10 Rekomendasi Action Camera Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Action Camera Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Jika Anda termasuk orang yang senang mengabadikan hal-hal ekstrem seperti keindahan bawah laut, hamparan es, hutan belantara, atau olahraga ekstrem, action camera bisa menjadi jawaban Anda! Dengan berbagai fitur seperti fungsi waterproof dan kompatibilitas Wi-Fi yang terus berkembang, membuat kamera ini semakin menjadi primadona! Saat ini cukup banyak beredar action camera yang diproduksi perusahaan-perusahaan seperti Olympus, GoPro, Sony, dan Panasonic.

Untuk Anda yang sedang mencari action camera, kali ini kami akan merekomendasi 10 action camera terbaik berdasarkan keunggulan masing-masing produk. Namun sebelumnya, akan kami jelaskan bagaimana cara memilih action camera. Mari abadikan setiap momen dalam hidup Anda dengan action camera favorit!

Daftar isi

Cara memilih action camera

Action camera dapat mengambil gambar panorama dengan tampilan realistis seperti yang dilihat dari mata fotografer. Hal inilah yang membedakan action camera dengan kamera video handheld biasa. Berikut adalah poin-poin yang harus Anda perhatikan sebelum membeli action camera yang paling tepat untuk Anda!

Perhatikan frame rate-nya

Perhatikan frame rate-nya

Frame rate adalah jumlah frame yang dapat direkam per detik. Semakin besar angka ini, semakin halus gambar yang dapat Anda rekam, bahkan pada layar yang membuat gerakan intens. Frame rate yang umum digunakan adalah 30 fps (pada beberapa perusahaan menuliskan 30p). Akan tetapi, ada juga produk dengan frame rate tinggi seperti 120 fps dan 240 fps yang biasanya digunakan terutama untuk olahraga intens dan semacamnya.

Perlu diperhatikan bahwa semakin tinggi nilai frame rate, maka ukuran file-nya juga akan semakin besar sehingga Anda perlu menyiapkan kartu memori dengan kapasitas yang lebih besar.

Kualitas gambar 4K atau full high definition?

Kualitas gambar 4K atau full high definition?

Saat ini, ada dua pilihan kualitas gambar yang paling populer yaitu 4K dan full high definition.

Jika Anda memilih action camera dengan kualitas gambar 4K, Anda harus memastikan bahwa layar TV atau komputer yang digunakan untuk memutar rekaman video mendukung kualitas gambar 4K.

Saat ini jumlah produk LCD yang kompatibel dengan kualitas gambar 4K terus bertambah. Oleh karena itu, akan lebih baik jika Anda memilih action camera dengan kualitas gambar 4K sebagai investasi masa depan, meskipun saat ini Anda belum memiliki LCD yang kompatibel dengan gambar 4K.

Cek besar sudut pandangnya

Cek besar sudut pandangnya

Sudut pandang adalah indikator sejauh mana pemandangan dapat ditampilkan dalam gambar. Pada umumnya, action camera yang beredar di pasaran saat ini memiliki sudut pandang 130° hingga 150°. Namun, ada beberapa produk yang memiliki sudut pandang sebesar 200° atau lebih yang dapat mengambil gambar pemandangan secara dinamis. Jika Anda bisa mendapatkan action camera dengan sudut pandang sekitar 180°, hasilnya tentu akan memuaskan.

Fitur peredam getaran (image stabilizer)

Fitur peredam getaran (image stabilizer)

Action camera diciptakan untuk digunakan pada kondisi ekstrem dengan tetap menghasilkan gambar yang jernih. Karena itu, sebaiknya Anda memilih action camera yang memiliki fitur peredam guncangan. Fitur peredam getaran yang umum digunakan oleh sebagian besar produsen action camera adalah tipe optical stabilizer. Namun evolusi teknologi peredam getaran ‘Balanced Optical SteadyShot’ yang ditanamkan pada beberapa model kamera merek Sony, memiliki kinerja yang sangat tinggi dan dapat dikatakan berada selangkah di depan.

Fungsi waterproof atau dustproof

Fungsi waterproof dan dustproof sangat penting untuk melindungi kamera dari kerusakan. Misalnya saat melakukan pemotretan dengan sepeda motor atau mengambil gambar dari pergerakan olahraga ski atau snowboarding.

Kinerja waterproof

Kinerja waterproof

Ada jenis action camera yang tahan air hanya dengan bodinya saja dan ada juga jenis action camera yang harus menggunakan housing (tempat meletakkan kamera) saat akan bersentuhan dengan air.

