1. TOP
  2. >
  3. Kamera
  4. >
  5. Kamera lainnya
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Action Camera Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Action Camera Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Action Camera Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Action Camera Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Action Camera Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Action Camera Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Action Camera Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Action camera adalah alat yang wajib dimiliki pencinta kegiatan adventure. Kamera yang compact ini dapat dipasang di setang sepeda motor ataupun helm. Produknya juga mampu merekam dengan resolusi 4K hingga 60 fps. Bahkan ada tipe kamera 360, lho.

Kali ini kami akan berbagi rekomendasi action camera terbaik dari aneka merek. Produknya menawarkan beragam fitur, seperti Wi-Fi, stabilizer OIS atau EIS, hingga baterai yang awet. Anda pun bisa menemukan action camera murah yang bagus dari YI Technology, Brica, dan lainnya. Kami akan menjelaskan cara memilihnya lebih dahulu untuk Anda. Mari disimak!
Diperbaharui 01-05-2023
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Apa kelebihan dari action camera?

Apa kelebihan dari action camera?

Action cam menawarkan beragam keunggulan. Kamera sport dengan bentuk yang kecil ini bisa diletakkan di setang motor, helm, tongsis, dan lainnya. Action cam umumnya waterproof sehingga aman digunakan saat hujan, bahkan untuk dokumentasi snorkeling atau diving.


Anda tidak perlu ragu dengan hasil foto dan video yang ditangkap action cam. Kamera ini mampu merekam dengan resolusi 4K, lho! Selain itu, produknya sudah dilengkapi penstabil gambar agar video yang direkam minim guncangan. Meski Anda merekam saat berjalan atau berkendara, video yang ditampilkan tetap mulus.

Cara memilih action camera

Sebelum berbagi rekomendasi produk, kami akan menjelaskan cara memilih action camera. Ada poin-poin penting yang harus diperhatikan sebelum Anda membelinya.

① Periksa spesifikasi utama yang memengaruhi kualitas gambar

Anda tentu ingin mendapatkan rekaman video yang jelas, detail, dan bersih. Maka dari itu, Anda perlu mengecek beberapa spesifikasi penting yang memengaruhi kualitas videonya. Mari simak pembahasannya!

Resolusi Full HD ke atas, untuk gambar yang jelas dan bersih

Resolusi Full HD ke atas, untuk gambar yang jelas dan bersih
Sumber: gopro.com
Resolusi kamera action berpengaruh pada tingkat ketajaman dan kejelasan gambar yang direkam. Makin tinggi resolusi yang ditawarkan, harganya pun cenderung lebih tinggi. Jika Anda ingin langsung meng-upload video dari kamera action tanpa proses editing, resolusi Full HD sudah cukup.

Kami menyarankan untuk memilih resolusi 4K jika Anda ingin mendapatkan video dengan gambar terbaik. Dengan kamera tersebut, Anda bisa mengedit gambar atau video tanpa adanya penurunan kualitas gambar. Beberapa produsen saat ini juga mulai memproduksi kamera action dengan resolusi 5K. Kualitas gambar yang dihasilkannya tentu lebih jernih.

Frame rate 30 fps ke atas, video yang ditampilkan lebih halus

Frame rate 30 fps ke atas, video yang ditampilkan lebih halus

Jika Anda mencari action camera untuk membuat video, periksa frame rate-nya. Frame rate adalah jumlah frame yang bisa direkam per detik. Makin besar nilai frame rate, gambar yang dihasilkan juga akan makin halus meski gerakan yang ditangkap berlangsung intens.


Video dengan frame rate 30 fps sudah terlihat halus dan minim patah. Ada juga produk dengan frame rate tinggi, seperti 60 fps hingga 240 fps. Produknya sangat sempurna untuk merekam kegiatan olahraga atau gerakan cepat. Di sisi lain, frame rate yang tinggi membuat konsumsi memori penyimpanan jadi cepat habis.

Angle of View 150–200 derajat, makin mirip penglihatan manusia

Angle of View 150–200 derajat, makin mirip penglihatan manusia
Sumber: dji.com
Sudut pandang atau angle of view menentukan daya jangkau dari lensa kamera. Manusia bisa menangkap sekitar 180–200 derajat dengan kedua matanya. Makin dekat dengan angka itu, lebar bidikan kamera pun makin mendekati penglihatan manusia.

