpuni, yakni 8,2 MP. Fitur unggulan lainnya adalah live-view remote dengan kontrol penuh pengaturan pengambilan gambar termasuk mematikan dan menghidupkan kamera dari kejauhan.

Image quality 4K
Angle of view Wide, medium, narrow (bisa diatur)
Waterproof 60 m dengan underwater housing
Wi-Fi
Frame rate 30 fps (4K)
Image stabilization Balanced Optical SteadyShot
Continuous shooting time 4K: 60 menit

MP4 1920 x 1080 30p (HQ): 135 menit dalam kondisi Wi-Fi nonaktif.

Display

1. GoPro Hero 7 Black

1. GoPro Hero 7 Black

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 6.680.000

Fitur hypersmooth stabilization cerdas untuk hasil stabil tanpa gimbal

Dear para vlogger, kini saatnya ucapkan selamat tinggal pada gimbal! Fitur hypersmooth yang tertanam pada produk ini mampu memprediksi gerakan Anda serta mengatasi goyangan pada kamera. Video yang dihasilkan jadi semakin halus dan terlihat profesional. Ngevlog pun terasa semakin mudah dan menyenangkan!

GoPro Hero 7 juga menghadirkan fitur SuperPhoto. Fitur ini akan memproses pengaturan kamera berdasarkan pencahayaan, gerakan, dan kondisi lainnya secara otomatis. Dengan begitu, tanpa diedit pun hasilnya sudah memuaskan. Sangat pas untuk Anda yang ingin mendapatkan konten foto terbaik, tetapi tidak suka terlalu banyak mengedit.

Image quality 4K
Angle of view 170 derajat
Waterproof 10 m
Wi-Fi
Frame rate 60 fps
Image stabilization Digital
Continuous shooting time Tidak ada keterangan
Display

Kesimpulan

Bagaimana pendapat Anda tentang rekomendasi produk action camera terbaik kami? Apakah ada yang menarik perhatian Anda?

Memiliki action camera merupakan investasi yang sangat berharga di masa kini. Dengan menggunakan action camera, Anda bisa mengabadikan petualangan, pertandingan olahraga, dan momen-momen atraktif lainnya. Semoga Anda segera menemukan kamera yang menarik di hati!