Kinerja waterproof dilambangkan dengan standar IPX, dan ditentukan bahwa IPX 1 adalah yang paling sederhana hingga IPX 8 yang dapat bertahan di kedalaman air. Pilihlah action camera dengan IPX 3 jika Anda berencana akan menggunakannya di bawah hujan, sementara IPX 8 jika menggunakannya untuk menyelam di bawah air.

Fungsi dustproof

Fungsi dustproof

Tujuan utama dari penciptaan action camera adalah menggunakannya di alam bebas, sehingga Anda harus memilih action camera yang masih aman dari partikel halus seperti debu dan pasir.

Anda dapat memilih produk berdasarkan peringkat tertinggi IP 6X (debu tidak dapat masuk ke dalam kamera) atau IP 5X (debu tidak masuk ke dalam interior, meski sedikit mengganggu, namun tidak merusak fungsi kamera).

Ukuran dan berat

Ukuran dan berat

Anda harus mempertimbangkan ukuran dan berat action camera terutama jika Anda akan memasangnya pada bagian tubuh. Semakin ringan bobotnya, semakin sedikit beban yang harus Anda bawa. Pilihlah action camera dengan ukuran dan berat yang sesuai dengan kebutuhan pemakaian, serta pertimbangkan juga di mana Anda akan memasangnya.

Pilihan mounting yang beragam

Pilihan mounting yang beragam

Karena action camera digunakan pada tempat dan situasi yang beragam, ada berbagai jenis mount yang disediakan dan dikeluarkan oleh produsen asli maupun pihak ketiga untuk memudahkan penggunaannya.

Saat bersepeda misalnya, Anda akan memerlukan mount tertentu tergantung di mana Anda akan memasang action camera. Apakah di helm atau topi, di bodi sepeda itu sendiri, atau bahkan di tempat lain. Jadi Anda harus memilih produk yang menawarkan banyak pilihan mount yang bisa memenuhi kebutuhan pemasangan action camera.

Apakah memiliki layar built-in atau tidak?

Apakah memiliki layar built-in atau tidak?

Ada banyak jenis action camera yang tidak memiliki tampilan layar agar ukurannya bisa dibuat lebih kecil. Namun, ada juga tipe action camera yang bisa menampilkan rekaman pada layar smartphone atau lainnya yang tersedia sebagai pilihan.

Nah, jika tampilan layar adalah hal yang mutlak bagi Anda, sebaiknya Anda mengesampingkan berat dan ukuran action camera. Namun, bisa dikatakan bahwa tampilan layar tidak terlalu penting jika Anda merekam aktivitas yang terus bergerak misalnya saat merekam pertandingan olahraga yang sedang berlangsung karena Anda tidak akan memiliki waktu untuk mengecek gambar yang Anda tangkap saat itu juga.

Ketersediaan koneksi Wi-Fi

Ketersediaan koneksi Wi-Fi

Saat ini, jenis action camera yang dapat terhubung dengan smartphone dan tablet melalui koneksi Wi-Fi terus meningkat. Jika Anda memilih action camera yang memiliki koneksi Wi-Fi, Anda tidak perlu repot-repot kembali ke rumah dan mentransfer video atau foto dengan menghubungkanya ke komputer. Anda bahkan dapat mentransfer video dan foto yang Anda ambil ke smartphone pada saat itu juga dan mengunggahnya ke social media Anda.

Ketersediaan koneksi Wi-Fi ini dapat menjadi pertimbangan dalam memilih action camera disesuaikan dengan kebutuhan dan cara pemakaian Anda.

10 Rekomendasi action camera terbaik

Sekarang, kami akan memberikan 10 rekomendasi action camera terbaik. Anda dapat menggunakan rekomendasi ini dalam memilih action camera yang paling cocok untuk Anda!

10. Ricoh WG M1

10. Ricoh WG M1

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 2.769.000

Action camera terjangkau dengan banyak kelebihan

Ricoh WG M1 menawarkan bentuk yang unik dengan warna oranye yang menarik. Dengan harga kurang dari 3 juta rupiah, kamera ini mampu mengambil gambar dengan resolusi 14MP dan menghasilkan video dengan kualitas full HD.