Kamera aksi umumnya punya sudut pandang 130–150 derajat. Belakangan bahkan ada produk dengan sudut pandang 200 derajat hingga 360 derajat. Namun, kemungkinan gambar buram makin tinggi jika sudut pandangnya makin lebar. Sudut pandang juga akan menyempit saat berada dalam mode pengoreksi guncangan kamera.


Jika Anda mementingkan kestabilan dan hasil gambar yang halus, pilih kamera dengan sudut pandang sempit. Sebaliknya, pilihlah kamera dengan wide angle jika ingin mengambil sudut pandang luas agar terasa lebih nyata. Anda juga dapat memakai fitur zoom untuk mengatur sudut pandang agar rentang pemotretan yang lebih luas.

② Pilih action camera dengan image stabilizer agar gambarnya stabil

Pilih action camera dengan image stabilizer agar gambarnya stabil
Ada dua jenis image stabilization pada action cam, yakni optical dan electric. Silakan pilih yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

  • Optical stabilizer

Jika Anda mengutamakan kualitas gambar, pilih optical stabilizer. Tipe stabilizer ini mampu merekam gambar dengan halus tanpa melalui proses editing. Meskipun demikian, struktur teknologi optical cukup kompleks sehingga bentuknya lebih besar.


  • Electronic stabilizer

Pilih tipe electronic jika Anda tidak melakukan banyak gerakan serta butuh alat yang compactKualitas gambar tipe electronic memang lebih rendah, tetapi modelnya ringkas dan praktis dibawa. Action cam dengan stabilizer tipe electronic juga biasanya lebih murah.

③ Sesuaikan fitur action camera dengan kebutuhan penggunaannya

Anda juga perlu mempertimbangkan penggunaan action camera yang sesuai dengan medan atau tempat Anda beraktivitas. Maka dari itu, perhatikanlah fitur dan spesifikasi tambahan action cam berikut.

Waterproof, lebih aman saat beraktivitas di air

Waterproof, lebih aman saat beraktivitas di air
Saat hendak merekam gambar di dalam air, periksalah fitur waterproof pada kamera. Produk dengan kemampuan waterproof hingga 3 meter sudah cukup untuk mengambil gambar di pantai atau saat snorkeling. Ada juga produk dengan kemampuan waterproof hingga 10 meter.

Selain bodi yang tahan air, kamera dengan casing pun tersedia. Casing membuat kamera action dapat digunakan untuk dokumentasi diving di kedalaman sekitar 20 meter. Anda bisa membeli casing-nya secara terpisah.

Universal mount, untuk Anda yang senang berkendara

Universal mount, untuk Anda yang senang berkendara

Kamera action umumnya dapat diletakkan di berbagai tempat, seperti monopod, tripod, helm, dan setang. Produk demikian biasanya universal mount. Ada juga produk yang hanya bisa dipasangkan dengan alat khusus. Contohnya adalah action cam 360 atau kamera yang berukuran lebih kecil. Jadi, pilih produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda, ya!

Iluminasi, merekam di tempat gelap jadi lebih jelas

Iluminasi, merekam di tempat gelap jadi lebih jelas
Sebagian besar action camera memiliki objek iluminasi sekitar 6 lux supaya bisa merekam di dalam gelap. Makin kecil angkanya, makin jelas pula gambar yang terekam di kegelapan.

Jika Anda sering mengambil gambar di tempat yang gelap, pilih produk dengan iluminasi yang lebih rendah dari 5 lux. Dengan begitu, mengambil gambar di dalam gua atau shoot di malam hari jadi lebih jelas.

④ Cek spesifikasi dan fitur pendukung lainnya

Periksalah juga adanya fitur pelengkap yang mendukung kinerja action camera. Fitur-fitur ini membuat Anda bisa menggunakan kamera dengan lebih maksimal. Mari simak poin-poinnya dengan saksama!

Wi-Fi, memudahkan Anda berbagi file rekaman

Wi-Fi, memudahkan Anda berbagi file rekaman
Untuk Anda yang ingin langsung mengunggah foto dan video dari kamera aksi, pilih produk dengan fitur ini. Adanya Wi-Fi mempercepat proses transfer video atau foto ke smartphone dan Anda bisa langsung meng-upload-nya.