Action camera dari Ricoh ini dapat bertahan di kedalaman air hingga 10 m tanpa housing, cuaca dingin hingga -10°C, dan tahan banting hingga ketinggian 2 m. Di dalam kamera ini juga terpasang pendeteksi gerakan yang dapat merekam secara otomatis. Tidak lupa koneksi Wi-Fi yang dipasang di dalamnya memungkinkan Anda untuk berbagi foto atau video pada saat itu juga.

9. GoPro Hero 5 Session

9. GoPro Hero 5 Session

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 4.356.000

Action camera mungil yang mudah dibawa-bawa

Cukup satu tombol untuk menyalakan dan memulai merekam video dengan GoPro Hero 5 Session ini. Meski resolusi foto yang dihasilkan hanya 10MP, video dari action camera ini sudah mencapai kualitas 4K dengan 30 fps. Produk ini juga didesain untuk mampu bertahan di dalam air hingga kedalaman 10 m.

Selain itu, action camera satu ini telah dilengkapi dengan image stabilization untuk memberikan video yang mulus dan stabil baik dalam kondisi handheld maupun ketika dipasangkan pada gear Anda. Fitur voice control yang tersedia pada GoPro Hero 5 Session ini memungkinkan Anda mulai merekam momen yang diinginkan cukup dengan instruksi suara!

8. Garmin VIRB XE

8. Garmin VIRB XE

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 6.750.000

Action camera dengan pelacak GPS

Garmin VIRB XE adalah action camera yang dapat merekam gambar, serta kecepatan dan lokasi pada saat bersamaan. Kamera yang dapat bertahan tanpa housing di kedalaman air hingga 50 m ini memiliki resolusi video full HD dan resolusi foto 12MP. Fitur one touch recording pada kamera ini memudahkan Anda mengabadikan momen yang diinginkan.

Selain itu, kamera ini juga telah dilengkapi dengan built-in Wi-Fi serta aplikasi yang kompatibel dengan smartphone yang memungkinkan Anda mengecek langsung hasil rekaman dan menyimpankan di cloud. Garmin VIRB yang merupakan pelopor pemasangan pelacak GPS di action camera juga menanamkan GPS tracking di action camera seri XE ini.

7. Panasonic HX A1

7. Panasonic HX A1

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.799.000

Action camera dengan harga terjangkau yang menawarkan mode ‘night vision’

Apakah Anda ingin memiliki action camera tetapi tidak memiliki budget yang berlebih? Jika iya, maka Panasonic HX A1 action camera bisa menjadi pilihan Anda! Dengan harga kurang dari 2 juta rupiah, Anda sudah dapat memiliki kamera dengan fitur-fitur yang tidak kalah menarik dengan merek lain ini.

Action camera berbentuk silinder dari Panasonic ini hadir dengan berat hanya 45 gram. Meskipun ringan, kamera ini mampu bertahan di kedalaman air hingga 1,5 m dan suhu ekstrem hingga -10°C. Panasonic juga membekali produk action camera-nya dengan mode ‘night vision’ sehingga Anda tetap bisa merekam gambar di malam hari. Video yang dihasilkan pun memiliki resolusi full HD. Cukup handal untuk kategori kamera murah, bukan?

6. SJ Cam SJ7 Star

6. SJ Cam SJ7 Star

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 2.587.000

Action camera dengan lensa wide-angle untuk sudut pandang yang lebih luas

SJ Cam merupakan salah satu produsen action camera yang menggunakan lensa dengan sudut pandang yang bisa diatur hingga 166°. Anda juga bisa langsung mengecek hasil video atau foto yang diambil lewat layar sentuh built-in berukuran 2 inci pada SJ Cam S7 Star ini.

Action camera dari SJ Cam ini sudah dilengkapi dengan koneksi Wi-Fi, remote control, dan pendeteksi gerakan. Kamera ini juga cukup tangguh karena mampu bertahan di bawah air hingga 30 m dengan memakai housing-nya. Namun sayangnya, kamera ini belum dilengkapi dengan GPS seperti action camera merek lain.

5. GoPro Hero 5 Black

5. GoPro Hero 5 Black

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 4.999.000

Action camera paling populer dan diminati

Salah satu action camera dengan penjualan terbaik adalah GoPro Hero 5 Black. Action camera ini diminati karena lebih ramping, lebih lengkap fiturnya, mudah digunakan dan mudah disambungkan ke perangkat smartphone Anda.

Kamera ini juga dapat bertahan di bawah air dengan kedalaman 10 m tanpa menggunakan housing. Video yang dihasilkan juga memiliki kualitas 4K pada 30fps, dan foto dengan resolusi 12MP. Selain itu, GoPro Hero 5 Black telah dilengkapi dengan layar sentuh yang memungkinkan Anda mengganti pengaturan pada kamera dengan mudah dan cepat.

4. Olympus Stylus Tough TG Tracker

4. Olympus Stylus Tough TG Tracker

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 5.405.829

Action camera tangguh dengan 5 sensor tambahan

Action camera Olympus Tough TG Tracker merupakan kamera dengan lensa ultra wide yang mampu memproduksi video dengan kualitas 4K pada 30fps, serta foto dengan resolusi 7,2MP. Terdapat lima sensor yang ditanam dalam action camera ini, yaitu GPS, kompas, barometer, akselerometer, dan termometer.

Action camera produksi Olympus ini mampu bertahan di bawah air hingga kedalaman 30 m tanpa housing, dan tahan suhu dingin hingga -10° C, cocok untuk semua kebutuhan petualangan Anda! Produk ini dilengkapi dengan Wi-Fi dan terdapat cahaya LED kecil untuk merekam video saat kondisi kurang cahaya.

3. GoPro Hero 6 Black

3. GoPro Hero 6 Black

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 6.499.000

Terbaru dan terbaik dari GoPro!

GoPro Hero 6 Black merupakan produk action camera terbaru yang diproduksi oleh GoPro. Produk ini masih memiliki beberapa fitur yang sama dengan pendahulunya, GoPro Hero 5 Black, seperti resolusi foto 12MP dan fitur waterproof hingga 10 m. GoPro Hero 6 Black memiliki kinerja yang lebih baik saat kondisi kurang cahaya dengan image stabilization yang telah berkembang.

Selain membawa keunggulan dari pendahulunya, action camera ini dilengkapi dengan mesin terbaru GP1 yang mampu merekam gambar dengan resolusi 4K pada 60fps. Dalam action camera ini ditanam voice command dan aplikasi QuikStories yang dapat digunakan untuk mentransfer dan mengedit gambar dengan mudah.

2. Sony FDR X3000

2. Sony FDR X3000

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 6.999.000

Teknologi B.O.SS untuk semua mode rekaman

Di antara sekian banyak action camera yang menjanjikan kualitas video 4K, Sony FDR X3000 mengusung teknologi Balanced Optical SteadyShot (B.O.SS) yang bekerja pada semua mode rekaman, memberikan Anda hasil yang lebih mulus dan tidak blur. Lensa Zeiss ultra-wide yang dipasang pada action camera ini mampu menghasilkan foto dengan resolusi 8,2MP.

Action camera dari Sony menyediakan housing sendiri yang mampu melindungi kamera dari air hingga kedalaman 60 m. Fitur lain dari action camera ini adalah telah terpasangnya Wi-Fi yang mampu dihubungkan ke smartphone sehingga Anda dapat melihat hasil foto atau rekaman secara langsung dan dapat menghapusnya saat itu juga jika Anda kurang puas dengan hasilnya.

1. Nikon KeyMission 360

1. Nikon KeyMission 360

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 6.899.000

Action camera yang tangguh dalam segala kondisi

Sebagai produsen kamera terkemuka, Nikon mengeluarkan produk action camera terbaik yang mampu merekam dari segala arah dan menghasilkan video dengan sudut pandang 360°! Tanpa housing tambahan, Nikon Key Mission 360 telah dipersiapkan untuk dapat bertahan di berbagai medan, waterproof hingga kedalaman 30 m, tahan suhu dingin hingga -14°C, dan tahan benturan hingga ketinggian 2 m.

Action camera dari Nikon ini menggunakan 2 lensa Nikkor dan 2 sensor untuk menangkap gambar di sekitar Anda dengan kualitas terbaik. Dengan resolusi video 4K dan foto 23,9MP, Anda tidak perlu meragukan kejernihan gambar yang dihasilkan. Selain itu, kamera ini juga telah dilengkapi dengan koneksi Wi-Fi dan Bluetooth.

Kesimpulan

Bagaimana pendapat Anda tentang rekomendasi produk action camera terbaik kami? Apakah ada yang menarik perhatian Anda?

Memiliki action camera merupakan investasi yang sangat berharga di masa kini. Jangan sampai Anda melewatkan momen yang kemungkinan hanya terjadi sekali seumur hidup. Semoga Anda segera menemukan action camera yang paling sesuai dengan keinginan Anda ,ya!