Beberapa kamera bahkan gambarnya dapat di-preview dari tablet atau HP dan dikendalikan dari jarak jauh. Bukankah ini sebuah fitur yang menarik?

Layar LCD, menangkap momen jadi lebih praktis

Layar LCD, menangkap momen jadi lebih praktis
Jika Anda ingin merekam lanskap dan berbagai event, pilih kamera dengan display atau layar built-inDisplay memang membuat ukuran kamera sedikit lebih besar, tetapi Anda bisa mengambil gambar sambil mengatur komposisi. Fitur ini membuat Anda dapat langsung melihat area yang ditangkap kamera tanpa harus menghubungkannya ke smartphone.

Baterai yang awet, demi penggunaan yang lebih lama

Baterai yang awet, demi penggunaan yang lebih lama
Karena digunakan di luar ruangan, periksalah daya tahan baterai dari kamera action. Hal ini ditunjukkan dengan jumlah foto yang dapat diambil atau durasi merekam saat baterainya penuh.

Ada kamera action yang mampu merekam selama 60 menit atau bahkan lebih. Jika Anda merekam event olahraga atau mengendarai motor dalam waktu lama, jangan lupa membawa power bank sebagai daya cadangan.

Bobot yang ringan, untuk kepraktisan penggunaannya

Bobot yang ringan, untuk kepraktisan penggunaannya
Action camera didesain untuk bisa dipasang di monopod, helm, baju, setang sepeda, dan lain-lain. Maka dari itu, perhatikanlah ukuran dan beratnya. Pada umumnya, action camera memiliki berat sekitar 100–200 gram.

Produk dengan bobot kurang dari 100 gram juga tersedia. Pilihlah kamera yang compact dan seringan mungkin, terlebih jika Anda berencana untuk merekam dalam durasi panjang.

10 Rekomendasi action camera terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk action camera terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Brica

B-PRO5 Alpha Edition Mark IIIS AE3S

Brica  B-PRO5 Alpha Edition Mark IIIS AE3S 1枚目

Ada remote control untuk kendali jarak jauh

2

GoPro

HERO10 Black

GoPro HERO10 Black 1枚目

Kualitas foto dan videonya juara

3

Bcare

BCam X-5

Bcare  BCam X-5 1枚目

Tetap terjangkau untuk pemula meski resolusinya 4K

4

DJI

Action 2

DJI  Action 2  1枚目

Compact dan ringan, dapat ditempelkan di baju!

5

Insta360

One R Twin Edition

Insta360  One R Twin Edition 1枚目

Menawarkan kamera 360 dan action camera 4K di satu produk

6

Akaso

Brave 7 LE

Akaso  Brave 7 LE 1枚目

Kelas mid-end dengan kualitas yang mampu bersaing

7

YI Technology

Lite Action Camera

YI Technology Lite Action Camera 1枚目

Layar sentuh dengan konstruksi gorilla glass

8

Feiyu

Pocket 2

Feiyu  Pocket 2 1枚目

Ada gagang agar merekam jadi lebih mudah

9

SJCAM

C200

SJCAM  C200 1枚目

Merekam di malam hari tetap jernih dengan mode night vision

10

Sony

RX0 II

Sony RX0 II  1枚目

Konstruksinya kukuh, tahan air, tahan banting, dan antipecah

Perincian produk
Close
No.1

Brica B-PRO5 Alpha Edition Mark IIIS AE3S

Mulai dari Rp1.299.000,00

Ada remote control untuk kendali jarak jauh

Kelebihan:

  • Durasi merekam hingga 110 menit
  • Angle of view lebar untuk merekam pemandangan


Kekurangan:

  • Ada review yang menyebutkan bahwa noise dari mikrofon eksternal bawaannya cukup mengganggu

Produk ini adalah kamera Brica terbaik untuk Anda yang sering merekam dari jarak jauh. Anda bisa memasangkannya ke tripod dan mengendalikannya lewat remote control yang sudah ada dalam paket penjualan. Remote control-nya memungkinkan Anda memotret dan merekam dari jarak jauh.


Selain itu, kamera aksi ini dilengkapi port untuk mikrofon eksternal. Jika belum puas dengan kualitas audio yang dihasilkan, Anda dapat memasangkannya dengan mikrofon eksternal. Produk ini pun mampu merekam dengan resolusi 4K. Ada juga mode rekam slow motion dan time lapse bawaan dari kamera.

No.2

Kualitas foto dan videonya juara

Kelebihan:

  • Konstruksinya kukuh, tetap aman di kedalaman air 10 meter
  • Layar ganda untuk Anda yang suka selfie


Kekurangan:

  • Pilihan mode merekamnya cukup rumit, kurang cocok untuk pemula

GoPro memang sudah terkenal sebagai merek action cam dengan kualitas yang mumpuni. Jika Anda memprioritaskan kualitas gambar video dan foto, produk ini merupakan kamera GoPro terbaik untuk dipilih. Produk ini memiliki resolusi foto dan video yang besar.


Tidak sampai di sana, GoPro HERO10 Black dilengkapi stabilisasi HyperSmooth 4.0. Sistem stabilisasi ini memungkinkan gambar yang diambil lebih halus dan minim guncangan meski direkam sambil bergerak cepat. Bodinya juga tangguh, lho! Action cam ini diklaim dapat bertahan di kedalaman 10 meter tanpa case.

No.3

Tetap terjangkau untuk pemula meski resolusinya 4K

Kelebihan:

  • Angle of view lebar untuk menangkap lanskap yang luas
  • Ada layar depan untuk mengambil foto dan video selfie

Kekurangan:

  • Ada review yang menyebutkan bahwa hasil rekaman saat low light kurang bagus

Bcare BCam X-5 merupakan salah satu action cam murah terbaik untuk pemula. Produk ini memiliki harga terjangkau dengan fitur-fitur menarik. Resolusi videonya bahkan sudah mencapai 4K. 


Anda pun dapat melakukan eksperimen dengan mode slow motion yang dimiliki kamera ini. Selain itu, tingkat ketahanannya cukup mumpuni. Anda bisa menggunakan produk ini untuk dokumentasi saat snorkeling. Ada juga fitur Wi-Fi yang memudahkan Anda mengirim foto dan video dari action cam

No.4

Compact dan ringan, dapat ditempelkan di baju!

Kelebihan:

  • Baterainya tahan lama, bisa merekam hingga 2 jam lebih
  • Konstruksi kamera kukuh, dapat dibawa menyelam hingga 60 meter

Kekurangan:

  • Ada review yang menyebutkan bahwa manajemen termalnya kurang optimal sehingga rentan overheating

Salah satu keunggulan yang ditawarkan oleh DJI Action 2 adalah fleksibilitas penempatannya. Ukuran yang compact dan bobot yang ringan membuatnya mudah diletakkan di mana saja. Anda bahkan bisa menempelkan kamera aksi ini di baju sehingga cocok digunakan untuk mengambil POV orang berjalan. Dipadukan dengan resolusi video yang tinggi serta dua stabilizer, rekamannya jadi jernih dan halus.

No.5

Insta360 One R Twin Edition

Mulai dari Rp7.999.000,00

Menawarkan kamera 360 dan action camera 4K di satu produk

Kelebihan:

  • Mampu merekam video dengan resolusi tinggi
  • Angle video yang ditawarkan lebih variatif

Kekurangan:

  • Cara menggunakannya cukup rumit, terlebih jika Anda sering berganti mode kamera


Untuk Anda yang mencari action cam sekaligus kamera 360, Insta360 One R Twin Edition menjadi pilihan yang tepat. Produk ini menawarkan dua kamera yang dapat Anda ganti sesuai dengan kebutuhan, yakni action cam 4K dan kamera 360. Jadi, angle rekaman yang bisa Anda dapatkan lebih variatif. Mode kamera 360 memungkinkan Anda merekam seperti menggunakan drone, lho!

No.6

Kelas mid-end dengan kualitas yang mampu bersaing

Kelebihan:

  • Layar ganda, selfie jadi makin mudah
  • Durasi rekaman hingga 110 menit

Kekurangan:

  • Tidak ada fitur Wi-Fi, berbagi file cukup merepotkan

Pada umumnya, action cam untuk kebutuhan profesional memiliki harga yang cukup tinggi. Maka dari itu, pertimbangkan produk ini jika Anda butuh rekomendasi kamera action tingkat menengah. Harganya cukup terjangkau dengan banyak fitur menarik. Kamera dengan lensa beresolusi tinggi ini diberi stabilizer enam axis sehingga rekamannya lebih halus. Daya tahan baterainya juga cukup mumpuni.

No.7

YI TechnologyLite Action Camera

Mulai dari Rp1.350.000,00

Layar sentuh dengan konstruksi gorilla glass

Kelebihan:

  • Tersedia beragam shooting mode untuk variasi rekaman
  • Dilengkapi mikrofon AAC agar audionya jernih

Kekurangan:

  • Tidak ada image stabilization untuk resolusi 4K

Satu masalah yang sering terjadi saat menggunakan kamera aksi dengan layar sentuh adalah layarnya yang rentan rusak. Jika Anda mengkhawatirkan hal tersebut, kami menyarankan produk ini. Selain sudah touchscreen, action cam YI ini diberi layar dengan Gorilla Glass yang terkenal kukuh. Anda tak perlu was-was saat membawanya ke alam bebas, seperti gunung dan hutan.

No.8

Ada gagang agar merekam jadi lebih mudah

Kelebihan:

  • Daya tahan baterai lama
  • Bentuknya unik, dapat digenggam saat merekam

Kekurangan:

  • Tidak waterproof


Feiyu menawarkan action cam 4K dengan bentuk yang berbeda, yakni dengan gagang. Anda tinggal menghidupkan kameranya dan bisa langsung merekam tanpa harus memasangkan gimbal. Merekam video jadi lebih praktis dengan desainnya yang ringkas dalam satu genggaman tangan.


Keunggulan lain Feiyu Pocket 2 adalah memiliki angle of view yang luas serta resolusi video yang tinggi. Rekamannya tetap jernih untuk di-upload di sosial media. Baterai kamera ini juga tahan lama sehingga dapat digunakan untuk merekam berjam-jam. Produk ini adalah salah satu kamera action terbaik untuk Anda yang rajin membuat konten city walking.

No.9

Merekam di malam hari tetap jernih dengan mode night vision

Kelebihan:

  • Dilengkapi mode perekaman yang menarik
  • Kecil dan ringan, praktis untuk dibawa


Kekurangan:

  • Membutuhkan mount khusus jika ingin dipasangkan ke perangkat lain

SJCAM C200 direkomendasikan untuk Anda yang senang mengabadikan momen tanpa mengenal waktu. Saat siang hari, kamera ini mampu merekam dengan resolusi 4K hingga 24 fps. Sementara itu, Anda dapat mengaktifkan mode night vision agar gambarnya jelas dan jernih pada malam hari.


Kamera action ini juga dilengkapi beberapa mode lain, seperti Vertical Screen untuk Anda yang ingin merekam secara portrait. Ada juga mode Face Detection agar kamera bisa fokus pada wajah Anda. Selain itu, ada car mode yang dapat digunakan saat Anda sedang berkendara.

No.10

Konstruksinya kukuh, tahan air, tahan banting, dan antipecah

Kelebihan:

  • Sensornya canggih untuk merekam di kondisi low light


Kekurangan:

  • Daya tahan baterai dan frame rate di resolusi tinggi kurang menarik untuk harganya

Jika Anda butuh rekomendasi action cam terbaik untuk penggunaan di medan keras, produk ini bisa dipertimbangkan. Sony RX0 II mampu bertahan di dalam air dengan kedalaman 10 meter. Selain itu, bodinya aman saat terjatuh dari ketinggian hingga 2 meter. Produk ini bahkan mampu menahan beban hingga 200 kg, lho.

Baca juga rekomendasi kamera lainnya di sini

Untuk video yang lebih menarik, Anda bisa memadukan action cam dengan kamera mirrorless, kamera 360, atau bahkan drone. Jika Anda tertarik untuk mendalaminya, silakan buka link di bawah ini. Rekomendasi produknya sudah kami siapkan untuk Anda!

Kesimpulan

Memiliki action camera merupakan investasi sangat berharga di masa kini. Hal ini karena Anda bisa mengabadikan petualangan, pertandingan olahraga, dan momen-momen atraktif lainnya. Maka dari itu, penting untuk memilih action camera yang tepat.


Kami telah mengulas tips memilih serta memberikan rekomendasi action camera untuk Anda pertimbangkan. Pahamilah dengan saksama tipsnya dan perhatikan fitur dan keunggulan dari produknya. Semoga Anda segera menemukan kamera sport terbaik!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer